P. 1
GAYA ANTAR MOLEKUL

GAYA ANTAR MOLEKUL

|Views: 3,100|Likes:
Published by Andriana
Presentasi Tentang Gaya Antar Molekul
Presentasi Tentang Gaya Antar Molekul

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Andriana on May 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/20/2013

pdf

text

original

GAYA ANTARMOLEKUL

OLEH: ANDRIANA (4350407022)

Definisi

ul serupa, seperti contohnya pada tegangan permukaan, atau ad

Sifat-Sifat materi pada Berbagai Keadaan

Gas

Volume dan bentuk diasumsikan sama dengan wadahnya. Dapat ditekan. Difusi berlangsung dengan cepat. Dapat mengalir. Bentuk diasumsikan sama dg sebagian wadah yang ditempati. Tidak berekspansi memenuhi wadahnya. Tidak dapat ditekan. Difusi berlangsung dengan lambat. Dapat mengalir.

Liquid

Solid

Mempunyai volume dan bentuknya sendiri. Tidak dapat ditekan. Difusi berlangsung dengan sangat lambat. Tidak mengalir.

Jenis-jenis gaya antarmolekul :
- Ion-dipole forces - Dipole-dipole forces - London dispersion forces - Hydrogen bonding

Ion dipole forces

terjadi antara ion dan muatan parsial di salah satu sisi molekul polar

Dipole-dipole forces

terjadi antara molekul polar yang netral, contoh:

London Dispersion forces
Terjadi

antara molekul nonpolar yang berdekatan dan akan saling menginduksi membentuk dipol sementara. Gaya dispersi London terdapat pada semua molekul tanpa memperhatikan polaritasnya.

    

Hydrogen Bonding

Terbentuk ketika atom H dari suatu molekul berinteraksi dengan atom yang sangat elektronegatif (N, O, F) dari molekul lain, contoh: H2O

(a) Hydrogen bonding between two water molecules. The distances shown are those found in ice. (b) The arrangement of H2O molecules in ice. Each hydrogen atom in one H2O molecule is oriented toward a nonbonding pair of electrons on an adjacent H2O molecule. As a result, ice has an open, hexagonal arrangement of H2O molecules.

Beberapa Sifat Zat Cair

Viskositas : resistansi zat cair untuk mengalir. Semakin besar viskositas suatu cairan, alirannya akan semakin kecil.Secara umum, meningkatnya termperatur akan menyebabkan viskositas zat air semakin kecil. (Mengapa?) Tegangan permukaan : terjadi karena resultan gaya yang tidak seimbang pada permukaan suatu zat cair (lihat gambar di samping)

Perubahan Fasa

Temperatur

kritis (critical temperature): temperatur tertinggi dimana gas dapat dicairkan dengan menggunakan tekanan. Tekanan kritis (critical pressure): tekanan yang diperlukan untuk mencairkan gas pada temperatur kritis. Pada temperatur di atas temperatur kritis, gas tidak dapat dicairkan, tak peduli besarnya tekanan yang diberikan. Supercritical fluid : zat yang berada di atas temperatur dan tekanan kritisnya.

Tekanan Uap
Tekanan

uap suatu cairan adalah tekanan yang dihasilkan oleh uap cairan tersebut ketika cairan dan uap berada dalam kesetimbangan dinamis. Kesetimbangan dinamis : kondisi dimana suatu proses yang berlawanan terjadi secara terusmenerus dengan laju yang sama. Kesetimbangan dinamis pada cairan dan uap terjadi ketika penguapan dan kondensasi berlangsung pada laju yang sama.

Titik Didih
Cairan

mendidih ketika tekanan uap cairan tersebut sama dengan tekanan luar yang berkerja pada permukaan cairan tersebut. Titik didih suatu cairan yang terjadi pada tekanan 1 atm disebut titik didih normal (normal boiling point).

Ikatan Pada Padatan

Ikatan Pada Padatan

Covalent-network solids: terdiri atas atom-atom yang ditahan oleh ikatan kovalen. Contoh: intan dan grafit sebagai alotrop karbon.

Ikatan Pada Padatan

Ionic solids: terdiri atas ion-ion yang ditahan oleh gaya elektrostatik, contohnya garam dapur

Ikatan Pada Padatan
Metallic solids: terdiri atas atom-atom logam secara keseluruhan. Ikatan yang terjadi dikarenakan elektron valensi yang terdelokalisasi di seluruh padatan.

A cross section of a metal. Each sphere represents the nucleus and inner-core electrons of a metal atom. The surrounding colored "fog" represents the mobile sea of electrons that binds the atoms together.

Sekian dan Terima Kasih

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->