P. 1
Perabot kantor

Perabot kantor

|Views: 13,366|Likes:
Published by andaroe

More info:

Published by: andaroe on Apr 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2013

pdf

text

original

Manajemen Perkantoran [Year

]

BAB I PENDAHULUAN
Mesin kantor merupakan salah satu alat penunjang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan efesien. Dewasa ini, dikalangan dunia usaha, banyak perusahaan, baik dari pemerintah maupun swasta yang dalam usahanya, semakin mengandalkan mesin kantor guna memungkinkan didapatkan hasil yang optimal. Perkembangan teknologi yang semakin pesat, menurut manusia untuk bertindak semakin cepat dengan memperhatikan efesiensi disegala bidang. Menghadapi perkembangan tersebut, tentu saja diperlukan kesiapan manusianya dan kelengkapan sarananya. Oleh sebab itu, diperlukan usaha untuk memiliki keterampilan dalam mengoperasikan mesin kantor tersebut. Seseorang yang dapat cepat memiliki keterampilan menggunakan mesin-mesin kantor akan mendapatkan keuntungan serta manfaat yang banyak.

1

Manajemen Perkantoran [Year]

BAB II PEMBAHASAN
A. Perabot Kantor Perabot kantor merupakan sarana kantor atau berupa barang yang mutlak diperlukan oleh setiap kantor sehingga aktifitas kerja dapat berjalan dengan baik. Seperti, kursi, meja dll Perabot kantor yaitu segala macam barang/benda kantor yang berfungsi sebagai penunjang terhadap pekerjaan kantor. Perabot kantor juga bisa diartikan segala macam kantor adalah perkakas kantor atau office furniture. Misalnya meja, kursi, lemari, rak dsb.

Kualitas Penggolongan ukuran maupun kualitas perabotan termasuk dipakai sebagai pedoman baik dalam rangka melaksanakan penelitian bidang perabot kantor. Dalam hal ini perlu diterapkan ilmu ergonomi yaitu ilmu yang mempelajari keserasian perbandingan antara manusia dengan alat-alat perabotan kerja sehingga ikut menjamin adanya suasana kerja yang nyaman. Perlengkapan meliputi barang yang awet pakai dan barang yang habis pakai. Pengertian awet pakai adalah barang-barang yang tahan lama dalam pemakaiannya, misalnya : alat pelubang kertas yang lama kelamaan bisa rusak. Sedangkan benda yang habis pakai, tak selalu berarti benda tersebut menjadi musnah atau habis tanpa bekas, misal: karet penghapus yang dapat dipakai berulang kali.

B. Mesin Kantor Mesin kantor adalah segenap peralatan yang bersifat mekanis, elektris, elektronis maupun magnetis yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan atau mengirim keterangan yang dibutuhkan oleh suatu lembaga sehingga mampu memperlancar peralatan yang berkaitan dengan tulis-menulis dan penyimpanan hasil kerja kantor. Yang termasuk mesin kantor diantaranya adalah computer, telepon, internet, mesin tik manual dan elektronik, dan sebagainya. Mesin kantor merupakan salah satu alat penunjang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan efesien. Dikalangan dunia usaha, semakin banyak mesin kantor untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2

Manajemen Perkantoran [Year] Untuk memutuskan perlu atau tidaknya mesin kantor hendaknya perhatikan : a. b. c. d. e. f. g. h. i. j. Mesin-mesin yang akan dipakai harus benar-benar diperlukan Jenis mesin hendaknya praktis Mesin dapat mempercepat selesainya pekerjaan. Mengurangi biaya pelaksanaan pekerjaan Mutu mesin harus baik Mesin dapat dipergunakan untuk bermacam-macam pekerjaan Pemeliharaan dapat dilakukan dengan mudah Mesin dapat disesuaikan dengan kemampuan pegawai Mesin harus sesuai dengan pekerjaan yang akan dilakukan Perlu tersedia ruangan yang memungkinkan untuk meletakkan mesin tersebut.

Mesin digunakan dalam suatu proses pekerjaan adalah untuk menghemat secara fisik tenaga dan pikiran manusia dalam melakukan tugas-tugasnya baik yang bersifat rutin maupun yang bersifat insidental, baik itu pekerjaan yang bersifat teknis industrial maupun teknis catat mencatat atau paperwork. Keuntungan dan kerugian akibat penggunaan mesin kantor pada umumnya bila menggunakan mesin-mesin kantor walaupun melalui tahap perencanaan terlebih dahulu. Ditemukan beberapa keuntungan dan kerugian.

Keuntungan penggunaan mesin kantor: a. Dapat menghemat biaya b. Dapat menghemat tenaga kerja c. Pengendalian atas ketelitian dan ketetapan lebih mudah dilaksanakan d. Memudahkan pengawasan e. Dapat menghasilkan sesuatu yang lebih baik dan rapi f. Keterangan yang dimuat dapat lebih banyak g. Dapat mengurangi rasa bosan h. Dapat mengurangi kelelahan pengawas

Kerugian penggunaan mesin kantor a. Mesin-mesin tertentu memerlukan biaya tinggi untuk pengadaan dan pemeliharaanya

3

Manajemen Perkantoran [Year] b. Sulit mendapatkan operator mesin yang cakap dan perlu adanya biaya untuk melatih mereka c. Kadang-kadang fleksibilitas dari beberapa metode mesin sulit didapatkan dan diterapkan d. Sulit dalam pemeliharaan dan perbaikan pada mesin-mesin tersebut jika terjadi kerusakan

C. Alat bantu peraga Yaitu guna membantu memperlancar komunikasi yang diadakan dalam suatu rapat atau pertemuan diperlukan alat bantu. Seseorang perlu memahami dan hendaknya dapat memilih alat bantu yang dibutuhkan serta sesuai dengan sasaran yang didinginkan.

1. Pengertian alat bantu peraga Audio : berasal dari kata AUDIBLE yang berarti kedengaran. Kemudian istilah audio ini dapat diartikan pengalaman dari hasil pendengaran Visual : berasal dari kata VISIBLE yang berarti kelihatan.kemudian istilah ini dapat diartikan pengalaman-pengalaman dari hasil penglihatan Aids : bantuan

Dari uraian diatas dapat dapat diartikan bahwa audio visual aids atau alat bantu peraga adalah alat yang dipergunakan untuk membantu kelancaran komunikasi antara penyaji dengan pendengar/ peserta yaitu mengenai penambahan pengalaman melalui pendengaran, penglihatan dan prktek, dengan melalui penggunaan alat-alat peraga tersebut.

2. Fungsi alat bantu peraga a. Membantu penyaji dalam mengarahkan isi penyajian (presentasi) b. Menanamkan ide dengan baik lebih baik, lebih kuat dan lebih mendalam c. Mendorong untuk berfikir dan bertindak d. Menghemat waktu selama pertemuan berlangsung.

4

Manajemen Perkantoran [Year] 3. Maksud dan tujuan penggunaan alat bantu peraga a. Membantu penyempurnaan metode penyajian b. Menimbulkan perhatian untuk memberikan variasi pada cara menyajikan. c. Memudahkan pengertian dan memberikan kesan yang lama d. Menghemat waktu selama pertemuan berlangsung.

5

Manajemen Perkantoran [Year]

BAB III PENUTUP
Kesimpulan Perabot kantor merupakan sarana kantor atau berupa barang yang mutlak diperlukan oleh setiap kantor sehingga aktifitas kerja dapat berjalan dengan baik. Seperti, kursi, meja dll Mesin kantor adalah segenap peralatan yang bersifat mekanis, elektris, elektronis maupun magnetis yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan atau mengirim keterangan yang dibutuhkan oleh suatu lembaga sehingga mampu memperlancar peralatan yang berkaitan dengan tulis-menulis dan penyimpanan hasil kerja kantor. Audio visual aids atau alat bantu peraga adalah alat yang dipergunakan untuk membantu kelancaran komunikasi antara penyaji dengan pendengar/ peserta yaitu mengenai penambahan pengalaman melalui pendengaran, penglihatan dan prktek, dengan melalui penggunaan alat-alat peraga tersebut.

6

Manajemen Perkantoran [Year] DAFTAR PUSTAKA Manajemen perkantoran, Dr. Sedarmayanti, M. pd

7

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->