P. 1
Analisa Proses Penanganan Penundaan Keterlambatan an Buku Pada Perpustakaan

Analisa Proses Penanganan Penundaan Keterlambatan an Buku Pada Perpustakaan

|Views: 572|Likes:
Published by Abby AR

More info:

Published by: Abby AR on Mar 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/10/2014

pdf

text

original

TUGAS UTS

ANALISA PROSES PENANGANAN PENUNDAAN (KETERLAMBATAN) PENGEMBALIAN BUKU PADA PERPUSTAKAAN

Nama NIM Kelas

: Moh. Habibi : 10508656 : MI - 14

JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER

UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
2009

DIAGRAM PROSES PENANGANAN PENUNDAAN PENGEMBALIAN BUKU PERPUSTAKAAN
PELANGGAN
Mengisi buku kunjungan

KOMPUTER KATALOG
Ada ? TIDAK

PUSTAKAWAN

KOMPUTER SIRKULASI

PIMPINAN

PEMINJAM

Ada ? YA TIDAK

MULAI

Kurang 1 minggu ? TIDAK

Telepon peminjam

Kembalikan ? YA TIDAK

YA

Mengecek buku

Ada keterlambatan

YA

Biarkan

Surat Peringatan

Kembalikan buku dan membayar denda

Tanya pustakawan

Cek keterlambatan

Surat Peringatan

Pinjam buku 1 2

Informasi denda

3

Lapor ke pimpinan

Surat Pencabutan

Surat Pencabutan Terima buku dan denda Dikeluarkan dari keanggotaan

Masukkan data peminjaman

Data dimasukkan

Data peminjaman

SELESAI

Keterangan :

-

PELANGGAN Pelanggan di sini diasumsikan sebagai orang (anggota perpustakaan) yang tidak sedang meminjam buku dan baru akan meminjam buku pada perpustakaan.

-

KOMPUTER KATALOG Komputer katalog di sini diasumsikan sebagai komputer yang menyediakan informasi daftar buku yang ada di perpustakaan. Selain itu, di komputer katalog ini tersedia juga inforamsi mengenai kode buku, judul buku, pengarang buku, penerbit buku, letak buku, dan lain-lain. Jadi, setiap pelanggan yang akan meminjam buku, maka pelanggan terlebih dahulu mencari buku yang akan dipinjamnya di komputer katalog ini. Komputer katalog ini tersambung dengan komputer sirkulasi, sehingga pembaharuan data dilakukan secara otomatis saat terjadi peminjaman atau pengembalian buku.

-

PUSTAKAWAN Pustakawan di sini diasumsikan sebagai pegawai perpustakaan yang menangani masalah peminjaman dan pengembalian (sirkulasi) buku perpustakaan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan pelanggan menanyakan perihal keberadaan buku yang dicarinya kepada pustakawan, karena terdapat kemungkinan buku yang dicari oleh pelanggan tidak berada pada tempat (rak buku) yang benar, ataupun sedang dibaca oleh pengunjung di perpustakaan.

-

KOMPUTER SIRKULASI Komputer yang digunakan oleh pustakawan (bag. Sirkulasi) untuk mencatat data peminjaman buku. Data peminjaman tersebut mencakup kode buku, judul buku, tanggal peminjaman dan tanggal pengembalian serta besarnya denda apabila terjadi keterlambatan pengembalian buku.

-

PIMPINAN Pimpinan di sini diasumsikan sebagai orang yang mengatur kerja para pustakawan, mengurus surat-surat yang berkaitan dengan keterlambatan pengembalia buku, dan bertanggung jawab penuh terhadap seluruhan perpustakaan.

-

PEMINJAM Peminjam di sini diasumsikan sebagai orang (anggota perpustakaan) yang sedang meminjam buku perpustakaan dan belum mengembalikannya.

DESKRIPSI DIAGRAM PROSES PENANGANAAN PENUNDAAN PENGEMBALIAN BUKU PERPUSTAKAAN

1. Pelanggan yang akan meminjam buku masuk ke perpustakaan dan mengisi buku kunjungan perpustakaan. 2. Pelanggan mengecek buku yang akan dipinjamnya di komputer katalog. 3. Jika buku yang dicari ada, maka pelanggan mengambil buku tersebut dan membawanya ke pustakawan untuk dipinjam. 4. Pustakawan mencatat data peminjaman (seperti kode buku, judul buku, nomor anggota, tanggal peminjaman, dan lain-lain) ke dalam komputer sirkulasi. Dan pelanggan membawa pulang buku yang dipinjamnya. Proses selesai. 5. Jika buku yang dicari di komputer sirkulasi tidak ada, maka pelanggan akan menanyakannya kepada pustakawan. 6. Jika buku yang dicari ada, maka selanjutnya pelanggan mengambil buku tersebut dan membawanya kembali ke pustakawan untuk dipinjam. 7. Pustakawan mencatat data peminjaman (seperti kode buku, judul buku, nomor anggota, tanggal peminjaman, dan lain-lain) ke dalam komputer sirkulasi. Dan pelanggan membawa pulang buku yang dipinjamnya. Proses selesai. 8. Jika buku yang ditanyakan ke pustakawan tidak ada, maka dipastikan ada keterlambatan (penundaan) pegembalian. 9. Pustakawan mengecek tentang keterlambatan tersebut di komputer sirkulasi. 10. Jika keterlambatan kurang dari waktu 1 minggu, maka dibiarkan hingga minggu berikutnya. Karena diasumsikan 1 minggu adalah waktu yang masih bisa untuk ditoleransi.

11. Jika keterlambatan lebih dari 1 minggu, maka pustakawan akan melaporkan keterlambatan (laporan 1) tersebut kepada pimpinan. 12. Setelah menerima laporan keterlambatan (laporan 1), pimpinan akan menghubungi peminjam melalui telepon untuk memberitahu keterlambatan tersebut pada peminjam. 13. Jika peminjam mengembalikan buku yang sedang dipinjamnya, maka pada saat pengembalian di perpustakaan, pustakawan akan memberitahu besarnya denda yang harus dibayar oleh peminjam atas keterlambatan tersebut. 14. Setelah diberi tahu besarnya denda yang harus dibayar, selanjutnya peminjam membayar uang sejumlah denda tersebut 15. Setelah itu, pustakawan menerima buku dan denda yang diberikan oleh peminjam dan proses selesai. 16. Jika dalam jangka waktu 1 minggu setelah ditelepon, peminjam tidak mengembalikan buku yang dipijamnya, maka pustakawan akan kembali melaporkan keterlambatan (laporan 2) tersebut kepada pimpinan. 17. Setelah menerima laporan keterlambatan (laporan 2) dari pustakawan, selanjutnya pimpinan mengirim Surat Peringatan kepada peminjam. 18. Jika peminjam mengembalikan buku yang dipinjamnya, maka pustakawan memberitahu besarnya denda yang harus dibayar oleh peminjam atas keterlambatan tersebut pada saat pengembalian. 19. Setelah diberi tahu besarnya denda yang harus dibayar, selanjutnya peminjam membayar uang sejumlah denda tersebut 20. Setelah itu, pustakawan menerima buku dan denda yang diberikan oleh peminjam dan proses selesai.

21. Jika dalam jangka waktu 1 minggu setelah diberi Surat Peringatan, peminjam tidak juga mengembalikan buku yang dipijamnya, maka pustakawan akan kembali

melaporkan keterlambatan (laporan 3) tersebut kepada pimpinan. 22. Setelah menerima laporan keterlambatan (laporan 3) dari pustakawan, maka selanjutnya pimpinan mengirim Surat Pencabutan kepada peminjam yang memutuskan bahwa peminjam tidak lagi tercatat sebagai anggota perpustakaan. 23. Keanggotaan peminjam telah dicabut dan tidak dapat mendaftar kembali menjadi anggota, walaupun setelah dikeluarkannya surat pecabutan peminjam

mengembalikan buku. 24. Jika ternyata buku yang dipinjam hilang, maka peminjam harus membuat surat keterangan mengenai buku yang hilang tersebut dan membayar denda sebesar 3 kali lipat dari harga buku yang hilang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->