P. 1
Bilateral Adalah Hubungan Kerjasama Di AntaraKerajaan Malaysia

Bilateral Adalah Hubungan Kerjasama Di AntaraKerajaan Malaysia

|Views: 881|Likes:
Published by resti329h

More info:

Published by: resti329h on Mar 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/21/2012

pdf

text

original

Bilateral

Bilateral adalah hubungan kerjasama di antaraKerajaan Malaysia dengankerajaan lain dalam bidang-bidang tertentu seperti kerjasama ekonomi, kewangan, sains dan teknologi serta pendidikan. Hubungan dibentuk dengan memeterai perjanjian-perjanjian tertentu. Misalnya kerjasama ekonomi Indonesia dengan Malaysia, HubunganPerekonomian Indonesia – Jepang. Kerjasama bilateral yang diputuskan secara sepihak, pemutusannya disebut secara unilateral.

Multilateral
Multilateral adalah hubungan kerjasama antara suatu Negara dengan banyak Negara lainnya atau bentuk kerjasama ekonomi antara beberapa negara, dimana yang tergabung dalam kerjasama itu saling membantu di bidang ekonomi, Contoh: Pemerintah Indonesia berhutang kepada ADB yang anggotanya terdiri dari banyak Negara, ASEAN Mitra Kerjasama Multilateral Asian Development Bank (ADB) atau Bank pembangunan asia Adalah lembaga yang bergerak di bidang pembangunan khususnya di negara-negara yang sedang berkembang tujuan ADB adalah memberi pinjaman berupa dana kepada negara-negara yang sedang berkembang, memberi bantuan teknik kepada negara-negara yang sedang membangun, meningkatkan penanaman modal, mengggalakan/meningkatakan pertumbuhan ekonomi di negara-negara asia timur jauh termasuk pasifik selatan. Adapun kegiatan ADB antara lain memberikan pinjaman dengan syarat-syarat yang lunak untuk membiayai pembangunan. Jangka waktuk pijamanan selama 40 tahun termasuk masa tenggang 10 tahun dengan bunga 1% pertahun. Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (ESCAP) Food and Agricultural Organization (FAO) FAO didirikan pada tanggal 16 oktober 1945 berkendudukan d Roma, Italia. Tujuan Fao adalah: ∼ ∼ ∼ ∼ Meningkatkan jumlah dan mutu pangan Memperbaiki produksi dan distribusi pertanian Mempertahankan dan menjaga kelestarian tanah serta persedian air Membantu kelancaran pemberian kredit untuk pertahanan agrari

International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) adalah bank dunia untuk pembangunan dan perkembangan. Badan ini di sebut juga Word Bank atau Bank Dunia. IBRD didirikan pada tanggal 27 Desember 1945 dan berkendudukan di washington DC, Amerika serikat tujuan IBRD adalah: 1) Memberi bantuan kredit jangka panjang dan jangka pendek kepada negara-negara yang sedang membangun 2) Memberi bantuan teknik dengan secara cuma-cuma 3) Membantu negara-negara dalam meningkatkan perdagangan internasional

International Development Association (IDA) adalah Organisasi pembangunan internasional. IDA didirikan pada tahun 1960 di Washington, Amerika Serikat. Tujuan didirika IDA adalah untuk memberi kredit bagi keperluan pembangunan khususnya di negara-negara sedang berkembang syarat-syaratnya juga lebih lunak dibanding pinjaman yang biasanya diberikan oleh Bank Dunia pinjaman Ida berjangka waktu sampai 50 tahun. Termasuk masa tenggang 10 tahun tanpa membanyar bunga, keanggota IDA terbuka bagi semua anggota Bank Dunia. Indonesia mulai menjadi anggota IDA pada tahun 1968, Indonesioa telah memperoleh bantuan kredit US$886 jutan pada tahun 1958. International Finance Corporation (IFC) International Monetary Fund (IMF) International Atomic Energy Agency (IAEA) International Civil Aviation Organization (ICAO) International Telecommunication Union (ITU) United Nations Industrial Development Organizations (UNIDO) United Nations Children’s Fund (UNICEF) United Nations Funds for Population Activities (UNFPA) United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) United Nations Information Centre (UNIC) United Nations Volunteer (UNV) United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) United Nations Environment Programme (UNEP) World Bank World Food Programme (WFP) World Health Organization (WHO) World Meteorological Organization (WMO)

Regional
Regional adalah kerjasama antaranegara yang terbatas pada suatu kawasan/wilayah tertentu. yang bertujuan menjamin kepentingan ekonomi negara-negara satu kawasan.

Antar Regional

Kerjasama antar regional adalah bentuk kerjasama ekonomi antar regional yang satu dengan regional lainnya. Bertujuan menjamin kepentingan ekonomi antara dua kawasan, misalnya ASEAN dengan MEE.

2.Badan Kerjasama Ekonomi Internasional a.ASEAN (Association of South East Asian Nations)
b.OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries) Organisasi negara pengekspor minyak didirikan 14 September 1960 di Baghdad atas prakarsa negara : Irak, Iran, Kuwait, Saudi Arabia, dan Venezuela. Markas besar OPEC di Wina, Austria. Indonesia menjadi anggota OPEC tahun 1962. c.WTO (World Trade Organization) WTO adalah organisasi perdagangan dunia yang ditransformasikan dari GATT (General Agreement of Tariff and Trade). GATT dibentuk di Jenewa, Swiss pada tahun 1947 dalam konferensi yang diselenggarakan PBB dan diikuti oleh 23 negara. Indonesia masuk menjadi anggota GATT pada tahun 1950. d.IMF (International Monetary Fund) IMF atau Dana Moneter Internasional didirikan pada tanggal 27 September 1945 sebagai hasil konferensi di Breton Words, Amerika Serikat. Markas besar IMF di Washington DC, AS. e.Bank Dunia (World Bank) Bank Dunia adalah salah satu badan keuangan internasional yang memberikan bantuan kepada negara-negara untuk perbaikan dan pengembangan usahausaha seperti : industri, pertanian, perhubungan atau jalan raya. Bank Dunia merupakan saluran dana bagi negara kreditor (negara kaya) untuk membantu meningkatkan kemakmuran/kemajuan sosial ekonomi bagi negara berkembang. Prioritasnya adalah mendorong peningkatan produktivitas negara-negara debitor (penerima pinjaman). f.UNDP (United Nation Development Program) UNDP adalah suatu badan PBB yang memberikan sumbangan untuk membiayai survei jalan di Indonesia. Dana UNDP diperoleh dari sumbangan negara-negara : USA, Denmark, Kanada, Belanda, Inggris, dan Perancis. Pada tahun 1970 – 1983 UNDP memberikan bantuan kepada Indonesia sebesar US$ 74.2 juta sebagai program kerjasama teknik UNDP. g.MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa) MEE adalah suatu wadah kerjasama regional untuk kawasan Eropa Barat. Kerjasama ini didirikan pada tanggal 1 Januari 1958 di Roma (Italia) oleh beberapa negara yaitu : Italia, Perancis, Inggris, Belgia, Irlandia, Luxemburg, dan Denmark. h.AFTA AFTA adalah kerjasama ekonomi intra ASEAN, yang pertama kali dicetuskan dalam KTT ASEAN ke-4 di Singapura tanggal 27-28 Januari 1992, tetapi secara resmi dimulai 1 Januari 1993. AFTA beranggotakan 7 negara anggota ASEAN.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->