P. 1
PERADABAN YUNANI KUNO

PERADABAN YUNANI KUNO

5.0

|Views: 8,352|Likes:
Published by ArtamA666

More info:

Published by: ArtamA666 on Apr 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/26/2013

pdf

text

original

PERADABAN YUNANI KUNO

Disusun Oleh: ♠ Dhanarjaya Yodha Pratama ♠ Eriq Rendiyanto ♠ Irmanisa Wahyuningsih

(02) (09) (20)

XC SMAN 2 PLAYEN

Kata Pengantar
Assalamualikum Wr. Wb Puji syukur kehadirat Allah SWT atas semua nikmatnya sehingga saya dapat mengerjakan makalah ini. Makalah ini selesai tak luput dari bantuan orang tua dan para guru saya yang tanpa lelah membimbing saya Juga teman-teman saya yang selalu membantu saya dalam susah maupun senang. Makalah ini membahas tentang kehidupan yunani kuno yang amat menarik untuk kita bahas. Semoga makalah ini dapat membantu pembaca memahami sejarah tentang yunani. Saya menyadari bahwa penulisan makalah ini masih amatlah jauh dari kesempurnaan apalagi bila dinilai sebagai sebuah karya ilmiah Setidaknya saya telah berusaha semaksimal mungkin untuk mengerjakan makalah ini dengan seminim mungkin kesalahan Dan saya yakin dari semua pihak yang membaca makalah ini berkenan untuk memberikan kritik maupun saran untuk kesempurnaan makalah ini Untuk itu saya ucapkan banyak terima kasih Akhir kata. Wassalamualaikum wr. Wb

KEADAAN ALAM YUNANI KUNO
Daerah yunani terletak di ujung tenggara benua eropa. sebagian besar kepulauan di laut aegea dan laut lonea masuk wilayah yunani. Disebelah utara, yunani berbatasan dengan Albania, Yugoslavia, Bulgaria, dan turki di daratan Eropa. Di sebelah timur, yunani dikelilingi oleh laut aegea, disebelah selatan dengan laut tengah, dan di sebelah barat laut lonia. Yunani beriklim laut tengah yang nyaman. Yunani banyak teluknya, memiliki beberapa tanah, genting, seperti peloponesos dan chalcidia. Sebagian besar wilayah bergunung-gunung sehingga negerinya terpisah antara satu dengan yang lainnya. Daratan rendah terdapat di dekat laut dan terbentuk oleh endapan Lumpur sungai. Tanah yunani yang bergunung-gunung itu pada umumnya tidak subur. Dilereng-lereng pegunungan orang mengusahakan tanaman seperti gandum dan anggur. Keadaan alam yang kurang subur itu mendorong bangsa yunani untuk meninggalkan daerah dan mencari daerah-daerah yang subur di luar daerah yunani seperti mesir, palestina, dan turki. Letaknya strategis antara asia dan eropa mendorong bangsa yunani hidup dari perdagangan dan pelayaran.

PENDUDUK
Bangsa Yunani merupakan campuran antara penduduk asli dan pendatang yang berasal dari padang rumput sekitar Laut Kaspia. Mereka termasuk Ras Indo Jerman yang disebut bangsa Hellas yang gagah berani. Mereka berimigrasi sejak tahun 2000 Sm kemudian menetap di berbagai daerah. Suku bangsa Doria menetap di jazirah Peloponesos dengan polis utamanya Sparta.Suku bangsa Ionia menetap di jazirah Attica dengan polis utamanya Athena. Suku bangsa Aeolia menetap di Yunani Utara dengan polis utamanya Delphi. Negeri yang berkembang mula-mula di daratan Yunani adalah kota perdagangan Mycena yang semula merupakan daerah koloni kerajaan Kreta. Kemudian berkembanglah ratusan polis di Yunani. Hubungan antar polis di Yunani antara lain dalam perdagangan maupun pertukaran ide/gagasan yang kemudian membentuk peradaban Yunani. Masyarakat Yunani bangga sebagai warga kota, mereka merasa Superior sedangkan yang tinggal di luar polis dianggap sebagai bangsa barbar. Rasa Superior itu kemudian tampak pada masyarakat yang tinggal di polispolis terkemuka Yunani antara lain Sparta dan Athena. Bangsa Yunani sulit bersatu karena antar polis saling bersaing untuk memperebutkan puncak kekuasaan. Namun pada saat menghadapi ancaman bangsa lain antara polis Sparta dan Athena kemudian bersatu sehingga memperoleh kemenangan. Pada tahun 1878 M, ditemukan hasil-hasil penggalian purbakala, antara lain:  Bekas bangunan kota kuno troya di asia kecil yang banyak disebut oleh pujangga homerus dalam bukunya illyas.  Makam raja Agamemnon, seorang raja yang disebut-sebut pula dalam cerita illyas.  Harta-harta primus, raja troya, yang terbuat dari emas dan permata.

SENI BANGUNAN DAN SENI PAHAT
Pada masa kejayaan yunani (476-338 sm) banyak dibangun kuil dengan gaya doria, antara lain:  Acropolis. Acropolis berarti kota tinggi, sebab letaknya di daerah perbukitan. Di bagian inti Acrpolis terdapat 2 kuil, yaitu ereqteum tempat patung dewi Athena dan lampu yang terus menyala serta kuil Parthenon yang dibangun untuk menghormati dewi Athena.

 Kuil dewa Zeus di bukit Olympus. Bangunannya disebut altis, yakni tempat pemujaan dewa zeus.

ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
Bangsa yunani telah memiliki berbagai macam pengetahuan dan teknologi yang tinggi, yakni:  Menciptakan perahu layar yang ramping sebagai sarana untuk mengarungi laut tengah dan menghubungkan daratan yunani dengan daerah-daerah pantai timur pulau sicilia.  Membuat barang-barang dari tanah liat.  Menghasilkan karya arsitektur yang megah seperti kuil zeus, kuil partenon dan gedung teater raksasa.  Mengembangkan industri untuk menunjang perdagangannya, yakni keramik yang bentuknya beraneka ragam dan dihiasi dengan indah.  Menghasilkan karya-karya benda logam berkembang pesat terutama untuk menyediakan alat-alat perang.

Sistem Pemerintahan Yunani
Sparta: Konstitusi Sparta membagi masyarakat menjadi 3 golongan yaitu: a. “Citizens” atau orang-orang Sparta yang jumlahnya antara 5-10% dari seluruh penduduk. Mereka terdiri dari para penguasa dan tentara. b. Kaum Helot: merupakan sebagian besar dari penduduk yang bekerja sebagai tani, buruh tani dan pelayan dari orang-orang sparta. c. Peiroikoi yaitu yang tinggal di pinggiran kota, hidup sebagai petani, pedagang dan bekerja di pertambangan mereka menyukai kebebasan pribadi. “Citizens” atau orang-orang Sparta merupakan keturunan dari para penakluk (Suku bangsa Doria) yang datang dari arah utara menuju Peloponesos. Mereka menduduki dataran rendah Laconia yang paling subur serta mendesak penduduk aslinya menjadi kaum Helot dan Perioikoi. Untuk menjaga kemungkinan timbulnya pemberontakan baik dari dalam maupun dari luar, penguasa pemerintahan Sparta selalu siaga dan meningkatkan ketangguhan militernya terutama pada masa pemerintahan Lycurgus sekitar tahun 625 SM. Sistem pemerintahan Sparta yang militeristis tersebut mengutamakan latihan kemiliteran dan disiplin yang keras bagi masyarakat. Anak yang baru lahir menjalani pemeriksaan fisik di depan Ephor. Bayi yang cacat atau tidak sehat dibuang di gua-gua atau di gunung-gunung dan dibiarkan mati atau agar di pungut oleh orang-orang Helot. Orang tua membesarkan anak laki-lakinya sampai usia 7 tahun. Sesudah itu mereka dimasukkan ke sekolah militer yang diselenggarakan oleh negara. Mereka dididik sebagai tentara yang tangguh. Pada usia 20 tahun mereka diijinkan menikah namun harus menetap di barak/asmara tentara sampai usia 30 tahun untuk mengabdikan sepenuh hidupnya sebagai tentara. Tugas sebagai tentara baru berakhir sampai usia 60 tahun. Pada usia 30 tahun mereka menjadi warga negara yang memiliki hak memilih. Dengan langkah tersebut Sparta menjadi polis terkuat di jazirah Peloponesos.

Pemerintahan Sparta dijalankan oleh 2 orang raja yang absolut dan turun temurun. Selain Raja, ada jabatan ephor selaku penasehat yang berjumlah 5 orang. Lembaga yang lain beranggotakan hanya 28 orang yang berusia 60 tahun atau lebih, disebut Gereousia. Gereousia memiliki hak veto terhadap undang-undang yang diajukan oleh DPR. Siapakah anggota DPR itu ? Anggota DPR adalah semua laki-laki warga kota Sparta yang berusia 30 tahun atau lebih, mereka bersidang setiap bulan purnama.

Athena Kehidupan di Athena berbeda dengan di Sparta. Jika warga Sparta mempunyai kewajiban untuk tugas-tugas pemerintahan dan pertahanan negara maka warga Athena dalam suasana demokrasi memiliki kemerdekaan berpikir, berpendapat serta maju dalam bidang politik, ekonomi, seni batik, seni pahat, seni bangunan maupun seni sastra. Athena mengalami evolusi pemerintahan yang sempurna semula golongan aristokrat (bangsawan) mengesyahkan kekuasaan oligarkhi (pemerintahan di tangan sekelompok orang). Kemudian beralih ke sistem pemerintahan tirany (pemegang kekuasaan di tangan satu orang yang berkuasa penuh)kemudian berubah lagi menjadi sistem demokrasi.

Pemerintahan demokrasi di Athena mencapai puncak kejayaan pada masa Perikles (462 - 429 SM). Beberapa negarawan dan pendekar hukum sebelum Perikles antara lain Drako (621 SM), Solon (594 SM), Kleistenes (508 SM). Sistem pemerintahan di Athena mengenal beberpa lembaga antara lain :

a. Archon yaitu pelaksana pemerintahan berjumlah 9 orang. b. Areopagos yaitu dewan yang mengawasi pelaksanaan pemerintahan Archon, sekaligus merangkap sebagai mahkamah agung. Anggotanya adalah mantan para archon. c. Boule semacam DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) yang memiliki tugas : 1. menetapkan archon 2. meminta pertanggungjawaban archon 3. menghukum archon. d. Dalam bidang pertahanan dan keamanan dipegang oleh 10 orang ahli siasat perang yang menguasai angkatan darat dan angkatan laut. Untuk menjaga kehidupan yang demokratis maka ada kebiasaan untuk mengasingkan atau mengucilkan seorang penguasa yang pada suatu tahap dalam pemerintahannya telah dicurigai berusaha menjadi penguasa mutlak yang dapat membahayakan negara. Tindakan pengucilan itu disebut ostrakisme. Istilah ostrakisme berasal dari kata ostrakon yaitu pecahan pot dari tanah liat. Setiap penduduk dapat menuliskan nama tokoh yang dianggap berbahaya pada Ostrakon. Jika terdapat nama seseorang dalam jumlah tertentu tertulis dalam Ostrakon maka ia akan diasingkan. Hasil penggalian di Athena pernah ditemukan tidak kurang dari 1000 Ostrakon yang tertulis antara lain nama Perikles. Kalau demikian, apakah manfaat Ostrakon tersebut? Ostrakon bermanfaat mengingatkan kita untuk selalu menjaga keseimbangan antara ambisi pribadi dengan kepentingan negara. Dapat disimpulkan bahwa sistem pemerintahan Sparta didominasi oleh kaum militer, sedangkan Athena didominasi oleh golongan sipil dengan mengembangkan sistem demokrasi. Kedua sistem pemerintahan tersebut berkembang dan diterapkan oleh negara-negara modern sekarang. Yunani tidak pernah memiliki sistem pemerintahan sentralisasi karena tiap-tiap polis mengembangkan sistem pemerintahan masing-masing. Pada uraian berikut ini Anda dapat mempelajari sistem pemerintahan dari dua polis yang terkemuka di Yunani yaitu Sparta dan Athena dengan konstitusi yang berbeda. Bila anda mempelajari peradaban Yunani sebenarnya anda mempelajari peradaban dari polis Athena.

FILSAFAT
Hasil pemikiran dan karya-karya filsafat bangsa yunani telah diterjemahkan dan dipelajari hingga kini. Para filsuf yunani dianggap sebagai konseptor yang meletakkan dasar-dasar pikiran filsafat eropa (dunia barat). Filsafat yunani banyak diterjemahkan dan ditafsirkan oleh para filsuf islam dan melalui kesussastraan islam. Ciri-ciri filsafat yunani: o Metoda berfikir logis / rasional dan sistematis. o Cara penyelidikan terhadap suatu peristiwa dan gejala-gejala alam sampai pada masalah yang sekecil-kecilnya. Filsafat ini memberikan hasil yang nyata dalam lapangan ilmu alam dan ilmu social. Filsuf yunani antara lain: o Socrates, dengan ajarannya tentang ilmu kebijaksanaan (filsafat etika) atau kesusilaan dengan logika sebagai dasar untuk membahasnya. o Plato, dengan ajarannya tentang ilmu ketatanegaraan dan undangundang. o Aristoteles, dengan ajarannya dalam bidang biologi dan filsafat sehingga ia sering disebut sebagai ahli biologi dan filsafat. o Hipocrates, dengan ajarannya yang menyangkut kode etik seorang dokter (sumpah seorang dokter).

KEPERCAYAAN
Masyarakat Yunani memuja banyak dewa atau Polytheisme. Berbeda dengan sikap orang Timur terhadap Dewa yang dipandang sebagai pribadi yang disembah karena takut. Dewa-dewa bagi orang timur merupakan roh atau digambarkan sebagai penguasa alam dan ada yang berwujud binatang, sedangkan masyarakat Yunani menggambarkan dewa-dewa yang disembahnya bertubuh dan berperilaku seperti manusia bahkan orang Athena sendiri menyatakan keturunan ion yaitu anak dewa Apollo. Menurut pandangan orang Yunani, dewa-dewa itu memiliki tubuh seperti manusia tetapi lebih besar, lebih indah serta tidak dapat mati. Dewa-dewi memiliki sifat seperti manusia, ada yang baik dan buruk. Dewa-dewi berkeluarga, berperang dan bersaing untuk mempertahankan kekuasaan. Selain dewa-dewi mereka juga memuja hero (pahlawan) yaitu manusia setengah dewa yang sakti namun dapat mati. Salah seorang hero yang terkenal adalah Hercules. Dewa-dewi itu antara lain ada yang tinggal di bukit Olymphus dipimpin oleh dewa tertinggi yaitu dewa Zeus yang beristri Hera yaitu dewi asmara. Silsilah dewa-dewa yunani:

Bagaimanakah cara bangsa Yunani melakukan penghormatan kepada para dewanya khususnya pemujaan terhadap dewa Zeus? Untuk menghormati dewa Zeus, sejak tahun 776 SM diselenggarakan pesta olah raga selama 5 hari di gunung Olymphus disebut Olympiade. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh polis baik didataran Yunani maupun daerah-daerah koloninya. Cabang olah raga yang dipertandingkan meliputi: lari. loncat, lempar lembing, lempar peluru, lempar cakram, gulat, pacuan kuda dan lomba kereta kuda. Pada malam hari diadakan pertunjukan sandiwara/seni maupun digelar pasar malam. Para atlit yang semuanya laki-laki bertanding secara sportif. Atlit yang menjadi juara mendapat hadiah dan penghormatan biasanya berupa mahkota dan dedaunan, misalnya daun zaitun di Olymphia, daun Salam di kota Delfi dan daun Peterseli di kota Argolis. Selain itu para pemenang juga memperoleh berbagai hadiah misalnya 100 buyung minyak zaitun, sekantung di kota kediamannya. Apa manfaat Olympiade bagi bangsa Yunani? Olympiade bermanfaat sebagai alat pemersatu bagi bangsa Yunani. Karena pada saat Olympiade yang berlangsung 4 tahun sekali setiap polis harus menjaga perdamaian dan menghentikan peperangan. Karena fungsinya sangat penting sebagai sarana pemersatu maka pesta Olympiade di jadikan pesta lah raga dunia. Selain pemujaan terhadap dewa Zeus dan keluarganya, di setiap negara kota (polis) juga mempunyai dewanya masing-masing. Pemujaan dewa-dewa lokal ini menjadi faktor pemisah masyarakat Yunani.

AWAL MULA KEPERCAYAAN (MITOLOGI YUNANI)

PROSES PENCIPTAAN DUNIA
Menurut Mitologi Yunani, pada awalnya hanya ada Chaos atau kekacauan dan kehampaan.. Lalu dari kehampaan itu tiba-tiba muncullah Nyx (malam) dan Erebus, tempat tak dikenal yang ditinggali oleh kematian.. Semuanya kosong, sunyi, tak berakhir, dan gelap.. Lalu dari Chaos, muncullah Love (rasa cinta) yang memulai timbulnya keteraturan.. Dari cinta, lahirlah Cahaya dan Siang.. Setelah itu, Gaea (Bumi) tercipta.. Kemudian, Erebus bersama Nyx, melahirkan Ether (heavenly light) dan Day (Earthly Light).. Selain itu, Nyx sendiri juga menciptakan Doom, Fate, Death, Sleep, Dream, Nemesis, dan banyak hal lainnya yang mendatangi manusia dari kegelapan.. Sementara itu, Gaea melahirkan Uranus (langit).. Kemudian Uranus menjadi pasangan Gaea, menyelimutinya di seluruh sisi tubuhnya.. Bersama-sama mereka melahirkan tiga Cyclopes, Hecatoncheires (Raksasa berkepala 50 dan bertangan seratus), dan duabelas Titan.. Namun ternyata, Uranus adalah seorang suami dan ayah yang jahat.. Ia membenci Hecatoncheires dan mengurung mereka dengan menekan mereka ke tempat tersembunyi di bumi, Rahim Gaea.. Hal itu membuat Gaea marah dan mulai merencanakan perlawanan terhadap suaminya.. Gaea membuat sebuah senjata tajam dari batu dan menyuruh anak-anaknya keduabelas Titan, untuk menyerang Uranus.. Namun mereka terlalu takut terhadap Uranus dan tidak berani melakukannya, kecuali Titan yang paling muda, Cronus.. Cronus Gaea dan Cronus pun menyiapkan suatu jebakan untuk Uranus.. Di malam

hari, ketika Uranus sedang tidur dengan Gaea, Cronus datang dan mengebiri Uranus, dan melempar potongan genital Uranus ke lautan.. Dari darahnya, muncul para Giants, Ash Tree Nymphs, dan Erinnyes.. dari busa di lautan yg ditimbulkan oleh genitalnya, lahirlah Aphrodite.. Cronus pun menjadi penguasa selanjutnya.. Ia memenjarakan Cyclopes dan Hecatoncheires ke dalam Tartarus.. Ia juga menikahi saudaranya, Rhea... NAMUUN!! Sebagaimana Uranus, Cronus juga diramalkan akan dijatuhkan dari tahtanya oleh anaknya.. Untuk mencegah hal itu terjadi, Ia menelan setiap anaknya yang baru lahir.. Rhea tidak rela akan hal ini, maka dari itu, ketika anaknya yang ke enam lahir, ia menyembunyikannya dan menitipkannya pada para Nymph untuk dibesarkan.. Kemudian ia membungkus sebuah batu dengan kain bayi untuk diberikan kepada Cronus, yang kemudian menelannya.. Bayi ke enam tersebut adalah Zeus..

Zeus tumbuh besar di daerah Crete.. Ia bertanya pada seorang Titan yang bernama Metis tentang cara untuk mengalahkan Cronus.. Metis pun menyiapkan suatu minuman yang akan membuat Cronus memuntahkan saudara-saudarinya yg telah ditelan oleh ayahnya.. sementara itu, Rhea merayu Cronus agar memperbolehkan anaknya untuk kembali sebagai pembawa gelas bagi Cronus.. dan Cronus pun menyetujuinya.. Dengan demikian, Zeus memiliki kesempatan untuk memberikan minuman yg dibuat Metis kepada Cronus.. Setelah Cronus Meminum cairan itu.. Maka Ia mulai memuntahkan anakanaknya yang dulu pernah ia telan, satu per satu.. Hestia, Demeter, Hera, Hades dan Poseidon.. Karena kelimanya adalah dewa, maka mereka Immortal dan tidak terluka samasekali.. Sebagai rasa terimakasih, mereka pun mengangkat Zeus sebagai pimpinan mereka.. Namun Cronus belum kalah, Ia mengajak para Titan untuk maju menyerang Zeus dan saudara-saudaranya.. Seluruh titan ikut serta, bahkan Atlas

mengajukan diri untuk memimpin peperangan, peperangan yang dikenal dengan TITANOMACHY atau War of The Titans.. Tapi ada seorang Titan yang memiliki kemampuan untuk melihat masa depan.. Namanya adalah Prometheus.. Ia telah mengetahui akhir dari peperangan ini, dan itu adalah kemenangan bagi Zeus.. maka dari itu, Ia mengajak saudaranya, Epimetheus, untuk bergabung dengan pihak Zeus.. Selain itu, Zeus juga pergi ke Tartarus dan membebaskan Cyclopes serta Hecatoncheires.. Sebagai rasa terima kasih, Cyclopes memberikan Petir kepada Zeus, Trisula kepada Poseidon, dan Helmet of Invisibility kepada Hades.. dan Hecatoncheires ikut serta menjadi pasukan Zeus.. Perang pun terjadi.. Hecatoncheires melemparkan ribuan batu-batu besar kepada para Titan.. Karena banyaknya batuan itu, para titan mengira sebuah gunung sedang dilemparkan ke arah mereka.. dan dengan serangan dari Zeus dan para dewa lainnya, akhirnya para Titan yang melawan Zeus dapat dikalahkan dan dipenjarakan di Tartarus.. Kecuali Atlas yang diberikan tugas "khusus" oleh Zeus yakni untuk menopang langit di pundaknya.. Demikianlah, Zeus akhirnya membagi daerah kekuasaan dengan undian bersama ketiga saudaranya.. Zeus mendapatkan Langit, Poseidon mendapatkan samudra, sedangkan Hades mendapatkan Underworld, dunia bawah tempat roh orang mati tinggal.. Bersama-sama Zeus, saudara-saudarinya, ditambah anak dari Zeus, Membentuk 12 Olympians yang memerintah dunia dan tinggal di Puncak Gunung Olympus..

Kisah Kedua

PROMETHEUS
Prometheus adalah salah satu titan yang selamat dari Titanomachy karena bergabung dengan kubu Zeus. Namanya berarti "Forethought" atau "Dipikirkan Sebelumnya".. ini melambangkan 'bakat' yang ia miliki, Yakni kemampuan untuk melihat masa depan.. Setelah Titanomachy, Zeus dan para Olympians menguasai Bumi.. Namun semuanya sadar, bahwa bumi ini sendiri masih kosong.. Akhirnya para dewa memutuskan untuk mulai menciptakan makhluk-makhluk untuk tinggal di bumi.. Tugas ini diserahkan kepada Prometheus dan Epimetheus.. Para Dewa menugaskan mereka untuk menciptakan makhluk-makhluk sebagai penghuni bumi.. Zeus memberikan berbagai macam berkah kepada Prometheus untuk nantinya diberikan kepada makhluk-makhluk yang ia ciptakan.. Dengan senang hati tugas itu mulai dikerjakan.. Ia menciptakan banyak hewan dari tanah liat.. ketika ia menciptakan burung, ia memberikannya berkah untuk bisa terbang.. Ketika ia menciptakan ikan, ia memberikannya kemampuan untuk berenang.. banyak berkah lainnya diberikan pada masingmasing makhluk, seperti kecepatan, bulu, kekuatan, pendengaran yang kuat, penciuman, dan lainnya.. Makhluk terakhir yang ia ciptakan adalah, Manusia.. Ia menciptakan manusia berdasarkan bentuk para dewa.. Namun ketika ia hendak memberikan berkah, Epimetheus ternyata sudah menghabiskannya untuk makhluk-makhluk sebelumnya, hingga tidak ada lagi berkah yang tersisa.. Akhirnya, Prometheus pun memberikan manusia Keunggulan di atas semuanya, seni, adab, dan api.. Prometheus sangat mencintai manusia yang ia ciptakan sendiri dibandingkan para Olympians yang telah memenjarakan sebagian besar keluarganya ke dalam Tartarus.. Sehingga, ketika suatu hari Zeus meminta manusia untuk melakukan persembahan pada para dewa, Prometheus memilih untuk menipu Zeus..

Prometheus membuat dua buah tumpukan persembahan, yang satu adalah Daging segar di dalam kulit kerbau yang nampaknya tidak enak.. Yang satu lagi adalah tulang-tulang yang dilapisi lemak sehingga nampak lezat.. Prometheus mengatakan agar Zeus memilih salah satu sebagai persembahan dari manusia untuk para Dewa.. dan Zeus memilih tulangtulang.. Akhirnya, manusia hanya mempersembahkan tulang-tulang yang tak berguna pada dewa, dan menyimpan bagian lainnya untuk dinikmati.. Zeus menyadari bahwa ia telah ditipu oleh Prometheus, hingga akhirnya ia memutuskan untuk menghukum manusia.. Zeus mengambil api dari muka bumi, sehingga manusia memang mendapatkan porsi yang baik dari hewan buruan, namun harus menikmatinya mentah-mentah.. Karena harus memakan makanan mentah, manusia pun mulai sakit-sakitan.. Prometheus yang sangat menyayangi manusia, tidak tega jika keadaan ini terus berlanjut, sementara para dewa dengan asyiknya menggunakan Api di Gunung Olympus.. Kemudian, Prometheus menyalakan sebuah obor menggunakan api dari matahari.. lalu berlari dan memberikan api itu kepada manusia.. Kejadian inilah yang mengilhami ritual "Lari Obor" di setiap olimpiade.. Zeus sangat marah melihat kejadian itu, dan memutuskan untuk memberikan hukuman yang berat kepada Manusia dan Prometheus.. Zeus memerintahkan Hephaestus, pandai besi para dewa, untuk menciptakan seorang gadis, wanita pertama yang keturunannya nantinya akan membawa petaka bagi ras pria.. Kemudian semua dewa memberikannya berkah.. Athena memberikannya kemampuan untuk menjahit, dan menenun.. Aphrodite memberikannya kecantikan.. Hermes memberikannya kemampuan untuk berbohong dan kelihaian berbahasa.. Dewa-dewa olympian lainnya juga turut memberikannya berkah.. Suara yang indah, rasa menyayangi, dan lainnya.. lalu Hermes memberinya nama "PANDORA" yang artinya "Berkah dari Semua" karena seluruh Olympian memberikannya berkah.. Zeus memberikannya dua hadiah.. yang pertama adalah rasa ingin tahu yang besar.. yang kedua adalah sebuah kotak.. Zeus berpesan pada pandora

bahwa hadiah yang terakhir ini, hanya berharga selama masih berada di dalam kotak.. Kemudian, Hermes mengantarkannya kepada Epimetheus yang saat itu sedang tinggal bersama manusia, sebagai hadiah.. Prometheus mengetahui hal ini dan telah memberitahukan kepada saudaranya, Epimetheus, untuk tidak menerima hadiah apapun yang diberikan oleh Zeus.. Namun Pandora terlalu cantik untuk ditolak, sehingga Epimetheus pun menerimanya... Tahun berlalu, hingga suatu hari, Pandora tidak mampu lagi menahan keingintahuannya dan membuka Kotak yang diberikan Zeus.. Maka terlepaslah dari kotak itu, semua kejahatan dan penyakit yang akan membawa bencana bagi manusia.. Pandora panik, dan langsung menutup kotak itu, namun yang tersisa di dasar kotak hanyalah satu, yakni "Harapan".. Sementara itu, Zeus juga memberikan hukuman pada Prometheus.. Ia memerintahkan agar Prometheus dibawa ke gunung Caucasian untuk dirantai dan setiap hari hatinya akan dimakan oleh elang raksasa, untuk kemudian tumbuh lagi di malam hari.. Zeus menawarkan kebebasan bagi prometheus, yakni dengan cara memberi tahu wanita mana yang akan melahirkan anak yang nantinya akan menjatuhkan Zeus.. Namun Prometheus menolak.. Hingga kemudian, satu-satunya cara untuk membebaskan Prometheus adalah, jika ada satu orang Immortal yang bersedia mati untuknya, dan seorang manusia (mortal) membunuh elang yang memakan hatinya, dan melepaskannya dari rantai.. Pada akhirnya, Chiron seorang Centaur yang Immortal bersedia mati untuknya.. Dan Heracles (Hercules) yang masih mortal, membunuh elang yang menggerogoti hatinya, lalu melepaskan Prometheus..

ZEUS

HERA

HADES

POSEIDON

ARES

PENINGGALAN BUDAYA
Seni Sastra. Sastrawan terkenal dari Yunani adalah Homerus yang menulis kitab Illiad dan Odysseia. Kedua kitab tersebut berkaitan erat dengan kejadian sejarah yang disebut perang Troya. Kota Troya terletak di Semenanjung Anatolia di Selatan Selat Dardanella. Seorang peneliti dari Jerman yang bernama Heinrich Schlieman telah menemukan beberapa bukti peninggalan peradaban kota Troya seperti yang dilukiskan dalam karya Komerus tersebut. Apa isi karya sastra Homerus tersebut ? Kitab Illiad menceritakan kejadian perang Troya yang disebabkan karena puteri Helena dari Sparta dilarikan oleh Pangeran Paris dari Troya Terjadilah peperangan antara raja Agamemmon dari Yunani dengan raja Priamus dari Troya. Pahlawan Troya yang bernama Hector dapat dikalahkan oleh pahlawan Yunani yang bernama Achilles. Tentara Yunani dapat memenangkan perang melalui siasat “Kuda Troya” atas ide raja Odysseus. Tahukah Anda tentang siasat tersebut? Kuda Troya merupakan sebuah kuda kayu raksasa yang di dalamnya digunakan untuk bersembunyi tentara Yunani. Kuda tersebut diletakkan di luar benteng kota Troya. Orang Troya tertipu, kuda kayu dikira hadiah lalu ditarik ke dalam benteng. Ketika dibuka tentara Yunani berhamburan dan menyerang secara mendadak. Sementara itu armada yang berpura-pura meninggalkan Troya datang kembali ikut menyerbu. Sehingga pasukan Troya mengalami kekalahan. Kitab Odysseia mengisahkan tentang pengembaraan Odysseus sepulang dari Troya. Karena isterinya yang bernama Penelope menikah lagi maka puteranya yang bernama Telemachos menyusulnya mengembara. Bagi bangsa Yunani kisah Illias dan Odysseia ini menjadi salah satu kebanggaan dan alat pemersatu bangsa Yunani. Faktor-faktor apa sajakah yang menjadi alat pemersatu bangsa Yunani itu? Beberapa faktor pemersatu bangsa Yunani adalah: 1. Kegiatan Olympiade untuk pemujaan dewa di Olymphus setiao empat tahun sekali.

2. 3. 4. 5.

Cerita Illias dan Odyseia. Merasa satu keturunan yaitu bangsa Hellas. Merasa satu tanah air yaitu tanah Hellas/Yunani. Kebiasaan mendatangi kuil penujuman/ ramalan di kota Delphi.

karyanya yang berjudul Oresteia, Sopochles dengan karyanya berjudul Antigone. Sedangkan drama komedi tokohnya Aristophanes dengan karyanya berjudul Lysistrata. Apakah Anda senang bermain drama, pernahkah memainkan salah satu karya drama Yunani di atas? Atau pernahkah Anda menyaksikan pementasan drama dengan cerita di atas? Jika di sekolah penyelenggara atau sekolah lain di kota sempatkanlah Anda menyaksikan karena akan menambah wawasan Anda. Selain seni sastra, peninggalan budaya Yunani yang terkenal adalah seni bangunan dan seni pahat. Simaklah uraiannya berikut ini. Seni Bangunan dan Seni Pahat Pada awalnya seni patung/pahat Yunani menghasilkan patung seperti patung bangsa Mesir, kemudian dikembangkan menjadi lebih hidup dengan gaya naturalis. Patung dibuat dari marmer dan perunggu. Pemahat yang terkenal di Yunani bernama Phidias, sedangkan arsitek bangunan yang terkenal antara lain bernama Ikhtinus. Seni pahat menghasilkan berbagai patung para dewa maupun tokoh yang terkenal misalnya Dewa Zeus, Perikles, Plato, Aristoteles dan lain-lain Pada masa pemerintahan Perikles seni bangunan Yunani berkembang pesat. Peninggalan bangunan kuno Yunani antara lain kuil pemujaan. Di bukit Acropolis berdiri megah kuil Parthenon dan kuil Erechteum yang di dalamnya terdapat patung dewi Palas Athena. Di bukit Olymphus dibangun kuil untuk dewa Zeus yang disebut kuil Altis. Di daerah koloni Yunani juga dibangun kuil misalnya kuil Zeus di Italia Selatan, kuil Apollo di Milate dan lain-lain. Teater adalah panggung di lapangan terbuka untuk pementasan misalnya komedi. Penonton duduk di bangku-bangku yang terbuat dari batu. Bagi orang Yunani, teater merupakan bagian pendidikan dan setiap orang dianjurkan untuk menonton.

 Filsafat dan Ilmu Pengetahuan. Seperti sudah disinggung pada uraian pemerintahan Yunani, ternyata polis Athena melahirkan banyak ahli pikir yang mewariskan pengetahuannya bagi umat manusia. Tepatlah ungkapan Socrates yang menyatakan : “Bila Anda ingin menemukan orang kuat pergilah ke Sparta, tetapi bila Anda ingin menjumpai orang pintar dan bijak, datanglah ke Athena”. Ada 3 orang filsuf yang perlu Anda ketahui yaitu: 1. Socrates (469-399 S.M.), Ajarannya tentang filsafat etika atau kesusilaan dengan logika sebagai dasar untuk membahasnya. Socrates mengajarkan agar manusia dapat membedakan apa yang baik atau buruk, benar atau salah, adil atau tidak adil. Ajarannya ditujukan kepada anak muda yang diajaknya berdiskusi. Ia akhirnya di hukum mati dengan minum racun karena tuduhan telah merombak dasar-dasar etika masyarakat Yunani kuno serta tidak percaya kepada dewa-dewa yang disembah masyarakat. 2. Plato (427-347 S.M.), Ajaran filsafatnya disebut filsafat idea. Ia menulis banyak buku, salah satunya berjudul Republica. Dalam buku tersebut diuraikan tentang kebahagiaan hidup yang dapat dicapai bila manusia bekerja dengan wataknya dan wanita diangkat derajatnya. Plato juga mendirikan pusat pendidikan bernama Academus. 3. Aristoteles (384-322 S.M.). Ia adalah murid Plato, merupakan ahli di bidang biologi dan ketatanegaraan. Karyanya yang terkenal antara lain Klasifikasi Flora dan Fauna di Kepulauan Aegeia. Di bidang ketatnegaraan, ia berpendapat bahwa sistem pemerintahan yang baik adalah republik. Pemerintahan yang baik mengutamakan kebahagiaan sebesarbesarnya untuk seluruh rakyat. Aristoteles adalah pendiri pusat pendidikan bernama Peripatetis. Salah seorang muridnya ialah Alexandar Agung, raja Macedonia. Kemajuan bangsa Yunani di bidang ilmu pengetahuan dapat dilihat dari deretan ilmuwan sebagai berikut:

1. Pythagoras, ahli matematika yang melahirkan dalil untuk segitiga siku-siku. Tentu Anda tahu rumus Phytagoras ! 2. Hipokrates, bapak kedokteran. Ia dapat menyebutkan sebab timbulnya penyakit dan cara mengobatinya yang ditulis dalam buku berjudul Aphorismen dan Prognose. Sumbangannya yang terkenal adalah sumpah dokter yang berlaku sampai sekarang. 3. Thucydides: Ahli sejarah yang menulis tentang perang Peloponesos. 4. Archimedes yang menciptakan teori gravitasi dan teori benda mengapung. 5. Thales dengan pendapatnya: alam fisik terdiri dari satu bahan dasar yaitu air. 6. Analisagoras dengan pendapatnya: materi terdiri dari beraneka ragam zat renik. 7. Democritus: ahli atom. 8. Euclid: ahli ilmu ukur. Herodotus: Bapak sejarah yang pertama kali mengembangkan sejarah tertulis.

DAFTAR PUSTAKA
WWW.GOOGLE.COM http://ilovecassava.multiply.com/journal/item/47/Greek_Mythology_Kum pulan_Kisah-Kisah_Mitologi_Yunani

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->