P. 1
Audit of Fixed Asset

Audit of Fixed Asset

|Views: 1,137|Likes:
Published by Masyita Winastuti

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Masyita Winastuti on Apr 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

FIXED ASSET

‡ Fixed Asset disebut juga Property, Plant, and Equipment ‡ Tujuan pembelian adalah untuk dipergunakan dalam kegiatan operasional perusahaan ‡ Masa manfaat lebih dari 1 tahun ‡ Jumlahnya cukup material

CONTOH FIXED ASSET
1. Fixed Tangible Asset ‡ Tanah (Land) ‡ Gedung ‡ Peralatan (Equipment) ‡ Natural Resources 2. Fixed Intangible Asset
‡ ‡ ‡

Hak Patent, Hak Cipta (Copyright) Goodwill

PRINSIP AKUNTANSI
‡ Dasar penilaian fixed asset harus dicantumkan di neraca ‡ Fixed asset disajikan di neraca berdasarkan cost-nya dikurangi akumulasi depresiasinya ‡ Fixed asset yang dijadikan jaminan hutang harus diungkapkan ‡ Jumlah akumulasi depresiasi & biaya depresiasi untuk tahun berjalan harus disajikan dalam laporan keuangan

PRINSIP AKUNTANSI
‡ Metode depresiasi harus diungkapkan ‡ Fixed asset disajikan dalam golongan yang terpisah apabila jumlahnya material ‡ Fixed asset yang telah habis didepresiasi tapi masih digunakan dalam operasi perusahaan, apabila material, harus diungkapkan

BUSINESS FUNCTION
1. Perolehan aktiva tetap
‡ Pembelian ‡ Pengeluaran kas / utang usaha ‡ Penerimaan barang

2. Pemeliharaan aktiva tetap 3. Penyusutan aktiva tetap
‡ Estimasi penyusutan ‡ Pembebanan penyusutan

4. Disposal atau penghapusan aktiva tetap 5. Penjualan Aktiva Tetap

AKUN TERKAIT
1. 2. 3. 4. 5. 6. Fixed Asset Account Payable Cash Maintenance Expense Depreciation Expense dst.

DOKUMEN TERKAIT
‡ Faktur pemasok ‡ Surat permintaan ‡ Berkas induk aktiva tetap penghentian pemakaian aktiva tetap ‡ Sertifikat kepemilikan ‡ Surat order pembelian ‡ Bukti kas keluar ‡ Laporan penerimaan ‡ Ledger barang ‡ Surat permintaan reparasi ‡ Laporan tagihan pemasok ‡ Surat permintaan transfer aktiva tetap

SUBSTANTIVE TEST OF TRANSACTION
‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Occurrence (Keterjadian) Completeness (Kelengkapan) Accuracy (Keakuratan) Posting and Summarization Classification (Klasifikasi) Timing (Ketepatan Waktu)

OCCURRENCE
1. 2. 3. 4. Cek fisik aktiva tetap Periksa bukti pemilikan aktiva tetap Konfirmasi bukti kepemilikan aktiva tetap. Periksa faktur pembelian aktiva tetap dan laporan penerimaan barang 5. Verifikasi pemerolehan aktiva tetap dengan cara memeriksa otorisasi penambahan aktiva tetap dalam notulen rapat dewan direksi dan dewan komisaris, anggaran modal dan bukti kas keluar.

OCCURRENCE
6. Lakukan pemeriksaan terhadap dokumen pendukung bukti kas keluar. 7. Periksa berkurangnya aktiva tetap ke dokumen yang mendukung transaksi tersebut. 8. Periksa perintah kerja atau dokumen lain yang menunjukkan adanya otorisasi penghentian pemakaian aktiva tetap.

COMPLETENESS
1. Telusuri faktur pembelian ke jurnal pembelian aktiva tetap. 2. Telaah perjanjian sewa guna usaha dan penyewaan. 3. Periksa apakah aktiva tetap tersebut sudah diasuransikan dan apakah insurance coveragenya cukup. 4. Tes perhitungan penyusutan, cross reference angka penyusutan dengan biaya penyusutan diperkiraan laba rugi dan periksa alokasi/distribusi biaya penyusutan.

COMPLETENESS
5. Untuk construction in progress, periksa penambahannya dan apakah ada construction in progress yang harus ditransfer ke aktiva tetap. 6. Pelajari dan periksa apakah capitalization policy serta depreciation policynya dijalankan konsisten dengan tahun sebelumnya.

ACCURACY
1. Periksa faktur pembelian aktiva tetap dari pemasok. 2. Tes perhitungan penyusutan dan alokasi biaya penyusutan. 3. Bandingkan transaksi yang dibukukan dalam jurnal pembelian dengan faktur pemasok, laporan penerimaan barang dan dokumen pendukung lainnya.

ACCURACY
4. Bandingkan akumulasi penyusutan pada berkas induk aktiva dengan buku besar. 5. Cek apakah akumulasi penyusutan dihitung dengan benar dan konsisten setiap tahunnya. 6. Lakukan review terhadap akun biaya reparasi dan pemeliharaan aktiva tetap.

POSTING AND SUMMARIZATION
1. Pemeriksa pengungkapan tentang aktiva tetap di neraca apakah sudah sesuai dengan prinsip akuntansi berteima umum dalam penyajian aktiva tetap di neraca. 2. Jika ada aktiva tetap yang diperoleh melalui leasing, periksa lease agreement dan periksa apakah accounting treatmennya sudah sesuai dengan standar akuntansi leasing. 3. Periksa atau tanyakan apakah ada aktiva tetap yang dijadikan agunan kredit bank.

POSTING AND SUMMARIZATION
4. Jika dalam tahun yang diaudit terdapat penghentian produksi produk tertentu, selidikilah perlakuan terhadap aktiva tetap yang semula digunakan untuk memproduksi produk tersebut. 5. Periksa pengungkapan mengenai metode depresiasi atau deplesi yang dipakai. 6. Periksa pengungkapan mengenai aktiva tetap yang dijaminkan atau digadaikan dalam penarikan utang. 7. Periksa pengungkapan mengenai aktiva tetap yang telah habis didepresiasi namun masih digunakan dalam kegiatan perusahaan.

CLASSIFICATION
1. Periksa klasifikasi aktiva tetap di neraca apakah sudah sesuai pengklasifikasiannya. 2. Periksa faktur pembelian dari pemasok untuk peralatan pabrik untuk menemukan unsur yang seharusnya diklasifikasikan sebagai peralatan kantor, bagian dari bangunan atau perbaikan. 3. Buat analisa tentang perkiraan Repair & Maintenance, sehingga dapat diketahui apakah ada pengeluaran yang seharusnya masuk dalam kelompok Capital Expenditure tetapi dicatat sebagai Revenue Expenditure.

CLASSIFICATION
4. Cek beban penyusutan diklasifikasikan sebagai beban usaha atau beban administrasi 5. Periksa apakah ada salah saji perlengkapan (supplies) yang dimasukkan ke dalam peralatan (equipment). 6. Bandingkan klasifikasi pada jurnal pembelian aktiva tetap dengan bagan akun dengan mengacu kepada faktur pemasok.

TIMING
1. Cek apakah nota pengiriman diteruskan ke departemen keuangan secara tepat waktu. 2. Periksa prosedur manual dan observasi apakah ada faktur pemasok yang tidak dibukukan. 3. Bandingkan tanggal dalam laporan penerimaan dan faktur pemasok dengan tanggal pada jurnal pembelian aktiva tetap.

TIMING
4. Periksa bukti kas keluar dan dokumen laporan penerimaan barang yang dibuat dan dicatat oleh klien dalam periode sebelum dan sesudah tanggal neraca. 5. Periksa apakah ada aktiva tetap yang dicatat setelah tanggal neraca. 6. Periksa jurnal apakah penyusutan dilakukan secara konsisten tiap akhir periode pembukuan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->