P. 1
Cara Pembuatan Alat Musik Gamelan Jawa

Cara Pembuatan Alat Musik Gamelan Jawa

|Views: 6,559|Likes:
Published by qingqing2

More info:

Published by: qingqing2 on Apr 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/10/2015

pdf

text

original

Cara Pembuatan Alat Musik Gamelan Jawa y Bonang 1. Buatlah sebuah balok solid sebagai body bonang. 2.

Kemudian buatlah 4 balok yang kecil untuk bagian kaki bonang. 3. Lalu Unionkan body dengan 4 balok yang menjadi kakinya. 4. Kemudian buatlah piringannya dengan gabungan antara sphere dan silinder, sebanyak 12 buah.(piringan hanya ditempelkan dengan presisi jangan diunionkan. 5. Buatlah 2 buah pemukulnya dengan gabungan dua sphere dan silinder pipih panjang. 6. Sebagai hiasan buatlah dua pasang silinder, yang besar dan yang kecil, kemudian gabungkan dengan dua sphere dimasing-masing alas silinder tersebut, lalu unionkan dengan kesuluruhan bidang body bonang, tepatnya sudut kanan atas dan kiri atas. Gambang 1. Buatlah sebuah bangun ruang berbentuk trapesium untuk body gambang. 2. Kemudian buatlah pelat pipih dengan 3 ukuran berbeda, masing-masing ukuran terdiri dari enam pelat pipih. 3. Untuk pemukulnya, buat sepasang torus dan sepasang silinder pendek untuk kepala pemukul, lalu silinder panjang untuk gagangya yang telah disesuaikan dengan torusnya, kemudian unionkan silinder kepala dengan kedua torus, kemudian unionkan hasil tersebut dengan silinder gagangnya dengan bentuk vertikal terhadap pemukulnya. 4. Sebagai hiasan buatlah cone yang akan diunion pada sudut kanan atas dan kiri atas. Gender 1. Buatlah sebuah balok solid untuk body gender. 2. Kemudian buat 4 balok kecil untuk kaki-kaki gender, lalu unionkan dengan body gender. 3. Buatlah pelat pipih sebanyak 13 buah. 4. Untuk pemukulnya, buat sepasang torus dan sepasang silinder pendek untuk kepala pemukul, lalu silinder panjang untuk gagangya yang telah disesuaikan dengan torusnya, kemudian unionkan silinder kepala dengan kedua torus, kemudian unionkan hasil tersebut dengan silinder gagangnya dengan bentuk horisontal terhadap pemukulnya. 5. Sebagai pemanis buatlah tempat pemukul dengan sebuah silinder vertikal, dan buat juga silinder horizontal untuk pemanis body gender.

y

y

y

y

y

y

Kenong 1. Terlebih dahulu buatlah kerangka dengan bentuk letter µU¶. 2. Kemudian extrude menjadi sebuah benda yang memiliki ketebalan. 3. Lakukan beberapa fillet agar bentuk tidak terlihat kaku. 4. Buatlah piringan dengan gabungan atara sphere dan silinder, sebanyak 10 buah. 5. Lalu buatlah kaki-kakinya dengan mengextrude kerangka lingkaran path dengan lajurnya agak membentuk seperti pipa. 6. Sebagai pemanis buat lagi pemukulnya dengan dudukannya.(secara garis besar ara membuat pemukul sama dengan yang lainnya merupakan gabungan dua sphere dan silinder. Suling 1. Buatlah silinder panjang untuk body suling. 2. Kemudian buatlah 5 silinder kecil sebagai obyek substrack(pembolong) silinder body suling, untuk memudahkan mengatur jarak antar obyek pembolong gunakan garis bantu pada bagian dalam silindernya, satu silinder sisanya diarahkan agak ke samping. 3. Lalu buatlah satu torus pada salah satu ujung body suling. Gong 1. Untuk pelat besarnya kita buat dengan sphere, dan dua silinder yang pipih lalu satu yang agak tebal, kemudian diunionkan, karena ada dua pelat dalam gambar maka buat lagi pelatnya tapi dengan ukuran ebih kecil 2. Untuk kerangkanya buatlah sketsa alas lingkaran, kemudian buat jalur µn¶ dengan fillet di setiap sikunya, kemudian diextrude path pada jalur kerangka berbentuk µn¶ tersebut. 3. Buatlah tali gong dengan cara mengextrude path sesuai dengan jalur yang sudah dibuat sebelumnya. 4. Untuk pemukul gong, sama seperti penjelasan-penjelasan sebelumnya mengenai pembuatan pemukul. Kendang 1. Buatlah pola yang sesuai dengan bentuk kendang. 2. Lakukan revolve pada pola tersebut, kemudian tentuka sumbu putarnya. 3. Untuk kendang yang ecil cukup dengan scale pada kendang besarnya. 4. Dudukan dibuat dengan cara etrude path pada pola yang sesuai, dengan UCS yang disesuaikan pula.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->