P. 1
BAB III Skripsi Manajemen Pemasaran: The Presentation.

BAB III Skripsi Manajemen Pemasaran: The Presentation.

5.0

|Views: 2,596|Likes:
Published by Dimas Aris Shera
Presentasi sidang skripsi BAB II Manajemen Pemasaran.
Presentasi sidang skripsi BAB II Manajemen Pemasaran.

More info:

Published by: Dimas Aris Shera on Mar 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/25/2015

pdf

text

original

BAB III METODE PENELITIAN

` ` ` ` ` `

3.1 Variabel Penelitian dan Definisi Operasional 3.2 Ruang Lingkup Penelitian 3.3 Penentuan Populasi dan Sampel 3.4 Jenis dan Sumber Data 3.5 Metode Pengumpulan Data 3.6 Metode Analisis Data

Ke Bab IV

Variabel adalah apa pun yang dapat membedakan atau membawa variasi pada nilai (Sekaran, 2006). Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel independen dan variabel dependen.
`

Dalam penelitian ini yang menjadi variabel dependen/ terikat adalah : Kepuasan Konsumen (Y).

Variabel independen dalam penelitian ini adalah: Reliability (X1) Responsiveness (X2) Assurance (X3) Empathy (X4) Tangibles (X5)

`

Definisi operasional adalah unsur penelitian yang memberitahukan bagaimana caranya mengukur suatu variabel (Singarimbun & Sofyan, 1995).

Definisi operasional untuk variabel-variabel: ` Reliability:
x Perusahaan memberikan pelayanan sesuai janji x Perusahaan menunjukkan perhatian yang tulus untuk menyelesaikan permasalahan tentang pelayanan x Perusahaan memberi pelayanan yang baik saat kesan pertama kepada konsumen x Perusahaan melayani sesuai dengan waktu yang dijanjikan x Memberikan informasi kepada konsumen tentang kapan pelayanan yang dijanjikan akan direlisasikan

x Responsiveness:
Perusahaan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat Perusahaan rela untuk membantu / menolong konsumen Perusahaan siap dan tanggap untuk menangani respon permintaan dari para konsumen

x Assurance:
Karyawan yang memberi jaminan berupa kepercayaan diri kepada konsumen Membuat konsumen merasa aman saat menggunakan jasa pelayanan perusahaan Karyawan yang sopan Karyawan yang memiliki pengetahuan yang luas sehingga dapat menjawab pertanyaan dari konsumen

x Empathy
Perusahaan memberikan perhatian individu kepada konsumen Karyawan yang mengerti keinginan dari para konsumennya

x Tangibles
Perusahaan memiliki peralatan yang modern Fasilitas fisik perusahaan menarik untuk dilihat

`

Batasan-batasan dalam penelitian ini adalah
Penelitian dilakukan di Kota Tegal. Penelitian membahas tentang kepuasan konsumen. Metode yang dipergunakan adalah Indeks Kepuasan Konsumen (IKK). Objek penelitian adalah pelanggan Aries Sablon dan Konveksi.

`

Populasi adalah gabungan dari seluruh elemen yang berbentuk peristiwa, hal atau orang yang memiliki karakteristik yang serupa yang menjadi pusat perhatian seorang peneliti karena itu dianggap menajdi sebuah semesta penelitian (Ferdinand, 2006). Oleh karenanya apabila, apabila seorang peneliti ingin meneliti semua elemen yang ada dalam wilayah penelitian, maka penelitiannya merupakan penelitian populasi. Studi atau penelitiannya disebut dengan studi populasi atau studi sensus (Arikunto, 2002).

`

Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah pelanggan dan pengguna jasa Aries Sablon dan Konveksi dan berada di wilayah Kota Tegal ketika survey dilaksanakan. Oleh karena jumlah populasi tidak tentu, maka penentuan jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah sama dengan jumlah pelanggan Aries Sablon dan Konveksi sebanyak 78 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling yaitu dengan purposive sampling. Purposive sampling yaitu peneliti menggunakan pertimbangan sendiri secara sengaja dalam memilih anggota populasi yang dianggap dapat memberikan informasi yang diperlukan atau unit sampel yang sesuai dengan kriteria tertentu yang diinginkan oleh peneliti.

`

Data primer merupakan data penelitian yang diperoleh peneliti secara langsung dari sumber asli atau tidak melalui perantara (Nur Indriantoro & Bambang Supomo, 1999). Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan melakukan survey dengan menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada pelanggan jasa Aries Sablon dan Konveksi. Data sekunder merupakan data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara (Nur Indriantoro & Bambang Supomo, 1999).

`

`

Wawancara: merupakan teknik pengumlan data dalam metode penelitian yang menggunakan pertanyaan secara lisan kepada subjek penelitian (Nur Indriantoro & Bambang Supomo, 1999). Kuesioner: adalah daftar pertanyaan yang mencakup semua pernyataan dan pertanyaan yang akan digunakan untuk mendapatkan data, baik yang dilakukan melalui telepon, surat, atau bertatap muka (Ferdinand, 2006).

`

`

Penelitian ini menggunakan skala Likert untuk mengukur kepuasan pelanggan terhadap kinerja Aries Sablon dan Konveksi dengan menentukan skor pada setiap pertanyaan. Skala Likert merupakan skala yang dipakai untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial (Singarimbun & Sofyan, 1995).

`

`

Skala Likert yang digunakan:
Tingkat Kinerja 1 untuk sangat tidak setuju 2 untuk tidak setuju 3 untuk cukup 4 untuk setuju 5 untuk sangat setuju Tingkat Harapan 1 untuk sangat tidak penting 2 untuk tidak penting 3 untuk kurang penting 4 untuk penting 5 untuk sangat penting

`

Analisis kuantitatif adalah analisis yang dapat diklasifikasikan kedalam kategori yang berwujud angka-angka yang dapat dihitung untuk menghasilkan penafsiran kuantitatif yang kokoh (Hussein Umar, 1998).

a. Uji Reliabilitas alat untuk mengukur suatu kuesioner yang merupakan indikator dari variabel atau konstruk. Suatu kuesioner dikatakan reliabel atau handal jika jawaban seseorang terhadap suatu pertanyaan adalah konsisten dari waktu ke waktu.

b. Uji Validitas Uji validitas digunakan untuk mengukur valid tidaknya suatu kuesioner. Suatu kuesioner dikatakan valid jika pertanyaan pada kuesioner mampu untuk mengungkapkan sesuatu yang akan diukur oleh kuesionernya tersebut (Imam Ghozali, 2002).

c. Importance ± Performance Analysis Importance ± Performance Analysis digunakan sebagai teknik analisis data guna menghasilkan kualitas pelayanan untuk melihat apakah ada kesenjangan antara kinerja perusahaan yang dirasakan dengan harapan konsumen.

Analisis tingkat kepentingan kepentingan dan kinerja/kepuasan mempergunakan penggolongan faktor dan skor yang diperoleh dari rumus berikut:
Skor Harapan = (5 x SPg) + (4 x Pg) + (3 x KPg) + (2 x TPg) + (1 x STPg)

Skor Kinerja = (5 x SS) + (4 x S) + (3 x N) + (2 x TS) + (1 x STS)

Sedangkan rumus yang digunakan untuk menghitung tingkat kesesuaian adalah: Tki = Xi x 100% Yi ` Tki : Tingkat kesesuaian responden ` Xi : Skor penilaian kinerja yang dirasakan konsumen ` Yi : Skor penilaian kepentingan/harapan konsumen

`

Setelah diperoleh tingkat kepuasan maksimum dan minimum, antara harapan dan konsumen dengan kenyataan di lapangan, maka rentang skala tersebut adalah sebagai berikut: Panjang kelas Interval = Data terbesar ± Data terkecil Banyaknya kelas interval

d. Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) Model yang digunakan sebagai dasar untuk menentukan dan mengukur indeks kepuasan konsumen adalah model Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) dari Cronin & Taylor (1994). Untuk menganalisis apakah kualitas dan atribut-atribut pelayanan perusahaan jasa sudah memiliki tingkat kepuasan dan kepentingan yang tinggi bagi konsumen.

Berikut adalah model dasar Indeks Kepuasan Konsumen dari Cronin & Taylor untuk mengukur kepuasan konsumen secara keseluruhan : Ikj = ™n i = 1 Ii (Pij ± Hij) ™n i = 1 (Pij ± Hij) Dimana : Ikj: Indeks kepuasan konsumen terhadap kualitas layanan jasa Ii : Bobot yang diberikan konsumen K terhadap sejumlah atribut Pij : Kinerja perusahaan terhadap atribut I Hij : Harapan konsumen perusahaan

Indeks kepuasan konsumen dapat dihitung dengan mengukur rentang skala maksimum dan minimum adalah
Ikj minimum Ikj maksimum = n x K (1 x 1) = n x K (5 x 5)

Dimana: n : Jumlah responden K: Banyaknya faktor/atribut yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen

Sedangkan rentang skala setiap konsumen adalah : Panjang kelas interval = Data terbesar ± Data terkecil Banyaknya kelas interval Kategori penilaian: ` Kelas Interval 1 : Sangat Tidak Puas (STPs) ` Kelas Interval 2 : Tidak Puas (TPs) ` Kelas Interval 3 : Cukup Puas (CPs) ` Kelas Interval 4 : Puas (Ps) ` Kelas Interval 5 : Sangat Puas (SPs)

e. Analisis Regresi Berganda Analisis ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variable bebas yaitu Reliability (X1), Responsiveness (X2), Assurance (X3), Empathy (X4), dan Tangibles (X5) terhadap kepuasan pelanggan jasa Aries Sablon dan Konveksi. Y=
1X1 + 2X2

+

3X3 +

4X4

+

5X5

+e

Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengelolaan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan-keterangan dan penjelasan-penjelasan. Analisis ini dimaksudkan untuk mencari kesimpulan dari hasil yang diperoleh dari analisis kuantitatif. Penyajiannya berupa keterangan penjelasan, serta pembahasan secara teoritis. Dengan analisa ini kemudian dibuat uraian deskripsi disertai interpretasi.

Ke Bab IV

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->