P. 1
Proposal PkmT

Proposal PkmT

|Views: 5,266|Likes:

More info:

Published by: Muhammad Arif Wibawa on Mar 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/30/2015

pdf

text

original

1

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

PENGISI DAYA BATERAI HANDPHONE SUPER CEPAT

BIDANG KEGIATAN PKMT

Disusun oleh : HERY KISWANTO MUH. ARIF WIBAWA AGUS ARIADI 08502244008 08502244002 08502244004

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA KOTA YOGYAKARTA 2009

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

2

HALAMAN PENGESAHAN USUL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA 1. Judul Kegiatan 2. Bidang Kegiatan 3. Bidang Ilmu 4. Ketua Pelaksana Kegiatan a. Nama Lengkap b. NIM c. Jurusan d. Perguruan Tinggi e. Alamat Rumah f. No Telp/HP g. Email 5. Anggota Pelaksana Kegiatan 6. Dosen Pendamping a. Nama Lengkap b. NIP c. Alamat Rumah d. No Telpon/HP 7. Biaya Kegiatan Total a. UNY b. Sumber lain 8. Jangka Waktu Pelaksanaan : Pengisi Daya Baterai Handphone Super Cepat : PKM Penerapan Teknologi : Teknologi dan Rekayasa : Hery Kiswanto : 08502244008 : Pendidikan Teknik Elektronika : Universitas Negeri Yogyakarta : Sapen CT XI /76A Sleman : 08975837817 : songolikur@rocketmail.com : 2 orang : Pramudi Utomo, M.Si : 196008251986011001 : Pendowoharjo, Sewon, Bantul : 08161498515 : Rp 1.703.500,00 : Rp : bulan Yogyakarta, 1 Januari 2010 Menyetujui Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Ketua Pelaksana Kegiatan

Masduki Zakaria, M.T NIP. Pembantu Dekan III FT UNY

Hery Kiswanto NIM. 08502244008 Dosen Pendamping

Pramudi Utomo, M.Si NIP. 196008251986011001

Pramudi Utomo, M.Si NIP. 196008251986011001

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

3

A. JUDUL PROGRAM Pengisi Daya Baterai Handphone Super Cepat

B. LATAR BELAKANG MASALAH Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi khususnya telepon genggam atau yang sering kita sebut dengan Handphone (HP), kini banyak bermunculan jenis-jenis Handphone berteknologi High end. Mulai dari Handphone biasa, Smartphone, I-phone sampai yang sekarang menjadi trend yaitu Blackberry. Nampaknya Handphone sekarang ini sudah bergeser fungsi menjadi kebutuhan primer yang wajib dimiliki, hal ini terbukti dari banyaknya pengguna Handphone dengan latar belakang pekerjaan dan usia yang berbeda-beda. Mulai dari pengusaha, pegawai negeri, mahasiswa, pedagang hingga pengangguran dan mulai dari orang tua, dewasa, remaja, hingga anak-anak sebagian besar memiliki barang yang satu ini. Memang tidak salah, karena tuntutan perkembangan komunikasi yang mengharuskan kita tetap exist dan Handphone menjadi solusi untuk tetap menjagahubungan dengan relasi, terutama hubungan jarak jauh. Berbagai fitur dan fasilitas yang terdapat pada Handphone dapat menunjang mobilitas kita tanpa dibatasi ruang dan waktu. Namun dibalik kelengkapan fasilitas suatu Handphone, tetap saja tidak akan berfungsi bila komponen utamanya yaitu baterai, habis dayanya. Tentunya hal ini akan menghambat proses komunikasi yang sedang berlangsung. Baterai harus diisi ulang dayanya menggunakan pengisi daya (charger) agar proses komunikasi dapat dilanjutkan. Pengisi daya standart yang kita dapat dari paket pembelian suatu Handphone, mampu mengisi penuh baterai selama kurang lebih 2 – 3 jam. Bagi masyarakat yang tidak terlalu sibuk hal ini mungkin biasa, namun bagi masyarakat dengan mobilitas yang tinggi tentunya hal ini dapat menjadi penghambat. Proses pengisian daya baterai yang terlalu lama membuat komunikasi menjadi terganggu, disinilah letak permasalahannya.

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

4

Melihat hal tersebut kelompok kami mempunyai ide dan tertarik untuk membuat suatu alat pengisi daya baterai Handphone super cepat dalam proses pengisian daya. Dengan diciptakannya alat ini, diharapkan dapat menjawab permasalahan yang terjadi seperti permasalahan diatas.

C. PERUMUSAN MASALAH Dari latar belakang diatas dapat diambil suatu permasalahan yaitu ; “seperti apa rangkaian pengisi daya baterai Handphone super cepat yang akan diciptakan? Dan bagaimana cara membuat rangkaian tersebut?”

D. TUJUAN PROGRAM Adapun tujuan dilaksanakannya program ini adalah : 1. Memahami rangkaian pengisi daya baterai Handphone super cepat dan mengetahui cara membuatnya. 2. Membuat alat pengisi daya baterai Handphone super cepat yang dapat menunjang mobilitas masyarakat terutama masyarakat dengan mobilitas yang tinggi.

E. LUARAN YANG DIHARAPKAN Luaran yang diharapkan dari program ini adalah terciptanya suatu alat pengisi daya baterai Handphone super cepat yang dapat menyingkat waktu pengisian daya baterai Handphone sehingga dapat menunjang mobilitas masyarakat terutama masyarakat dengan mobilitas yang tinggi.

F. KEGUNAAN PROGRAM Beberapa kegunaan yang didapat dari program ini, antara lain : 1. Bagi Mahasiswa dan Masyarakat Umum Dengan alat pengisi daya baterai Handphone super cepat ini, mahasiswa maupun masyarakat umum dapat terbantu dalam

pekerjaannya sehari-hari dan tidak terganggu komunikasinya karena boros waktu dalam mengisi daya baterai.

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

5

2. Bagi Industri Telepon Seluler Mungkin alat ini bisa menjadi inspirasi untuk menciptakan suatu alat pengisi daya baterai Handphone yang lebih canggih dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat umum.

G. TINJAUAN PUSTAKA 1. Definisi Hardware dan Software Hardware (Perangkat Keras) yaitu peralatan atau perangkat yang dapat dilihat dan disentuh serta dirasakan dengan sentuhan tangan. Dengan kata lain seluruh bagian yang terdapat pada perangkat elektronika baik dari mulai computer, telepon seluler atu perangkat elektronika lainnya yang akan selalu dijumpai yang namanya hardware. Dalam persiapan untuk memperbaiki atau mereparasi pesawat telepon seluler. Cara kerja dari hardware ini sangat tergantung pada software, karena perintah yang dijalankan berdasarkan atas perintah software. Software (Perangkat Lunak) yaitu sesuatu yang dapat dilihat atau didengar tetapi tidak dapat dipegang atau diraba, tergantung posisi atau tempat dimana software itu sendiri berada. Sebagai gambarannya, software dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok atau bentuk seperti tampilan atau gambar yang dapat kita lihat pada layar monitor atau LCD dan berupa suara yang keluar maupn suara yang masuk.

2. Baterai Baterai merupakan peralatn penting pada handphone. Baterai menyimpan energi yang diterimanya dan digunakan sebagai sumber tenaga bagi handphone. Baterai yang digunakan handphone adalah bateri jenis sekunder yaitu baterai yang dapat diisi dan dikosongkan berulang-ulang. Hal-hal yang mendapat perhatian dari baterai ini adalah :

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

6

a. Kapasitas Satuan kapasitas suatu baterai adalah Ampere Jam (Ah). Biasanya informasi ini terdapat pada label suatu baterai, misalnya suatu baterai dengan kapasitas 100 Ah akan penuh terisi dengan arus 1 Ampere selama (100) jam. Waktu pengisian ini ditandai dengan kode K100 atau C100 pada temperatur 25ºC. Umumnya arus pengisian yang diijinkan maksimum dari

kapasitasnya. Oleh karena itu waktu pengisian yang baik tidak kurang dari 10 jam dan dalam kenyataannya dengan waktu tersebut pengisian baru mencapai 80% (Drs. Karmon Sigalingging, 1990). b. Kepadatan energy Pada pemakaian tertentu, kepadatan energi sangat penting. Nilaianya terletak pada 30 Wh/Kg untuk C10 dan temperatur 25ºC. c. Penerimaan arus pengisian yang kecil Baterai harus dapat diisi dengan arus pengisian yang agak kecil (pada cuaca buruk sekalipun) sehingga tidak ada energi surya yang terbuang begitu saja. d. Efesiensi Ah (hAh) Baterai menyimpan dengan jumlah AmpereJam, dengan suatu efesiensi Ah (hAh) dibawah 100%. Efesiensi ini disebut juga dengan istilah efesiensi “Coulombscher”. e. Efesiensi Wh (hWh) Efesiensi Wh adalah perbandingan energi yang ada dan yang dapat dikeluarkan. Efesiensi Wh selalu lebih rendah dari Ah dan biasanya 80%.

3. Jenis-Jenis Baterai Berbagai jenis baterai menurut bahan bakunya kini ada dipasaran, namun untuk kesempatan kali ini hanya akan disampaikan 3 jenis saja. 3 jenis baterai ini adalah yang paling banyak dipakai dipasaran yaitu

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

7

baterai Nickel-Cadmium (Ni-Cd), Nickel Metal-Hydride (Ni-MH), dan Lithium-Ion (Li-Ion). a. Baterai Nickel-Cadmium (Ni-Cd) NI CD: paling CD sel Ni akan dengan mudah memaklumi satu didukung menagih arus dari c / 10 (1 / 10 sel satu hr memberi peringkat) dengan tak terbatas dengan tidak ada kerusakan ke sel. Dengan cara demikian, satu khas menyetrum kembali waktu akan 12 jam. Beberapa ketinggian memberi peringkat sel Cd Ni (yaitu dioptimalkan untuk sangat cepat menagih) dapat maklumi tetesan berkepanjangan menagih arus setinggi c / 3. Menerapkan c / 3 akan mengijinkan sepenuhnya charging baterai pada tentang 4 jam. Kemampuan untuk dengan mudah menagih satu baterai Cd Ni di kurang dari 6 jam tanpa apapun akhir dari -menagih cara pelacakan adalah alasan primer mereka mendominasi produk konsumen murah (anak-anakan seperti itu, lampu senter, besi patri). Satu sirkuit beban tetesan dapat dibuat mempergunakan satu dadu tembok murah sebagai DC cari sumber, dan satu penghambat kekuatan tunggal untuk membatasi saat ini. b. Baterai Nickel Metal-Hydride (Ni-MH) NI MH: Sel Ni MH adalah bukan sebagai bersikap toleran dengan didukung menagih: selamat maksimum tetes menagih rate akan ditetapkan oleh pabrikan, dan akan mungkin menjadi di suatu tempat di antara c / 40 dan c / 10. Kalau berkepanjangan menagih adalah dipergunakan dengan Ni MH (tanpa akhir dari beban penghentian), kekhawatiran harus diambil tidak untuk melebihi tetesan ditetapkan yang maksimum menagih rate. c. Baterai Lithium-Ion (Li-Ion) Baterai Li-ion adalah baterai yang unik, karena baterai ini dicharge dari suatu sumber tegangan yang konstan dan arusnya terbatas. Suatu tegangan konstan ( C-V) Arus Sumber Penyerang/ penuntut ke dalam baterei dalam percobaan untuk memaksa voltase baterei

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

8

yang atas [bagi/kepada] suatu pre-set nilai ( [yang] pada umumnya dikenal sebagai set-point voltase atau voltase yang di-set). Sekali ketika voltase ini dicapai, penyerang/ penuntut akan sumber hanya cukup sekarang untuk [memegang/menjaga] voltase baterei pada tegangan konstan ini ( karenanya, alasan [itu] [disebut/dipanggil] tetap voltase [yang] membebankan). Sekarang, Li-Ion Pabrikan Sel yang utama merekomendasikan 4.200+/- 50 mV [sebagai/ketika] yang ideal voltase titik yang di-set, dan 1c ( suatu membebankan tingkat tarip sekarang sepadan dengan A-Hr [itu] [yang] menilai sel) [sebagai/ketika/sebab] yang maksimum membebankan

sekarang yang dapat digunakan. Ketelitian pada [atas] voltase titik yang di-set adalah kritis: jika voltase ini terlalu tinggi, banyaknya [menuntut/tugaskan] siklus baterei dapat melengkapi;menyudahi dikurangi (hidup baterei yang dipendekkan). Jika volt-

[umur/zaman] terlalu rendah, sel tidak akan secara penuh dibebankan. Suatu profil [beban/ tugas] khas untuk suatu Li-Ion Sel yang menggunakan 1c membebankan tegangan konstan

ditunjukkan oleh grafik dibawah ini.

Gambar 1. Grafik pengisian daya tegangan konstan

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

9

Tegangan konstan yang membebankan siklus adalah dibagi menjadi dua segmen terpisah: Batas yang sekarang ( kadangkadang [memanggil/hubungi] arus tetap) tahap membebankan adalah [di mana/jika] yang maksimum membebankan sekarang sedang mengalir ke dalam baterei, sebab voltase baterei adalah di bawah titik yang di-set [itu]. Pikiran sehat Penyerang/ penuntut [yang] ini dan sumber yang maksimum sekarang untuk mencoba untuk memaksa voltase baterei [itu] atas. Sepanjang tahap batas yang sekarang, penyerang/ penuntut harus membatasi yang sekarang kepada yang maksimum yang diijinkan oleh pabrikan ( 1c yang dinyatakan sebagai di sini) untuk mencegah merusakkan baterei [itu]. Sekitar 65% tentang total [beban/ tugas] dikirimkan kepada baterei sepanjang tahap batas yang sekarang

membebankan. Mengumpamakan suatu 1c yang membebankan sekarang, [itu] mengikuti bahwa . ini bagian siklus [beban/ tugas] akan memerlukan banyak waktu suatu [yang] maksimum sekitar 40 beberapa menit. Bagian Tegangan konstan siklus [beban/ tugas] mulai ketika voltase baterei yang dirasakan oleh penyerang/ penuntut menjangkau 4.20V. Dalam posisi ini, penyerang/ penuntut mengurangi yang membebankan [itu] arus

[sebagai/ketika] diperlukan untuk [memegang/menjaga] voltase yang dirasakan yang tetap pada 4.2V, menghasilkan suatu sekarang bentuk gelombang yang adalah shaped suka suatu pelapukan eksponensial. Secara konstan mengurangi arus [beban/ tugas] sepanjang tahap tegangan konstan adalah memberi alasan [bahwa/yang] LiIon Waktu [Beban/ tugas] hampir dua jam, sungguhpun suatu 1c ( maksimum) membebankan sekarang digunakan ( [alat/ makna] ini yang mengirimkan yang akhir 35% tentang [beban/ tugas] mengambil sekitar dua kali sepanjang yang pertama 65%). Untuk memahami mengapa ini adalah benar, [itu] harus diingat bahwa

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

10

tiap-tiap sel riil berisi suatu RSE internal ( Pembalasan Rangkaian Padanan), dan voltase [bahwa/yang] pikiran sehat penyerang/ penuntut ke seberang baterei dipengaruhi oleh RSE ( lihat Gambar 2). Voltase mengukur di terminal baterei adalah pen;jumlahan penurunan-voltase ke seberang RSE dan voltase sel. Baterei tidaklah secara penuh dibebankan sampai volt sel- [umur/zaman] adalah 4.2V dengan hanya suatu arus menit yang mengalir ke dalam itu ( [alat/ makna] tetesan yang (mana) ke seberang RSE yang internal adalah sepele, dan voltase sel yang nyata adalah 4.2V). Sepanjang 1c arus membatasi tahap [beban/ tugas], baterei menjangkau 4.2V dengan hanya sekitar 65% tentang kapasitas [beban/ tugas] [mengirim/bawa], dalam kaitan dengan penurunanvoltase ke seberang RSE [itu]. Penyerang/ penuntut harus kemudian mengurangi [itu] membebankan sekarang untuk mencegah melebihi 4.2V batas [itu], yang menghasilkan di (dalam) sekarang yang menurun seperti ditunjukkan gambar dibawah ini.

Gambar 2. Rangkaian Equivalent Baterai

4. Pengisi Daya (Charger) Baterai System pengisian daya baterai dibagi menjadi 2 macam, yaitu : pengisian cepat dan pengisian lambat. a. Slow Charging (Pengisian Lambat) Pengisian lambat artinya baterai dapat terisi penuh dalam waktu yang cukup lama bahkan sampai satu malam. Melambat beban biasanya terdefinisi sebagai satu menagih arus yang dapat berlaku

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

11

bagi baterai dengan tak terbatas tanpa merusakkan sel (cara ini sering menjadi dikenal sebagai satu tetesan menagih ). Rate maksimum dari tetesan menagih yang selamat untuk satu jenis sel tertentu adalah bergantung pada berdua ilmu kimia baterai dan konstruksi sel. Ketika sel sepenuhnya tertagih, continued menagih lantaran menggas bentuk pada sel. Semua gas yang membentuk harus mampu untuk kombinasi ulang secara internal, atau desakan akan membangun pada sel padahal memimpin untuk gas lepaskan melalui pembukaan dari lubang angin internal (kurangi yang hidup dari sel). Ini memaksudkan bahwa selamat maksimum menetes rate beban adalah bergantung pada baterai chemis - percobaan, tapi juga pada konstruksi dari electroda internal. Ini telah ditingkatkan di sel lebih baru, mengijinkan kecepatan-angka lebih tinggi dari tetesan menagih. Keuntungan besar dari perlahan-lahan menagih adalah tersebut (menurut definisi) ini adalah rate beban tersebut jangan perlukan akhir dari beban untaian pelacakan, sejak ini tidak dapat merusakkan baterai dengan tanpa melihat berapa lama ini dipergunakan. Berarti ini tukang pungut adalah sederhana (dan sangat murah). Kerugian besar dari beban perlahan-lahan adalah yang ini mengambil lama waktu untuk menyetrum kembali baterai, yaitu satu fitur pemasaran negatif untuk satu produk konsumen. b. Fast Charging (Pengisian Cepat) Pengisian cepat artinya baterai dapat terisi penuh dalam waktu yang cepat, dalam waktu 1 sampai 2 jam. Tuntut cepat Ni Cd dan Ni MH biasanya terdefinisi sebagai satu 1 jam menyetrum kembali waktu, yang sesuai dengan satu rate beban dari sekitar 1.2c. Mayoritas luas dari aplikasi dimana CD Ni dan Ni MH dipergunakan tidak melebihi rate ini dari beban. Ini penting untuk mencatat bahwa cepat menagih dapat hanya menjadi selesai dengan aman kalau suhu sel adalah pada 10 - 40 ° C, dan 25 ° C secara khas optimal yang dipertimbangkan untuk menagih. Cepat menagih

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

12

di suhu lebih rendah (10 - 20 ° C ) harus dilakukan sangat dengan cermat, sebagai desakan pada satu dingin sel akan buntang lebih dengan cepat selama menagih, yang yang dapat menyebabkan sel untuk melepaskan gas melalui sel desakan internal lepaskan (pendekkan yang hidup dari baterai). Reaksi kimia terjadi pada Ni Cd dan baterai Ni MH selama beban sangat berbeda: Reaksi beban Cd Ni adalah endotermis (memaksudkan ini membuat sel

memperoleh pendingin), sementara Ni MH menagih reaksi adalah eksotermik (perbuatan ini sel panaskan). Kepentingan dari perbedaan ini adalah bahwa ini kemungkinan untuk dengan aman memaksa sangat tinggi kecepatan-angka untuk menagih arus ke dalam satu sel Cd Ni, sepanjang ini bukan dijual amat mahal. Faktor yang membatasi selamat maksimum arus menagih untuk Ni Cd adalah internal impedans dari sel, seperti kekuatan lantaran ini diusir oleh p = I2R. Internal impedans biasanya sangat rendah untuk Ni Cd, ketinggian karenanya menagih kecepatan-angka adalah kemungkinan. Terdapat beberapa ketinggian memberi peringkat sel Cd Ni yang dioptimalkan untuk sangat cepat menagih, dan dapat memaklumi kecepatan-angka beban dari sampai 5c (mengijinkan satu waktu beban cepat dari sekitar 15 menit). Produk yang segera mempergunakan ini beban teramat sangat cepat perancangan adalah alat tanpa ikat, dimana satu 1 jam menyetrum kembali waktu adalah terlalu lama praktis.Sifat alami eksotermik dari Ni MH menagih reaksi membatasi maksimum menagih anjing geladak - sewa itu dapat dengan aman menjadi terpakai, sebagai naik suhu sel harus terbatas. Sekarang, tidak ada pembuat dari baterai Ni MH yang merekomendasikan penerimaan arus lebih cepat dibandingkan 1.2c (dan kesempatan dari itu perubahan bukan sangat baik).

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

13

5. Pengisi Daya (Charger) Baterai NI-CD dan NI-MH Ni Cd dan baterai Ni MH menyajikan satu ambil resiko pengguna kalau mereka berpuasa tertagih untuk satu panjang berlebihan dari waktu (subjected ke penjualan terlalu mahal keterlaluan). Ketika baterai menjangkau beban penuh, daya disediakan ke baterai adalah tidak ada lebih panjang dikonsumsi pada reaksi beban, dan harus diusir seperti panas diantara sel. Hasil ini pada satu sangat tajam banyak di keduanya sel suhu dan internal pra-pasti kalau arus ketinggian menagih berlanjut. Sel mengandung satu desakan mengaktifkan lubang angin yang yang harus membuka kalau desakan memperoleh juga hebat, mengijinkan pelepasan dari gas (ini rugikan ke sel, sebagai gas yang kehilangan tidak pernah dapat digantikan). Pada kasus dari Ni Cd, gas yang dilepaskan adalah oksigen. Untuk Ni MH sel, gas yang dilepaskan akan hidrogen, yang yang akan membakar dengan kasar kalau nyala. Satu sungguh menjual amat mahal sel dapat letus kalau lubang angin tidak berhasil membuka (sehubungan dengan

pembusukan dengan umur atau kakisan dari kebocoran kimia). Untuk alasan ini, baterai tidak pernah boleh jadilah menjual amat mahal hingga melepaskan terjadi. Di nanti bagian, keterangan disajikan yang yang akan memperbolehkan perancang untuk mendeteksi penuh beban dan mengakhiri arus tinggi menagih siklus sangat itu penjualan terlalu mahal keterlaluan tidak akan terjadi. Ni Cd dan Ni MH ditagih dari satu sumber arus telah tetap tukang pungut, siapa anjing geladak spesifikasi sewa bergantung kepada satu peringkat hr dari sel. Antara lain, satu baterai khas untuk satu ukuran penuh camcorder akan satu 12V / 2.2A hr Ni Cd pak baterai. Satu menyetrum kembali waktu dari 1 jam memerlukan satu arus beban dari sekitar 1.2c, yang adalah 2.6A untuk baterai ini. Satu cara hemat biaya untuk mendisain satu sumber arus untuk aplikasi ini akan untuk pergunakan satu AC DC membuat dinding dadu untuk menyediakan satu tegangan listrik DC ke satu konverter tombol yang disetel sampai mengoperasikan sebagai satu

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

14

sumber arus telah tetap. Gambarkan 1 pertunjukan satu diagram bagan dari satu sirkuit yang yang akan berpuasa beban satu 12V Ni Cd atau Baterai Ni MH pada 2.6A dan beban tetesan ini ketika konverter ditutup. Catat bahwa kemacetan satu harus dimiliki sirkuit pin sangat itu akhir dari beban pelacakan circuit (s ) dapat berakhir beban cepat mendaur ketika baterai kenyang (LM2576 YANG punya satu kekuatan rendah kemacetan pin membangun di). Satu rasa suhu akhir dari tagih pelacakan mengitari pantas untuk mempergunakan dengan tukang pungut ini akan diperinci kemudian di kertas ini. LM2576 adalah satu lawan (step-down) regulator perangkaian, dipergunakan sebagai satu arus telah tetap sumber mulai 2.6A. Ini menyediakan efisiensi

konversi kekuatan baik (kesana-sini 80%) dan oper - dimakan dari satu tegangan listrik input lebar tempat latihan. Satu balik pengulangan umpan arus telah tetap didirikan dengan menggenggam tegangan listrik pada Umpan Balik pin dari LM2576 pada 1.23V.

Gambar 3. Pengisi Daya Baterai NI-CD dan NI-MH

op amp memperkuat suara anjlok tegangan ke seberang 50 m W rasakan penghambat (dengan satu keuntungan dari 9.2 ) yang mengunci simpal pada nilai untuk menagih arus yang menyebabkan keluaran dari op amp 1.23V. Penghambat RTR diliputi untuk

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

15

menyediakan satu "tetes beban" saat ini ketika LM2576 adalah dipadamkan. Aliran saat ini melalui penghambat ini kapan saja

tegangan listrik input hadir nilai dari penghambat ini harus dihitung berlandaskan tetesan bisa diijinkan yang maksimum tagih saat ini untuk baterai terpilih (penyamaan memperlihatkan di gambar 3). Arus menagih penjumlahan selama berpuasa beban adalah penjumlahan dari arus berasal dari LM2576 (kesana-sini 2.6A) dan arus beban tetesan disediakan oleh RTR penghambat.

6. Pengisi Daya (Charger) Baterai Li-ion Selagi suatu maksimum membebankan untuk sekarang 1c dipertimbangkan untuk Li-Ion, membebankan pada suatu tingkat tarip lebih rendah adalah juga mungkin ( dengan suatu waktu [beban/ tugas] [yang] lebih panjang). Contoh Disain sebelum pertunjukan [yang] berikutnya sented [adalah] suatu solusi sederhana untuk Li-Ion [yang] tunggal membebankan lambat Sel. Gambar 4 pertunjukan yang menurut bagan untuk suatu penyerang/penuntut baterei yang telah dirancang untuk menyetrum kembali Li [itu] Baterei Ion di (dalam) suatu stereo jinjing. Spesifikasi Pelanggan untuk penyerang/ penuntut adalah 150 mA ( minimum) membebankan sekarang di (dalam) current-limit gaya [beban/tugas], dan suatu voltase menetapkan titik 4.200V+/- 0.025V di (dalam) tegangan konstan [menuntut/tugaskan] gaya. Suatu LP2951 pengatur telah terpilih sebab [itu] mempunyai suatu voltase keluaran yang adalah [yang] sangat stabil (di) atas temperatur. Juga, LP2951 mempunyai built-in pembatasan arus yang mencegah keluaran [itu] arus dari kelebihan 160 mA ( khas), dan [part;bagian] secara penuh dilindungi dengan yang berkenaan dengan panas shutdown dan perlindungan angker hubung singkat. LP2951 diset untuk suatu voltase keluaran 4.20V yang menggunakan resistor menunjukkan ( trimpot diperlukan oleh karena spesifikasi toleransi yang ketat). Ketika voltase baterei di bawah 4.2V, LP2951 akan

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

16

sumber yang maksimum sekarang ( typi-[yang] cally 160 mA) dalam percobaan untuk memaksa voltase baterei [itu] yang atas ke 4.2V ( ini adalah yang sekarang tahap batas [beban/ tugas] beredar). Sekali ketika baterei menjangkau 4.2V, LP2951 akan memotong punggung membebankan sekarang seperti diperlukan untuk [memegang/menjaga] voltase baterei [itu] pada 4.2V ( ini adalah bagian tegangan konstan siklus [beban/ tugas]). Nilai-Nilai Resistor yang besar menggunakan disain ini adalah diperlukan untuk [menyimpan/pelihara] [itu] "OFF" sekarang saluran di bawah 2mA, dan suatu 330pF kapasitor diperlukan untuk mencegah ketidakstabilan dalam kaitan dengan suara gaduh pada high-impedance [tangkai pohon/bengkak urat] umpan balik. Suatu dioda ganjalan digunakan di keluaran LP2951 untuk mencegah arus baterei dari mengalir kembali ke LP2951 keluaran [itu] meletakkan/ dipindahkan. menjepit jika sumber [kuasa/ tenaga] masukan

Gambar 4. Pengisi Daya Baterai Li-ion

H. METODE PELAKSANAAN PROGRAM 1. Variabel dalam Penelitian Dalam penelitian ini penggunaan variabel penelitian dibutuhkan untuk mencari unjuk kerja dari rangkaian pengisi daya (charger) Handphone. Adapun Variabel bebas (1) rangkaian pengisi daya

(charger) Handphone (3) telepon seluler sedangkan variable terikat (1)

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

17

banyak komponen yang digunakan (2) kompeksnya variasi telepon seluler. 2. Model yang Digunakan Penelitian ini menggunakan model penelitian kuantitatif

eksperimen yang artinya bahwa peneliti terjun langsung untuk menganalisa dan membuat rangkaian pengisi daya (charger) Handphone. Hal tersebut didasarkan pada data-data yang disajikan bersifat empiris dan terukur. 3. Perencanaan/Planning/Desain sistem Pada tahap ini adalah merencanakan rangkaian pengisi daya (charger) Handphone super cepat dengan referensi dari tinjauan pustaka dan referensi contoh rangkaian pengisi daya (charger) Handphone. 4. Teknik Pengumpulan Data dan Analisis Data Pada tahap ini adalah mengumpulkan data dari referensi tinjauan pustaka dan referensi contoh rangkaian pengisi daya (charger) Handphone. 5. Testing/Pengujian Rangkaian a. Unit Testing Menguji rangkaian pengisi daya (charger) Handphone. b. Integration Testing Menguji integrasi yang dilakukan kepada rangkaian pengisi daya (charger) Handphone super cepat dengan perangkat telepon seluler. c. Validation Testing Menguji validasi rangkaian pengisi daya (charger) Handphone super cepat dalam mengisi daya baterai Handphone. d. Sistem Testing Pada tahap ini menguji permorma dari rangkaian pengisi daya (charger) Handphone super cepat dalam mengisi daya baterai Handphone.

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

18

e. Operasional dan Maintenance Pada tahap ini mencari metode atau cara untuk memperbaiki rangkaian pengisi daya (charger) Handphone bila terjadi trouble pada rangkaian tersebut. 6. Penyimpulan Hasil Penelitian. Penyimpulan hasil perancangann rangkaian dapat diketahui dari hasil pengumpulan data. Setelah data terkumpul sesuai dengan kuantitas maka selanjutnya rangkaian dapat dicoba untuk mengetahui nilai fungsionalitas, fleksibilitas serta nilai ekonomis.

I. JADWAL KEGIATAN PROGRAM
No. Kegiatan Pencarian gagasan dan pengajuan proposal Planning dan persiapan Persiapan instrumen penelitian Menelaah ide/ berhipotesis/ memprediksi Pelaksanaan penelitian Analisa dan pengumpulan data Penulisan laporan Konsultasi dan revisi Pengumpulan laporan penelitian Presentasi Bulan Ke-1 1 2 3 4 Waktu Bulan Ke-2 Bulan Ke-3 1 2 3 4 1 2 3 4 Bulan Ke-4 1 2 3 4

1 2

3

4

5 6 7 8 9 10

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

19

J. NAMA DAN BIODATA KETUA SERTA ANGGOTA KELOMPOK 1. Ketua Pelaksana Kegiatan a. Nama Lengkap b. NIM c. Fakultas/Jurusan d. Perguruan Tinggi e. Alamat Rumah f. No Telp/HP g. Waktu untuk kegiatan PKM 2. Anggota Pelaksana a. Nama Lengkap b. NIM c. Fakultas/Jurusan d. Perguruan Tinggi e. Alamat Rumah f. No Telp/HP g. Waktu untuk kegiatan PKM 3. Anggota Pelaksana a. b. c. d. e. f. g. Nama Lengkap NIM Fakultas/Jurusan Perguruan Tinggi Alamat Rumah No Telp/HP Waktu untuk kegiatan PKM : Hery Kiswanto : 08502244008 : FT/Pend. Tek. Elektronika : Universitas Negeri Yogyakarta : Sapen CT XI/76A Sleman : 08975837817 : 4 bulan : Muhammad Arif Wibawa : 08502244002 : FT/Pend. Tek. Elektronika : Universitas Negeri Yogyakarta : Krapyak wetan, sewon, bantul. : 081568457957 : 4 bulan : Agus Ariadi : 08502244004 : FT/Pend. Tek. Elektronika : Universitas Negeri Yogyakarta : Karang Malang E2 : 08995082362 : 4 bulan

K. NAMA DAN BIODATA DOSEN PENDAMPING 1. Nama Lengkap dan Gelar 2. Golongan Pangkat dan NIP 3. Jabatan Fungsional 4. Jabatan Struktural 5. Fakultas/Jurusan 6. Perguruan Tinggi 7. Bidang Keahlian 8. Waktu untuk kegiatan PKM : Pramudi Utomo, M.Si : 196008251986011001 : Pembantu Dekan III FT UNY : Pembantu Dekan III FT UNY : FT/Pend. Tek. Elektronika : Universitas Negeri Yogyakarta : Teknik Elektronika : 4 bulan

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

20

L. RANCANGAN BIAYA 1. Biaya bahan habis pakai No. 1 2 3 4 5 6 Nama barang Kertas A4 Bolpoin Tipe X Mika Lakban Tinta Printer Spesifikasi/merek GOLD Standard Kenko Kenko Super Ink Total 1 Satuan 1 rim 2 buah 1 buah 2 lembar 1 roll 2 set Harga Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp 33.000 2.000 3.000 4.000 5.000 50.000 97.000

2. Biaya Operasianal Proyek pembuatan charger No. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Komponen Charger handphone Komponen elektronika Solder listrik Tenol/Timah Penyedot Timah Multimeter Obeng Tang Bor listrik Cutter Total 2 Banyaknya 1 buah 1 ser 1 bulan 1 rol 1 buah 1 buah 1 set 1 buah 1 buah 1 buah Jumlah harga Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp 25.000 39.500 14.000 20.000 10.500 50.000 50.000 5.000 57.000 5.500 276.500

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

21

3. Honorarium, transportasi dan telekomunikasi No. 1 2 3 4 Kebutuhan Dosen pembimbing Peneliti 3 orang @50.000 Transportasi Telekomunikasi Total 3 Honor/bulan Rp 60.000 Rp 150.000 ∑ bulan 3 3 Jumlah Rp 180.000 Rp 450.000 Rp 150.000 Rp 100.000 Rp 880.000

4. Publikasi dan seminar No. 1 2 3 4 Kebutuhan Publikasi Penggandaan proposal 4exp Penggandaan laporan 4exp Seminar proposal Total 4 Rp Rp Rp Rp Rp Jumlah 40.000 80.000 80.000 200.000 400.000

5. Biaya lain-lain Obat P3K dan Antisipasi kegagalan No. 1 2 Obat P3K Antisipasi kegagalan rangkaian Total 5 Kebutuhan Rp Rp Rp Jumlah 20.000 30.000 50.000

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

22

Total biaya pelaksanaan pembuatan rangkaian pengisi daya baterai adalah Total 1 Total 2 Total 3 Total 4 Total 5 Rp 97.000

Rp 276.500 Rp 880.000 Rp 400.000 Rp 50.000

====================== + Total Rp 1.703.500

Terbilang : Satu Juta Tujuh Ratus Tiga Ribu lima Ratus Rupiah

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

23

DAFTAR PUSTAKA

Chester Simpson. Nasional Semiconductor. Darmoyo. 2007. Skripsi PENSTABIL FLUKTUASI TEGANGAN CHARGER HANDPHONE TENAGA SURYA. Pend. Tek Elektro. Fakultas Teknik UNNES http://electronicdesign.com/cloud.aspx?tag=SmartBatteryCharger (diakses Jumat, 25 Desember 2009. Pukul 7.17 PM). http://ari027.blogspot.com/2009/10/kumpulan-rangkaian-terapan elektronika.html (diakses Senin, 21 Desember 2009. Pukul 12.29 PM). http://www.caripdf.com/get.php (diakses Jumat, 25 Desember 2009. Pukul 7.05 PM). http://skema-elektronik.blogspot.com/search/label/battery%20charger (diakses Senin, 21 Desember 2009. Pukul 12.27 PM). Huda, Yasdinul. 2008. Membedah Komponen Telepon Seluler. Padang: Teknik Elektronika FT UNP. Moch. Choirul Anam. MODUL ELEKTRONIKA. SMP NEGERI 1 PASURUAN Murti, Krisna. 2004. Charger Hand Phone Menggunakan USB Port, Solusi Praktis Orang yang Bekerja di Depan Komputer. ITB News

Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->