P. 1
Geografi Regional Dunia Makalah Amerika Utara

Geografi Regional Dunia Makalah Amerika Utara

5.0

|Views: 7,481|Likes:
Published by Aprizon

More info:

Published by: Aprizon on Apr 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2013

pdf

text

original

AMERIKA UTARA

(NORTH AMERICAN)

MAKALAH
Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) / GEO 140

GEOGRAFI REGIONAL DUNIA

Oleh: Kelompok VI

1. Aprizon Putra (89059) 2. Arsida Nur (89174) 3. Putri Diana (89085)
Dosen Pembina :

Dra.H.Kamila Latif, MS

JURUSAN GEOGRAFI
FAKULTAS ILMU-ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2009
Aprizon Putra (89059.2007)

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis dan rekan-rekan dari kelompok VI panjatkan kepada Allah SWT, serta Nabi Junjungan Nabi Muhammmad SAW yang telah melimpahkan rahmat dan kurnia-Nya serta taufik dan hidayah-Nya, sehingga kami dari kelompok IV dapat menyusun dan menyelesaikan makalah dengan judul Amerika Utara dan Negara-negara Bagiannya. Makalah ini ditulis dalam rangka memenuhi salah satu syarat untuk mata kuliah Geografi Regional Dunia pada Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang. Kami dari kelompok IV mendapat kesempatan untuk mempersentasekan makalah ini karena mencakup Regional Dunia dan juga pembagian kelompok tugas diskusi Geografi Regional Dunia dan juga pemahaman bagi kami beserta forum diskusi untuk lebih mengetahui tentang keadaan umum benua Amerika khususnya Amerika bagian utara beserta negara-negara bagiannya, fisiografi, sosial budaya, ekonomi serta hubungannya dengan Indonesia. Akhirnya penulis berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi setiap pembaca. Amiin yaa rabbal aalamiin.

Padang, 13 November 2009

Penulis

Aprizon Putra (89059.2007)

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.................................................................................... DAFTAR ISI................................................................................................... PETA................................................................................................................ BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah ................................................................... B. Rumusan Masalah............................................................................. C. Tujuan Penelitian .............................................................................. D. Manfaat Penulisan............................................................................. BAB II PEMBAHASAN A. Kondisi Umum Benua Amerika Bagian Utara ................................. B. Beberapa Negara Di Benua Amerika Bagian Tengah ...................... a. Canada ........................................................................................ b. Amerika Serikat .......................................................................... c. Mexico ........................................................................................ BAB III PENUTUP A. Kesimpulan ....................................................................................... B. Saran ................................................................................................. PERTANYAAN DAFTAR PUSTAKA

i ii 6 1 1 1 1

2 2 7 9 11

14 14

Aprizon Putra (89059.2007)

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Konsep regional, seperti yang telah banyak dikemukakan oleh para ahli Geografi, merupakan suatu konsep yang mempelajari suatu wilayah Geografi. Suatu region ukurannya bervariasi, dari yang sangat luas sampai luasnya terbatas. Yang menjadi patokan adalah region harus memiliki karakteristik tertentu, memiliki kekhususan, yang dapat dibedakan dari region, wilayah lainnya. Geografi Regional Dunia merupakan ilmu pengetahuan yang membahas atau mempelajari gejala-gejala dan kenyataan-kenyataan geografi dunia dalam hubungannya dengan berbagai aspek kehidupan di dunia tentunya.

B. Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah pada makalah ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana keadaan alam, iklim, danau, sungai di Amerika Utara. 2) Bagaimana keadaan fisiografi di Amerika Utara 3) Bagaimana keadaan penduduk, penyebaran kelompok etnis, bahasa, bangsa, budaya, dan keagamaan di negara tersebut 4) Bagaimana keadaan ekonomi, pemerintahan dan sejarahnya

C. Tujuan Penulisan Makalah Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas persentase kelompok pada mata kuliah Geografi Regional Dunia Tentang Amerika Utara dan negara bagiannya.

D. Manfaat Penulisan Makalah

Aprizon Putra (89059.2007)

Manfaat dari penyusunan makalah ini adalah kita dapat mengetahui tentang keadaan Amerika Utara beserta negara bagiannya. Serta informasi lengkap mengenai negara-negara yang berada pada bagian Amerika Utara tersebut. BAB II PEMBAHASAN

1.1 KONDISI UMUM BENUA AMERIKA BAGIAN UTARA 1. Luas wilayah Benua Amerika bagian Utara. Benua ini meliputi wilayah sebesar 24.500.000 km² atau sekitar 4,8% dari permukaan bumi. 2. Letak astronomis Benua Amerika bagian utara. Letak Astronomisnya adalah 590 LS - 720 LU dan 360 BB - 1630 BT. 3. Letak geografis Benua Amerika Bagian Utara. Amerika Utara adalah benua di belahan bumi utara. Benua Amerika Bagian Utara adalah benua ketiga yang paling besar menurut luas, setelah Asia dan Afrika dan Benua ini keempat menurut penduduk setelah Asia, Afrika, dan Eropa. Baik Amerika Utara dan Selatan dinamakan menurut Amerigo Vespucci, yang adalah orang Eropa pertama yang melontarkan gagasan bahwa Amerika tidak sama dengan Hindia Timur. Ia adalah orang Eropa pertama yang menemukan 'Dunia Baru'. (www.wikipedia.com) 4. Batas-batas Benua Amerika Bagian Utara.  Di sebelah utara berbatasan dengan Lautan Arktik  Di sebelah timur dengan Samudra Atlantik Utara  Di sebelah selatan dengan Laut Karibia  Di sebelah barat dengan Samudra Pasifik Utara 5. Bentang alam Benua Amerika bagian Utara.

Aprizon Putra (89059.2007)

Benua Amerika bagian utara mempunyai bentang alam yang beragam, di antaranya sebagai berikut:  Di pantai barat Benua Amerika Bagian utara membajar dari selatan, yaitu Dataran Tinggi Mexico dengan puncak tertinggi yaitu gunung Citlaltepeti (5700 m) yang memanjang sepanjang Negara Mexico, Dataran Tinggi Colorado Di Amerika Serikat dengan Danau Guest salt dengan Gunung Whitney (4418 m) sebagai gunung tertinggi di Amerika Serikat serta gunung elbert, gunung hardvard dan gunung blanca. Pergunungan Rocky yang memanjang dari utara keselatan negara Kanada dan di Bagian Utara paling ujung daerah bagian Alaska dengan semenanjung Alaska pegunungan tersebut di sebut Rocky Mountains. pegunungan ini juga terdapat Gunung tertinggi Amerika Bagian utara yaitu Gunung Mc. Kinley (6194 m) dan Gunung Saint Elias di semenanjung Alaska. Gunung logan dan gunung Wadingkton diKanada. Pegunungan diBenua Amerika bagian utara termasuk deretan pegunungan Sirkum Pasifik yang gunung berapinya masih tergolong gunung yang aktif.  Di pantai timur Amerika bagian utara terdapat rangkaian pegunungan tua seperti Pegunungan Appalachia yang membentang dari Amerika Serikat sampai

keperbatasan Kanada. Pegunungan ini kemudian bersambung dengan Dataran Tinggi Laurentian diKanada yang merupakan pegunungan ujung paling timur yang terletak di Amerika Utara.  Di pantai Utara Amerika Bagian Utara terdapat dataran rendah dengan di aliran sungai Missisipi yang mengalir dari daerah bagian New Orleans sampai kedanau Michican, danau Huron, danau Eire dan Ontario yang merupakan danau yang terletak diperbatasan negara Amerika Serikat dan Kanada. Hubungan tanah satu-satunya dari Amerika Utara ke Amerika Selatan ialah tanah genting Panama. (untuk alasan geopolitik, seluruh Panama termasuk timur bagian Terusan Panama sering dianggap sebagai sebagian Amerika Utara juga) menurut beberapa pakar, Amerika Utara mulai tidak di tanah genting Panama tetapi di tanah genting Tehuantepec, dengan daerah menghalangi dianggap Amerika tengah dan bersandar pada lempingan Caribbean.

Aprizon Putra (89059.2007)

Kebanyakan orang cenderung menganggap Amerika Tengah sebagai daerah Amerika Utara karena mereka berpendapat bahwa ini terlalu kecil untuk menjadi benua sendiri.  Dibagian selatan Amerika Bagian Utara terdapat 5 kepulauan besar di Benua Amerika, yaitu Kepulauan Parry, kepulauan Melville, kepulauan Queen Elizabeth, Kepulauan Axel Heibal dan Kepulauan Sverdup yang berbatasan dengan Grendland dengan dipisahkan oleh selat davis. Greenland walaupun merupakan bagian Amerika Utara secara geografis dan di atas lempingan tektonik sama (lempingan Amerika Utara), Greenland tidak dianggap bagian benua ini secara politis. (Encarta Encyclopedia, 2006) 6. Iklim Benua Amerika bagian Utara.  Sub tropis. Di sekitar Tanjung Kennedy dan dataran rendah Missisipi.  Iklim subtropis: terdapat di kawasan Amerika Serikat (Amerika Utara)  Iklim dingin: terdapat di bagian Utara, yaitu di Alaska(Amerika Serikat) dan bagian Utara Kanada. (Encarta Encyclopedia, 2006) 7. Flora dan fauna Benua Amerika. Flora di kawasan Amerika Utara didominasi oleh padang rumput hijau (prairi) yang kini telah dimanfaatkan untuk lahan pertanian yang subur. Selain itu, terdapat pula tumbuhan khas daerah tundra berupa hutan konifera (berdaun jarum) dan tumbuhan semusim lainnya. Fauna di kawasan Amerika Utara didominasi oleh bison, beruang kutub, penguin, dan ikan salmon. (Encarta Encyclopedia, 2006) 8. Keadaan penduduk Benua Amerika. Penduduk asli Amerika adalah orang Indian dan Eskimo mereka diperkirakan berasal dari Asia yang datang melalui Selat Bearing dalam perkembangannya, orang Eskimo mendiami kawasan Utara yang dingin. (Encarta Encyclopedia, 2006) Pada tahun 2001, jumlah penduduknya sebesar 841.000.000 Jiwa. Dengan pembagian sebagai berikut: 1. Penduduk asli. Yaitu orang Indian, Eskimo, dan orang Indo.

Aprizon Putra (89059.2007)

2. Imigran dari Eropa barat. Antara lain Inggris, Perancis, Spanyol (Mexico), Portugal, dan Belanda.

9. Bahasa di Benua Amerika bagian Utara Dibenua amerika bagian utara. Bahasa yang digunakan umumnya bahasa Inggris. Khusus amerika serika dan kanada. (Encarta Encyclopedia, 2006) 10. Karakteristik Benua Amerika bagian utara  Benua Amerika bagian utara merupakan benua yang berbentuk meridian (memanjang dari Utara - Selatan).  Benua Amerika bagian utara memiliki ngarai terbesar di dunia, yaitu Grand Canyon di Colorado, Arizona.  Hoolywod merupakan kota Industri perfilm terbesar di Dunia yang berada di Negara Amerika Serikat.  Benua Amerika bagian utara memilki salah satu sungai terpanjang di Dunia yaitu sungai Massisipi (6.020 km). (Encarta Encyclopedia, 2006)

Aprizon Putra (89059.2007)

Aprizon Putra (89059.2007)

1.2 BEBERAPA NEGARA DI BENUA AMERIKA BAGIAN TENGAH
1. Kanada Kanada merupakan negara terbesar pertama di Benua Amerika dan terluas kedua di bumi dalam segi luas wilayah. Ibukota Kanada adalah Ottawa.     Luas wilayah : 9.922.330 KM2. Letak astronomis : 500 LU-800 LU dan 200 BB-1400 BB. Letak geografis : Terletak di antara Samudera Arktik dengan Amerika Serikat, dan Samudera Pasifik dan Alaska dengan Samudera Atlantik. Batas-batas Negara :     Utara adalah Samudera Arktik. Timur adalah Samudera Atlantik dan Greenland. Selatan adalah Amerika Serikat. Barat adalah Samudera Pasifik dan Alaska. Bentang alam : Dapat dibagi menjadi enam.        Perisai Kanada. Merupakan kawasan terluas. Dataran rendah ST Laurent. di timur Perisai Kanada. Danau-danau besar. di timur Perisai Kanada. Pegunungan Apalacia Kanada. Merupakan pegunungan tua. Dataran luas pegunungan Rocky. Terletak di sebelah barat. Kawasan Arktik. Terletak di utara berupa pulau-pulau.

Iklim : Iklimnya ada empat yaitu.  Iklim tundra. Terdapat di pantai utara Kanada.  Iklim laut. Terdapat di pesisir Kanada barat.  Iklim continental. Terdapat di pedalaman Kanada selatan.  Iklim sub arktik. Terdapat di Kanada bagian tengah.

Keadaan penduduk :

Aprizon Putra (89059.2007)

Pada tahun 2001, jumlah penduduknya 31.000.000 jiwa. Pertumbuhan penduduknya 0,8% per tahun, dan kepadatan penduduknya 3 jiwa/KM2. Penduduk Kanada terdiri atas.  Penduduk asli. Terdiri atas orang Indian, Mestizo, dan Eskimo.  Penduduk pendatang. Terdiri atas Orang Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Portugal, Belanda, Cina, Ucraina, dll.  Bentuk pemerintahaan : Republik federal, kepala negara dijabat oleh Ratu Inggris yang diwakili oleh seorang Gubernur Jenderal dan kepala pemerintahaannya adalah seorang Perdana Menteri.      Bahasa resmi : Bahasa Inggris dan Perancis. Nama resmi : _ Mata uang : Dolar Kanada. Agama : Kristen katholik, Protestan, Islam, hindu, budha. Kegiatan ekonomi : Kegiatan ekonominya antara lain.  Pertanian. Hasilnya adalah gandum, jagung, kentang, lobak, dan buahbuahan.  Peternakan. Hasilnya adalah keju dan daging.  Perikanan. Hasilnya adalah Ikan salem.  Kehutanan. Hasilnya adalah Kayu, kertas, kapal.  Pertambangan, Hasilnya adalah Nikel, radium, perak, emas, biji besi, minyak bumi, batu bara, potas, dll.  Perindustrian. Industrinya adalah Industri helicopter, alumunium, karet sintetis, pengilangan minyak, dll.  Perdagangan. Ekspornya adalah Gandum, barang tambang dan hasil logam, etilena, dll. Sedangkan impornya adalah barang tenun dan tekstil, minyak bumi dan hidro carbon, kaus kaki, karet, dll.  Transportasi. Jaringan transportasi di Kanada sudah baik.  Pariwisata. Objek wisatanya antara lain Air terjun Niagara dan taman nasional serta tempat bersejarah.  Kebudayaan :

Aprizon Putra (89059.2007)

Kebudayaan di Kanada sangat beragam yaitu antara kebudayaan asli penduduk asli dengan kebudayaan yang dibawa oleh imigran dari luar Kanada. Kesenian di Kanada sudah maju yaitu dengan bukti dengan adanya pusat kesenian Ottawa. Di tiap-tiap provinsi di Kanada mempunyai system pendidikan sendiri.  Bentuk kerjasama Kanada dengan Indonesia :  Kedua negara saling menempatkan duta besarnya.  Kanada banyak berinvestasi di Indonesia.  Kanada banyak membantu Indonesia dalam bidang Informasi dan Ilmu pengetahuan.  Kanada membantu Indonesia dalam bidang lingkungan hidup dan irigasi.  Banyak mahasiswa Indonesia yang belajar di Kanada.  LSM di Kanada dan Indonesia saling bekerjasama.  Kanada membantu Indonesia melalui organisasi PBB.  Kanada membantu Indonesia dalam bidang ekonomi melalui CGI.  Kedua negara bekerjasama dalam APEC.  Kedua negara saling melakukan hubungan ekspor impor. 2. Amerika Serikat. Amerika Serikat merupakan negara terbesar keempat di bumi baik menurut luas wilayah maupun jumlah penduduknya. Amerika serikat terdiri dari 50 negara bagian dan beribukota di Washington D.C.     Luas wilayah : 9.371.829 KM2. Letak astronomis : 250 LU-480 LU dan 1100 BB-750 BB. Letak geografis : Di kawasan Amerika utara antara Kanada dan Meksiko serta antara Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik. Batas-batas :      Utara adalah Kanada dan Laut es utara. Timur adalah Samudera Atlantik. Selatan adalah Meksiko. Barat adalah Samudera Pasifik.

Bentang alam : Dapat dibagi menjadi empat.

Aprizon Putra (89059.2007)

 Dataran pantai barat yang sempit.  Kompleks Pegunungan Rocky.  Wilayah antar pegunungan di bagian tengah. Yaitu antara pegunungan Rocky di barat dan pegunungan Apalacia dan Pegunungan Alegami di bagian timur.  Pegunungan Alegami dan Pegunungan Apalacia.  Iklim : dapat dibagi menjadi.  Darat atau continental. Iklim terbesar  Sub tropis. Terdapat di daerah pantai.  Laut berhawa sedang. Terdapat di pantai barat.  Gurun. Di daerah ini curah hujannya sangat sedikit.  Keadaan penduduk : Pada tahun 2001, jumlah penduduknya 284.500.000 jiwa. Pertumbuhan penduduknya adalah 0,6% per tahun, dan kepadatan penduduknya 44 jiwa/KM2. Penduduk aslinya adalah orang Indian yang berkulit merah. Mayoritas penduduk Amerika serikat adalah orang emigran yang berasal dari benua Eropa antara lain Perancis, Inggris, Belanda, Spanyol, dan Swedia.  Bentuk pemerintahan :

Republik federasi, kepala negara dan kepala pemerintahaannya di jabat oleh seorang Presiden.      Bahasa Resmi : Bahasa Inggris. Nama resmi : The United States Of America. Mata uang : Dolar Amerika. Agama : Kristen Protestan, Kristen Katholik, Islam, dll. Kegiatan ekonomi :  Pertanian. Hasilnya adalah Gandum, Jagung, Kapas, tembakau, padi, tebu, kentang, jeruk, buah-buahan, dll.  Peternakan. Ternaknya adalah Sapi, Babi, dan biri-biri.  Pertambangan. Hasilnya adalah Biji besi, batubara, tembaga, timah, perak, minyak bumi, timbal, dan belerang.

Aprizon Putra (89059.2007)

 Perindustrian. Industrinya adalah Industri baja, tekstil, pesawat terbang, mesin pertanian, industri pembuatan film, tepung, dan pengemasan daging.  Perdagangan. Ekspornya adalah Industri besi baja, karet, minyak bumi, tembakau, kapas, daging, dan buah-buahan. Sedangkan impornya adalah karet, kopi, the, dan sisal.  Transportasi. Jaringan transportasi di Amerika serikat sudah sangat baik.  Pariwisata. Amerika Serikat memiliki banyak objek pariwisata antara lain Yellow Stone National Park yang terkenal dengan gletsernya, The Grand Canyon of Colorado, dan Jazirah Florida yang memiliki iklim yang nyaman dan pemandangan yang indah.  Kebudayaan : Amerika Serikat adalah negara industri terbesar di bumi. Karena penduduknya bermacam-macam, sehingga kebudayaannya juga beragam. Dalam bidang ilmu pengetahuan Amerika Serikat sudah sangat maju terbukti dengan sudah mendaratkan astronotnya di bulan yang pertama di bumi dan banyak ilmuwan dan penemu yang berasal dari Amerika Serikat, misalnya Thomas Alva Edison yang menemukan bola lampu.  Bentuk kerjasama Amerika Serikat dengan Indonesia :  Keduanya telah lama menjalin hubungan diplomatic.  Banyak perusahaan Amerika Serikat yang menanamkan modalnya di Indonesia.  Amerika Serikat membantu ASEAN.  Banyak mahasiswa Indonesia yang belajar di AS dan sebaliknya, banyak mahasiswa Amerika Serikat yang belajar di Indonesia.  AS merupakan negara investor terbesar ketiga di Indonesia.  Amerika Serikat membantu Indonesia melalui CGI.  Banyak wisatawan dari Amerika Serikat yang datang ke Indonesia dan sebaliknya.  Kedua negara melakukan hubungan ekspor impor. 3. Meksiko.

Aprizon Putra (89059.2007)

Meksiko adalah negara yang terletak di ujung utara Amerika Latin yang tepatnya terletak di sebelah selatan Amerika Serikat. Ibukota Meksiko adalah Mexico City.     Luas wilayah : 1.972.549 KM2. Letak astronomis : 150 LU-330 LU dan 870 BB-1180 BB. Letak geografis : Di wilayah Amerika tengah antara Samudera Pasifik dengan Teluk Meksiko dan Laut Karibia. Batas-batas :  Utara adalah Amerika Serikat.  Timur adalah Teluk Meksiko dan Laut Karibia.  Selatan adalah Belise dan Guatemala.  Barat adalah Samudera Pasifik.  Bentang alam :  Pantai Pasifik. Yaitu semenanjung Baja California.  Bagian pusat. Berupa dataran tinggi.  Dataran rendah sepanjang Teluk Meksiko.  Iklim : Tropis dan sub tropis. Menurut ketinggiannya dapat dibagi menjadi empat.  Kawasan panas. 0-750M Yaitu di Meksiko selatan.  Kawasan sedang. 750-1825M Yaitu di plato tengah.  Kawasan dingin. 1825-3650M Terdapat di pegunungan.  Kawasan beku. >3650M Terdapat di puncak gunung tertinggi.  Keadaan penduduk : Pada tahun 2001, jumlah penduduknya 99.600.000 jiwa. Pertumbuhan penduduknya 1,9% per tahun, dan kepadatan penduduknya 50 jiwa/KM2. Penduduk Meksiko terdiri dari suku Mestizo, Indian, Amerika, Kaukasia, dan orang kulit hitam.  Bentuk pemerintahaan : Republik federasi, kepala negara dan kepala pemerintahaan dijabat oleh seorang Presiden.     Bahasa resmi : Bahasa Spanyol. Nama resmi : Mata uang : Peso. Agama : Katholik roma, Islam, dll.

Aprizon Putra (89059.2007)

Kegiatan ekonomi :  Pertanian. Hasilnya adalah Minyak kelapa sawit, kapas, beras, coklat, kopi, jagung, tebu, kurma, kacang, dll.  Peternakan dan perikanan. Hewan yang diternakan adalah Sapi, babi, domba, kuda, keledai, dan ayam. Hasilnya adalah susu, mentega, keju, daging, telur, dll. Hasil perikanannya adalah Ikan tuna, sarden, dan udang.  Pertambangan. Hasilnya adalah Perak, air raksa, emas, timah, belerang, tembaga, mangan, dan minyak bumi.  Perindustrian. Jenis industrinya adalah Tekstil, baja, dan pengolahan batu gamping. Hasilnya adalah bahan kimia, barang elektronik, karet, dll.  Perdagangan. Ekspornya adalah Barang mentah hasil pertanian dan minyak. Impornya adalah Mesin-mesin dan peralatan, bahan mentah, dan bahan pangan.  Transportasi. Jaringan transportasi di Meksiko sudah baik.  Pariwisata. Objek wisata di Meksiko antara lain pantai Acapulco yang telah terkenal di dunia.

Kebudayaan : Kebudayaan di Meksiko sudah sangat tinggi sejak zaman dahulu dengan

berkembangnya kesusastraan di Meksiko. Di Meksiko banyak terdapat barang peninggalan purbakala dari suku Maya dan Astek. Kesenian rakyat di Meksiko adalah perpaduan dari suku Indian dengan kebudayaan Spanyol dan orang kulit hitam Afrika. Dalam bidang pendidikan pemerintah mencanangkan program wajib belajar untuk usia 615 tahun, untuk mensukseskannya pemerintah membebaskan biaya sekolah bagi peserta didik.  Bentuk kerjasama Meksiko dengan Indonesia :  Kedua negara telah lama menjalin hubungan diplomatic.  Kedua negara saling menempatkan duta besarnya.  Kedua negara sama-sama menjadi anggota APEC.  Kedua negara saling melakukan hubungan ekspor impor.

Aprizon Putra (89059.2007)

BAB III PENUTUP A. Kesimpulan Amerika Utara merupakan benua yang berada di belahan bumi utara. Benua ini adalah benua ketiga yang paling besar menurut luasnya, dan urutan keempat menurut jumlahnya penduduknya. Amerika utara terbagi atas negara: Kanada, Amerika Serikat dan Meksiko. Yang mana ketiga negara tersebut memiliki fisiografi, keadaan alam, penduduk, Bentang Alam, Agama dan kegiatan ekonomi yang berbeda. Selain itu benua Amerika Utara meliputi wilayah sebesar 24.500.000 km2 atau sekitar 4,8% dari permukaan bumi, dan mulai Juli 2002 penduduknya diperkirakan lebih dari 514.600.000.

B. Saran Dengan mempelajari benua Amerika Utara ini kita akan lebih memahami mengenai keadaan benua tersebut. Selain itu kita juga mengetahui bahwa Amerika Utara terbagi atas 3 negara yaitu Kanada, Amerika Serikat dan Meksiko. Informasi mengenai benua utara akan mempermudah kita untuk mempelajari Negara-negara di daerah tersebut.

Aprizon Putra (89059.2007)

Kuis Geografi Regional Dunia (Amerika Utara) Pertanyaan:  Pemasangan Pazel 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20. 21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29.
Negara apa yang terluas di Amerika Utara dan berapa luasnya, Sebutkan Nama Ibu Kotanya? Kanada , Ottawa. 9.922.300 Km² Daratan dibagian utara, tidaklah suatu Negara tapi bagian dari benua Amerika Utara, adalah Daerah ? Alaska Pulau besar yang berujung di wilayah Amerika Utara, yang menjadi batasan 2 Benua amerika dan eropa adalah ? Tanah Hijau Greendland Apa Nama daerah kepulauan yang diabadikan namanya untuk mendiang Ratu Elizabeth? Kepulauan Queen Elizabeth Negara terbesar keempat dibumi baik menurut wilayah maupun penduduk, dan teknologi adalah? Amerika Serikat, Washinton DC. 9.371.829 Km² Negara yang berkembang dengan kesusastraan sejak zaman dahulu dan memiliki peninggalan purbakala dari suku Maya dan Asteka adalah Negara? Mexico Selat Bella merupakan selat yang memisahkan Negara Kenada dengan Kepulauan? Kepulauan New Faundland Pulau penghasil ikan salem terbesar didunia yang merupakan bagian dari negara Kanada adalah? Pulau Victory Pulau terbesar diNegara Kanada adalah Pulau ? Pulau Baffin Sebutkan Pulau yang membagi 2 negara di laut Karibia Benua Amerika ? Haiti dan Rep Dominika Sebutkan 3 nama danau yang membagi Negara Kanada dengan Amerika Serikat ? Danau suprsan, Danau Haron dan danau Ontario Apa Nama Gunung tertinggi di Amerika Serikat ? Gunung Whitney 4418 M Pegunungan Apa yang membanjar dari Utara keselatan yang membagi Negara Amerika Serikat dengan Kanada ? Pegunungan Rocky Apa nama dan dimana letak sungai terpanjang di Amerika Utara ? Sungai Masissippi di Amerika serikat Gunung apa yang tertinggi di Kanada ? Gunung Logan 6060 m Sungai Rio Garnde terletak dinegara ? Mexico Semanjung California terletak Dinegara ? Mexico Dataran tertinggi apa yang terdapat di Amerika serikat yang menjadi ter Extrim bagi petualangan dan banyak terdapat objek pariwisata antara lain Yellow Stone National Park yang terkenal dengan gletsernya? Dataran Colorado dengan The Grand Canyon of Colorado Gunung Turquino terletak di negara ? Kuba Teluk Boshia terdapat di Negara ? Kanada Tanjung Barrow terletak dibagian mana di Amerika Utara? Utara (Alaska) Greendland dan Kanada (Amerika Utara) di pisahkan Oleh ? Selat Davis Gunung Apa yang tertinggi di mexico ? berapa ketinggianya? Gunung Citlatepeti 5700 Dataran Laurentian Terletak di Negara? Kanada Salah Satu Kota Besar Dunia yang menjadi Icon Pelabuhan International adalah, Sebutkan Nama Negara ? New York AS Selat yang memishkan Amerika Serikat dan Kuba adalah selat ? Selat Florida Tanjung apa yang terdapat di Ujung semenajung California? Tanjung Sah Lucas Semanjung yang terdapat di Alaska adalah semanjung? Semenajung Alaska Pegunungan Appalacin terdapat di Negara? Amerika Serikat

Aprizon Putra (89059.2007)

30. Amerika Utara dibagian utara dan selatan berbatasan dengan?
Selatan dengan Laut Karibia

Utara Samudera Atlantik Utara dan

 Pertanyaan
1. 2. 3. 4. Secara Administratif Negara Kuba terletak antara Amerika Utara dan Amerika Tengah, Apa Ibu kota Dari Kuba ? Havana Amerika Selatan Identik dengan sebutan Amerika Latin, Sedangkan Amerika Utara Identik dengan Sebutan ? Anglo Amerika Siapa yang menemukan Benua Amerika (Utara) dan tahun berapa ditemukan? Christoper Columbus, th 1492 Flora apa yang dominan di kawasan Amerika Utara , dan untuk apa di manfaatkan? padang rumput hijau (prairi) yang kini telah dimanfaatkan untuk lahan pertanian yang subur. Selain itu, terdapat pula tumbuhan khas daerah tundra berupa hutan konifera (berdaun jarum) dan tumbuhan semusim. Fauna apa yang menjadi khas diAmerika Utara? bison, beruang kutub, penguin, dan ikan salmon. Iklim apa yang umum terdapat di Benua Amerika Bagian Utara? Iklim dingin, dan Iklim subtropis: terdapat di kawasan Amerika Serikat Sebutkan salah satu nama gurun yang terdapat dibenua Amerika utara? Gurun Great Basin, Gurun Mojave, Gurun Sonora, dan Gurun Chihuahua. Apa nama dan dimana letak Dataran Tinggi di Benua Amerika Utara? Dataran Tinggi Anahuac di Meksiko Apa nama dan dimana letak Dataran rendah di Benua Amerika Utara? dataran rendah terdapat di Amerika Utara bagian tengah, yaitu di kawasan Kanada, bagian tengah Amerika Serikat yang disebut Great Plain di Lembah Sungai Mississippi Penduduk dan Ras asli Amerika Utara adalah? Eskimo dengan Ras Mulato (percampuran kulit hitam dengan kulit putih) Apa Bentuk pemerintahan Negara Kanada? Republik Federal, Kepala Negara dijabat oleh ratu Inggris yg diwakili gubenur jendral dan kepala Pemerintahan adalah seorang perdana menteri. Air terjun niagara terdapat diNegara? Kanada Dahulu kanada merupakan sebuah kesatuan dengan bakas kekaisaran dari? Kolonial prancis dan Kolonia Britania. Apa Bentuk pemerintahan di Amrika Serikat? Republik Federasi, Kepala Negara dan Kepala pemerintahannya dijabat oleh seorang Presiden. Pronpisi yang menjadi Icon Perfilm Internasional di Amerika Serikat adalah ? Hollywood Apa yang menghubungkan Amerika Utara dan Amerika Selatan ? Hubungan tanah genting Panama Bahasa apa yang umum digunakan di Amerika utara ? Bahasa Inggris Apa Bentuk pemerintahan di Mexico? Republik Federasi, Kepala Negara dan Kepala pemerintahannya dijabat oleh seorang Presiden. Apa salah satu kesenian tempur di Mexico ? Matador Amerika serikat, kanada dan mexico bekerja sama dengan Indonesia dalam ? APEC dan Bidang Ekonomi CGI.

5. 6. 7. 8. 9.

10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20.

Aprizon Putra (89059.2007)

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. Van Hoeve.

(2009). AMERIKA UTARA. (www.wikipedia.com). (2006). Pembagian Negara-negara Benua Amerika. Encarta Ensiklopedia Dunia, PT Ichtiar Baru Jakarta

Aprizon Putra (89059.2007)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->