P. 1
Garis Singgung Lingkaran

Garis Singgung Lingkaran

|Views: 5,642|Likes:
Published by Cut_Zufrina_719

More info:

Published by: Cut_Zufrina_719 on Mar 12, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/05/2013

pdf

text

original

Garis Singgung Lingkaran Lingkaran mungkin merupakan salah satu bentuk bangun datar yang paling terkenal.

Konsep lingkaran yang meliputi unsur-unsur lingkaran, luas lingkaran, dan keliling lingkaran sudah kamu pelajari sejak Sekolah Dasar. Banyak benda-benda di sekitarmu yang tanpa kamu sadari sebenarnya menggunakan konsep lingkaran. Misalnya, rantai sepeda, katrol timba, subwoofer, hingga alat-alat musik seperti drum, banjo, dan kerincing. Pada bab ini, kamu akan mempelajari salah satu konsep penting tentang lingkaran, yaitu garis singgung lingkaran.

A. Pengertian Garis Singgung Lingkaran 1. Sifat Garis Singgung Lingkaran Gambar 7.1 di samping menunjukkan lingkaran yang berpusat di titik O dengan diameter AB. Garis g tegak lurus AB dan memotong lingkaran di dua titik. Jika g digeser terus menerus ke atas hingga menyentuh titik A maka akan diperoleh garis g' yang menyinggung lingkaran dan tegak lurus AB. Garis g' disebut garis singgung dan titik A disebut titik singgung. Uraian di atas menggambarkan definisi dari garis singgung lingkaran yaitu:

Setiap garis singgung lingkaran selalu tegak lurus terhadap jari-jari (diameter) yang melalui titik singgungnya. Perhatikan Gambar 7.2 Gambar 7.2(a) memperlihatkan bahwa garis g menyinggung lingkaran di titik A. Garis g tegak lurus jari-jari OA. Dengan kata lain, hanya terdapat satu buah garis singgung yang melalui satu titik pada lingkaran. Pada Gambar 7.2(b) , titik R terletak di luar lingkaran. Garis l melalui titik R dan menyinggung lingkaran di titik P, sehingga garis l tegak lurus jari-jari OP. Garis m melalui titik R dan menyinggung lingkaran di titik Q, sehingga garis m tegak lurus jari-jari OQ. Dengan demikian, dapat dibuat dua buah garis singgung melalui satu titik di luar lingkaran.

2. Melukis Garis Singgung Sebelum melukis garis singgung lingkaran, pastikan kamu telah memiliki jangka dan penggaris sebagai alat bantu. Perhatikan uraian berikut. a. Garis Singgung Melalui Satu Titik pada Lingkaran Sebelumnya telah dijelaskan bahwa garis singgung lingkaran selalu tegak lurus terhadap jari-jari (diameter) yang melalui titik singgungnya. Oleh karena itu, melukis garis singgung lingkaran di titik singgung P sama saja dengan melukis garis yang tegak lurus terhadap jari-jari OP. Perhatikan langkah-langkah melukis garis singgung lingkaran melalui satu titik pada lingkaran berikut ini.

Ternyata, kita hanya dapat membuat satu buah garis singgung lingkaran di titik P. Hal ini membuktikan sifat garis singgung lingkaran pada bagian sebelumnya. b. Garis Singgung Melalui Titik di Luar Lingkaran

Sekarang, kamu akan melukis garis singgung yang melalui titik di luar lingkaran. Perhatikan langkah-langkah berikut dengan baik.

3. Panjang Garis Singgung Lingkaran Setelah melukis garis singgung lingkaran, sekarang kamu akan menghitung panjang garis singgung yang ditarik dari sebuah titik di luar lingkaran. Perhatikan gambar berikut.

B. Garis Singgung Dua Lingkaran Kamu tentu sudah sering melihat sepeda. Apabila kamu amati rantai roda sepeda, tampak bahwa rantai itu melilit dua roda bergerigi yang berbeda ukuran. Dua roda bergerigi tersebut dapat dianggap sebagai dua lingkaran dan rantai sepeda sebagai garis singgung persekutuan lingkaran. Dengan demikian, garis singgung persekutuan dapat diartikan sebagai garis yang tepat menyinggung dua lingkaran. 1. Kedudukan Dua lingkaran Secara umum, kedudukan dua lingkaran dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu dua lingkaran bersinggungan, berpotongan, dan saling lepas. a. Dua Lingkaran Bersinggungan Perhatikan Gambar 7.3

Gambar 7.3(a) memperlihatkan dua lingkaran yang bersinggungan di dalam. Untuk kedudukan seperti ini dapat dibuat satu buah garis singgung persekutan luar, yaitu k dengan titik singgung A. Gambar 7.3(b) memperlihatkan dua lingkaran yang bersinggungan di luar. Dalam kedudukan seperti ini dapat dibuat satu buah garis singgung persekutuan dalam, yaitu n dan dua garis singgung persekutuan luar, yaitu l dan m. b. Dua Lingkaran Berpotongan Dua lingkaran yang berpotongan seperti yang ditunjukkan oleh Gambar 7.4 mempunyai dua garis singgung persekutuan luar, yaitu r dan s.

c. Dua Lingkaran Saling Lepas Gambar 7.5 memperlihatkan dua lingkaran yang saling lepas atau terpisah. Dalam kedudukan seperti ini, dapat dibuat dua garis persekutuan luar, yaitu k dan l dan dua garis persekutuan dalam, yaitu m dan n.

2. Garis Singgung Persekutuan Luar a. Melukis Garis Singgung Persekutuan Luar Misalnya terdapat dua lingkaran saling lepas dengan pusat P dan Q serta jari-jari R dan r. Bagaimana cara melukis garis singgung persekutuan luar dari lingkaran P dan Q tersebut? Pelajarilah langkah-langkah berikut.

3. Garis Singgung Persekutuan Dalam a. Melukis Garis Singgung Persekutuan Dalam Perhatikan langkah-langkah melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran berikut ini.

b. Menghitung Panjang Garis Singgung Persekutuan Dalam Perhatikan gambar berikut ini.

4. Panjang Sabuk Lilitan Minimal yang menghubungkan Dua Lingkaran Pernahkah kamu mengganti rantai roda sepedamu? Bagaimana kamu menentukan agar panjang rantai yang diperlukan tidak terlalu panjang atau terlalu pendek? Jika kamu

perhatikan, dua roda gigi sepeda biasa dianggap sebagai dua lingkaran dan rantai yang melilitnya sebagai garis singgung persekutuan luar. Perhatikan gambar berikut ini.

C. Lingkaran Luar dan Lingkaran Dalam Segitiga Pada subbab terakhir ini, kamu akan mempelajari tentang lingkaran yang dikaitkan dengan segitiga, yaitu lingkaran luar dan lingkaran dalam suatu segitiga. 1. Lingkaran Luar Segitiga a. Pengertian Lingkaran Luar Segitiga Lingkaran luar suatu segitiga adalah suatu lingkaran yang melalui semua titik sudut segitiga dan berpusat di titik potong ketiga garis sumbu sisi-sisi segitiga. Gambar di samping menunjukkan lingkaran luar ΔABC dengan pusat O. OA = O B = OC adalah jari-jari lingkaran dan OP = OQ = OR adalah garis sumbu sisi-sisi segitiga. b. Melukis Lingkaran Luar Segitiga

Telah disebutkan sebelumnya bahwa titik pusat lingkaran luar suatu segitiga adalah titik potong ketiga garis sumbu sisi-sisinya. Oleh karena itu, untuk dapat melukis lingkaran luar segitiga, kamu harus melukis dulu garis sumbu ketiga sisi segitiga tersebut. Perhatikan langkah-langkah berikut. 1) Lukislah sebuah segitiga sebarang, misalnya ΔPQR. Kemudian, lukis lah garis sumbu PQ. 2) Lukislah garis sumbu QR sehingga memotong garis sumbu PQ di titik O. 3) Hubungkan O dan Q. 4) Lukislah lingkaran dengan jari-jari PQ dan berpusat di O. Lingkaran tersebut merupakan lingkaran luar ΔPQR.

2. Lingkaran Dalam Segitiga a. Pengertian Lingkaran Dalam Segitiga Lingkaran dalam suatu segitiga adalah lingkaran yang berada di dalam segitiga dan menyinggung semua sisi segitiga tersebut. Titik pusat lingkaran merupakan titik potong ketiga garis bagi sudut segitiga. Gambar berikut menunjukkan lingkaran dalam ΔABC

dengan pusat O. Diketahui OP = OQ = OR adalah jari-jari lingkaran. Adapun AD, BE, dan EF adalah garis bagi sudut segitiga.

b. Melukis Lingkaran Dalam Segitiga Jika titik pusat lingkaran dalam segitiga adalah titik potong ketiga garis bagi sudut segitiga tersebut maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan titik pusatnya. Kamu tentu masih ingat bagaimana cara melukis garis bagi sudut segitiga, bukan? Materi tersebut telah kalian pelajari di Kelas VII. Agar lebih jelas, perhatikan langkah-langkah melukis lingkaran dalam P.∠ 1) Lukislah sebuah segitiga sebarang, misalkan ΔPQR. Kemudian, lukislah garis bagi P di titik O.∠ Q sehingga memotong garis bagi ∠ 2) Lukislah garis bagi 3) Jari-jari diperoleh dengan cara menarik garis tegak lurus dari titik O ke salah satu sisi segitiga. Misalnya OA, tegak lurus PQ. 4) Lukislah lingkaran dengan jari-jari OA dan berpusat di titik O. Lingkaran tersebut merupakan lingkaran dalam ΔPQR.

.Besar masing-masing sudut segi enam beraturan adalah ... b.750 c.1200 d.1350 2.

a.600

Jika besar PRQ = 550 maka besar PSQ adalah ... b.1250 c.2500 d.3050 3. a.1100

Perhatikan gambar diatas. Jika besar ACB = 400 dan maka besar b.700 c.950 ABC adalah ... d.800 4. a.650 OAC = 150

Misalkan

ABC O adalah pusat lingkaran luar OAC : OBC = 3 : 2 ABC

Maka besar BOC adalah ... b.720 c.1050 d.1080 5.

a.90

0

Jila luas juring AOB = 924 cm2, maka jari-jari lingkaran diatas adalah ... ( = 22/7) a.14 cm b.42 cm c.49 cm d.63 cm 6.Dua buah lingkaran dengan • Pusat M dan jari-jari 10 cm • pusat N dan jari-jari 5 cm saling bersinggungan. Panjang garis singgung persekutuan luarnya adalah ... a.15 cm b.5 2 cm c.10 2 cm d.15 • • 2 cm 7.Dua buah lingkaran dengan

Pusat M dan jari-jari 2 cm pusat N dan jari-jari 3 cm

Jika panjang garis singgung persekutuan dalamnya 12 cm, maka jarak titik pusat kedua lingkaran tersebut adalah ... b.5 cm c.5 2 cm d.13 cm 8. a.12 2 cm

Perhatikan gambar diatas. Jika OPR = 400 dan maka besar POQ adalah ... b.600 c.1000 d.1200 9. a.300 OQR = 100

Pada gambar diatas, diketahui CTB = 1000 BOC = 400 Maka besar ABD adalah ... b.1200 c.800 d.500 10. a.600

Pada gambar diatas BOC = 200 ASD = 700 Maka besar b.450 c.300 ATD adalah ... d.130 11 a.600

Jika besar EAD = 960, maka besar ABC dan ADC, masing-masing berturut-turut adalah ... a.96 dan 840 b.72 dan 1080 c.84 dan 1080 d.72 dan 840 12.Diketahui 2 lingkaran dengan radius (r) 11 cm dan 3 cm yang diletakkan sebagai berikut:

Panjang garis singgung persekutuan luar dan dalamnya, masing-masing berturut-turut adalah ... a.8 dm dan 15 cm b.15 cm dan 3 31 cm c. 31 cm dan 15 cm d.15 cm dan 93 cm 13.

Pada gambar diatas, diketahui AB = 6 cm dan AC = 10 cm ABC = 900 Panjang jari-jari lingkaran (r) dalamnya dan luas daerah berwarna adalah ... = 3,14) a.r = 2 cm dan luas daerah berwarna = 11,44 cm2 b.r = 2 cm dan luas daerah berwarna = 12,56 cm2 c.r = 3 cm dan luas daerah berwarna = 28,26 cm2 d.r = 3 cm dan luas daerah berwarna = 17,44 cm2 14. (

Diketahui

ABC dengan lingkaran luar. AB = 18 cm BC = 21 cm AC= 15 cm

Luas ABC, jari-jari lingkaran luar (R) nya dan luas daerah berwarna,masing-masing berturut-turut adalah ... ( • • • b. • • • c. • • • d. • • • Luas ABC=54 6 cm2 Luas R=35/8 ABC=54 6 cm 6 cm2 6 cm2 Luas ABC=54 6 cm2 = 3,14) Luas R=35/2 a. ABC=27 6 cm 6 cm2 6 cm2

Luas daerah berwarna = 1837,5 - 54

R=35/2 6 cm Luas daerah berwarna = 1837,5 cm2

Luas daerah berwarna = 360,61 - 54

R=35 6 cm Luas daerah berwarna = 1783,5 cm2 ABC sama sisi dengan AB = 12 cm. Maka panjang R dan r nya 3 cm dan r = 4 6 cm 3 cm 6 cm dan r = 2 3 cm d.R = 4 3 c.R = 4

15.Misalkan adalah ... b.R = 4

a.R = 2 3 cm

3 cm dan r = 2

cm dan r = 2

KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2007/2008 Mata Pelajaran Penyusun : Matematika

: NURMAN, S.Pd.

Kelas / Semester : VIII / Genap Sekolah No : MTs. Negeri Aikmel Materi Indikator Soal

Kompetensi Dasar Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran

Bentuk Nomor Soal Soal Unsur dan - Diberikan sebuah PG 1 Bagian lingkaran dengan Lingkaran bagian-bagiannya, PG 2 siswa dapat menentukan nama dari bagian lingkaran yang ditunjuk- Siswa dapat menentukan panjang jari-jari lingkaran jika panjang diameternya diketahui Menghitung Garis - Diberikan empat PG 20 panjang garis singgung buah pernyataan, siswa singgung persekutuan dapat menentukan PG 21 persekutuan dua dua lingkaran sifat-sifat garis lingkaran singgung lingkaran.- PG 22 Diberikan sebuah lingkaran dengan PG 23 sebuah garis singgung yang melalui sebuah Uraian 33 titik diluar lingkaran, siswa dapat menentukan besar salah satu sudut garis singgung tersebut. - Diberikan sebuah lingkaran dengan sebuah garis singgung yang melalui sebuah titik diluar lingkaran, siswa dapat menentukan panjang garis singgung tersebut - Diberikan dua buah lingkaran dengan garis singgung persekutuan luar, siswa dapat

menentukan panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran tersebut. - Diberikan dua buah lingkaran dengan garis singgung persekutuan dalam, siswa dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran tersebut. 2. Membuat Kartu Soal Setelah kisi-kisi soal selesai dibuat selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat kartu soal. Kartu soal merupakan penerjemahan dari kisi-kisi soal. Kartu soal berisi rumusan soal-soal yang akan dijadikan sebagai alat evaluasi. Contoh KARTU SOAL Nama Madrasah Bahan kelas/semester Mata Pelajaran Kompetensi Dasar : Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran 1

: :

Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel VIII / Genap

: Matematika Nomor Soal Rumusan Butir Soal

Materi Pokok : Unsur dan Bagian Lingkaran

Kunci Jawaban Dari gambar lingkaran diatas, juring ditunjukkan oleh nomor ………….

B

Indikator : Diberikan sebuah lingkaran dengan bagianbagiannya, siswa dapat menentukan nama dari bagian lingkaran yang ditunjuk

a. I b. II

c. III d. IV

KARTU SOAL Nama Madrasah Bahan kelas/semester Mata Pelajaran Kompetensi Dasar : Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran

: :

Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel VIII / Genap

: Matematika Nomor Soal Rumusan Butir Soal Diketahui panjang diameter lingkaran 14 cm, maka panjang jari-jarinya adalah ……… (phi =22/7 ) a. 7 cm b. 10 cm c. 12 cm d. 14 cm

2

Materi Pokok : Unsur dan Bagian Lingkaran

Kunci Jawaban

A

Indikator : Siswa dapat menentukan panjang jari-jari lingkaran jika panjang diameternya diketahui

KARTU SOAL Nama Madrasah

:

Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel VIII / Genap

Bahan kelas/semester : Mata Pelajaran Kompetensi Dasar : Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran Materi Pokok : Garis singgung persekutuan dua lingkaran A

: Matematika Nomor Soal Rumusan Butir Soal

21

Kunci Jawaban

Perhatikan gambar diatas ! Nilai y = ……. a. 450 c. 1350 b. 900 d. 1800

Indikator : Diberikan sebuah lingkaran dengan sebuah garis singgung yang melalui sebuah titik diluar lingkaran, siswa dapat menentukan besar salah satu sudut garis singgung tersebut KARTU SOAL Nama Madrasah

:

Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel VIII / Genap

Bahan kelas/semester : Mata Pelajaran Kompetensi Dasar : Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua

: Matematika Nomor Rumusan Butir Soal Soal

lingkaran

22

Materi Pokok : Garis singgung persekutuan dua lingkaran

Kunci Jawaban Perhatikan gambar diatas ! A Panjang OQ = 6 cm dan panjang RP = 4 cm. Panjang PQ = ……. a. 8 cm b. 10 cm c. 12 cm d. 16 cm

Indikator : Diberikan sebuah lingkaran dengan sebuah garis singgung yang melalui sebuah titik diluar lingkaran, siswa dapat menentukan panjang garis singgung lingkaran tersebut KARTU SOAL Nama Madrasah Bahan kelas/semester Mata Pelajaran Kompetensi Dasar : Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran Materi Pokok : Garis singgung persekutuan dua lingkaran A

: :

Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel VIII / Genap

: Matematika Nomor Soal Rumusan Butir Soal Perhatikan gambar di bawah ini ! 23

Kunci Jawaban

Dua buah lingkaran yang berpusat di titik A dan B masing-masing berjarijari 12 cm dan 4 cm. Jika jarak A dan b adalah 17 cm, maka panjang

Indikator : Diberikan dua buah lingkaran dengan garis singgung persekutuan luar, siswa dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran tersebut KARTU SOAL Nama Madrasah

PQ adalah ……. a. 15 cm b. 16 cm c. 19 cm d. 20 cm

:

Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel VIII / Genap

Bahan kelas/semester : Mata Pelajaran Kompetensi Dasar : Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran Materi Pokok : Garis singgung persekutuan dua lingkaran

: Matematika Nomor Soal Rumusan Butir Soal Perhatikan gambar dibawah ini ! 33

Kunci Jawaban

Dua lingkaran yang berpusat di titik A dan B masing-masing berjari-jari 9 cm dan 6 cm. Jika jarak pusat lingkaran tersebut adalah 39 cm, hitunglah panjang garis singgung persekutuan dalamnya !

Indikator : Diberikan dua buah lingkaran dengan garis singgung persekutuan dalam, siswa dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran tersebut

Latihan ulangan Materi : garis singgung pada lingkaran Kelas : VIII semester genap 1. Perhatikan gambar di samping ! Jika diketahui panjang OP = 20 cm, dan panjang OA = 12 cm, maka hitunglah : a. Panjang AP b. Luas segitiga OAP c. Luas layang-layang OAPB d. Panjang AB A

O• D

•P

B 2. Gambar sama dengan no. 1. Diketahui AB = 8 cm, OP 10 cm, maka hitunglah : a. OA b. L segitiga OAB c. c. Luas layang-layang OAPB d. Panjang AB 3. Jika diketahui dua buah lingkaran dengan pusat O dan P , jari-jari lingkaran O = R, jari-jari lingkaran P = r, panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran tersebut adalah AB, maka buktikan dan ilustrasikan dengan gambar bahwa AB =

4. Jika diketahui dua buah lingkaran dengan pusat O dan P , jari-jari lingkaran O = R, jari-jari lingkaran P = r, panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran tersebut adalah AB, maka buktikan dan ilustrasikan dengan gambar bahwa AB = D C A B E

5. Perahtikan gambar di samping ! Jika diketahui AD = 15 cm, AB = 20 cm dan BC = 3 cm, maka hitunglah : a. panjang DC b. Panjang DC c. Panjang AE

6. Gambar sama dengan no. 5. Jika diketahui panjang AD = 15 cm, BC = 3 cm dan BE= 5 cm, maka hitunglah ; a.Panjang AB b. panjang DC c. panjang Ce d. panjang DE

7. Diketahui dua buah lingkaran dengan jari-jari masing-masing 10 cm dan 3 cm, jarak kedua pusatnya 25 cm, maka hitunglah panjang garis singgung persekutuan luarnya ! 8. Diketahui dua buah lingkaran dengan jari-jari masing-masing 10 cm dan 3 cm, panjang garis singgung persekutuan luarnya 24 cm. Maka hitunglah jarak kedua pusatnya ! 9. Diketahui dua buah lingkaran dengan jarak kedua pusatnya 25 cm dan panjang garis singgung persekutuan luarnya 24 cm, jika R = 10 c, maka hitung r ! 10. Diketahui dua lingkaran dengan jari-jari masing-masing 10 cm dan 5 cm, jika jarak kedua pusatnya 25 cm, maka hitunglah panjang garis singgung persekutuan dalamnya ! 11. Dikethaui dua buah lingkaran dengan jari-jari 10 cm dan 5 cm, jika panjang garis singgung persekutuan dalamnya 20 cm, maka hitunglah jarak kedua pusatnya ! 12. Dua buah lingkatran dengan jarak kedua pusatnya 25 cm dan panjang garis singgung persekutuan dalamnya 24 cm, jika r = 5 cm, maka hitunglah R !

Kunci Jawaban Lingkaran
1. D 2. A 3. A 4. D 5. D 6. E 7. C 8. D 9. A 10. D 11. C Berikut ini adalah soal – soal yang saya ambil dari soal Ujian Nasional tahun 2000 s.d. 2007 1. Salah satu persamaan garis singgung lingkaran ( x – 2 )² + ( y + 1 )² =13 di titik yang berabsis –1 adalah …. a. b. c. d. e. 3x – 2y – 3 = 0 3x – 2y – 5 = 0 3x + 2y – 9 = 0 3x + 2y + 9 = 0 3x + 2y + 5 = 0

Soal Ujian Nasional tahun 2007 2. Persamaan garis singgung lingkaran x² + y² – 2x – 6y – 7 = 0 di titik yang berabsis 5 adalah …. a. 4x – y – 18 = 0

b. c. d. e.

4x – y + 4 = 0 4x – y + 10 = 0 4x + y – 4 = 0 4x + y – 15 = 0

Soal Ujian Nasional tahun 2006 3. Persamaan lingkaran yang pusatnya terletak pada garis 2x – 4y – 4 = 0, serta menyinggung smbu x negative dan sumbu y negative adalah …. a. b. c. d. e. x² + y² + 4x + 4y + 4 = 0 x² + y² + 4x + 4y + 8 = 0 x² + y² + 2x + 2y + 4 = 0 x² + y² – 4x – 4y + 4 = 0 x² + y² – 2x – 2y + 4 = 0

Soal Ujian Nasional tahun 2006 4. Persamaan garis lingkaran yang berpusat di ( 1,4 ) dan menyinggung garis 3x – 4y – 2 = 0 adalah …. a. b. c. d. e. x² + y² + 3x – 4y – 2 = 0 x² + y² – 4x – 6y – 3 = 0 x² + y² + 2x + 8y – 8 = 0 x² + y² – 2x – 8y + 8 = 0 x² + y² + 2x + 2y – 16 = 0

Soal Ujian Nasional tahun 2005 kurikulum 2004 5. Salah satu persamaan garis singgung lingkaran x² + y² = 25 yang tegak lurus garis 2y – x + 3 = 0 adalah…. a. b. c. d. e.
y =− 1 5 x+ 5 2 2

1 5 y =− x− 5 2 2
y = 2 x −5 5 y = − x +5 5 2 y = 2 x +5 5

Soal Ujian Nasional tahun 2005 kurikulum 2004 6. Persamaan garis singgung lingkaran x² + y² – 4x + 2y – 20 = 0 di titik P( 5,3 ) adalah …. a. b. c. d. e. 3x – 4y + 27 = 0 3x + 4y – 27 = 0 3x + 4y – 7 = 0 7x + 4y – 17 = 0 7x + 4y – 7 = 0

Soal Ujian Nasional tahun 2005 7. Jarak antara titik pusat lingkaran x² + y² – 4x + 4 = 0 dari sumbu y adalah …. a. b. c. d. e. 3 2½ 2 1½ 1

Soal Ujian Nasional tahun 2004 8. Diketahui lingkaran 2x² + 2y² – 4x + 3py – 30 = 0 melalui titik ( – 2,1 ). Persamaan lingkaran yang sepusat tetapi panjang jari – jarinya dua kali panjang jari – jari lingkaran tadi adalah …. a. b. c. d. e. x² + y² – 4x + 12y + 90 = 0 x² + y² – 4x + 12y – 90 = 0 x² + y² – 2x + 6y – 90 = 0 x² + y² – 2x – 6y – 90 = 0 x² + y² – 2x – 6y + 90 = 0

Soal Ujian Nasional tahun 2003 9. Persamaan garis singgung lingkaran x² + y² = 13 yang melalui titik ( 3,–2 ) adalah …. a. b. c. 3x – 2y = 13 3x – 2y = –13 2x – 3y = 13

d. e. 10. a. b. c. d. e. 11. = …. a. b. c. d. e.

2x – 3y = –13 3x + 2y = 13 Salah satu persamaan garis singgung dari titik( 0,4 ) pada y=x+4 y = 2x + 4 y=–x+4 y=–
3

Soal Ujian Nasional tahun 2002 lingkaran x² + y² = 4 adalah ….

x+4

y=– 2x+4 Garis singgung lingkaran x² + y² = 25 di titik ( –3,4 )

Soal Ujian Nasional tahun 2001 menyinggung lingkaran dengan pusat ( 10,5 ) dan jari – jari r. Nilai r

3 5 7 9 11

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->