P. 1
Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

|Views: 2,984|Likes:
Published by suhartiag5030

More info:

Published by: suhartiag5030 on Feb 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2013

pdf

text

original

`

Makhluk terdiri dari:
Makhluk Tak Hidup (Mkhluk Mati), contohnya: batu, udara, air dan sebagainya Makhluk Hidup, contohnya: manusia, hewan dan tumbuhan

Untuk membedakan antara makhluk mati dan makhluk hidup kita harus mengetahui ciri-cirinya. Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan makhluk tak hidup.

CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP
1. Makan 2. Bergerak 3. Bernapas 4. Mengeluarkan Zat Sisa 5. Tumbuh 6. Berkembang Biak 7. Bereaksi terhadap Rangsang (Iritabilitas) 8. Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan (Adaptasi)

MAKAN
Bagi makhluk hidup makan diperlukan untuk: 1. menghasilkan energi atau tenaga 2. pertumbuhan 3. mengganti sel-sel yang usang 4. perkembangbiakan Air diperlukan makhluk hidup untuk menjaga stabilitas suhu tubuh dan sebagai pelarut berbagai zat di dalam tubuh.

BERGERAK
Gerak pada hewan dan manusia umumnya untuk berpindah tempat dan untuk beraktivitas. Gerak pada tumbuhan terjadi karena adanya peristiwa tumbuh

BERNAPAS
Makhluk hidup bernapas untuk mengambil oksigen dari udara. Oksigen diperlukan dalam proses pembakaran zat makanan di dalam tubuh untuk menghasilkan energi. Energi diperlukan untuk aktivitas kehidupan.

MENGELUARKAN ZAT SISA
Proses pengeluaran zat sisa dari dalam tubuh ke lingkungannya dinamakan pengeluaran atau ekskresi. Pada vertebrata alat ekskresi berupa ginjal, kulit dan paru-paru. Pada serangga alat pengeluarannya berupa buluh malpighi, pada tumbuhan melalui stomata, dan pada protozoa dan hewan tingkat rendah zat sisa dikeluarkan melalui seluruh permukaan tubuh.

TUMBUH
Tumbuh adalah pertambahan ukuran tubuh yang tidak kembali lagi ke ukuran semula.

BERKEMBANG BIAK
Berkembang biak atau reproduksi adalah pembentukan individu baru. Reproduksi berfungsi untuk mempertahankan jenis makhluk hidup agar tidak punah. Makhluk hidup berkembang biak melalui 2 cara yaitu: cara kawin (seksual) dan cara tak kawin (aseksual).

IRITABILITAS
Setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan untuk bereaksi (peka) terhadap segala perubahan di sekitarnya. Hewan dan manusia dilengkapi dengan alat indera Tumbuhan juga mampu bereaksi terhadap rangsangan, misalnya daun putri malu akan menutup jika disentuh, ujung batang akan bergerak menuju sumber cahaya dan akan akan bergerak menuju tempat yang banyak air dan zat hara.

ADAPTASI
Adaptasi bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup agar dapat bertahan hidup pada lingkungan barunya. Misalnya kerbau berkubang pada waktu hari panas, beberapa tumbuhan menggugurkan daun pada musim kemarau, itik memiliki selaput renang di sela-sela jari kaki. Manusia memiliki akal pikiran sehingga banyak cara untuk beradaptasi dengan lingkungan misalnya untuk menyelam memakai tabung gas dan kaki katak.

Pilihlah jawaban yang paling tepat!
01. Ciri makhluk hidup yang berkaitan erat dengan usaha untuk mempertahankan jenisnya adalah.... a. peka terhadap rangsangan b. memerlukan makanan c. memerlukan air dan oksigen d. berkembang biak 02. Burung terbang dengan sayapnya menunjukkan ciri-ciri hidup yaitu... a. bernapas c. bergerak b. tumbuh d. mekan 03. Agar zat-zat sisa pertukaran zat tidak membahayakan tubuh maka makhluk hidup melakukan.... a. respirasi c. ekskresi b. adaptasi d. reproduksi 04. Penggunaan oksigen dalam tubuh disebut.... a. respirasi c. ekskresi b. regulasi d. oksidasi 05. Contoh gerak pada tumbuhan adalah.... a. mekarnya mahkota bunga b. gugurnya daun yang telah menguning c. gerak ranking tumbuhan tertiup angin d. keluarnya karbondioksida melalui stomata 06. Proses pernapasan pada tumbuhan hijau terjadi melalui.... a. stomata pada batang dan lenti sel pada daun b. lenti sel pada batang dan akar serta stomata pada daun c. stomata dan lenti sel pada akar, batang dan daun d. stomata pada batang, lenti sel pada akar dan daun 07. Proses makhluk hidup menuju tahap kedewasaan disebut.... a. tumbuh c. berkembang b. berkembang biak d. beradaptasi 08. Perhatikan perilaku-perilaku tumbuhan berikut ini! (1) pohon jati menggugurkan daun (2) pohon pisang bertunas (3) akar kecambah memanjang (4) mangga menghasilkan biji (5) tumbuhan lumut berspora Pernyataan di atas yang merupakan contoh cara berkembang biak pada tumbuhan adalah.... a. (1), (2) dan (3) c. (2), (3) dan (4) b. (1), (2) dan (4) d. (2), (4) dan (5) 09. Keluarnya keringat pada kulit kita menunjukkan bahwa tubuh kita.... a. memerlukan air b. mengeluarkan zat sisa c. memerlukan suhu tertentu d. memiliki iritabilitas 10. Tumbuhan akan selalu menghadap ke atas meskipun ditanam dalam pot yang dimiringkan, hal ini terjadi karena.... a gerak akibat proses tumbuh b. gerak akibat proses iritabilitas c. tumbuh akibat proses gerak d. tumbuh akibat proses iritabilitas

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->