P. 1
Headstand

Headstand

|Views: 1,062|Likes:
Published by Rhyna_Chuka_Dd_5360

More info:

Published by: Rhyna_Chuka_Dd_5360 on Apr 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/01/2010

pdf

text

original

Headstand

Kepala berdiri adalah suatu sikap yang merupakan pembalikan sikap berdiri kepala. Teknik ini digunakan dalam situasi yang berbeda. Tekhnik headstand: 1. Berdiri dengan Kepala (Headstand) adalah sikap tegak dengan bertumpu pada kepala dan ditopang oleh kedua tangan. Sikap permulaan membungkuk bertumpu pada dahi dan tangan. Dahi dan tangan membentuk segitiga sama sisi. Angkat tungkai ke atas satu per satu bersamaan. Untuk menjaga agar badan tidak mengguling ke depan, panggul ke depan, dan punggung membusur. Berakhir pada sikap badan tegak, dan tungkai rapat lurus ke atas. Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan : saat melakukan headstand yaitu: : a. Penempatan kedua tangan dan kepala tidak membentuk titik-titik segitiga sama sisi. b. Kekakuan pada leher, sendi bahu, perut, pinggang, dan paha. c. Otot-otot leher, sendi bahu, perut, pinggang, dan paha kurang kuat. d. Akibat dari poin b dan c diatas menyebabkan kurangnya koordinasi dan keseimbangan e. Alas dasar/lantai tempat kepala bertumpu terlalu keras sehingga menimbulkan rasa sakit. f. Terlalu cepat/kuat pada saat menolak g. Sikap tangan yang salah, yaitu jari tangan tidak menghadap kedepan Cara memberi bantuan dalam gerakan headstand yaitu : Karena panggul menjadi titik berat yang utama dalam bentuk sikap berdiri dengan kepala, maka bantuan yang utama adalah :

Mengangkat dan menarik panggul Menopang panggul bagi pelaku yang dapat memindahkan panggul kedepan Memegang dan menahan kedua kaki pelaku, pegang pada ujung pergelangan kaki dan belakang paha atau panggul

Handstand
2. Berdiri Atas Tangan (Handstand) Cara melakukan gerakan handstand yaitu: Berdiri tegak kaki diceraikan ke muka dan belakang.

Bungkukkan badan, tangan menumpu selebar bahu, lengan lurus, pandangan agak ke depan, pantat diangkat setinggi-tinginya, tungkai ke depan bengkok, sedang tungkai belakang lurus. Ayunkan tungkai belakang ke atas diikuti tungkai yang lain. Kedua tungkai rapat clan lurus, membentuk satu garis dengan badan dan lengan. Pertahankan keseimbangan Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat melakukan gerakan handstand yaitu : Pinggang terlalu melenting Kepala kurang menengadah Siku-siku bengkok Penempatan tangan dilantai kurang atau terlalu lebar. Arah jari tangan tidak kedepan dan jari tangan terlalu rapat Ayunan kaki keatas kurang baik (terlalu atau kurang kedepan dan lutut diobengkokkan) g. Pada saat melemparkan kaki keatas bahu mundur kebelakang dan kepala kurang menengadah Menegangkan otot leher, bahu atau pinggang, sehingga menghambat gerakan. Kurang usaha mempertahankan sikap handstand untuk beberapa saat, sehingga cepat roboh. Waktu roboh melepaskan tangan tumpuan atau tidak menekuk kepala (untuk mengguling ke depan). Cara memberikan bantuan handstand yaitu: a. Menopang/menahan panggul, belakang paha, kedua pergelangan kaki, dan bahu si pelaku.

b. Bantuan dengan menopang pada bahu dilakukan untuk pelaku yang bahu, lengan, dan tangannya belum cukup kuat. c. Bagi siswa yang belum dapat atau sukar melempar/mengayun satu kaki ke atas, dapat dilakukan pada tembok dengan dibantu mengangkat satu kaki.

Tugas Penjas Headstand dan Handstands

NAMA :BA’DIATUS KELAS :9BHE… NO : 10

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->