P. 1
Tata Ruang Kantor, HOMEWORK

Tata Ruang Kantor, HOMEWORK

|Views: 4,580|Likes:
Published by paschalisgandhi

More info:

Published by: paschalisgandhi on Apr 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/14/2013

pdf

text

original

 Pengertian Tata Ruang Kantor adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan tentang penggunaannya secara terinci

dari ruangan tersebut untuk menyiapkan suatu praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak.  Tujuan 1. Mencegah penghamburan tenaga dan waktu para pegawai karena prosedur kerja dapat dipersingkat. Menjamin kelancaran proses pekerjaan yang bersangkutan. Memungkinkan pemakaian ruang kerja secara efisien. Mencegah para pegawai di bagian lain terganggu oleh publik yang akan menemui suatu bagian tertentu, atau oleh suara bising lainnya. Menciptakan kenyamanan bekerja bagi para pegawai. Memberikan kesan yang baik terhadap para pengunjung. Mengusahakan adanya keleluasaan.

2. 3. 4.

5. 6. 7. 

Azas-azas Pokok Tata Ruang Kantor 1. 2. 3. 4. Azas Jarak Terpendek Azas Rangkaian Kerja Azas Penggunaan Segenap Ruang Azas Perubahan Susunan Tempat Kerja 

Langkah-langkah dalam Menyusun Tata Ruang 1. Mengetahui hubungan satuan yang melaksanakan Tata Usaha dengan satuansatuan kerja lainnya. Mengetahui sifat pekerjaan (rahasia atau tidak rahasia) dan pelajari segenap pekerjaan, tentukan urutan-urutan pekerjaan, serta ketahui jumlah pegawai yang terlibat. Membuat gambar denah ruangan dengan memakai skala, cantumkan panjang dan lebar ruangan yang bersangkutan, serta beri tanda, tempat pintu, jendela dan lainnya.

2.

3.

4.

Susun letak meja kursi pegawai dan perabot lainnya, gunakan kertas warnawarni dengan ukuran tertentu, serta beri nomor kode masing-masing. Menyusun denah konsep tata ruang, dengan memperhitungkan kemungkinan perubahan.

5. 

Macam Tata Ruang Kantor 1. 2. 3. 4. Tata ruang kantor berkamar (Cubicle Type Offices). Tata ruang kantor terbuka (Open Plan Offics). Tata ruang kantor berhias atau berpanorama/bertanam (Land Scaped Offices) Tata ruang kantor yang merupakan gabungan antara bentuk tata ruang kantor berkamar, tata ruang kantor terbuka, dan tata ruang kantor berhias.

1.

Tata ruang kantor berkamar (Cubicle Type Offices) a. Keuntungan tata ruang kantor berkamar adalah : 1) 2) 3) Konsentrasi kerja lebih terjamin Pekerjaan yang bersifat rahasia, dapat lebih terjamin atau terlindungi. Untuk menambah kewibawaan, status pejabat sehingga selalu terpelihara adanya kewibawaan pejabat / pimpinan. Untuk menjamin keberhasilan kerja dan merasa ikut bertanggung jawab atas ruangan dan merasa ikut memiliki.

4)

b.

Kerugian tata ruang kantor berkamar : 1) Komunikasi langsung antar pegawai tidak dapat lancar, sehingga kesempatan untuk mengadakan komunikasi menjadi berkurang. Diperlukan biaya yang lebih besar untuk : biaya pemeliharaan ruangan, pengaturan penerangan dan biaya peralatan lainnya. Pemakaian ruangan kurang luwes apabila ada perubahan dan perkembangan organisasi. Mempersulit pengawasan. Memerlukan ruangan yang luas.

2)

3)

4) 5) 2.

Tata ruang kantor terbuka (Open Plan Offices) a. Keuntungan tata ruang kantor terbuka

1.

Mudah dalam : pengawasan, pengaturan cahaya, udara, pengaturan warna dan dekorasi. Luwes atau flexible apabila diperlukan perlubahan ruangan dan tidak memerlukan biaya tinggi. Mudah untuk mengadakan : hubungan langsung, pengawasan penyeragaman kerja dan pembagian peralatan kerja. Biaya lebih hemat atau murah untuk pemeliharaan : ruangan kerja, penggunaan kelengkapan ruangan dan peralatan, penggunaan telepon dan lain-lainnya.

2.

3.

4.

b.

Kerugian tata ruang kantor terbuka 1) 2) 3) 4) 5) Kemungkinan timbul atau terjadi kegaduhan atau kebisingan. Pegawai sulit untuk melakukan pekerjaan dengan penuh konsentrasi. Batas kedudukan antara pimpinan dan bawahan tidak nampak jelas. Pekerjaan yang bersifat rahasia sulit dilakukan. Kemungkinan nampak adanya tumpukan-tumpukan berkas atau kertas dan peralatan kerja lainnya, sehingga mengakibatkan pemandangan yang kurang baik. 

Lingkungan dan Kondisi Fisik Tata Ruang Perkantoran 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Penerangan / cahaya Tata warna Ventilasi / pengaturan udara Dekorasi Suara bising Musik Keamanan 

Pengaruh Warna Terhadap Perasaan Manusia Warna 1. Merah Sifat Dinamis, merangsang dan panas. 2. Kuning Keanggunan, bebas, hangat. Menimbulkan rasa gembira dan merangsang urat syaraf mata. Gang-gang jalan lorong Pengaruh Menimbulkan semangat kerja. Untuk Ruangan Pekerjaan sepintas lalu (singkat)

3. Biru

Tenang, tentram dan sejuk.

Mengurangi tekanan atau ketegangan.

Berfikir konsentrasi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->