P. 1
Control Panel XP

Control Panel XP

|Views: 2,147|Likes:
Published by Dito C Argiatama

More info:

Published by: Dito C Argiatama on Mar 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/15/2012

pdf

text

original

CONTROL PANEL

SUBJECT : OPERATION SYSTEM
By :

Dito C. Argiatama (2KA14 – 10108616) Karina Almisaning Dyah (2KA14 – 11108099) Sulimah (2KA14 – 11108883)

CONTROL PANEL

Control Panel adalah bagian dari Microsoft Windows pengguna grafis antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan memanipulasi dasar sistem pengaturan dan kontrol melalui applet, seperti menambahkan hardware, menambahkan dan menghapus perangkat lunak, mengendalikan pengguna account, dan aksesibilitas mengubah pilihan. Tambahan applet dapat diberikan oleh perangkat lunak pihak ketiga. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20. 21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29. 30. 31. Display Folder Options Taskbar and Start Menu Game Controller Keyboard Mouse Phone and Modem Options Printers and faxes Scanners and cameras VGA Control Panel (Optional) Windows Media Connect Internet Options Network Connections Network Setup Wizard Windows Firewall Wireless Network Setup Wizard Mail User Accounts Add or Remove Programs Date and Time Regional Language Options Sounds and Audio Devices Portable Media Devices Speech Sound Effect Manager (optional) Accessibility Options Administrative Tools Power Options Scheduled Tasks System Security Center

Gambar 1.1 : Control Panel Classic View

Gambar 1.2 : Control Panel Category View

Berdasarkan kategorinya, toolbar control panel windows terdiri dari :

 Appreance and Themes Untuk merubah tema pada komputer. Seperti perubahan background color, printscreen atau mengganti color sceme dari setiap toolbar yang terbuka. Dapat juga mengubah resolusi dari monitor komputer. Toolbar-toolbar yang tergolong pada kategori ini diantaranya : 1. Display Menampilkan pengaturan tema, background, screen sever pada komputer. Agar tampilan komputer kita tidak membosankan, maka dapat diganti sesuai dengan keinginan kita. Dapat menampilkan screen saver yang dapat di atur waktu tampilnya sehingga pemakai tidak merasa bosan didepan komputer. 2. Taskbar and Start Menu Pengaturan taskbar apakah ingin disebunyikan atau tidak taskbar komputernya. Atau penampilan menu program pada pilihan classic atau easy access. Tergantung pemilik yang menginginkannya. 3. Folder Options Dapat menampilkan task, browes folder atau klik single atau double. Terdapat juga penyembunyian folder atau dokumen-dokumen apa saja yang dapat di hidden atau di tampilkan. Fungsinya ialah memudahkan kita menyembukan suatu folder agar tidak terlihat oleh siapapun atau bisa lebih terlihat rapi.

 Printers and Other Hardware Toolbar-toolbar pada kategori ini, berfungsi untuk mengubah setting dari printer, keyboard, mouse, camera dan hardware lain. Toolbar-toolbar yang tergolong pada kategori ini diantaranya : 1. Game Controller Berfungsi untuk mengkonfigurasi (Add/Remove) komponen-komponen

hardware seperti joysticks dan gamepads.

2.

Keyboard Berfungsi untuk mengatur keyboard seperti kecepatan cursor blink dan repeat rate dari suatu karakter.

3.

Mouse Berfungsi untuk mengatur mouse seperti konfigurasi tombol, kecepatan dobel klik, pointer mouse, dan kecepatan gerakan kursor.

4.

Phone and Modem Options Berfungsi untuk mengkonfigurasi koneksi dengan telepon dan pengaturan modem ke komputer.

5.

Printers and faxes Menampilkan printer ataupun fax yang telah terinstall pada komputer dan memberikan kemudahan untuk menambahnya.

6.

Scanners and cameras Digunakan untuk mengkonfigurasi (Add dan Remove) Scanners dan camera yang disambungkan pada komputer.

7.

VGA Control Panel (Optional) Untuk mengatur konfigurasi hardware pendukung tampilan layar.

8.

Windows Media Connect Media Windows Menghubungkan 2.0 membedakan dari versi sebelumnya pada beberapa jalan:  Meningkatkan kinerja : Kinerja umum dan kemantapan telah ditingkatkan.  Memperluas alat dukung : Beberapa DMRs baru, meliputi Xbox 360, kini didukung.  Mengefektifkan alat konfigurasi : Ini bahkan lebih mudah ke konten berbagi awal dengan alat baru.  Kebutuhan jaringan lebih sedikit : Media Windows Menghubungkan sekarang dukungan satu jangkauan lebih luas dari alam lingkungan jaringan.

 User Accounts Mengubah account setting, password dan gambar dari profile account yang bs di atur sendiri. Terdiri dari beberapa toolbar : 1. Mail Untuk mengkonfigurasi profile dari microsoft outlook express yang bisa digunakan untuk koneksi pada email yang tersambung. Sehingga memudahkan kita dalam mengakses email pada microsoft outlook express yang ada disetiap komputer. 2. User Accounts Untuk mengatur user account dan password dari administrator ataupun untuk tiap user yang mempunyai account pada komputer tersebut. Membuat account baru dan mengganti picture pada profile account.

 Date, Time, Language, and Regional Options Mengubah tanggal, waktu dan zona waktu dari komputer, format bahasa yang digunakan, dan bentuk dari angka, mata uang, tanggal, waktu yang akan ditampilkan. Terdiri dari beberapa Toolbar : 1. Date and Time Untuk menetapkan tanggal, waktu dan zona waktu dari komputer sesuai dengan Negara dan wilayah kita tinggal. 2. Regional Language Options Mengatur fomat angka, mata uang, waktu, tanggal menurut format negara dari negara yang dipilih.

 Accessibility Options Digunakan untuk mengatur tampilan (display) seperti contrast text dan warna pada layar monitor, cursor blink rate, perangkat suara (audio), kebutuhan lain untuk bermobilitas serta mengatur fungsional dari keyboard, display ataupun mouse. Untuk membuka accessibility option, klik START – Control Panel – dan double klik pada Accessibility Options.

Gambar 2.1 : Pengaturan Accessibility Options

Adapun beberapa fungsi yang disediakan oleh feature ini, antara lain : a. StickyKeys memungkinkan user untuk menggunakan kombinasi tombol dengan menekan satu tombol saja pada waktu yang bersamaan. Sticky keys didesain untuk beberapa orang yang kesulitan untuk menekan kombinasi tombol secara bersamaan. Pada saat akan menngunakan shortcut yang menggunakan kombinasi tombol, seperti CTRL+C, Sticky Keys akan memungkinkan kita untuk menekan tombol modifier (CTRL, ALT, atau SHIFT) atau tombol logo Windows ( hingga kita menekan tombol lain. Perhatikan setting dari Stickykeys berikut ini :  Buka Jendela Accessibility Optons  Pada tab keyboard, pada bagian sticky keys, klik Settings, dan perhatikan langkah-langkah berikut :  Untuk shortcut yang memungkinkan kamu untuk menggunakan Stickykeys dengan menekan tombol SHIFT sebanyak 5 kali, dan pilih checkbox Use Shortcut ) dan akan tetap aktif

Gambar 2.2 : Penggunaan stickykeys

Untuk tetap mengaktifkan ketika tombol modifier (CTRL, ALT, atau SHIFT) atau tombol Logo Windows ( ) ditekan berturut-

turut(2 kali). Tombol akan tetap aktif hingga tombol ditekan lagi. Pada bagian Options, pilih checkbox Press modifier key twice to lock.  Untuk me-non aktifkan Stickykeys ketika tombol modifier (CTRL, ALT, SHIFT) atau tombol Logo Windows ( ) dan

tombol lain di tekan bersamaan, pada bagian Options pilih checkbox Turn StickyKeys off if two keys are pressed at once.  Agar komputer mengeluarkan bunyi (tone) indikasi ketika tombol modifier (CTRL, ALT atau SHIFT) atau tombol Logo Windows ( ) saat ditekan, dikunci ataupun diaktifkan, pada bagian

Notification, pilih checkbox Make sounds when modifier key is pressed  Untuk menampilkan sebuah ikon untuk stickykeys pada taskbar ketika Stickykeys diaktifkan, pada bagian Notification pilih checkbox Show StickyKeys status on screen b. FilterKeys mengatur respon time dari tombol-tombol keyboard sehingga respon rate lebih rendah tidak terjadi pengulangan huruf saat tombol keyboard ditekan agak lama. Perhatikan setting dari Stickykeys berikut ini :  Buka Jendela Accessibility Optons  Pada tab keyboard, pada bagian FilterKeys, klik Settings, dan perhatikan langkah-langkah berikut :

Untuk shortcut yang memungkinkan kamu untuk menggunakan Stickykeys dengan menekan tombol SHIFT kanan sebanyak 8 kali atau lebih, dan pilih checkbox Use Shortcut

Untuk membiarkan penekanan tombol yang diulang terlalu cepat, pilih option Ignore repeated keystrokes. Untuk mengatur option lain, seperti menetapkan lamanya waktu yang diperlukan antara pengulangan penekanan tombol hingga tercetak tombol yang diharapkan, klik Settings

Untuk membiarkan penekanan tombol yang ditekan terlalu cepat, pilih option Ignore quick keystrokes and slow down the repeat rate.

Agar dapat keluar tanda berupa bunyi saat menekan tombol dan bunyi beep lain, maka pada bagian notification pilih checkbox Beep when keys pressed or accepted.

Untuk menampilkan ikon untuk filterkeys pada taskbar saat filterkeys sedang aktif, pada bagian notification pilih checkbox Show FilterKeys status on screen.

c. ToggleKeys mengatur agar komputer mengeluarkan bunyi saat beberapa tombol tertentu seperti num lock, caps lock, dll ditekan. d. SoundSentry setting agar windows menampilkan visual warning saat system mengeluarkan bunyi. e. ShowSounds memerintahkan program untuk menampilkan pesan untuk program speech dan bunyi. f. High Contrast untuk meningkatkan kontras layar dengan alternatif warna dan ukuran huruf. High contrast didesain untuk orang yang mempunyai penglihatan yang tidak normal (rusak). Contrast color schemes yang tinggi dapat mempermudah beberpa orang untuk melihat tampilan. Beberapa schemes juga dapat mengubah ukuran huruf agar lebih mudah untuk dibaca. g. MouseKeys mengatur keyboard agar dapat menjalankan fungsi mouse. h. SerialKeys mengizinkan penggunaan komponen input-input alternatif selain keyboard atau mouse.

 Security Center Windows Security Center berfungsi untuk mengecek status dari komputer berkenaan dengan hal-hal sebagai berikut : a. Firewall : Sebuah firewall membantu untuk memproteksi komputer kita dengan membatasi akses dari user lain pada internet atau jaringan yang tidak mempunyai otoritas. b. Virus Protection Software : Software antivirus dapat membantu membantu memproteksi komputer dari serangan virus dan pengganggu security lainnya. Windows selalu mengontrol penuh ke up to date-an antivirus. Jika ingin memproteksi antivirus yaitu klik “Turn On Automatic Updates” maka setiap antivirus yang masuk akan dikontrol untuk pengupdateannya dan security. c. Automatic Updates : Dengan Automatics updates, Windows secara periodik akan melakukan pengecheckan terhadap update-update penting terbaru untuk komputer kita, dan secara otomatis akan menginstallnya.

Jika sebuah problem terdeteksi (berkaitan dengan 3 hal diatas), maka security center akan mengirimkan suatu alerts dan memberikan rekomendasi bagaimana baiknya memproteksi komputer. Tanda alertnya seperti pada gambar ini

Adapun Manage security settingnya yaitu : Internet Options : Dapat mengatur koneksi dari internet atau local internet. Ada privacy untuk pengaturan ke amanannya dan ada juga spesifikasi program windows otomatis untuk penggunaan internet service. Yang terhubung juga pada outlook express. Windows Firewall : Firewall membantu untuk memproteksi komputer kita dengan membatasi akses dari user lain pada internet atau jaringan yang tidak mempunyai otoritas. Automatic Updates : Dengan Automatics updates, Windows secara periodik akan melakukan pengecheckan terhadap update-update penting terbaru untuk komputer kita, dan secara otomatis akan menginstallnya. Avira Antivir PersonalEdition : Salah satu antivirus yang di gunakan pada beberapa PC.

Gambar 3.1 : Pengaturan Windows Security Center

 Network and Internet Connections Melakukan koneksi internet, membuat koneksi jaringan, serta mengkonfigurasinya, mengubah modem, phone dan internet setting. Terdiri dari beberapa toolbar : 1. Internet Options Digunakan untuk mengkonfigurasi tampilan dan koneksi internet. 2. Network Connections Menampilkan seluruh koneksi dari komputer dengan komputer lain, jaringan dan internet 3. Network Setup Wizard Untuk membuka aplikasi Network Setup wizard (Setup ini digunakan agar komputer dapat bergabung dalam suatu jaringan) 4. Windows Firewall Digunakan untuk mengkonfigurasi windows firewall (windowd firewall akan membantu untuk memproteksi komputer dengan menghalangi user yang tidak memiliki otoritas untuk mengakses komputer kita baik dari internet ataupun dari jaringan)

5.

Wireless Network Setup Wizard Untuk mengkonfigurasi (Set up/Add) jaringan wireless untuk rumah atau kantor. Yang mana tiap-tiap komputer ataupun perangkat lain telah tersambung dengan access point wireless. Sehingga memudahkan kita mencari perangkat wireless yang ada untuk sambungan connect internet.

6.

Windows Media Connect Media Windows Menghubungkan 2.0 membedakan dari versi sebelumnya pada beberapa jalan:  Meningkatkan kinerja : Kinerja umum dan kemantapan telah ditingkatkan.  Memperluas alat dukung : Beberapa DMRs baru, meliputi Xbox 360, kini didukung.  Mengefektifkan alat konfigurasi : Ini bahkan lebih mudah ke konten berbagi awal dengan alat baru.  Kebutuhan jaringan lebih sedikit : Media Windows Menghubungkan sekarang dukungan satu jangkauan lebih luas dari alam lingkungan jaringan.

 Add or Remove Programs Digunakan untuk menambah dan menghapus program-program aplikasi atau bisa mengganti program yang lama dengan program baru yang lebih update. Serta beberapa program komponen bawaan windows (Seperti : Internet Information System, MSN Explore, Networking Service, dll). Pada add new program terdapat pengistallan program yang bisa di ambil dari CD Floppy atau dari windows update yang terdapat dari komputer kita. Aplikasi bisa di sortir menurut nama atau menurut update aplikasinya. Juga terdapat Set Program Access and Defaults untuk spesifikasi program pada pengaturan Microsoft windows, non Microsoft windows atau costum.

 Sounds, Speech and Audio Devices Digunakan untuk pengaturan konfigurasi suara, bahasa dan alat audio yang digunakan kita, misalnya speaker, headset atau lain sebagainya. Terdiri dari beberapa toolbar : 1. Sounds and Audio Devices Mengubah pengaturan suara pada komputer, atau mengkonfigurasi pengaturan speaker (volume, dll) dan pengaturan perangkat-perangkat recording. 2. Speech Melakukan perubahan pengaturan dari text ke pembicaraan (suara) dan untuk pengenalan proses pembicaraan tersebut (Jika sudah terinstall) 3. Sound Effect Manager (optional) Merupakan control panel dari hardware sound yang telah terinstall pada komputer. 4. Portable Media Devices Merupakan salah satu portable untuk devices yang bisa koneksi dengan komputer sehingga dapat digunakan dimana saja.

 Performance and Maintenance Berfungsi untuk melihat informasi dasar pada komputer, mengubah performansi dari komputer dengan memilih efek visual yang digunakan, untuk membersihkan hardisk dari temporary files dan progran-program yang tidak digunakan,dapat membuat salinan (backup) informasi pada komputer dan mengembalikan data menjadi data yang yang dapat digunakan kembali, dengan Disk Defragmenter System Tool yang berfungsi mengatur kembali file-file, program-program dan space harddisk yang tidak terpakai sehingga program-program dapat berjalan lebih cepat dan file-file data dapat dibuka lebih cepat. Terdiri dari beberapa toolbar : 1. Administrative Tools Untuk mengkonfigurasi administrative setting dari komputer seperti componen service, computer management, Data source (ODBC), dll.

a. Component Services Digunakan oleh administrator sistem untuk menyebarkan dan melaksanakan program-program COM+ dari graphical user interface(GUI), atau untuk mengotomatisasi tugas-tugas administratif menggunakan scripting atau bahasa pemrograman. Software developers dapat menggunakan Component Services untuk memvisualisasi konfigurasi komponen dan program rutin yang sering dijalankan, seperti keamanan dan partisipasi dalam transaksi, dan untuk mengintegrasikan komponen-komponen ke dalam COM+ program.

b. Computer Management Digunakan untuk mengelola komputer lokal atau remote komputer dari satu computer lain dan konsolidasi utilitas desktop. Manajemen Komputer mengkombinasikan beberapa administrative tools dari Windows XP ke dalam satu console tree, menyediakan kemudahan akses ke administrative properties computer yang lebih spesifik

c. Data Sources (ODBC) Open Database Connectivity (ODBC) adalah interface pemrograman yang memungkinkan program untuk mengakses data dalam sistem manajemen database yang menggunakan Structured Query Language (SQL) sebagai standar akses data

d. Event Viewer Digunakan untuk melihat dan mengatur log sistem, program, dan kegiatan keamanan komputer. Event Viewer mengumpulkan informasi tentang masalah hardware dan software, dan memonitor kegiatan keamanan.

e. Local Security policy Digunakan untuk mengkonfigurasi pengaturan keamanan untuk komputer lokal. Pengaturan ini mencakup Password, Account lockout, Audit, Keamanan IP, hak-hak pengguna tugas, agen pemulihan data dienkripsi, dan pilihan keamanan lainnya. Local Security Policy hanya tersedia pada komputer yang tidak menggunakan kontroler domain. Jika komputer adalah anggota sebuah domain, maka pengaturan ini dapat dikalahkan oleh kebijakan keamanan yang diterima dari computer domain.

f. Performance Digunakan untuk mengumpulkan dan melihat secara real-time data tentang memori, disk, prosesor, jaringan, dan kegiatan lain dalam grafik, histogram, atau bentuk laporan.

g. Services Digunakan untuk mengatur layanan pada komputer Anda, menetapkan tindakan pemulihan jikan terjadi layanan gagal, dan membuat nama dan deskripsi untuk layanan sehingga Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi service tersebut.

Catatan :  Alat administrasi juga dapat dibuka dari Microsoft Management Console, atau dengan mengklik Start, klik Control Panel, klik Performance and Maintenance, dan kemudian klik Administrative Tools.

2. Power Options Mengatur pola penyimpanan power (energi) untuk komputer. Dalam pengaturan power scemes dapat di atur apakah komputer ditempatkan dirumah atau seperti laptop yang portable atau dalam keadaan presentasi serta bisa selalu menyala (always on). Dapat juga menampilkan energi di layar sehingga ada pemberitahuan jika energi lemah. Seperti yang biasanya terjadi di laptop kita. 3. Scheduled Tasks Untuk mengatur jadwal dari komputer agar suatu script program ataupun dokumen dapat running secara otomatis pada waktu tertentu. Sehingga kita tidak lupa bahwa kita mempunyai scheduled yang bisa di ingatkan oleh komputer kita. 4. System Untuk melihat informasi tentang sistem komputer dan mengubah hardware setting, performance, device manager dan update otomatis windows. Dapat mengetahui juga berapa memori yang ada dikomputer kita dan computer name yang kita inginkan. Di dalam system juga terdapat automatic update yang sebelumnya juga ada security center.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->