P. 1
baruuuuuu

baruuuuuu

|Views: 293|Likes:
Published by zhurigminori

More info:

Published by: zhurigminori on Mar 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/23/2013

pdf

text

original

UPAYA MANAJER DALAM MENGATASI MASALAH KEUANGAN PERUSAHAAN

MAKALAH

Diajukan untuk memenuhi tugas individu dalam mata kuliah Bahasa Indonesia di jurusan manajemen Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis

Disusun oleh: Ria Nursukmawati NIM 0900969

JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS PENDIDIKAN EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG 2009

KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya kepada penyusun dalam menyelesaikan makalah ini. Shalawat dan salam penyusun panjatkan kepada junjungan kita nabi muhammad SAW, keluarga, sahabat, beserta umatnya, agar senantiasa selalu mendapatkan lindungan dan karuniaNya. Penyusunan makalah yang berjudul ³UPAYA MANAJER DALAM MENGATASI MASALAH KEUANGAN PERUSAHAAN´ Ini disusun sebagai salah satu tugas dari mata kuliah bahasa Indonesia di UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA. Dalam penyusunan Makalah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak, baik yang berupa saran, petunjuk, ilmu pengetahuan, materi, dan lain sebagainya. Untuk itu kami menyampaikan rasa terimakasih yang tak terhingga kepada 1. Halimah, S.Pd, selaku dosen mata kuliah bahasa Indonesia 2. teman-teman yang telah turut membantu. Dalam penyusunan makalah ini penulis menyadari masih banyak sekali kekurangan yang banyak dimiliki, hal ini di karenakan kemampuan dan pengetahuan yang masih terbatas.

Oleh karena itu segala macam kritikan yang sifatnya banyak sekali dapat membangun, penyusun mengucapkan banyak terima kasih.

Bandung, Desember 2009

Penyusun

DAFTAR ISI Halaman KATA PENGANTAR ............................................... .............................. DAFTAR ISI .................................................................................. .......... ABSTRAK ....................................................... ......................................... BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang masalah ................................................................ B. Perumusan Masalah ...................................................................... C. Tujuan Penelitian .......................................................................... D. Metode Penelitian ......................................................................... E. Sistematika Penelitian ................................................................. .. BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Pengertian Manajemen .................................................................. B. Pengertia Manajemen Keuangan .................................................. C. Pengertian Manajer .......................................... ............................. BAB III PEMBAHASAN A. Pengambilan Keputusan Manajer ............................................... B. Masalah-Masalah yang sering timbul di perusahaan .................. C. Upaya Manajer Mengatasi Masalahnya .......................... ............

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan ..................................................................................... B. Saran ............................................................................................... DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN

ABSTRAK Sekarang ini banyak sekali permasalahan mengenai keuangan. Didalam suatu perusahaan pun pasti terjadi masalah keuangan. tetapi seorang pemimpin yang mengerti mengenai manajemen keuangan, akan segera mengatasi permasalahan keuangan yang sedang dihadapi perusahaannya Penelitian ini coba mengungkap tentang upaya manajer dalam mengatasi masalah keuangan perusahaan. Dan bagaimana sikap seorang pemimpin menyelesaikan permasalahan keuangan perusahaannya. Selain itu penelitian ini untuk megetahui hambatan apa saja yang dihadapi seorang pemimpin dalam sistem keuangan perusahaannya. karena seorang pemimpin yang baik adalah orang yang mampu mengatur segala sesuatu nya yang mengenai perusahaannya. Baik itu sumberdaya, maupun keuangan.
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam memperoleh data adalah dengan wawancara dan melakukan observasi pada objek penelitian. Selain itu penulis juga mengambil data berupa teori-teori yang mendukung dari internet dan buku.

Berdasarkan hasil penelitian, bahwa masalah-masalah yang muncul dalam suatu perusahaan adalah seorang manajer terlalu menekan, atau terlalu menuntut bawahan harus bekerja cepat dan teliti. Sehingga dengan tekanan tersebut sering terjadi permasalahan. Dan upaya manajer mengatasi permasalahan keuangan di suatu perusahaan adalah dengan mengurangi anggaran pengeluaran diperusahaan tersebut. Untuk meningkatkan lagi pendapatan yang didapat. Adapun saran yang diberikan penulis untuk meminimalisir masalah-masalah yang dihadapi seorang manajer adalah seorang manajer seharusnya lebih mendekatkan diri pada anggotanya, karena seorang manajer yang baik tidak merasa dirinya lebih baik dari orang lain. Manajer yang berhasil adalah seorang yang bisa menjadi sahabat, rekan kerja bagi bawahannya.

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah Masalah-masalah yang selalu dihadapi saat ini tidak pernah jauh dari permasalahan keuangan. Karena permasalahan keuangan adalah pusat dari setiap kegiatan, tidak terkecuali di sebuah perusahaan. Masalah keuangan pun sering terjadi di sebuah perusahaan. Tetapi jika di sebuah perusahaan tersebut mempunyai seorang manajer yang mengetahui tentang manajemen keuanagn yang baik, ia akan cepat menyelesaikan masalah keuangan perusahannya. Sekarang-sekarang ini, banyak sekali perusahaan, ataupun organisasi yang mengalami kebangkrutan. Dan saat ditanya permasalahan apa yang membuat perusahaan mereka bangkrut adalah permasalahan keuangan yang menimpa perusahaan tersebut tidak dapat diselesaikan oleh pemimpin perusahaan tersebut. Disini kita bisa melihat bahwa pemimpin perusahaan tersebut tidak bisa dikatakan seorang pemimpin yang benar. Karena pemimpin yang baik adalah orang yang mampu memimpin dan mengarahkan bawahannya untuk bekerja dengan baik. Dan seorang manajer yang profesional adalah orang yang bertanggung jawab atas perusahaan dan bawahannya. Jika perusahaannya mengalami masalah ia akna segera turun tangan dan apabila tidak terselesaikan juga ia akan tetap berusaha dan tidak meninggalkan perusahaan dan bawahannya terpuruk. Tapi justru ia akan merangkul kembali bawahannya yang sudah merasa tida bisa apa-apa lagi. Itulah

seorang manajer yang baik dimana saat bawahannya merasa tidak mampu lagi ia akan semakin kuat dan memberikan semangat pada bawahannya. Seperti yang dikatakan oleh Peter lepawsky (1979) ³manajer adalah pemimpin/pelatih disuatu team´. Dari kutipan diatas kita bisa menarik kesimpulan bahwa seorang pemimpin menentukan keberhasilan suatu perusahannya, apakah ia bisa menjalani kepemimpinannya dengan baik dan benar, dan mam pu bekerjasama dengan bawahanny atau tidak. Jika seorang pemimpin tidak mengerti mengenai manajemen keuangan, lalu bagaimana ia akan menyelesaikan permasalahan keuangan yang menimpa perusahaannya. jadi seorang manajer harus berkemampuan lebih dari yang lainnya, sehingga ia bisa menyelesaikan permasalahan yang menimpa

perusahannya, tapi ia juga menyadari bahwa ia tidak melebihi semua orang karena pada bidang tertentu akan ada yang ahli. Tetapi ia mampu mengintegrasi semuanya.

B. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang penulis kemukakan maka masalah yang akan diteliti adalah : 1. Apa yang menyebabkan suatu perusahaan mengalami masalah keuangan. 2. Masalah-masalah apa saja yang dialami manajer saat memimpin perusahaan 3. Terdapat Upaya yang besar dari seorang manajer dalam mengatasi permasalahan keuangan di perusahaannya.

C. Tujuan Penelitian Adapun tujuan dari makalah ini adalah : 1. Untuk mengetahui apa yang menyebabkan suartu perusahaan mengalami masalah keuangan. 2. Mengetahui masalah apa saja yang dihadapi manajer diperusahaan. 3. Mengetahui kesulitan dan hambatan yang dihadapi manajer dalam menjalankan tugasnya.

D. Metode Penelitian Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam memperoleh data adalah dengan wawancara dan melakukan observasi pada objek penelitian. Selain itu penulis juga mengambil data berupa teori-teori yang mendukung dari internet dan buku.

E.Sistematika Penulisan Secara rinci penelitian ini dibahas dengan sistematika sebagai berikut : Dimulai dari Bab I Pendahuluan, yang berisikan latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan. Bab II Tinjauan Pustaka, yang berisi mengenai dasar-dsar teori yang dipakai sebagai landasan dalam menunjang penelitian dan mendukung pemecahan permasalahan.

Bab III Pembahasan, menjelaskan secara rinci tentang permasalahan yang disebutkan dalam perumusan masalah dan alternatif pemecahan masalah. BAB IV Kesimpulan dan Saran, Bab ini berisi kesimpulan akhir dari analisa dan pembahasan pada bab-bab sebelumnya serta saran-saran dan rekomendasi penulis yang diharapkan bermanfaat bagi yang memerlukannya.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

A. Pengertian manajemen Dalam Encyclopedia Of penjelasan mengenai manajemen : 1. Manajemen adalah usaha untuk mendapatkan sesuatu melalui kegiatan orang lain, definisi ini lebih menekankan pada kerjasama. 2. Manajemen adalah sebagai seni dan sebagai ilmu di dalam definisi inimengakui kehadiran intuisi, kemauan subjektif didalam proses manajemen dan Professional Management (1987) beberapa

mementingkan perkembangan pengetahuan yang divertifikasi sebagai bahan acuan untuk pembuatan keputusan dan tindakan. 3. Manajemen adalah suatu lapangan akademis dan disiplin profesional. Dalam definisi ini menjelaskan tentang tubuh pengetahuan yang dapat diajarkan, yang dimasukan ke dalam kurikulum sekolah, perguruan tinggi dan lembaga-lembaga akademik, termasuk didalamnya kemungkinan-kemungkinan pengembangan manajemen sebagai profesi. 4. Manajemen adalah sebuah kata benda yang mempunyai arti majemuk, yang dipergunakan untuk menunjukan keseluruhan ruang lingkup daripada manajemen suatu organisasi. Dalam definisi ini istilahnya sangat baik dan menyenangkan untuk menggambarkan figur daripada manajer yang mewakili organisasi secara keseluruhan.

5. Manajemen adalah penampilan daripada fungsi-fungsi manajemen secara esensial yang diperuntukan bagi pencapaian keberhasilan organisasi. Dari ulasan diatas, apabila kita simak dengan cermat dan teliti dari kontek dan maksudnya Manajemen adalah segenap proses kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok manusia dalam suatu sistem dengan menggunakan bantuan segala sumberdaya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Manajemen di kukuhkan kedudukannya oleh F.W. Taylor sebagai suatu disiplin ilmu yang dapat dipelajari dan ia dewasa menjadi ilmu terapan (Applied science) atau yang lebih dikenal dalam dunia akademis deng an sebutan manajemen keilmuan (scientific management).

B . Pengertian manajemen keuangan Manajemen Keuangan adalah cara seseorang mengatur keuangannnya. Baik pendapatan maupun pengeluaran. Manajemen Keuangan adalah pusat dari ilmu Manajemen.

C . Pengertian Manajer Manajer adalah orang yang aktif dan bertanggung jawab dalam melakukan tugas-tugas manajemen untuk mencapai tujuan organisasi melalui penggunaan orang-orang, modal dean sumber-sumber daya lainnya. Manajer berfungsi dan berperan mengatur sumber-sumber daya tersebut seoptimal mungkin secara efektif dan efisien sehingga mencapai produktifitas dan

kepuasan bagi semua orang yang bekerjasama dengannya. Manajer dituntut untuk mengambil tindakan, mungkin untuk individu-individu, sehingga memberikan sumbangan terbaik kepada kelompok. Tugas dan tanggung jawab manajer adalah untuk mencapai tujuan organisasi melalui penggunaan sumber daya manusia, keuangan, bahan-bahan, informasi dan teknologi secara efektif dan efisien. Seorang manajer harus memiliki kemampuan manajerial atau karakteristik personal yang membantu tercapainya kinerja yang tinggi dalam tugas manajemen. Adapun karakteristik personal yang dibutuhkan seorang manajer adalah sebagai berikut : 1. Kepemimpinan, kemampuan untuk mempengaruhi orang lain agar mau melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. 2. Objektifitas sendiri, kemampuan untuk menilai diri sendiri. 3. Berpikir analitis, kemampuan unttuk menyesuaikan perilaku. 4. Fleksibilitas perilaku, kemampuan untuk menyesuaikan perlaku. 5. Komunikasi lisan, kemampuan untuk mengungkapkan pendapat dengan baik secara lisan. 6. Komunikasi tulis, kemampuan untuk mengungkapkan pendapat dengan baik secara tulis. 7. Dampak pribadi, kemampuan untuk menumbukan kesan baik kepercayaan orang. 8. Daya tahan terhadap stres, kemampuan untuk tetap dapat bekerja dalam keadaan tertekan.

9. Toleransi terhadap ketidakmenentuan, kemampuan untuk bekerja dalam situasi yang tidak menentu. Karakteristik yang sudah dikatakan diatas tadi, harus dimiliki seorang manajer. Agar manajer bisa mengatasi semua masalah yang sedang dihadapi perusahaannya. sehingga perusahaan tersebut tidak mengalami kebangkrutan

BAB III PEMBAHASAN

A. Pengambilan Keputusan yang Dilakukan Manajer Dalam Perusahaan Manajer adalah seorang pemimpin yang memimpin suatu perusahaan dimana dia akan memimpin sekelompok orang sebagai pemimpin yang memimpin mereka dengan baik, yang memberi contoh yang baik, yang bisa mengatasi masalah dengan cepat. Manajer adalah orang yang sudah ahli dibidangnya. Seorang manajer yang baik akan memimpin perusahaannya dengan rasa tanggung jawab yang besar. Jika di suatu perusahaan mengalami masalah keuangan, sang manajer harus bisa mengatasi masalah tersebut dengan cermat, dan teliti. Sang manajer pun tidak bisa mengatasi masalah itu sendiri, tetapi memerlukan bantuan dari para anggotanya. Karena keberhasilan perusahaan tidak sepenuhnya dikerjakan oleh seorang manajer, tetapi juga bantuan dari anggotanya. Peranan manajer dalam pengambilan keputusan adalah sebagai : 1. Pemrakarsa adalah perancang. Pada scat melakukan perubahan, manajer melaksanakan tugas kewiraswastaan. 2. Penghalau gangguan. Masalah-masalah yang tidak diharapkan atau gangguan kehilangan seorang langganan penting, permusuhan antar orang bawahan.

3. Pembagi sumber penghasilan. Dalam memerankan pembagi sumber dana, manajer menetukan penyaluran sumber dana organisasi seperti uang, waktu dan perlengkapan. 4. Perunding. Sebagai orang perunding, manajer menyetujui langganan atau orang dalam atau orang dalam. Mewakili org anisasi dan perundingan tenaga kerja atau menyetujui pekerja inti menggambarkan peranan perunding. Kita semua tahu bahwa manajer adalah seorang pemimpin didalam sebuah perusahaan, dimana ia adalah pengambil keputusan, dan keputusan itu akan disetujui oleh para anggotanya. Karena para anggotanya sudah mempercayai pemimpin mereka akan mengambil keputusan yang bijaksana dan tidak akan merugikan semua orang dan perusahaan, tetapi sebaliknya jika seorang pemimpin yang tidak bijaksana, ia akan mengambil keputusan yang merugikan orang lain dan perusahaan sehingga perusahaan tersebut mengalami masalah yang berkepanjangan. L.A.Allen (1973), megemukakan ada tiga prinsip pokok dalam pengambilan keputusan: 1. Prinsip definisi (principle of definition). Suatu keputusan yang logis hanya dapat apabila sesuatu masalah ditentukan terlebih dahulu. 2. Prinsip bukti yang memadai (principle of adequate evidence) suatu keputusan yang logis haruslah dipandang dari segi sudut bukti atas nama keputusan itu diambil.

3. Prinsip identitas (principle of identity) bergantung pada pangkal pandangan dan pangkal waktu, yang mana fakta-fakta yang nampak mungkin berbeda. Jika seorang manajer mengerti dan memahami tiga prinsip pokok pengambilan keputusan yang diulas diatas, manajer tersebut tidak akan mengambil keputusan yang bisa merugikan orang lain dan perusahaan, karena dia sudah mempunyai pegangan dari tiga prinsip pokok pengambilan keputusan. Ia akan mengambil keputusan yang bijak.

B. Masalah-Masalah Apa Saja yang Sering Timbul dalam suatu perusahaan Dimanapun kita berada tidak pernah lepas dari permasalahan. Tetapi sebenarnya perrmasalahan itu muncul karena kita sendiri yang membuatnya, Dan masalah itu akan selesai jika kita sendiri yang menyelesaikannya. Itu juga berlaku dalam perusahaan, suatu perusahaan tidak pernah lepas dari masalah. Masalah yang sering mereka hadapi adalah ketidakcocokan anggota dan manajer, sering terjadi kesalahpahaman antara anggota dan manajer sehingga menyebabkan pekerjaan terhambat dan tidak selesai tepat waktunya. Selain itu masalah juga terjadi akibat tekanan yang diberikan manajer kepada bawahan yang

menyebabkan bawahannya tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan benar karena jika seseorang berada dalam tekan yang hebat, orang itu tidak akan fokus pada pekerjaan sehingga pekerjaan akan terbengkalai. Masalah yang sering terjadi dan terkadang sulit untuk diselesaikan adalah masalah keuangan. bahkan seorang manajer sering melakukan kesalahan dalam pengambilan keputusan mengenai keuangan, dan menyelesaikan laporan

keuangan pun tidak semudah yang dilihat, butuh kterampilan khusus untuk menyelesaikan laporan keuangan, karena jika kesalahan sedikit saja bisa menyebabkan perusahaan mengalami masalah yang sangat besar. Karena itulah seorang manajer keuangan harus sangat teliti dan menguasai tentang metode / sistem keuangan agar tidak ada kesalahan dalam penyusunan laporan.

C. Upaya Manajer Mengatasi Masalah Keuangan di Sebuah Perusahaan Seorang manajer harus memiliki perencanaan yang matang mengenai keuangan. ³Perencanaan adalah tindakan memilih dan menghubungkan faktafakta dan membuat serta menggunakan asumsi-asumsi mengenai masa yang akan datang dalam hal memvisualisasikan dan merumuskan aktivitas-aktivitas yang dianggap perlu untuk mencapai hasil yang diinginkan (G.R.Terry 1997). Karena dengan perencanaan seorang manajer, ia sudah tahu apa yang harus ia lakukan dan apa yang harus ia lakukan saat ia mengalami masalah. Dengan perencanaan itu bisa menjadi acuan untuk ia mengambil keputusan. Perencanaan juga mengurangi overlapping dan mengcover pemborosan dan kelebihan. Lenih jauh lagi akhirnya perencanaan membangun tujuan dan standar yang memudahkan kontrol. Seorang manajer akan mengubah segala bentuk kebutuhan melalui penilaian dengan uang sehingga semua pengeluaran sudah diketahui manajer. Dengan demikian manajer bisa menentukan terlebih dahulu biaya yang diperlukan untuk bahan-bahan, fasilitas, gaji, dan biaya-biaya lain yang perlu untuk mencapai

hasil yang diharapkannya, maka ia akan dapat menetukan apakah hasil hasil itu sesuai dengan biayanya.

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya dan hasil wawancara upaya manajer mengatasi permasalahan keuangan di sebuah perusahaan adalah dengan mengurangi anggaran pengeluaran diperusahaan tersebut. Untuk meningkatkan lagi pendapatan yang didapat. Selain itu dengan menmbuat perencanaan sebelum mengeluarkan pengeluaran sehingga manajer bisa menentukan terlebih dahulu biaya yang diperlukan untuk bahan-bahan, fasilitas, gaji, dan biaya-biaya lain yang perlu untuk mencapai hasil yang diharapkannya, maka ia akan dapat menentukan apakah hasil-hasil itu sesuai dengan biayanya. Dan dengan cara yang dilakukan manjer untuk menyelesaikan masalah terbukti berhasil.

B. Saran Dengan berdasarkan kesimpulan tersebut, bersama ini disampaikan beberapa saran yang diantaranya. 1. Disampaikan upaya yang dilakukan manajer untuk mengatasi masalah keuangan disebuah perusahaan tidak sepenuhnya harus dikerjakan sendiri oleh manajer, tetapi seharusnya juga dibantu oleh bawahanya. Karena bagaimanapun jika perusahaan itu mengalami maslah bukan hanya manjer yang merasaknnya tetapi

juga para bawahannya meraskan akibat dari masalah itu, jadi seharusnya ada kerjasama antar manjer dan bawahan. 2. Seorang manajer tidak harus memiliki jarak dengan bawahannya ada kalanya seorang manajer harus berbaur dan menjadi sahabat, rekan kerja, bagi bawahannya. Kadang kala seorang manajer terlalu terpaku pada statusnya sebagai seorang manajer sehingga ia merasa lebih dari yang lain, dan mengakibatkan jarak yang jauh antar manajer dan bawahan. Sehingga tidak tercip suasana ta kekeluargaan dan kerjasama yang solid antara manajer dan bawahan.

DAFTAR PUSTAKA Ukas, Manajemen (2009). Manajemen. Bandung : Agnini. http://www.google.com. ( 20 Desember 2009)

PERTANYAAN WAWANCARA 1. Apakah anda sering/pernah mengalami masalah di perusahaan anda? 2. Jika pernah, masalah apakah yang pernah anda alami dengan perusahaan? 3. Bagaimana anda menyelesaikan masalah tersebut? 4. Apakah dengan penyelesaian yang anda lakukan berhasil? 5. Lalu apa bawahan anda membantu meyelesaikan masalah?

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->