P. 1
ANALISIS KEUANGAN. Annual Report, Ratio Analysis, Ratio Comparative.

ANALISIS KEUANGAN. Annual Report, Ratio Analysis, Ratio Comparative.

|Views: 715|Likes:
Published by Raras Faliaresti

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Raras Faliaresti on May 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

11/07/2012

Nama: Raras Faliaresti NIM: 08754023 Kelas: 2 Manajemen Aset Politeknik Negeri Bandung

Tugas Manajemen Keuangan.

ANALISIS KEUANGAN
Menjelaskan laporan keuangan yang utama Membahas teknik-teknik yang digunakan oleh para investor dan manajer untuk menganalisisnya

1. Laporan Keuangan (Annual Report) Adalah laporan yang disampaikan setiap tahun oleh perusahaan kepada para pemegang sahamnya. Ada dua jenis informasi yang disampaikan dalam laporan ini. Pertama, bagian uraian (verbal), yang acap kali berupa kata pengantar dari presiden direktur, yang menggambarkan hasil operasi perusahaan selama tahun yang lalu serta membahas perkembangan baru yang akan mempengaruhi di masa mendatang. Kedua, laporan tahunan terdiri dari empat laporan keuangan utama: perhitungan laba rugi, neraca, perhitungan laba yang ditahan, dan laporan arus kas. Informasi kuantitatif dan informasi verbal sama pentingnya. Laporan keuangan melaporkan apa yang sesungguhnya terjadi atas laba atau dividen selama beberapa tahun yang lalu, sedangkan laporan verbal berupaya menjelaskan mengapa terjadi perbedaan-perbedaan di masa lalu. Sesungguhnya, informasi yang terkandung di dalam laporan keuangan digunakan oleh investor untuk memperoleh perkiraan tentang laba dan dividen di masa mendatang, dan tentang risiko atas nilai perkiraan tersebut. Oleh karena itu, laporan keuangan jelas sangat penting bagi investor.

2. Analisis Rasio Analisis rasio perusahaan biasanya merupakan langkah pertama dalam analisis keuangan. Rasio dirancang untuk memperlihatkan hubungan di antara perkiraan-perkiraan laporan keuangan. Misalnya, Perusahaan A mungkin mempunyai utang sebesar $5.248.760 dan beban bunga sebesar $419.900, sementara Perusahaan B mempunyai utang sebesar

$2.647.980 dan beban bunga sebesar $3.948.600. Perusahaan mana yang lebih kuat? Beban sebenarnya atas utang-utang tersebut serta kemampuan perusahaan untuk melunasinya dapat diketahui secara pasti (1) dengan membandingkan masing-masing utang perusahaan terhadap aktivanya dan (2) dengan membandingkan bunga yang harus dibayar dengan laba yang tersedia melalui analisis rasio.

-

Rasio Likuiditas Rasio Lancar = Aktiva lancar / Kewajiban lancar Rasio Cepat = Aktiva lancar – Persediaan / kewajiban lancar

-

Rasio Pengelolaan Aktiva Perputaran Persediaan = Penjualan / Persediaan Jangka Waktu Penagihan (Average Collection Periode) Perputaran Aktiva Tetap disebut juga rasio pemanfaatan aktiva tetap, mengukur sampai seberapa efektif perusahaan menggunakan pabrik serta peralatannya. Perputaran Total Aktiva yang merupakan rasio pengelolaan aktiva yang terakhir, mengukurn perputaran, atau pemanfatan, dari semua aktiva perusahaan.

-

Rasio Pengelolaan Utang Disebut juga leverage keuangan, yang merupakan tingkat penggunaan utang sebagai sumber pembiayaan perusahaan.

-

Rasio Nilai Pasar Rasio ini mengaitkan harga saham perusahaan dengan labanya dan dengan nilai buku per saham.

-

Analisis Trend Analisis ini mengungkap apakah rasio perusahaan mengalami peningkatan atau kemerosotan dari tahun ke tahun.

-

System Du Pont

Untuk memperlihatkan bagaimana marjin laba atas penjualan, rasio perputaran akitva, dan penggunaan utang berinteraksi untuk menentukan tingkat pengembalian atas ekuitas.

3. Rasio Pembanding/Komparatif (Comparative Ratio Analysis) Merupakan analisis yang didasarkan pada perbandingan rasio-rasio suatu perusahaan dengan rasio perusahaan lain pada industry sejenis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->