P. 1
Organel Sel Tumbuhan Dan Hewan

Organel Sel Tumbuhan Dan Hewan

|Views: 602|Likes:
Published by aditayu26

More info:

Published by: aditayu26 on Apr 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/24/2012

pdf

text

original

PENGERTIAN SEL

Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis.

SEL HEWAN & TUMBUHAN

• Berbeda dengan sel hewan, sel tumbuhan memiliki beberapa kekhususan yang tidak ditemukan pada sel hewan. jika kamu perhatikan beberapa jenis hewan, baik invertebrate maupun vertebrata dapat melakukan pergerakan untuk berpindah-pindah dari tempat satu ke tempat lainnnya. Seekor harimau dengan sangat lentur berlari kencang mengejar mangsanya. Hal tersebut karena struktur satuan penyusun jaringan tubuhnya tidak kaku.

• Tumbuhan sama sekali tidak mampu

melakukan pergerakan dan bersifat menetap serta kaku. Perbedaan ini jelas menggambarkan bahwa komponen penyusun sel pada tumbuhan berbeda dengan penyusun sel pada hewan, tumbuhan mampu menghasilkan atau mensintesis makanan sendiri, sedangkan hewan sama sekali tidak mampu. Hal ini membuktikan bahwa komponen sel tumbuhan berbeda dengan hewan.

SEL TUMBUHAN VS SEL HEWAN Pada dasarnya, struktur penyusun sel pada tumbuhan dan hewan adalah sama. Namun ada beberapa organel sel yang terdapat pada tumbuhan namun tidak ditemukan pada sel hewan, dan sebaliknya. Perbedaan organel-organel tersebut antara lain:
NEXT

lisosom
SEL LEBIH KECIL

sentriol
BENTUK TIDAK TETAP

Vakuola lebih kecil/tak ada

Vakuola lebih besar

Bentuk tetap

Sel lebih besar

Dinding sel

kloroplas

SENTRIOL

Sentriol berperan dalam proses pembelahan sel

DINDING SEL
Dinding sel adalah struktur di luar membran plasma yang membatasi ruang bagi sel untuk membesar. Dinding sel merupakan ciri khas yang dimiliki tumbuhan, bakteri, fungi (jamur), dan alga, meskipun struktur penyusun dan kelengkapannya berbeda.
BACK

BACK

Kloroplas merupakan plastida yang mengandung klorofil

Lisosom merupakan organel sel bermembran yang hanya ditemukan pada sel hewan. Organel ini berisi enzim hidrolitik, misalnya lipase dan protease. Organel ini berfungsi dalam proses pencernaan intraseluler.
BACK

LISOSOM

PLASTIDA

KLOROPLAS

KROMOPLAS

LEUKOPLAS

DLL

KLOROFIL

WARNA SELAIN HIJAU

AMILOPLAS

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->