P. 1
Perbedaan Dan Persamaan Public Relations

Perbedaan Dan Persamaan Public Relations

|Views: 5,622|Likes:
Published by Tysa Sariosa

More info:

Published by: Tysa Sariosa on Apr 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/18/2013

pdf

text

original

PUBLIC RELATIONS, PERIKLANAN, DAN PROMOSI

A. DEFENISI PUBLIC RELATIONS, PERIKLANAN, DAN PROMOSI

Defenisi Public Relations , antara lain : 1. Menurut IPR (Institute of Public Relations) Public Relations adalah keseluruhan upaya yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik (goodwill) dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya.

2. Menurut Frank Jefkins Public Relations adalah semua bentuk komunikasi yang terencana baik itu ke dalam maupun ke luar antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.

Pengertian periklanan : 1. Menurut Institute of Practitioner in Advertising (IPA) adalah kegiatan mengupayakan suatu pesan penjualan sepersuasif mungkin kepaada calon pembeli yang paling tepat atas suatu produk atau jasa tertentu dengan biaya yang semurah murahnya. 2. Menurut American Marketing Association (AMA) menyatakan iklan adalah stiap bentuk penyajian dan promosi mengenai gagasan, barang atau jasa kepada khalayak (non personal) oleh sponsor yang jelas, dan untuk itu dikenakan pembayaran. Dari defenisi tersebut terdapat empat unsur penting yang membedakan iklan dengan bentuk komunikasi lain,yaitu: 1. Gagasan , barang, dan jasa Iklan sangat terkait dengan barang atau jasa telah jelas, namun iklan bisa juga merupakan presentasi dari gagasan 2. Khalayak/non personal

Mengingat iklan ditayangkan melalui media massa, tentu calon konsumen atau khalayak yang terterpa iklan adalah khalayak non personal atau heterogen. 3. Sponsor yang jelas Tertera sponsor secara nyata menjadikan iklan berbeda dengan propaganda karena apa yang termuat dalam pesan iklan dapat dipertanggungjawabkan oleh sponsor. 4. Pembayaran Iklan dipasang di media, maka dikenai biaya pembayaran kepada lembaga sponsor yang memasang iklan, namun utnuk hal terakhir ini ada pengecualian untuk iklan layanan masyarakat. Defenisi Promosi antara lain : 1. Menurut William J.Stanton Promotion is an exercise in information, persuasion, and communication.

2. Menurut Harper Promosi adalah suatu program terkendali dan terpadu dari metode komunikasi material perusahaan atau produk yang dapat memuaskan konsumen, mendorong penjualan serta memberi kontribusi pada kinerja laba perusahaan.

Tujuan Promosi, antara lain : 1. 2. 3. 4. 5. 6. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

B. PERSAMAAN PUBLIC RELATIONS , PERIKLANAN, DAN PROMOSI

k Public relations, periklanan, maupun promosi sama-sama menggunakan

media untuk mencapai tujuannya baik media massa, media cetak, media elektronik, dan media komunikasi lainnya.
k

C. PERBEDAAN PUBLIC RELATIONS, PERIKLANAN, DAN PROMOSI

1. PUBLIC RELATIONS DAN PERIKLANAN

Adapun perbedaan public relations dan periklanan antara lain :
k Public relations merangkum kegiatan-kegiatan yang jauh lebih luas

daripada

kegiatan-kegiatan

periklanan

yakni

menyangkut

seluruh

komunikasi yang berlangsung pada sebuah organisasi. Sedangkan periklanan hanya terbatas pada bidang atau fungdi pemasaran saja.
k Anggaran biaya public relations lebih kecil dibandingkan periklanan. k Semua organisasi belum tentu melaksanakan periklanan, tetapi semua

organisasi tidak dapat lepas dari public relations.
k public relations meliputi semua orang dan segala sesuatu, sementara iklan

terbatas pada hal-hal yang berkaitan dengan fungsi penjualan dan pembelian seperti promosi produk, penyediaan pasokan, dan perekrutan staf atau pengumuman hasil perdagangan.
k Secara finansial, biro-biro iklan menerima komisi dari berbagai media

(tempat dimana iklan itu dipasang) atas kolom surat kabar dan majalah maupun waktu siaran dari TV dan radio yang mereka beli. Sedangkan perusahaan yang bergerak khusus di bidang public relations atau biro-biro konsultasi public relations profesional (lazim disebut konsultan) hanya memperoleh penghasilan dengan menjual waktu dan keahlian yang mereka miliki.

2. PUBLIC RELATIONS DAN PROMOSI Perbedaan public relations dan promosi antara lain :
k

3. PERIKLANAN DAN PROMOSI
k Periklanan menawarkan suatu produk kepada konsumen dengan cara

mengemukakan alasan supaya membeli, sedangkan promosi penjualan menawarkan suatu produkdengan cara memberikan perangsang supaya

membeli. Perangsang ini bisa berupa uang, barang atau pelayanan tambahan lainya yang biasanya tak disertakan bersama produk tersebut.
k Periklan berupaya untuk mengkomunikasikan pesan penjualan, sedangkan

promosi penjualan meawarkan hadiah, pada periode waktu tertentu, supaya konsumen membeli barang/jasa yang ditawarkan.
k Periklanan seringkali digunakan untuk membangun citra merk produk,

sedangkan promosi penjualan berorentasi pada tindakan (action) Tujuannya adalah penjualan segera.
k Periklanan senantiasa menambahkan nilai presepsi pada suatu merk, akan

tetapi promosi penjualan menambahkan nilai sebenarnya dalam upaya menciptakan penjualan.
k Dari segi aksinya, periklanan umumnya lebih baik digunakan dalam

membangun kesadaran ( awareness) akan merk, dan dalam memposition merk diantara para pesaingnya. Sementara promosi penjualan lebih kuat dalam menstimulasi pembelian produk baru, dan jauh lebih efektif dalam mengembangkan distribusi suatu produk, serta membantu membujuk konsumen untuk ³menyetok ´ merk tertentu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->