P. 1
Survey Pemetaan Laporan

Survey Pemetaan Laporan

|Views: 1,464|Likes:
Published by Aprizon

More info:

Published by: Aprizon on Apr 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/18/2013

pdf

text

original

Laporan

Survey Pemetaan Kelompok 44 (Kelurahan Olo, Kecamatan Padang Barat)

Oleh :

Aprizon Putra (89059.07) Hendra Neziar (89091.07) Novi Nurman (89053.07)
Dosen Pembina:

Arie Yulfa, ST Dra. Endah Purwaningsih

Program Studi Pendidikan Geografi

JURUSAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU-ILMU SOCIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2010

1.1 PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Dalam pembuatan peta yang dikenal dengan istilah pemetaan dapat dicapai dengan melakukan pengukuran-pengukuran di atas permukaan bumi yang mempunyai bentuk tidak beraturan. Pengukuran-pengukuran dibagi dalam pengukuran yang mendatar untuk mendapat hubungan titik-titik yang diukur di atas permukaan bumi (Pengukuran Kerangka Dasar Horizontal) dan pengukuran-pengukuran tegak guna mendapat hubungan tegak antara titik-titik yang diukur (Pengukuran Kerangka Dasar Vertikal) serta pengukuran titik-titik detail. Kerangka dasar pemetaan pada mata kuliah survey pemetaan adalah kawasan yang rusak akibat Pasca gempa Sumbar pada 30 september 2009 khususnya Kota Padang yang dimulai dari : a) Kelurahan Flamboyan Baru, Kecamatan Padang Utara di utara kota Padang, b) Kelurahan Ujung Gurun, Kecamatan Padang Timur di timur Kota Padang c) Kelurahan Olo, di Kecamatan Padang baratdi Barat Kota Padang d) Kelurahan Berok Nipah, Kecamatan Padang Selatan di Selatan Kota Padang Pembagian zone survey ini merupakan bagian pekerjaan pengukuran dan pemetaan dari satu kesatuan paket perkuliahan dilapangan. Titik-titik kerangka dasar pemetaan yang akan ditentukan lebih dahulu ialah koordinat dan ketinggiannya itu dibuat tersebar merata dari Utara ke selatan dengan kerapatan tertentu, permanen, mudah dikenali dan didokumentasikan secara baik sehingga memudahkan penggunaan selanjutnya. B. TUJUAN Kegiatan survey pemetaan dengan system Digital SIG (Arc View bertujuan memberikan keterampilan kepada Mahasiswa untuk dapat mengoptimalkan keterampilan dalam pembuatan peta digital dengan solfware-solfware ARC GIS (ESRI Arc View), khususnya dalam memberikan informasi dalam bentuk Line (Garis), Point (Titik) dan Polygon (luasan) yang disatukan dalam sebuah informasi geografi pada suatu wilayah yang dijadikan titik objek analisis khususnya dalam kegiatan Survey yang dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Geografi yang langsung turun kelapangan untuk melakukan pengamatan. Selain memberikan keterampilan kepada Mahasiswa Jurusan geografi dalam pengaplikasian program Arc GIS dalam pemetaan, Survey ini juga bertujuan untuk memenuhi tugas pada mata kuliah survey pemetaan yang di berikan oleh dosen mata kuliah survey pemetaan.

1.2 TINJAUAN PUSTAKA A. DASAR TEORI Pemetaan dapat didefinisikan sebagai suatu proses terpadu yang mencakup pengumpulan, pengolahan dan visualisasi dari data spasial (keruangan). Data spasial umumnya didefinisikan sebagai data keruangan yang terkait dengan permukaan Bumi (termasuk dasar laut) serta obyek, fenomena dan proses yang berada, terjadi atau berlangsung di atasnya. Produk suatu proses pemetaan adalah suatu informasi spasial yang dapat divisualisasikan dalam bentuk atlas (kertas maupun elektronis), peta (kertas maupun dijital), basis data digital maupun Sistem Informasi Geografis (SIG). Dalam konteks pembangunan daerah, informasi spasial yang berkualitas, dalam artian yang benar, komplit, detil dan up-to-date, akan sangat bermanfaat bagi pemerintah daerah dalam mendukung proses perencanaan, pelaksanaan, pengembangan dan pengendalian pembangunan di wilayah pemerintahannya khususnya pembangunan setelah kejadian bencana alam pasca gempa bumi 30 september 2009. Tanpa adanya informasi spasial yang berkualitas tinggi tersebut maka penataan ruang yang amburadul, eksploitasi sumber daya alam (SDA) yang terkesan rakus dan tanpa arah, perusakan dan pencemaran lingkungan yang kurang terpantau, serta kedatangan bencana alam (seperti gempa, banjir dan longsor) Oleh sebab itu dalam konteks pembangunan daerah, keberadaan informasi spasial yang berkualitas, dalam segala bentuknya, adalah suatu keharusan ketimbang suatu kemewahan. Beberapa metode dalam survey bagi mahasiswa Geografi yang mengambil mata kuliah survey pemetaan yang di diimplementasikan dengan melakukan pemetaan daerah pasca gempa di Kota Padang yaitu : 1. Pembagian kelompok 44 yang terdiri 3 orang dalam satu kelompok. 2. Setiap kelompok diberi tugas menurut arahan ketua kelompok yaitu, Untuk pemotretan infrastruktur bangunan, pengamatan peta, pembagian wilayah survey, pencatatan keterangan dilapangan dan penggunaan kompas menurut peta dan dilapangan. 3. pengumpulan data survey. 4. Pengolahan dalam bentuk database dalam Microsoft excel, SPSS atau Microsoft Access. 5. Mengubah format foto untuk tambilan keterangan (JPG ke BMP) 6. Pengaplikasian Program ESRI Arc View.

B. ALAT DAN BAHAN 1) Alat :    Camera Digital Flash disk Kompas

2) Bahan:   Peta Infrastruktur bangunan Kota Padang Pasca Gempa Angket

C. PENGOLAHAN DATA SURVEY PEMETAAN DALAM ARC VIEW ESRI Komponen-komponen dalam ESRI ARC VIEW a) Perangkat keras Berupa komputer beserta instrumennya (perangkat pendukungnya) Data yang terdapat dalam ARC VIEW SIG diolah melalui perangkat keras. Perangkat keras dalam SIG terbagi menjadi tiga kelompok yaitu: 

Alat masukan (input) sebagai alat untuk memasukkan data ke dalam jaringan komputer. Contoh: Scanner, digitizer, CD-ROM. Dan data Excel yang di format DPF IV atau Microsoft Access 2007.

Alat pemrosesan, merupakan sistem dalam komputer yang berfungsi mengolah, menganalisis dan menyimpan data yang masuk sesuai kebutuhan, contoh: CPU, tape drive, disk drive.

Alat keluaran (ouput) yang berfungsi menayangkan informasi geografi sebagai data dalam proses SIG Survey pemetaan, contoh: printer.

gambar 1: skema Perangkat keras (hardware)

Data survey pemetaan melalui unit masukan (digitizer, scanner, CD-ROM dan camera) dimasukkan kekomputer/laptop. Data yang telah masuk akan diolah melalui CPU (pusat pemrosesan data), dan CPU ini dihubungkan dengan:    Unit penyimpanan (disk drive, tape drive) untuk disimpan dalam disk atau flash disk. Unit keluaran (printer) untuk dicetak menjadi data dalam bentuk peta. VDU (layar monitor) untuk ditayangkan agar dapat dikontrol oleh para pemakai dan programmer (pembuat program)

b) Perangkat lunak (software) Perangkat lunak, merupakan sistem modul yang berfungsi untuk memasukkan, menyimpan dan mengeluarkan data yang diperlukan.

gambar 2: skema Perangkat lunak (solfware)

Data hasil survey pemetaan (data lapangan, peta) dijadikan satu menjadi data dasar geografi. Data dasar tersebut dimasukkan kecomputer/laptop melalui unit masukan untuk disimpan dalam disket, CD atuapun flash disk. Bila diperlukan data yang telah disimpan tersebut dapat ditayangkan melalui layar monitor atau dicetak untuk bahan laporan (dalam bentuk peta/ gambar). Data ini juga dapat diubah untuk menjaga agar data tetap aktual (sesuai dengan keadaan sebenarnya).

c) Intelegensi manusia / Penyaji data / pengolah data (brainware) Brainware merupakan kemampuan manusia dalam pengelolaan dan pemanfaatan SIG secara efektif. Bagaimanapun juga manusia merupakan subjek (pelaku) yang mengendalikan seluruh sistem, sehingga sangat dituntut kemampuan dan penguasaannya terhadap ilmu dan teknologi. Selain itu diperlukan pula kemampuan untuk memadukan pengelolaan dengan pemanfaatan Arc View, agar SIG dapat digunakan secara efektif

dan efisien. Adanya koordinasi dalam pengelolaan SIG sangat diperlukan agar informasi yang diperoleh tidak simpang siur, tetapi tepat dan akurat. Berikut ini disajikan skema dari komponen-komponen dalam SIG.

C. PENUTUP Demikian secara sepintas laporan tentang cara-cara menginstal program ArcView, dan pengolahan data (Excel dan format foto jpg-bmp) survey pemetaan pada mata kuliah survey pemetaan, disarankan untuk langsung mencobanya di depan komputer atau laptop sambil melihat petunjuk langkah demi langkah untuk memudahkan pemahaman.

Daftar Bacaan:   Romenah. Eko Rahardjo Tri, Budiastuti Umi , 2002 : system informasi geografi. Akses google PDF 2010 Suprapto Anjar , 2007 : arcview 3.2. gis instalasi software. Akses google PDF 2010

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->