P. 1
Soal Sosiologi SMA XI : Stratifikasi Sosial

Soal Sosiologi SMA XI : Stratifikasi Sosial

5.0

|Views: 8,274|Likes:
Published by Amalia Amanda Kasih

More info:

Published by: Amalia Amanda Kasih on Feb 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2015

pdf

text

original

1. Status yang didapat secara otomatis melalui kelahiran adalah... a. Achieved status b. Ascribed status c. Assigned status d.

Status sosial e. Struktur sosial 1. Pembedaan secara horizontal dan tidak memperlihatkan tingkatan lebih rendah maupun lebih tinggi disebut... a. Diferensiasi b. Stratifikasi c. Horizontilisasi d. Achieved Status e. Asscribes Status 1. Bentuk stratifikasi sosial yang berdasarkan pada empat tingkatan dalam masyarakat yang disebut estate ialah... a. Kasta b. Apartheid c. Kelas sosial d. Feodal e. Monarki 2. Salah satu ciri-ciri sistem kasta adalah sebagai berikut, kecuali... a. Keanggotaan diperoleh karena warisan atau kelahiran b. Perkawinan bersifat endogami c. Prestise suatu kasta tidak begitu diperhatikan d. Hubungan dengan kelompok-kelompok lain bersifat terbatas e. Keunggulan yang diwariskan bersifat seumur hidup 1. Salah satu fungsi stratifikasi dan diferensiasi sosial adalah... a. Membentuk life style b. Memberikan fasilitas tertentu pada semua masyarakat c. Adanya pembedaan kekayaan sehingga terjadi kesenjangan d. Pembentuk kelas-kelas sosial yang tinggi e. Alat untuk menjatuhkan kelas sosial yang rendah. 1. Seorang pengusaha yang sukses akan berada di lapisan kelas atas . Faktor stratifikasi yang mempengaruhi hal di atas adalah... a. Kekuasaan b. Kekayaan c. Kehormatan d. Kebangsawanan e. Pendidikan 1. Peran adalah... a. Seperangkat harapan terhadap seseorang yang menempati suatu posisi atau status sosial tertentu. b. Pola terorganisasi dari kepercayaan dan perilaku yang dipusatkan pada kebutuhan sosial yang mendasar. c. Sejumlah orang yang memiliki norma-norma, nilai-nilai, dan harapanharapan yang sama, serta secara sadar dan teratur saling berinteraksi. d. Kedudukan sosial individu di dalam masyarakat.

1.

1.

1.

1.

1.

1.

1.

e. Proses penempatan individu dalam berbagai kategori sosial yang berbeda. Menurut ragam ras yang tersebar di dunia yang telah diklafisikasikan oleh A.L. Kroeber, suku Aborigin termasuk ras... a. Kauskasoid b. Mongoloid c. Veddoid d. Polynesia e. Austroloid Seseorang dapat saja masuk ke dalam kelas sosial tertentu yang diinginkan ataupun keluar setelah memcapai kelas sosial yang lebih tinggi. Hal tersebut merupakan sifat stratifikasi sosial... a. Sistem kasta b. Kelas sosial c. Spesialisasi d. Terbuka e. Tertutup Istilah kasta berasala dari kata casta (bahasa Portugis). Sedangkan pada masyarakat India, dikenal dengan istilah yati dan sistemnya disebut... a. warna b. varna c. darna d. carma e. yarna Feodalisme merupakan suatu bentuk organisasi yang telah muncul di dunia ketika masyarakat mengalami revolusi agraris. Indonesia juga pernah menerapkan sistem ini pada zaman... a. Kolonialisme b. Penjajahan Jepang c. Kerajaan di Nusantara d. Imperialisme e. Kemerdekaan Contoh dari ascribed status di bawah ini, kecuali... a. Raden Mas b. Raden Roro c. Teuku d. Sarjana Pendidikan e. Datuk Sistem apartheid mengklasifikasikan orang berdasarkan... a. Warna kulit b. Kekayaan c. Pendidikan d. Warna rambut e. Asal / daerah mereka tinggal Kekuasaan yang menunjukkan kenyataan akan adanya garis pemisah anatara lapisan yang sifatnya fleksibel sekali merupakan tipe... a. Stratifikasi Terbuka

b. Stratifikasi Tertutup c. Oligarkis d. Demokratis e. Kasta 1. Pelapisan sosial di dalam masyarakat terjadi pada bidang... a. Ekonomi, status sosial, dan politik b. Ekonomi, status sosial, politik, dan budaya c. Status sosial, politik, dan budaya d. Status sosial, politik, dan agama e. Status sosial, politik, komunikasi 1. Berikut ini yang merupakan diferensiasi sosial adalah... a. Suku bangsa b. Jabatan dalam perusahaan c. Kepemilikan harta benda d. Tingkat pendidikan e. Perbedaan usia 1. Pola terorganisasi dari kepercayaan dan perilaku yang dipusatkan pada kebutuhan dasar sosial disebut... a. Lembaga b. Peran sosial c. Kelompok sosial d. Konflik e. Status sosial Kunci jawaban : 1.B 2. A 3.D 4.C 5.A 6.B 7.A 8.E 9.D 10. B 11.C 12.D 13.A 14.D 15.A 16.A 17.A ESSAY 1. Sebutkan 4 hal mendasar yang merupakan persamaan antara suku-suku bangsa di Indonesia! 2. Jelaskan yang dimaksud pelapisan dalam bidang politik tipe oligarkis! 3. Sebutkan 7 wujud diferensiasi sosial! 4. Sebutkan dan jelaskan 4 elemen dasar struktur sosial! 5. Sebutkan fungsi diferensiasi dan stratifikasi sosial! 6. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi stratifikasi sosial!

7. Sebutkan ciri-ciri sistem kasta! Kunci Jawaban : 1. a.) kehidupan sosial berdasarkan azas kekeluargaan. b.) terdapat sistem pemilikan tanah c. ) memiliki hukum adat d.) kekerabatan, adat perkawinan, serta persekutuan masyarakat 2. Tipe oligarkis adalah sistem lapisan kekuasaan yang masih mempunyai garis pemisah tegas, tapi dasar pembeedaan kelas sosial ditentukan oleh kebudayaan masyarakat. 3. a. Ras b. Etnis c. Agama dan kepercayaan d. Profesi e. Jenis kelamin f. Klan g. Suku bangsa 4. Empat elemen strukutur sosial adalah a. Status sosial, yaitu kedudukan atau posisi seseorang dalam kelompok masyarakat. Terdiri atas : -Ascribed status, yaitu status yang didapat secara otomatis melalui kelahiran -Achieved status, status yang diperoleh setelah melakukan usaha. -Assigned status, status yang diperoleh karena telah berjasa pada masyarakat. b. Peran sosial, yaitu seperangkat harapan terhadap seseorang yang menempati suatu posisi atau status sosial tertentu c. Kelompok, yaitu sejumlah orang yang memiliki norma-norma, nilai-nilai dan harapan yang sama, serta secara sadar dan teratur saling berinteraksi d. Lembaga, yaitu pola terorganisasi dari kepercayaan dan perilaku yang dipusatkan pada kenutuhan dasar sosial 5. a. Untuk memberikan rangsangan agar manusia mau menempati status sosial dan bersedia menjalankan perannya sesuai dengan harapan masyarakat. b. menumbuhkan persaingan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekayaan, kekuasaan, prestise yang jumlahnya sangat terbatas. c. memberikan fasilitas-fasilitas hidup tertentu bagi anggotanya dan membentuk gaya dan tingkah laku hidup masing-masing warganya ( life style) d. menyediakan masyarakat dengan keperluan yang nyata. 6. a. Kekayaan (Capital) b. Kekuasaan (Power) c. Kehormatan / Kebangsawanan d. Pendidikan 7. a.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->