P. 1
Pengertian Dan Jenis. Hardware

Pengertian Dan Jenis. Hardware

|Views: 9,854|Likes:
Published by nescutenia3550

More info:

Published by: nescutenia3550 on Mar 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2013

pdf

text

original

PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER

I. TUJUAN 1. Mahasiswa Dapat Mengetahui Perangkat Komputer 2. Mahasiswa Dapat Mengetahui Type, Jenis Dan Spesipikasi Perangkat Komputer 3. Mahasiswa Dapat Mengetahui Prinsip kerja Perangkat Komputer 4. Mahasiswa Dapat Mengetahui Pemasangan Perangkat Komputer

II. TEORY SINGKAT PROSESOR

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor. Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah me ncapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :

• • •

Aritcmatics Logical Unit (ALU) Control Unit (CU) Memory Unit (MU) Dari luar prosesor tampak seperti kotak segi empat dengan banyak kaki.

Tapi itu sebenarnya kotak pelindung prosesor. Sedang kaki yang tertanam di motherboad menjadi jalur komunikasi antara prosesor dengan perangkat komputer lainnya. Prosesor sendiri dibuat dari kristal silikon yang berukuran tak lebih dari satu inci persegi. Cara kerja prosesor, apa pun merknya, pada dasarnya sama. Mereka menerima sinyal 0 dan 1 (seperti hasil klik saklar "on" dan "off"), lalu memproses sinyal tersebut berdasarkan perintah yang diberikan, dan mengeluarkan hasil 0 dan 1 juga. Setiap perintah diproses oleh paling sedikit satu transistor. Sejumlah transistor memproses perintah dengan menggunakan logika Boolean. Ini sistem aljabar berisi "or", "and", "not", dan "nand" (not and), yang diperkenalkan oleh ahli matematik George Boole. Karena prosesor memiliki jutaan transistor, bisa dibayangkan betapa kompleks penghitunga Ada dua hal yang berperan penting dalam prosesor, yaitu register dan system clock. Register berfungsi sebagai penyimpan data, pengingat perintahperintah yang diterima oleh prosesor, dan menarik data tadi ketika dibutuhkan. Kemampuan prosesor diukur dari seberapa banyak perintah dikerjakan dalam waktu bersamaan. Dalam bahasa brosur ditunjukkan lewat jenis prosesor 16 bit, 32 bit atau 64 bit. Artinya masing-masing prosesor ini mampu mengerjakan perintah 0 dan 1 tadi, ada yang 16, 32 atau 64 perintah secara bersamaan. Prosesor membutuhkan waktu untuk mengerjakan setiap perintah. Jika perintah datang mengalir deras, maka prosesor akan mengatur perintah-perintah itu dalam sebuah antrian yang rapi. Waktu penyelesaian satu perintah diukur dalam satu siklus.

HARDISK

Harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.

Dalam sebongkah harddisk, terdapat berbagai macam ruangruang kecil (direktori, diletakkan. folder, subdirektori, subfolder), yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Di situlah data-data

Ruang kecil dalam harddisk bekerja dalam logika saling tergantung (interdependent). Data/informasi dalam satu ruang kadangkala diperlukan untuk menggerakkan data/ informasi yang berada di ruang lain. Ada ruang di mana data di dalamnya tidak boleh diutak-atik atau dipindahkan ke tempat lain, ada ruang di mana kita bisa membuang dan menaruh data secara bergantian sesuai kebutuhan.

Harddisk terdiri atas beberapa komponen penting. Komponen utamanya adalah pelat (platter) yang berfungsi sebagai penyimpan data. Pelat ini adalah suatu cakram padat yang berbentuk bulat datar, kedua sisi permukaannya dilapisi dengan material khusus sehingga memiliki polapola magnetis. Pelat ini ditempatkan dalam suatu poros yang disebut spindle.

Prinsip kerja hardisk

Spindle memiliki sebuah penggerak yang disebut spindle motor, yang berfungsi untuk memutar pelat harddisk dalam kecepatan tinggi. Perputaran ini diukur dalam satuan rotation per minute (RPM). Makin cepat putaran tiap menitnya, makin bagus kualitas harddisk tersebut. Ukuran yang lazim kita dengar adalah 5400, 7200, atau 10.000RPM.

Sebuah peranti baca-tulis elektromagnetik yang disebut dengan heads ditempatkan pada kedua permukaan pelat. Heads berukuran kecil ini ditempatkan pada sebuah slider, sehingga heads bisa membaca data/informasi yang tersimpan pada pelat dan merekam informasi ke dalam pelat tersebut.

Slider ini dihubungkan dengan sebuah lengan yang disebut actuator arms. Actuator arms ini sendiri dipasang mati pada poros actuator, di mana seluruh mekanisme gerakan dari actuator ini dikendalikan oleh sebuah papan pengendali (logic board) yang mengomunikasikan setiap pertukaran informasi dengan komponen komputer yang lainnya. Antara actuator dengan karena keduanya dihubungkan dengan sebuah kabel pita tipis. Kabel inilah yang menjadi jalan instruksi dari dan ke dalam pelat harddisk.

Jumlah pelat masing-masing harddisk berbeda-beda, tergantung dari ukuran/daya tampung masing-masing pelat dan ukuran harddisk secara keseluruhan.

Sebuah pelat harddisk pada umumnya memiliki daya tampung antara 10 atau 20gigabyte (GB). Sebuah harddisk yang berkapasitas total 40GB berarti memiliki 2 pelat, sedangkan bila berukuran 30GB, ia memiliki dua buah pelat berukuran 10 dan 20GB atau tiga buah pelat berukuran 10GB.

Masing-masing pelat harddisk mampu menangani/menampung puluhan juta bit data. Data-data ini dikelompokkan ke dalam kelompok-kelompok yang lebih besar, sehingga memungkinkan pengaksesan informasi yang lebih cepat dan mudah.

Masing-masing pelat memiliki dua buah head, satu berada di atas permukaan pelat, satunya lagi ada di bawah head. Dari sini ketahuan bahwa harddisk yang memiliki tiga buah pelat misalnya (rata-rata sebuah harddisk memang terdiri atas tiga pelat) memiliki total enam permukaan dan enam head.

Masing-masing pelat memiliki kemampuan merekam dan menyimpan informasi dalam suatu lingkaran konsentris yang disebut track (bayangkan track ini seperti lintasan dalam suatu arena perlombaan atletik).

Masing-masing track terbagi lagi dalam bagian-bagian yang lebih kecil yang disebut sektor (sector). Nah, setiap sektor dalam tracktrack harddisk ini mampu menampung informasi sebesar 512 bytes.

Sektor-sektor dalam sebuah harddisk ini tidak dikelompokkan secara mandiri tetapi dikelompokkan lagi dalam sebuah gugusan yang lebih besar yang disebut cluster. Apa fungsi peng-cluster-an ini? Tak lain adalah untuk membuat mekanisme penulisan dan penyimpanan data menjadi lebih sederhana, lebih efisien, tidak berisiko salah, dan dengan demikian memperpanjang umur harddisk.

Sekarang kita ambil contoh ketika kita tengah menjalankan sebuah program spreadsheet pada komputer kita. Ketika kita memasukkan data ke dalam program spreadsheet, di sana terjadi ribuan atau bahkan jutaan pengaksesan disk secara individual. Dengan demikian, memasukkan data berukuran 20megabyte (MB) ke dalam sektor-sektor berukuran 512 byte jelas akan memakan waktu dan menjadi tidak efisien.

Untuk mengefisienkan pekerjaan, inilah yang dilakukan berbagai komponen dalam PC secara bahu-membahu

MEMORI Memory Komputer, biasanya disebut dengan istilah : computer storage, computer memory atau memory, merupakan piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat menggunakan komputer. Memory merupakan bagian yang penting dalam komputer modern dan letaknya di dalam CPU (Central Processing Unit).Dalam penggunaan yang temporary (sementara), kita mengenal RAM (Random Access Memory). Jenis memory ini cepat namun hanya bersifat sementara atau dikenal dengan istilah volatile. Kebalikannya, ada memory yang mampu menyimpan data dan informasi secara permanent atau dikenal dengan istilah non-volatile. Memory ini biasa disebut dengan mass storage - optical disc, magnetic storage, contohnya : harddisk.

Saat

ini

istilah

memori

digunakan

untuk

menggambarkan

ruang

penyimpanan data yang datang ke dalam chip komputer, dan kata penyimpanan itu sendiri digunakan untuk menggambarkan memori yang ada di dalam disk. Selain itu, terkadang istilah memori biasanya digunakan pula sebagai perangkat memori external atau perangkat memori yang bisa dibawa kemana-mana. Beberapa komputer saat ini juga menggunakan memori virtual, yang memiliki daya yang besar pada sebuah hardisk.Setiap komputer saat ini telah dilengkapi dengan memori, dan biasanya memori tersebut dinamakan memori utama atau disebut dengan RAM. Di dalam sebuah komputer memori utama ditempatkan dalam bentuk deretan kotak metal.Setiap Komputer dapat menampung informasi dalam bentuk byte. Komputer yang telah memiliki 1 megabyte memori dapat menampung lebih dari satu juga bytes informasi atau character.

#Ada beberapa tipe memori , dan dibawah ini adalah type dan penjelasannya RAM (random Access memory): Memori ini adalah memori utama. Istilah dari RAM ini digunakan untuk memori yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan fungsi tersebut maka Anda bisa menjalankan dua aktifitas sekaligus, yaitu menulis dari RAM dan membaca data dari RAM. Hal ini

sangat berbeda dengan ROM, yang hanya mengijinkan Anda untuk dapat membaca data. Kebanyakan data memiliki tingkat ke stabilan yang kurang dan hal tersebut menandakan bahwa tenaga listrik yang masuklah yang mengatur jalannya konten pada RAM. Dan apabila sewaktu-waktu tenaga listrik terputus, maka secara otomatis data pada RAM akan hilang. # ROM (read-only memory): Hampir sejumlah besar computer memiliki ROM atau Read Only Memory yang memegang intruksi untuk menyalakan sebuah computer. Tidak seperti RAM, ROM tidak dapat digunakan untuk menulis Data. # PROM (programmable read-only memory): A PROM adalah chip memori yang dapat menyimpan program. Tetapi sekali PROM digu0nakan, kita tidak akan dapat membersihkan dan menyimpan kembali data lainnya. # EPROM (erasable programmable read-only memory): EPROM adalah jenis khusus dari memori PROM, dimana EPROM ini dapat dihapus dengan menggunakan cahaya ultraviolet. # EEPROM (electrically erasable programmable read-only memory): EEPROM merupakan type khusus dari PROM, dimana EEPROM ini dapat dihapus dengan menggunakan adanya tegangan listrik. MOTHERBOAD Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain. Saat ini banyak merek dan jenis motherboard. Bagi anda yang ingin merakit sendiri komputernya, saya sarankan agar berhati-hati dalam memilih merek dan jenis motherboard. Permasalahan motherboard yang umum terjadi akan dibahas selanjutnya sesuai dengan kasusny

Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya.Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.

Istilah-istilah pada motherboard 1.BIOS Singkatan dari Basic Input/Output System. Merupakan kumpulan informasi motherboard dan juga merupakan software berisi perintah-perintah dasar. Fungsi utamanya adalah sebagai sarana komunikasi antara sistem operasi dengan hardware yang terpasang pada motherboard.

2. Bus Istilah yang menyatakan sistem aliran data yang digunakan hardware yang terpasang pada motherboard untuk berkomunikasi dengan prosesor. Satuan yang digunakan biasanya adalah frekuensi (Hertz) atau lebar bit data. 3.clock speed Istilah ini digunakan untuk menyatakan kecepatan dari sebuah prosesor atau komponen lainnya. Angka clock speed didapat dari perkalian multiplier terhadap FSB. Semakin tinggi clock speed, maka semakin tinggi kinerja yang dihasilkan oleh prosesor atau komponen hardware tersebut. Satuan yang digunakan biasanya adalah megahertz (MHz) atau gigahertz (GHz). Biasanya disebut juga sebagai kecepatan eksternal dari sebuah prosesor. 4. FSB Singkatan dari Front Side Bus, yaitu bus utama yang menghubungkan antara prosesor dengan chipset motherboard. Satuan yang digunakan adalah megahertz (MHz). 5. Heatsink Komponen yang diletakkan di atas prosesor. Fungsinya adalah menyerap panas yang dihasilkan saat prosesor bekerja. Biasanya sebuah heatsink dilengkapi sebuah kipas untuk menjaga agar suhu prosesor tetap stabil. 6.Overclocking Suatu teknik yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja prosesor, memori, atau kartu grafis, dengan cara meningkatkan FSB atau clock speed komponen tersebut. Teknik ini memerlukan sebuah system pendingin khusus pada komponen, karena menghasilkan panas berlebih, di mana panas berlebih ini dapat merusak sistem. PC

POWER SUPPLAY Seiring waktu, telah terjadi setidaknya enam catu daya standar yang berbeda untuk komputer pribadi. Baru-baru ini, industri telah menetap menggunakan berbasis ATX power supplies .ATX adalah sebuah spesifikasi industri yang berarti catu daya mempunyai karakteristik fisik agar sesuai standar kasus ATX dan karakteristik listrik untuk bekerja dengan ATX motherboard.

Power-supply PC menggunakan kabel standar, memasukkan konektor yang membuatnya sulit untuk menghubungkan yang salahJuga, kipas produsen sering menggunakan konektor yang sama seperti kabel listrik untuk disk drive, yang memungkinkan kipas untuk dengan mudah mendapatkan 12 volt yang dibutuhkan. Kode warna kabel dan konektor standar industri memungkinkan konsumen untuk memiliki banyak pilihan untuk pengganti listrik. Advanced Power Management (APM) menawarkan lima set yang berbeda menyatakan bahwa sistem anda dapat masuk ini dikembangkan oleh Microsoft dan Intel untuk PC pengguna yang ingin menghemat daya.. Masingmasing komponen sistem, termasuk sistem operasi, dasar input / output system (BIOS), motherboard dan perangkat terpasang semua harus APM-compliant untuk dapat menggunakan fitur ini. Jika Anda ingin menonaktifkan APM karena Anda curigai itu adalah menggunakan sistem sampai sumber daya atau menyebabkan konflik, cara terbaik untuk melakukannya adalah di BIOS.. Dengan cara itu, sistem operasi tidak akan mencoba untuk memasang kembali, yang bisa terjadi jika itu cacat hanya dalam perangkat lunak. A 400-watt power supply switching tidak perlu menggunakan kekuatan yang lebih dibandingkan 250 watt pasokan Penawaran yang lebih besar mungkin diperlukan jika Anda menggunakan setiap tersedia slot pada motherboard atau setiap tersedia drive teluk dalam kasus komputer pribadi. Itu bukan ide yang baik untuk memiliki 250-watt beredar jika Anda memiliki total 250 watt dalam perangkat, karena pasokan tidak boleh diambil sampai 100 persen dari kapasitas.

Menurut PC Power & Cooling, Inc, beberapa nilai-nilai konsumsi daya (dalam watt) untuk Common item dalam komputer pribadi adalah: PC Item PC Item
Graphics Port (AGP) kartu Peripheral Component Interconnect (PCI) card Peripheral Component Interconnect (PCI) kartu antarmuka sistem komputer kecil (SCSI) PCI card floppy disk drive floppy disk drive network interface card network interface card 50X CD-ROM drive 50x CD-ROM RAM RAM 5200 RPM Integrated Drive Electronics (IDE) hard disk drive 5.200 RPM Integrated Drive Electronics (IDE) hard disk drive disk drive (tanpa CPU atau RAM) 550 MHz Pentium III 550 MHz Pentium III 733 MHz Pentium III 733 MHz Pentium III 300 MHz Celeron 300 MHz Celeron 600 MHz Athlon 600 MHz Athlon

Watts Watt
hingga 30W 5W 5W

Accelerated Graphics Port (AGP) card Accelerated 20 to 30W 20

small computer system interface (SCSI) PCI card 20 to 25W 20 hingga 25W 5W 5W 4W 4W 10 to 25W 10 hingga 25W 10W per 128M 10W per 128M 5 to 11W 5

hingga 11W to 15W 5

7200 RPM IDE hard disk drive 7200 RPM IDE hard 5

hingga 15W hingga 30W 30W 30W 23.5W 23.5W 18W 18W 45W 45W

Motherboard (without CPU or RAM) Motherboard 20 to 30W 20

Pasokan daya faktor bentuk yang sama ( "faktor bentuk" mengacu pada bentuk aktual dari motherboard) biasanya dibedakan dengan pasokan daya mereka dan garansi panjang. Catu daya PC mungkin adalah yang paling rawan kegagalan-item dalam personal komputer. Memanaskan dan mendinginkan setiap kali digunakan dan menerima pertama di-deru AC arus ketika PC diaktifkan.. Biasanya, sebuah kipas pendingin

terhenti adalah prediktor kegagalan pasokan listrik akibat panas berikutnya komponen. . Kegagalan khas catu daya PC sering melihat sebagai bau terbakar sesaat sebelum menutup komputer turun. Masalah lain bisa menjadi kegagalan yang penting kipas pendingin, yang memungkinkan komponen dalam catu daya untuk panas.. Termasuk gejala kegagalan acak reboot atau kegagalan dalam Windows tanpa alasan yang jelas. Untuk setiap masalah yang Anda menduga menjadi kesalahan dari power supply, menggunakan dokumentasi yang disertakan bersama komputer. Jika Anda pernah dihapus kasus dari komputer pribadi anda untuk menambahkan kartu adaptor atau memori, Anda dapat mengubah listrik. Pastikan Anda menghapus kabel listrik pertama, karena tegangan yang hadir meskipun komputer Anda tidak aktif. MONITOR Monitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer. Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu dari komputer. Selain itu pula istilah monitor terkadang digambarkan untuk menillai kemampuan gratis. Ada banyak cara untuk menggolongkan monitor. Tetapi cara yang paling sering digunakan adalah dengan melihat kemampuan dari warna yang dihasilkan monitor tersebut. Minitor dapat di bagi menjadi 3 kelas, diantaranya : # monochrome: Monitor Monokrom biasanya menampilkan dua warna, warna background dan satu lagi adalah warna foreground. Warna tersebut adalah warna hitam dan putih, hijau dan hitam dan Kuning dan hitam. # gray-scale : Gray Scale monitor adalah jenis special dari monitor monochrome yang dapat menampilkan bayangan ungu yang berbeda. # Color : Monitor Color adalah monitor berwarna yang memiliki 16 hingga 1 juta warna yang berbeda. Monitor berwarna ini terkadang disebut monitor RGB karena monitor tersebut dapat menerima 3 sinyal yang berbeda, Merah (Red),

Hijau

(Green)

dan

Biru(Blue).

Setelah mengetahui penjelasan diatas, aspek paling penting dari sebuah monitor adalah ukuran atau sering kita kenal dengan istilah screen atau ukuran layar. Seperti sebuah televisi, ukuran layar adalah perbandingkan lebar dalam satuan inci. Jarak antara satu sudut dengan sudut berlawanan lainnya. Pada umumnya ukuran minimal dari sebuah layar monitor adalah 14 inci, Sedangkan untuk monitor yang berkukuran 16 inci atau bahkan lebih sering disebut dengan monitor yang berlayar penuh. Selain itu berdasarkan ukuran, monitor pula dapat berbentuk portrait atau ukuran tinggi lebih besar dibandingkan dengan ukuran lebar atau dalam bentuk landscape ukuran lebar lebih besar dibandingkan ukuran tinggi. Monitor landscape dapat menampilkan dua halaman penuh yang saling berdampingan satu sama lain. Resolusi dari monitor mengidentifikasikan seberapa padat pixel yang ada, Pada umumnya, semakin banyak pixel (sering di ungkapkan dengan titik per inci), semakin tajam hasil gambar yang dapat ditampilkan. Banyak monitor saat ini sudah dapat menampilkan 1024 hingga 764 pixels, untuk penggunaan kartu grafis standar. Beberapa model monitor high end sudah dapat menampilkan 1289 hingga 1024, atau bahkan 1600 hingga 1200 pixel. Selain itu ada beberapa cara umum lainnya yang dapat dilakukan untuk menggolongkan monitor, yaitu dengan berdasarkan istilah pada tipe sinyal yang diterima oleh monitor tersebut, apakah itu analog ataukah digital. Kebanyakan monitor saat ini menerima sinyal analog, yang mensyaratkan penggunaan VGA, SVGA, 8514/A dan beberapa resolusi pewarnaan standar lainnya. Sedikit monitor yang memiliki frekwensi yang tetap, yang berarti bahwa monitor tersebut hanya menerima inputan hanya pada satu frekwensi. Kebanyakan monitor adalah “Multiscanning” yang berarti bahwa monitor tersebut secara otomatis menyesuaikan pada frekwensi sinyal yang mereka terima. Dan hal itu menandakan bahwa monitor tersebut dapat menampilkan gambar dengan resolusi yang berbeda, tergantung dari data yang mereka terima dari video adapters. Bebebrapa faktor yang mempengaruhi kualitas dari sebuah monitor adalah sbb :

# bandwidth : Jarak frekwensi sinyal yang dapat di atasi oleh monitor. Hal ini di tentukan dari seberapa banyak data yang dapat di proses, dan selain itu sebebrapa cepat monitor tersebut dapat memproses resolusi yang tinggi. # refresh rate : Seberapa kali persatuan detik layar dapat di “refresh”. Untuk menghindari adanya kejapan, maka proses refresh setidaknya harus 72 Hz. # interlaced or noninterlaced: Interlacing adalah teknik yang dapat dilakukan oleh monitor untuk memiliki resolusi yang lebih, tetapi hal itu dapat mengurangi kecepatan reaksi pada monitor. # dot pitch : Jumlah ruang antara pixel. Semakin kecil dot pitch, maka akan semakin tajam warna yang dihasilkan. # convergence: Kejernihan dan ketajaman akan setiap pixel.

III. PROSEDUR PERCOBAAN 1. Multi Tester Analog Dan Digital Untuk percobaan arus listrik 2. Prosesor Pasangkan Prosesor kemotherboard ditempat yang tersedia 3. Hardisk Memasang IDE kabel pada Hardik dengan posisi tepat 4. Memory Pasanglah memory Ram dengan posisi yang tepat 5. Motherboard

Pasang Motherboard ke casing dengan sekerup dan dudukan (standoff) 6. Power Suplay Pasangkan power supplay atau hubungkan konektor power supplay ke motherboard. 7. Monitor Hubungkanlah atau pasangkanlah kabel monitor ke VGA.

IV. PERALATAN PERCOBAAN 1. Multi Tester Analog Dan Digital 2. Prosesor 3. Hardisk 4. Memori 5. MotherBoard 6. Power Supplay 7. Monitor V. DATA PERCOBAAN 1. Prosesor 2. Hardisk 3. Memory 4. Motherboard 5. Power Supplay 6. Monitor : Pentium IV 2,0 GHZ : 20GB Maxtor : 256MG : Pentium IV 2,0 MHZ 515 cop set : Arus 220V Mentari Power : 14 inc

VI. ANALISA PERCOBAAN

PROSESOR

Prosessor lebih mudah dipasang sebelum motherboard menempati casing. Prosessor jenis socket dan slot berbeda.Jenis socket a. Prosesor Pentium IV dengan kecepatan 20 GHZ dipasang dengan menentukan posisi pin 1 pada prosessor segitiga atau lekukan. b. Tegakkan posisi tuas pengunci socket untuk membuka. c. Masukkan prosessor ke socket dengan lebih dulu menyamakan posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang socket. rapatkan hingga tidak terdapat celah antara prosessor dengan socket. d. Turunkan kembali tuas pengunci. Jenis Slot Pasang penyangga (bracket) pada dua ujung slot di motherboard sehingga posisi lubang pasak bertemu dengan lubang di motherboard Masukkan pasak kemudian pengunci pasak pada lubang pasak Selipkan card prosessor di antara kedua penahan dan tekan hingga tepat masuk ke lubang slot. dan socket prosessor di motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan titik,

HARDISK

Pasangkan IDE (Kabel hardisk) pada salah satu kabel pada hardisk yang berkapasitas 20 GB Maxtor dan satu lagi dipasang pada motherboard (papan induk) dengan posisi yang tepat dan juga yang terdapat strip warna merah Power supply ditancapkan bersebelahan atau sejajar dengan warna merah pada kabel IDEJika salah komputer tidak akan bootingLakukan deteksi HD lewat BIOS.

MEMORY Yang perlu diperhatikan dalam memasang memory adalah jenis memori yang kita gunakan dan slot tempat pemasangan Memori, apakah SDRAM, DDR RAM atau yang lainnya. Yang membedakan keduanya adalah posisi kaki/celah kaki memori. Langkah pemasangan RAM : a. Tekan tuas pengunci slot yang ada pada bagian kanan dan kiri dari slot b. Perhatikan celah yang ada pada slot tersebut c. Pasang RAM sesuai dengan posisi celah, lalu tekan sampai terkunci Untuk mengamankan fisik kita agar tidak terkena aliran listrik, maka perhatikan hal berikut ini : Gunakan Alas Kaki Tangan jangan basah / berkeringat Kita bisa gosokkan tangan ke badan cassing untuk menghilangkan Listrik Statis.

MOTHERBOARD Motherboard dipasang ke casing dengan sekerup dan dudukan (standoff). Cara pemasangannya sebagai berikut: a. Tentukan posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. Lubang untuk dudukan logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang. b. Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada motherboard. c. Tempatkan motherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada motherboard. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam. d. Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada. e. Pasang tray casing yang sudah terpasang motherboard pada casing dan kunci dengan sekerup.

POWER SUPPLAY Beberapa jenis casing sudah dilengkapi power supply. Bila power supply belum disertakan maka cara pemasangannya sebagai berikut: a. Masukkan power supply pada rak di bagian belakang casing. Pasang ke empat buah sekerup pengunci. b. HUbungkan konektor power dari power supply ke motherboard. Konektor power jenis ATX hanya memiliki satu cara pemasangan sehingga tidak akan terbalik. Untuk jenis non ATX dengan dua konektor yang terpisah maka kabel-kabel ground warna hitam harus ditempatkan bersisian dan dipasang pada bagian tengah dari konektor power motherboard. Hubungkan kabel daya untuk fan, jika memakai fan untuk pendingin CPU.

MONITOR Pasang kabel monitor ke VGA yang ada pada motherboard kemudian hubungkan kearus listrik.

VII. HASIL PERCOBAAN PROSESOR Setelah Proseor dipasang dapat mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas HARDISK Setelah Hardisk dipasang Hardisk dapat menyimpan ruang utama pada sebuah komputer MEMORY Setelah memory dipasang memory dapat dipakai sebagai penyimpanan data sementara MOTHERBOARD Setelah motherboard dipasang motherboard dapat mengatur lalu lintas pada sistem komputer. POWER SUPPLAY Dari hasil percobaan power supplay dapat menginput tegangan arus komputer.

MONITOR Hasil dari pengolahan out put input ditampilkan melalui monitor.

VII. KESIMPULAN

PROSESOR Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Cara pemasangan Prosesor dengan menentukan posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan titik, segitiga atau lekukan.

HARDISK Harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan. Pemasangan hardisk melalui kabel IDE dengan posisi yang tepat dan juga yang terdapat strip warna merah Power supply ditancapkan bersebelahan atau sejajar dengan warna merah pada kabel IDEJika salah komputer tidak akan bootingLakukan deteksi HD lewat BIOS MEMORY Memori ini adalah memori utama. Istilah dari RAM ini digunakan untuk memori yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan fungsi

tersebut maka Anda bisa menjalankan dua aktifitas sekaligus, yaitu menulis dari RAM dan membaca data dari RAM. Cara memasang memory Pasang sesuai dengan posisi celah, lalu tekan sampai terkunci. MOTHERBOARD Motherboard merupakan papan utama dimana terdapat komponenkomponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slotslot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain. Motherboard dipasang ke casing dengan sekerup dan dudukan (standoff).

POWER SUPPLAY Power-supply PC menggunakan kabel standar, memasukkan konektor yang membuatnya sulit untuk menghubungkan yang salahJuga, kipas produsen sering menggunakan konektor yang sama seperti kabel listrik untuk disk drive, yang memungkinkan kipas untuk dengan mudah mendapatkan 12 volt yang dibutuhkan. Kode warna kabel dan konektor standar industri memungkinkan konsumen untuk memiliki banyak pilihan untuk pengganti listrik. Pemasangan power supplay dengan cara Masukkan power supply pada rak di bagian belakang casing. Pasang ke empat buah sekerup pengunci. hubungkan konektor power dari power supply ke motherboard.

MONITOR Monitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer. Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu

dari komputer. Selain itu pula istilah monitor terkadang digambarkan untuk menillai kemampuan gratis. Pemasangan monitor dengan cara memasangkan kabel monitor ke VGA yang ada pada motherboard kemudian hubungkan kearus listrik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->