P. 1
Bab 1(Contoh skripsi akutansi 4)

Bab 1(Contoh skripsi akutansi 4)

|Views: 1,150|Likes:
Published by chepimanca

More info:

Published by: chepimanca on Feb 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/21/2013

pdf

text

original

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang Informasi merupakan suatu hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan dalam mencapai tujuan yang diinginkan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat sekarang ini. Setiap perusahaan memerlukan informasi yang cepat, akurat serta tepat sasaran. Untuk itu, diperlukan suatu sistem informasi yang baik sehingga perusahaan dapat lebih unggul dalam persaingan yang ada. Salah satu informasi yang penting dalam mendukung kelancaran kegiatan operasional perusahaan adalah informasi mengenai penjualan secara kredit yang terkait erat dalam usaha perolehan laba dan kelancaran kegiatan operasional perusahaan selanjutnya. PT. Totalcare Nutraceutical merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan multivitamin. Informasi dalam suatu perusahaan merupakan hal yang sangat penting karena tanpa didukung sistem dan pengendalian yang baik dari penjualan akan berakibat negatif terhadap keadaan finansial perusahaan dimasa mendatang. Menanggapi hal tersebut diatas maka penulis memilih judul “Audit Sistem Informasi Penjualan Kredit pada PT. Totalcare Nutraceutical”, yang diharapkan nantinya dapat digunakan untuk membantu pihak manajemen dalam mengatur kebijaksanaan perusahaan dan pengambilan keputusan.

1

2 1.2 Ruang Lingkup Mengingat luasnya cakupan yang akan dibahas dalam bidang skripsi ini, penulis akan membatasi pembahasan masalah pada sistem informasi akuntansi penjualan kredit, khususnya pada pengendalian manajemen keamanan (Security Management Controls) dan pengendalian Boundary, Input dan Output. Pelaksanaan audit sistem informasi terhadap Sistem Informasi Penjualan Kredit dilakukan dengan metode Audit Around the Computer, yaitu pendekatan dan pengujian yang hanya berfokus kepada masukan dan keluaran dari sistem komputer.

1.3

Tujuan dan Manfaat 1.3.1 Tujuan a) Menganalisis sistem informasi penjualan secara kredit yang sedang berjalan. b) Mengidentifikasi permasalahan sistem informasi penjualan secara kredit pada PT. Totalcare Nutraceutical. 1.3.2 Manfaat a) Memberi masukan bagi perusahaan terhadap masalah yang dihadapi perusahaan. b) Sistem informasi dapat memberikan informasi yang handal bagi manajemen sehingga mampu mengambil keputusan dan membuat perencanaan yang strategis dan akurat.

3

1.4

Metodologi 1.4.1 Penelitian Kepustakaan Penulisan menggunakan beberapa sumber buku untuk dijadikan acuan/landasan teori dalam penulisan skripsi. 1.4.2 Penelitian Lapangan (Pelaksanaan Audit) Disamping penelitian kepustakaan, juga dilakukan penelitian lapangan dengan maksud untuk mendapatkan data dengan cara mengunjungi langsung perusahaan yang menjadi objek penelitian. Hal ini dilakukan dengan beberapa cara yaitu: 1) Wawancara (Interview) Mengumpulkan data dengan cara melakukan tanya jawab kepada pihak-pihak yang bersangkutan mengenai data perusahaan atau informasi yang diperlukan dalam menyusun skripsi ini. 2) Kuesioner (Internal Controls Questioner) Merupakan bentuk pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan pertanyaan secara tidak langsung, yaitu berupa daftar pertanyaan yang berhubungan dengan objek penelitian. 3) Studi dokumentasi (Review Documentation) Merupakan proses penelusuran terhadap dokumen-dokumen yang dijadikan sebagai temuan-temuan atau bukti-bukti audit. 4) Prosedur analisis (Analytical Review)

4 Instrumen-instrumen audit yang biasanya dipakai dilapangan. Analisis-analisis yand dilakukan bisa dijadikan sebagai bahan bukti.

5) Pengujian (Testing) Merupakan proses menjalankan program aplikasi untuk menemukan kesalahan-kesalahan. 6) Pengamatan (Observasi) Pengamatan atau observasi dilakukan guna untuk mendapatkan datadata dengan melakukan pengamatan secara langsung terhadap

kegiatan perusahaan.

1.5

Sistematika Penulisan Untuk mempermudah pembahasan dan pemahaman skripsi ini, diberikan gambaran secara keseluruhan mengenai isi dari susunan skripsi yang dibagi dalam lima bab : BAB 1 PENDAHULUAN Dalam bab ini berisi latar belakang, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metodologi, serta sistematika penulisan. BAB 2 LANDASAN TEORI Dalam bab ini berisi mengenai teori-teori umum dan teoriteori pendukung yang berhubungan dengan audit dan

pengendalian informasi. BAB 3 GAMBARAN UMUM SISTEM BERJALAN

5 Dalam bab ini diuraikan mengenai latar belakang perusahaan, struktur organisasi dan uraian tugas, gambaran sistem informasi penjualan kredit perusahaan serta dokumen dan laporan yang terkait. BAB 4 AUDIT SISTEM INFORMASI PENJUALAN KREDIT PT.TOTALCARE NUTRACEUTICAL Dalam bab ini membahas tentang pelaksanaan evaluasi dan rekomendasi tujuan audit terhadap sistem yang berjalan dan evaluasi terhadap bukti atas pengendalian umum dan pengendalian aplikasi. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN Dalam bab ini berisi simpulan dari uraian-uraian pada bab sebelumnya dan saran-saran sehubungan dengan penulisan skripsi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->