P. 1
Jaringan Komputer

Jaringan Komputer

|Views: 1|Likes:
Ajuda malik sira nebe mak persija estuda rede komputador
Ajuda malik sira nebe mak persija estuda rede komputador

More info:

Published by: Dionisio M J Ximenes Guterres on May 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/23/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

a. Latar Belakang Jaringan komputer secara sederhana merupakan hubungan antar komputer yang berjumlah 2 (dua) atau lebih. Jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan computer di laboratorium Bell oleh group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Komputer yang bersifat stand alone atau berdiri sendiri mempunyai banyak keterbatasan. Adanya jaringan komputer akan membuat komputer dapat melakukan banyak hal dan dapat membantu efisiensi dan efektivitas dalam dunia kerja. Contoh sederhananya saja, dengan adanya jaringan komputer, maka tidak perlu lagi 1 (satu) komputer memiliki 1 (satu) printer, tetapi dengan 1 (satu) printer saja dapat digunakan oleh beberapa komputer secara bersama tanpa harus memindahkan printer tersebut setiap kali akan mencetak. Pengertian dari Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, serta perangkatperangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. Media jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi, seperti dokumen dan data, dapat juga melakukan pencetakan pada printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, ataupun perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan node. Dalam sebuah jaringan komputer dapat mempunyai dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

b. Perumusan Masalah Dari latar belakang diatas, penulis ingin membuktikan perancangan system jaringan computer, untuk dapat membuktikan kebenaran.

1

BAB II PEMBAHASAN Dari berbagai teori diatas maka saya atau penulis membuat sebuah jaringan Komputer yang bersifat LAN (Local Area Network) yaitu koneksi antara computerkomputer di kampus IOB. LAN menghubungkan komputer-komputer pribadi dalam kantor perpusahaan, pabrik atau kampus: LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan 3 karakteristik: ukuran, teknologi transmisi dan topologi jaringan. Disini penulis membuat sebuah Jaringan computer yang berfungsi mentransfer file dari satu computer ke computer yang lain.

Manfaat dari jaringan komputer adalah pemanfaatan Internet secara bersama sehingga tidak perlu lagi untuk 1 (satu) unit komputer dengan 1 (satu) modem dan dengan 1 (satu) line telepon. Dengan adanya LAN, cukup dengan 1 (satu) modem dan 1 (satu) line telepon saja yang terpasang pada 1 (satu) komputer dapat digunakan koneksi Internet untuk beberapa unit komputer.

Bahan-bahannya adalah sebagai berikut: 1. Siapkan beberapa computer 2. Kabel UTP 3. Konektor RJ 45 4. Tan 5. Tester 6. Modem Pasangkan kabel UTP tersebut dalam bentuk straight atau cross over kemudian tes menggunakan tester jika ujung-ujung kabel sudah cocok atau belum.

2.1 Langkah-langkah setting jaringan computer. Masukan ke control panel → Network and Internet Connection → Network

Connection kemudian click kanan pada local area connection guna untuk memberi IP Address. Lihat gambar di bawah ini

2

Kemudian pilih properties untuk menulis IP Address. Lihat gambar di bawah ini.

Pilih Internet Protokol (TCI/IP) kemudian click pada properties maka akan tampil perintah seperti pada gambar dibawah ini.

3

Pada kolom IP Address ketik no Ip address contohnya 192.168.0.1 selanjutnya pada computer lain atau computer client kita akan ketikan ip seperti ini 192.168.0.2 dan selanjutnya.

Jika semua computer sudah diisi dengan Ip Address maka masuklah ke Run guna mencek apakah semua IP Address sudah terkoneksi antara satu sama lain atau belum dengan cara seperti berikut : Masuk ke Run kemudian ketik CMD lihat pada gambar dibawah ini.

Maka akan membuka satu jemdelah seperti pada gambar dibawah ini.

Ketikan kata sepeti ini Ping 192.168.0.2 jika terlihat tampilan seperti diatas maka sudah dinyatakan computer dengan Ip ini sudah terkonek

4

Kemudian masuk ke properties my computer guna memberi nama computer, lihat pada gambar dibawah ini.

Kemudian pilih kategori properties, maka akan tampil kotak dialog seperti dibawah ini.

Sesudah masuk pada properties computer pilih tab Computer Name untuk menulis nama computer, contohnya Deo, Deo1 dan seterusnya.

5

Semua sudah lakukan sekarang tinggal sharing data dari satu computer ke computer lain. Caranya click kanan pada folder yang akan buat di sharing kemudian pilih sharing and security

maka akan tampil gambar seperti dibawah ini.

Kemudian pilih perintah Network Setup Wizard untuk mengistall jalannya koneksi jaringan.

6

Click pada Network Setup Wizard maka akan tampil jendela seperti di bawah ini.

Pada langkah ini click saja pada button Next maka akan tampil jendela seperti dibawa ini.

Kemudian beri tanda option pada perintah This computer directly to the internet. The other on my network connect computer on my network. Kemudian click next

7

Maka akan tampil jebdela seperti pada gambar dibawah ini.

Ketikan nama computer pada kolom computer name. kemudian click next maka akan tampil jendela sepeti di bawah ini.

Pada kolom workgroup ketik nama workgroup, kemudian click Next.

8

Maka akan tampil jendela seperti dibawah ini.

Beri tanda option pada perintah turn on file printer sharing, guna untuk melakukan setup pada printer. Kemudian click next, maka akan tampil jendela seperti dibawah ini

Silakang tunggu computer masih melakukan proses sharing. Kemudian click next

9

Maka akan tampil jendela seperti dibawa ini.

Beri tanda option pada pilihan Use the Network Setup Disk I Already have, kemudian click next → next maka akan tampilkan jendela seperti di bawah ini.

Click finish untuk mengakiri prose sharing jaringan computer. Kemudian click button Yes guna menres tart comput er. Inilah proses sharing Jaringan Komputer sederhana.

10

DAFTAR PUSTAKA
Sistem merupakan sekelompok komponen yang saling berhubungan oleh James O’Brien (2006 : 29). Print screen oleh Dionisio Miguel de Jesus Ximenes

11

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->