P. 1
Telepon Murah Bahkan Gratis Menggunakan Skype Versi 4

Telepon Murah Bahkan Gratis Menggunakan Skype Versi 4

|Views: 437|Likes:
Published by DONY DONKERS

More info:

Published by: DONY DONKERS on Mar 10, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2012

pdf

text

original

Telepon Murah Bahkan Gratis Menggunakan Skype versi 4.

0
Skype, pembuat teknologi telepon murah bahkan gratis telah meluncurkan skype versi 4.0. Pemimpin web komunikasi Skype memulai pengujian kepada masyarakat umum pada hari Rabu pada software terbaru untuk membuat percakapan telepon menjadi murah atau gratis. Tes versi 4.0 memperbolehkan para pemakai untuk menempatkan foto yang lebih besar dari versi sebelumnya, untuk mendorong pemanggil untuk lihat dan dilihat. Skype 4.0 juga menyertakan corak untuk para pemakai yang mengerti tentang teknis yang dideteksi oleh setting komputer, ketersediaan bandwidh dan koneksi audio atau devices video untuk membuat menjadi lebih mudah. Skype megizinkan pemakai untuk berkomunikasi dengan dunia internasional, di kebanyakan negara biayanya gratis dan menghubungi dari komputer sky-equipped atau telepon ke landlines atau menelepon pada tingkat tarif yang murah. Skype mendapatkan penghasilan sebesar $382 juta pada tahun 2007 dan Wall Street analis mengharapkan puncaknya pada tahun 2008 ini sebesar $500 juta. Selama usia tahun ke-5 pelayanan Skype telah terhitung 309 juta pemakai mulai dari akhir Maret, dan 12 juta para pemakai bersama pada jam sibuk setiap hari. Para pemakainya dapat mengirimkan dari komputernya pesan cepat dan pesan teks ke telepon, berbagi data besar atau bercakap-cakap via telepon video. "Para pemakai Skype sedang berkomunikasi di banyak gaya berbeda, sering pada waktu yang sama," yang dikatakan Josh Silverman, veteran eBay eksekutif dimana sebagai President Skype pada tahun ini."Kita pikir ini adalah waktunya untuk perangkat lunak untuk turut serta," seperti yang dikatakan oleh Silverman." Sekarang video sungguh membawa semua gaya komunikasi itu." lanjutnya. Pertumbuhan ketenaran video-call itu telah berlangsung, di samping fakta bahwa versi Skype perangkat lunak yang ada membuat fitur video susah untuk ditemukan. Para pemakai harus memulai dengan panggilan kepada seorang teman, kemudian tekan tombol find untuk menambahkan video untuk panggilan.

Software Ampuh CA Anti-Virus Plus Anti-Spyware 2010
Jika mungkin bingung mencari antivirus untuk netbook, maka software CA Anti-Virus Plus Anti-Spyware 2010 bisa menjadi pertimbangan. CA Anti-Virus Plus Anti-Spyware 2010 dapat menjaga ko0mputer user bebas dari virus, anti spyware, dan dapat melindungi user dari ancaman Internet lainnya, khususnya ketika mengakses dari netbook. Program antivirus CA Anti-Virus Plus Anti-Spyware 2010 mampu menghabiskan 68MB memory, yang mungkin akan tidak terlalu berdampak kepada performance komputer modern sekarang ini, namun dengan netbook yang hanya memiliki RAM 1GB mungkin akan sedikit berbeda. Untuk waktu scanning memerlukan waktu yang cukup lama sekitar 5 jam dibandingkan produk lain yang hanya memakan waktu 1 jam. Hal ini dikarenakan karena software tersebut men-scan lebih banyak object ketimbang antivirus lain, menurut CA sebagai produsen antivirus itu. Walaupun tidak se-inovatif Norton 2010, namun software CA Anti-Virus Plus Anti-Spyware 2010 ini dapat men-scan seluruh file di komputer netbook, dan perlu restart untuk melengkapi proses instalasi. Interface dari 1

program ini tampak menarik, walaupun mungkin tidak sama simple-nya dengan Norton atau Kaspersky. Kelebihan software CA Anti-Virus Plus Anti-Spyware 2010 tesebut dilihat dari interface yang menarik dan user friendly, namun fiturnya masih terkesan sederhana dan ringan, juga harganya yang sedikit mahal. Perangkat lunak tersebut untuk harga aslinya dijual seharga $49.99, menyediakan proteksi anti virus dan anti spyware, juga lisensinya yang pas untuk 3 komputer sekaligus. Download CA Anti-Virus Plus Anti-Spyware 2010 versi trialnya (shop.ca.com/downloads/free_trial_software.aspx) hanya berukuran 79MB, cukup ringan jika diinstal di netbook atau mini laptop.(h_n)

Microsoft Hentikan Penjualan Office 2003

Sekitar 3 minggu lalu, sebuah pengadilan meminta Microsoft untuk berhenti menjual Word dengan Custom XML karena dianggap melanggar hak patent. Bahkan, Microsoft sebelumnya juga akan menghentikan penjualan Office 2007. Di toko Microsoft, terdapat 32 hasil pencarian mengenai semua produk Office, yang dapat dibeli. Sementara untuk Office Standard 2007, Office Small Business 2007, Office Standard 2007 Upgrade, Office 2008 untuk Mac Business Edition, dan Office 2008 untuk Mac Home and Student Edition sudah dihentikan, sedangkan Office Ultimate 2007, Office Professional 2007 dan Office Professional 2007 masih ada. Ketiadaan software di atas, juga tidak dijelaskan oleh pihak Microsoft. Sementara itu, Microsoft juga akan merilis ulang Office 2007, termasuk Professional, Professional Plus, Ultimate, dan Enterprise untuk pelanggan MSDN dan TechNet mulai Jumat (15/01). Sedangkan untuk Office 2003 edition dengan Custom XML, walaupun patch dari Custom XML yang dihapus dari Office 2003 telah diposting di Microsoft Download Center. “Hanya Office 2003 Professional edition telah dihapus secara sementara dari MSDN/TechNet sebagai bagian dari proses ini. Namun, Office 2003 Standard masih available untuk pelanggan MSDN/TechNet. Microsoft hanya perlu memodifikasi versi Word dan Office yang memiliki Custom XML dan yang telah dijual sebelum 11 Januari 2010, sebelum software tersebut diperkenalkan kembali ke market sebagai produk baru.” ungkap Microsoft. Sementara Office 2010 yang akan keluar mulai Juni 2010 tidak memiliki Custom XML.(h_n)

2

GodMode, Fitur Unik Windows 7 dan Vista

Fitur GodMode, sebuah fitur baru yang ada di Windows, kini hadir untuk mempermudah user mengakses semua control panel system operasi Windows dari satu folder. Dengan membuat satu folder baru di Windows 7 dan mengganti nama folder tersebut dengan string text tertentu, maka user akan dapat memiliki satu wadah untuk melakukan banyak hal mulai dari mengubah pointer mouse hingga membuat partisi harddisk. Trik ini juga berlaku untuk system operasi Windows Vista, walaupun sempat muncul beberapa warning, namun juga dapat bekerja dengan lancar di Windows Vista 32 bit. Sedangkan untuk di system operasi Windows Vista 64 bit dapat menyebabkan crash. Untuk menggunakan fitur GodMode tersebut, user hanya perlu membuat satu folder dan kemudian melakukan rename folder dengan mengikuti : GodMode.{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E 01C} Jika sudah dilakukan, icon folder akan berubah menjadi control panel dan akan memiliki lusinan pilihan control.

Kaspersky KryptoStorage, Software Proteksi Data Super Aman
Perusahaan keamanan Internet, Kaspersky Lab hari ini meluncurkan kemampuan enkripsi yang didesain untuk menyediakan proteksi lebih besar melawan adanya data berbahaya. Software Kaspersky KryptoStorage (support.kaspersky.com/kks) mampu mengenkripsi catalog, disk virtual, dan partisi logic dari harddisk, dengan partisi enkripsi dan dekripsi yang dijalankan di dalam, sementara user masih bekerja dengan data tersebut. Ketika seorang user membuka sebuah dokumen untuk membaca informasi, maka dokumen secara otomatis terdekripsi, dan ketika akan disimpan di harddisk, maka akan secara otomatis terenkripsi kembali, untuk meningkatkan keamanan data, menurut Kaspersky. Folder dan isi file yang sudah terenktipsi dapat disimpan di media penyimpanan internal, eksternal dan lokal, menurut Kaspersky Lab, dengan pilihan user dapat menyimpan menggunakan satu password untuk semua object yang diproteksi atau password yang berbeda untuk setiap object. Produk software Kaspersky KryptoStorage tersebut dilengkapi dengan enkripsi AES-128 bit dan juga dapat mengembalikan data yang hilang secara permanen dari berbagai media penyimpanan, memastikan integritas data yang hilang di removable media. “Dengan bantuan Kaspersky KryptoStorage, user dapat memproteksi data melawan ancaman pencurian data, Product ini mudah digunakan dan menyediakan level keamanan yan kuat yang dapat menyebabkan intruder harus menunggu lama untuk memecahkan pengaman digital ini.“ ungkap Eugene Kaspersky, CEO Kaspersky. 3

LogMeIn - Ingin Membuka Komputer Pribadi di Komputer Lain?

Lupa membawa file penting?? Kini terdapat software yang dapat menyambungkan anda dari komputer lain ke komputer pribadi kesayangan anda dirumah. Anda bisa mengakses komputer pribadi anda dimana saja dan kapan saja selama komputer pribadi anda masih hidup. Dengan begitu anda bisa menggunakan komputer anda dalam komputer lain dan anda juga dapat melakukan transfer data diantara dua komputer tersebut. LogMeIn, adalah salah satu software yang kini hadir secara gratisan bisa didownload dari situs resminya. Cukup dengan mendownload software untuk komputer utama anda yang ingin dikontrol. Kemudian anda cukup mendaftarkan diri di situs resmi LogMeIn. Anda juga perlu sedikit setting-an pada browser dengan menambah LogMeIn add-ons melalui komputer yang digunakan untuk mengakses komputer anda dirumah. Komputer anda bisa dikontrol dengan syarat online di internet, komputer dalam kondisi hidup, dan set LogMeIn software enable. Untuk keamanannya, anda tidak perlu kuatir. Dalam sistem ini terdapat beberapa sekuriti yang bisa di setting pada profile anda di LogMeIn. Jadi, untuk mengakses sistem ini diperlukan password pada komputer pribadi, password pada website LogMeIn dan password yang dikirim melalui email setiap pengaksesan komputer melalui komputer lain. Jadi sistem sekuriti ini diperkuat dengan 3 kali login.

MediaMonkey - Software Pemutar Musik Asik

MediaMonkey, lagi lagi alat pemutar musik baru ini dihebohkan para pencinta musik. Software ini mempunyai kemampuan yang lebih baik dari Winamp. MediaMonkey ini merupakan campuran padu antara iTunes dengan Winamp. MediaMonkey adalah freeware yang bisa di-download dari website resminya MediaMonkey. Software pemutar musik ini mempunyai fitur-fitur yang sangat lengkap dan tidak dimiliki seperti softwaresoftware lainnya. MediaMonkey menyediakan fitur untuk membaca koneksi dari iPod ke MediaMonkey sehingga musik dari iPod/iPhone bisa diputar di software tersebut dengan media convert sekaligus. Selebihnya, MediaMonkey juga mempunyai tampilan yang memudahkan para pengguna untuk membuat playlist sesuka pengguna dengan menyediakan Tree Nodes, sehingga pengguna bisa memilih lagu langsung dari directory mereka menyimpan file musik. Fitur extra dari MediaMonkey, DVD-CD burner pun disediakan. Beberapa hotkey disediakan untuk memudahkan pengguna untuk mengkontrol musik. 4

Fitur-fitur utama dari MediaMonkey:
• • • • • • • • • • • •

Mengatur music dan megedit tags di audio library dengan mudah. Automatis memberikan info album art dan metadata lainnya. Mengatur lebih dari 50 ribu file di koleksi musik tanpa hambatan. Mengatur semua jenis musik: Rock, Classical, Audiobooks, Comedy, Podcasts, dll. Memutar MP3s dan audio format lainnya. Merekam CDs dan merunah format MP3s, M4A, OGG, FLAC dan WMA files dll. ke format lainnya. Membuat playlists dan membiarkan Auto-DJ & Party Mode mengatur automatis di party. Sync iPhones, iPods, & MP3 players. Automatis identifikasi tracks yang tidak mempunyai informasi, tidak synchronized, atau ada duplilkasi file. Automatis mengatur dan mengganti nama file di hard drive dalam logical hierarchy. Download isi audio mengunakan integrated Podcatcher. MediaMonkey Party Mode, yang memberikan ijin ke users untuk requests ketika mem-protek library yang ada waktu dimodifikasi.

Microsoft Siapkan Windows 8 di Tahun 2012

Berita mengenai peluncuran system operasi terbaru Windows 7 masih belum pudar, namun Microsoft telah mempersiapkan sebuah system operasi Windows 8 di tahun 2012. Minggu lalu, dalam blog Microsoft Kitchen, disebutkan sepasang Windows Server akan siap di tahun 2012 seiring dengan dirilisnya Windows 8. Microsoft juga telah menampilkannya dalam event Professional Developer Conference di Los Angeles, minggu lalu. Dalam event tersebut tidak disebutkan informasi tambahan selain dari persiapan Microsoft yang menyebutkan akan meng-update system operasi setiap 2 tahun, yang berarti Windows 8 akan segera hadir. Microsoft juga belum menjelaskan secara rinci untuk mengembangkan Windows 8, termasuk tanda-tanda akan merekrut para ahli untuk membantu membangun system tersebut. Kini Microsoft juga sedang mengerjakan service pack pertama dari Windows 7 dan akan dirilis di Januari 2010 dalam versi beta.

5

Microsoft Bikin Tool SharePoint di Mac

Unit Bisnis Mac di Microsoft kini telah mengeluarkan sebuah tool yang memudahkan pengguna Mac untuk mengedit file SharePoint secara offline. Kolaborasi desktop Office tersebut akan menjadi SharePoint Workspace di Office 2010 yang akan datang, menurut team pengembang SharePoint. Tool tersebut akan membuat pengguna Mac dapat mengambil dokumen SharePoint secara offline, mengedit dan kemudian mensinkronisasikan kembali file tersebut ke server, seperti halnya menggunakan SharePoint Workspace, menurut Paul Cannon, manager product SharePoint Workspace. “Ini bukanlah product yang sama, namun user dapat menemukan client offline untuk Mac di SharePoint Workspace.” ulasnya. SharePoint Workspace dibuat berdasarkan Office Document Cache dan sebuah protocol di Windows Communication Foundation bernama File Synchronization via SOAP dengan HTTP. Protocol tersebut akan menggunakan protocol WebDAV yang digunakan di SharePoint versi sebelumnya, dan rencananya juga akan ditempatkan di Word 2010 dan PowerPoint 2010. Microsoft Siapkan Office 2010 Beta Mulai November Setelah siap akan merilis Windows 7 pada 22 Oktober mendatang, kini Microsoft sedang mempersiapkan software Office 2010 versi beta di awal bulan depan, November 2009. Hal tersebut disampaikan oleh CEO Microsoft, Steve Ballmer, dalam Microsoft SharePoint Conference 2009 di Las Vegas, Senin (19/10). Ketika ditanya lebih lanjut, Ballmer tidak menjelaskan kapan tepatnya Office 2010 beta ini akan dirilis di bulan depan. Sejauh ini, Microsoft telah menawarkan Office 2010 ke group kecil atau tester. Selain itu, Microsoft juga membuat Office 2010 versi online, bernama Office Web Apps. Office Web Apps merupakan aplikasi yang memuat Word, Excel, PowerPoint yang lebih ringan, dan akan dibuat secara gratis di pertengahan tahun depan. Selain itu, belum diketahui juga, apakah Microsoft akan menarik charge dari download software Office 2010 versi beta ini, yang merupakan taktik yang sama untuk Office 2007 beta. Microsoft juga akan menggunakan teknologi Click-To-Run, yang pernah diumumkan Juli lalu bersama Technical Preview Office 2010 beta. Teknologi Click-To-Run ini akan mempermudah downloader untuk download hanya dalam beberapa menit. Sebelum memperkenalkan Office 2010 beta ini, Microsoft juga telah meluncurkan Office Starter 2010 untuk promosi Office 2010 ke vendor computer. Sementara itu, Microsoft juga akan memberikan fitur lebih lengkap untuk Office 2010 ini bersamaan dengan SharePoint 2010 di bulan depan.

6

Windows 7 vs Snow Leopard dalam Test Performa

Baik Microsoft maupun Apple sama-sama berusaha menonjolkan produk barunya masing-masing. Terlebih lagi, keteganggan ini semakin terasa, ketika Windows 7 mulai terjun ke pasaran. Konsumen pun banyak yang dibingungkan dengan rayuan-rayuan mereka. Mau pilih yang mana, Windows 7 atau Snow Leopard ? Sebelum Anda mengetok palu keputusan, ada baiknya beberapa pertimbangan dari Cnet di bawah ini patut disimak. MackBook Pro sebagai Test-System Sebagai media pengetesan, Cnet membandingkan Windows 7 dan Mac OS X Snow Leopard dengan piranti yang sama dari MacBook Pro 15 Zoll dengan spesifikasi Intel Core 2 Duo dengan 2,5 Ghz, 4 GB Harddisk dan sebuah Nvidia GeForce 9600 M GT-Grafikkarte dengan ukuran 512 MB. Test Start dan Shutdown: Snow Leopard lebih cepat Kecepatan kerja merupakan salah satu faktor kunci penentu performa kirnerja sebuah komputer. Dalam hal ini, Cnet menemukan, bahwa Snow Leopard lebih mempunyai start dan shutdown lebih cepat dari pada pesaingnya Windows 7. Untuk melakukan start system, sistem operasi Apple ini hanya membutuhkan waktu 36,4 detik yang lebih cepat dari Windows 42,7 detik. Sedangkan untuk shutdown, Snow Leopard hanya butuh waktu 6,6 detik. Ini berarti, bahwa Snow Leopard 2 kali lebih cepat dari pada Windows 7 yang membutuhkan waktu 12,63 detik. Game Windows Lebih Baik Meskipun Windows 7 kalah dalam hal kecepatan start dan shutdown, namun kualitas grafis Windows 7 tidak perlu diragukan. Sebagi media testnya dijalankan 2 buah game pada masing-masing Sistem Operasi, yaitu Cinebench R10 dan Call of Duty 4. Cinebench R10 menguji 3D Image Rendering. Di sini, ternyata Windows 7 memperoleh point lebih sebesar 5,777 dari pada konkurensnya Snow Leopard, 5,437 point. Juga pada Call of Duty 4, Windows 7 mampu membuat rate frame lebih tinggi, yaitu 26,3 Frame per detik dari pada sistem operasi Mac OS X 10,6, yaitu sebesar 21,2 Frame per detik. Baterai Lebih Tahan Lama dengan Mac OS X Test selanjutnya adalah soal durasi baterai di bawah beban extreme. Cnet menemukan, ternyata Snow Leopard patut diacungi jempol. Dalam kasus extreme, Windows 7 hanya mampu bertahan selama 78 menit. Sedangkan, Snow Leopard mampu bertahan selama 111 menit. Ini merupakan kesenjangan yang cukup besar. Dengan demikian, orang hendaknya tidak menjalankan Windows 7 dengan baterai yang kualitasnya buruk.

7

Mac atau Windows ?

Mana sekarang yang harus dipilih, Mac atau Windows ? Bagi seorang “gamer”, mungkin Windows 7 adalah pilihan terbaik, karena Windows 7 mampu menghasilkan kualitas 3D Grafik terbaik. Lagi pula, banyak gamegame tradisioanl yang masih menggunakan pemrograman berbasis platform Windows. Hal ini memang bukan sesuatu yang mengejutkan. Meskipun demikian, Snow Leopard juga menyumbangkan performansi yang lebih baik daripada Windows 7. Salah satunya adalah kecepatan dalam start dan shutdown. Namun demikian, saya pribadi menyarankan, apapun system operasinya, hendaknya Anda tetap memperhatikan kondisi keuangan Anda, karena baik Mac OS maupun Windows membutuhkan kelegalan dalam penggunaannya.

Software Anti Malware Gratis, Ad-Aware Free
Software Ad-Aware Free kini hadir menjadi spyware killer sangat populer, karena mudah digunakan, dapat mendeteksi dan membunuh spyware dengan excellent, dan gratis digunakan untuk penggunaan personal home. Vers terbaru dari Ad-Aware Free ini memiliki improvisasi proteksi yang handal. Pada awalnya, program AdAware Free ini sama seperti versi sebelumnnya. Namun,walaupun tampaknya sama, namun software Ad-Aware Free terbaru ini memiliki beberapa perubahan selain scan system, mampu menemukan spyware dan malware lain, kemudian menghapus atau mengkarantina malware, yakni pada bagian system proteksi. Software Ad-Aware Free ini mampu memproteksi computer melawan rootkit, yang dapat bersembunyi dari deteksi dan menyebar ke system operasi. Ad-Aware Free ini juga memiliki tipe proteksi handal yang dapat melindungi computer dengan melakukan pengujian ‘kelakuan’ system computer yang kompleks, daripada hanya melihat signature dari malware. Ad-Aware juga menjanjikan perlindungan terhadap malware yang mencoba restore dirinya setelah system reboot. Ad-Aware kini sudah terintegrasi dengan Internet Explorer untuk scan file yang telah di-download, memberikan peringatan terhadap adanya file berbahaya yang mungkin dikirimkan ke system computer. Ad-Aware Free memiliki modus Simple untuk sekali konfigurasi, dan modus Advanced agar user dapat memilih fitur advanced untuk kustomisasi. Software Ad-Aware Free ini tidak memproteksi melawan virus atau menyediakan proteksi full real-time. Walaupun begitu, software ini juga dapat melacak cookies ketika browsing Internet, namun dapat memperlambat kinerja IE dan Outlook Express selama 20 detik. Untuk mendapatkan fitur tersebut, user dapat membeli product Lavasoft yang sama, yakni Ad-Aware Pro senilai $40 atau Ad-Aware Plus $27 sebagai antivirus.

8

Spesifikasi minimum hardware software Ad-Aware Free versi 8.1 :
• • • •

Harga : Free System operasi : Windows 2000, Windows XP, Windows Vista Requirements: Pentium 600 MHz atau di atasnya, harddisk 100MB, RAM 100MB Ukuran file : 75280 KB

Windows Mobile 7 dan Office Mobile 7 Siap Hadir di 2010?
Robbie Bach, president divisi entertainment dan device Microsoft, minggu lalu telah memberikan detail lebih spesifik soal tanggal peluncuran Office 2010. Software Office 2010 akan hadir dengan 5 versi yang dapat dibeli untuk system Windows, Office Web Apps untuk desktop dan browser mobile, dan Office Starter 2010 yang hadir secara gratis untuk PC, dan yang terakhir adalah Office Mobile 2010. Software ponsel Office Mobile 2010 ini menurut Microsoft akan menjadi Office Mobile 7, yang akan hadir tepat ketika Windows Mobile 7 masuk ke versi RTM di tahun 2010. Lebih jauh lagi, Office Mobile 7 tersebut akan support juga dengan SharePoint Mobile, namun tidak termasuk Outlook Mobile. Sebelumnya, Microsoft Office Mobile pertama kali dirilis September 2007 sebagai bagian Office 2007 (atau Office Mobile 6.1), termasuk Word Mobile, Excel Mobile, PowerPoint Mobile, OneNote Mobile, dan Outlook Mobile. Software Office Mobile sendiri merupakan Microsoft Office untuk device Windows Mobile yang simple. Namun, sebelum Office Mobile ini, Microsoft pernah bekerja sama dengan Nokia untuk membawa Office Communicator Mobile, Office Mobile, SharePoint Server, dan System Center untuk Symbian. AVG Antivirus 9.0, Ampuh Hapus Malware AVG telah meluncurkan product keamanan yg gratis dan versi berbayar, yakni AVG 9.0, dengan improvisasi kecepatan dan level proteksi. Software AVG 9.0 terbaru ini menjanjikan optimisasi, pengurangan waktu scan, improvisasi deteksi anti-phishing, dan kemampuan untuk mendeteksi dan menghapus file mengandung malware dan rootkit. Improvisasi firewall juga termasuk dalam redesign software AVG 9.0 ini, untuk mengurangi firewall bermasalah sebanyak 50 persen. Sebagai tambahan, firewall yang baru dalam software tersebut bekerja di balik layar dengan teknologi pendeteksi di module AVG Identity Protection, sehingga dapat memberikan level deteksi yang akurat untuk ancaman keamanan yang baru atau tidak dikenali. Dengan adanya deteksi anti phishing di LinkScanner dalam software AVG 9.0 tersebut, maka proses instalasi program akan lebih cepat 50 perseb dan proses proteksi user menjadi lebih simple. Selain itu, user juga mudah menghapus dan mendeteksi adanya product third-party yang dapat menyebabkan konflik dengan AVG 9.0 dan menyebabkan interferensi dengan level proteksi user. Selain AVG 9.0, AVG juga mengembangkan layanan AVG Identity Theft Recovery Unit (ITRU), sebuah layanan yang menyediakan recovery dan membantu user AVG tanpa biaya tambahan. Untuk harga software 9

AVG AVG Anti-Virus 9.0 ini sekitar $21.44, sementara untuk AVG 9.0 versi gratisnya akan dirilis mulai pertengahan Oktober 2009.

Adobe Bikin Flash Professional CS5 di iPhone
Setelah mempersiapkan Adobe Flash Player 10.1 untuk berbagai smartphone, maka dalam konferensi developer tahunan Adobe di Los Angeles, Senin (05/10), Adobe mengumumkan telah mengembangkan Flash Professional CS5 yang memudahkan developer untuk membuat aplikasi interaktif di iPhone dan iPod Touch. Namun, bukan berarti aplikasi yang telah dibuat developer sebagai aplikasi Flash, juga dapat menjalankan aplikasi Flash. Software Flash Professional CS5 dirilis dalam versi beta tahun ini, yang memudahkan developer untuk membuat aplikasi Flash menggunakan platform penggunaan Flash, dan kemudian meng-export aplikasi Flash tersebut sebagai aplikasi asing iPhone. “Kami membuat compiler baru yang membiarkan LLVM [Low Level Virtual Machine] untuk memahami ActionScript 3, dan menggunakannya untuk menghasilkan kode assembly dari ARM. Ketika developer membangun aplikasi untuk iPhone, maka tidak ada interpretasi kode dan runtime di binary final, sehingga apalikasi yang telah diciptakan akan menjadi aplikasi asing di iPhone.” ungkap Aditya Bansod, manager product Adobe. Hal tersebut berarti kemampuan Flash, seperti load ke Flash lain (.swf) atau browsing web content dari dalam aplikasi Flash yang diekspor, tidak bisa dilakukan. Developer yang menggunakan tool Apple, dapat browsing content web dari dalam aplikasi mereka via komponen Flash SDK UIWebKit.

Asyik, Microsoft Bakal Hadirkan Windows Mobile 7
Windows Mobile 6.5 mungkin baru saja unjuk gigi, namun Microsoft kini sedang mempersiapkan penggantinya. Windows Mobile 7, sebuah system baru yang nantinya akan masuk ke dalam ponsel dengan support situs jejaring social. System operasi mobile tersebut diperkirakan akan hadir di tahun depan, sekitar setahun setelah Windows Mobile 6.5 populer. Menurut us.rd.yahoo.com, sebanyak 1,000 pegawai Microsofy kini sedang bekerja dalam pengembangan system operasi Windows Mobile 7. “Jejaring social dan ponsel adalah dua fenomena yang sedang berkembang cepat dalam kultur social budaya, dimana keduanya memberikan impact yang besar untuk interaksi antara user. Untuk itu,group Windows Mobile 7 Communications sedang membangun system dalam ponsel yang bisa merepresentasikan teman, gambar, pesan dan event menjadi satu. Visi kami adalah membawa jejaring social dengan mengintegrasikannya ke ponsel. Sebagai contoh, bayangkan jika semua newsfeed dari semua jejaring social ada di satu ponsel. “ ungkap Microsoft. Pada intinya, Microsoft ingin membangun platform mobile social, yang akan membuat developer dapat membuat aplikasi social untuk system Windows Mobile 7. “Versi Windows Mobile 7 ini dibangun untuk ponsel khusus yang benar-benar personal dan relevant, atau yang kami sebut ‘epic phone’, yang segera masuk ke market mobile phone.” tambah Microsoft.

Software Symantec Quorum Cerdas Deteksi Aplikasi Berbahaya
10

Symantec telah merilis software keamanan Internet bernama Quorum. Quorum bertugas untuk mengecek proses atau aplikasi yang berjalan, kemudian membandingkan dengan database informasi user di software tersebut, pakah aplikasi yang dijalankan adalah aplikasi yang dikenal, seperti Microsoft Word. Jika tidak cocok, maka software Quorum Symantec akan mengecek seberapa banyak orang yang menggunakan aplikasi tersebut sebelum dialihkan menjadi deteksi virus. User akan diperingatkan jika Symantec tidak bisa menemukan autentikasi aplikasi tersebut. Teknologi Quorum Symantec juga ditujukan untuk identifikasi resiko dengan factor seperti apakah memiliki signature di program software, dari situs mana file di-download, apakah program masih baru sehingga belum banyak orang yang tahu. Software Quorum memiliki atribut, seperti digital signature, dan batas ‘usia’ software, source, dan algoritma khusus untuk mempertimbangkan ‘reputasi’ file yang sedang dijalankan. Symantec mengumumkan software Quorum dalam event Meatpacking District Black Market di New York, setelah meluncurkan software Norton Internet Security 2010 terbarunya sejak 9 September lalu. Symantec juga membuat Norton Online Risk Calculator, berupa tool online untuk mengukur seberapa besar resiko ketika pengguna browsing web, dan memperkirakan apa yang dapat dilakukan cybercriminal atas identitas online pengguna.(h_n)

Inilah List Kelemahan Mac OS X 10.6 Snow Leopard
Dengan hadirnya system operasi Mac OS X 10.6 Snow Leopard, ternyata tidak semua aplikasi kompatibel dengan system tersebut, dan justru mengalami trouble ketika mengaplikasikannya. Aplikasi tersebut termasuk Adobe Photoshop Elements, Macromedia FreeHand MX, Cocktail, iStat Menus, FruitMenu, SilverKeeper, WireTap, dan sebagainya. Berikut beberapa aplikasi yang tidak kompatibel dengan Mac OS X 10.6 Snow Leopard (selengkapnya dapat melihat snowleopard.wikidot.com) : Game kisah mistery The Abbey Adobe Photoshop Elements versi Elements 6 untuk Macintosh Free management utility Afloat aMSN, cloning free open source MSN Messenger AppleJack, free troubleshooting utility untuk dijalankan di modus Single User Backup Bouncer, utility backup-software Books, aplikasi buku open source plus donasi Chax, utility iChat plus donasi CheckPoint SecureClient untuk VPN client ClamXav, free virus checker berbasis ClamAV Cocktail, utility maintenance ConceptDraw Pro, aplikasi pembuat diagram CuteFTP untuk FTP client CyberDuck untuk FTP, SFTP, WebDAV, Cloud Files dan Amazon S3 Browser Data Backup DAVE untuk file dan print sharing DiskWarrtior 4.1 untuk recovery file DynDNS untuk layanan DNS Electric Sheep aplikasi artwork
• • • •

• • • • • • • • • • • • • • •

11

• • • • • • • • • • • • • • • • • •

Fallout II, game yang mengalami kerusakan video di system ini Tidak ada upgrade Forklift - FTP, SFTP, Amazon S3, WebDAV, SMB, NISm dan AFP FreeNX, remote display berbasis NX Server FruitMenu, aplikasi kustomisasi menu Google Gears info.xhead, utility database personal Inquisitor, pendukung pencarian web iStat Menus, utility system-info Leopard Cache Cleaner, utility maintenance system Line 6 Monkey, auto-updater untuk aplikasi music Linkinus untuk IRC client Macromedia FreeHand MX 11.0.2, aplikasi ilustrasi Magical, aplikasi pengganti jam dan calendar MailTags, organizer Apple Mail Max 5, software music MenuMeters, system monitoring Nambu, utility social-networking PGP Desktop dan PGP Whole Disk Encryption

Cegah Pembajakan, Microsoft Terapkan Office Genuine
Microsoft dalam usahanya untuk membantu konsumen guna mengurangi resiko pencurian identitas user, korupsi data dan malware, telah meluncurkan program Office Genuine Advantage (OGA). Notifikasi program Office Genuine Advantage (OGA) merupakan bagian dari Microsoft Genuine Software Initiative yang bertujuan untuk membantu memproteksi konsumen dan partner Microsoft dari pemalsu melalui edukasi, engineering, dan kebijakan hukum. Mulai Senin (24/08), konsumen dapat secara sukarela berpartisipasi dalam program online ini dengan menerima notifikasi otomatis. Konsumen kemudian dapat mem-validasi software Microsoft Office mereka, dan membuat pembelian online Microsoft Office Genuine melalui www.buyoriginalms.com atau dari reseller lokal sah dari Microsoft. Langkah untuk mendeteksi Microsoft Office Non-Genuine :
• • • •

Membuat login, dan user akan secara otomatis meng-invite download dan meng-install update OGA Menerima notifikasi update dan system akan restart. Membuka aplikasi Office, dan OGA akan mem-verifikasi instalasi autentikasi software Jika software Microsoft Office Non-Genuine tedeteksi, maka konsumen akan memiliki pilihan untuk membeli Microsoft Office original secara online atau dari reseller terdekat

Program Office Genuine Advantage (OGA) ini akan bekerja di system Office XP, Office 2003 dan Microsoft Office 2007. Sementara itu, Office 2010 juga akan dimasukkand alam program aktivasi lisensi, sehingga professional IT dapat aktivasi copy Office Genuine sebelum dipakai dan memonitor status aktivasi agar dapat menggunakan fungsi Office.

Duh, Windows 7 Bisa Bikin Boros Baterai Netbook
12

Baterai yang tahan lama umumnya menjadi salah satu keunggulan dari netbook. Namun, untuk netbook dengan system Windows 7 rupanya tidak mendukung kemampuan daya tahan baterai tersebut. Menurut Tom's Hardware, Windows 7 akan menghabiskan satu per tiga daya tahan baterai lebih banyak, bila dibandingkan dengan perangkat yang sama dengan system Windows XP. Dalam uji cobanya, situs tersebut menggunakan perangkat netbook Acer Aspire One dengan system Windows 7 dimana hasilnya menyebabkan daya tahan baterai berkurang hingga 2.5 jam, bila dibandingkan system operasi Windows XP SP3. Perbandingan tersebut jika fungsi konsumsi listrik rendah keduanya diaktifkan. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa system Windows 7 dapat dengan cepat memakan daya baterai apalagi ketika dijalankan di netbook Apple MacBook. Padahal sebelumnya, Microsoft berjanji akan meningkatkan kekuatan baterai sebesar 11 persen lebih banyak dibandingkan Windows Vista. Selain itu, akan ditambah kemampuan untuk memutar DVD, dan mampu mengubah status CPU dalam kondisi diam ketika tidak digunakan dalam waktu tertentu agar lebih efisien. Walaupun begitu, pihak Microsoft belum memberikan komentar lebih lanjut mengenai hal ini.

Ini Dia Kelemahan Pertama XP Mode di Windows 7
Sebuah pertentangan telah muncul antara vendor antivirus Sophos dan Microsoft berkaitan dengan patch dan sulitnya manajemen dari XP Mode di Windows 7. Teknologi Windows 7 XP mode tersebut digunakan untuk mempermudah jalannya aplikasi yang biasa ada di XP untuk dijalankan secara virtual di Windows 7. Namun, pertentangan muncul dari Richard Jacobs , CTO dari Sophos, yang mengungkapkan bahwa penawaran dari Microsoft tersebut nantinya memang akan kompatibel dengan banyak aplikasi, namun tidak sarat dengan keamanan. Dengan memberikan kemudahan path migrasi dari XP ke Windows 7, dan melewati Vista, Microsoft telah membuat bencana keamanan yang besar, tambah Jacobs. XP Mode merupakan tool independent dari Windows, yang dapat digunakan untuk share folder lama dan device di komputer dengan instalasi Windows 7. Salah satu hal yang tidak di-share adalah processor dan memory, jadi sekaligus juga tidak men-share setting security, keamanan software, patch dan sebagainya, bahkan tidak ada ‘warisan’ setting keamanan dari system baru yang ditumpanginya. Ketika user menggunakan XP Mode tersebut, user perlu untuk melakukan patch copy XP ke Windows 7. User perlu mengatur setting secara terpisah, termasuk konfigurasi dua firewall personal dan menginstal dua copy software anti malware. Jacobs menambahkan, masalahnya akan semakin buruk ketika user tidak tahu bagaimana mengatur XP Mode virtual tersebut di desktop dan karena tidak adanya tool yang mengatur proses tersebut dari Microsoft. Sementara respon berbeda diluncurkan oleh penasehat keamanan Microsoft, Roger Halbheer, yang membeberkan bahwa XP Mode berlaku sebagai mesin temporer yang memperbolehkan konsumen untuk menikmati keuntungan keamanan yang lebih baik dari Windows 7, dan seklaigus menikmati kompatibilitas aplikasi yang ada di XP.(h_n)

Microsoft Bikin 6 Paket Multitouch untuk Windows 7
13

Microsoft telah mengumumkan Microsoft Touch Pack untuk Windows 7. Selama pengembangan Windows 7, team Windows 7 telah bekerja sama dengan team Microsoft Surface untuk pembuatan semua fitur multitouch. Dalam blog Windows 7 Team minggu ini telah diumumkan Microsoft Touch Pack untuk Windows 7, sebuah paket berisi 6 game casual dengan optimasi multitouch dan aplikasi Microsoft Surface untuk Windows 7, yang didesain untuk menunjukkan kemampuan Windows Touch. Breakdown aplikasi yang ada dalam Microsoft Touchpack untuk Windows 7 adalah :

• • • • • •

Microsoft Surface Globe : aplikasi ini menggunakan multitouch untuk menavigasikan model 3D seperti gedung di beberapa kota, emndapatkan informasi lokal, dan menandai lokasi favorit. Untuk informasi lebih lanjut, user bisa mengecek ke Virtual Earth, blog seorang evangelist (blogs.msdn.com/virtualearth). Microso ft Surface Collage : menggunakan multitouch untuk mengatur and melakukan resize foto digital dan membuatnya menjadi gambar background. Microsoft Surface Lagoon : menggunakan multitouch untuk berinteraksi dengan screensaver yang dapat membuat lingkungan air dan ikan. Microsoft Blackboard : menggunakan multitouch untuk memecahkan game puzzle dengan membuat balon, gelembung cahaya, mainan jungkat-jungkit, roada gigi, dan sebagainya Microsoft Rebound: menggunakan multitouch untuk mendorong sebuah bola ke dalam ‘lapangan berlistrik’ atau seperti hockey air dan menghancurkan lawan, baik itu komputer ataupun teman Microsoft Garden Pond: menggunakan multitouch untuk membuat gerakan di air atau seni menghias air di kolam.

Sementara ketika software Windows 7 diaplikasikan di PC, maka Windows 7 nantinya akan memberitahu apakah PC user telah support dengan multitouch. Microsoft mengatakan bahwa Microsoft Touch Pack untuk Windows 7 tersebut akan hadir untuk OEM (Original Equipment Manufacturer) dan berbentuk pre-instal untuk masing-masing aplikasi di atas.(h_n)

Microsoft Desain Windows 7 Starter Edition Khusus di Netbook
Microsoft telah membuat keputusan baru untuk system Windows 7 yang diaplikasikan di netbook, dengan tidak membatasi jumlah aplikasi yang dapat dijalankan secara bersamaan. Windows 7 Starter Edition akan membuat user dapat menjalankan tiga aplikasi dalam satu waktu. Hal tersebut disampaikan oleh evangelist Microsoft Windows 7, Brandon LeBlanc, Jumat sore (28/5) kemarin.

Software Windows 7 Starter Edition, ini akan hadir di PC low-end, dan tidak memiliki interface Aero Glass dan Taskbar Previews, juga Aero Peak. Dalam Windows 7 Starter Edition ini juga tidak dilengkapi dengan DVD playback, Windows Media Center untuk menonton atau merekam TV media, Remote Media Streaming atau Windows XP Mode untuk menjalankan aplikasi Windows XP dalam desktop virtual. 14

LeBlanc tidak memberikan alasan untuk perubahan ini. LeBlanc hanya ingin membuat Windows 7 Starter menjadi pilihan yang atraktif untuk PC notebook kecil dan konsumen yang hanya ingin menjalankan task dasar, seperti browsing web, cek email dan aktivitas personal lainnya. Software Windows 7 Starter Edition ini akan hadir untuk netbook dan akan ‘menyingkirkan’ system operasi Windows XP dan Linux dalam beberapa bulan atau tahun.(h_n)

Kontrol Akses Internet Pakai Parental Program Safe Eyes 5.0
Software Safe Eyes 5.0 merupakan program yang mendasar dibandingkan program parental control lainnya. Software Safe Eyes 5.0 menyediakan lisensi untuk tiga computer, baik PC atau Mac dan dapat memblokir 35 kategori dari website yang mencurigakan. Software pengontrol Internet ini memiliki interface yang menyenangkan, dan program ini dapat mengontrol akses Internet dan membatasi waktu penggunaan Internet hingga 2 jam atau lebih. Ketika dilakukan uji coba memasukkan keyword porno “Playboy” di Google, program Safe Eyes 5.0 ini kemudian mencegah keluarnya hasil pencarian dengan keyword di atas. Sebagai tambahan, ketika mencari kata “breast”, yang ada di hasil pencarian di Google hanyalah link informative mengenai ‘breast cancer’, dan bukan gambar telanjang dada dari wanita. Solusi parental kontrol atau software pengontrol yang dapat digunakan oleh orang tua kepada anak-anaknya ini dapat juga mereka informasi personal, seperti alamat atau nomor telepon, yang diposting ke situs jejaring social. Monitor pesan instant program Safe Eyes 5.0 juga dapat merekam full text percakapan di IM dari semua IM client yang populer, termasuk AIM, MSN/Windows Live dan Yahoo Messenger. Dalam software ini juga ada log aktivitas online, yang dapat memberikan peringatan via email kepada para pengguna, khususnya orang tua atas aktivitas mencurigakan ketika surfing di Internet, atau melalui pesan text, atau ponsel ketika user lain akan mengakses situs terlarang. Software Safe Eyes 5.0 dapat bekerja di multi browser, termasuk FIrefox, Internet Explorer, dan Safari. Untuk harga software Safe Eyes 5.0 ini berkisar $49.95, dan dapat bekerja di platform Microsoft Windows 2000/XP/Vista, Mac OS X Leopard (10.5) atau Tiger. Kelebihan software Safe Eyes 5.0 :
• •

Terdapat kontrol jejaring social Interface yang mudah digunakan

Kekurangan : hanya support ke IM

15

Adobe Illustrator CS4, Improvisasi Efek Maksimal
Software Adobe Illustrator CS4 kali ini dilengkapi dengan fitur baru bernama Artboards. Dalam Artboards, sebuah halaman dalam satu file Illustrator dapat memiliki ratusan fitur Artboards. Namun, Artboards ini dapat melakukan penggabungan format grafis dengan ukuran yang berbeda, menjadi satu layout yang berbeda format pula. User dapat melihat semua atau sebagian dari Artboards, menampilkannya di layar, ataupun menumpuknya. Selain itu, terdapat fitur yang baru dan cool bernama Blob Brush, yang memudahkan user untuk membuat gambar yang cepat tanpa implementasi yang kompleks dari Illustrator. Jika gambar yang dibuat dengan Blob Brush mengalami overlap, maka software Adobe Illustrator CS4 secara otomatis menggabungkan mereka ke dalam satu object daripada harus memisahkan mereka, menjadi element yang tidak saling berkaitan. Di samping kedua fitur tersebut, sebagian besar improvisasi Adobe Illustrator CS4 memiliki kecepatan yang dapat mengimbangi fitur yang bagus. Seperti browser web, multi dokumen ini dapat tampil sebagai tab. User dapat membuat gradient efek secara langsung ke object untuk membuat gambar yang interaktif. Fitur tersebut juga dimiliki aplikasi CorelDraw. Berbicara soal CorelDraw, software Adobe Illustrator CS4 ini memiliki interface yang simple dan tool yang lebih banyak untuk membuat bisnis grafis, dan memiliki harga lebih murah, yakni $170. Namun, software Adobe Illustrator CS4 merupakan tool superior untuk membuat gambar yang kreatif, seperti pada Adobe Photoshop, dan versi baru CS4 ini juga dilengkapi dengan upgrade fitur yang cukup bagus.(h_n)

Microsoft Rilis Windows Vista SP2 RTM
Microsoft telah merilis manufacturing Windows Vista SP2 (Service Pack) atau RTM (Release To Manufacturing), yang berarti developer telah menyetujui hasil layanan Service Pack 2 tersebut, dan pihak Microsoft telah membuat duplikasinya, baru kemudian akan didistribusikan. Namun, versi RTM ini belum dapat dinikmati oleh pengguna Vista ataupun bagi pelanggan berbayar dari layanan Microsoft Developer Network (MSDN) dan TechNet. Target Vista SP2 ini ditujukan untuk developer dan professional IT, terutama untuk pengguna MSDN dan TechNet yang menangani pembangunan software, seperti edisi RTM ini, sebelum dipublikasikan ke umum. Sementara itu, untuk Windows Server 2008 SP2, software tersebut belum diposting di TechNet atau MSDN, sehingga hal tersebut membingungkan konsumen. “Halaman posting Vista SP2 versi final tidak ada di MSDN dan TechNet. Ketika saya mendownload Vista SP2 versi final, link-nya tidak ditemukan.” ungkap salah satu pengguna TechNet, seperti yang dilansir di forum TechNet. Ketika ditanya mengenai status Windows Vista SP2 di TechNet dan MSDN, pihak Microsoft mengungkapkan bahwa Vista SP2 belum dapat dinikmati oleh pelanggan. “Windows Vista SP2 RTM ini hanya untuk OEM (Original Equipment Manufacturer) saja. Kami belum bisa memberikan informasi tambahan mengenai kapan pengguna TechNet dan MSDN dapat men-download SP2 ini.” kata pihak Microsoft. Dalam blog Windows Vista, Microsoft mengatakan bahwa pihaknya berharap Windows Vista dan Windows Server 2008 SP2 dapat dipublikasikan di kuarter kedua di tahun 2009. Kemungkinan besar akan dipublikasikan sebelum akhir bulan Juni. Dalam waktu yang sama, selain Microsoft akan mengirimkan Vista SP2 untuk 16

duplikasi, Microsoft juga mengumumkan satu tool yang dapat memblokir download Service Pack sebelumnya, Vista SP1, yang telah habis beberapa waktu lalu. User yang telah memiliki tool untuk mencegah Vista menerima SP1, kini dapat mulai melihat update yang ditawarkan Windows Update, tambah pihak Microsoft.(h_n)

Microsoft Bikin Teknologi Anti Pembajakan di Windows 7
Teknologi anti pembajakan Windows Genuine Advantage (WGA) milik Microsoft sudah mulai ditinggalkan. Kini Microsoft telah memberikan teknologi anti pembajakan yang baru di system operasi terbaru Windows 7, yakni Windows Activation Technologies. Windows Activation Technologies ini diklaim Microsoft lebih dari versi repackaged dari WGA. Dalam sebuah artikel yang diposting di Q&A dari Joe Williams, general manager Worldwide Genuine Windows, Kamis (07/5), disebutkan bahwa mekanisme anti pembajakan di yang ada di Windows 7, sama seperti yang digunakan di Windows Vista Service Pack 1. Menurut Microsoft, bagi pengguna Windows Vista SP1 yang tidak melakukan aktivasi di login, Microsoft akan memberikan warna abu-abu untuk pilihan 'Activate Later' selama 15 detik. Hal ini dimaksudkan untuk memberi waktu user untuk berpikir mengenai gravitasi keputusan yang diambil. Menurut Williams, sedangkan di Windows 7, user tidak perlu menunggu 15 detik untuk memilih 'Activate Later', walaupun mereka telah melihat dialog box yang menginformasikan keuntungan aktivasi. Microsoft memperkenalkan produk aktivasi di XP dimaksudkan untuk melawan pembajakan dengan meminta user untuk memasukkan product key yang valid untuk aktivasi system operasi tersebut. Untuk itu, di tahun 2005, Microsoft memperkenalkan WGA, yang dapat melakukan verifikasi autentikasi copy Windows yang digubakan user. Williams menambahkan bahwa Microsoft akan tetap melanjutkan update WGA untuk Windows XP. Menurut Microsoft, alasan WGA tidak populer karena adanya kesalahan memberikan flag keaslian Windows kepada user sebagai pembajakan system di beberapa lokasi perusahaan, di bulan Januari 2007 lalu.(h_n) AVG Antivirus 8, Aktif Blokir Content Malware AVG Antivirus 8, merupakan software yang dilengkapi dengan teknologi Linkscanner, yang secara aktif memblokir content ‘jahat’ dari website yang dapat mengganggu kinerja computer. Selain itu, software ini juga dapat mencegah penyebaran rootkit, virus, spyware yang berada dalam satu product. AVG Antivirus 8 dapat diinstal di Windows XP SP2, dan tanpa harus melakukan booting ulang (rebooting). Untuk interface AVG Antivirus 8 ini tampak kurang bagus, walaupun terdapat improvisasi dari desain sebelunya, namun panel jendela di sebelah kanan terlalu penuh dengan icon berukuran besar, yang berjumlah 9 icon. Sedangkan di bagian kiri memiliki tiga pilihan, Overview, Computer Scanner, dan Update Now. Selain itu, juga terdapat toolbar di atas jendela interface software ini yang memiliki beberapa fitur pilihan. Untuk melakukan uninstall, terdapat pilihan di bawah All Programs. Setelah di-reboot kembali, akan terdapat direktori kosong di computer yang menyimpan registry dari versi trial program ini. Jika ingin mengupgrade versi 8 ini maka user harus meng-uninstal AVG sebelumnya yang sudah terinstal sebelum menginstal versi 8.0 ini. Untuk itu, AVG menyediakan full fungsi software Antivirus 8.0 ini dalam waktu trial 30 hari. Kelebihan software AVG Antivirus 8 : 17

AVG Antivirus 8 memiliki proteksi anti-rootkit, antivirus, dan antispyware Kekurangan : Software AVG Antivirus 8 ini masih dalam range middle atau berjalan lebih lambat ketika melakukan proses scanning dan performance waktu booting nternet Explorer 8

21 Accelerator dan Add-ons Terbaik Internet Explorer 8
Saat Internet Explorer 8 diluncurkan, pihak Microsoft melengkapi browser ini dengan banyak fitur baru seperti Accelerators dan Web Slices. Accelerators di IE berguna untuk mempercepat kegiatan browsing bermacam hal, misalkan kita ingin mencari video di Youtube dengan kata kunci yang ada di halaman web, tanpa perlu membuka halaman youtube terlebih dahulu Anda tinggal blok kata/teks tersebut dan akan muncul ikon kotak kecil berwarna biru, klik ikon tersebut dan pilih Search with Youtube dari daftar accelerators yang muncul. Hasil pencarian ditampilkan dengan cepat secara on the fly, jika ingin membukanya ditab baru Anda tinggal klik saja. Selain untuk melakukan pencarian accelerators juga dapat digunakan untuk menampilkan map, menerjemahkan teks ke bahasa tertentu, membantu aktivitas blogging dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk WebSlices, fitur ini layaknya RSS Reader kecil yang akan memantau dan memberitahukan kepada Anda mengenai setiap update untuk keseluruhan atau sebagai saja dari isi situs. WebSlices di tempatkan di bagian Bookmarks Toolbar jika diklik akan muncul layar kecil yang menampilkan update/ perubahan terbaru

18

dari situs tanpa perlu membuka situs tersebut.

Tidak mau kalah dengan Firefox, IE juga memberikan dukungan bagi para pengembang add-ons sehingga fungsi-fungsi di IE bisa bertambah banyak. Tapi, harus diakui dukungan add-ons untuk IE tidak sebanyak dan seaktif di Firefox, terutama karena keterbatasan dari browser IE sendiri yang closed source. Beberapa add-ons yang tersedia untuk IE kebanyakan adalah yang sebelumnya sudah ada di Firefox dan pengembang berusaha memperlebar pangsa pasarnya ke browser IE. Pilihan untuk accelerators bisa ditambah sesuai keinginan dan kebutuhan Anda, begitupun dengan add-ons yang akan meningkatkan kenyamanan dan pengalaman browsing Anda menggunakan browser IE8. Bisa Anda lihat di bawah ini daftar dari accelerators dan add-ons yang mungkin menarik dan bisa jadi pilihan bagi Anda.

1. CloudBerry TweetIE – Add-on yang berguna bagi para pengguna layanan Twitter. CloudBerry Twitter akan membantu Anda memposting kutipan dari situs yang Anda kunjungi dengan sekali klik pada tombol dan bersama link sumber yang sudah diperpendek dengan layanan pemendek URL Chilp.It 2. Shareholic Tool – Shareholic akan membantu Anda dengan cepat mengirimkan email, berbagi, dan membookmark halaman web melalui layanan jejaring sosial, bookmarking, blogging dan layanan email favorit. Jadi layanan ini menjembatani fungsi dari layanan web 2.0 yang Anda pakai supaya Anda mudah mengakses dan memanfaatkannya dengan segera. Layanan yang sudah didukung salah satunya adalah Facebook, Twitter, MySpace, Digg, Google Gmail, StumbleUpon dan masih banyak lagi. 3. Tiny URL Accelerator – Accelerator yang akan merubah URL yang ada berupa teks ataupun hyperlink sehingga menjadi lebih pendek dari sebelumnya. URL jadi mudah untuk dikirim dan menghemat jumlah teks pada layanan tertentu yang biasanya membatasi panjang teks yang boleh dikirimkan. 4. Define with Wikipedia – Blok teks yang ingin Anda ketahui artinya atau informasi lain yang berhubungan dan accelerator akan mencarinya di situs Wikipedia yang sudah menjadi sumber informasi utama para pengguna internet. 19

5. Send with Live Search Hotmail – Anda dapat mengirimkan halaman web, link atau teks melalui Live Search Hotmail dengan cepat menggunakan accelerator ini. 6. GMail – Gmail accelerator memungkinkan Anda untuk mengirimkan email berupa konten web dari web dengan mudah, sangat membantu bagi Anda pengguna layanan email Gmail. 7. Currency Converter – Jika Anda berkecimpung dengan masalah kurs mata uang internasional, Anda dapat merubahnya melalui web browser dengan mudah ke kurs mata uang lokal. kurs mata uang secara otomatis diperbaharui secara otomatis melalui layanan web. 8. Map on LiveMaps – Dengan antuan accelerator ini Anda dimudahkan dalam mencari tampilan map untuk alamat tertentu yang ada di dalam halaman web. 9. Find on Last.fm – Jika Anda penyuka musik, Anda dapat mencari dan mendengarkan lagu secara cepat menggunakan accelerator. 10. Cooliris for Internet Explorer – Add-on yang patut Anda coba karena menawarkan pencarian untuk file gambar di Google Image Search, Facebook, Flickr, YouTube dan situs lainnya kemudian ditampilkan pada dinding 3D yang keren. 11. Search Youtube – Mencari video di Youtube berdasarkan kata kunci dari teks yang Anda blok di halaman web. 12. Search Images with Live Search – Secara cepat mencari gambar menggunakan layanan Live Search 13. StumbleUpon – Ini adalah layanan bookmark online yang sudah terkenal. StumbleUpon akan mencari situs berdasarkan apa yang Anda sukai, mempelajari kebiasaan browsing Anda dan memberikan hal menarik lainnya yang akan membuat hari-hari Anda semakin menyenangkan. 14. Share on Facebook – Accelerator yang membantu Anda dalam berbagi info halaman situs, link atau konten di web yang Anda temui ke halaman Facebook. 15. Windows Live Messenger Accelerator – Accelerator yang membawa Live Messenger ke manapun Anda berada di web, memungkinkan Anda untuk saling berbagi informasi dan konten dengan teman yang menggunakan Windows Live Messenger juga. 16. Find on eBay – Accelerator yang sangat berguna jika Anda ingin mencari dan melihat sekilas mengenai barang yang tersedia di eBay dari berbagai situs tanpa perlu meninggalkan halaman yang sedang dibuka. 17. PDF Download for Internet Explorer – Terkadang membuka file PDF langsung dari browser membuat aktifitas browsing Anda menjadi terganggu, terutama jika proses unduh file PDF tiba-tiba terhenti. Addons ini akan membantu Anda mengatasi masalah dengan file PDF dan juga mampu merubah halaman web menjadi satu file PDF berkualitas sehingga mudah disimpan dicetak dan dibagi. 18. YouTube Downloader – Biasanya tidak puas rasanya jika tidak mengunduh langsung video dari situs Youtube ke PC Anda, untuk itu Anda bisa menggunakan add-ons ini dan mengkonversi file video yang diunduh ke format yang Anda inginkan. 19. Live Search Translator – Live Translator adalah layanan penerjemah online gratis untuk beberapa teks ataupun keseluruhan isi dari halaman web. Dengan bantuan add-ons ini Anda bisa dengan mudah menerjemahkan teks dari suatu bahasa ke beragam bahasa lainnya. 20. Login using BugMeNot – Add-ons yang sangat cocok bagi Anda yang malas untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk bisa masuk ke dalam situs. Jadi, Anda akan mendapatkan username dan password untuk masuk ke dalam situs tanpa perlu mendaftar. 21. XMarks – Add-ons yang sudah terkenal kehandalannya di browser Firefox. Add-ons yang sebelumnya bernama Foxmarks ini mampu melakukan backup, restore, dan sinkronisasi daftar favorite (bookmark di IE) dari berbagai PC yang Anda gunakan yang terhubung dengan internet. Fitur tambahan lainnya adalah Smarter Search, yaitu fitur yang akan menandai suatu situs dan memberikan informasi tambahan seperti berapa jumlah pengguna XMarks yang mem-bookmark situs tersebut. Muncul di setiap hasil pencarian di Google, Microsoft Live Search, dan Yahoo. Daftar di atas mungkin bukan menjadi yang terbaik menurut Anda, untuk tambahan Accelerators, WebSlices, dan Add-ons lainnya Anda bisa cari sendiri di sini – http://www.ieaddons.com/

20

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->