P. 1
MAKNA KASIH SAYANG

MAKNA KASIH SAYANG

|Views: 2,694|Likes:
Published by Gede Ardiasa

More info:

Published by: Gede Ardiasa on May 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/02/2013

pdf

text

original

MAKNA KASIH SAYANG

Cinta dan kasih sayang begitu popular didunia ini, bahkan manusia akan merasa kekeringan dalam hidup jika tanpa kasih sayang. Semua orang pasti ingin dicintai dan dikasihi, dari bayi sampai lanjut usia semua membutuhkan cinta dan kasih sayang. Merupakan renungan yang harus benar-benar diperhatikan adalah bagaimana kita menumbuhkan cinta dan kasih sayang yang baik terhadap diri kita dan orang lain, yang kita semua adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Kasih sayang yang baik sebenarnya adalah : Memberi bukan menerima. Tidak menuntut orang lain berbuat baik dulu kepada kita baru kita membalasnya dengan kasih, tetapi kita harus tetap mengasihi tanpa syarat. Kasih itu juga dapat didefinisikan sebagai berikut : Kasih itu sabar, murah hati, tidak cemburu, kasih tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Kasih tidak melakukan yang tidak sopan, tidak mencari keuntungan diri sendiri, kasih tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain, tidak bersuka cita karena ketidak adilan tetapi karena kebenaran. Kasih mendorong kita dalam pengembangan mendahulukan kepentingan orang lain, dari pada kepentingan diri sendiri.

LAHIRNYA KASIH SAYANG DALAM KELUARGA
Atas dasar cinta, semua angotakeluarga berusaha saling menyenangkan dan ingin saling membaktikan diri. Orang tua tidak hanya ingin hidupnya sejahtera dan bahagia tetapi juga berharap agar anak-anaknyasejahtera dan bahagia. Bahkan, ia bercita-cita agar anak-anaknya lebih sejahtera dan lebih bahagia dalam hidupnya. Inilah hubangan keluarga yang paling hakiki, yaitu cinta, kasih, dan saying, serta perasaan sebagai satu kesatuan. Kehormatan anggota keluarga dirasakan sebagai kehormatan seluruh keluarga itu. Sebaliknya, kecemasan, atau noda dan kahinaan anggota keluarga akan dirasakan sebagai kecemaran atau aib bagi seluruh keluarga. Oleh karena itu, demi kebaikan keluarga, tiap anggota keluarga senantiasa harus merasa bertanggung jawab atas keluarganya.

KASIH SAYANG DALAM KELUARGA
Keluarga secara umum diartikan sebagi institusi terkecil di masyarakat. Dengan beranggotakan ayah, ibu dan anak. Umumnya kumpulan ayah, ibu dan anak ini disebut pula dengan nama keluarga inti. Walau pun makna keluarga bisa meluas, seperti keluarga tani, keluarga buruh dan sebagainya, namun tulisan ini lebih membahas masalah kasih sayang dalam keluarga inti. Kehidupan di dalam keluarga dan hubungan yang terjadi diantara anggota keluarga tersebut, merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan dalam semua umat ber-agama. Seluruh aspek kehidupan ada aturan yang menuntunnya. Begitu pula dengan interaksi antar anggota keluarga. Tak dapat dipungkiri, keluarga sebagai institusi terkecil di dalam masyarakat memegang peranan vital. Ibaratnya bangunan, keluarga yang terdiri dari individu-individu ini merupakan pondasi bagi tertegaknya suatu masyarakat. Bisa dikatakan, keluarga yang baik akan mendukung terbentuknya masyarakat yang baik pula. Sehingga pembinaan dan pendidikan dalam keluarga juga sangat berpengaruh bagi kondisi masyarakat di mana suatu keluarga berada.

DASAR INTERAKSI ANTAR ANGGOTA KELUARGA
Orang tua wajib mengajarkan kepada anak-anaknya untuk senantiasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala yang ia miliki, tidak mempersekutukan Tuhan Yang Maha Esa dengan sesuatu apa pun, selalu berbuat baik kepada kedua orang tuanya, tidak taat kepada orang tua jika mereka mengajak kepada kemaksiatan, mengajarkan kepada anak bahwa setiap perbuatan pasti akan ada balasannya, dan juga mengajak anak untuk senantiasa melakukan persembahyangan, serta jangan sombong.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->