P. 1
New Microsoft PowerPoint Presentation

New Microsoft PowerPoint Presentation

|Views: 323|Likes:
Published by Heri_Jaya_Muha_8446

More info:

Published by: Heri_Jaya_Muha_8446 on Mar 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2012

pdf

text

original

Kiat menulis Kiat menulis Cerpen Cerpen

Pengembangan Materi Bahasa indonesia Di SMP Negeri PERISAI Di susun oleh : Heri Jaya M, SPd.

Apakah Hakikat Cerpen Apakah Hakikat Cerpen itu? itu?
Cerpen yang merupakan akronim dari cerita pendek merupakan jenis fiksi yang paling banyak di tulis orang di media massa sehingga cerpen sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari

Dorongan Cerpen
• Merekam obyek • Pelatuk ( secaca mendadak) • Rekayasa Imajinasi

Kiat-kiat menulis Cerpen
• Menentukan paragraf pertama • • • • • • • • Menggali suasana Menggunakan kalimat efektif Menambahkan bumbu-bumbu Menggerakan karakter tokoh fokus cerita Sentakan akhir Menyunting Memberi judul

• Mempertimbangkan pembaca

A. Paragraf pertama

paragraf pertama merupakan kunci pembuka sebuah cerpen. Mengingat cerpen merupakan karangan pendek, maka paragraf pertama langsung ke pokok persoalan. Lihat kutipan berikut: “ Dalam hidup dan kehidupan ini, manusia selalu di hadapkan pada pilihan nasib. Nasib tak selalu cocok dengan pilihan. Terkadang terlalu jauh dari pilihan cita-cita hingga terragedi demi teragedi terjadi. Tragedi yang menyayat perasaan dan memeras air mata. Begitulah yang terjadi pada diri Tiwi, gadis manis yang malang itu…”

B. Mempertimbangkan pembaca.

Pembaca adalah konsumen, sedangkan pengarang adalah perodusen. Pembacaan sebagai konsumen jelas memerlukan bacaan yang segar, unik, menarik, dan menyentuh rasa kemanusiaan. Tema cinta remaja merupakan tema cerpen yang sering di tulis penulis pemula :
”Orang lain menganggap ku sebagai anak kecil yang suka berhayal dan membual. Tidak terkecuali orang tua dan saudara- saudaraku semua. Hanya mas Heri yang bisa ku ajak main badminton setiap sore,…” ”… sejak saat itu, setiap sore, dari balik tirai kamarku, aku melihat Mas Heri dan Mbak Nuri berboncengan dengan mesra. Kalau begitu, aku akan mengaduk- aduk laciku dan memusnahkan puisi ku tentang Mas…”

C. Menggali suasana
sebuahfiksi

Dalam proses membaca seseorang sering hanyut di bawa suasana yang di lukiskan
“ lampu-lampu yang bekilauan terasa menusuknusuk matanya, sedangkan kebisingan kota menyayat- nyayat hatinya. Samar- samar Ia sadari bahwa Dia telah kehilangan adiknya: Paijo tercinta! Pak pong yang malang menatap kota dengan dendam di hati. Jakarta, kesibukannya, Bina Graha, gedung-gedung itu…”

D. Kalimat Efektif

Kalimat- kalimat dalam sebuah cerpen berkategori kalimat efektif.kalimat efektif berfungsi memberi kesan langsung kepada pembaca. A- : “ aku kurang setuju dengan sikapmu terhadap diriku “ B- : “ aku benci kamu” A+ :”aku tidak bermaksud tak baik terhadapmu” B+ : “ Aku tidak benci kamu”

E. Bumbu-bumbu

Nilai tambah suatu cerpen di lihat dari bumbu-bumbu yang di tambahkan, bumbu-bumbu cerpen biasanya cerita seks ( porno ) dan cerita humor.

Cerpen 1 “ Waktu dilihatnya yati tidak melawan dan hanya memejamkan matanya, yusuf menjadi lebih berani. Di cium nya berkali-kali mulut dan pipi gadis itu. Naluri atau nafsu laki-laki yang sudah menduda tiga tahun itu, agaknya sudah tidak dapat di tahan lagi. Dan sejak saat itu mereka semakin sering bertemu, berkencan, melihat film, makan di restoran,makan di restohan, bahkan sekali dua kali menginap di hotel. “ Yat, kau suka anak kecil enggak?” “ Tergantung anaknya bagaimana dan anak siapa? “ cerpen 2 “ Begitu , berangsur-angsur gemuruh tangan mereda pula . Sugeng menghembuskan nafasnya keras-keras, lalu ikut duduk di samping seseorang penonton. Ia pun mengambil sebatang rokok dan menyalakannya hati-hati, menghisapnya pelan, mengepulkan asap nya penuh kenikmatan . “ Bagus ya pak, paduan suaranya?” “ yah, bagus nggak bagus kita tepuk tangan sajalah. Anak pak Pak Gubernur yang menyanyi , masa kita teriaki suruh turun,” sekonyong- konyong Sugeng tersedak, mirip orang baru belajar merokok.

F. Menggerakkan karakter tokoh
Gerak- gerik tokoh, identitas nya ( berkacamata) serta situasi kejiwaannya jelas terrgambar dalam paragraf di bawah ini. “ Lelaki berkaca mata itu membuka kancing baju kemejanya bagian atas. Ia kelihatan gelisah,berkeringat, meski ia sedang berada di dalam ruangan yang berpendingin. Akan tetapi, ketika seorang perempuan cantik muncul dari balik koridor menuju lobi tempat lelaki berkaca mata itu menunggu, wajahnya berubah bersri-seri. Seakan lelaki itu begitu pandai menyimpan kegelisahaannya. “ sudah lama?” tanya gadis sambil melempar senyum. “ Baru setengah jam, “ jawabnya setengah bergurau”.

G. Fokus cerita.
Cerpen juga memerlukan fokus seperti halnya sebuah karya photo yang baik. Jika fokusnya kabur atau objeknya tenggelam dalam objek sekelilingnya , maka karya photo itu bukan karya photo yang bagus. Pada dasar nya, dalam sebuah cerpen hanya ada satu satu persoalan pokok yang di namakan fokus.

H. Sentakan akhir

cerpen harus di akhiri ketika persoalan dianggap selesai. Sebagai pemula , dianjurkan menghentikan cerita ketika konflik telah selesai tanpa perlu menambah khutbah di akhir cerita. Misalnya berakhir sebuah petualangan penjahat di ujung peluru polisi, mungkin cerpen itu lebih baik berhenti setelah kalimat selesai. Contoh : ketika sekelumit terbayang kekasihnya yang di sandera polisi , lalu wajah dua orang bocah hadiah istrinya yang telah tiada, saat itulah sebutir peluru menembus dadanya.

I.

Menyunting
menyunting artinya membenahi pekerjaan yang baru saja selesai. Kesalahan utama adalah ejaan dan tanda baca,serta memperhatikan hubungan antar kalimat fan kaidah bahasa lainnya.

J. Memberi judul.
Memberikan judul pada sebuah cerpen adalah pekerjaan gampang-gampang susah. Karena judul merupakan daya tarik sendiri pada seorang pembaca. Mengingat judul merupakan cerminan dari isi sebaikinya di tulis belakangan, meski sebelumnya anda telah menentukan judul dan berangkat dari judul itu

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->