P. 1
LANDASAN TEORI

LANDASAN TEORI

|Views: 1,335|Likes:
Published by jz22hti
Bahan S2
Bahan S2

More info:

Categories:Types, Brochures
Published by: jz22hti on Apr 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/27/2013

pdf

text

original

TUGAS

LANDASAN TEORI ADMINISTRASI / MANAJEMEN

OLEH

Rolly Rumampuk, SPd
16/09/2009 Rolly Rumampuk 1

BAB I PENDAHULUAN
A. Pengertian Manajemen

Kata manajemen diterjemahkan dari Bahasa Inggris management .
16/09/2009 Rolly Rumampuk 2

Terjemahan dalam Bahasa Indonesia diantaranya ialah :

- Manajemen, - Managemen, - Pengelolahan, - Ketatapengurusan
(Kamus Manajemen, 1990 : 290).
16/09/2009 Rolly Rumampuk 3

Secara etimologi kata ini berasal dari Bahasa Latin managere . Secara morfologi kata ini terdiri dari dua kata, manus yang artinya tangan dan agere yang artinya melakukan . Gabungan kedua kata tersebut menjadi managere berarti menangani atau mengendalikan.
16/09/2009 Rolly Rumampuk 4

B. Beberapa Definisi Manajemen

Para pakar manajemen memberikan definisi manajemen yang berbeda-beda, menurut titik acuannya masing-masing dan oleh sebab itu tak satupun yang dapat dianggap paling benar dan valid karena setiap definisi yang dikemukakan umumnya dikarenakan adanya sudut pandangan ataupun penekanan yang berbeda-beda.

16/09/2009

Rolly Rumampuk

5

Beberapa pakar mendefinisikannya dalam arti yang lebih sempit dan yang lain malah memberikan definisi yang lebih luas.
‡ Harold Koontz & Hein Weirich (1988:4) Proses mendisain dan memelihara lingkungan di mana orang-orang bekerja bersama dalam kelompok-kelompok untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu secara efisien. ‡ George R. Terry (Kamus Manajemen, 1990: 290) Pencapaian sesuatu tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui usaha-usaha orang lain. ‡ Joseph L. Massie (1983:4) Manajemen diartikan sebagai kelompok khusus orang-orang yang tugasnya mengarahkan daya upaya dan aktivitas orang lain pada sasaran yang sama.

16/09/2009

6

‡ Sondang Siagian (Soebagio Atmodiwirio, 200:4) Manajemen adalah suatu proses untuk menyelesaikan sesuatu melalui orang lain. ‡ Jose Rizal G. Sanches (1996: 1) Manajemen adalah proses mengembangkan manusia secara keseluruhan, proses ini dibutuhkan untuk menantang orang dalam mengambil tujuan yang tinggi, melibatkan mereka secara signifikan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan, dan menolong mereka mengembangkan hubungan kerja yang efektif, memuaskan dan produktif dalam mencapai tujuan-tujuan dari system di mana mereka adalah bahagian dari system tersebut. ‡ Marry Parker Follet (J.S. Stoner, 1992:6) Manajemen adalah seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang-orang (the art of getting things done through people) ‡ M.H. Mescon, M. Albert & F. Khedouri ( Stoner: 1992:7) Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya anggota organisasi dan proses semua lai-lain sumber daya organisasi untuk tercapainya tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
16/09/2009 7

C. Implikasi Definisi Manajemen 1. Adanya proses kegiatan Proses adalah suatu cara sistematis untuk menjalankan suatu pekerjaan. Dalam manajemen, selalu terdapat proses kegiatan di dalamnya. Proses kegiatan ini, terencana, terorganiser, terarah, tertib dan teratur, bukan acak-acakan. 2. Adanya sekelompok orang Dalam kegiatan manajemen selalu mengikutsertakan sekelompok orang terdiri dari seorang atau beberapa pengelola (manajer) yang menggunakan sumber daya organisasi untuk orang-orang yang dikelompokkan sesuai dengan tujuan-tujuan yang hendak dicapai. egiatan orang perorang bukanlah suatu proses manajemen. alau ada suatu macam pekerjaan dilakukan tanpa melalui orang lain maka pekerjaan itu bukanlah manajemen.
16/09/2009 8

3. Adanya tujuan Proses kegiatan kelompok orang dalam situasi manajemen diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu, yang sudah ditentukan sebelumnya. 4. Adanya sarana-sarana Sarana manajemen dirumuskan sebagai berikut : (Winardi, 1981 : 3)

6M + E

G

dimana : 6M adalah : Man, Money, Material, Machine, Market, Minute (ada juga yang menyebutkan method sebagai salah satu sarana) E adalah : Environment G adalah : Goal

Untuk mencapai goal (tujuan), sarana-sarana ini harus didayagunakan menjadi satu kebulatan/kesatuan yang terintegratif, harmonis, kreatif, dinamis, progresif dan produktif.
16/09/2009 9

D. Pengertian Administrasi Kata administrasi adalah terjemahan dari istilah Bahasa Inggris administration sebagai bentuk kata benda. Kata dasarnya ialah to administer yang berarti melayani (the Living Wibster Encyclopedic Dictionary). Kata aslinya berasal dari kata kerja Bahasa Latin ad (ke atau to dalam bahasa Inggris) dan Ministrare (membantu, mengarahkan, melayani). Kedua kata itu digabung menjadi administrare yang berarati mengurus, mengatur, atau melaksanakan peraturan.
16/09/2009 10

E. Pengertian Manajemen dan Adminstrasi

Beberapa pakar anaje en e bedakan istilah anaje en dan ad inistrasi sedangkan yang lain engatakan sesungguhnya kedua istilah tersebut dapat dianggap sa a. Definisi Ad inistrasi di bawah ini kita akan elihat bahwa unsur-unsur yang dike ukakan didala definisi anaje en di atas se uanya dikandung oleh definisi tentang ad inistrasi
16/09/2009 JULIUS M ONDANG 11

F. Beberapa Definisi Administrasi 

ho as J. Sergiovanni cs, 1980 (seperti dikutip Devung, 1988 : 6). Administration is generally defined as the process of working with and through other, to efficiently accomplish organizational goals (administrasi secara umum didefinisikan sebagai suatu proses bekerjasama dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi secara berdayaguna). 

Robert D. Miewald, 1978 (Devung : 6) Administration is the means by which formal goals are achieved through cooperative human effort. (administrasi adalah alat tujuan-tujuan formal dicapai melalui usaha kerjasama manusia).

16/09/2009

JULIUS M ONDANG

12 

Herbert H. Si on, 1990 (Burhanuddin : 8) In its broader sense, administration can be defined as the activities of group cooperating to accomplish common goal.
(dalam arti yang lebih luas, administrasi dapat didefinisikan sebagai aktivitas dari kerjasama kelompok untuk mencapai tujuan bersama). 

S. P. Siagian (1970 : 3)
Administrasi didefinisikan sebagai keseluruhan proses kerjasama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

16/09/2009

JULIUS M ONDANG

13

G. Penggunaan Istilah Administrasi dan Manajemen Menurut Devung (1988 : 4), dalam bahasa Inggris istilah administration dan management, digunakan dalam berbagai konteks dengan beberapa variasi pengetian, namun dalam beberapa konteks tertentu keduanya mempunya kesamaan arti, dengan kandungan makna to control , dalam arti mengatur dan mengurus. Menurut Siagian (1979 : 3 6), manajemen merupakan inti dari administrasi oleh karena itu pengertian administrasi lebih luas dari manajemen. Mc. Farland, Management Principles and Practices (1959) mengemukakan bahwa Administration refers to the determination of major aims and policies, where as management refers to the carrying out of the operation designed to accomplished the aims and effective policies .
16/09/2009 JULIUS M ONDANG 14

J1

Menurut Burhanuddin (1990 : 9), secara sempit administrasi sering disamakan dengan sebutan tata usaha yang hamper mempunyai makna dengan office work, sedangkan dalam bentuk umum tata usaha adalah berupa kegiatan-kegiatan mengetik, menulis, menghitung, mencek dan menyimpan memperbanyak dan mengirim bahan-bahan keterangan dalam suatu organisasi.

Campbell cs seperti dikutip Devung mengakatan bahwa sebenarnya tidak da perbedaan yang jelas antara administrasi dan manajemen.

16/09/2009

15

Slide 15 J1
JZ22HTI, 3/23/2009

Perbedaannya dijelaskan pada definisi yang diberikan sebagai berikut : Management as the term is used in business world, means much the same as the term administration does when it is used to government and many other organization (manajemen, istilah yang digunakan dikalangan niaga, mempunyai arti yang sama dengan istilah administrasi yang digunakan di kalangan pemerintahan dan banyak organisasi lainnya).

Devung berpendapat istilah administrasi dan istilah manajemen dalam konteks digunakan dengan makna fungsional yang sama pula. Profit taking maupun yang nonprofit taking.

16/09/2009

16

H. Mengapa Manajemen Di bawah ini dikemukakan beberapa alasannya : 

Tanpa lemba a tidak akan ada mana emen, tanpa mana emen tidak ada pula lemba a. 

Mana emen menyentuh serta mempen aruhi kehidupan hamper semua manusia.

16/09/2009

17

I. Apakah Manajemen Suatu Ilmu atau Seni 

Menurut Harold Koontz cs, manajemen adalah suatu seni dan juga suatu ilmu.  Menurut Terry (1975 : 79) secara esensial, seorang manajer adalah seorang ilmuwan dan seorang seniman.  Menurut Winardi (1981 : 8) Manajer seorang ilmuwan dan seorang seniman.  Menurut Massie, Manajemen itu suatu seni.
Kesimpulan : Manajemen adalah suatu ilmu (suatu ilmu non eksata yang sama dengan ilmu sosial lainnya ; suatu ilmu yang tersusun rapi, mengandung konsep-konsep, teori-teori, prinsip-prinsip yang tersusun rapi, serta teknik yang memberikan dasar bagi praktek manajemen itu sendiri).
16/09/2009 18

J. Universalitas Manajemen

Manajemen bersifat universal, yaitu manajemen dapat diaplikasikan pada setiap eselon dalam organisasi, yaitu proses dan prinsip yang sama dapat diaplikasikan baik oleh direktur, atau kepala bagian, maupun oleh para supervisor. Konsep universalitas manajemen ini berlaku juga bagi setiap jenis organisasi, baik bagi profit-seeking organization maupun non profit organization

16/09/2009

19

K. Fungsi Manajemen
Dari sudut ilmu sosial, yang dimaksud dengan fungsi ialah adanya karakteristik tertentu yang membedakan suatu tugas dengan tugas lainnya

Fungsi-fungsi manajemen menurut beberapa pakar manajemen : a. Yang dikutip oleh Siagian (1981 : 130) 1.Henry Fayol : Planning, coordinating, controlling. organizing, commanding,

2. Luther M. Gullich : Planning, organizing, staffing, directing, coordinating, reporting, budgeting. 3. John Millet : Directing, facilitating Planning,organizing, actuating, staffing,

4. Harold Koontz & Cyrill O Donnel : directing, controlling.
16/09/2009

20

5. George Terry 6. John Mee

: :

Planning, organizing, actuating, controlling. Planning, organizing, motivating, controlling organizing, actuating,

7. Siagian : Planning, controlling, evaluating.

b. Yang dikutip oleh Tabrani (1993 : 31) 1. Louis A. Allen : Leading, planning, organizing, controlling.

2. Prayudi Admosudirdjo : Planning, organizing, directing, actuating, controlling. 3. John Robert Beishline : commanding, controlling Planning, organizing, organizing, assembling,

4. William H. Newman : Planning, resourcing, directing, controlling.
16/09/2009

21

5. Lyndal F. Urwich : Forcasting, planning, commanding, coordinating, controlling. 6. Winardi : Planning, organizing, actuating, leading, communicating, controlling.

organizing, coordinating,

7. The Liang Gie : Planning, decision making, directing, coordinating, controlling, improving. Dari beberapa fungsi yang dikemukakan, empat fungsi yang diberikan oleh Terry paling sering dibahas dalam literature manajemen yang disebut major function of management. Dalam bukunya Principles of Management (1975) Terry mendeskripsikan tugas-tugas seorang manager berkaitan dengan keempat fungsi manajemen yang dikemukakan :
16/09/2009 22

1. Tugas Manajer dala
a) b) c) d) e) f) g) h)

Perencanaan

Menentukan, mendeskripsikan dan menjelaskan tujuan organisasi Memprakirakan yang akan dilakukan. Menetapkan syarat dan gambaran kinerja Menetapkan dan menjelaskan tugas dalam mencapai tujuan Menetapkan rencana menyelesaikan tugas Menetapkan kebijakan Merencanakan patokan dan metode penyelesaian Mengatisipasi lebih dulu masalah yang akan dihadapi.

. Tugas Manajer dala

Pengorganisasian

a) Mendeskripsikan pekerjaan dalam tugas pelaksanaan b) Mengklasifikasikan tugas pelaksanaan dalam pekerjaan operasional c) Mengumpulkan pekerjaan opersional dalam kesatuan yang berhubungan dan dapat dikelola d) Menetapkan syarat pekerjaan e) Mengkaji dan menetapkan individu pada pekerjaan yang tepat f) Mendelegasikan otoritas yang tepat kepada masing-masing manajemen g) Memberikan fasilitas ketenagakerjaan dan sumber daya lainnya h) Menyesuaikan organisasi ditinjau dari sudut hasil pengendalian

16/09/2009

23

3. Manajer dala
a) b) c) d) e) f) g)

Penggerakan

Memberitahukan dan menjelaskan tujuan organisasi kepada pegawai Mengajak para pegawai untuk bekerja semaksimal-maksimalnya. Membimbing para pegawai untuk mencapai standar kerja operasional Mengembangkan kapasitas pegawai secara maksimal Memberikan kepada setiap orang hak untuk didengar Memberikan pujian dan hukuman secara adil Member hadiah melalui penghargaan dan pembayaran untuk suatu pekerjaan yang diselesaikan dengan baik h) Memperbaiki usaha pergerakan dipadang dari segi hasil pegendalian

4. Tugas Manajer dala
a) b) c) d) e)

Pengendalian

Membandingkan hasil dengan rencana Menilai hasil dengan standar hasil pelaksanaan Menciptakan alat yang efektif untuk mengukur pelaksanaan Memberitahukan alat pengukur Memudahka data yang detail dalam bentuk yang menunjukkan perbandingan dan pertentangan f) Mengajukan tindakan perbaikan apabila dibutuhkan g) Menyesuaikan pengendalian de ngan hasil yang dicapai
24

16/09/2009

Aktivitas inti yang dilaksanakan pada 4 fungsi utama (major function) Manajemen

PLANING (p) Menentukan sasaran organisasi Dan apa yang harus dilaksanakan, Dimana dilakukan, kapan melaksanakannya, Siapa yang akan melaksanakannya, dan Bagaimana melaksanakannya. ORGANIZING (O) Menentukan siapa akan melakukan Apa, dalam kondisi apa, bagaimana keterkaitan antar individu dan departemen dan bagaimana struktur kerjannya.
16/09/2009

ACTUATING (A) Mengusahakan agar setiap individu dan kelompok bergairah dan siap bekerjasama untuk melaksanakan tugas.

CONTROLLING (C) Menderterminasi apakah pelaksanaannya sudah sesuai dengan rencana yang telah direncanakan atau apakah perlu melakukan tindakantindakan korektif
25

26

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->