P. 1
Perangkat Lunak Pengolah Angka

Perangkat Lunak Pengolah Angka

|Views: 1,010|Likes:
Published by ReNoOkEy

More info:

Published by: ReNoOkEy on May 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/30/2010

pdf

text

original

Perangkat Lunak Pengolah Angka

ReNoOKEy
Nama: Reno Chandra Liona

Kelas: VIII/f
Renookey@rocketmail.com

Perangkat Lunak Pengolah Angka
Macam-macam Perangkat Lunak Pengolah Angka Macam-macam perangkat lunak pengolah angka antara lain : Kspread, Star Office Calc, Open Office Calc, GNOME - GNumeric, Xess, Lotus 123, Microsoft Excel. Adapun yang sekarang banyak digunakan masyarakat adalah Microsoft Excel.

Kspread
Kspread merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform. Open Source berarti kita dapat mendownload secara gratis dari internet dan menggunakannya secara bebas.

Gambar 2.1 : Kspread beserta lembar kerja

Star Office Calc
StarOffice Calc merupakan aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. StarOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform, yang berarti dapat dijalankan di berbagai sistem operasi termasuk Linux, Solaris, Unix, dan Windows

Gambar 2.2 : Star Office Calc beserta lembar kerja

Open Office Calc
OpenOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang besifat open source (dapat dibuka melalui sistem operasi apa saja).

Gambar 2.3 : Open Office Calc beserta lembar kerja

StarOffice Calc atau StarCalc adalah spreadsheet bagian dari paket perkantoran StarOffice yang sekarang dikenal dengan nama OpenOffice. Aplikasi ini dapat disetarakan dengan aplikasi spreadsheet komersial yang lain, bahkan dari hasil pengujian salah satu majalah di Jerman, program ini menduduki peringkat yang paling bagus untuk visualisasi dan paling lengkap untuk jenis fungsi perhitungan dan analisis, di antara empat macam paket aplikasi perkantoran yang diuji (MS Excel, Lotus 1-2-3, Quatro Pro dan StarCalc). StarCalc menawarkan fungsi-fungsi lebih dari suatu spreadsheet standard, memberikan kemudahan untuk menganalisis bilangan, membuat daftar dan menangani konversi Euro dengan kemudahan dan ketepatan. Suatu skenario manager akan membantu menganalisis dan memfilter data menurut bermacammacam faktor, dan beberapa fungsi tata letak lanjut yang memudahkan tugas menampilkan data. Untuk pekerjaan akhir, dapat membuat bagan 3-D dengan hanya mengklik beberapa kali mause. Dengan pelepasan StarOffice ke open source, menjadikan program ini semakin hari semakin baik. Program OpenOffice memiliki tipe lisensi GPL yang dapat didownload, diubah (source codenya) dan dicopy dengan bebas. Program ini dapat di download melalui situs http://www.openoffice.org/ atau http://www.sun.com/staroffice/ Kemampuan baru yang dimiliki oleh program ini (StarOffice Calc 5.2) meliputi: Menggunakan teknologi pemakaian intuitif yang selalu berkembang (Improved IntuitiveUse) yang menawarkan tool dan fungsi yang diperlukan untuk pekerjakan yang sedang dilakukan, dengan mentidak-berlakukan semua operasi yang tidak diperlukan pada saat itu. Sebagai contoh, suatu pemilihan grafik akan tidak mengijinkan operasi sel. Pada menu dan toolbar, perintah yang aktif hanya yang berhubungan dengan perintah dari aktifitas yang sedang berlangsung. Pilot data lanjut (Enhanced DataPilot): Sekarang sangat gampang menganalisis dan mengevaluasi data spreadsheet yang telah ada. Fitur ini memberikan pilihan secara cepat untuk memilih suatu sumber data termasuk pilihan layout lanjut. Template baru dan file contoh, seperti file konverter pengukuran unversal (ConventionTable.sdc) yang dapat digunakan untuk mengkonversi pengukuran dan berat dari sistem metrik ke sistem pengukuran US atau British. Juga tersedia file template untuk mengelola stok (StarOffice Stocks Manager template) dan konverter nilai mata uang (CurrencyConverter.sdc) yang bisa diperbaharui baik secara manual maupun lewat internet. Euro Converter AutoPilot baru yang dapat digunakan untuk mengkonversi suatu nilai mata uang yang dimasukkan ke dalam mata uang Euro. Disempurnakan filter import dan export untuk dokumen MS Excel 97/2000, menyimpan spreadsheet kompleks yang berisi catatan sel, komentar, grafik, dan objek yang dilink (OLE) seperti pada file MS Excel 97/2000.

GNOME Office - Gnumeric
Gnumeric adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarga dari GNOME Office. Gnumeric bersifat open source. Gnumeric memiliki tampilan yang user friendly di mana jendela Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar.

Gambar 2.4 : GNOME Office - GNUMERIC beserta lembar kerja
Gnumeric merupakan bagian dari lingkunan desktop GNOME: suatu projek untuk membuat suatu lingkungan desktop yang gratis dan mudah digunakan. Sebagaimana komponen GNOME yang lain, Gnumeric juga merupakan software gratis (OpenSource) yang memiliki jenis lisensi dibawah terminologi GNU GPL. Gnumeric akan dapat mengimport file-file dari Excel, 1-2-3, Applix, SYLK, XBase dan Oleo. Gnumeric dikembangkan untuk menggantikan spreadsheet komersial yang ada pada saat ini. Spreadsheet ini dikembangkan dengan kompiler GNU C (gcc) dan user interface didesain dengan menggunakan desainer Glade GUI. Program ini dapat didownload melalu situs http://www.gnome.org/projects/gnumeric/ Kemampuan program ini meliputi: 95% fungsi buit-in Excel serta 100% fungsi untuk engineering, melakukan perhitungan antar sel maupun antar lembar kerja, nama dapat didefinisikan oleh user (untuk rentang dan fungsi), fungsi array, dan menggambar bangun sederhana (garis, lingkaran dan kotak). Autofill dan juga menebak isian secara automatis, melakukan parsing isian user menjadi angka dengan format yang diinginkan. Tersedia alat bantu untuk analisis data seperti Anova, korelasi, kovarian, statistika desktriptif, F-Test untuk dua sampel, angka acak, sampling, dan z-Test untuk dua sampel. Mencetak dengan header dan format, mengatur format seperti pada program Excel, meliputi angka (umum, angka, mata uang, akutansi, tanggal, waktu, persentase, pecahan, scientific, teks, khusus, pilihan sendiri), perataan, jenis huruf, border, warna latar belakang sel, proteksi sel. Dapat mengimport dari format Excel, xml, html, csv, 1-2-3, GNU Oleo. Dapat mengeksport ke dalam format Comma Separated Values (csv), Data Interchange Format (dif), HTML baik versi 3.2 maupun 4.0, LATEX , LATEX2e , DVI (melalui groff), Troff (me), PDF (melalui groff/gs), plain text, dan Excel 95. Gnumerik menggunakan format Gnumeric-XML.

Abacus

Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Awalnya Abacus dikembangkan sebaggai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof. Arlindo Oliveira.

Gambar 2.5 : Abacus beserta lembar kerja

XESS
XESS adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh AIS (Applied Information System - www.ais.com) dan dapat dijalankan dikomputer dengan sistem UNIX, Linux, Open VMS dan Windows.

Gambar 2.6 : XESS beserta lembar kerja

Lotus 123
Lotus 123 merupakan aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan IBM. Lotus 123 dikeluarkan dalam satu paket bersama-sama aplikasi Office lainya dan dikenal dengan nama Lotus SmartSuite.

Gambar 2.7 : Lotus 123 beserta lembar kerja

Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation. Perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Microsoft memiliki fiturfitur yang memungkinkannya diintegrasikan dengan aplikasi Microsoft Office lainnya.

Gambar 2.8 : Microsoft Excel beserta lembar kerja Microsoft Excel Versi 1.0 dapat dijalankan pada komputer IBM PC dengan Micro Processor 80486. Kemudian Microsoft Excel versi 2.0. Microsoft Excel 2000 yang untuk selanjutnya disingkat Excel 2000 merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik). Excel 2000 merupakan pengembangan dari Microsoft Excel versi sebelumnya dengan tujuan agar program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) ini lebih mudah digunakan dan dapat dimanfaatkan semua fasilitas yang ada pada sistem jaringan baik internet maupun intranet. Tahun 1990 Microsoft Corporation memperkenalkan Microsoft Excel versi 3.0 yang menampilkan window-nya yang tiga dimensi dan mendukung penggunaan memori. Kemudian pada tanggal 6 April 1992, Microsoft Corporation telah mengeluarkan Microsoft Excel 3.1. Pada tanggal 24 Agustus 1995 Microsoft Corporation secara resmi mengeluarkan versi terbarunya dengan nama Microsoft Excel '95 dan diteruskan dengan versi Microsoft Excel '97 serta dalam tahap penyempurnaan akan dikeluarkan pula versi terbarunya yakni Microsoft Excel 2003. Jendela Microsoft Excel Jendela Microsoft Excel terdiri dari bagian-bagian yang mempunyai fungsi tertentu. Bagian-bagian itu adalah : a. b. c. d. e. f. Baris Judul Kontrol Jendela Baris Menu Baris Rumus Lembaran Kerja Tab Lembaran Kerja

Gambar 4.1 : Jendela Microsoft Excel A. Baris Judul (Title Bar) Seperti yang ditampilkan pada Gambar 4.2, baris judul (title bar) terletak dibagian kiri atas jendela Microsoft Excel. Baris judul (title bar) berfungsi untuk menampilkan nama file lembaran kerja yang sedang dibuka. Apabila lembaran kerja yang sedang dibuka belum pernah disimpan; maka secara default lembaran kerja tersebut diberi nama Book1, Book2, dan seterusnya.

Gambar 4.2 : Baris Judul (Title Bar) menampilkan nama file lembaran kerja B. Kontrol Jendela (Control Window) Kontrol jendela terletak dibagian kanan atas jendela Microsoft Excel sejajar dengan baris judul. Kontrol jendela berfungsi untuk mengatur tampilan jendela Microsoft Excel. Tombol paling kiri berfungsi untuk me-minimize jendela Microsoft Excel. Tombol tengah berfungsi untuk mengecilkan atau memperbesar tampilan jendela Microsoft Excel. Tombol paling kanan berfungsi untuk menutup jendela Microsoft Excel.

Gambar 4.3 : Kontrol jendela (Control Window) C. Baris Menu (Menu Bar)

Baris menu (menu bar) memuat menu-menu yang terdapat di Microsoft Excel (Gambar 4.4). Masing-masing menu tersebut mempunyai perintah-perintah yang dikelompokan sesuai dengan fungsi perintah-perintah yang berhubungan. Perintahperintah yang terdapat pada sebuah menu akan ditampilkan apabila menu tersebut di klik.

Gambar 4.4 : Baris menu (Menu Bar) Microsoft Excel mempunyai 9 buah menu, yaitu sebagai berikut: 1. Menu File Menu File memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan file-file lembaran kerja. Perintah yang terdapat di menu File antara lain: Open, New, Close, Print,Page Setup, Exit dan lain-lain seperti terlihat pada Gambar 4.5

Gambar 4.5 : Tampilan pulldown menu File 2. Menu Edit Menu Edit memuat perintah-perintah untuk melakukan pengeditan lembaran kerja. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Edit antara lain: Undo, Copy, Paste, Delete, Find, Replace, dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.6

Gambar 4.6 : Tampilan pulldown menu Edit 3. Menu View Menu View memuat perintah-perintah untuk mengatur apa saja yang ditampilkan di jendela Microsoft Excel dan mengatur bagaimana tampilan sebuah lembaran. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu View antara lain Normal, Page break Preview, Task Pane, Toolbars, Formula bar, Status Bar, Header and Footer, Comments, CustomViews, Full Screen, Zoom. Seperti terlihat pada Gambar 4.7

Gambar 4.7 : Tampilan pulldown menu View 4. Menu Insert Menu Insert memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan penyisipan. Perintah yang terdapat di menu Insert antara lain: Cells, Rows, Columns, Worksheet, Chart, Symbols, dan lain-lain seperti terlihat pada Gambar 4.8

Gambar 4.8 : Tampilan pulldown menu Insert 5. Menu Format Menu Format memuat perintah-perintah untuk melakukan pengaturan sel. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Format antara lain: Cells, Row, Column, Sheet, Autoformat, Style dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.9

Gambar 4.9 : Tampilan pulldown menu Format 6. Menu Tools Menu Tools memuat perintah-perintah pendukung untuk pengaturan lembar kerja. Perintah-perintahnya antara lain: Speeling, Speech, Protection, Macro, dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.10

Gambar 4.10 : Tampilan pulldown menu Tools 7. Menu Data Menu Data memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan data. Perintah yang terdapat di menu Data antara lain: Sort, Filter, SubTotal, Table, TexttoColumn dan lain-lain seperti terlihat pada Gambar 4.11

Gambar 4.11 : Tampilan pulldown menu Data 8. Menu Window Menu Window memuat perintah-perintah untuk melakukan pengaturan tampilan lembaran kerja. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Window antara lain: New Window, Arrange, Hide, Split, Freeze Panes, dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.12

Gambar 4.12 : Tampilan pulldown menu Window 9. Menu Help Menu Help memuat bantuan yang umum diperlukan untuk menjelaskan fungsi dan contoh penggunaan perintah di Excel. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Help antara lain Microsoft Excel Helps, Show Office Assistant, Contact Us, Check for Update dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.13

Gambar 4.13 : Tampilan pulldown menu Help D. Baris Rumus (Menu Formula) dan Fungsi (Function) Rumus (formula) adalah suatu bentuk perhitungan yang dibuat oleh kita sendiri dengan tujuan tertentu, misalnya menjumlahkan, mengurangkan, dan mengalikan. Melalui rumus ini, kita dapat memasukan data dengan menggunakan operator hitung (operator aritmatik), diantaranya adalah :
    

+ (plus) : penjumlahan * (kali) : perkalian ^ (pangkat) : pemangkatan - (minus) : pengurangan / (bagi) : pembagian

E. Lembaran Kerja Lembaran kerja Micrososft Excel berbentuk tabel yang terdiri dari kolom-kolom dan baris-baris. Setiap kolom mempunyai kepala kolom yang dimulai dari A,B,C, .Z, AA, AB, dan seterusnya sampai kolom IV. Jumlah kolom 256 diawali kolom A dan diakhiri kolom IV. Sebaliknya, baris mempunyai kepala baris yang dimulai dari 1, 2, 3, dan seterusnya sampai baris 65536. Setiap kotak yang terdapat di lembaran kerja disebut dengan sel. Setiap sel mempunyai alamat yang merupakan kombinasi dari kolom dan baris dimana sel tersebut berada. Misalnya sel yang terdapat dikolom H baris ke 15, maka sel tersebut disebut dengan sel H15. Alamat sel tersebut akan digunakan sebagai acuan dalam perhitungan, baik menggunakan rumus maupun fungsi-fungsi yang terdapat di Microsoft Excel.

Gambar 4.14 : Lembaran Kerja F. Tab Lembaran Kerja Tab lembaran kerja terdapat pada bagian bawah jendela Microsoft Excel dan sejajar dengan scroll bar horizontal. Tab lembaran kerja berfungsi untuk mengaktifkan sebuah lembaran kerja. Tab lembaran kerja yang aktif akan tampak lebih terang dari pada tab lembaran kerja yang lain. Lembaran kerja diaktifkan dengan cara mengeklik tab lembaran kerja yang bersangkutan.

Gambar 4.15 : Tab Lembaran Kerja
Renookey@rocketmail.com

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->