P. 1
Pend Ala Man Materi IPA SD

Pend Ala Man Materi IPA SD

|Views: 57|Likes:
Published by haikalmoch

More info:

Published by: haikalmoch on May 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/11/2013

pdf

text

original

PENDALAMAN MATERI IPA SD

TEACHERS QUALITY IMPROVEMENT PROGRAM – TEQIP

PEMBERDAYAAN SERIBU GURU SEKOLAH DASAR KERJASAMA PERTAMINA - UM

UNIVERSITAS NEGERI MALANG 2010

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 1

DAFTAR ISI
halaman

BAB 1 ENERGI, USAHA, DAN GAYA BAB 2 GELOMBANG DAN OPTIK BAB 3 PANAS DAN TERMOMETER BAB 4 LISTRIK DAN MAGNET BAB 5 STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN BAB 6 TINGKAT DAN ORGANISASI KEHIDUPAN BAB 7 PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN BAB 8 SISTEM PERNAFASAN DAFTAR PUSTAKA

2 12 35 44 61 68 79 95 112

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 1

BAB 1 ENERGI, USAHA, DAN DAYA

Dalam Bab ini anda akan belajar mengenai: Usaha Energi Daya

Gambar I-1 di bawah menunjukkan contoh kekekalan energi di lintasan bowling: Energi kinetik dari bola dipindahkan kepada pin bowling yang tertabrak. Energi-energi apa saja yang diterima oleh pin bowling?

Gambar I-1. Energi kinetik dipindahkan kepada pin bowling

A. USAHA

Dalam kehidupan sehari-hari kata usaha menggambarkan bermacam-macam aktifitas baik secara fisik maupun mental. Dalam fisika, konsep usaha mempunyai arti khusus.
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 2

Usaha dilakukan pada sebuah benda bila ada gaya yang dikerjakan pada benda menghasilkan perpindahan seperti ditunjukkan oleh gambar I-2

Usaha = Gaya (dalam Newton) × Perpindahan (dalam m) yang dilakukan searah dengan arah gaya

Dalam sistem satuan internasional (SI) usaha dinyatakan dengan satuan joule. Satu joule usaha sama dengan usaha yang dilakukan oleh gaya satu newton pada sebuah benda sehingga benda berpindah sejauh satu meter searah dengan arah gaya bekerja.

1 joule = 1 newton × 1 m atau 1 joule (J) = 1 newtom-meter (1 Nm)

Gambar I-2. Gaya yang dikerjakan pada benda menghasilkan perpindahan

Definisi usaha ini menekankan bahwa usaha terjadi bila gaya yang bekerja pada benda menyebabkan benda bergerak.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 3

Gambar I-3. Gaya luar mendorong dinding. Kerja yang dilakukan oleh orang adalah nol karena tidak ada perubahan posisi atau gerakan

B. ENERGI Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Setiap benda atau sistem yang dapat melakukan usaha dikatakan mempunyai energi. Satuan energi dalam SI adalah joule (J). Energi dapat berwujud dalam berbagai macam. Dua bentuk utama yaitu energi kinetik dan energi potensial.

Energi Kinetik (EK) Energi kinetik adalah energi yang dimiliki suatu benda disebabkan oleh gerakannya. Setiap benda yang sedang bergerak mempunyai energi kinetik. Kata kinetik berasal dari bahasa Yunani yang berarti ”gerak”. Energi kinetik dirumuskan sebagai berikut
EK = 1 mv 2 2

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 4

dimana, m adalah massa benda, v = adalah kecepatan benda. Satuan energi kinetik dalam SI adalah joule (J). Dari rumus di atas dapat disimpulkan bahwa semakin cepat benda bergerak, semakin besar energi kinetiknya.

(a)

(b) Gambar I-4. (a) Cheetah yang sedang berlari dan (b) mobil bergerak sedang meluncur mempunyai energi kinetik.

Energi Potensial (EP) Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh sebuah dikarenakan oleh posisi relatifnya dari permukaan bumi. Semakin jauh sebuah benda dari permukaan bumi, semakin besar energi potensialnya.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 5

Sebagai contoh usaha yang dilakukan pada benda bermassa yang diangkat dari posisi P ke posisi Q setinggi h. Usaha yang dilakukan pada benda tersimpan sebagai energi potensial benda (Gambar I-5). Energi potensial = mgh jika energi potensial di P dianggap nol. Satuan untuk energi potensial adalah joule (J).

(a)

(b)

Gambar I-5. (a) Benda diangkat dari posisi P ke Q setinggi h. (b) Energi potensial tas berubah karena posisinya dipindah oleh seorang anak. Ketika usaha yang dikerjakan pada benda menyebabkan benda bergerak horisontal, maka energi potensialnya tetap, mengapa?

Energi Potensial Elastis Energi potensial elastis adalah energi yang dimiliki oleh sebuah benda yang meregang, misalkan pegas yang ditarik atau ditekan, karet ban yang digunakan untuk ketepel (gambar I-6)

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 6

Gambar I-6. Karet ketepel yang ditarik mempunyai energi potensial Energi Potensial Kimia Energi potensial kimia adalah energi yang tersimpan di dalam makanan dan bahan bakar seperti nasi, susu, batu bara, minyak dan gas. Energi kimia dapat dikonversi bila bahan-bahan mengalami reaksi kimia atau dibakar. Energi kimia sering digunakan oleh kapal laut, jet dan mobil. Ketika kamu makan, terjadi pembakaran makanan di dalam tubuhmu untuk melepaskan energi yang digunakan dalam aktifitas sehari-hari. Bentuk-bentuk energi selain tersebut di atas adalah panas, energi listrik, energi bunyi, energi cahaya dan energi nuklir.

Perubahan Energi dan Kekekalan Energi Energi dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Menurut hukum kekekalan energi, perubahan energi = usaha yang dilakukan Sebagai contoh: ketika seseorang memanjat papan lompat di atas kolam renang: perubahan energi potensial = usaha yang diperlukan untuk melawan gravitasi (berat badan) Ketika orang melompat terjun ke kolam renang:

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 7

Energi potensial berkurang karenan berubah menjadi energi kinetik.

Gambar I-7. Energi Potensial dan Energi Kinetik Pelompat indah.

Gambar I-8. menunjukkan beberapa contoh perubahan energi. Ketika energi diubah, jumlah energi total tetap sama. Dengan kata lain energi adalah kekal.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 8

(sumber: Yong, L.W et al, 2000)

Gambar I-8. Beberapa contoh perubahan energi

Contoh lain adalah pemanfaatan minyak bumi untuk membangkitkan listrik. Energi kimia dalam minyak dilepaskan sebagai panas ketika dibakar. Panas digunakan untuk mendidihkan air. Uap yang dihasilkan memutar turbin dalam generator. Energi kinetik turbin diubah menjadi energi listrik.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 9

(sumber: Yong, L.W et al, 2000)

Gambar I-10. Beberapa sumber energi di alam

C. DAYA Daya didefinisikan sebagai perubahan energi atau usaha yang dilakukan persatuan waktu.

Power = P= W t

usaha yang dikerjakan perubahan energi = waktu yang diperlukan waktu yang diperlukan

Satuan daya adalah watt (W) yang dibuat untuk menghormati insinyur dari Skotlandia yang telah menemukan mesin motor berefisiensi tinggi. 1 W = 1 J/s 1 kW = 1.000 W 1 MW = 1.000.000 W

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 10

D. REVIEW 1. Buatlah peta konsep yang mengkaitkan hubungan konseptual antara usaha, energi dan daya. 2. Perhatikan gambar di bawah berikut. Identifikasi macam-macam perubahan energi yang terjadi

(sumber: Yong, L.W et al, 2000)

3.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 11

BAB 2 GELOMBANG DAN OPTIK A. GETARAN Sebelum membahas gelombang dan optika, akan dibahas dahulu tentang getaran. Mungkin kamu sering melakukan kegiatan penyelidikan menggunakan penggaris yang diletakkan di tepi meja dengan salah satu ujungnya ditekan pada meja dan ujung lain sedikit menjulur keluar seperti pada Gambar 1.Ujung penggaris yang kamu tarik ke bawah dan kamu lepaskan tersebut bergetar. Getaran adalah gerak bolak-balik melalui titik kesetimbangan.

Gambar 1. Penyelidikan getaran pengaris.

Perhatikan kursi ayunan yang diduduki seorang anak pada Gambar 2. Pada saat kursi ayunan tersebut belum disimpangkan, posisi kursi ada di titik O. Titik O ini disebut titik kesetimbangan. Apabila kursi itu kamu tarik hingga posisi A, lalu kamu lepas, maka kursi tersebut akan bergerak bolak-balik melalui titik-titik A,O,B,O,A,O, dan seterusnya. Kursi ayunan tersebut dikatakan bergetar, dan gerak ayunan ini adalah contoh getaran. Contoh getaran yang lain adalah getaran batang penggaris dan getaran bandul pada ujung pegas.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 12

Gambar 2. Ayunan merupakan salah satu contoh getaran. Kursi ayunan yang bergetar memiliki kemampuan untuk bergerak, yakni bergerak bolakbalik. Setiap benda yang memiliki kemampuan untuk bergerak pastilah memiliki energi. Jadi pada hakekatnya getaran adalah suatu perwujudan energi. Energi getaran kursi ayunan itu berasal dari energi yang kamu kerahkan untuk menyimpangkan kursi itu dari titik kesetimbangannya.

Amplitudo Suatu Getaran Pada dasarnya Gambar 2 dapat disederhanakan menjadi Gambar 3. Titik O adalah titik kesetimbangan. Jarak antara benda yang bergetar dengan titik kesetimbangan disebut simpangan. Misalkan suatu ketika beban yang bergetar berada di posisi C, dan jarak CO adalah 3 cm. Maka simpangan getaran pada saat itu adalah 3 cm. Simpangan terbesar getaran pada Gambar 3 adalah jarak OA atau OB. Simpangan terbesar ini disebut amplitudo suatu getaran. Misalnya, jarak OB pada Gambar 3 adalah 5 cm. Maka amplitudo getaran itu 5 cm. Bagaimana cara yang kamu lakukan untuk memperbesar amplitudo getaran itu? Tentu saja kamu harus mengerahkan energi untuk memperbesar simpangan maksimum beban itu. Jadi amplitudo suatu getaran berkaitan erat dengan energi getaran tersebut. Jika amplitudo suatu getaran besar, maka energi getarannya juga besar. Sebaliknya jika amplitudo suatu getaran kecil, maka energi getarannya juga kecil.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 13

Periode Suatu Getaran Perhatikan lagi bagan getaran ayunan pada Gambar 3. Gerakan beban tersebut akan melewati titik-titik A,O,B,O,A,O, dan seterusnya. Yang dimaksud dengan satu getaran adalah satu lintasan tertutup, yakni lintasan gerakan yang kembali ke tempat semula. Satu getaran pada Gambar 3 adalah lintasan beban melalui titik-titik A, O, B, O, A, atau O, B, O, A, O, atau B, O, A, O, B. Waktu yang diperlukan untuk melakukan satu getaran disebut periode, dilambangkan dengan T. Periode suatu getaran diukur dalam satuan sekon. Misalkan untuk melakukan 1 getaran diperlukan waktu 0,5 sekon, maka T = 0,5 sekon.

Gambar 3. Bagan getaran ayunan yang disederhanakan.

Frekuensi Suatu Getaran Apabila kamu menggetarkan ujung penggaris yang menjulur melebihi tepi meja beberapa kali dengan panjang yang berbeda-beda, kamu akan melihat bahwa banyaknya getaran tiap sekonnya berbeda pula. Banyaknya getaran yang terjadi setiap sekon disebut frekuensi getaran. Satuan frekuensi (f) adalah 1/sekon, disebut juga hertz atau Hz, untuk menghormati ilmuwan Jerman Heinrich Hertz. Frekuensi 1000 hertz disebut juga 1 kilohertz atau 1 kHz.
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 14

Hubungan frekuensi dengan periode suatu getaran adalah

f =
Gaya Pada Getaran

1 T

Agar sebuah benda bergetar, pada benda tersebut harus bekerja gaya pemulih. Gaya pemulih adalah gaya yang selalu mendorong atau menarik benda ke titik kesetimbangannya. Perhatikan getaran balok pada ujung pegas pada Gambar 4. Jika balok berada di kiri titik kesetimbangan, pegas memampat dan mendorong balok ke kanan. Sebaliknya jika balok di kanan titik kesetimbangan, pegas

meregang dan menarik balok ke kiri. Gaya pemulih pada pegas yang bergetar ini berupa gaya pegas.

Gaya yang bekerja pada balok yang bergetar. (a) Balok pada posisi setimbang. (b) Ketika pegas teregang, pegas menarik balok. (c) Ketika pegas mampat, pegas mendorong balok

Gambar 4. Posisi benda pada getaran pegas

Resonansi Perhatikan orang yang mendorong anak yang sedang berayun pada Gambar 5. Bagaimanakah dorongan orang itu, agar amplitudo ayunan bertambah besar? Orang itu harus mendorong ke arah gerak ayunan dan menyesuaikan dorongannya dengan frekuensi ayunan. Peristiwa semacam ini disebut resonansi. Resonansi adalah turut bergetarnya sebuah benda akibat getaran benda lain. Akibat resonansi berupa membesarnya amplitudo getaran benda itu.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 15

Gambar 5. Dorongan menimbulkan resonansi.

Peristiwa resonansi berperan penting dalam kehidupan kita. Kamu dapat mendengar bunyi, karena telingamu beresonansi dengan bunyi itu. Pernahkah kamu memutar tuner radiomu untuk mencari pemancar radio kesukaanmu? Pada saat itu berarti kamu berupaya agar radiomu beresonansi dengan frekuensi pemancar itu. Peristiwa resonansi tidak selalu menguntungkan. Pada tahun 1831 sebuah jembatan gantung di Inggris runtuh karena beresonansi dengan derap sepatu pasukan yang berbaris di atasnya! Perhatikan Gambar 6. Jembatan Tahoma di Amerika Serikat runtuh pada tahun 1940 karena jembatan itu beresonansi dengan hembusan angin kencang.

Gambar 6. Gambar jembatan runtuh karena peristiwa resonansi

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 16

Reviu 1. Apabila dawai gitar dipetik, bagaimanakah gerakan dawai tersebut? Disebut apakah gerakan semacam itu? Dapatkah kamu memberikan contoh gerakan seperti dawai yang dipetik tersebut? 2. Sebuah beban diikat pada ujung sebuah pegas, sedangkan ujung yang lain dikaitkan pada paku, sehingga pegas menggantung. Beban ditarik 10 cm ke bawah, lalu dilepas sehingga bergetar. Setelah 2 sekon kemudian jarak beban dengan titik kesetimbangan adalah 4 cm. Berapakah amplitudo getarannya? Berapakah simpangan getarannya pada saat itu? 3. Apakah yang dimaksud periode dan frekuensi sebuah getaran? Bagaimana hubungan antara periode dan frekuensi suatu getaran? Jika sebuah getaran memiliki periode 0,1 sekon, berapakah frekuensi getaran tersebut? 4. Apabila amplitudo getaran sebuah bandul ayunan semakin mengecil, apakah frekuensi ayunannya berubah? 5. Berpikir kritis: Jika besar amplitudo ayunan tidak berpengaruh terhadap frekuensinya, mengapa pemilik jam bandul masih perlu memperbesar amplitudonya secara berkala?

B. GELOMBANG Apa yang terlintas di dalam benakmu ketika mendengar kata gelombang? Mungkin kamu membayangkan gelombang air laut yang silih berganti menghempas pantai. Benar. Tetapi itu bukanlah satu-satunya contoh gelombang. Mungkin kamu akan heran saat mengetahui bahwa bunyi dan cahaya adalah gelombang pula. Apakah gelombang itu? Apa yang dibawanya? Bagaimana kita memanfaatkan gelombang?

Apakah Gelombang itu? Kamu dapat membuat gelombang pada seutas tali tambang, seperti Gambar 7. Kamu menggerakkan ujung tali yang kamu pegang ke kiri dan ke kanan, sedangkan temanmu menahan ujung tali yang lain. Kamu dapat mengamati gelombang yang timbul pada tali dan bergerak menuju temanmu. Tali itu merupakan tempat merambatnya gelombang tersebut, disebut medium. Apakah partikel medium ini turut merambat bersama gelombang?
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 17

Tambang hanya bergerak bolak-balik pada saat gelombang melintas. Jadi partikelpartikel medium tidak ikut bergerak maju bersama gelombang, tetapi hanya bergetar pada saat gelombang melintas. Gelombang pada tambang itu berasal dari gerak bolak-balik atau getaran tanganmu. Apakah hanya getaran saja yang dapat menghasilkan gelombang? Misalkan kamu menjatuhkan kerikil pada kolam air yang tenang. Kerikil itu akan menimbulkan usikan pada air, dan usikan tersebut merambat pada permukaan air dalam bentuk gelombang. Jadi secara umum gelombang berasal dari sebuah usikan.

Gambar 7. Gelombang pada tali Jika saat bergerak tidak membawa partikel-partikel medium, apa yang dibawa gelombang? Gelombang membawa energi dari satu tempat ke tempat lain. Ingatlah bahwa gelombang berasal dari gerak usikan, dan benda yang bergerak memiliki energi. Misal kamu menyusun kartu domino atau kotak korek api secara berderet, apabila kita memberikan energi dengan mendorong roboh kotak korek api yang berada di ujung, energi tersebut akan berpindah melalui kotak korek api yang tertimpa dan menimpa kotak yang lain. Jadi gelombang adalah usikan yang merambat dengan energi tertentu dari satu tempat ke tempat lain. Gelombang air meneruskan energi melalui air. Gempa bumi meneruskan energi yang besar dalam bentuk gelombang yang merambat melalui lapisan bumi. Gelombang bunyi meneruskan energi bunyi dari sumber bunyi ke telingamu, gelombang ini akan kamu pelajari lebih mendalam pada Bab selanjutnya. Contoh-contoh gelombang yang kita telah bahas ini memerlukan medium untuk memindahkan energi. Gelombang-gelombang yang memerlukan medium disebut gelombang mekanik.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 18

Gelombang Melalui Benda dan Ruang Seperti yang telah kita diskusikan di atas, gelombang mekanik memerlukan bendabenda sebagai medium untuk bergerak. Semua wujud benda (padat, cair, dan gas) dapat bertindak sebagai medium. Sekarang pikirkan cahaya matahari yang dapat sampai ke bumi. Cahaya ini melewati ruang hampa, yakni ruang yang tidak ada partikel-partikel benda sebagai mediumnya. Gelombang yang tidak memerlukan medium ini disebut gelombang elektromagnetik. Karena tidak bergantung pada keberadaan partikel-partikel benda, gelombang elektromagnetik dapat menjalar dengan atau tanpa adanya medium. Cahaya matahari dapat mencapai bumi walaupun melewati ruang hampa. Cahaya adalah salah satu contoh gelombang

elektromagnetik.

Jenis-jenis Gelombang Gelombang Transversal Perhatikan lagi gambar gelombang tali pada Gambar 8. Pada saat gelombang bergerak maju, tali bergerak bolak-balik (bergetar) dari sisi ke sisi. Arah gerak gelombang ternyata tegak lurus dengan arah getarnya. Gelombang semacam ini disebut gelombang transversal. Jadi pada gelombang transversal arah getar gelombang tegak lurus dengan arah rambat gelombangnya.

Gambar 8 Gelombang transversal pada tali
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 19

Bagian-bagian yang mencirikan gelombang transversal dapat kamu lihat pada Gambar 9. Titik tertinggi pada gelombang disebut puncak, dan titik terendahnya disebut dasar. Gelombang dapat diukur panjang gelombangnya. Panjang gelombang adalah jarak antara sebuah titik pada suatu gelombang dengan titik yang serupa pada gelombang di dekatnya. Sebagai contoh, sesuai Gambar 9, panjang gelombang adalah jarak dari puncak ke puncak (jarak AC), atau dari lembah ke lembah (jarak BD). Bagaimanakah cara mengukur panjang gelombang dari bagian gelombang yang lain? Panjang gelombang diberi lambang l, diambil dari huruf Yunani, dibaca lamda.

Gambar 9.beberapa istilah gelombang transversal.

Gelombang laut biasanya dinyatakan dengan seberapa tinggi gelombang itu dari permukaan air dikala tenang. Amplitudo adalah jarak dari puncak (atau lembah) gelombang sampai dengan posisi setimbang medium. Amplitudo gelombang ini juga diperlihatkan pada Gambar 9. Amplitudo gelombang menunjukkan besarnya energi yang dibawa gelombang tersebut. Gelombang yang membawa energi besar memiliki amplitudo besar, dan gelombang yang membawa energi kecil memiliki amplitudo kecil pula.

Gelombang Longitudinal Bertepuk tanganlah di dekat wajahmu. Apakah kamu mendengar bunyinya? Apakah kamu dapat merasakan udara yang menerpa wajahmu? Ketika kamu bertepuk tangan, kamu menggerakkan partikel- partikel udara menjauh dari posisi setimbangnya dan membentuk gelombang yang kamu dengar sebagai bunyi. Gelombang apakah yang terbentuk? Misalkan kamu memiliki sebuah pegas yang cukup panjang (slinki). Pegas itu kamu rentangkan di lantai dan temanmu memegang salah satu ujungnya. Apabila beberapa
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 20

gulungan di ujung yang lain kamu rapatkan, lalu kamu lepas, kamu akan melihat pola gelombang yang berbeda dengan yang kita diskusikan sebelumnya. Pola gelombang yang timbul ditunjukkan Gambar 10. Daerah pada pegas yang lebih rapat dibanding sekitarnya disebut rapatan, sedangkan daerah yang lebih renggang dari sekitarnya disebut renggangan. Gelombang semacam ini disebut gelombang longitudinal. Pada gelombang logitudinal arah getar gelombang sejajar dengan arah rambat gelombangnya. Gelombang bunyi yang kamu dengar juga berupa gelombang longitudinal. Sesuai dengan definisi panjang gelombang, maka panjang gelombang pada gelombang longitudinal adalah jarak antara dua rapatan atau dua renggangan yang berdekatan. Perhatikan Gambar 10. Partikel-partikel pegas tidak ikut merambat bersama gelombang, tetapi hanya bergetar maju mundur saat gelombang melaluinya. Tingkat kerapatan pada pegas mirip dengan amplitudo pada gelombang transversal. Semakin kuat kamu merapatkan pegas, maka energi gelombangnya semakin besar. Pada gelombang longitudinal, arah getar gelombang sejajar dengan arah rambat gelombangnya. Pada gelombang longitudinal, panjang gelombang adalah jarak antara dua rapatan atau dua renggangan yang berdekatan.

Gambar 10. Pola rapatan dan rengangan [ada gelombang longitudinal

Frekuensi Gelombang Frekuensi gelombang adalah banyaknya gelombang yang melewati titik tertentu selama satu sekon. Untuk gelombang transversal, satu gelombang dapat ditunjukkan oleh satu puncak ke puncak berikutnya. Seperti halnya pada getaran,

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 21

frekuensi dilambangkan dengan f dan dalam SI diukur dalam satuan hertz yang disingkat Hz. Frekuensi suatu gelombang bergantung pada frekuensi getar sumbernya. Bayangkan pembuatan gelombang pada tali yang pernah kamu lakukan. Jika kamu menggerakkan tanganmu dengan pelan, maka tali tersebut bergetar pelan pula. Jika tanganmu bergerak dengan cepat, maka getaran tali tersebut juga cepat. Dapatkah kamu membuat gambar gelombang transversal dengan frekuensi berbeda? Gelombang manakah yang memiliki

Cepat Rambat Gelombang Pernahkah kamu memperhatikan kilat dan bunyi guntur? Kamu mendengar bunyi guntur beberapa detik setelah kilat terlihat. Walaupun guntur dan kilat timbul dalam waktu yang sama, kamu melihat kilat lebih dulu karena cahaya bergerak jauh lebih cepat daripada bunyi. Gelombang yang berbeda bergerak dengan cepat rambat yang berbeda pula. Cepat rambat gelombang dilambangkan dengan v, dalam SI diukur dalam satuan m/s. Cepat rambat gelombang dapat dirumuskan V=fλ Bagaimanakah jika kamu membuat gelombang tali dengan frekuensi yang berbeda? Kamu akan menemukan jika frekuensi gelombang tali diperbesar, ternyata panjang gelombangnya mengecil. Mengapa? Dalam medium yang sama, cepat rambat gelombang adalah tetap. Misalkan cepat rambat gelombang pada tali adalah 12 m/s. Jika frekuensi gelombang 4 Hz, maka panjang gelombangnya 3 m (4 Hz ´ 3 m = 12 m/s). Namun jika frekuensi gelombangnya diperbesar menjadi 6 Hz, maka panjang gelombangnya mengecil menjadi 2 m (6 Hz ´ 2 m = 12 m/s). Apa yang terjadi jika frekuensi gelombangnya diperkecil? Contoh-contoh soal berikut ini memperlihatkan bagaimana kamu dapat menggunakan persamaan cepat rambat gelombang yang belum diketahui. untuk menemukan besaran

1. Buatlah sketsa gelombang transversal dan tandailah puncak, lembah, panjang gelombang, dan amplitudonya. 2. Apa hubungan antara frekuensi dan panjang gelombang pada gelombang air?
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 22

3. Sebuah gelombang bergerak dengan kelajuan 4,0 m/detik dan memiliki frekuensi 3,5 Hz. Berapakah panjang gelombangnya? 4. Berpikir Kritis: Kamu telah mempelajari gerak getaran, misalnya pada ayunan. Bagaimana gerak ayunan ini mirip dengan gerak gelombang transversal?

Bagaimanakah Terjadinya Bunyi? Lonceng yang berguncang-guncang, selaput bedug yang bergerak maju mundur, dan senar gitar yang bergerak bolak-balik adalah contoh-contoh benda yang menghasilkan bunyi. Apa persamaan contoh-contoh tersebut? Benda-benda itu bergetar saat menghasilkan bunyi. Pada saat sebuah benda bergetar, benda tersebut memberikan energi kepada partikel-partikel di sekitarnya. Energi ini menyebabkan partikel-partikel tersebut ikut bergetar. Dan dalam bentuk rapatan (daerah yang pertikelnya rapat) dan renggangan (daerah yang pertikelnya kurang rapat), getaran itu merambat meninggalkan sumber bunyi. Ingat-ingatlah kembali apa yang telah kamu pelajari. Rangkaian gerakan rapatan dan renggangan disebut gelombang longitudinal. Bunyi, yang dihasilkan oleh benda yang bergetar, merambat dalam bentuk gelombang longitudinal. Bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar. Bunyi merambat dalam bentuk gelombang longitudinal. Merambat Melalui Medium Bagaimana bunyi merambat ketika kamu bertepuk tangan? Getaran yang dihasilkan oleh tepukan tanganmu menimbulkan gelombang longitudinal yang merambat melalui udara menuju temanmu. Proses ini serupa dengan apa yang kamu lihat ketika kamu membuat gelombang longitudinal pada pegas. Tepukan tanganmu menyebabkan terjadinya rapatan dan renggangan di antara partikelpartikel di udara. Di permukaan bulan tidak ada atmosfer, sehingga tidak ada medium untuk merambatkan gelombang. Jadi tidak ada bunyi di bulan maupun di ruang hampa di tempat lain. Apakah bunyi hanya merambat melalui udara saja? Bunyi dapat merambat melalui zat padat, cair dan gas (sebagai contoh kayu, gelas, baja, air, udara). Cepat Rambat Bunyi Jika seruling dan gitar dimainkan dalam sebuah konser musik, kedua gelombang bunyi itu akan sampai di telingamu dalam waktu yang sama. Cepat rambat bunyi tidak bergantung

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 23

pada jenis sumber bunyinya. Cepat rambat bunyi bergantung pada dua hal: jenis medium yang dilalui gelombang bunyi dan suhu medium. Udara merupakan medium yang paling sering dilalui gelombang bunyi yang kamu dengar. Gelombang bunyi dapat merambat melalui berbagai jenis medium. Zat cair dan zat padat merupakan penghantar yang lebih baik daripada udara sebab partikel-partikel di dalam zat cair atau zat padat salingmempengaruhi lebih kuat daripada partikel-partikel udara. Hal ini mengakibatkan perpindahan energi gelombang bunyi di dalam zat padat atau zat cair menjadi lebih mudah daripada di udara.

Reviu 1. Termasuk jenis gelombang apakah gelombang bunyi itu, dan bagaimana gelombang itu memindahkan energi? 2. Seandainya kamu berada di suatu pesawat ruang angkasa, apakah mungkin kamu mendengar bunyi dari pesawat ruang angkasa lain? Jelaskan. 3. Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi cepat rambat bunyi? 4. Berpikir Kritis: Cahaya merambat jauh lebih cepat daripada bunyi. Kilat dan guntur terjadi bersamaan pada tempat yang sama. Tetapi guntur terdengar beberapa saat setelah kilat terlihat. Bagaimanakah kamu menentukan jarak terjadinya guntur tersebut dari tempatmu, dengan menggunakan data waktu antara terlihat kilat dan terdengar bunyi guntur? Nada adalah tinggi rendahnya bunyi. Semakin besar frekuensi gelombang bunyi, semakin tinggi nadanya. Semakin kecil frekuensi gelombang bunyi, semakin rendah nadanya. Rentang frekuensi bunyi yang dapat didengar manusia: 20 Hz - 20.000 Hz. Bunyi dengan frekuensi lebih dari 20.000 Hz disebut ultrasonik. Bunyi dengan frekuensi kurang dari 20Hz disebut infrasonik. Sonar memanfaatkan ultra-sonik untuk menaksir ukuran, bentuk, dan kedalaman benda-benda di bawah air. Gema adalah perulangan bunyi yang terjadi ketika gelombang bunyi dipantulkan oleh suatu permukaan. Gaung dihasilkan oleh bunyi yang terpantul berkali-kali pada sebuah ruangan. Dengan menggunakan data waktu dan cepat rambat bunyi di air laut, orang dapat menghitung jaraknya (ingat: jarak = cepat rambat x waktu). Dengan membagi jarak total dengan 2 (separuh untuk turun dan separuhnya untuk naik), kedalaman laut dapat ditemukan.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 24

Gambar 11 Pemanfaatan Gelombang SONAR.

Reviu 1. Besaran apa yang mempengaruhi nada bunyi? Intensitas bunyi? 2. Ketika kamu memperbesar volume radiomu, manakah diantara besaran-besaran berikut ini yang berubah: cepat rambat bunyi, intensitas, nada, amplitudo, frekuensi, panjang gelombang, dan kuat bunyi? 3. Berpikir Kritis: seekor kelelawar pemakan serangga dalam kegelapan malam mengeluarkan gelombang bunyi berfrekuensi tinggi dan mendeteksi peningkatan frekuensinya setelah bunyi itu dipantulkan serangga. Jelaskan kemungkinan gerak kelelawar dan serangga pada saat itu. Pemanfaatan Bunyi Apabila kamu memikirkan pentingnya bunyi dalam hidupmu, berbagai macam pikiran boleh jadi muncul. Suara-suara sebagai bagian pergaulan seharihari dengan temanmu, hingar-bingar dan bisingnya perkotaan, kicauan burung di pedesaan, dan merdunya lagu yang kamu nikmati hanyalah sedikit contoh. Namun selain membuat hidup menjadi lebih menyenangkan, bunyi juga memiliki sejumlah pemanfaatan penting. Dalam subbab sebelumnya kamu telah mempelajari salah satu pemanfaatan bunyi, yakni sonar. Masih ingatkah kamu akan kegunaannya? Sonar memanfaatkan gelombang ultrasonik, yakni gelombang bunyi yang frekuensinya lebih besar dari 20.000 Hz. Berikut ini kita akan membahas beberapa pemanfaatan bunyi yang lain.
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 25

Melihat dengan Bunyi Suatu teknik yang mirip dengan sonar digunakan dalam bidang kedokteran untuk mendiagnose masalah kesehatan. Gelombang ultrasonik diarahkan ke dalam tubuh. Gelombang itu dipantulkan oleh organ-organ di dalam tubuh, misal-nya organ dan tulang. Gelombang pantul itu kemudian dideteksi. Dengan menggunakan teknik ini pertumbuhan yang tidak normal dapat ditemukan. Teknik ini dikenal dengan nama ultrasonografi. Bayangan seperti hasil sinar-X dihasilkan selama proses ini. Namun tidak seperti sinar-X, yang pengambilan gambarnya sekali jadi, ultrasonografi dapat dipergunakan secara terus menerus. Hal ini berguna untuk memperlihat-kan gerakan dalam tubuh. Mungkin kamu pernah melihat gambar pertumbuhan janin dengan teknik ultrasonograf. Dokter mengamati gerakan janin itu pada layar serupa TV selama beberapa menit. Ultrasonografi memiliki keunggulan karena

gelombang ultrasonik tidak mempengaruhi sel-sel tubuh. Menghindari Pembedahan dengan Ultrasonik Kadang-kadang endapan kalsium oksalat terbentuk dalam ginjal. Endapan ini biasa disebut batu ginjal. Operasi bedah ginjal merupakan pilihan utama untuk mengambil batu ginjal itu. Namun gelombang ultrasonik yang diarahkan pada batu ginjal tersebut seringkali dapat memecahkan batu itu tanpa pembedahan. Pecahan-pecahan batu itu selanjutnya dapat keluar secara alami bersama air seni. Perlakuan yang sama dapat dikenakan pada batu empedu. Pasien yang berhasil ditangani dengan cara ini lebih cepat sembuh dibandingkan dengan cara pembedahan. Pembersih Ultrasonik Benda-benda tertentu, seperti permata dan komponen elektronik, terlalu lembut untuk dibersihkan dengan sikat atau sabun. Herankah kamu bila mengetahui bahwa kamu dapat membersihkan benda-benda itu dengan bunyi? Gelombang ultrasonik dapat digunakan untuk membersihkan permata, komponen elektronik, dan bagian-bagian mesin yang halus. Untuk melakukan hal ini, benda tersebut dimasukkan ke dalam cairan pembersih yang lembut. Gelombang bunyi selanjutnya diarahkan ke dalam cairan itu, menyebabkan cairan itu bergetar dengan

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 26

intensitas yang besar. Getaran ini akan merontokkan kotoran yang menempel pada benda itu tanpa merusaknya.

C. GELOMBANG CAHAYA Kamu mungkin mengira tidak tahu banyak tentang cahaya. Itu tidak sepenuhnya benar. Sebab cahaya memiliki beberapa sifat yang serupa dengan bunyi. Pada saat kamu mempelajari cahaya, perhatikan persamaan dan perbedaan antara cahaya dan bunyi. Sekarang, marilah kita pelajari sifat-sifat cahaya itu. Sifat-sifat cahaya: Merambat lurus

Menembus benda bening

Dapat dipantulkan

Hukum Pemantulan Perhatikan Gambar. Berkas sinar yang mengenai cermin disebut sinar datang. Sedangkan berkas sinar yang meninggalkan cermin disebut sinar pantul. Sebuah

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 27

garis putus-putus yang digambar tegak lurus permukaan cermin disebut garis normal. Sudut yang dibentuk oleh sinar datang dan garis normal disebut sudut datang, yang dilambangkan dengan i. Sedangkan sudut yang dibentuk oleh sinar pantul dan garis normal disebut sudut pantul, yang dilambangkan dengan r.

Hukum pemantulan menyatakan bahwa sudut datang sama dengan sudut pantul. Jenis permukaan yang dikenai cahaya menentukan jenis pemantulan yang dihasilkan. Jenis pemantulan dibedakan menjadi pemantulan teratur dan pemantulan baur.

Dapat dibiaskan apabila melalui dua medium yang berbeda kerapatannya

Gelombang-gelombang cahaya normalnya merambat dalam garis lurus. Apabila gelombang-gelombang cahaya itu bergerak dari satu jenis zat ke jenis zat yang lain, seperti dari udara ke air, kecepatan gelombang cahaya itu berubah. Pembelokan ini disebabkan cahaya itu merambat melewati zat-zat yang berbeda dan berubah kelajuannya. Pembelokan ini disebut pembiasan cahaya. Pembiasan cahaya adalah pembelokan gelombang cahaya yang disebabkan
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 28

oleh suatu perubahan dalam kelajuan gelombang cahaya pada saat gelombang cahaya tersebut merambat dari satu zat ke zat lainnya. Setiap zat memiliki nilai indeks bias berbeda. Indeks bias merupakan suatu ukuran seberapa besar suatu bahan membiaskan cahaya. Indeks bias suatu zat adalah perbandingan kelajuan cahaya di udara dengan kelajuan cahaya di dalam zat tersebut. Kelajuan cahaya di udara selalu lebih besar daripada di dalam zat lain. Oleh karena itu, indeks bias zat selain udara selalu lebih besar daripada satu. Semakin besar indeks bias suatu zat, dibelokkan oleh zat tersebut. Besarnya pembiasan juga bergantung pada panjang gelombang cahaya. Dalam spektrum cahaya tampak, panjang gelombang cahaya bervariasi dari gelombang merah yang terpanjang sampai gelombang ungu yang terpendek. Hukum Pembiasan semakin besar cahaya

Berdasarkan kegiatan di atas juga dapat disimpulkan bahwa: (1) Jika sinar merambat dari zat optik kurang rapat ke zat optik lebih rapat, maka sinar dibiaskan mendekati garis normal. (2) Sebaliknya, jika sinar merambat dari zat optik lebih rapat ke zat optik kurang rapat, maka sinar dibiaskan menjauhi garis normal. (3) Sinar datang, garis normal, dan sinar bias terletak pada satu bidang datar. Hukum Snellius “Perbandingan proyeksi sinar datang dan proyeksi sinar bias pada perambatan cahaya dari satu medium ke medium lain merupakan bilangan tetap.” Cahaya putih dapat diurai menjadi berbagai warna.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 29

Jika kamu pernah melihat pelangi, berarti kamu pernah melihat suatu contoh peristiwa dispersi cahaya. Dispersi cahaya merupakan peristiwa terurainya cahaya putih menjadi warna-warna spectrum.

LENSA DAN CERMIN Cermin terbuat dari kaca yang salah satu permukaannya dilapisi dengan lembaran tipis aluminium atau perak. Cahaya yang mengenai cermin akan dipantulkan. Ada tiga jenis cermin, yaitu cermin datar, cekung, dan cembung. Cermin Datar Jenis cermin yang sering kamu gunakan untuk bercermin setiap pagi adalah sebuah cermin datar. Cermin datar adalah sepotong kaca datar yang dilapisi dengan bahan yang bersifat memantulkan cahaya pada salah satu permukaannya.

Cahaya dari kamu menuju cermin dan dipantulkan kembali dari cermin ke matamu. Bayanganmu tampak di belakang cermin karena kamu merasa cahaya yang dipantulkan itu seperti datang dari suatu tempat di belakang cermin. Bayangan itu disebut bayangan maya. Bayangan maya adalah suatu bayangan yang tidak dapat ditangkap dengan layar. Bayangan yang dihasilkan cermin cekung dapat diperoleh dengan menggambar minimum dua dari tiga sinar istimewa. Sinar-sinar istimewa itu adalah; 1) sinar yang datang sejajar sumbu utama dipantulkan melalui titik fokus,
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 30

2) sinar menuju pusat kelengkungan (C) dipantulkan kembali dengan arah yang sama, dan 3) sinar menuju titik fokus (F) dipantulkan sejajar sumbu utama.

Gambar 13. Diagram pemantulan sinar oleh cermin cekung dan cermin cembung Lensa Sinar-sinar istimewa

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 31

Gambar 14. Diagram sinar-sinar istimewa lensa cembung

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 32

BAB 3 PANAS DAN TERMOMETER PERPINDAHAN PANAS Secara umum, panas mengalir/ pindah dari posisi dengan temperatur tinggi ke posisi/ tempat yang bertemperatur lebih rendah. Ada tiga proses atau cara perpindahan panas, yaitu: konduksi, konveksi dan radiasi. Konduksi Ketika kita bakar ujung batang logam, beberapa saat kemudian ujung lain akan terasa panas. Kita dapat mengatakan bahwa panas telah dihantarkan (conducted) dari ujung panas menuju unjung batang logam lebih dingin. Proses ini disebut perpindahan panas dengan cara konduksi. Secara mikroskopik, konduksi dapat dikatakan sebagai proses perpindahan panas melalui medium dari satu partikel ke partikel lain. Hal ini dapat terjadi ketika partikel-partikel pada ujung lebih panas bervibrasi dan menumbuk partikell-partikel terdekat. Partikel-partikel ini menerima energi lebih dari kontak dengan partikel-peartikel lebih panas dan mulai bergetar lebih lincah. Dengan cara yang sama partikel-partikel ini menyampaikan energi ke partikelpartikel terdekatnya. Perlu dicatat bahwa tidak semua bahan menghantar panas yang sama. Tahukah kamu, mengapa?

Gambar 1. Susunan atom dalam zat padat Atom-atom dalam zat padat tersusun rapat dan posisi yang tetap. Mereka tidak bisa bergerak jauh dari posisi ini. Logam merupakan zat padat khusus yang memiliki banyak elektron agak bebas. Sehingga logam pada umumnya logam merupakan konduktor panas yang baik.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 33

Gambar 2. Konduksi pada konduktor panas yang baik Pada konduktor panas rendah, elektron terikat kuat pada ion atau atom-atomnya. Konduksi panas hanya terjadi melalui vibrasi atom-atom dan molekulnya. Termasuk dalam kelas ini adalah kayu, plastik, dan keramik.

Gambar 3. Konduksi panas pada konduktor panar rendah. Zat cair dan gas merupakan konduktor panas yang buruk. Partikel-partikel dalam zat cair terpisah agak renggang dibanding zat padat sehingga memiliki kebebasan bergerak. Oleh karenanya hanya sedikit energi panas dapat dihantarkan, karena kontak antar partikel juga lebih jarang dibanding zat padat.

Gambar 4. Susunan atom dalam zat cair Reviu dan pendalaman • Bagaimana konduksi panas dalam gas? • Apa kegunaan bahan konduktor yang baik dan konduktor yang rendah dalam kehidupan sehari-hari?

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 34

Konveksi Pada konveksi, panas dihantarkan dari satu tempat ke tempat lain diikuti dengan gerakan partikel-partikel gas atau cairan yang kena panas (mendapatkan tambahan energi panas). Pemanasan air dalam bejana dari satu titik bagian bawah bejana akan menyebabkan partikel air terdekat dengan sumber panas bergerak naik. Pergerakan ini disebabkan oleh peningkatan volume satuan, dengan kata lain, massa jenis partikel yang mendapatkan energi panas menurun dibanding partikel sekitarnya. Aliran pergerakan partikel air dari bawah (pusat panas) ke atas disebut arus konveksi.

Gambar 5. Arus konveksi dalam zat cair Pendalaman • Apa yang terjadi jika gas dalam ruangan dipanaskan?

Gambar 6. Arus konveksi udara

Pendalaman
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 35

Di mana sebaiknya meletakkan AC dalam ruangan? Di bagian bawah, tengah atau bagian atas ruangan?

Angin darat dan Angin laut Saat kapan kita mendapt tiupan angin dari laut, dan saat kapan kita mendapt tiupan angin dari darat? Mari kita lihat. Selama siang hari, daratan lebih panas dibanidng lautan. Hal ini disebabkan oleh karena diperlukan energi panas lebih banyak untuk meningkatkan temperatur air dibanding daratan (padatan). Panas dari daratan melewati udara di atasnya, sehingga partikel-partikel udara mengembang dan naik ke atas. Udara lebih dingin dari laut (di atas permukaan air laut) bergerak ke bagian udara yang kosong di daratan. Udara panas di bagian atas daratan menuju lautan, menggantikan udara dingin yang menuju darat. Sirkulasi partikel udara pada siang hari menghasilkan yang dikenal dengan angin laut. Pada malam hari terjadi peristiwa sebaliknya. Sirkulasi angin laut dan angin darat dapat di lihat dalam Gambar 7.

Gambar 7. Terjadinya angin laut dan angin darat akibat konveksi udara. Radiasi Pada proses konduksi dan konveksi selalu memerlukan medium dalam penghantaran panas. Dalam proses radiasi, sumber panas memancarkan energy lektromagnetik dalam bentuk gelombang. Radiasi merupakan metode penghanaran panas yang tidak memerlukan medium, radiasi dapat terjadi pada ruang hampa. Energi matahari sampai ke Bumi melalui proses radiasi. Ada ruang hampa antara Matahari dan Bumi, yang tidak memungkinkan proses konduksi maupun konveksi. Energi matahari menjalar dalam bentuk gelombang elektromagnetik dengan laju cahaya. Semakin tinggi temperatur semakin banyak energi radiasi benda ersebut. Jika sebuah bejana berisi air panas, separuh sisi bejana dibiarkan mengkilap dan permukaan halus, separuh sisanya dicat hitam dan kasar. Dekatkan telapak tanganmu pada kedua sisi dengan jarak yang sama. Bagian mana terasa lebih panas?

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 36

Gambar 8. Radiator yang baik dan yang buruk Pemanfaatan benda yang memiliki sifat emisi radiasi dan absorsi radiasi yang bagus dan buruk. Pada dasarnya permukaan berwarna terang dan kilap (halus) merupakan emitor dan penyerap radiasi yang buruk. Sebagai contoh aplkasi dari gejala ini, pada umumnya rumah dengan iklim panas temboknya dicat putih. Hal ini dilakukan untuk memantulkan sebanyak mungkin energi matahari dan panas dari luar, sehingga di dalam rumah dijaga tetap dingin. Termos panas merupakan salah satu aplikasi dari pemanfaatan benda dengan efek radiasi, konveksi dan konduksi. Perhatikan Gambar 9.

Gambar 9. Bagan termos vakum dan pemanfaatan kponvekvi, konduksi dan radiasi. Termos vakum didesain untuk menjaga temperatur cairan di dalam konstan. Termos ini terdiri atas dua kontainer gelas berdinding ganda dengan kondisi vakum diantaranya. Dinding dalam bagian dalam dilapisi perak, sedangkan bagian luar dinding laur juga dilapisi perak. Hal ini dilakukan untuk mengurangai radiasi. Tidak ada konveksi maupun konduksi antar dinding. Lubag

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 37

keluaran bagian atas dibuat lebih sempit dan ditutup dengan bahan konduktor dan radiator yang buruk seperti kayu gabus atau plastik. TERMOMETER Untuk mengukur derajat atau tingkat panas atau dinginnya suatu benda digunakan termometer. Beberapa jenis termometer dilihat dari kegunaannya. Termometer badan, termometer ruang, termometer temperatur tinggi, termometer termperatur rendah, dan beberapa termometer khusus lain. Menurut cara kerjanya ada beberapa termometer seperti temometer cair, termometer optik, termometer bimetal, dan termometer resistive. Jika dilihat dari skala yang digunakan, kita mengenal termometer Celcius, Reaumur, Fahrenheit dan termometer berskala Kelvin.

Skala Termometer. Semua termometer harus diberi tanda dengan skala standa. Unutk memperoleh skala termometer itu, pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan dua titik tetap yang terdiri dari satu titik bawah dan satu titik atas. Titik bawah dan titik atas dapat ditetapkan sebarang asal dapat menunjukkan skala yang sama pada kondisi yang sama. Misal, titik bawah adalah temperatur dimana es mencair, dan titik tetap atas ditetapkan untuk menunjukkan skala termperatur air mulai mendidih. Selanjutnya membagi rentang skala tadi menjadi beberapa bagian kecil. Dalam sistem internasional (SI) satuan skala termometer adalah kelvin (K). Skala Celcius. Titik bawah mencairnya es ditandai dengan angka 0 celcius (oC). Titik atas adalah titik didih air ditandai dengan skala 100 oC. Celcius membagi rentang 100 – 0 dalam seratus bagian kecil. Sehingga skala celcius ini juga diberi nama Centigrade (perseratus).

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 38

Gambar 10. Penentuan titik bawah dan titik atas skala termometer. Syarat bagi sebuah termometer: • Mudah dibaca, • sensitif terhadap perubahan temperatur, • dapat digunakan untuk rentang yang besar, • aman digunakan dan, • murah. Termometer cairan yang sering digunakan adalah termometer gelas kapiler berisi alkohol atau air raksa. Prinsip yang digunakan adalah pemaian volume, namun karena pipa glass dibuat sangat kecil (kapiler) maka seperti pemuaian panjang. Beberapa perbandingan kedua termometer ini dapat ditampilkan dalam tabel. Tabel 1. Perbandingan Karakteristik Air Raksa dan Alkohol No Air Raksa Alkohol 1 Pemuaian lebih homogen Pemuaian tidak homogen 2 Tidak menempel ke dinding glasa Menempel ke dinding, perlu diberi warna 3 Bereaksi cepat terhadap perubahan Respons lambat temperatur 4 Titik didih 357 oC, batas atas tinggi Titik didih 78 oC o 5 Titik beku – 39 C Titik beku -115 oC, baik untuk batas bawah 6 Mahal murah 7 Beracun Tidak beracun SIFAT TERMAL BAHAN Zat di alam secara mendasar dapat dikelompokkan dalam tiga wujud: padat, cair, dan gas. Ketika es dipanaskan akan meleleh menjadi air, dan air mendidih menjadi uap. Kita dapa mengatakan bahwa air (H2O) telah berubah wujud dari padat (es), menjadi cair (air), dan

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 39

menjadi gas (uap). Proses sebaliknya akan terjadi jika kita mendinginkan uap sampai terkondensasi menjadi air dan air membeku menjadi es. Dalam perubahan wujud melibatkan energi. Energi harus ditambahkan untuk melelehkan dan mendidihkan zat. Sebaliknya kita mengambil energi untuk kondensasi gas menjadi air dan membekukan air menjadi es.

Gambar 11. siklus perubahan wujud air. Pendalaman • Apakah semua zat padat berubah wujud secara bertahap seperti Gambar 11?

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 40

BAB 4 LISTRIK MAGNET

LISTRIK STATIS

Muatan Listrik Setiap atom tersusun dari electron yang bergerak mengelilingi inti, sepertri ditunjukkan oleh gambar 1. Inti terdiri dari proton dan netron. Terdapat dua jenis muatan listrikmuatan positif dan muatan negative. Di dalam atom yang netral jumlah muatan positif pada proton sama dengan jumlah muatan negative pada elektron. Benda-benda yang netral kelistrikannya menjadi bermuatan ketika mereka mendapat tambahan electron dan bermuatan positif ketika kehilangan electron.

Gambar 1 Sebuah atom tersusun dari proton yang bermuatan positif, electron yang bermuatan negative, dan netron yang tak bermuatan. Gaya Listrik Gaya gravitasi selalu bersifat menarik. Gaya-gaya yang dikerjakan oleh benda bermuatan satu sama lain bisa bersifat menarik atau menolak seperti ditunjukkan oleh gambar 2.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 41

Gambar 2. Muatan-muatan listrik mengerjakan gaya satu sama lain.

Jika dua benda bermuatan positif, keduanya akan saling menolak satu sama lain. Begitu pula bila dua benda bermuatan negative juga akan bertolakan satu sama lain. Jika benda bermuatan positif dan lainya bermuatan negatif, mereka akan saling tarik menarik satu sama lain. Dengan kata lain, muatan sejenis saling bertolakan, muatan tak sejenis tarik menarik. Sebuah benda bermuatan dikelilingi oleh suatu medan listrik yang mengerjakan suatu gaya pada benda bermuatan lainnya.

Gambar 3. Medan lsitrik di sekitar benda bermuatan positif berarah keluar menjauh dari muatan. Medan listrik disekitar benda bermuatan negatif berarah menuju muatan. Membuat Benda Bermuatan.

Gambar 4. Membuat benda bermuatan dengan sentuhan, balon digosokkan ke rambut. Elektron bergerak dari rambut ke balon. - Dengan sentuhan, yaitu perpindahan muatan listrik antara dua benda dengan saling menyentuhkan.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 42

-

Dengan induksi, yaitu mendekatkan benda di sekitar medan magnet benda lain yang bermuatan tanpa bersentuhan. Contoh: Petir

Ketidak seimbangan muatan listrik di dalam sebuah benda disebut muatan statik.

Gambar 5. Membuat benda bermuatan dengan cara induksi

Petir Petir adalah pelucutan muatan antara awan dan tanah, atau di dalam atau antara awanawan. Untuk menghindari bahaya petir setiap gedung yang tinggi dilengkapi dengan penangkal petir.

Gambar. 6. Petir LISTRIK DINAMIS Aliran muatan

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 43

Arus listrik adalah aliran muatan listrik. Muatan listrik akan mengalir secara kontinyu melalui untai penghantar tertutup, yang disebut rangkaian.

Gambar 7. Elektron mengalir di dalam rangkaian tertutup. Elektron bergerak dari kutub negative baterei menuju kutub positif. Di dalam rangkaian pipa air, sebuah pompa meningkatkan energi potensial air dengan menaikkan air dari tempat rendah ke tempat lebih tinggi. Di dalam rangakain listrik, sebuah baterei meningkatkan energi potensial listrik dari electron. Tegangan baterei merupakan ukuran berapa besatr energi potensial listrik tersedia untuk diubah menjadi energi lain. Tegangan dinyatakan dengan satuan volt (V).

Rangkaian listrik. Hambatan listrik menyatakan seberapa sulit elektron-elektron mengalir di dalam bahan. Hambatan listrik disebabkan oleh tumbukan antara elektron-elektron yang mengalir atom-atom di dalam suatu bahan. Hambatan listrik di dalam sebuah rangkaian mengubah energi listrik menjadi energi panas dan cahaya, misalnya elemen pemanas setrika, pemanas air, dan lampu.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 44

Gambar 8. Tumbukan antara electron-elektron yang mengalir dengan atom-atom di dalam suatu bahan

Gambar 9. Rangkaian Seri dan Paralel. Di dalam sebuah rangkaian, tegangan, hambatan, dan arus adalah saling berhubungan. Menurut hukum Ohm, hubungan ini dapat ditulis sabagai berikut:

V=IR
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 45

Tegangan (volt) = arus (ampere) × hambatan (ohm)

Sebuah rangkaian seri hanya mempunyai satu jalus untuk arus mengalir, sedangkan rangkaian parallel mempunyai beberapa cabang jalur untuk arus mengalir. Di dalam rangkaian seri apabila kabel listrik putus maka arus tidak alagi mengalir sehingga semua semua alat listrik mati. Sedangkan di dalam rangkaian parallel bila salah satu cabang putus, arus masih mengalir di cabang yang lain, sehingga tidak semua alat listrik mati. Di dalam rumah kita instalasi listrik di rangkai secara parallel.

Daya Listrik dan Energi Listrik Daya listrik yang digunakan oleh alat-alat listrik menyatakan energi persatuan waktu yang dibutuhkan oleh alat listrik untuk diubah menjadi bentuk energi lain. Daya yang diperlukan oleh alat listrik dinyatakan oleh: P=VI dimana V adalah tegangan listrik, dan I adalah arus listrik yang mengalir pada alat listrik. Energi listrik yang digunakan oleh alatb listrik tergantung pada daya alat listrik dan lama penggunaannya. Energi listrik biasanya diukur dalam kilo watt jam (kWh)

KEMAGNETAN Semua magnet mempunyai sebuah kutub utara dan kutub selatan. Kutub magnet sejenis saling bertolakan, sedang kutub tak sejenis tarik-menarik.

Gambar 10. Kutub-kutub magnet

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 46

Sebuah magnet dikelilingi oleh medan magnet yang mengerjakan medan magnet pada magnet lain.

Gambar 11. Medan Magnet

BAHAN MAGNET Atom-atom tunggal adalah magnet-magnet di dalam bahan magnetic seperti besi, cobalt, dan nikel. Domain-domain magnet berisi atom-atom dengan kutub-kutub utara dan selatan-nya menunjuk ke arah yang sama. Domain magnet di dalam sebuah magnet permanen mempunyai kutub-kutub yang segaris.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 47

Gambar. 12. Sendok terbuat dari sebuah logam campuran magnetic. Sebuah sendok bukan magnet karena kutub-kutub magnet dari domain magnet menunjuk ke arah yang acak.

Gambar 13. Domain magnet di dalam sebuah magnet permanent mempunyai kutubkutub yang segaris.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 48

Gambar. 14. Paper clip yang mengandung besi menjadi magnet sementara ketika sebuah magnet permanent didekatkan. ELEKTROMAGNET Sebuah arus listrik di kelilingi oleh medan magnet. Arus listrik dapat dihasilkan oleh gerak relative sebuah magnet atau kumparan.

Gambar 15. Sebuah electromagnet mempunyai kutub-kutub magnetic utara dan selatan, dan mungkin di tarik atau ditolak oleh magnet permanent.

Gambar 16. Ketika kumparan kawat berputas di dalam medan magnet dari sebuah magnet permanen, akibatny arus listrik mengalir ke lampu.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 49

Gambar 17. Di dalam pembangkit listrik tenaga air, energi kinetic dari air terjun diubah menjadi energi listrik oleh generator.

EVALUASI A. Listrik I. Pasangkan Kata-kata IPA berikut dengan pernyataan di bawahnya. a. Rangkaian b. Konduktor c. Arus d. Sel Kering e. Medan listrik f. Daya listrik g. Elektroskop h. isolator j. Hukum Ohm k. Petir l. Beda Potensial m. Resistansi n. Rangkaian seri o. Listrik statis p. Sel basah

1. Disebabkan muatan-muatan listrik di dalam sebuah benda 2. mengerjakan gaya pada suatu muatan listrik 3. suatu bahan dimana elektron mudah bergerak dengan mudah 4. suatu alat yang digunakan untuk mendeteksi muatan listrik 5. lintasan tertutup dimana elektron mengalir 6. dua plat terbuat dari logam atau campuran logam berbeda dalam larutan elektrolit
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 50

7. menahan aliran elektron di dalam konduktor 8. terjadi bila elektron mengalir di antara awan dan bumi. 9. Energi listrik yang dikonversikan ke bentuk energi lain tiap satuan waktu 10. mengkaitkan tegangan dengan resistansi dan arus

II. Pilihlah kata atau ungkapan untuk melengkapi kalimat atau jawaban pertanyaan tersebut. 11. Suatu benda menjadi bermuatan positif apabila benda itu .... A. kehilangan elektron-elektron B. kehilangan proton-proton C. menerima elektron-elektron D. menerima neutron-neutron 12. Apabila dua muatan negatif didekatkan satu sama lain, dua muatan itu akan .... A. tolak-menolak B. tarik-menarik C. tidak tarik-menarik atau tolak-menolak D. pengosongan ke tanah 13.Apabila sebuah atom kehilangan sebuah elektron, maka atom itu akan A. bermuatan positif B. bermuatan negatif C. tetap netral D. menjadi isotop 14. Sebuah contoh isolator yang baik adalah A. tembaga C. Kayu B. perak D. air garam 15.Menghubungkan suatu benda bermuatan ke Bumi dengan maksud mengosongkan muatan benda itu ke dalam Bumi disebut A. pemuatan C. pengaliran B. pentanahan D. induksi 16. Petir menunjukkan suatu pengo-songan .... A. proton B. elektron
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 51

C. neutron D. inti atom 17. Listrik statis bergerak dari satu tempat ke tempat lain karena.. A. elektron-elektron tertarik ke elektron-elektron lain B. energi potensial tertarik ke energi kinetik C. elektron-elektron tertarik kekutub magnetik alamiah Bumi D. elektron-elektron tertarik ke muatan-muatan positip 18. Suatu rangkaian listrik memerlukan .... A. suatu sumber elektron, suatu jalan untuk elektron-elektron, dan suatu sakelar tertutup B. suatu sumber proton, suatu jalan untuk elektron-elektron, dan suatu sakelar tertutup. C. suatu sumber proton, suatu jalan elektron, dan suatu sakelar terbuka D. suatu sumber elektron, suatu jalan untuk elektron-elektron, dan suatu sakelar terbuka 19. Perbedaan energi potensial per unit muatan antara dua elektrode diukur dalam A. ampere B. coulomb C. ohm D. volt 20. Perbedaan energi yang dibawa elektron-elektron pada titik-titik berbeda dalam suatu rangkaian akan menentukan....... A. tegangan C. arus B. tahanan D. Daya 21. Hambatan pada sebuah kawat listrik menyebabkan energi listrik diubah menjadi .... A. energi kimia C. energi panas B. energi nuklir D. suara 22. Yang manakah di antara kawat berikut ini akan cenderung memiliki besar hambatan listrik paling kecil? A. panjang B. serat-kaca C. panas D. tebal
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 52

23. Energi listrik diukur dalam satuan A. volt C. kilowatt B. Newton D. kilowatt-jam

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dalam buku catatanmu dengan menggunakan kalimat lengkap. 24. Sebutkan perbedaan listrik statis dan listrik dinamis. 25. Apakah perbedaan elektron-elektron konduktor dan elektron-elektron isolator? 26. Apakah yang menyebabkan elektron-elektron mengalir melalui suatu rangkaian? 27. Bagaimanakah terjadinya petir? 28. Bagaimanakah hubungan antara hambatan dan beda potensial dengan besar arus yang mengalir dalam suatu rangkaian?

KEMAGNETAN I. Pasangkan Kata-kata IPA berikut dengan pernyataan dibawahnya a. b. c. d. e. f. g. h. i. j. k. l. Arus bolak-balik (AC) generator Ammeter domain magnet Arus searah (DC) medan magnet Motor listrik Elektromagnet Induksi electromagnet Kutub magnet Magnetisme voltmeter

1. daerah disekitar magnet dimana gaya magnet bekerja atau dirasakan 2. sifat bahan dimana kutub sejenis tolak-menolak dan kutub tak sejenis tarik-menarik 3. magnet sementara yang dibuat dari gulungan kawat yang dialiri listrik 4. alat ukur kuat arus listrik
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 53

5. alat untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik 6. menghasilkan arus listrik dengan cara menggerakkan kawat melewati medan magnet 7. arus yang mengalir dalam satu arah 8. alat yang mengubah tegangan arus bolak-balik 9. alat ukur tegangan listrik 10.bagian dari magnet dimana garis-garis gaya magnet adalah paling rapat

II. Pilih kata atau ungkapan yang melengkapi kalimat berikut ini. 11. Prinsip kerja generator dapat dianggap sebagai kebalikan dengan A. galvanometer B. transformator C. motor listrik D. elektromagnetik 12. Jika garis gaya magnet yang memotong kawat diperkecil, maka arus induksi akan menjadi .... A. tetap B. tidak dapat diperkirakan C. naik D. turun 13.Alat yang mengubah besar tegangan bolak-balik adalah .... A. galvanometer C. motor listrik B. transformator D. elektromagnetik 14. Menghasilkan arus listrik dengan menggerakkan kawat melalui medan magnet adalah .... A. kemagnetan B. transmisi tegangan C. induksi elektromagnetik D. elektromagnetik 15.Alat yang mengubah energi mekanis menjadi energi listrik adalah .... A. galvanometer B. transformator C. motor listrik D. generator

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 54

16.Roda besar yang memperoleh energi dari berbagai macam sumber dan memberi energi mekanis ke generator adalah .... A. generator B. transformator C. motor listrik D. turbin 17. Sebuah transformator yang menurunkan tegangan adalah .... A. transformator hambatan B. transformator step-down C. transformator step-up D. motor tegangan 18.Pada transformator step-down, jumlah lilitan kawat lebih banyak di kumparan dari pada di kumparan, dan tegangan lebih besar daripada tegangan .... A. sekunder,primer,input,output B. sekunder,primer,output,input C. primer,sekunder,input,output D. primer,sekunder,output,input 19.Sebelum tegangan pada jala-jala listrik memasuki rumahmu, ia harus melewati .... A. transformator step-up B. transformator step-down C. komutator D. voltmeter

20. Gaya magnet terkuat terletak di A. kutub utara dan selatan B. kutub selatan C. kutub utara D. di tengah-tengah

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dalam buku catatanmu dengan menggunakan kalimat lengkap. 21. Apakah fungsi generator? 22. Jelaskan alat dasar yang digunakan di galvanometer dan motor listrik. 23. Jelaskan secara singkat bagaimana generator menghasilkan arus listrik.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 55

24. Jelaskan secara singkat bagaimana transformator bekerja. Apa yang membedakan transformator step-up dan transformator step-down.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 56

BAB 5 STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN
Tumbuhan atau plantae adalah organisme yang tersusun oleh banyak sel (multiseluler). Sel tumbuhan memiliki dinding sel, sedang sel hewan tidak memiliki dinding sel. Sel-sel yang mempunyai bentuk dan fungsi sama berhimpun membentuk jaringan. Beberapa jaringan berhimpun membentuk organ atau alat tubuh. Organ pokok pada tumbuhan meliputi akar, batang dan daun. Masing-masing organ tersebut mempunyai fungsi tertentu. Pada tumbuhan biji, ada organ pokok yang berubah fungsi menjadi organ lain, seperti bunga, buah dan umbi. Organ-organ tersebut memiliki struktur dasar sama. Tetapi karena tugas dan fungsinya berbeda maka strukturnya berubah. Tumbuhan mempunyai organ penyusun berupa akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Masing-masing mempunyai fungsi dan struktur yang berbeda. Untuk mengetahui mari kita pelajari stuktur dan fungsi masing-masing organ.

A. Akar
Akar pada tumbuhan kebanyakan berada di dalam tanah meskipun ada beberapa tumbuhan yang akarnya muncul atau tumbuh diatas permukaan tanah. Fungsi akar : 1. Menguatkan tegaknya tumbuhan 2. Menyerap air dan garam-garam mineral. 3. Tempat menyimpan cadangan makanan, misalnya pada wortel dan singkong. 4. Sebagai alat perkembangbiakan vegetatif 5. Membamtu proses pernafasan misalnya pada tumbuhan yang hidup di tempat yang kekurangan oksigen, misalnya bakau. Struktur akar Struktur luar akar terdiri dari ujung akar atau titik tumbuh. Tudung akar berfungsi melindungi sel–sel akar dari kerusakan akibat pertumbuhan akar menembus tanah dan bulu akar yang berfungsi untuk memperluas bidang penyerapan air. Struktur dalam akar yaitu epidermis merupakan selapis sel yang tersusun rapat membentuk lapisan pelindung akar paling luar. Sel epidermis membentuk tonjolan yang menjadi rambut akar. Korteks adalah merupakan bagian akar sebagai tempat penyimpanan makanan. Endodermis merupakan lapisan yang terletak antara korteks dan silinder pusat. Endodermis berfungsi mengatur keluar masuknya bahan dari dan ke jaringan akar. Silinder pusat merupakan bagian tengah akar yang terdiri dari jaringan pengangkut yaitu pembuluh kayu atau xilem dan pembuluh tapis atau floem. Penyerapan air dari dalam tanah berlangsung secara osmosis. Osmosis adalah gerakan molekul–molekul air membran semi permeabel dari larutan yang kurang pekat ke larutan yang lebih pekat. Air dapat masuk secara osmosis ke rambut akar karena dinding sel rambut akar bersifat semi permiabel.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 57

B. Batang
Batang adalah bagian tumbuhan yang terletak di atas tanah. Fungsi batang : 1. Menyalurkan air dan garam mineral dari akar menuju daun 2. Menyalurkan zat makanan yang dibuat di daun menuju bagian tubuh tumbuhan. 3. Mendukung bagian-bagian yang terdapat diatasnya. 4. Sebagai tempat cadangan makanan misalnya pada tebu dan sagu. 5. Sebagai alat perkembangbiakan vegetatif, misalnya strobery dan ubi kayu. Struktur batang 1. Struktur luar batang Batang tumbuhan dapat dibedakan menjadi tiga yaitu, tipe rumput, tipe herba, dan tipe berkayu. Pada tipe rumput cirinya batang tidak keras, beruas-ruas, dan berongga. Batang tipe herba biasanya lunak, berklorofil ukurannya kecil dan umurnya pendek misalnya pada bayam dan pacar air. Batang tipe berkayu mempunyai batang yang keras, tebal dan panjang misalnya pohon mangga dan rambutan. 2. Struktur dalam batang Berdasarkan susunan anatominya batang dikotil dan monokotil berbeda dalam susunan jaringan pengangkutnya. Pada batang dikotil yang masih muda sama seperti pada akar yaitu : a. Epidermis, dinding luar selnya menebal, berfungsi melindungi lapisan didalamya. b. Korteks terletak di sebelah dalam epidermis. Terdiri dari beberapa lapis sel yang berongga yang berfungsi untuk pertukaran gas. c. Kortek,merupakan lapisan setelah epidermis yang terdiri dari sel sel yang mengandung butir-butir tepung sehingga disebut sarung tepung. d. Silinder pusat terletak pada bagian dalam, dan terdapat berkas-berkas pembuluh yaitu pembuluh kayu dan pembuluh tapis. Xilem dan floem pada tumbuhan dikotil tersusun beraturan membentuk suatu lingkaran. Sedang pada monokotil berkas pembuluh tersebar dan tidak beraturan serta tidak memiliki kambium. Kegiatan kambium dipengaruhi oleh ketersediaan air dan mineral dari dalam tanah. Pada masa kemarau, pembuluh kayu yang terbentuk tidak sebesar jika dibandingkan pada musim penghujan, karena pada musim kemarau ketersediaan air dan mineral lebih sedikit dari pada musim penghujan. Oleh karena itu, jika batang dikotil dipotong akan terlihat adanya lingkaran-lingkaran yang di sebut lingkaran tahun. Lingkaran tahun ini dapat digunakan untuk menentukan umur pohon tersebut.

C. Daun
Pada umumnya daun berwarna hijau karena memiliki klorofil Fungsi daun: 1. Tempat terjadinya fotosintesis yaitu menghasilkan zat makanan. 2. Sebagai alat pernafasan yaitu tempat pengambilan oksigen.
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 58

3. Alat pengeluaran zat yaitu karbondioksida dan uap air 4. Alat perkembangbiakan vegetatif karena menghasilka tunas, misalnya pada cocor bebek. Struktur daun: Struktur luar daun Pada umumnya daun berwarna hijau karena mempunyai klorofil. Daun terletak di bagian atas tumbuhan dan melekat pada batang. Bentuk daun beraneka ragam, ada yang berbentuk seperti jarum misalnya pinus, ada yang berbentuk sisik atau duri misalnya pada kaktus, dan ada yang berbentuk pita misalnya rumput. Bentuk tulang daun juga beraneka ragam, ada yang menjari misalnya daun pepaya, ada yang sejajar misalnya pada daun padi dan jagung dan ada yang menyirip misalnya daun mangga. Tepi daun tanaman juga menunjukkan keanekaragaman. Secara garis besar tepi daun dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu tepi daun yang rata misalnya pada daun nangka, dan ada yang bergerigi misalnya daun mawar. Daun pada tumbuhan juga dapat dibedakan menjadi dua yaitu daun tunggal dan daun majemuk. Daun tunggal adalah daun yang pada satu tangkainya terdapat hanya satu daun, misalnya pada daun mangga. Daun majemuk adalah daun yang mempunyai anak-anak daun, misalnya pada daun kembang merak. Struktur dalam daun : Jika kamu menyayat lembaran daun maka akan tampak jaringan yang menyusunnya. Jaringan – jaringan tersebut adalah: 1. Sebagian besar daun dilapisi oleh lapisan lilin (kultikula) pada bagian paling luar. Lapisan lilin ini berfungsi untuk melindungi dau dari penguapan yang berlebihan dan gangguan serangan. 2. Berbatasan langsung dengan lapisan lilin adalah jaringan epidermis. Jaringan ini berfungsi sebagai pelindung. 3. Jaringan palisade, terdapat lapisan sel-sel yang bentuknya memanjang dan hijau, dan banyak mengandung kloroplas yang berfungsi dalam proses pembuatan makanan. 4. Berbatasan langsung dengan lapisan palisade, terdapat lapisan sel yang tersusun oleh sel yang bentuknya membulat, berwarna hijau, dan hubungan antar selnya renggang. Lapisan jaringan ini disebut jaringan spons atau karang bunga. Renggangnya hubungan antar sel pada jaringan ini memungkinkan adanya ruang antar sel yang cukup besaruntuk menampung gas CO2, O2 maupun H2O. Sel-selnya berperan untuk pembuatan makanan melalui proses fotosintesis.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 59

5. Di bawah jaringan spons terdapat epidermis yang dilapisi lapisan lilin. Pada epidermis bawah ini terdapat stomata. Stomata berupa pori kecil pada epidermis daun. Bila jumlahnya lebih dari satu disebut stomata. 6. Pada helaian daun tampak adanya urat–urat daun.Urat-urat daun yang besar biasan berada di tengah helaian daun dan bercabang cabang sampai mencapai tepi helaian daun. Pada sayatan melintang daun itu jelas terlihat sebagai berkas pembuluh. Berkas pembuluh tersebut tersusun atas xylem dan floem. Xylem mengarah ke salah satu permukaan daun, dan floem mengarah kepermukaan daun yang berlawanan. Permukaan daun yang berdekatan dengan xylem disebut permukaan adiksial, yang biasanya menjadi permukaan atas helaian daun. Permukaan daun berhelaian yang berdekatan dengan floem disebut permukaan abiksial yang biasanya menjadi permukaan bawah helaian daun.

Gambar 1 Sayatan melintang daun beserta bagian- bagiannya. Stomata pada daun bisa terdapat pada epidermis atas dan epidermis bawah. Stomata berfungsi sebagai jalan keluar masukya udara maupun uap air. Umumnya stomata akan menutup pada malam hari saat CO2 tidak diperlukan. Stomata dikelilingi oleh dua sel yang disebut sel penjaga. Ukuran stomata berubah-ubah tergantung pada sel –sel penjaga membuka dan menutup saat air masuk atau keluar secara otomatis.

D. Bunga
Bunga merupakan alat perkembangan generatif pada tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae). Disebut alat perkembangbiakan karena pada bunga terdapat putik dan benang sari. Bunga merupakan penjelmaan atau modifikasi dan tunas daun yang bentuk dan susunanya sudah disesuaikan dengan fungsinya sebagai alat perkembangbiakan. Bunga dapat berbentuk karena rangsangan faktor internal (hormon) dan faktor eksternal (musim, iklim, dan makanan).Oleh karena itulah bunga hanya muncul pada saat tertentu atau malah ada tumbuhanyang tidak dapat berbunga sama sekali. Struktur Bunga.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 60

Bunga menurut jumlahnya dalam satu tangkai dapat dibedakan menjadi bunga tunggal dan bunga majemuk. Bunga tunggal yaitu pada satu tangkai hanya ada satu bunga, sedangkan bunga majemuk pada satu tangkai terdapat banyak bunga. Bentuk luar bunga sangat beraneka ragam tergantung pada jenis, tetapi pola stuktur yang dimiliki semua bunga hampir semua bunga sama. Struktur dasar bunga adalah kelopak, mahkota, benang sari, dan putik. Pada tanaman dikotil dan monokotil, jumlah bagian bunga seperti mahkota, kelopak dan bagian bunga lainnya berbeda. Tanaman monokotil memiliki jumlah bagian bunga 3 atau kelipatannya, sedangkan dikotil jumlah bagian bunganya 2,4,5 atau kelipatannya. 1. Kelopak bunga Kelopak bunga pada umumnya berwarna hijau, berfungsi melindungi bagian dalam bunga terutama pada bunga yang masih kuncup. Tetapi ada juga bunga yang kelopaknya berwarna indah seperti mahkota bunga, misalnya pada anggrek, bunga lili. Bunga yang memiliki kelopak dan mahkota yang sama, baik bentuk dan warnanya, disebut tenda bunga. 2. Mahkota bunga Mahkota bunga merupakan hiasan bunga yang terdapat di sebelah dalam kelopak. Bagian atau lembaran mahkota disebut juga daun mahkota (petal) mahkota umumnya lebih besar dibandingkan kelopak, berwarna dan memiliki bau sehingga menarik perhatian hewan untuk membantu penyerbukan. Mahkota bunga berfungsi sebagai pelindung alat perkembangbiakan. 3) Benang sari Benang sari terletak ditengah-tengah mahkota. Letak benang sari biasanya mengelilingi putik. Benang sari merupakan alat kelamin jantan. Benang sari disusun oleh tangkai sari dan kepala sari. Di dalam ruang kepala sari terdapat serbuk sari yang menghasilkan sel kelmin jantan. 4) Putik Putik merupakan alat kelamin betina, yang tersusun atas bagian-bagian : a) Bakal buah, (ovarium) akan berkembang menjadi buah yang mengandung bakal biji. b) Tangkai putik, merupakan bagian putik yang berbentuk seperti benang. c) Kepala putik, yang berfungsi menangkap serbuk sari di dalam peristiwa penyerbukan. Oleh karena itu kepala putik mempunyai zat perekat atau memiliki bulu-bulu. Variasi stuktur bunga Bunga yang tersusun dari keempat organ, yaitu kelopak, mahkota, benang sari, dan putik dikenal sebagai bunga lengkap, misalnya pada bunga sepatu, bunga waru bunga soka. Bunga yang tidak memiliki salah satu bagian atau lebih dari bagian-bagian bunga dikenal dengan bunga tidak lengkap, misalnya bunga semangka dan bunga mentimun. Berdasarkan susunan alat kelaminnya bunga dibedakan menjadi bunga sempurna, yaitu bunga yang

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 61

memiliki putik dan benang sari. Bunga tidak sempurna, yaitu bunga yang memiliki salah satu alat kelamin, benang sari atau putik saja.

E. Buah
1. Proses terbentuknya buah dan biji. Terbentuknya buah dan biji dimulai dengan peristiwa penyerbukan, yaitu jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Kemudian diikuti dengan penggabungan antara sel kelamin jantan yang dihasilkan oleh serbuk sari dengan sel telur yang terdapat pada bakal biji. Peristiwa ini disebut pembuahan. Sel telur yang telah dibuahi dinamakan zigot. Zigot kemudian tumbuh menjadi lembaga atau embiro. Bersamaan dengan itu, bakal buah menjadi buah dan baka l biji menjadi biji. Sementara itu, bagian – bagian bunga selain bakal buah ( mahkota, kelopak, benang sari, putik ) biasanya layu dan gugur setelah penyerbukan. Dinding bakal buah yang matang menutupi biji tumbuhan bunga, sehingga disebut tumbuhan biji tertutup (Angiospermae). Pada beberapa jenis tanaman, buah dan biji dapat terbentuk tanpa peristiwa pembuahan yang disebut parthenogenesis. Misalnya pada pisang, pisang tidak berbiji, titik-titik hitam di tengah buah pisang adalah bakal biji yang tidak berkembang. Oleh sebab itu pisang hanya bisa diperbanyak dengan cara vegetatif. Buah yang semata-mata terbentuk dari bakal buah saja disebut buah sejati atau buah sungguhan, misalnya pada buah mangga, durian dan papaya. Pada beberapa tumbuhan, ada bagian bunga yang ikut tumbuh dan menjadi bagian penting dari buah. Buah yang demikian disebut buah semu atau buah palsu, misalnya : a. Nanas dibentuk dari bakal buah dan kelopak b. Jambu monyet dibentuk dari tangkai bunga yang membesar. c. Apel berasal dari dasar bunga yang menggembung. d. Arbei berasal dari dasar bunga. e. Nangka berasal dari daun bunga yang tumbuh menebal dan berdaging. 2. Struktur buah Buah umumnya menebal, bahkan berdaging. Bagian-bagian buah dapat dibedakan menjadi tiga lapisan, yaitu: a. Lapisan luar, merupakan lapisan tipis, kuat dengan permukaan licin. b. Lapisan tengah, tebal, berdaging, dan berserabut. c. Lapisan dalam, berbatasan dengan ruang yang mengandung biji.

F. Biji
Buah dan biji mengalami perkembangan yang beriringan. Saat bakal buah dan bagian-bagian bunga mulai masak menjadi buah, bakal biji juga tumbuh berkembang menjadi biji. Pada tumbuhan biji (Spermatophyta) biji berfungsi sebagai alat perkem bangbiakan utama. Biji terbentuk dari hasil pembuahan yang terjadi di dalam bakal buah. Struktur biji.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 62

1) Kulit biji, berfungsi sebagai pelindung lembaga dan endosperm dari kekeringan, kerusakan mekanik, ataupun serangan serangga, jamur, dan bakteri. 2) Endosperm, merupakan suatu jaringan yang berfungsi menyimpan makanan pada saatbiji mengalami pertumbuhan. 3) Lembaga, merupakan bagian biji yang akan tumbuh mejadi individu atau tanaman baru. Bagian ujung bawah lembaga disebut hipokotil yang akan membentuk akar pertama. Ujung atas lembaga disebut epikotil yang merupakan calon pembentuk batang. Lembaga juga tumbuh kearah sisi membentuk kotiledon atau daun lembaga yang berfungsi sebagai penyimpan makanan.

BAB 6 TINGKAT ORGANISASI KEHIDUPAN
Studi kehidupan dapat dikaji mulai dari ukuran mikroskopis yaitu molekul dan sel yang menyusun suatu organisme hingga yang berukuran global dalam keseluruhan kehidupan di planet bumi. Secara ringkas akan dijabarkan sebagai berikut. 1. Atom Atom merupakan materi/zat dasar sebagai unit penyusun molekul. Campbell dan Reece (2005) menjelaskan bahwa molekul adalah struktur kimia yang tersusun oleh dua atau lebih unit kimia yang lebih kecil yaitu atom. Salah satu konsep ilmiah tertua adalah bahwa semua materi dapat dipecah menjadi zarah (partikel) terkecil, dimana partikel-partikel itu tidak bisa dibagi lebih lanjut. Atom secara harfiah adalah A artinya tidak, tomos adalah memotong. Jadi dinamakan atom karena dianggap tidak dapat dipecah lagi. Tiga asumsi teori Dalton menyebutkan bahwa 1) tiap unsur kimia tersusun oleh partikel-partikel kecil yang tidak bisa dihancurkan dan dibagi, yang disebut atom. Selama perubahan kimia, atom tidak bisa diciptakan dan juga tidak bisa dimusnahkan, 2) semua atom dari suatu unsur mempunyai massa (berat) dan sifat yang sama, tetapi atom-atom dari suatu unsur berbeda dengan atom dari unsur yang lain, baik massa (berat) maupun sifat-sifatnya berlainan, 3) dalam senyawa kimiawi, atom-atom dari unsur yang berlainan melakukan ikatan dengan perbandingan numerik yang

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 63

sederhana: misalnya satu atom A dan satu atom B (AB) satu atom A dan dua atom B (AB2). 2. Molekul Molekul didefinisikan sebagai sekelompok atom (paling sedikit dua) yang saling berikatan dengan sangat kuat (kovalen) dalam susunan tertentu dan bermuatan netral serta cukup stabil. Kebanyakan molekul sangatlah kecil untuk dapat dilihat dengan mata telanjang. Kekecualian terdapat pada DNA yang dapat mencapai ukuran makroskopis. Molekul terkecil adalah hidrogen diatomik (H2), dengan keseluruhan molekul sekitar dua kali panjang ikatnya (0.74 A). Satu molekul tunggal biasanya tidak dapat dipantau menggunakan cahaya, namun dapat dideteksi menggunakan mikroskop gaya atom. Molekul dengan ukuran yang sangat besar disebut sebagai makromolekul atau supermolekul.

3. Senyawa Senyawa merupakan zat yang terdiri atas dua unsur atau lebih dan dikombinasikan saling kait-mengait dengan perbandingan tetap. Misalnya, garam dapur adalah natrium klorida (NaCl), suatu senyawa yang tersusun dari unsur natrium (Na) dan klorin (Cl) dengan rasio 1:1. Natrium murni adalah logam dan klorin murni adalah gas beracun. Namun demikian, setelah dikombinasi secara kimiawi, natrium dan klorin akan membentuk suatu senyawa yang dapat dimakan. Lebih jelas penjelasan mengenai garam dapur tercantum dala Gambar 1. Gambar 2. Natrium yang berupa logam berikatan secara kimiawi dengan gas klorin membentuk senyawa natrium klorida (NaCl) yang lazim dikenal sebagai garam dapur

+

Natrium

Klorin

Natrium klorida

Natrium klorida merupakan contoh sederhana mengenai materi yang telah bergabung akan memiliki sifat-sifat yang baru. Suatu senyawa memiliki karakteristik yang jauh berbeda dari karakteritik unsur-unsur yang membentuknya. 4. Organel Organel merupakan bagian sel secara struktur dan fungsional berada di dalam sel. Bagian-bagian di dalam sel tersebut pada dasarnya adalah ruang-ruang yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Beberapa contoh organel yang terdapat di dalam

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 64

sel adalah nukleus, mitokondria, kloroplas, retikulum endoplasma, ribosom, dan lain sebagainya. Nukleus merupakan tempat materi genetik yang dapat diturunkan dari generasi ke generasi. Nukleus mengandung perpustakaan genetik dan akan tampak di dalam sel eukariotik. Sel prokariotik materi genetik tidak terbungkus dalam nukleus, tetapi berada di sitoplasma sehingga tidak tampak dalam bentuk nukleus. Mitokondria merupakan organel tempat terjadinya proses oksidasi dan salah satu hasil akhirnya adalah energi. Jadi dapat dikatakan mitokondria merupakan tempat pembentukan energi sebagai sumber daya aktivitas sel. Kloroplas organel yang dijumpai di sel tumbuhan, tempat terjadinya proses fotosintesis. Klorofil yang lazim dikenal sebagai zat hijau daun terdapat pada Kloroplas. Ribosom merupakan organel tempat berlangsungnya sintesis protein. Protein tersebut oleh sel berguna seabagai senyawa pembangun struktur sel. Secara struktur bangunan berupa sel pada dasarnya tersusun oleh senyawa kimiawi yakni protein, lemak, dan glikoprotein. 5. Sel Sel adalah unit struktural terkecil yang akan menjadi suatu organisme. Jika organisme satu sel (uniseluler) maka satu sel dapat menjadi suatu organisme. Contohnya adalah Chlorella sp., jenis alga hijau ini tubuhnya bersel satu. Jika organisme multiseluler maka tubuhnya disusun oleh banyak sel, misalnya tumbuhan paku, lumut, dan berbiji.

Organel: Kloroplas

Klorofil Atom

Sel

Organ: daun

Jaringan Gambar 3. Perbandingan hirarki tingkat organisasi makhluk hidup mulai tingkat organ hingga atom. Organ tersusun oleh jaringan. Jika diamati lebih rinci ternyata jaringan dibentuk oleh kumpulan selsel yang meiliki ciri dan fungsi yang sama. Di dalam sel terdapat organel. Kloroplas merupakan salah satu organel dalam sel daun. Klorofil merupakan molekul yang terdapat di dalam kloroplas, dan disusun oleh atom.
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 65

Sel sangat mendasar bagi ilmu biologi sebagaimana atom bagi ilmu kimia. Seluruh organisme multiseluler terdiri dari sel. Dalam hirarki organisasi biologis, sel ini merupakan kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup. Organisme yang lebih komplek, germasuk tumbuhan dan hewan, bersifat multiseluler. Tubuhnya merupakan kerjasama dari berbagai jenis sel terspesialisasi yang tidak akan bertahan lama jika dibiarkan masing-masing berdiri sendiri. 6. Jaringan Sel-sel disusun menjadi tingkat organisasi yang lebih tinggi membentuk jaringan. Kumpulan dari beberapa sel yang mempunyai bentuk, susunan dan fungsi yang sama disebut dengan jaringan. Kumpulan sel ini bekerja sama menjalankan tugasnya sesuai dengan fungsinya. Ilmu biologi yang mempelajari jaringan disebut Histologi. Contoh jaringan adalah jaringan saraf yang berfungsi menyampaikan dan menanggapi rangsang dari reseptor ke effektor. Jaringan yang menyusun organ daun etrcantum pada Gambar 4-5.

Gambar 4. Jaringan yang menyusun akar

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 66

Gambar 5. Jaringan yang menyusun saraf Tubuh hewan terdiri dari bermacam-macam jaringan, misalnya jaringan otot, darah, atau epidermis. Porifera dan Coelenterata merupakan contoh makhluk hidup tingkat jaringan paling sederhana. Porifera dan Coelenterata memiliki dua lapisan sel pembentuk tubuh (diploblastik), yaitu lapisan terluar (elektoderm) dan lapisan terdalam (endoderm). 7. Organ Organ merupakan kumpulan jaringan dengan fungsi tertentu. contohnya organ jantung, paru-paru, lambung, otak dll. Susunan spesifik dari jaringan-jaringan yang berbeda membentuk organ. Misalnya, sinyal-sinyal (impuls saraf) yang mengkoordinasi gerakan manusia dihantarkan di sepanjang sel-sel khusus yang disebut neuron. Jaringan saraf di dalam otak kita memiliki miliaran neuron yang tersusun membentuk suatu jarimngan komunikasi yang sangat komplek. Namun, otak bukanlah jaringan saraf murni, tetapi otak merupakan organ dibangun oleh banyak jaringan komplek yang berbeda-beda, termasuk suatu jaringan ikat yang membentuk lapisan pelindung otak. Contoh organ disajikan pada Gambar 6.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 67

A

B

Gambar 6. (A) Jantung dan (B) akar meruapakan contoh organ

8. Sistem Organ Sistem organ disusun oleh organ-organ yang saling berinteraksi dalam melaksanakan fungsi didalam tubuh. Contohnya, sistem saraf manusia, sistem peredaran darah manusia, yang terdiri dari jantung dan pembuluh darah, berfungsi untuk mengedarkan darah keseluruh tubuh. Otak merupakan bagian dari sistem saraf, yang juga mencakup korda spinal dengan banyak saraf yang mengantarkan pesan di antara korda spinal dan bagian-bagian lain dari tubuh. Sistem saraf hanyalah salah satu dari sejumlah sistem organ pada manusia dan hewan-hewan kompleks lainnya. Sistem respirasi yang disusun oleh beberapa organ yang terpadu membentu suatu sistem sehingga proses pernafasan dapat berlangsung. Sistem respirasi manusia dapat dilihat pada Gambar 7.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 68

Gambar 7. Sistem respirasi pada manusia

9. Individu Ditingkat individu, berlangsung mekanisme kompleks yang terjadi karena koordinasi dan regulasi bermacam-macam sistem tubuh. Individu berasal dari kata in dan divide, secara harfiah adalah sesuatu yang tidak dapat dibelah atau dibagi. Jadi individu meruapakan satu kesatuan organisme/makhluk hidup utuh yang tidak dapat dibagi lagi. Orang awam menyebutnya makhluk hidup tunggal. Gambar 6 mengilustrasikan suatu individu.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 69

Gambar 8. Orangutan yang sedang bergelantung adalah satu individu

10. Populasi Dalam hirarki organisasi organisme terdapat sederetan tingkat di atas individu. Populasi adalah kumpulan individu satu spesies yang berada pada waktu dan tempat yang sama. Batasan sekelompok individu menjadi populasi bila jumlah individunya lebih dari satu individu. Contohnya, populasi rumput, populasi burung merpati, populasi cacing tanah, populasi pohon pisang, dll. Dua atau lebih individu orangutan dapat dikatakan suatu populasi, tampak pada Gambar 9.

Gambar 9. Populasi orangutan 11. Komunitas

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 70

Suatu kumpulan berbagai macam organisme baik hewan. tumbuhan dan mikroba dalam waktu sama dan hidup bersama dengan saling berinteraksi di dalam suatu daerah disebut komunitas. Ilustrasi komunitas dapat diamati pada Gambar 8.

Gambar 10. Suatu komunitas yang tersusun oleh populasi jamur, lumut, tumbuhan semanggi gunung, dan rumput-rumputan.

6.

Ekosistem Ekosistem merupakan system di alam yang di dalamnya terjadi interaksi timbale balik antara organisme dengan organisme lain, dan komponen tidak hidup di lingkungannya. Ekosistem dapat juga dikatakan interaksi antara populasi-populasi penyusun komunitas dengan lingkungan abiotiknya. Secara struktural ekosistem dibangun oleh komponen biotik dan abiotik yang saling berinteraksi membentuk kesatuan fungsi. Pada dasarnya fungsi yang terjadi pada ekosistem adalah peristiwa lairan energi dan siklus materi. Secara sekematis digambarkan pada Gambar 11.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 71

Gambar 11. Skema sutau bentuk ekosistem 7. Bioma Kumpulan ekosistem yang melingkupi wilayah yang luas akan membentuk bioma. contohnya, bioma gurun, bioma padang rumput, hutan gugur, dan sebagainya. Pemberian nama bioma tergantung dari tumbuhan yang dominan. Misalnya, bioma padang rumput karena tumbuhan yang dominan adalah rumput. Suatu bioma memiliki iklim tertentu sehingga terdapat tipe tumbuhan dan hewan khas yang mampu beradaptasi dilingkungan tersebut. Persebaran bioma di permukaaan bumi dapat diamati pada Gambar 12.

Gambar 12. Beragam bioma yang tersebar di belahan bumi 14. Biosfer Biosfer merupakan tempat di alam atau bagian bumi yang dapat dihuni oleh organisme. Bagian-bagian bumi yang dapat mendukung kemungkinan adanya organisme bisa hidup didalamnya adalah lapisan atmosfer, litosfer dan hidrosfer. Perpaduan atau irisan ketiga lapisan/bagian bumi tersebut yang dapat mendukung hidup dan kehidupan organisme disebut ekosfer atau biosfer. Lebih jelas dapat dilihat Gambar 13.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 72

Gambar 13. Biosfer/Ekosfer merupakan irisan dari atmosfer, litosfer dan hidrosfer

BAB 7 PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN
Setiap makhluk hidup menginginkan dapat berkembangbiak. Dengan berkembangbiak makhluk hidup akan mewariskan sifat-sifat dari induk kepada keturunannya. Sehingga keturunannya nanti mempunyai persamaan sifat dengan induknya. Melalui perkembangbiakan makhluk hidup dapat mempertahankan keberadaannya di muka bumi. Dengan kemampuannya itu makhluk hidup akan terus bertambah jumlahnya dan akan tetap lestari dari waktu kewaktu. Berdasarkan ada tidaknya sel kelamin yang terlibat dalam perkembangbiakan, perkembangbiakan dibedakan menjadi dua cara yaitu perkembangbiakan secara generatif dan perkembangbiakan secara vegetatif.
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 73

A. MACAM-MACAM PERKEMBANGBIAKAN Perkembangbiakan adalah kata lain dari reproduksi. Reproduksi adalah suatu cara untuk memperbanyak jenis (keturunannya) sehingga organisme tersebut dapat mempertahankan kelestariannya. Kapankah makhkuk hidup dapat berkembangbiak? Makhluk hidup dapat berkembangbiak bila telah mencapai taraf kedewasaan tertentu, yakni saat alat-alat perkembangbiakannya telah sempurna yang dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Proses perkembangbiakan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu perkembangbiakan secara generatif dan secara vegetatif. Perkembangbiakan secara generatif mempunyai nama lain perkembangbiakan secara kawin atau seksual yaitu terjadinya individu baru didahului dengan peristiwa bertemunya sel kelamin jantan (sperma) dengan sel kelamin betina (ovum). Pertemuan sel kelamin jantan (sperma) dan sel kelamin betina (ovum) dikenal dengan peristiwa perkawinan (pembuahan). Sedangkan perkembangbiakan secara vegetatif disebut juga dengan perkembangbiakan secara tak kawin atau aseksual, yaitu terjadinya individu baru dari bagian tubuh induknya, tanpa adanya perkawinan (pembuahan). Dengan demikian perkembangbiakan secara generatif melibatkan dua induk, sedangkan perkembangbiakan vegetatif cukup melibatkan satu induk saja. Siapakah yang menghasilkan sel-sel kelamin untuk perkembangbiakan? Sel kelamin dihasilkan oleh: 1. Pada Tumbuhan berbiji: a. Benang sari (serbuk sari) sebagai penghasil sel kelamin jantan (spermatozoid) b. Putik sebagai penghasil sel kelamin betina (ovum/sel telur) 2. Pada Tumbuhan Paku dan Lumut: a. Anteredium sebagai penghasil sel kelamin jantan (spermatozoid) b. Arkhegonium sebagai penghasil sel kelamin betina (ovum/sel telur). B. PERKEMBANGBIAKAN GENERATIF Perkembangbiakan generatif umumnya terjadi pada tumbuhan berbiji (Spermatophyta), baik tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) maupun pada tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae). Perkembangbiakan generatif melibatkan alat perkembangbiakan tumbuhan yaitu bunga. Mengapa bunga, dan tidak akar atau batang? Sebab bungalah yang berguna sebagai alat pembentuk sel-sel kelamin, baik sel kelamin jantan maupun sel kelamin betina. Yang kemudian sel kelamin jantan dan betina akan menyatu membentuk biji. Di dalam biji terdapat calon individu baru yang kelak dapat tumbuh menjadi tumbuhan baru. Bagian-bagian bunga meliputi: 1. Alat Perhiasan Bunga Perhiasan bunga adalah bagian bunga yang berbentuk lembaran seperti daun. Perhiasan bunga meliputi mehkota bunga dan kelopak bunga. a. Mahkota bunga

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 74

Mahkota bunga disebut juga tajuk bunga (petal), berwarna-warni tersusun teratur dan rapi sehingga nampak indah. Pada jenis tumbuhan tertentu mempunyai aroma yang khas serta mempunyai kelenjar madu (nektar). Fungsi utama mahkota adalah menarik perhatian serangga dan hewan lain agar dapat membantu penyerbukan. Bersama-sama kelopak mahkota juga berfungsi sebagai pelindung putik dan benang sari. b. Kelopak bunga Kelopak bunga biasanya berwarna hijau (pada bunga mentega berwarna merah). Kelopak berfungsi untuk melindungi bunga pada waktu masih kuncup dan bersama-sama mahkota juga sebagai alat untuk menarik perhatian serangga dan hewan lain agar dapat membantu proses penyerbukan. Apabila kelopak bunga dan mahkota bunga sulit dibedakan dengan jelas maka keduanya disebut dengan tenda bunga (perigonium), misalnya pada bunga bakung, bunga ketela pohon dan bunga bougenvil. Bagian-bagian bunga dapat ditunjukkan pada Gambar 14.

Gambar 14. Bagian-bagian bunga

2. Alat Perkembangbiakan Bunga Alat perkembangbiakan/ alat kelamin bunga meliputi: a. Benang sari

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 75

Benang sari merupakan alat kelamin jantan karena dalam perkembangannya akan menghasilkan sel kelamin jantan (sperma). Benang sari mempunyai dua bagian pokok yaitu: - Tangkai sari Tangkai sari berfungsi mendukung benang sari dan membantu melontarkan serbuk sari hingga mencapai kepala putik. - Kepala sari. Di dalam kepala sari terdapak kotak sari yang berisi serbuk sari atau tepung sari. Serbuk sari inilah yang akan membentuk sel kelamin jantan (sperma) bila terjadi penyerbukan. Jumlah benang sari banyak, dan kedudukan benang sari terkadang terpisah atau berdiri sendiri (pada bunga jambu air), akan tetapi ada juga yang benang sarinya menempel jadi satu dengan putik, misalnya pada bunga sepatu. Susunan benang sari dan putik dapat dilihat pada Gambar 15-16.

Gambar15. Benang sari dan bagiannya

Gambar 16. Putik dan bagiannya

b. Putik Putik merupakan alat kelamin betina yang menempati bagian tengah dari bunga dan pada setiap bunga hanya mempunyai satu putik. Putik terdiri dari - Kepala putik. Kepala putik terletak pada ujung tangkai putik. Bentuk kepala putik ada yang berbentuk benang, bulu ayam atau bulat sesuai dengan cara penyerbukannya. Kepala putik berguna untuk menangkap serbuk sari pada saat terjadi penyerbukan. Biasanya kepala sari berperekat sehingga serbuk sari yang jatuh kepadanya tidak akan dapat berpindah lagi. - Tangkai putik Tangkai putik berbentuk tabung atau buluh yang dalamnya berongga. Apabila terjadi penyebukan maka pada tangkai sari akan terbentuk buluh serbul sari menuju ke ruanganan bakal buah. - Bakal buah Bakal buah terletak pada dasar bunga. Pada bakal buah terdapat bakal biji yang berjumlah satu atau lebih. Di dalam bakal biji terdapat kandung lembaga. Salah satu

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 76

diantara kandung lembaga adalah sel telur (ovum) yang intinya akan dibuahi oleh sperma. Setelah terjadi pembuahan maka bakal buah akan menjadi buah sedangkan bakal biji menjadi biji. 3. Dasar Bunga (reseptakel) Adalah bagian bunga yang terbawah berbatasan langsung dengan tangkai bunga.Dasar bunga berfungsi sebagai tempat duduk pada tangkainya. 4. Tangkai Bunga Tangkai bunga adalah bagian bunga yang berhubungan langsung dengan batang atau cabang batang. C. MACAM BUNGA Bunga dapat dibedakan berdasarkan kelengkapan bagian-bagian bunga dan dapat juga berdasarkan kelengkapan alat kelaminnya. Berdasarkan kelengkapan bunga, bunga dibedakan menjadi: 1. Bunga lengkap Adalah bunga yang mempunyai kelopak, mahkota, benang sari dan putik. Bunga lengkap pasti mempunyai dua alat kelamin, karena itu disebut juga dengan bunga berkelamin ganda (hermaprodit). Contoh bunga lengkap adalah bunga sepatu, bunga melati, mawar tembakau dan terung. 2. Bunga tak lengkap Adalah bunga yang tidak memiliki salah satu atau beberapa bagian bunga baik perhiasan maupun alat perkembangbikan bunga. Termasuk di dalam bunga tak lengkap adalah bunga telanjang yaitu bunga yang tidak memiliki perhiasan bunga dan bunga tunggal. Berdasarkan kelengkapan alat perkembangbiakannya, bunga dibedakan : 1. Bunga sempurna Adalah bunga yang mempunyai dua alat kelamin, baik putik maupun benang sari. Perhiasan bunga tidak harus ada dalam bunga sempurna. 2. Bunga tak sempurna Adalah bunga yang hanya mempunyai salah satu macam alat kelamin, benang sari saja atau putik saja. Bunga tak sempurna disebut juga bunga berkelamin tunggal yaitu bunga yang hanya punya salah satu alat kelamin. Bunga berkelamin tunggal dibedakan menjadi bunga jantan (bila hanya punya benang sari saja) dan bunga betina (bila hanya punya putik saja). D. PENYERBUKAN Penyerbukan adalah jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Berdasarkan asal serbuk sarinya pernyerbukan dibedakan menjadi: 1. Penyerbukan sendiri (autogami)

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 77

Yaitu jika serbuk sari yang jatuh di kepala putik berasal dari bunga itu sendiri. Penyerbukan sendiri yang berlangsung ketika bunga masih kuncup (belum mekar) disebut dengan kleistogami. Kebalikannya bila penyerbukan sendiri setelah bunga mekar disebut kasmogami. 2. Penyerbukan tetangga (geitonogami) Yaitu jika serbuk sari yang jatuh di kepala putik berasal dari bunga lain dalam satu tanaman. 3. Penyerbukan silang (alogami) Yaitu jika serbuk sari yang jatuh di kepala putik berasal dari bunga tanaman lain yang sejenis. 4. Penyerbukan bastar (bastar) Yaitu jika serbuk sari yang jatuh di kepala putik berasal dari bunga tanaman lain yang berlainan jenis.

Gambar 17. Macam-macam penyerbukan (a) autogami (b) geitonogami (c) alogami (d) bastar Berdasarkan faktor penyebab sampainya serbuk sari di kepala putik, pernyerbukan dibedakan menjadi: 1. Animogami Yaitu penyerbukan yang dibantu oleh angin, dengan ciri-ciri bunga sebagai berikut: tidak punya alat perhiasan bunga, warna bunga tidak menarik, kepala putik besar berbulu, benang sari panjang bergantungan hingga bergoyang bila diterpa angin, serbuk sari banyak dan ringan serta tidak punya kelenjar madu. 2. Hidrogami Yaitu penyerbukan dengan perantara air. Umumnya terjadi pada tumbuhan yang hidup di air, misalnya hydrilla, kangkung, genjer, ganggang. 3. Zoidiogami Yaitu penyerbukan yang dibantu oleh hewan, dibedakan menjadi: a. Entomogami (penyerbukan oleh serangga), dengan ciri punya kelenjar madu, berbau khas (harum, wangi, atau busuk), mahkota besar dan berwarna menarik, serbuk sari banyak dan mudah melekat.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 78

b. Ornitogami (penyerbukan dibantu burung), dengan ciri bunganya banyak menghasilkan madu dan air, misalnya bunga sepatu dan alamanda. c. Kriopterogami (penyerbukan dibantu kelelawar), dengan ciri bunganya mekar di malam hari. Contohnya tumbuhan buah-buahan seperti sawo, jambu dan mangga. d. Malakogami (penyerbukan dibantu siput), penyerbukan ini jarang terjadi kecuali tumbuhan yang sering dikunjungi siput, contoh pisang dan talas. 4. Antropogami Yaitu penyerbukan yang dibantu manusia. Penyerbukan ini terpaksa dilakukan oleh manusia karena di alam tidak terdapat perantara yang cocok, dan juga karena bunganya mekar pada saat tertentu dan berlangsung hanya beberapa saat saja, contohnya tumbuhan vanili.

(a) (b) Gambar 16. Macam-macam penyerbukan

(c)

(d)

(a) entomogami (b) ornitogami (c) animogami (d) antropogami

E. PEMBUAHAN Pembuahan dapat diartikan sebagai peristiwa peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina sehingga menghasilkan zigot yang kemudian berkembang menjadi individu baru. Pada tumbuhan berbiji syarat pembuahan haruslah didahului proses penyerbukan. Pembuahan dibedakan menjadi dua yaitu pembuahan ganda dan pembuahan tunggal. Bagaimana proses pembuahan terjadi? 1. Pembuahan Ganda Pembuahan ganda terjadi pada tumbuhan berbiji tertutup. Mengapa disebut pembuahan ganda dan mengapa disebut tumbuhan berbiji tertutup? Disebut pembuahan ganda karena dalam prosesnya terjadi dua kali pembuhan. Disebut tumbuhan biji tertutup karena bijinya tertutup oleh daging buah sehingga biji tidak tampak dari luar. Proses pembuahan diawali dengan peristiwa penyerbukan yaitu jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Serbuk sari akan tumbuh menjadi buluh serbuk sari. Dan dengan rangsang zat kimia yang dikeluarkan oleh bakal buah, serbuk sari bergerak menuju ke bakal biji yang tedapat di dalam bakal buah. Dalam perjalanannya menuju ke bakal biji, inti sel serbuk sari akan membelah menjadi dua. Satu sel yang disebut sel vegetatif yang terletak di paling depan dan sebagai penunjuk jalan ke bakal biji, dan sel dibelakangnya disebut dengan inti generatif. Selanjutnya inti generatif akan membelah menjadi dua inti, yaitu inti generatif I
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 79

dan inti generatif II. Yang keduanya disebut sebagai inti sperma dan masing-masing berkromosom n. Sementara buluh serbuk dengan inti-inti selnya bergerak ke bakal biji, bakal biji yang ada di dalam bakal buah juga mengalami pembelahan reduksi (meiosis) sehingga terbentuk empat sel (dengan kromosom n) yang kemudian tiga diantaranya mati. Yang hidup hanya satu dan disebut sebagai inti kandung lembaga. Inti kandung lembaga akan membelah menjadi dua, dan bergerak berlawanan, satu bergerak ke arah kutub kalaza dan yang lain ke kutub mikrofil. Setelah sampai di kutub masing-masing akan membelah dua kali sehingga ada delapan sel, yang tiga menempel di kalaza dan disebut dengan sel antipoda, dan tiga sel di kutub mikrofil disebut sel telur (ovum) yang diapit oleh sel sinergid. Kedua inti yang tertinggal akan bergerak dan bertemu ditengah-tengah, melebur menjadi satu dan disebut inti kandung lembaga sekunder (dengan kromosom 2n). Dengan bantuan sel vegetatif akhirnya sel sperma sampai ke kandung lembaga. Sel vegetatif selesai menjalankan tugas akan mati. Kedua sel sperma akan masuk dan melakukan pebuahan. Yaitu: • Inti generatif I (n) akan membuahi sel telur (n) dan menghasilkan zigot (2n). • Inti generatif II (n) akan membuahi inti kandung lembaga sekunder (2n) dan terbentuk endosperma atau cadangan makanan dengan jumlah kromososm 3n. Sudah jelas bukan mengapa pembuhan di tumbuhan biji tertutup disebut dengan pembuhan ganda? 2. Pembuahan Tunggal Pembuahan tunggal terjadi pada tumbuhan berbiji terbuka. Disebut berbiji terbuka sebab biji tidak tertutup oleh daging buah. Misalnya tumbuhan Pakis Haji (Cycas rumpii) dan melinjo (Gnetum gnemon). Sama dengan pembuahan ganda, pembuhan tunggal juga harus didahului peristiwa penyerbukan. Bedanya pada tumbuhan berbiji terbuka hanya ada satu kali proses pembuahan. Yaitu setiap sel telur dibuahi oleh satu sel sperma. Dari pembuahan tersebut terbentuklah zigot.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 80

Gambar 17. (a) Proses pembuahan (b) Pembentukan biji (c) Biji angiospermae

F. PERKEMBANGBIAKAN SECARA VEGETATIF Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa tumbuhan selain berkembang biak secara generatif (seksual) dapat juga berkembangbiak dengan cara vegetatif (aseksual). Yatu terjadinya individu baru dari bagian tubuh induknya sendiri tanpa melalui peristiwa peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Sehingga keturunan hasil perkembangbiakan secara vegetatif mempunyai sifat sama persis dengan induknya. Perkembangbiakan secara vegetatif dibedakan menjadi dua yaitu secara alamiah dan secara buatan. Perkembangbikan vegetatif alamiah Yaitu terjadinya individu baru tanpa perkawinan dan terjadi sewajarnya (secara alami) tanpa ikut campur tangan manusia. Perkembangbiakan secara alami dapat dilakukan dengan spora, tunas, umbi akar, umbi batang, umbi lapis, tunas adventif, geragih, dan rhizoma. 1. Spora Spora merupakan alat reproduksi pada tumbuhan jamur, lumut dan paku. Spora dihasilkan oleh kotak spora. Penghasil spora pada lumut disebut sporogonium dan penghasil spora pada tumbuhan paku disebut sporangium. 2. Tunas

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 81

Pisang, bambu dan tebu merupakan contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas. Tunas tersebut berasal dari tunas ketiak bagian tumbuhan di dalam tanah. Yang kemudian berkembang menjadi individu baru yang tidak jauh dari induknya, sehingga membentuk rumpun.

(a) (b) Gambar 18. (a) jamur dengan spora, dan (b) tunas pada pisang dan bambu 3. Umbi akar Umbi akar adalah akar tumbuhan yang berubah fungsi sebagai tempat cadangan makanan. Ciri –ciri umbi akar adalah umbi tidak berbuku-buku, tidak berdaun sisik dan tidak ada mata tunas, sehingga tidak dapat digunakan untuk berkembangbiak. Umbi akar yang memiliki bagian batang dapat tumbuh menjadi individu baru, sehingga bisa digunakan sebagai alat perkembangbiakan. Contoh tumbuhan yang dapat berkembangbiak dengan umbi akar adalah ketela pohon dan bengkuang.

(a)

(b)

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 82

Gambar 19. (a) kentang berkembang biak dengan umbi batang (b) umbi akar pada tanaman singkong

4. Umbi batang Umbi batang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah dan digunakan untuk menyimpan cadangan makanan sehingga membentuk umbi. Ciri-ciri umbi batang adalah umbinya mempunyai daun sisik dan mata tunas. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi batang adalah kentang, umbi jalar dan gembili. 5. Umbi lapis Umbi lapis merupakan umbi yang berlapis-lapis dan di bagian pangkalnya terdapat batang yang sangat pendek yang di sebut cakram dan siung yang merupakan tunas sebagai calon individu baru. Tanaman yang dapat dikembangbiakan dengan umbi lapis adalah bawang (bawang merah, bawang putih, dan bawang bombai), bunga bakung, serta bunga tulip. 6.Tunas adventif Tunas adventif disebut juga tunas liar, yaitu tunas yang tumbuh bukan pada ujung batang ataupun pada ketiak daun. Tunas tersebut bisa tumbuh pada pinggir daun yang tua (pada cocor bebek), yang kemudian tunas-tunas tersebut dapat dipisah dari induknya dan tumbuh menjadi individu baru. Selain itu tunas adventif dapat tumbuh pada akar, misalnya pada tumbuhan kersen, cemara, kesemek dan sukun.

(a) Gambar 20. (a) Umbi lapis pada bawang merah

(b) (b) tunas adventif cocor bebek

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 83

7. Rhizoma Rhizoma atau rimpang adalah batang yang tumbuh mendatar di dalam tanah. Oleh karena itu rhizoma mempunyai ciri yang sama dengan batang, yaitu berbuku-buku dan mempunyai tunas. Contohnya lengkuas, kunyit, kencur dan lidah mertua. 8. Geragih Geragih atau stolon adalah batang yang menjalar di atas tanah dan apabila batang tersebut tertimbun tanah akan tumbuh menjadi individu baru. Walaupun tananaman baru tetap menjadi satu dengan induknya tetapi tidak tergantung pada tanaman induk. artinya apabila dipotong stolonnya maka dapat menjadi individu baru yang terpisah. Contohnya stroberi, pegagan, rumput teki.

(a)

(b)

Gambar 21. (a) Stroberi dengan stolonnya,(b) tanaman lengkuas dengan rizomanya.

Perkembangbikan vegetatif buatan Yaitu terjadinya individu baru tanpa perkawinan, terjadi karena kesengajaan manusia (dibuat oleh manusia). Reproduksi secara vegetatif buatan dilakukan dengan tujuan agar didapatkan individu baru yang memiliki sifat sama dengan induknya. Selain itu dengan csara ini akan lebih cepat diperoleh hasil. Perkembangbiakan vegetatif buatan dapat dilakukan dengan cara mencangkok, merunduk, stek, menempel dan menyambung. 1. Mencangkok

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 84

Tidak semua tumbuhan bisa dicangkok. Tumbuhan yang akan dicangkok harus berkambium, berkayu dan bercabang. Mencangkok sering dilakukan manusia pada tanaman buah-buahan. Misalnya pada tumbuhan mangga, belimbing, rambutan lain- lainnya. Bagaimanakah cara mencangkok? Ikutilah langkah-langkah berikut ini dan lihat gambar bagan. (a) Pengelupasan kulit cabang dan penghilangan kambium tumbuhan yang akan dicangkok (b) Kulit cabang yang telah terkelupas ditutup dengan media (tanah) (c) Pembungkusan bagian yang akan dicangkok dengan plastik atau sabut kelapa. (d) Setelah tiga bulan, cangkokan siap dibuka yang ditandai dengan munculnya akar pada batang.

Gambar 22. Cara mencangkok 2. Merunduk Adalah cara perkembangbiakan dengan membengkokkan sebagian cabang/batang tumbuhan sampai menyentuh tanah, kemudian menimbunnya dengan tanah sampai tumbuh akarnya. Bila akar baru sudah cukup banyak terbentuk dapat dipotong dan dipisahkan dengan induknya. Tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan merunduk adalah alamanda, tebu, anyelir dan selada air.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 85

Gambar 23. Cara mengembangkan tanaman dengan merunduk

3. Stek Cara melakukan stek adalah dengan memotong bagian batang yang cukup tua secara meruncing. Potongan tersebut kemudian ditancapkan le tanah yang gembur. Jaga kelembabannya dengan menyiramnya setiap hari, Jika batang tersebut tetap, segar dan mulai muncul tunas berarti proses stek berhasil. Tumbuhan yang sering distek adalah tumbuhan mawar, melati dan singkong. 4. Menempel Menempel disebut juga okulasi. Menempel adalah menggabungkan suatu tanaman dengan kulit yang mengandung tunas tanaman lain yang berbeda varietasnya tapi sejenis. Pada waktu melakukan penempelan tunas diusahakan agar kambium tidak rusak sehingga proses penggabungan lebih cepat. Contoh menempel yaitu mata tunas pohon lengkeng ditempelkan pada batang pohon rambutan dan menghasilkan tanaman yang disebut lychee.

Gambar 24. Cara menempel 5. Menyambung Adalah merupakan cara perkembangbiakan tanaman dengan cara meggabungkan cabang/batang tanaman langsung kepada cabang/batang tanaman lain yang sejenis.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 86

Kambium dari kedua batang yang disambung harus tepat bertemu dengan rapat agar kegagalan dapat ditekan seminimal mungkin. Nama lain menyambung adalah mengenten/kopulasi. Penyambungan yang sering dilakukan adalah antara ketela pohon (sebagai pohon bawah) dengan ketela karet (sebagai pohon atas) yang menghasilkan umbi ketela pohon yang besar-besar dan tidak beracun.

Gambar 25. Berbagai teknik menyambung

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 87

BAB 8 SISTEM PERNAPASAN
Bernapas merupakan salah satu ciri atau aktivitas makhluk hidup. Istilah pernapasan sering disama-artikan dengan dengan istilah respirasi, walupun sebenarnya kedua istilah tersebut secara harfiah berbeda. Pernapasan atau “breathing” berati menghirup dan menghembuskan nafas. Bernapas berarti mengeluarkan dan memasukkan udara dari lingkungan luar ke dalam tubuh dan mengeluarkan udara sisa dari dalam tubuh ke lingkungan luar. Kalau pada hewan-hewan tingkat tinggi termasuk manusia terdapat alat untuk proses pernafsan tersebut, yakni berupa paru-paru, ingsang, atau trakea, sementara pada hewan-hewan tingkat rendah dan tumbuhan proses pertukaran udara tersebut dilakukan secara langsung dengan difusi melalui permukaan sel-sel tubuhnya. Dari alat pernasafan paru-paru atau insang, oksigen masih harus diangkut oleh darah atau cairan tubuh ke seluruh sel-sel tubuh yang membutuhkan. Selanjutnya oksigen tersebut baru dimanfaatkan dalam pembakaran atau respirasi di dalam sel-sel tubuh. Respirasi atau “respiration” berarti suatu proses pemanfaatan udara dari luar tubuh, yakni oksigen, untuk pembakaran zat makanan dalam tubuh guna memperoleh energi. Pembakaran zat makanan dalam tubuh tersebut tepatnya terjadi di dalam sel. Energi hasil respirasi tersebut sangat diperlukan untuk aktivitas hidup, seperti mengatur suhu tubuh, pergerakan, pertumbuhan, reproduksi, dll. Jadi intinya, kegiatan pernapasan atau respirasi tersebut adalah upaya untuk memasukkan udara dari luar (oksigen) yang dilanjutkan untuk pembakaran bahan makanan guna memperoleh energi untuk hidup, serta mengeluarkan gas lain sebagai sisa samping dari pembakaran. Sistem pernapasan pada manusia merupakan sistem pernapasan yang paling sempurna dan ditunjang oleh alat-alat yang lengkap pula. Di dalam mempelajari sistem pernapasan tubuh manusia akan dibicarakan hal-hal penting berikut ini, yakni tentang alatalat atau organ-organ pernapasan, proses atau mekanisme pernapasan, dan proses respirasi internal atau pemanfaatan oksigen dalam sel-sel tubuh, efek rokok dan alkohol pada paruparu. 1. Alat-Alat Pernapasan pada Tubuh Manusia Setiap saat kita bernapas, terjadi peristiwa memasukkan oksigen dan mengeluarkan kabondioksida. Udara masuk ke dalam paru-paru setelah melalui alat pernapasan yang terdiri atas rongga hidung, pangkal tenggorok (laring), batang tenggorok (trakea), cabang tenggorok (bronkus) dan paru-paru (pulmo). Untuk lebih mengenal organ pernapasan manusia, cobalah perhatikan secara teliti gambar di bawah ini

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 88

Gambar 1: organ pernapasan manusia secara lengkap a. Hidung hidung merupakan tempat pertama yang dilalui udara dari luar. Di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut dan selaput lendir, yang berguna untuk menyaring udara, mengatur suhu (menghangatkan) udara yang masuk ke paru-paru, dan mengatur kelembaban udara. Bernapas sebaiknya selalu melalui hidung dan tidak melalui mulut. Mengapa demikian? Bagaimana rasanya jika kamu sedang mengalami flu dan susah bernapas lewat hidung? b. Pangkal Tenggorok (Laring) Setelah melewati hidung, udara masuk ke faring. Faring adalah hulu kerongkongan, atau tekak. Selanjutnya udara menuju ke tenggorokan. Antara rongga hidung dan tenggorokan ada bagian yang harus terkoordinasi dengan baik saat udara lewat yaitu faring tersebut. Faring merupakan persimpangan antara rongga mulut ke kerongkongan dengan rongga hidung ke tenggorokan. Ada suatu katup penutup rongga hidung yang disebut anak tekak, yang menutup apabila kalian sedang menelan makanan. Jika kurang hati-hati, ketika kita menelan katup belum menutup. Akibatnya makanan masuk ke tenggorokan dan kita akan tersedak. Pangkal tenggorokan disebut laring. Laring terdiri atas kepingan tulang rawan yang membentuk jakun. Jakun terusun atas tulang lidah, katup tulang rawan, perisai tulang rawan, piala tulang rawan, dan gelang tulang rawan. Pangkal tenggorokan dapat ditutup oleh katup pangkal tenggorokan (epiglotis). jika udara menuju ke tenggorokan, anak tekak melipat ke bawah bertemu dengan katup pangkal tenggorokan untuk membuka jalan ke tenggorokan. Pada waktu menelan makanan, katup tersebut menutupi pangkal tenggorokan dan waktu

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 89

bernapas katup akan membuka. Pada pangkal tenggorokan terdapat selaput suara yang akan bergetar bila ada udara dari paru-paru, misalnya pada waktu kita berbicara. d. Batang Tenggorok (Trakea) Batang tenggorok terletak di daerah leher, di muka kerongkongan. Batang tenggorok merupakan pipa yang terdiri dari gelang-gelang tulang rawan dengan panjang sekitar 10 cm. Dinding dalamnya dilapisi selaput lendir, yang sel-selnya berambut getar. Rambut-rambut getar berfungsi untuk menolak debu atau benda-benda asing keluar. Mengapa kita tiba-tiba batuk atau bersin? Itu artinya di saluran batang tenggorok ada lendir atau debu yang mengganggu jalannya pernapasan. e. Cabang Batang Tenggorok (Bronkus) Batang tenggorok bercabang menjadi dua bronkus, yaitu bronkus sebelah kiri dan sebelah kanan. Kedua cabang batang tenggorok menuju ke paru-paru. Di dalam paru-paru, bronkus membentuk cabang-cabang lagi disebut bronkiolus. Bronkus sebelah kanan bercabang menjadi tiga bronkiolus, sedangkan bronkus sebelah kiri bercabang dua. Bronkiolus bercabang-cabang lagi membentuk pembuluh-pembuluh yang halus. Cabang-cabang yang terhalus masuk ke dalam gelembung paru-paru atau alveolus. Jumlah alveolus ada jutaan, luas permukaan seluruhnya diperkirakan 80 m2. Dinding alveoli mengandung kapiler darah. Di situlah oksigen berdifusi ke dalam darah. Jika pada daerah ini mengalami infeksi atau peradangan maka timbul penyakit atau gangguan yang disebut brokitis. f. Paru-paru Paru-paru terletak di rongga dada tepat di atas sekat diafragma. Diafragma adalah sekat rongga badan, yang membatasi rongga dada dan rongga perut. Paru-paru terdiri dua bagian. Paru-paru kanan memiliki tiga gelambir sehingga berukuran lebih besar daripada paru-paru kiri yang memiliki dua gelambir. Paru-paru dibungkus oleh dua lapis selaput paru-paru atau pleura. Di bagian dalam paruparu terdapat gelembung halus yang merupakan perluasan permukaan paru-paru yang disebut alveolus, dan jumlahnya lebih kurang 300 juta buah. Dengan adanya alveolus, luas permukaan seluruh alveolus diperkirakan 100 kali lebih luas dari pada luas permukaan tubuh.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 90

Gambar 2 : Bronkus dan alveolus (dengan kapiler-kapiler darah) Dinding alveolus mengandung kapiler darah yaitu tempat oksigen berdifusi ke dalam darah dan karbondioksida dilepaskan dari darah. Oksigen yang terdapat di dalam alveolus berdifusi menembus dinding alveolus, lalu menembus dinding kapiler darah yang mengelilingi alveolus. Setelah itu masuk ke dalam pembuluh darah dan diikat oleh hemoglobin yang terdapat di dalam sel darah sehingga terbentuk oksihemoglobin (HbO2). Akhirnya oksigen diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh. Setelah sampai ke dalam sel-sel tubuh, oksigen dilepaskan sehingga oksihemoglobin kembali menjadi hemoglobin. Oksigen digunakan untuk oksidasi. Karbondioksida yang dihasilkan dari pernapasan sel diangkut oleh darah melalui pembuluh darah menuju ke paruparu. Sesampai di alveolus, karbondioksida menembus dinding pembuluh darah dan dinding alveolus. Dari alveolus, karbondioksida akan dikeluarkan melalui saluran pernapasan saat kita mengeluarkan napas. Karbondioksida akan keluar melalui hidung. Jadi, proses pertukaran gas sebenarnya berlangsung di alveolus.

2. Proses Pernapasan Proses pernapasan pada manusia dapat dipisahkan menjadi inspirasi atau pemasukan udara luar ke paru-paru atau biasa di sebut menghirup napas. Proses yang kedua adalah ekspirasi atau mengeluarkan udara dari paru-paru ke lingkungan luar, atau biasa disebut juga dengan menghembuskan napas. Di antara kedua proses tersebut terjadi pertukaran gas secara difusi a. Inspirasi dan Ekspirasi Seperti telah dipraktekkan dan dijelaskan di depan bahwa yang dimaksud bernapas adalah proses pengambilan gas-gas yang diperlukan tubuh, yakni oksigen, serta proses pengeluran gas-gas sisa pembakaran yang ada dalam tubuh, yakni karbondioksida. Proses pernapasan terjadi utamanya pada paru-paru.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 91

Rongga dada, tempat paru-paru berada, dibatasi oleh tulang rusuk dan tulang dada. Bagian bawah rongga dada ditutup atau dibatasi dari rongga perut oleh sekat diafragma. Proses bernapas terdiri dari dua kegiatan, yaitu menghirup udara pernapasan atau menarik napas dan menghembuskan udara pernapasan atau mengeluarkan napas. Proses menghirup udara disebut inspirasi dan proses menghembuskan udara disebut ekspirasi. Berdasarkan tempatnya, pernapasan dibedakan antara pernapasan dada (pernapasan tulang rusuk) dan pernapasan perut (pernapasan diafragma). Pernapasan dada terjadi bila otot-otot antar rusuk bagian luar berkontraksi, sehingga tulang rusuk terangkat terangkat ke atas, akibatnya volume rongga dada membesar, tekanan udara dalam rongga dada turun, paruparu mengembang, tekanan udara dalam rongga paru-paru turun menjadi jauh lebih rendah dari tekanan udara atmosfir, dan akhirnya udara luar masuk ke dalam paru-paru atau disebut inspirasi. Ketika otot-otot antar tulang rusuk bagian luar relaksasi (kendor) dan otot-otot antar tulang rusuk bagian dalam kontraksi, tulang-tulang rusuk turun kembali, rongga dada menyempit, tekanan udara dalam rongga dada naik, paru-paru terdesak dan akhirnya mengecil, tekanan uadara dalam paru-paru naik lebih tinggi dari tekanan udara atmosfer, dan akhirnya udara keluar dari paru-paru atau disebut ekspirasi.

Gambar 3: Skema mekanisme pernapasan (ekspirasi dan inspirasi).

Pada pernapasan perut, bagian yang paling berperanan adalah diafragma. Jika otot diafragma berkontraksi, diafragma yang semula cembung ke arah atas menjadi agak rata, sehingga rongga dada juga membesar, akibatnya paru-paru juga akan mengembang ke arah perut, perut mengembung, rongga dada membesar, tekanan udara dalam paru-paru turun, dan udara masuk. Ketika diafragma kembali ke keadaan semula, yakni cembung ke arah rongga dada, rongga dada menyempit, tekanan naik, dan udara dalam paru-paru keluar. Pernapasan perut terjadi terutama pada saat tidur. Pernapasan dada: terjadi karena kontraksi otot-otot antar tulang rusuk yang mengubah posisi tualng rusuk, naik atau turun, berikutnya posisi tulang rusuk ini menentukan besar-

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 92

kecilnya rongga dada dan kahirnya menentukan besar-kecilnya tekanan di rongga dada dan paru-paru; Pernapasan perut: terjadi karena kontraksi otot-otot dari sekat diafragma, yang menentukan posisi dari sekat diafragma mendatar atau melengkung ke atas (cekung jika dilihat dari bawah) dan akhirnya juga mempengaruhi besar-kecilnya volume rongga dan tekanan rongga dada dan paru-paru. Komposisi Udara Pernapasan Pada waktu bernapas, udara yang masuk paru-paru berbeda susunannya dengan udara yang keluar dari paru-paru. Perbedaannya dapat kalian lihat pada Tabel 3.1. Tabel 3.1 Komposisi udara keluar masuk paru-paru Gas Nitrogen (N2) Oksigen (O2) Karbondioksida (CO2) Gas-gas lain Udara luar sebelum masuk Udara yang keluar dari paru-paru (%) paru-paru (%) 79,07 79,8 20,9 14,6 0,03 5,6 sangat rendah dan hampir tidak berubah dari pada saat masuk dan keluar.

5. Proses Pertukaran Oksigen (O2) dan karbondioksida (CO2) Setelah terjadi inspirasi berarti oksigen yang ada di dalam alveolus harus dipindahkan ke dalam kapiler darah di paru-paru untuk dibawa ke sel-sel tubuh yang membutuhkan. Secara umum faktor-faktor yang menentukan difusi gas respirasi melintasi epitel/membran alveolus dan kapiler darah adalah: 1. tekanan parsial gas (tergantung pada persentasenya dalam seluruh bagian udara), 2. permiabilitas epitel.membran respirasi, 3. luas permukaan epitel/membran respirasi, 4. kecepatan sirkulasi darah di paru-paru/insang, 5. reaksi kimia yang terjadi di dalam darah. Dari kapiler darah di jaringan oksigen di masukkan ke dalam sel-sel tubuh. Sementara itu karbondioksida yang merupakan sisa pembakaran di dalam sel harus masukkan dalam kaplier darah di jaringan untuk dibawa ke paru-paru. Di kapiler darah paru-paru karbondioksida dimasukkan ke dalam alveolus untuk dikeluarkan dalam ekspirasi. Pertukaran gas-gas yang terjadi antara dinding alveolus dengan kapiler darah disebut respirasi eksternal, dan yang terjadi antara kapiler dengan sel-sel/jaringan disebut respirasi internal. Sebenarnya respirasi internal ini akan dilanjutkan dengan pemanfaatan oksigen untuk oksidasi biologi/pembakaran zat makan dengan bantuan oksigen.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 93

6. Pemanfaatan Oksigen untuk Respirasi dalam Sel tubuh Seperti telah dijelaskan di depan bahwa inti dari kegiatan pernapasan adalah digunakannya oksigen dalam pembakaran bahan makanan di dalam sel-sel tubuh atau yang disebut juga dengan oksidasi biologi. Oksidasi biologi sebenarnya adalah proses pemecahan zat gula agar diperoleh energi, dengan oksigen berperan sebagai zat “pembakar” atau tepatnya sebagai akseptor elektron/hidrogen. Untuk peristiwa reaksi respirasi yang menggunakan oksigen atau aerob ini secara lebih detail akan dipelajari pada bab Metabolisme di kelas III. Selain gula, zat makanan yang dapat dioksidasikan adalah lemak, dan protein. Tentu saja setelah melalui proses reaksi kimia yang berbeda-beda. Bahan makanan tersebut merupakan sumber makanan kaya energi. Zat tersebut berasal dari hasil fotosintesis tumbuhan. Proses oksidasi secara sederhana dapat diikhtisarkan sebagai berikut.

C6H12O6
(Gula)

+

O2

CO2

+ H2O + ATP

(Oksigen) (Karbondioksida) (Air) (energy)

Untuk lebih jelasnya perhatikan skema pertukaran gas oksigen dan karbondioksida yang terjadi di paru-paru dan di jaringan. Respirasi yang terjadi di dalam otot tubuh hewan atau manusia dan beberapa jenis mikroba dapat terjadi secara anaerob, terutama pada saat otot kekurangan oksigen. Misalnya jika kerja otot terlalu kuat sehingga jumlah oksigen tidak mencukupi. Manusia dapat melakukan pernapasan anaerob jika kekurangan oksigen. Gula akan dipecah oleh enzim menjadi asam susu. Jika jumlah asam susu terlalu banyak, otot akan kejang atau kram. Kelainan dan Penyakit dalam Sistem Pernapasan Manusia Struktur maupun fungsi dari sistem pernapasan manusia dapat mengalai gangguan attau serangan penyakit. Macam dan gangguan tersebut antara lain:

1. Asthma atau sesak, merupakan suatu penyakit yang disebabkan alergi aatau saluran pernafasn tersembat rambut/bulu/kotoran. Tuberculosis (TBC), penyakit paru-paru yang disebabkan oleh serangan bakteri Mycobachterium tuberculosa. Difusi oksigen akan terganggu karena adanya bintil-bitil atau peradangan pada dinding alveolus. 2. Asfiksi, adalah gangguan pernapasan pada waktu pengangkutan dan penggunaan oksigen oleh jaringan disebabkan oleh: tenggelam (alveolus terisi air), pneumonia (alveolus terisi lendir dan cairan linfa), keracunan CO atau HCN, atau gangguan sistem sitokhrom/enzim pernapasan. 3. Asidosis, kenaikan kadar asam karbonat dan asam bikarbonat dalam darah, sehingga pernapasan terganggu. 4. Difteri, penyumbatan oleh lendir pada rongga faring maupun laring yang dihasilkan oleh infeksi kuman. 5. Emfisema, adalah penyakit robeknya dinding alveolus sehingga mengurangi daerah pertukaran gas.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 94

6. Pneumonia, penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri pada alveolus yang menyebabkan terjadinya radang paru-paru. 7. Wajah adenoid (kesan wajah bodoh) disebabkan adanya penyempitan saluran nafas karena pembengkakan kelenjar limfa oleh; polip (pembengkakan rongga hidung), amandel (pembengkakan di tekak) 8. Macam-macam peradangan pada sistem pernapasan manusia: a. b. c. d. e. f. Bronchitis, radang cabang batang tenggorakan (bronkus) laringitis, radang pada daerah laring faringitis, radang pada faring pleuritis, radang pada selaput pembungkus paru-paru rinitis, radang pada rongga hidung sinusitis, radang pada sebelah atas rongga hidung (sinus)

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 95

BAB 9 SISTEM PENCERNAAN
Makakan yang dimakan oleh manusia tidak semuanya berada dalam bentuk siap diserap oleh usus dan sel-sel tubuh. Oleh karena itu diperlukan alat-alat pencernaan. Di dalam alat-alat pencernaan makanan terjadi proses pencernaan makanan. Proses pencernaan makanan adalah proses pemecahan makanan menjadi molekul yang lebih sederhana. Proses pencernaan makanan dapat berlangsung secara mekanis dan kimiawi. Proses makanan secara mekanis dilakukan oleh gigigigi di dalam mulut, dan secara kimiawi oleh enzim-enzim yang dihasilkan oleh saluran pencernaan. Enzim yang berperan membantu dalam proses pemecahan bahan makanan juga dihasilkan oleh hati dan pankreas.
1. Alat-alat dan Proses Pencernaan

a) b) c) d) e) 6. 7. 8.

Bagian-bagian yang membentuk saluran pencernaan adalah: mulut, yang di dalamnya terdapat alat-alat berupa gigi, lidah dan kelenjar air ludah. tekak atau faring, penghubung rongga mulut dengan kerongkongan; pada bagian ini terdapat persimpangan antara saluran pencernaan dan saluran pernapasan. kerongkongan atau esofagus, saluran memanjang yang menghubungkan tekak dengan lambung atau ventrikel. lambung atau gaster/ventrikel, pembesaran saluran pencernaan yang membentuk kantong. usus halus atau intestinum tenue, terdiri atas usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (yeyenum), dan usus penyerapan (ileum). usus buntu (sekum). usus besar (intestinum krasum), terdiri atas usus tebal (kolon) dan poros usus (rektum). anus atau lubang pelepasan.

Untuk memahami struktur alat-alat pencernaan, perhatikan gambar berikut ini!

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 96

Gambar 4 : Saluran Pencernaan (Sumber Crayonpedia.org)

Berikut dijelaskan saluran pencernaan makanan secara berurutan mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, dan usus besar. a. Mulut Pada rongga mulut inilah makanan mulai dicerna, baik secara mekanis maupun kimiawi. Di dalam rongga mulut terdapat berbagai alat yang membantu berlangsungnya kedua macam pencernaan tersebut, seperti gigi, lidah, dan kelenjar air liur atau kelenjar ludah (glandula salivales). Pada penampang tiap gigi, umumnya terdapat: puncak gigi atau mahkota gigi, yaitu bagian yang tampak dari luar; leher gigi, bagian gigi yang terlindung di dalam gusi dan merupakan batas antara mahkota dan akar gigi; serta akar gigi, yaitu bagian gigi yang tertanam di dalam rahang.

Gambar 2 Penampang Gigi. Lapisan gigi paling luar disebut email yang merupakan lapisan yang keras pada puncak gigi. Email berfungsi melindungi tulang gigi. Jika email rusak, gigi akan mudah rusak pula. Di dalamnya terdapat tulang gigi yang terbuat dari dentin yaitu

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 97

jaringan berwarna kekuningan; Lapisan luar akar gigi disebut sementum yang disebut pula semen gigi; Di bagian dalam gigi terdapat rongga gigi atau pulpa. Rongga pada bagian dalam gigi berisi serabut saraf dan pembuluh darah. Fungsi gigi bermacammacam, sesuai dengan letak dan bentuknya. Gigi seri sebagai pemotong makanan, gigi taring sebagai pengoyak makanan, dan gigi geraham sebagai pengunyah makanan. Lidah berguna untuk membantu mengatur letak makanan dalam mulut dan mendorong makanan masuk ke dalam saluran selanjutnya. Selain itu lidah juga berfungsi untuk mengecap/merasakan makanan, yaitu rasa asin, manis, pahit, dan masam serta peka juga terhadap dingin, panas, dan tekanan. Ludah dihasilkan oleh 3 pasang kelenjar ludah, dialirkan melalui saluran ludah yang bermuara ke dalam rongga mulut. Kelenjar ludah tersebut adalah kelenjar ludah parotid (di dekat pelipis), kelenjar ludah rahang bawah dan kelenjar ludah bawah lidah. Apa saja kandungan air ludah? Ludah mengandung air, lendir, garam, dan enzim ptialin. Enzim ptialin berfungsi mengubah zat tepung (amilum) menjadi gula yaitu maltosa dan glukosa. Jika kalian membiarkan nasi di dalam mulut yang mulamula terasa tawar, beberapa saat kemudian akan terasa manis. b. Kerongkongan (Esofagus) Dari mulut, makanan masuk ke dalam kerongkongan (esofagus). Kerongkongan merupakan saluran panjang yang tipis sebagai jalan makanan dari mulut menuju ke lambung. Panjang kerongkongan kurang lebih 20 cm dan lebar kurang lebih 2 cm. Kerongkongan dapat melakukan gerakan melebar dan menyempit, bergelombang, meremas-remas, guna mendorong makanan masuk ke lambung. Gerak demikian disebut sebagai gerak peristaltik. Di esofagus makanan tidak mengalami proses pencernaan. c. Lambung (Ventrikulus) Lambung atau ventrikulus berupa suatu kantung yang terletak di dalam rongga perut di sebelah kiri di bawah sekat rongga badan. Lambung dapat dibagi menjadi tiga daerah, yaitu daerah kardiak, fundus dan pilorus. Cardiak adalah bagian atas, daerah pintu masuk makanan dari kerongkongan. Fundus adalah bagian tengah, bentuknya membulat. Pilorus adalah bagian bawah, daerah yang berhubungan dengan usus dua belas jari.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 98

Gambar 5. Makanan di dalam dicerna secara kimiawi dan mekanis

Di dalam lambung, makanan dicerna secara kimiawi. Dinding lambung tersusun dari tiga lapisan otot yakni otot melingkar, memanjang dan menyerong. Kontraksi dari ketiga macam lapisan otot inilah yang mengakibatkan gerak peristaltik. Hal yang bertujuan agar makanan di dalam lambung diaduk-aduk. Di bagian dinding lambung sebelah dalam terdapat kelenjar-kelenjar yang menghasilkan getah lambung. Aroma, bentuk, warna, dan selera terhadap suatu makanan secara refleks akan menimbulkan sekresi getah lambung. Getah lambung mengandung asam lambung (HCl), pepsin, musin, dan rennin. Asam lambung berperan sebagai pembunuh mikroorganisme dan mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin. Pepsin merupakan enzim yang dapat mengubah protein menjadi molekul-molekul yang lebih kecil. Musin merupakan mukosa protein yang melicinkan makanan. Rennin merupakan enzim khusus yang hanya terdapat pada mamalia, berperan mengubah kaseinogen menjadi kasein. Kasein digumpalkan oleh ion Ca2+ dari susu sehingga dapat dicerna oleh pepsin. Tanpa adanya rennin, susu yang berwujud cair akan lewat begitu saja di dalam lambung dan juga usus tanpa sempat dicerna. Hasil kerja enzim dan pelumatan oleh otot lambung mengakibatkan makanan berubah menjadi lembut seperti bubur, disebut chyme atau bubur makanan. Otot lambung bagian pilorus mengatur pengeluaran chyme sedikit demi sedikit ke dalam duodenum. Caranya otot pilorus yang mengarah ke lambung akan relaksasi (mengendur) jika tersentuh chyme yang bersifat asam, sebaliknya otot pilorus yang mengarah ke duodenum akan berkontraksi (mengerut) jika tersentuh chyme. Jadi misalnya chyme yang bersifat asam tiba di pilorus depan, maka pilorus akan membuka, sehingga makanan lewat. Karena makanan asam mengenai pilorus belakang, pilorus menutup. Makanan tersebut dicerna sehingga keasamannya menurun. Makanan yang bersifat basa di belakang pilorus ini merangsang pilorus untuk membuka. Akibatnya makanan yang asam dari lambung masuk. Demikian seterusnya. Jadi makanan yang melewati pilorus menuju usus duodenum segumpal demi segumpal agar makanan tersebut dapat tercerna secara efektif. Setelah 2 sampai 5 jam, lambung kosong kembali.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 99

PENYAKIT MAAG Orang yang menderita maag, mengeluarkan asam lambung dan enzim lambung dalam jumlah banyak. Gangguan pencernaan ini disebut pula nyeri ulu hati. Tanda-tandanya perut melilit, perut terasa sakit dan panas, kepala pusing dan perut kembung. Akibat getah lambung yang asam pilorus akan terus menerus menutup sehingga penderita merasa kembung dan mual. Pengeluaran asam lambung dipicu oleh makanan/minuman misalnya: kopi, minuman keras, makanan berasa masam, makanan pedas, kobis dan sawi. Kondisi psikis misal stres juga dapat memicu pengeluaran asam lambung. Jika waktu makan telah tiba, lambung secara refleks mengeluarkan asam lambung. Tetapi apabila makanan tidak ada (belum makan), tanda-tanda menderita maag muncul. Karena itu penderita maag dianjurkan untuk makan secara teratur dan diupayakan lambung tidak kosong. Selain itu terdapat pula penyakit tukak lambung yakni timbulnya luka pada lambung dan bahkan dapat mengakibatkan adanya lubang pada lambung. Berbeda dengan maag, pada penderita tukak lambung tidak terjadi peningkatan asam lambung. Akan tetapi karena sesuatu hal yang belum diketahui, mukosa lambung terluka, kemudian akan semakin parah karena pengaruh asam lambung dan enzim pencernaan, yaitu pepsin yang mencerna dinding lambung. Akibat luka, penderita dapat mengalami pendarahan lambung. Selain itu, luka tersebut dapat menimbulkan infeksi lambung. Faktor makanan, minuman, stres di duga juga merupakan pemicu munculnya tukak lambung. d. Usus Halus (Intestinum) Usus halus merupakan saluran pencernaan terpanjang yang terdiri dari tiga bagian, yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerapan (ileum). Di dalam dinding usus dua belas jari terdapat muara saluran bersama dari kantung empedu dan pankreas. Kantung empedu berisi empedu yang dihasilkan oleh hati dan berguna untuk mengemulsikan lemak. Emulsi misalnya minyak dimasukkan ke dalam air, maka minyak tersebut berada di atas air. Jika kemudian air dikocok, terbentuklah emulsi minyak. Empedu berwarna kehijauan dan berasa sangat pahit.

Gambar 6. Ususs halus
Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 100

Pankreas yang letaknya dekat lambung menghasilkan getah ydrogen. Getah ydrogen mengandung enzim ydroge, tripsinogen, dan lipase. Amilase untuk mengubah zat tepung menjadi gula. Tripsinogen merupakan enzim inaktif yang harus diaktifkan terlebih dulu oleh enzim enterokinase yang dihasilkan oleh usus halus. Tripsinogen berubah menjadi tripsin yang aktif. Tripsin mengubah protein menjadi ydroge dan asam amino. Sedang lipase mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Panjang usus kosong (jejunum) antara 1,5 dan 1,75 m. Di dalam usus ini makanan mengalami pencernaan secara kimiawi oleh enzim yang dihasilkan dinding usus, sehingga terjadi pelumatan makanan secara sempurna. Getah usus yang dihasilkan mengandung ydrog dan bermacam-macam enzim yang dapat memecah molekul makanan menjadi lebih sederhana. Di dalam usus ini makanan berupa bubur yang lumat dan encer. Usus penyerapan (ileum) panjangnya antara 0,75 m sampai 3,5 m. Di dalam usus ini terjadi penyerapan sari-sari makanan. Permukaan dinding ileum dipenuhi oleh bagian-bagian yang disebut jonjot-jonjot atau vili. Hal ini mengakibatkan permukaan ileum menjadi semakin luas sehingga penyerapannya dapat berjalan baik. Penyerapan sari makanan oleh usus halus disebut absorpsi. Makanan yang mengalami pencernaan ialah karbohidrat, protein, dan lemak. Hasil akhir pencernaan berturut-turut adalah glukosa, asam amino serta asam lemak dan gliserol. Vitamin dan mineral tidak mengalami proses pencernaan. Glukosa, asam amino, vitamin dan mineral diserap oleh pembuluh darah kapiler yang ada di dalam jonjot usus (vili). Bersama darah, sari makanan dialirkan menuju hati melaluli pembuluh darah (vena porta). Sebagian sari makanan disimpan di dalam hati setelah diubah dalam bentuk lain. Sebagian sari makanan yang lain diedarkan ke seluruh sel tubuh melalui pembuluh darah balik hati (vena ydrogen). Karena molekulnya yang cukup besar, asam lemak dan gliserol diangkut melalui pembuluh kil yaitu pembuluh limfe atau pembuluh getah bening. Jadi lemak tidak diangkut melalui pembuluh darah. Selanjutnya pembuluh kil akan bergabung dengan pembuluh kil lainnya dan akhirnya bermuara pada pembuluh darah.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 101

PERUT KEMBUNG Setiap orang pasti pernah menderita penyakit perut kembung. Tanda-tandanya perut terasa kembung, kepala pusing, muntah-muntah. Orang awam menyebutnya sebagai “masuk ydrog”. Akan tetapi sebenarnya tidak mungkin ydrog dari luar tubuh masuk melalui pori kulit menuju ke perut, sebab manusia tidak memiliki saluran hawa seperti pada binatang serangga. Yang sebenarnya terjadi adalah terbentuknya gas di dalam perut atau usus akibat akitvitas bakteri. Bakteri tertentu masuk bersama makanan mencerna makanan secara ydrogen kemudian menghasilkan gas karbondioksida, ydrogen dan metana. Gas inilah yang mengakibatkan perut kembung. Jenis makanan tertentu seperti kobis, biji kacang-kacangan, ketela rambat, dan minuman bersoda dapat menimbulkan gas dan mengakibatkan perut kembung. Pada kasus tertentu, kembung juga dapat diakibatkan oleh tertelannya udara ketika penderita makan sambil berbicara. Untuk menghindarinya, jangan makan sambil berbicara. Juga hindari makanan yang dapat menimbulkan gas, jangan terlalu banyak minum minuman bersoda, dan jaga kebersihan makanan. Untuk pengobatan minumlah tablet arang yang dapat diperoleh di apotek atau periksakan ke dokter. Pada beberapa orang, kerokan dapat meringankan gejala, tetapi mekanisme yang sebenarnya dari dampak kerokan belum diketahui. d. Usus Besar (Kolon) Usus besar atau kolon merupakan kelanjutan dari usus halus. Usus besar memiliki tambahan usus yang disebut umbai cacing (apendiks). Apabila terjadi peradangan pada usus tambahan tersebut disebut apendiksitis. Belum diketahui fungsi usus buntu ini secara pasti. Orang yang dihilangkan usus buntunya tidak mengalami gangguan pencernaan. Panjang usus besar lebih kurang satu meter. Usus besar terdiri atas bagian usus yang naik, bagian mendatar, dan bagian menurun. Batas antara usus halus dengan usus besar disebut usus buntu. Fungsi utama usus besar adalah mengatur kadar air sisa makanan. Jika kadar air yang terkandung dalam sisa makanan berlebihan akan diserap oleh usus besar, dan sebaliknya jika sisa makanan kekurangan air, akan diberi air. Di dalam usus besar terdapat bakteri pembusuk Escherichia coli yang membusukkan sisa-sisa makanan menjadi kotoran (feses). Dengan demikian kotoran menjadi lunak dan mudah dikeluarkan. Bakteri Escherechia coli (bakteri yang hidup di kolon) pada umumnya tidak mengganggu kesehatan manusia, bahkan ada yang menghasilkan vitamin K dan asam amino tertentu. Ini merupakan bakteri yang hidup bersimbiosis mutualisme dengan manusia. Sisa makanan yang berserat tidak dapat atau sulit dibusukkan oleh bakteri pembusuk. Adanya sisa makanan yang berserat memudahkan membuang air besar.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 102

Gambar 7. Usus Besarvtempat pembusukan makanan

Bagian akhir usus besar yang panjangnya lebih kurang 15 cm disebut pelepasan atau rektum. Di sini tidak lagi terjadi penyerapan air. Rektum bermuara pada anus. Anus mempunyai dua otot, yaitu otot tak sadar pada bagian internal dan otot sadar pada bagian eksternal. Gumpalan feses yang menyentuh di dinding rektum akan merangsang relaksasi (mengendur) otot tak sadar, sehingga ada keinginan untuk membuang air besar. Pada saat yang bersamaan secara sadar (atas keinginan sendiri) akan terjadi kontraksi (mengerut) pada otot sadar, sehingga kita bisa menahan untuk membuang air besar. Jika kita menahan refleks pengeluaran ini, maka refleks itu akan hilang dalam beberapa menit, dan baru timbul lagi beberapa jam kemudian. Mekanisme inilah yang mengakibatkan kita dapat menahan membuang air besar jika keadaannya tidak memungkinkan. Proses penyerapan makanan umumnya dimulai di usus halus dan di kolon terjadi reabsorpsi air. Namun ada juga proses penyerapan yang dimulai sejak di lambung (ventrikulus) misalnya obat sakit kepala. Hal ini berdasar kenyataan bahwa obat sakit kepala itu muncul khasiatnya segera setelah diminum.

2. Kelainan Sistem Pencernaan Makanan
Berikut ini beberapa kelainan dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan, diantaranya adalah tukak lambung, peritonitis, apendisitis dan sembelit. a. Tukak lambung adalah luka pada dinding lambung karena dinding lambung sebelah dalam terkena asam lambung (HCl) dan enzim pepsin. Peritonitis adalah luka dan peradangan pada selaput rongga perut. b. Peritonitis disebabkan oleh tukak lambung dan apendisitis yang kronis. Apendisitis adalah peradangan pada usus buntu. Apabila usus buntu kemasukan benda keras misal biji jambu, biji cabai sehingga tak tercerna, akan terjadi peradangan dan infeksi. c. Sembelit adalah kesulitan membuang air besar disebabkan oleh feses yang kekurangan air. Sembelit selain disebabkan oleh makanan yang kurang berserat, juga dapat diakibatkan oleh kondisi psikologis seseorang.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 103

ALERGI MAKANAN Beberapa orang ada yang alergi terhadap protein yang berasal dari telur, ikan laut, udang, ayam atau makanan lainnya. Alergi sebenarnya adalah reaksi berlebihan dari tubuh terhadap “benda asing” yang masuk. Akibat yang ditimbulkannya bermacam-macam, tergantung pada masing-masing orang. Ada yang timbul bidur, yakni rasa gatal yang hebat disertai bintil-bintil di seluruh tubuh, rasa gatal menetap pada daerah tertentu di tubuh, bersin-bersin, keluarnya lendir di tenggorokan, sakit perut, sesak nafas (asma), diare dan batuk-batuk. “Benda asing” dapat berupa “protein asing” yang berasal dari makanan. Protein tersebut masuk ke dalam tubuh melalui proses pinositosis atau fagositosis ke dalam sel-sel usus. Selanjutnya tubuh mengadakan reaksi membentuk histamin. Histamin yang terbentuk inilah yang mengakibatkan alergi. Selain makanan, bahan lain yang dapat menimbulkan alergi adalah serbuk sari, debu rumah (karena mengandung kutu mikroskopis), bulu binatang, bulu dari selimut atau bantal, obat-obatan, perhiasan berlapis tembaga, dan asap rokok. Obat-obat yang mengurangi gejala alergi biasanya mengandung zat anti histamin. Orang yang semula tidak alergi dapat menjadi alergi terhadap bahan tertentu. Alergi sulit disembuhkan karena bersifat menurun. Untuk menguranginya, hindari makanan dan bahan yang dapat menimbulkan alergi.

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 104

DAFTAR PUSTAKA 1. Loo Wan Yong, Loo Kwok Wai, dan See Toh Weng Fong, Science in Focus Physics for GCE N level, Longman, Singapore, 2000 2. Mc Laughin, and Thompson, Glencoe Physical Science, McGraw Hill, Ohio, 1999 3. Tho Lai Hong, Tho Mun Yi, Josepine Fong, Intereactive Science for Inquiry Minds, PanPac Education Private Limited, Singapore, 2008. 4. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menenengah, Science Book, 2009 5. Campbell, Neil A. and Reece, Jane B. 2005. Biology 7th Edition. San Fransisco: Pearson Education. 6. Campbell, Reece-Mitchell, 2002, Biologi, jilid 1. Terjemahan oleh Wasmen Manalu. Jakarta: Penerbit Erlangga 7. Campbell, Reece-Mitchell, 2002, Biologi, jilid 2 . Terjemahan oleh Wasmen Manalu. Jakarta: Penerbit Erlangga 8. Campbell, Reece-Mitchell, 2002, Biologi, jilid 3 . Terjemahan oleh Wasmen Manalu. Jakarta: Penerbit Erlangga

Pendalaman materi IPA SD TEQIP-UM 105

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->