P. 1
PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA

PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA

|Views: 3,134|Likes:
Published by antheew

More info:

Published by: antheew on Apr 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/30/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah Di Indonesia, jumlah anak remaja yang terlibat dalam penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang (narkoba) semakin meningkat. Pada tahun 2006, angka pengguna narkoba nasional di Indonesia mencapai 3,2 juta orang dan 32% dari pengguna narkoba adalah pelajar dan mahasiswa. Angka – angka tersebut sangat memprihatinkan kita semua. Program pemerintah memberikan pendidikan kepada orang tua untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba tidak dapat ditunda lagi. Sudah saatnya bagi para orang tua mempersiapkan anak – anaknya menjadi generasi yang tangguh, berkepribadian dan bebas dari penyalahgunaan narkoba. Para orang tua perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang jenis – jenis narkoba dan bahayanya yang memungkinkan mendatangi anak – anak mereka dengan berbagai cara. Orang tua harus waspada dengan tanda – tanda pada anak yang rentan terhadap godaan narkoba. Sehubungan dengan hal tersebut, karya tulis ini akan membahas beberapa hal mengenai pencegahan penyalahgunaan narkoba sejak usia dini. 1.2 Rumusan Masalah Dari latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas dapatlah dirumuskan masalah penulisannya yaitu : • Bagaimana pendidikan pencegahan penyalahgunaan Narkoba dalam keluarga ? • Apa bahaya penyalahgunaan narkoba? • Usaha – usaha pencegahan penyalahgunaan narkoba ? 1.1 Tujuan Penulisan Dengan merumuskan tujuan yang jelas, akan memudahkan pengadaan penyusunan karya ini. Sebab tujuan tersebut akan member petunjuk langkah – langkah yang harus ditempuh dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Adapun tujuan penyusunan karya tulis ini yaitu “mengetahui dan memahami cara pencegahan penyalahgunaan narkoba”.

1

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pendidikan pencegahan penyalahgunaan narkoba dalam keluarga Pencegahan adalah semua tindakan atau kegiatan yang dilakukan untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diharapkan (antisipatif). Dengan pencegahan ini memungkinkan seseorang mempunyai ketahanan diri untuk menciptakan dan memperkuat lingkungannya guna mengurangi atau menghilangkan semua resiko terjadinya sesuatu. Pencegahan penyalahgunaan narkoba adalah segala upaya dan tindakan untuk menghindarkan orang memulai penggunaan narkoba, pencegahan meliputi : 1. Pendewasaan kepribadian 2. Peningkatan harga diri dan rasa percaya diri 3. Peningkatan kemampuan mengatasi masalah 4. Peningkatan kesehatan dan budaya hidup sehat baik fisik maupun mental Tujuan Pencegahan : a. Membantu seseorang untuk meningkatkan kemampuan menolak tekanan untuk menyalahgunakan narkoba. b. Meningkat kesadaran dan pengetahuan masyarakat dan keluarga tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan pencegahannya. c. Meningkatkan peran serta masyarakat dan keluarga dalam penanggulangan dan pencegahan masalah narkoba. Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah, bahkan seharusnya dicegah. Adalah lebih baik mencegah daripada mengobati. Justru dari sinilah peran orang tua atau keluarga yang sangat penting dalam pencegahan. Berikut ini ada beberapa langkah yang dapat dilakukan orang tua untuk mengurangi resiko anak menyalahgnakan narkoba. Tidak mungkin orang tua mencegah, jika orang tua tidak tahu apa yang harus dicegahnya. Ambillah kesempatan untuk mempelajari masalah narkoba. Dengan membaca, mendengarkan ceramah, berdiskusi dan pembahasan masalah narkoba di majalah, Koran atau pada program televise dan radio. Mengikuti seminar yang digelar untuk membahas masalah itu. Ikuti perkembangan masalah itu dari waktu ke waktu. 2.2 Bahaya penyalahgunaan narkoba Akibat dari penyalahgunaan narkoba yaitu rusaknya organ tibuh seperti hati, jantung, saraf, mata, kulit, dll. Selain itu dapat menimbulkan penyakit berbahaya yang sulit disembuhkan.

2

1.1

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan Dari hasil pembahasan di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa pencegahan penyalahgunaan narkoba dapat diawali melalui keluarga karena keluarga merupakan ruang lingkup yang lebih kecil. Dengan membuat tugas yang bermaterikan “Narkoba” siswa dapat mengetahui upaya dan tindakan untuk menghindarkan orang memulai penggunaan narkoba dan tujuan pencegahannya serta penyalahgunaan narkoba. 3.2 Saran – saran Sebagai tindak lanjut, ada beberapa saran yang dapat dikemukakan sebagai berikut 3.2.1 pendidikan tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba lebih ditekankan lagi. 3.2.2 Sebaiknya orang tua lebih memperhatikan kebutuhan dan perkembangan anaknya.

3

DAFTAR PUSTAKA

Pribadi, Sikun. 1981. Pentingnya pendidikan keluarga dan kesalahan – kesalahan yang sering diperbuat. Media Keluarga Bijaksana No. 12. Bandung : Yayasan Sekolah Istri Bijaksana. Darwis, Syamhrudin. 1999. Mari bersatu memberantas bahaya penyalahgunaan narkoba (NAZA). Jakarta : BP.

4

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->