P. 1
BAB I PENDAHULUAN a. Latar Belakang Pemasaran

BAB I PENDAHULUAN a. Latar Belakang Pemasaran

|Views: 5,790|Likes:

More info:

Published by: Aan Safwandi EmoTicore on Mar 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/26/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN A.

latar Belakang Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Sebuah perusahaan yang berkompetisi diseluruh segmen,sebaiknya mengidentifikasikan segmen pasar yang paling menarik untuk dilayani. Rumah Sakit Azzahra memiliki peluang yang besar karena perkembangan geografis yang menunjang, sosial ekonomi yang maju pesat,maka seharusnya Rumah Sakit Azzahra harus dapat mempunyai strategi pemasaran yang akurat sehingga rumah sakit ini akan tetap bertahan dan bersaing dengan rumah sakit lainnya. Bidan adalah profesi dan situs sejarah kesehatan manusia.Sejak zaman dahulu kala wanita membutuhkan seorang wanita lain dlm proses kelahiran seorang manusia baru. Wanita terampil yg siap mendampingi dan menolong persalinan seorang ibu adl bidan.Hingga kn bidan mpyai t4 khusus di masyarakat tradisional d negara berkembang maupuin masy modern dan negara indistri. Dua ungkapan dibawah ini menguatkan pendapat itu’’ 1. Bidan adalah profesi yang diakui secara internasional dan praktisnya dapat ditemui diseluruh dunia (VARNEY 1997) 2. Peran bidan dalam menurunkan angka kematian ibu Pengertian Konsep A.Konsep 1. imajinasi mental yang membantu Megatur kenyataan dalam kata-kata yang Mana memungkinkan kata melakukan aktitas sehari-hari dalam keadaan lebih teratur.konsep itu tidak nyata tetap diciptakan untuk melukiskan kenyataan. ( AKI) diseluruh dunia sangat nyata ( MARSHAL AND BUTTINGTON 1991).

2. Dalam pengertian yang sederhana konsep Dapat diartikan sebagai bagian rencana atau pengertian B. Bidan Riwayat istilah bidan : Klinkert (1982) berpendapat bahwa katabidan berasal Dari bahasa sangsekerta , yaitu widwan yang artinya cakap. Tak ada sumber air dr literature bahasa indonesia yang membenarkan atau membantah pendapat klinkert ini. Membidan artinya selamatan bagi seorang penolong persalinan yang mohon diri setelah bayi berusia 40 hr (kamus besar bahasa Indonesia / KKBI, balai pustaka : 1988) bidan mempunyai arti penting dlmmasyarakat Indonesia, ini terbukti dari adanya pepatah yg berbunyi Beranak tiada bidan, yg maksudnya adalah orang yang mendapat kesusahan ( kecelakaan dan sbgainya ) karena salahnya sendiri ( KKBI ,1988 ). Midwife dalam bahasa inggris artinya with woman yg artinya pendamping wanita. Istilah midwife sejak 1303 dan midweferypol 1483. Obstetrics berasal dr bhs latin obstericia atau obstetrix yang artinya sama yaitu pendamping wanita. Di inggris kedua kata midwife dan obstetrics di pakai sebagai sinonim. ( Hellman and Pritchard, 1971). Obstetrics didefinisikan sebagai cabang ilmu kedokteran yang berkaitan dengan persalinann, sebelum dan sesudahnya, jadi obstetrics terutama berurusan dengan fenomena dan manajemen kehamilan, persalinan , nifas baik dalam di akui, yaitu, mempunyai sikap empati. keadaan normal maupun abnormall ( Hellman and Pritchard, 1971 ) Beberapa kekhususan bidan yang Keterbukaan, peka dan tanggap terhadap perasaan, pikiran dan proses yg dialami ibu dan keluarganya. Bidan tidak hanya sebagai klinisi dan pemberi asuhan kesehatan yg baik. Lebih dr itu dia juga harus sbg pendamping yang baik dan ahli.

BAB II PEMBAHASAN
A. Teknik Pemasaran Sosial Kebidanan. Teknik pemasaran di identik dengan Proses perdagangan barang yang diorentasikan sebagai preoses jual beli dan tawar menawar. Sehingga pemasaran kadang menjadi hal yang terlupakan ketika kita membahas tentang penyediaan jasa. Definisi Pemasaran menurut beberapa ahli adalah sbb : 1. Sumarni dan Soeprihanto ( 1995 ). Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untukmerencanakan, menentukan harga,mempromosikan dan mendisri busikan barang dan jasa yg memuaskan. 2. W.Y. stanton ( 1997 ) Pemasaran adalah : Sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan degan tujuan dari sebuah perencanaan dan penentuan harga sampai degan promosi dan distribusi barang dan jasa yang bisa memuskan kebutuhan pembeli. 3. Trioso Purnawarman ( 2001 ) Pemasaran adalah : suatu proses social dan manaserial dimanan individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginann mereka degan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. “ Definisi ini berdarkan pada konsep ini yaitu : Kebutuhan keinginan dan permintaan : produk, nilai, biaya, dan keputusan : perukaran , trnsaksi dan hubungan: pasar, pemasaran dan pemasaran / penyedia. Adapun tujuan sendirinya. pemasaran adlh mengenal dan memahami pelanggaran sedemikian rupa sehingga produk cocok degannya dan dapat terjual degan

Proses pemasaran dapat dijelaskan lebih rinci dalam langkah-langkah sebagai berikut :

Langkah 1 adalah analisis yaitu degan membuat inventarisasi kelompok sasaran dan mencari institusi2 / stakeholder yang dapat membantu dan bekerja sama.

Langkah 2 yaitu melakukan riset untuk mengetahui tanggapan masyarakat terutama klmpk sasaran terhadap produk atau jasa pelayanan yang akan diberikan.

Langkah 3 adalah menyusun srategi pemasaran. Strategi yang digunakan disini merupakan serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Faktor-faktor nya adalah :

1. Faktor Mikro : yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat. 2. Faktor Makro : yaitu demografi / ekonomi politik / hukum, teknologi / fisik dan sosial / budaya. Strategi dan kiat pemasaran dari sudut pandang penjual dapat disingkat dalam (4) yaitu : 1. tempat yg strategis ( Place ) 2. produk yg bermutu ( Product ) 3. Harga yg komeptitif ( Price ) 4. promosi yg gencar ( Promotion )

langkah ke 4 adalah monitoring dan evaluasi.monitoring adalah proses untuk menentukasn kekurangan atau kesalahan pada strategi yang telah ditetapkan. Langkah ke 5 adalah pelaksanaan proses pemasaran .kegiatan ini mengunakan media yang telah dipersiapkan untuk menunjang program melalui pesan-pesan sehingga akan diingat oleh masyarakat luas ataupun khussusnya bagi konsumen.

Dalam hal ini ” pemasaran sosial dapat diartikan sebagai suatu kegiatan menjual produk yang berupa komoditi tertentu seperti pelayanan, ide atau gagasan degan mengaitkan pada kebutuhan atau minat masyarkat.

Tujuan pemasaran sosial sebagai berikut : 1. memberikan pelayanan yang bermutu yang dibutuhkan masyarakat. 2. memberikan pelayanan degan standar praktik, keterampilan yang mantap ( dalam memberikan pelayanan kepada klien ) B. Tujuan akhir dan konsep, Kiat dan strategi pemasaran adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya ( total customer satisfaction ) . keputusan pelanggan sepenuhnya bukan berarti meberikan kepda apa yang menurut kita keinginan dari mereka, tetap apa yang sesungguhnya mereka inginkan serta kapan dan bagaimanan mereka inginkan. Atau secara singkat adalah memenuhi kebutuhan pelanggan. Konsep pemasaran yang perlu dipahami dlm kaitannya degan pemasaran social jasa asuhan kebidanana adalah factor-faktor yang mempengaruhi pemasaran yaitu : 1. kebutuhan, keinginan dan permintaan. - keinginan ( wants ) adalah hasrat akan suatu hal sesuai degan kebutuhannya - permintaan ( demands ) adalah keinginan akan sesuatu yg didukung degan kemampuan serta kesediaan membelinya. 2. Produk Produk merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan / keinginan masyarakat. 3. Transaksi Transaksi merupakan proses seseorng mendapatkan produk baik degan memproduksi sendiri,pemaksaan, meminta maupun pertukaran 4. Pertukaran Pertukaran merupakan tindakan memperoleh barang yang dibutuhkan atau dikehendaki seseorang degan menawarkan suatu imblan

5. Pasar Pasar terdiri darisemua pelangan yang potensial memiliki kebutuhan yang sama dan bersedia Dan mampu melaksankan pertukaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pemasaran social adalah penerapan teknik peamsaran niaga untuk mencapai suatu tujuan social yang bermanfaat ( HIV / AIDS Prevention Project ( HAPP), (1999 ). Kemapuan berwirausaha, wirausaha social bersifat praktis dan pragmatis. dampak social, seorang wirausahawan haruslah beride baru, praktis dan cukup berguna, sehingga akan digunakan oleh orng lain begitu ide tersebut diaplikasikan. Karaktereritis, adalah seseorang yang dapat menjalankan fungsi-fungsianya layanan public. Atau orang yang dapat dipercaya dan menjaga kehormatannya.

BAB III PENUTUP KESIMPULAN Dalam bab ini berbagai macam strategi disajjikan dan alasan untuk memilih masing –masing jenis strategi. Secara umum sehingga teknik pemasaran kadang menjadi hal yang terlupakan ketika kita membahas tentang penyediaan jasa.

SARAN Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Sebuah perusahaan yang berkompetisi diseluruh segmen,sebaiknya mengidentifikasikan segmen pasar yang paling menarik untuk dilayani. Rumah Sakit Azzahra memiliki peluang yang besar karena perkembangan geografis yang menunjang, sosial ekonomi yang maju pesat,maka seharusnya Rumah Sakit Azzahra harus dapat mempunyai strategi pemasaran yang akurat sehingga rumah sakit ini akan tetap bertahan dan bersaing dengan rumah sakit lainnya.

DAFTAR PUSTAKA Adikoesoemo, S. 1997. Manajemen Rumah Sakit, Jakarta. Azwar, A. 1996, Pengantar Administrasi Kesehatan , FK UI, Binarupa Aksara. Jakarta. Azwar, A.1994. Program Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan : Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah . Yayasan Penerbitan Ikatan Dokter Indonesia. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan,

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->