P. 1
Konsumsi Dan Tabungan

Konsumsi Dan Tabungan

|Views: 3,310|Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: 'Yahya Syukron Snooper' on May 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/09/2013

pdf

text

original

KONSUMSI & TABUNGAN

SYUKRON YAHYA 26 X.3

KONSUMSI
• Pengertian Konsumsi merupakan kegiatan menggunakan, mengurangi atau menghabiskan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan.
• Pola konsumsi yang dialami masyarakat atau rumah tangga keluarga secara umum bahwa semakin besar pendapatan maka akan semakin besar pula jumlah pengeluaran konsumsinya.

fungsi konsumsi
Fungsi konsumsi menunjukkan hubungan antara variabel pendapatan nasional (Y) dengan variabel pengeluaran konsumsi (C). Fungsi konsumsi diperkenalkan oleh J.M Keynes dengan formulasi:
C = tingkat konsumsi a = konsumsi rumah tangga (0) b = kecenderungan konsumsi Y = tingkat pendapatan ketika pendapatan nol marjinal (MPC)

Di mana T adalah pajak dan F adalah subsidi. Oleh karena itu, jika ada pajak atau subsidi maka fungsi konsumsinya menjadi

skala konsumsi
Skala konsumsi merupakan tabel yang menunjukan hubungan antara tingkat pendapatan dengan konsumsi secara terperinci.

kurva konsumsi
Merupakan kurva yang menggambarkan hubungan antara konsumsi dengan tabungan. Berikut adalah kurva konsumsi.

kecenderungan mengonsumsi
Kecenderungan mengonsumsi Marginal (marginal propensity to consume) atau MPC adalah perbandingan antara pertambahan konsumsi  yang dilakukan dengan pertambahan pendapatan , sedangkan kecenderungan mengonsumsi rata-rata (APC) adalah perbandingan antara tingkat konsumsi (C) dengan tingkat pendapatan. Dapat ditulis dalam bentuk rumus sebagai berikut:

faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi
a. b. c. d. e. Selera Faktor Sosial Ekonomi Kekayaan Tingkat Bunga Tingkat Harga

TABUNGAN
• Tabungan atau saving, yang biasa dinotasikan dengan huruf S, mempunyai definisi yang berbeda-beda, tetapi semuanya mempunyai arti yang sama. Berikut ini ada beberapa pengertian tabungan, yaitu:
– Saving (S) merupakan fungsi dari pendapatan nasional (Y) atau dapat ditulis sebagai S= f (Y) – Tabungan (S) adalah sisa pendapatan (Y) setelah digunakan untuk konsumsi (C), atau dapat ditulis S= Y-C

fungsi tabungan
Fungsi tabungan adalah suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan di antara tingkat tabungan rumah tangga dalam perekonomian dengan pendapatan nasional/pendapatan disposibel.

Fungsi tabungan adalah sebagai berikut

S = tabungan (save) a = konsumsi rumah tangga ketika pendapatan nasional nol (0) 1-b = kecenderungan menabung marjinal (MPS) Y = tingkat pendapatan nasional

kecenderungan menabung
(Propensity to Save)
Kecenderungan menabung marginal (MPS) merupakan perbandingan antara pertambahan  tabungan  dengan pertambahan pendapatan , sedangkan kecenderungan menabung rata-rata (APS) merupakan perbandingan antara jumlah tabungan dengan jumlah pendapatan .

Propensity to Save dapat ditulis dalam bentuk rumus sebagai berikut:

faktor-faktor yang mempengaruhi tabungan
1)      Suku bunga 2)      Kondisi perekonomian 3)      Program dana pensiun hari tua

kurva tabungan

THE END THANKS

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->