P. 1
SOAL Panjang Garis Singgung

SOAL Panjang Garis Singgung

|Views: 569|Likes:
Published by Agung Syifanstatic

More info:

Published by: Agung Syifanstatic on Mar 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/04/2013

pdf

text

original

Materi Kelas VIII SMP 1. Tentukan hasil dari (2a + b)(2a – b) !

6x 2 + x − 2 ! 4x 2 −1 2x2 + x − 6 3. Tentukan bentuk sederhana dari ! 4x2 − 9

2. Tentukan bentuk sederhana dari

4. Diketahui rumus fungsi f (x) = 2x + 5. Jika f (a) = 11, berapakah nilai a ? 5. Penyelesaian dari SPLDV 3x – 2y = 7 dan 2x + y = 14 adalah x dan y. Hitunglah nilai – 2x + 3y! 6. Tentukan persamaan garis yang melalui titik (– 3, 2) dan tegak lurus dengan garis yang melalui titik (5, – 3) dan (1, – 1) ! 7. Sebuah ban mobil memiliki panjang jari-jari 30 cm. Ketika mobil tersebut berjalan, ban mobil tersebut berputar sebanyak 100 kali. Tentukan jarak yang ditempuh mobil tersebut ! 8. Perhatikan lingkaran pada gambar berikut. Jika jari-jari lingkaran besar adalah 14 cm, maka hitunglah keliling dan luas daerah yang diarsir ! 9. Perhatikan lingkaran pada gambar berikut . Jika luas juring AOB adalah 50 cm2, tentukan: luas juring BOC!

10.Perhatikan gambar di bawah ini!

Jika titik O adalah titik pusat lingkaran hitunglah besar sudut AOB! 11.Perhatikan lingkaran pada gambar berikut. Jika besar ∠BOC = 108o dan besar ∠ AOD = 80o maka tentukan: Besar ∠ BEC !

12.Perhatikan gambar berikut!

Garis AOB adalah garis tengah atau diameter lingkaran dengan titik pusat O. Jika besar ∠ABC = 63o dan besar ∠ABD = 49o, berapakah besar ∠CAD? 13.Perhatikan gambar di bawah ini!

Jika besar ∠ABD = 60o dan ∠BAD = 40o, maka hitunglah besar ∠BDC, ∠ACD dan ∠DPC!

14.Perhatikan gambar berikut!

Tentukanlah besar ∠ BED! 15.Perhatikan gambar di bawah ini!

Jika besar ∠ BOD = 20o, ∠APC = 40o, tentukanlah besar ∠AOC dan ∠ATC!

16.Perhatikan lingkaran pada gambar berikut. Jika diketahui besar sudut pusat AOD sama dengan 94o dan besar sudut pusat BOC sama dengan 40o , tentukan besar sudut AED !

17. Perhatikan gambar di bawah ini! Jika jari-jari lingkaran adalah 12 cm dan titik T berada di luar lingkaran dengan OT = 20 cm, dari titik T dibuat kedua garis singgungnya. Hitunglah panjang garis singgung, jarak antara titik singgung dan luas layang-layang garis singgung! 18. Enam buah pipa diikat oleh seutas tali. Diameter pipa sama dengan 6 cm. Hitunglah panjang tali minimal yang dibutuhkan untuk mengikat pipa-pipa tersebut!

19. Dua buah pipa yang berpusat di A dan B berurutan radiusnya ra = 9 cm dan rb = 4 cm dan menyinggung lantai. Pipa yang berpusat di C menyinggung pipa-pipa yang lain dan lantai. Carilah diameter pipa yang berpusat di C!

20. Diketahui jarak titik pusat dua lingkarang adalah 37 cm dan panjang garis singgung persekutuan luarnya = 35 cm. Jika panjang jari-jari lingkaran besar adalah 21 cm, tentukan panjang jari-jari yang lainnya! 21. Pada gambar di bawah ini, jika panjang AB = 39 cm, PQ = 36 cm dan panjang AP = 7 cm lebihnya dari BQ, hitunglah panjang jari-jari lingkaran B!

22. Jika panjang PQ = 6 cm dan PR = 8 cm, maka tentukan panjang jari-jari lingkaran dalam ∆PQR!

23. Jika diketahui ∆ABC berada di dalam lingkaran dengan panjang AB = 20 cm, BC = 34 cm dan AC = 42 cm, maka hitunglah panjang jari-jari lingkaran luarnya serta tentukan luas daerah di luar segitiga tersebut! 24. Hitunglah panjang tali minimal untuk mengikat 3 buah pipa identik yang diameternya 21 cm secara horizontal!

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->