P. 1
2. Daratan Dan Lautan

2. Daratan Dan Lautan

|Views: 1,006|Likes:
Published by Simon Mandak

More info:

Published by: Simon Mandak on May 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2012

pdf

text

original

2. DARATAN DAN LAUTAN 1.

ATMOSFER : Lapisan terluar yang terdiri dari macam gas: Nitrogen Oksigen Karbondioksida Uap air

bermacam-

2. Hidrosfer : Terdiri dari semua air bebas yang terdapat di permukaan bumi yang berbentuk sebagai laut, samudera dan bermacammacam air tawar.  Luasnya 361.000.000 km² sekitar 71% dari seluruh luas permukaan bumi

3. Litosfer, yaitu lapisan kerak bumi yang tebalnya antara 600-700 km. Litosfer terdiri dari :  continental crust , yaitu batu-batu granit yang membentuk hampir seluruh massa tanah yang terdapat di dunia yang menutupi hampir sekitar 149.000.000 km² atau 29% dari seluruh permukaan bumi  Oceanic crust, yaitu batu-batu basal yang melapisi lembah-lembah laut yang dalam.

4. Astenosfer,  Bagian atas astenosfer. di percaya secara relatif adalah lunak dan dapat mengalir secara lambat.  Bagian bawahnya keras  Lapisan litosfer yang berbentuk seperti lempengan mengapung di atas lapisan astenosfer yang dinamakan lempengan tektonik(tektonik plate)

5. Pusat Bumi ( Central Core) ‡ Lapisan bumi yang sangat padat yang hanya mengandung logam-logam besi dan nikel 6. Lembah Lautan (Ocean Basin) a. Ridge dan Rise, suatu proses peninggian yang terdapat di dasar lautan (sea floor) yang hampirserupa dengan gunung-gunung di daratan.  perbedaan ridge dan rise di letak kemiringan lereng-lerengnya.  Lereng ridge lebih terjal dari rise  Ridge dan rise utama yang membentang di dunia bergabung menjadi satu dan membentuk suatu rantai yang amat panjang mid oceanic ride system(sistem ridge bagian tengah lautan) 

Bagian tengah dari sistem ridge ini ditandai dengan adanya sebuah lembah yang curam . Lembah rift (rift valley), terbentuk dengan baik di mid Atlantic ridge.  Di Afrika Timur. Kedalaman lembah rift di Afrika Timur adalah 2.800 km. tempat ini diisi dengan air yang membentuk danau-danau. Danau rift yang terkenal adalah danau Tanganyika.

b. Trench.  Bagian laut yang terdalam berbentuk seperti saluran yang seolah-olah terpisah sangat dalam yang terdapat di perbatasan antara benua dan kepulauan.  Mempunyai kedalaman yang sangat besar.  Sebagian dari Java Trench kedalamannya adalah 7.700 m

c. Abbysal plain (daratan abbysal). Relatif terbagi rata dari permukaan bumi yang terdapat di bagian sisi yang mengarah ke daratan dari sistem mid oceanic ridge. d. Continental Island. (pulau-pulau Benua).  greenland  Madagaskar  Menurut sifat geologinya merupakan bagian dari massa tanah daratan benua besar yang kemudian menjadi terpisah. 

daerah-daerah ini lapisan kerak buminya terdiri dari batu-batuan besi (granitic) yang jenisnya sama dengan yang terdapat di daratan benua. e. Island Arc (kumpulan pulau-pulau)  Indonesia mempunyai perbatasan dengan benu, tetapi mempunyai asal yang berbeda. Kepulauan ini terdiri dari batu-batuan vulkanik dan sisa-sisa sedimen pada bagian permukaan kulitlautan

f. Mid Oceanic Vulkanic Island (pulau-pulau vulkanik yang terdapat di tengah-tengah lautan)  Daerah ini terdiri dari banyak pulau-pulau kecil kusunya terdapat di lautan Pasifik, dimana letak mereka sangat jauh dari massa daratan. g. Atol-Atol.  Daerah ini terdiri dari kumpulan pulau-pulau yang sebagian tenggelam dibawah permukaan air.  Batu-batuan yang terdapat di sini ditandai oleh adanya terumbu karang (corral reef) yang terbentuk seperti cincin yang mengelilingi sebuah lagon yang dangkal.

h. Seamount dan Guyot  Gunung-gunung berapi yang muncul dari dasar lantai lautan, tetapi tidak dapat mencapai sampai ke permukaan laut.  Seamount mempunyai lereng yang curam dan berpuncak runcing dan kemungkinan mempunyai tinggi sampai 1 km atau lebih.  Guyot, mempunyai bentuk seperti seamount tetapi bagian puncaknya datar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->