P. 1
Dampak Teknologi IPA terhadap Sumber Daya Manusia

Dampak Teknologi IPA terhadap Sumber Daya Manusia

|Views: 5,516|Likes:
Published by agus_muhardi
Iman, ilmu, dan amal ibadah adalah doktrin sentral yang telah mengantarkan islam menjadi agama yang paling toleran dalam merespon kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kontak antara islam, ilmu pengetahuan dan filsafat yunani, lalu diselaraskan dengan konsep islam melahirkan kemajuan yang dahsyat dalam bidang ilmu pengetahuan dan filsafat.
Iman, ilmu, dan amal ibadah adalah doktrin sentral yang telah mengantarkan islam menjadi agama yang paling toleran dalam merespon kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kontak antara islam, ilmu pengetahuan dan filsafat yunani, lalu diselaraskan dengan konsep islam melahirkan kemajuan yang dahsyat dalam bidang ilmu pengetahuan dan filsafat.

More info:

Published by: agus_muhardi on May 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2013

pdf

text

original

DAMPAK TEKNOLOGI IPA TERHADAP SUMBER DAYA MANUSIA

MAKALAH KELOMPOK 8

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Ilmu Kealamiah Dasar Yang Dibimbing oleh Bapak Rodiallah, S.E

Abu Nasir 29.01.414 Agus Muhardi 29.01.207p Ahmad Maryono 29.01.328p

Andi Ardani 29.01.132 Andriadi 29.01.274p Aris Andi 29.01.513

Jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi Rawas Mei 2010 1

2

KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdullilah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNya, sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan makalh ini dengan baik. Di mana makalh ini penulis sajikan dalam bentuk buku yang sederhana. Adapun judul penulisan Makalah, yang penulis sajikan adalah sebagai berikut :

DAMPAK TEKNOLOGI IPA TERHADAP SUMBER DAYA MANUSIA

Tujuan penulisan makalah ini dibuat sebagai salah satu syarat memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar strata satu STIE MURA. Sebagai bahan penulisan diambil berdasarkan beberapa sumber literatur yang mendukung penulisan ini. Penulis menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak, maka penulisan makalah ini tidak akan lancar. Oleh karena itu pada kesempatan ini, izinkanlah penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada : 1. Orang tua tercinta yang telah memberikan dorongan moril maupun materil. 2. Anak tersayang ( Muhammad Brame Raufi Agean ) yang telah memberikan semangat untuk terus dan terus belajar. 3. Seluruh teman–teman yang telah memberikan dukungan dalam penulisan makalah ini.

3

Serta semua pihak yang terlalu banyak untuk disebut satu persatu sehingga terwujudnya penulisan ini. Akhir kata penulis mohon saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan penulisan di masa yang akan datang.

   Lubuklinggau,             Mei 2010                Kelompok 8  Penulis 

4

DAFTAR ISI 

 
Halaman  Lembar Judul Makalah  ............................................................................   i  Kata Pengantar   ........................................................................................   ii  Daftar Isi   ..................................................................................................   iv    BAB I   PENDAHULUAN    .........................................................   1  1.1.   Latar Belakang  ........................................................  1  1.2.    Maksud dan Tujuan ................................................  2  1.3.   Ruang Lingkup   ......................................................  3    BAB II   PEMBAHASAN    ............................................................   4  2.1. IPA terhadap IPTEK dan perkembangannya   .......  4    BAB III   PENUTUP  ........................................................................   7  3.1.   Kesimpulan  .............................................................  7      Daftar Pustaka   .........................................................................................   9 

5

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Iman, ilmu, dan amal ibadah adalah doktrin sentral yang telah mengantarkan islam menjadi agama yang paling toleran dalam merespon kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kontak antara islam, ilmu pengetahuan dan filsafat yunani, lalu diselaraskan dengan konsep islam melahirkan kemajuan yang dahsyat dalam bidang ilmu pengetahuan dan filsafat. Bicara tentang kehidupan manusia masa sekarang tidak akan lepas dari kata “Teknologi“ apalagi pada saat sekarang dimana arus globalisasi telah menyerang segala bidang kehidupan. Hasil teknologi telah merasuk dalam kehidupan kebanyakan seharihari baik kehidupan umat islam ataupun umat agama lain di berbagai belahan dunia sedemikian rupa, sehingga orang menganggapnya sebagai suatu yang lumrah. Orang tidak lagi mempertanyakan bagaimana suatu alat pertama kali di temukan dan bagaimana alat tersebut sampai dapat bekerja demikian. Jika dulu orang menempuh jarak ribuan km dalam waktu beberapa tahun, kini dapat ditempuh hanya dalam waktu beberapa jam saja. Seorang anak Jakarta dapat berbicara langsung dengan ayahnya yang berada di Hongkong dengan ,hanya mengangkat gagang telepon dan membayar beberapa ribu rupiah. Orang masa kini dapat mendengarkan kembali suara orang-orang yang telah lama meninggal dunia. Dengan menggunakan komputer, orang akan dapat mengerjakan / mengoreksi suatu pekerjaan secara cepat dan tepat. Manusia kini dapat potret-potret permukaan planet Mars dan

6

Venus dan menjelajahi antariksa. Di bidang energi, manusia telah dapat memecahkan masalah dengan memanfaatkan sinar matahari untuk membangkitkan tenaga listrik secara langsung, dan masih banyak lagi contoh yang lain. Misalnya : 1. Dengan telah diketemukan alat komunikasi telpon orang dapat dengan mudah berkomunukasi dengan orang lain walaupun jaraknya sangat jauh. 2. Adanya alat-alat transportasi yang lebih canggih, maka orang akan lebih cepat dan lebih aman dalam perjalanan jarak jauh, dan ada pula manusia bumi yang telah dapat menjelajahi antariksa. 3. Dengan menggunakan komputer, orang akan dapat mengerjakan , mengkoreksi suatu pekerjaan secara cepat dan tepat.

Lebih dari itu, teknologi juga telah membawakan pemerataan. Semisal, bila .jaman dahulu hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menikmati hasil karya seniman musik terkenal, kini dapat dikatakan semua orang dapat menikmatinya dimanapun dia berada. Berkat kemajuan dalam bidang percetakan, maka lebih banyak orang yang dapat membaca buku atau karangan bermutu.

1.2. Maksud dan Tujuan Adapun maksud dari penulisan makalah ini adalah : 1. Menjelaskan dampak positif dari teknologi IPA terhadap sumber daya manusia.. 2. Memberi contoh kemakmuran materi yang diperoleh dari dampak teknologi IPA sumber daya manusia.

7

3. Untuk mengetahui dan membandingkan antara teori dari bangku kuliah dan keadaan yang terjadi dari dampak teknologi IPA terhadap sumber daya manusia.

Sedangkan tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat tugas mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar strata satu STIE MURA

1.3. Ruang Lingkup Dalam hal ini penulis membatasi permasalahan yang dibahas hanya pada dampak Teknologi IPA terhadap sumber daya manusia.

8

BAB II PEMBAHASAN

2.1. IPA terhadap IPTEK dan perkembangannya. Menumt Adolf Portman, secara biologis manusia dipandang sebagai premature, karena manusia tidak memiliki daya penyesuaian terhaadap lingkungan secara alami. Pada saat manusia baru lahir, tanpa perlindungan orang tua atau lingkungannya, manusia tidak. dapat bertahan hidup. Tetapi kekurangan ini diganti dengan kemampuan manusia untuk menciptakan suatu lingkungan tiruan yang bentuknya beraneka ragam. Dalam hal ini manusia dibekali teknik untuk membuat lingkungan menjadi cocok dengan dirinya, sehingga muncul kebudayaan manusia sebagai hasil abstraksi manusia terhadap lingkungan dan permasalahannya. Makin tinggi tingkat kemampuan berabstraksi, makin tinggi pula kebudayaan orang atau bangsa tersebut.

Teknik secara umum diartikan sebagai alat perlengkapan dan metode membuat sesuatu Teknologi adalah" suatu cara untuk teknik memproduksi atau memproses membuat sesuatu yang lebih mengembangkan ketrampilan manusia pada dasanya, teknologi adalah ilmu terapan, sebaliknya teknologi juga mendorong diciptakannya atau ditimbulkannya ilmu pengetahuan yang lebih maju lagi.

9

A. Fase-fase proses teknik 1. Fase teknik destruktif. Pada fase ini, untuk memecahkan segala pennasalahan dan kebutuhannya, manusia langsung mengambil dari alam tidak ada usaha untuk mengembalikannya ke alamo 2. Fase teknik konstruktif. Masyarakat pada fase ini telah mampu melakukan penciptaan, sehingga menghasilkan kebudayaan baru yang sebelumnya tidak terdapat di alam: Dengan penciptaan baru ini. sedikit demi sedikit manusia telah menciptakan lingkungan baru yang selalu bermodalkan alam sekitar sehingga merupakan "the second nature" atau "alam kedua". 3. Fase modern. Fase ini merupakan puncak perkembangan teknik. yang telah dicapai manusia Teknik modern ini bertitik tolak dari analisa matematis alam, sehingga manusia mampu membangun suatu peradaban baru, yaitu peradaban mesin. Ori peradaban mesin diantaranya adalah kesatuan bahasa intemasional sebagai pengantar dan diciptakannya bahasa simbol yang satu, seragam, dan intemasional, yaitu bahasa "matematika".

B. Dampak perkembangan IPA dan teknologi terhadap Sumber Daya Manusia Salah satu dampak positif perkembangan IPA dan teknologi dalam hal sumber daya manusia adalah lahirnya lapangan pekerjaan baru di mana Sumber Daya Manusia dapat berperan baik tenaga maupun pikiran misalnya dengan adanya berbagai industri, adanya alat-alat transportasi dan komunikasi baru dan lain-lain. selain itu juga dapat menaikkan kualitas kehidupan manusia ( keterampilan dan kecerdasan ) semisal dengan tersedianya sarana dan prasarana mutakhir lahirlah penemuan-penemuan baru dan dengan teori baru

10

tersebut lahirlah teknologi baru dengan peralatan yang lebih canggih, serta dapat pula meningkatkan kemakmuran materi dan kesehatan masyarakat melalui pemenuhanpemenuhan gizi yang pada dasarnya termasuk langkah kongkrit dalam meningkatkan intelegensi kader-kader penerus masa depan suatu bangsa.

Namun begitu juga sebaliknya jika perkembangan IPA dan teknologi tidak/kurang tepat bagi kondisi masyarakatnya atau tidak dapat menambahkan lapangan pekerjaan, tetapi justru sebaliknya, dapat mempersempit lapangan pekerjaan. Hal ini karena efisiensi dan efektifitas dalam teknologi baru. hal itu terlihat dari semakin banyaknya pekerjaan-pekerjaan yang semula dikerjakan manusia sekarang dapat dikerjakan oleh tenaga-tenaga mesin.

Akibat-akibat

sistem

teknologi

pada

kehidupan

manusia

makin

meluas.

Perkembangan teknologi yang pesat membuat masyarakat dapat menikmati segalanya dengan cepat dan mudah. Karena teknologi telah mempermudah kehidupan kita. Kita pun kehilangan kepekaan untuk mencoba-coba yang hal tersebut sangat penting dalam proses pembentukan jiwa. Pengaruh tersebut sangat besar sehingga tanpa sadar kita telah berkompromi dengannya. Kesadaran kitapun ikut menjadi kesadaran teknokratis. Ancaman paling besar yang dibawa teknologi dalam hal ini adalah matinya imajinasi manusia.

11

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan Demikian pembahasan dampak teknologi IPA terhadap sumber daya manusia dari makalah ini penulis simpulkan bahwa : a. Sandang (Kebutuhan Primer) Manusia sebagai mahluk susila memerlukan pakaian. Mula-mula pakaian yang dikenakan hanya untuk menutupi auratnya saja, kemudian pakaian juga berfungsi untuk melindungi diri dari sengatan panas dan udara dingin. Sekarang, pakaian mempunyai fungsi yang lebih luas lagi, yaitu untuk. kenyamanan dengan menciptakan jenis pakaian yang sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan manusia yang Makin meningkat juga mendorong manusia untuk menciptakan teknologi yang dapat meningkatkan mutu dan jenis bahan pakaian. Sekarang manusia tidak hanya mengandalkan serat-serat alami untuk membuat bahan pakaian, tetapi dapat juga membuat serat-serat sistentis dari pokok-pokok kayu (benang rayon) maupun dari bahan galian seperti basil sulingan batu bara dan minyak bumi (poliester, polipropilen, polietilen).

b. Pangan merupakan kebutuhan pokok manusia untuk dapat bertahan hidup. Kebutuhan pangan ini terus meningkat baik kualitas maupun kuantitasnya, sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk. Usaha untuk. memenuhi kebutuhan pangan biasanya dilakukan dengan cara ekstensifikasi, yaitu dengan memperluas lahan pertanian, dan dengan intensifikasi, yaitu dengan

12

meningkatkan mutu melalui pemilihan bibit unggul, cara penggarapan yang lebih baik. pemeliharaan tanaman yang lebih teliti dan pengolahan pasca panen yang lebih sempuma. Dengan memanfaatkan IPA dan teknologi yang Makin berlcembang manusia dapat menciptakan bibit unggul dengan teknik radiasi, rekayasa genetika, dan sebagainya. penggunaan hormon tumbuhan yang mampu memacu tumbuhnya daun, bunga ataubuah lebih lebat atau lebih cepat. Penggunaan mekanisasi pertanian juga membantu manusia dalam mengolah lahan dan memungut hasil panen dengan lebih cepat. di samping keuntungan yang diperoleh akibat penggunaan teknologi untuk pengolahan laban pertanian.

c. Dalam masa yang masih tradisional pembuatan rumah sangat tergantung pada bahan-bahan yang ada di sekitamya. Misalnya di daerah pegunungan atap dibuat dari ijuk, di daerah pantai dari daun rumbia, dan di daerah yang kaya akan kayu, seperti di Kalimantan.

d. Kebutuhan sekunder manusia timbul sete1ah kebutuhan primemya terpenuhi, terutama berupa kebutuhan akibat manusia makin memerlukan hubungan dengan manusia lain. Antara lain diperlukan industri untuk. memenuhi kebutuhan manusia secara massal, transportasi yang diperlukan untuk. mengangkut barang-barang kebutuhan dari satu daerah ke daerah lain.  

13

DAFTAR PUSTAKA

Aly Abdullah dan Rahman Eny. (1992). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmodjo Hendro, dan Kaligis Yeni. (1994). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Jasin Maskoeri. (1992). Ilmu Alamiah Dasar. Cetakan ke-11, Jakarta: Rajawali Press.

Nizamuddin H. (1994). Ilmu Alamiah Dasar. Cetakan Ke 2, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Internet. http://www.scribd.com.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->