P. 1
Tinjauan Pustaka

Tinjauan Pustaka

|Views: 867|Likes:
Published by api-27110194

More info:

Published by: api-27110194 on Mar 10, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/07/2013

pdf

text

original

Tinjauan Pustaka

Literatur seperti apa dan bagaimana?

Apa yang dimaksud dengan tinjauan pustaka ?

Dalam kaitannya dengan tinjauan pustaka, "literatur" adalah kegiatan dalam mencari keterangan yang bertujuan untuk memahami dan meneliti permasalahan dalam penelitian anda.

Literatur apa yang perlu anda tinjau ? 1.
Artikel-artikel jurnal : artikel-artikel ini sangat penting dan berguna, terutama dalam informasinya yang paling baru. Artikel-artikel ini sangat sering digunakan dalam tinjauan pustaka karena dalam artikel-artikel ini menawarkan suatu bentuk yang ringkas dan paling baru dalam penelitian.

Artikel-artikel tergantung pada publikasinya. (artikel2 ini dapat menggunakan referensi maupun non referensi/majalah,koran)

Apakah yang dimaksud dengan jurnal referensi ?

Artikel referensi, adalah publikasi yang biasanya ditinjau serta dicermati oleh “para ahli” atau yang dirujuk dan dievaluasi sebelum dipublikasi. Artikel referensi dapat dijadikan sebagai Tinjauan Pustaka yang sangat meyakinkan pembaca, karena informasi yang diberikan dapat dipercaya dan terbaru.

Bagaimana dengan non-referensi ?

jurnal
atau tingkat

Artikel sejenis

non-refernsi lainnya

seperti memiliki

Majalah standar

keakuratan yang kurang dibandingkan dengan jurnal publikasi.

Artikel non-referensi dapat tidak dibaca secara intens seperti layaknya artikel referensi, tetapi kebanyakan keilmiahannya. masih dapat dipertimbangkan

Literatur seperti apa yang perlu kita tinjau ? 2.
Buku : Ingatlah bahwa buku cenderung tidak up-todate, karena penerbitan suatu buku memakan waktu yang lebih lama dibandingkan artikel-artkiel dalam suatu jurnal. Buku masih menjadi sesuatu yang bermanfaat dalam tinjauan pustaka, karena Buku dapat dijadikan titik awal yang baik dalam mencari sumber-sumber informasi yang lebih up-to-date.

Literatur seperti apa yang perlu kita tinjau ? 3.
Conference proceedings : ini dapat menjadi hal sangat bermanfaat dalam menyediakan penelitian terbaru, atau penelitian yang belum dipublikasikan. Juga sangat bermanfaat dalam menyediakan informasi tentang orang-orang yang terlibat dalam lingkup penelitian yang berbeda, dan juga bermanfaat dalam melacak penelitian yang sedang dikerjakan oleh sesama peneliti.

Literatur seperti apa yang perlu kita tinjau ? 4.
Laporan Penelitian Pemerintah atau Perusahaan : Banyak departemen pemerintah dan perusahaan melakukan penelitian. Hasil temuan mereka biasanya dipublikasikan, dan ini dapat menjadi sumber informasi yang sangat bermanfaat, tergantung pada bidang lingkup penelitian yang dilakukan.

Literatur seperti apa yang perlu kita tinjau ? 5.
Surat Kabar : karena surat kabar secara umum ditujukan kepada pembaca umum (tidak dikhususkan), informasi yang diberikan sangat terbatas untuk dapat digunakan sebagai tinjauan pustaka

Surat Kabar lebih membantu dalam menyediakan informasi tentang tren, penemuan atau perubahan terkini, cont : pengumuman perubahan kebijakan pemerintah. Surat kabar dapat memberikan opini yang bias.

Literatur seperti apa yang perlu kita tinjau ? 6.
Tesis dan disertasi : ini dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat, akan tetapi memiliki beberapa kelemahan :

Akan

sangat

sulit

untuk luas,

mendapatkannya tetapi biasanya

karena

tidak di

dipublikasikan

secara

tersedia

perpustakaan-perpustakaan.

Mahasiswa yang melakukan penelitian biasanya bukan peneliti yang berpengalaman, oleh karena itu diperlukan ke hati-hatian terhadap apa yang menjadi temuannya dibandingkan

penelitian yang telah dipublikasikan.

Literatur seperti apa yang perlu kita tinjau ? 7.
Internet: sumber informasi yang sangat berkembang secara cepat adalah internet.

Camkan dalam pikiran bahwa setiap orang dapat mengirimkan dan memasang informasi di Internet, sehingga kualitasnya kurang dapat dipercaya. Informasi yang didapat dapat cenderung untuk orang-orang umum dan mungkin tidak cocok sebagai tinjauan pustaka (informasi yang diberikan biasanya kurang detail)

Kenapa perlu membuat tinjauan literatur ?

Tinjauan pustaka merupakan hal yang krusial dalam mencari penelitian sebelumnya yang signifikan terhadap proyek penelitan anda. Anda harus mengevaluasi apa yang sudah ada dalam penelitian sebelumnya, menunjukan hubungan antar pekerjaan yang berbeda, dan dapat menunjukan keterkaitannya dengan proyek penelitian anda. Tinjauan pustaka tidak disarankan hanya sekedar merupakan rangkuman dari pekerjaan orang lain.

Pertanyan-pertanyan apa yang harus terjawab dalam tinjauan pustaka ?
  

Apakah kita sudah memahami mengenai lingkup penelitian ? Teori-teori apa yang sudah ada sebelumnya ? Apakah ada inkonsistensi atau pada saat yang akan datang ? Dari sisi mana yang perlu dilakukan pengujian kembali ? Bukti apa yang belum ada, tidak disimpulkan, berlawanan atau terlalu terbatas ? Mengapa perlu dikaji lebih jauh mengenai problem riset ?

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->