P. 1
makalah paradigma keperawatan

makalah paradigma keperawatan

5.0

|Views: 4,058|Likes:
Paradigma umumnya bersifat spesifik untuk suatu disiplin, filosofis, dan mampu berubah (Peterson & bredow, 2004). Sedangkan metaparadigma bersifat global, netral filosofi, dan umumnya stabil.
Paradigma umumnya bersifat spesifik untuk suatu disiplin, filosofis, dan mampu berubah (Peterson & bredow, 2004). Sedangkan metaparadigma bersifat global, netral filosofi, dan umumnya stabil.

More info:

Published by: safrudin agus nursalim on May 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/18/2015

pdf

text

original

PARADIGMA KEPERAWATAN Artikel : By Safrudin Agus Nursalim http://safrudin.com / http://aipni.blogspot.

com

1. Pendapat kelompok terhadap adanya perbedaan definisi paradigma. Perbedaan dalam mendefinisikan paradigma dilatarbelakangi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut dapat berupa faktor internal dan faktor eksternal. a. Faktor Internal: • Sifat dasar individu/ watak • Kemampuan intelektual & pola pikir • Motivasi • Tujuan individu • Religi a. Faktor Eksternal: • Dasar keilmuan/ disiplin ilmu yang didapat • Pengalaman • Nilai-nilai budaya • Norma masyarakat • Lingkungan sekitar • Perkembangan IPTEK 1. Beberapa definisi paradigma (konsep analisis): a. Paradigma adalah pandangan fundamental tentang persoalan dalam suatu cabang ilmu pengetahuan (Masterman, 1970) b. Paradigma adalah cara bagaimana kita memandang dunia (Adam Smith, 1975) c. Menurut Ferguson (), paradigma adalah pola pikir dalam memahami dan menjelaskan aspek tertentu dari setiap kenyataan. d. Ritzer dalam zamroni menyebutkan bahwa pengertian dari paradigma adalah pandangan yang mendasar dari para ilmuan tentang apa yang menjadi pokok persoalan yang semestinya dipelajari oleh salah satu cabang atau disiplin ilmu. e. Paradigma merupakan cara pandang terhadap fenomena secara subjektif yang dilatarbelakangi oleh berbagai disiplin ilmu dan proses refleksi, (Margaret Neuman, 2004). f. Sedangkan menurut Poerwanto (1997) paradigma adalah satu perangkat bantuan yang memiliki nilai tinggi dan sangat menentukan bagi penggunannya untuk dapat memiliki pola dan cara pandang dasar yang khas dalam melihat, memikirkan, memberi makna, menyikapi dan memilih tindakan mengenai sesuatu kenyataan atau fenomena kehidupan manusia. g. La Ode Jumadi (1999) menjelaskan definisi paradigma merupakan suatu cara pandang yang mendasar atau cara kita melihat, memikirkan, memberi makna, menyikapi dan memilih tindakan terhadap fenomena yang ada.

Makalah paradigm keperawatan 1

h. Friedrichs (dalam Ritzer, 2003:6) mengungkapkan bahwa paradigma sebagai suatu

pandangan mendasar dari suatu disiplin ilmu tentang apa yang menjadi pokok persoalan (subject matter) yang semestinya dipelajari. i. Thomas Khun menyatakan bahwa paradigma merupakan landasan berpikir atau konsep dasar yang dianut atau dijadikan model, baik berupa model atau pola yang dimaksud para ilmuwan dalam upayanya mengandalkan studi-studi keilmuan. Dari beberapa pengertian paradigma menurut pakar, dapat diambil kesimpulan bahwa paradigma merupakan cara pandang dalam melihat dan menyikapi suatu fenomena secara subjektivitas berdasarkan latar belakang disiplin ilmu yang dimiliki serta berdasar faktor internal dan eksternal yang terkait. Sedangkan Pengertian Paradigma keperawatan menurut pakar adalah sebagai berikut: a) Menurut Gaffar (1997), paradigma keperawatan merupakan cara pandang yang mendasar atau cara kita melihat, memikirkan, memberi makna, menyikapi, dan memilih tindakan terhadap berbagai fenomena yang ada dalam keperawatan. 1. Perbedaan antara paradigma dengan metaparadigma: Menurut Hardy (1978, dikutip oleh Pamela, et al), metaparadigma merupakan pandangan secara total dalam suatu disiplin ilmu dan secara umum masih bersifat inkomprehensif. Metaparadigma membutuhkan eksplorasi lebih lanjut. Metaparadigma juga dapat dikatakan sebagai suatu konsensus yang paling luas dalam disiplin ilmu sehingga pada akhirnya membutuhkan penerimaan oleh berbagai kalangan disiplin ilmu. Menurut istitusi kesehatan Carlos, Metaparadigma adalah seperangkat konsep-konsep global yang mengidentifikasi fenomena tertentu yang menarik bagi suatu disiplin dan global menegaskan proposisi bahwa hubungan antara mereka. Hubungan-hubungan ini diadakan dalam cara abstrak. Meta-paradigma keperawatan adalah tingkat pertama kekhususan dan perawatan perspektif. Fawcett (2000, dikutip oleh Peterson & Bredow), mendefinisikan metaparadigma sebagai konsep dan preposisi global spesifik terhadap disiplin ilmu yang menjelaskan dan menghubungkan dengan konsep-konsep tersebut. Metaparadigma adalah seperangkat konsep-konsep global yang mengidentifikasi fenomena tertentu yang menarik bagi suatu disiplin dan global menegaskan proposisi bahwa hubungan antara mereka. Hubungan-hubungan ini diadakan dalam cara abstrak. Meta-paradigma keperawatan adalah tingkat pertama kekhususan dan perawatan perspektif. Sedangkan paradigma keperawatan memandang segala sesuatu yang terjadi dalam keperawatan/ fenomena dalam keperawatan. Menurut Fawcett (2000), dikutip dalam Peterson, pembagian proposisi metaparadigma secara relasi dan nonrelasi adalah: Nonrelation
1. Manusia merupakan individu, keluarga, komunitas, dan grup yang terlibat

Relation
1. Keperawatan menitikberatkan pada prinsip dan hukum yang mengatut Makalah paradigm keperawatan 2

dalam keperawatan. 2. Lingkungan cenderung pada jaringan sosial, lingkungan fisik, dan setting dimana keperawatan berada. Aspek ini juga meliputi semua kondisi lokal, regional, nasional, sosial, politik, budaya, dan ekonomi yang dapat berdampak terhadap kesehatan manusia. 3. Kesehatan merupakan status kesejahteraan pada saat terlibat dalam keperawatan. Ini tercakup mulai rentang sehat sejahtera hingga kondisi kesakitan terminal. 4. Keperawatan, yang cenderung pada definisi disiplin ilmu atau tindakan yang dilakukan oleh perawat pada klien dengan tujuan dan hasil sebagai akibat tindakan tersebut.

proses kehidupan, kesejahteraan, dan fungsi optimal kehidupan manusia baik sehat maupun sakit. 2. Keperawatan menitikberatkan pada pola perilaku manusia dalam berinteraksi dengan lingkungan dalam kehidupan normal dan situasi krisis. 3. Keperawatan juga berfokus pada tindakan/proses keperawatan yang mana akan berdampak pada perubahan positif status kesehatan. 4. Keperawatan berfokus pada kesehatan manusia secara holistik, bahwasanya manusia selalu berinteraksi dengan lingkungan.

Hardy (1978) menyatakan paradigma sendiri merupakan hasil justifikasi yang membutuhkan waku panjang untuk diterima terhadap berbagai fenomena, menyajikan cara dalam menyusun persepsi, bagaimana memprediksi dan mempelajari fenomena tersebut lebih lanjut. Sedangkan menurut Kuhn (1996), komponen paradigma meliputi: a. Symbolic generalization: hukum yang disepakati oleh komunitas ilmiah, dan bahasa yang digunakan untuk menjabarkannya. b. Shared commitments to beliefs in particular models. c. Value d. Exemplars Ada perbedaan mendasar antara paradigma dan metaparadigma. Paradigma memberikan parameter dasar dan konsep dasar untuk mengorganisasi suatu disiplin ilmu. Paradigma umumnya bersifat spesifik untuk suatu disiplin, filosofis, dan mampu berubah (Peterson & bredow, 2004). Sedangkan metaparadigma bersifat global, netral filosofi, dan umumnya stabil.

Makalah paradigm keperawatan 3

Referensi: Peterson& Bradow. (2004). Middle Range Theory: Application to Nursing Research. Lippincott, Williams& Wilkins:Philadephia. Pamela, et al. (2004). Perspective on Nursing Theory. Lippincott, William & Wilkins: Philadelphia. Hidayat, A. (2007). Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Edisi 2, Salemba Medika:Jakarta.

Makalah paradigm keperawatan 4

Topik Bahasan: Paradigma Keperawatan Kasus Pemicu : Pemicu 2 Dalam melihat semua fenomena, seseorang tidak terlepas dari apa yang dikatakan paradigma. Paradigma didefiniskan berbeda-beda,sebagai contoh Thomas Khun menguraikan paradigma tidak kurang dari 20 cara. Istilah paradigma juga sering digunakan sebagai istilah metaparadigma. Pertanyaan: 1. Apa pendapat saudara tentang adanya perbedaan definisi paradigma? 2. Buat ringkasan dari beberapa definisi paradigma (konsep analisis) 3. Adakah perbedaan anatara paradigma dengan metapradigma? Jelaskan!

Makalah paradigm keperawatan 5

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->