P. 1
perkembangan komputer

perkembangan komputer

|Views: 1,171|Likes:
Published by silvercyber19
Berisi perkembangan komputer mulai dari generasi pertama hingga sekarang
Berisi perkembangan komputer mulai dari generasi pertama hingga sekarang

More info:

Published by: silvercyber19 on Apr 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/10/2012

pdf

text

original

PERKEMBANGAN GENERASI KOMPUTER

Disusun untuk memenuhi tugas Arsitektur dan Organisasi Komputer yang dibina oleh Bapak Dr. Muladi, S.T., M.T.

Oleh LILIK EMI RAHAYU 207533408593

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG SEPTEMBER 2009

Perkembangan Generasi Komputer
Kata komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung. Menurut Blissmer, komputer adalah alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Komputer tidak muncul begitu saja dalam bentuk yang sudah kompleks seperti yang sering dijumpai saat ini. Berdasarkan perkembangan teknologinya komputer, maka perkembangan komputer dapat dibagi menjadi 2 periode yaitu : a. Sebelum tahun 1940 Pada periode ini kebanyakan peralatan hitung sejenis komputer yang dikenal adalah peralatan manual dan peralatan mekanik. * Peralatan manual : yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia. * Peralatan Mekanik : yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual. b. Setelah tahun 1940 Setelah tahun 1940, peralatan hitung yang menjadi cikal bakal komputer yang dikenal masyarakat adalah peralatan mekanik elektronik dan peralatan elektronik. * Peralatan manual elektronik : yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia. * Peralatan elektronik : Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh. Komputer yang ada saat ini adalah hasil dari evolusi panjang sejak sekitar 3000 tahun sebelum masehi dengan ditemukannya alat hitung mekanik bernama abacus. Berikut sejarah perkembangan komputer mulai dari alat hitung tradisional hingga menjadi komputer dengan fungsi kompleks seperti saat ini :

Sebelum tahun 1940 1. Abacus * * * * Pertama kali ditemukan sekitar 4 abad sebelum masehi di Babylonia (Irak). Dianggap sebagai asal muasal mesin komputasi dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini. Menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuh rak untuk melakukan perhitungan. Digunakan untuk menghitung transaksi perdagangan.

Abacus 2. Kalkulator Mekanik Kalkulator mekanik pertama dibuat oleh Wilhelm Schickard pada 1623. Kalkulator mekanik tersebut dapat bekerja hingga 6 digit angka. 3. Kalkulator Roda Numerik * * * * * * Ditemukan oleh Blaise Pascal (1623-1662) pada tahun 1642. Digunakan untuk melakukan perhitungan pajak. Berbentuk kotak persegi kuningan dengan delapan roda putar bergerigi yang dinamakan Pascaline. Dapat menjumlahkan bilangan hingga 8 digit. Merupakan alat hitung berbasis sepuluh. Kelemahannya adalah hanya dapat digunakan untuk operasi penjumlahan.

Kalkulator Roda Numerik Pascal

4. Kalkulator Roda Numerik 2 * * * * * Dibuat oleh matematikawan dan filsuf jerman bernama Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) pada tahun 1694. Merupakan versi perbaikan dari Pascaline. Disempurnakan oleh Leibniz berdasarkan gambar serta catatan yang dibuat oleh Pascal. Alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dapat melakukan operasi penambahan dan perkalian.

5. Kalkulator Mekanik * * Ditemukan oleh Charles Xavier Thomas de Colmar dan disebut juga arithometer. Mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. * * Digunakan hingga masa Perang Dunia I. Termasuk dalam alat komputasi mekanik seperti temuan Pascal dan Leibniz.

6. Mesin Diferensial * * * Merupakan awal mula komputer. Dibuat oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (17911871) pada tahun 1822. Dibuat dengan memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu. Masalah tersebut kemudian berkembang hingga * Mesin diferensial muncul sebagai jawaban untuk melakukan perhitungan persamaan diferensial untuk menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menangani kebutuhan mekanik. * Menggunakan tenaga uap.

*

Dapat menyimpan program, dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.

7. Analytical Engine * * * Merupakan komputer general purpose yang pertama. Dibuat Babbage sekitar tahun 1832 dengan bantuan dari Asistennya Augusta Ada King (1815-1842). Dalam pembuatan Analytical Engine, Augusta Ada King berperan dalam membantu merevisi rencana mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik. * Alat ini memungkinkan Augusta Ada King membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin sehingga ia menjadi programmer wanita yang pertama dan namanya, ADA, diabadikan menjadi bahasa pemrograman oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1980. 8. Kalkulator Diferensial * * * Ditemukan oleh Vannevar Bush (1890-1974) pada tahun 1931. Mesin ini digunakan untuk menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Menggunakan ratusan gerigi dan poros untuk melakukan perhitungan sehingga ukurannya sangat besar dan berat. 9. Komputer Elektrik Boolean * Pertama kali digagas tahun 1903 oleh John V. Atanasoff dan Clifford Berry dengan mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. * Menggunakan pendekatan dari hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. * Cara kerjanya adalah dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus sehingga terciptalah komputer elektrik pertama di tahun 1940.

*

Proyek pengembangan alat ini terhenti karena tidak adanya sumber pendanaan.

Setelah tahun1940 Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 5 generasi. 1. Komputer generasi pertama (1940-1959 ). Komputer generasi pertama kebanyakan memiliki karakteristik sebagai berikut : • • • • • • Menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data serta menjalankan operasi keseluruhan komputer Digunakan untuk keperluan militer. 100% alat elektronik Mampu menyelesaikan masalah perhitungan dengan tepat dan relatif cepat Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan kecepatannya pun terbatas. • Menggunakan silinder magnetik untuk tempat penyimpanan data.

Tabung Vakum Sementara itu kelemahan komputer generasi pertama ini antara lain : • • • • • Cepat panas dan mudah terbakar Memerlukan ribuan tabung vakum sehingga menelan biaya besar Memerlukan tenaga elektrik yang besar Sering menimbulkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya Ukurannya besar dan tidak fleksibel.

Beberapa contoh komputer generasi pertama antara lain : a. Z3 Z3 diciptakan tahun 1941 oleh insinyur Jerman bernama Konrad Zuse. Z3 digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Selain Z3, pada tahun yang sama Konrad juga menciptakan kalkulator yang dapat diprogram.

Z3 b. Colossus * * * Dibuat tahun 1943 oleh Inggris. Merupakan komputer pemecah kode rahasia yang digunakan Inggris untuk memecahkan kode rahasia Jerman. Pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.

Colossus

c. Mark I * * * * * * * Nama aslinya adalah The Harvard-IBM Controlled Calculator. Dibuat oleh Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard Amerika yang bekerjasama dengan IBM. Merupakan komputer relai elektronik yang dibuat untuk US Navy. Berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. Menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks. Kelemahan mesin ini adalah beroperasi dengan lambat ( membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). d. ENIAC ( Electronic Numerical Integrator and Computer) * * * * * Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W.Mauchly (1907-1980) pada tahun 1946. Dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Dibuat berdasarkan sistem desimal 10 digit. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder. Mulai dapat menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von Neuman. * * * Merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. Menggunakan konsep pernyataan if-then meski belum sempurna. Kinerjanya 5000 addition problem/detik. Automatic Sequence

*

Dimanfaatkan untuk memprediksi cuaca, menghitung energi atom, sinar kosmik, pengukuran suhu, penelitian angka acak, mendesain saluran udara.

*

Kelemahan ENIAC adalah ia merupakan mesin yang sangat besar dan mengkonsumsi daya sebesar 160 kW dengan berat 28 - 30 ton, ukuran lebar 24,4 m x tinggi 2,4 m.

Komputer ENIAC e. UNIVAC I ( Universal Automatic Computer I ) * * * * * Dibuat oleh Remington Rand pada tahun 1951. Merupakan komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann. Komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan. Di awal kemunculannya, UNIVAC I dimanfaatkan oleh Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric. UNIVAC I berhasil dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.

ENIVAC I

f. EDVAC ( Electronic Discrete Variable Automatic Computer ) * * * * * * * Didesain oleh Von Neumann (1903-1957) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Dibuat pada tahun 1952 berdasarkan konsep desain komputer Von Neumann. Menggunakan sistem biner. Memori yang dimiliki EDVAC memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Memanfaatkan unit pemrosesan sentral (CPU) sebagai satu sumber tunggal untuk mengkoordinasikan seluruh fungsi komputer. Penggunaan tabung vakum mulai berkurang. Dapat melakukan proses perhitungan lebih cepat daripada ENIAC.

Komputer EDVAC g. EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) EDSAC memperkenalkan (Electonic penggunaan Delay raksa Storage (merkuri) Automatic dalam Calculator) untuk tabung

menyimpan data. Penggunaan raksa sebagai penyimpan data lebih ekonomis daripada menggunakan tabung vakum, namun meski begitu pembuatan EDSAC masih memerlukan biaya yang cukup mahal. EDSAC dikembangkan oleh Universitas Cambridge, Inggris.

Komputer EDSAC h. IC (Integrated Circuit) IC dikembangkan oleh Texas Instrument dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959. 2. Komputer generasi kedua (1959- 1964 ) Karakteristik dari komputer yang diciptakan pada periode ini antara lain : • • • Menggunakan transistor dan dioda sebagai pengganti tabung vakum. Ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis sebagai efek pengurangan penggunaan tabung vakum. Menggunakan memori inti-magnetik yang membantu pengembangan komputer yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, serta lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. • • • Daya tahan lebih lama karena transistor tidak mudah panas dan terbakar seperti tabung vakum. Tidak hanya dibuat untuk kepentingan militer tapi juga untuk kepentingan di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Bahasa yang digunakan sebagai instruksi untuk mesin bukan bahasa mesin tapi bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. • Memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini, contohnya printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. • Merupakan era minikomputer.

Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada periode ini. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan seperti programmer, analyst, dan ahli sistem komputer. Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini. Contoh komputer yang muncul pada generasi kedua ini adalah : a. Stretch dan LARC. * * * * * Stretch diproduksi oleh IBM sementara LARC dikembangkan oleh Sprery-Rand. Dua-duanya merupakan superkomputer dan memanfaatkan penggunaan transistor. Dikembangkan untuk laboratorium energi atom. Kelebihannya keduanya adalah dapat menangani data dalam jumlah yang besar. Kelemahannya adalah mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga kedua komputer ini tidak terlalu populer. * Untuk LARC, mesin ini hanya pernah ada 2 yang dipasang dan digunakan. Salah satu LARC ada di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. b. Sketchpad Pada tahun 1962, Ivan Sutherland mendemonstrasikan program bernama sketchpad pada komputer mainframe TX-2 di lab MIT. Program ini dapat digunakan untuk m3nggambar dengan menggunakan pena.

c. IBM 1401 * * * * Mulai diperkenalkan pada publik pada tahun 1964. Digunakan di kalangan industri dan dunia bisnis. IBM 1401 digunakan untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam memorinya serta bahasa pemrograman yang digunakan pada komputer ini memberikan fleksibilitas yang dapat meningkatkan kinerja pada IBM 1401. * Dimanfaatkan untuk mencetak faktur pembelian konsumen, menjalankan desain produk serta menghitung daftar gaji.

IBM 1401 d. IBM DEC PDP 8 * * Merupakan minikomputer pertama yang dibuat tahun 1964. Dimanfaatkan untuk memproses data-data perdagangan.

IBM DEC PDP 8

3. Komputer generasi ketiga (1964 – awal 1980an ) Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) merupakan solusi untuk masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponenkomponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Secara garis besar, berikut karakteristik komputer generasi ketiga : • • • • • • • • • Menggunakan chip sebagai pengganti transistor. Ukuran lebih kecil dari komputer generasi sebelumnya dan harganya lebih murah. Mulai menggunakan sistem operasi. Komputer yang muncul merupakan jenis mikro komputer. Menggunakan media penyimpanan eksternal disket magnetik yang sifat pengaksesan datanya secara acak. Kapasitas memori lebih besar, dari yang semula hanya puluhan ribu byte mennjadi ratusan ribu byte. Hemat listrik. Mampu melakukan multitasking dan multiprocessing. Menggunakan terminal visual display. Komputer generasi ketiga kebanyakan merupakan jenis Micro Computer. Berikut merupakan beberapa perkembangan komputer antara tahun 1964 hingga 1984 :

a. Bill Gates dan Paul Allen menjual komputer penganalisis lalu lintas pada tahun 1971. b. Pada tahun 1972 Gary Kildall membual PL/M, bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama untuk mikroprosesor. c. April 1972 Intel memperkenalkan 8008, microprocessor 8-bit pertama. d. Paul Allen dan Bill Gates membuat bahasa BASIC untuk Altair 8008 dan microsoft diluncurkan. e. Komputer MITS Altair 8800 (1975) Altair 8800 memiliki prosesor 2 MHz Intel 8080, memori 256 bytes dan dapat ditambah maksimum 64 Kb. Sangat berbeda dengan PC saat ini yang dapat berjalan di atas 2 GHz dengan RAM minimum 256 Mb. Untuk media penyimpanan Altair menawarkan 8” floppy disk atau kaset eksternal. PC ini tidak seperti PC yang kita temui sekarang. PC ini tidak mempunyai monitor, keyboard, mouse, sistem operasi bahkan software aplikasi. Untuk memprogramnya, pengguna harus mengerti bahasa mesin yang berarti mengubah dudukan saklar benar dan melihat lampu LED yang berhubungan menyala.

MITS Altair 8800 f. Komputer Apple II (1977) Sebelumnya ada Apple I (diproduksi sekitar tahun 1976). Namun, hanya berbentuk papan sirkuit seperti motherboard saat ini. Untuk menyusunnya, pengguna harus ahli dalam bidang elektronik. Pada tahun 1977, Apple II telah muncul dengan mempunyai keyboard, monitor dan media penyimpanan. Komputer ini juga mempunyai sistem operasi dan software aplikasi. Awalnya

PC in hanya menggunakan media penyimpanan kaset tetapi di tahun 1978, floppy disk eksternal dengan kapasitas 143 K telah tersedia. Kasuksesan Apple II dilanjutkan dengan kehadiran Apple II Plus (1979) dan Apple Iie (1983). Keduanya mirip dengan Apple II dengan beberapa tambahan dan fitur baru. Salah satunya, Iie mempunyai keypad numerik di sisi kanan keyboard. Apple terus memproduksi dan menjual Apple Iie sampai tahun 1933, menjadikan seri ini menjadi sejarah tersendiri selama 15 tahun.

Apple II g. Tahun 1980 Microsoft mendekati IBM untuk mengembangkan BASIC untuk proyek komputer personal (PC). IBM PC dipasarkan pada Agustus 1981. 4. Komputer generasi keempat (awal 1980an - sekarang ) Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat dalam sebuah meningkatkan memasang ukuran chip tunggal. Ultra-Large jumlah tersebut banyak tersebut komponen Scale menjadi jutaan. ribuan komponen (ULSI) untuk yang Integration Kemampuan keping

sedemikian

dalam suatu

berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan komputer. Hal juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan kehandalan komputer.

Beberapa karakteristik komputer generasi keempat antara lain : * Komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dapat diletakkan dalam sebuah chip intel 4004 yang sangat kecil * Memanfaatkan IC

IC * * Mikroprosesor diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan Bukan hanya komputer yang dilengkapi mikroprosesor tapi juga perangkat lain seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection * Komputer bukan lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah, tapi dapat dimiliki dan digunakan oleh orang biasa. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet * * Komputer yang muncul termasuk kategori super komputer Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop)

Palmtop * Dikembangkannya jaringan komputer sehingga sebuah komputer dapat dihubungkan dengan komputer lain secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya * Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar Beberapa komputer yang termasuk generasi keempat antara lain : a. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram. b. Komputer IBM PC ( Tahun 1981) IBM PC yang asli dikeluarkan pada Agustus 1981, yang hanya mempunyai memori sebesar 16 Kb, belum memiliki hard disk, dan menggunakan media penyimpanan kaset dan floppy. Karena desain yang ‘terbuka’, PC ini sangat mudah di-upgrade. PC ini mempunyai ‘slot ekspansi’ pada papan sirkuit utamanya (motherboard). Artinya pengguna dapat menambah kemampuannya dengan memasukkan papan sirkuit mini khusus (disebut “card”) ke dalam slot ini. Misalnya, menonton TV kabel dari PC dengan menambahkan card TV tuner. Selain mudah dikembangkan, faktor lain yang memberikan kontribusi atas suksesnya PC adalah prosesor Intel. Melalui riset yang berkesinambungan, Intel menaikkan kemampuan prosesor 2 kali lipat setiap 18 bulan. Jadi, PC yang lebih canggih muncul setiap 2 tahun. Sejalan perkembangan prosesor Intel, muncul sistem operasi Windows versi terbaru, software aplikasi dan peningkatan kemampuan hardware. IBM memperkenalkan penggunaan

Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di PC digunakan c. IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. mempopulerkan Apple Macintosh menjadi terkenal karena sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masa sekarang, kita tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta

masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Pada mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. d. Komputer Compaq PC ( Tahun 1983) Sejak desain IBM PC dibuat terbuka, pabrikan lain mulai mengikuti dan mengeluarkan PC buatan mereka. Salah satunya adalah Compaq (sekarang telah bergabung dengan Hewlett-Packard) yang mengeluarkan Compaq portable. PC berukuran koper ini mempunyai monitor monokrom dengan ukuran 9 inchi dan dua floppy drive berukuran 320 Kb. Seperti IBM PC, Compaq juga menggunakan sistem operasi seperti MS DOS. PC ini mempunyai 2 port paralel dan 1 port serial untuk koneksi ke perangkat eksternal. Sementara untuk memori, 128 Kb dapat ditambah sampai dengan 640 Kb. Walaupun terdapat peningkatan dalam hal penyimpanan dan memori, perangkat ini tidak dilengkapi dengan hard disk. Data tahun 1987 versi ketiga dilengkapi dengan hard disk berukuran 20 atau 40 Mb. e. The Apple Macintosh keluar tahun 1984, memperkenalkan graphic interface sederhana menggunakan CPU motorola 8 MHz 32 bit. f. Dominasi Komputer IBM PC (Tahun 1983-1989) IBM mengeluarkan versi terbaru PCnya di tahun 1983. IBM PC XT yang telah memiliki hard disk dengan kapasitas 10 Mb, memori 128 Kb dan floppy drive 360 Kb. IBM kemudian membuat lebih banyak peningkatan dan

mengeluarkan IBM PC AT 286 pada tahun 1984. PC ini menggunakan prosesor Intel 6 MHz (80286). Peningkatan lainnya adalah hard disk berkapasitas lebih dari 20 Mb. Seri PC AT diteruskan dengan AT 386 pada tahun 1986bdan AT 486 pada tahun 1989. keduanya memiliki kelebihan pada memori dan kecepatan pada prosesor. Seri AT 386 juga merupakan PC pertama yang menggunakan prosesor 32 bit ( 80386) dan mendukung multitasking ( menjalankan beberapa aplikasi bersamaan ). Yang membuat PC 386 pertama kali adalah Compaq, bukan IBM. Salah satu terobosan dengan 486 adalah adanya 1 Mb memori cache dalam chip sendiri. IBM juga bereksperimen denagn tipe PC yang gagal atau kurang sukses seperti IBM PCjr, IBM Convertible dan IBM portable. g. Komputer Commodore Amiga 1000 (Tahun 1985) Komputer Amiga 1000 merupakan komputer multimedia tercanggih yang banyak diminati animator serta desainer grafis saat itu. PC ini memiliki monitor berwarna, mendukung suara stereo 4-kanal, mempunyai port untuk joystick dan video serta mendukung video mode sampai 4.096 warna. Sistem operasi Amiga DOS juga menawarkan interface gratis yang mendukung multitasking. Teknologi Amiga lebih unggul tapi gagal karena arsitekturnya yang proprietary dan pemasaran yang buruk. Kelemahan lainnya adalah perangkat ini juga tidak kompatibel dengan sistem operasi MS DOS dan desain IBM PC pada umumnya.

Amiga 1000

h. Komputer IBM PS/2 ( Tahun 1987) Setelah sukses dengan PC, IBM merilis generasi selanjutnya yang diberi nama PS/2 (Personal System/2) pada tahun 1987. PS/2 mempunyai arsitektur baru. Beberapa bagian yang baru adalah proprietary, seperti konektor baru (socket) untuk keyboard dan mouse. Slot ekspansi didesain ulang dan BUS (jalur elektronik yang menghubungkan slot dengan sistem) yang dinamakan Micro Chanel Architecture. Arsitektur baru ini membuat IBM PS/2 sulit diduplikat. Perusahaan bidang industri komputer membuat komponen yang sesuai dengan slot ekspansi standar IBM PC. Walaupun IBM PS/2 menggunakan prosesor Intel dan softwarenya kompatibel dengan IBM PC, tidak ada yang membuat komponen yang sesuai dengan slot ekspansi PS/2. oleh karena itu produk ini gagal.

IBM PS/2 i. Laptop (Tahun 1992) Setelah muncul laptop seperti Compaq dan IBM portable, IBM Convertible, Macintosh Portable, Osborne 1 dan Radioshack TRS-80, tahun 1992 mulai muncul laptop TRS-80. Contoh terakhir adalah IBM Thinkpad 700 dan Apple PowerBook 100. Laptop memiliki layar LCD dengan berat 2 kilogram atau lebih. Ketika tidak menggunakan listrik, laptop dapat menggunakan baterei. Laptop juga memiliki fasilitas untuk menghemat energi dan menggunakan prosesor yang irit sumber daya. Fitur ini yang membuat laptop sesuai dibawa bepergian. Saat ini terdapat berbagai macam kategori laptop, bergantung pada berat dan fitur.

j. Komputer Intel Pentium ( Tahun 1993) Setelah sukses dengan seri PC AT (prosesor 80286, 80386 dan 80486), Intel memutuskan membuat arsitektur baru untuk prosesor PC. Seri ini kemudian dinamakan ‘Pentium’. Chip Pentium pertama ini 3 kali lebih cepat daripada pendahulunya 80486. Sistem operasi (Windows) dan program aplikasinya dapat memanfaatkan kemampuan prosesor ini untuk menghasilkan hal yang lebih besar seperti game dengan grafik yang intensif atau suara yang lebih berkualitas. Vendor hardware dan developer software berlomba-lomba membuat produk dan aplikasi yang lebih canggih dan menarik. Intel memperkenalkan prosesor Pentium 60 Mhz pada bulan Maret 1993 dan PC Pentium generasi pertama muncul di pasaran, kemudian diikuti dengan versi 75 MHz, 90 MHz, 100 MHz, 120 MHz, 133 MHz, dan 200 MHz. Pada tahun 1995, Intel membuat chip Pentium pertama untuk laptop. Selain Intel, pembuat prosesor lainnya adalah AMD. Produk AMD juga kompatibel dengan windows, aplikasi yang berjalan di atas PC dan kebanyakan hardware PC. Sampai sekarang harga komputer dengan prosesor AMD lebih murah daripada komputer dengan prosesor Intel. Karena hal tersebut Intel akhirnya memproduksi prosesor berharga lebih rendah yaitu Celeron. k. Komputer Multimedia/ Pentium MMX (Tahun 1997) Pada tahun 1996, aplikasi multimedia ( yang menggabungkan teks, grafik, audio dan animasi) mulai bermunculan. Pembuat hardware seperti sound card dan graphic card bergegas membuat teknologi yang dapat memproses intruksi multimedia tersebut karena prosesor biasa tidak dapat memproses instruksi multimedia secara simultan. Tahun 1997 Intel mengatasi masalah ini dengan merilis prosesor Pentium MMX. Intel menambahkan instruksi multimedia ke dalam prosesor Pentium dengan teknologi multimedia extension (MMX). Chip Pentium MMX meningkatkan kemampuan PC dalam memainkan game atau aplikasi multimedia.

Intel juga membuat Pentium Pro. Chipnya dibuat berdasarkan arsitektur baru yang disebut P6. desainnya menggunakan teknik baru dalam memproses seperti superpipelining, dynamic execution dan on-cip L2 cache membuat performa Pentium hampir dua kali lebih cepat dari Pentium sebelumnya. Namun sebagai catatan, Pentium Pro hanya diperuntukkan bagi server (bukan PC).

Prosesor Pentium MMX l. Komputer Pentium II hingga Pentium IV (Tahun 1998-2005) Generasi lain prosesor Pentium dan PC keluar antara tahun 1998 sampai sekarang. Intel mengeluarkan Pentium II, Pentium III hingga Pentium IV. Setiap generasi memiliki teknik pemrosesan baru dan berfokus pada kecepatan prosesor (saat ini diukur dengan GHz). Prosesor yang lebih cepat mengarah pada lebih banyak inovasi di bidang multimedia dan aplikasi video. Contohnya game PC menjadi lebih kaya grafis dan suara yang dihasilkan semakin dekat dengan suara yang dihasilkan perangkat hi-fi. Internet juga membawa banyak aplikasi baru misalnya untuk chat dan video conference. m. Komputer Pentium D (Dual Core) dan Pentium Core 2 Duo (Tahun 2005) Intel mengembangkan kemampuan dual chipset dalam satu prosesor untuk lebih mempercepat kinerja komputer dan kapasitas memori L1 menjadi 2 kali lipat dari Pentium IV dengan memproduksi Pentium Dual Core dan Core 2 Duo. Dua prosesor baru ini pada awalnya digunakan untuk komputer jenis laptop, namun pada awal tahun 2006 Pentium Dual Core dan Core 2 Duo mulai dipergunakan untuk komputer jenis desktop.

Perubahan regenerasi prosesor Intel ini diikuti juga oleh vendor hardware lain, misalnya AMD mulai memperkenalkan prosesor berbasis Core 2 Duo dengan tipe AMD Athlon 64 x 2 yang tidak kalah canggihnya dengan Core 2 Duo milik Intel. Microsoft juga menyambut perubahan hardware generasi Pentium ini dengan mengembangkan dan merilis generasi baru Windows XP yaitu Windows Vista pada 2006 dan Windows 7 pada 2008.

Prosesor Intel Core 2 Duo

AMD Athlon n. Macintosh Power PC Komputer pribadi yang sama seperti komputer berjenis PC desktop, tetapi hardware dan software diproduksi oleh satu produsen yaitu Apple. Setiap Macintosh mempunyai standar bentuk yang sama antara satu dengan yang

lainnya. Jenis ini lebih banyak digunakan untuk aplikasi desain grafis dan animasi. o. Mac Book Komputer jenis Macintosh yang berbentuk seperti laptop dan hanya diproduksi oleh perusahaan Apple. p. PDA Pocket PC Windows Personal Data Assistant (Windows) merupakan poket PC yang berukuran hampir sama dengan ukuran dompet, tetapi memiliki kemampuan standar seperti laptop dengan menggunakan sistem operasi Windows. q. PDA Palm OS Personal Data Assistant (Palm) sama fungsinya seperti poket PC, hanya saja PDA ini diproduksi oleh perusahaan Palm dan sistem operasinya menggunakan sistem operasi Palm . r. Ultra Mobile PC (UMPC) Model komputer terbaru yang berbentuk lebih kecil dari laptop, dengan kemampuan sama dan untuk menginput datanya menggunakan layar sentuh (touch screen). 5. Komputer generasi kelima Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih berjalan. Komputer generasi ini belum memiliki realisasi karena masih dalam tahap pembuatan namun ada beberapa parameter yang diinginkan untuk dikembangkan dari komputer generasi ini yaitu unsur kecerdasan buatan seperti komputer HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup dari pengalamannya sendiri. Secara umum, karakteristik yang diinginkan ada pada komputer generasi kelima antara lain : • Mampu menerima instruksi secara lisan memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar

• • • •

Memiliki lebih banyak unit pemroses yang dapat bekerja serentak untuk menyelesaikan banyak tugas dalam satu waktu Mampu meniru nalar manusia Mampu melakukan pengambilan keputusan sendiri berdasarkan pemindaian Dapat menterjemahkan bahasa asing (Karakteristik ini adalah yang paling rumit untuk diwujudkan karena programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks percakapan dan pengertian daripada sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung).

• • •

Menggunakan kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model Von Neumann Model Von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak Teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek

komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain mengatakan bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->