P. 1
budidaya tanaman jeruk

budidaya tanaman jeruk

|Views: 1,826|Likes:
Published by antheew

More info:

Published by: antheew on Apr 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/15/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Sejak zaman dahulu, tanaman jeruk sudah banyak dibudidayakan, walaupun hanya dengan teknik bercocok tanam secara tradisional. Sebab pada waktu itu buah jeruk sudah banyak disukai oleh masyarakat. Sesuai dengan perkembangan zaman dan meningkatnya permintaan buah jeruk, maka usaha budidaya tanaman jeruk mulai dilakukan secara intensif, sehingga produksinya dapat dilipatgandakan sehingga memenuhi kebutuhan pasar. Buah jeruk termasuk kelompok buah yang memiliki nilai ekonomis yang penting, sebab disamping bergizi tinggi, terutama vitamin C, buah jeruk juga dapat meningkatkan pendapatan petani. Dewasa ini usaha ± usaha untuk melipatgandakan berbagai jenis tanaman jeruk sudah dilakukan dengan menggunakan teknologi modern, antara lain menggunakan hasil penemuan bibit ± bibit jeruk jenis unggul yang tahan terhadap serangan penyakit CVPD. Demikian pula mengenai cara penanganan pasca panen seperti perlakuan buah dan perlakuan tanaman setelah panen, penggunaan pupuk secara efisien dan zat ± zat perangsang tumbuh akar, cabang, ranting dan buah. Disamping itu, juga dipergunakan teknik pemangkasan yang benar dan lain sebagainya. Namun belum semua petani jeruk melakukan teknologi ini karena keterbatasan pengetahuan dan pemahaman mereka. Sehubungan dengan hal tersebut, melalui karya tulis ini saya akan membahas beberapa hal mengenai Budidaya Tanaman Jeruk.

1.2 Rumusan Masalah Dari latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas dapatlah dirumuskan masalah penulisannya, yaitu :
y y y

Apa manfaat buah jeruk ? Cara menanam bibit jeruk ? Pemupukan tanaman jeruk?

1

1.3 Tujuan Penulisan Setiap kegiatan sudah tentu mempunyai tujuan. Dengan merumuskan tujuan yang jelas, akan memudahkan pengadaan penyusunan karya ini. Sebab tujuan tersebut akan memberi petunjuk langkah ± langkah yang harus ditempuh dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Adapun tujuan penyusunan karya tulis ini yaitu mengetahui dan memahami cara budidaya tanaman jeruk.

2

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Manfaat Buah Jeruk Buah jeruk bukan hanya dinikmati rasanya yang segar saja, melainkan buah jeruk juga sebagai pelepas dahaga dan sebagai buah pencuci mulut. Ternyata buah jeruk memiliki khasiat ganda, yaitu disamping dapat diolah menjadi minuman / makanan juga dapat dimanfaatkan untuk obat. Misalnya, jeruk nipis untuk menurunkan demam, dengan cara mengompreskan cairan jeruk di kening orang yang menderita sakit. Air buah jeruk juga dapat dipakai untuk tetes mata penyembuh radang, setelah dicampur dengan air bersih. Jeruk nipis juga dapat diperas dan dicampur dengan air panas untuk dijadikan minuman segar. Sehubungan dengan tingginya kadar vitamin C pada buah jeruk, maka jeruk dapat diolah menjadi tablet ± tablet vitamin C / dimakan langsung untuk menyembuhkan penyakit gusi berdarah dan penyakit influenza.

2.2 Cara menanam bibit jeruk Bibit jeruk yang akan kita budidayakan harus dipilih yang sungguh ± sungguh memiliki kualitas yang baik, sehingga akhirnya memberikan hasil yang memuaskan baik dari segi kuantitasnya maupun kualitasnya. Oleh karena pemilihan bibit jeruk sangat penting, terutama yang menyangkut keadaan fisik bibit dan jenis / varitas jeruk yang akan kita tanam, disamping factor ± factor lain yang menunjangnya, antara lain : 1. Keadaan Bibit 2. Menanam bibit jeruk dari keranjang 3. Mananam bibit cabutan 4. Menanam bibit cangkok 5. Menanam bibit putaran 6. Menanam jeruk pada media terbatas

3

2.3 Pemupukan tanaman jeruk Tanaman jeruk pada umumnya menyukai tanah yang cerul, yakni tanah yang mengandung banyak humus, sirkulasi udara bagus, mudah memperoleh O2, kaya akan bahan organis dan permukaan kadar air tanahnya agak dalam.

4

BAB III PENUTUP 3.1 Kesimpulan Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa tanaman jeruk sangat banyak manfaatnya seperti jeruk nipis untuk menurunkan demam. 3.2 Saran ± saran Dengan mengetahui beberapa manfaat dan cara pembudidayaan tanaman jeruk, kita dapat menerapkannya dan memanfaatkan dengan baik.

5

DAFTAR PUSTAKA AAK, Bertanam Pohon Buah ± buahan II, Kanisius, Yogyakarta 1975. AAK, Tanah dan Pertanian, Kanisius, Yogyakarta 1972.

6

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->