P. 1
1. Laporan (1)

1. Laporan (1)

|Views: 479|Likes:
Published by giTangTingTong

More info:

Published by: giTangTingTong on Apr 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/15/2012

pdf

text

original

Laporan

A. Pengertian Laporan
Laporan adalah suatu cara komunikasi yang berisi informasi sebagai hasil dari sebuah tanggung jawab yang dibebankan kepada pembuatnya

Laporan berguna untuk:
(1) alat pertanggungjawaban secara tertulis (2) pendokumentasian data (3) bahan pertimbangan (4) acuan pengambilan keputusan (5) alat merumuskan suatu penilaian (6) bahan evaluasi (7) melatih berpikir sistematis

kriteria penyampaian laporan yang baik
1. Isi laporan mencakup kelengkapan fakta,data yang akurat, faktual, dan objektif. 2. Penyajian mencakup penggunaan bahasa yang baik, jelas dan tepat, sistematik serta menarik. 3. Penyajian lisan harus disampaikan dengan vokal yang jelas, pengucapan, lafal, intonasi yang tepat dan gaya ekspresif yang sesuai.

Bentuk Laporan
1. 2. Berbentuk formulir, yaitu laporan yang tinggal mengisi pada blangko yang disediakan. Berbentuk memorandum, yaitu laporan yang diuraikan secara singkat. Laporan ini dibuat dalam rangka proses hubungan kerja antara atasan dan bawahan atau antar-unsur-unsur dalam suatu instansi. Berbentuk surat, yaitu laporan yang diuraikan lebih panjang dari memorandum sebagaimana uraian dalam bentuk surat biasa. Jenis laporan ini dapat dipergunakan untuk bermacam-macam topik. Berbentuk naskah, yaitu laporan yang panjang, biasanya disusun seperti makalah. Materi laporan dibagi menjadi beberapa topik dan subtopik. Berbentuk buku, yaitu laporan yang disusun dalam bentuk buku.

3.

4. 5.

struktur penulisan laporan terbagi
(1) Laporan formal, yaitu laporan yang struktur penulisannya lengkap, terdiri atas:
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. halaman judul halaman pengesahan kata pengantar daftar isi daftar tabel (jika ada) daftar grafik (jika ada) pendahuluan, berisi latar belakang, tujuan, ruang lingkup masalah/objek, pembatasan masalah/objek, dan sebagainya bagian isi, berisi uraian pembahasan tentang masalah atau objek yang dilaporkan serta hasil yang dicapai simpulan dan saran, berisi hal-hal pokok atau intisari dari pembahasan laporan serta penyampaian keinginan pelapor terhadap hal-hal yang berkaitan dengan laporan yang belum atau seharusnya ada.

‡ biasanya dibuat untuk keperluan formal seperti dalam ruang lingkup pekerjaan atau pendidikan, dan umumnya bersifat berkala. Contoh laporan formal ialah laporan tentang keadaan dan perkembangan proyek yang sedang dilaksanakan, laporan penelitian ilmiah, dan laporan percobaan.

Laporan informal
Sistematika atau struktur penulisannya lebih sederhana atau memiliki model sistematika sendiri dan tidak bersifat standar. Pembuatannya lebih cenderung memenuhi kebutuhan informasi atau untu mendapatkan data lapangan Contoh: laporan perjalanan, laporan pengamatan, dan laporan kunjungan.

Bentuk Uraian Laporan
dapat disajikan dengan pola penyajian narasi deskripsi ekspositoris

laporan bersifat narasi
Uraian secara kronologis, yaitu berdasarkan rangkaian waktu. Isi laporan bersifat penceritaan atau pemaparan peristiwa tentang objek yang dilaporkanmisalnya, laporan perjalanan, laporan peliputan peristiwa, dan laporan berita (reportase). pengungkapan informasinya bermuatan 5 W + I H (what: apa, who: siapa, where: dimana, when: kapan, why: mengapa dan how: bagaimana).

laporan bersifat deskripsi
Terfokus pada penggambaran mengenai lokasi, tempat, dan bentuk fisik serta ciriciri objek yang dilaporkan.Misalnya, laporan pengamatan, laporan kunjungan, laporan observasi, dan sebagainya.

laporan bersifat ekspositoris
Berisi langkah-langkah kerja, proses kejadian, atau pemaparan mengenai tahapan-tahapan perkembangan objek yang dilaporkan, misalnya laporan penelitian,percobaan,pertanggungjawaban uraian pekerjaan yang menggunakan tahapan, dan sebagainya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->