P. 1
LAPORAN MAGANG

LAPORAN MAGANG

|Views: 426|Likes:
Published by marvindavid34

More info:

Published by: marvindavid34 on May 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/17/2013

pdf

text

original

KATA PENGANTAR Puji dan syukur penuli ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan

rahmat dan karunia-Nya serta memberian anugerah berupa pemikiran sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan yang berjudul sistem kerja di tempat pelayanan terpadu di Kantor Pelayanan Pratama Bangkinang ini dengan baik.Yang merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan tahun ajaran 2009/2010 dan syarat untuk ujian akhir sekolah. Selain itu penulis juga mengucapkan terima kasih kepada: 1.Keluarga tercinta yang telah banyak memberikan semangat dan dorongan yang berharga selama mengikuti pendidikan dan dalam penyelesaian tugas akhir ini. 2.Bapak H.Indra Jaya,SE selaku Kepala Sekolah Menengah Kejuruan(SMK)Perbankan Riau 3.Bapak Suherman, SH.MM selaku Kepala Kantor di KPP Pratama Bangkinang 4.Bapak Azhar Yasin selaku kasubbag umum pada KPP Pratama Bangkinang 5.Ibu Epi Sovia S.pd selaku pembimbing di sekolah SMK Perbankan Riau 6.Bapak Yose Hendradi,SH selaku Kepala Seksi Pelayanan di KPP Pratama Bangkinang 7.Bapak Saputro Aji Purnomo selaku pembimbing di Seksi Pelayanan,di KPP Pratama Bangkinang 8.Tak lupa rekan-rekan sesama menjalankan praktek kerja seluruh pihak yang terkait yang turut membantu penulis dalam menyelesaikan tugas akhir ini. 9.Bapak/ibu selaku kasi dan karyawan/karyawati pada KPP Pratama Bangkinang 10. Teman-teman yang telah ikut membantu dalam penulisan laporan ini serta pihak yang terkait yang tidak dapat penulis sebutkan. Penulis menyadari laporan ini belum sempurna dan masih banyak kekurangannya dan masih jauh dari kesempurnaan penulis berharap pembaca sekalian dengan bermurah hati untuk dapat memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun demi sempurnanya laporan ini dan dapat bermanfaat pada masa yang akan datang. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan rahmat dan berkahnya bagi kita semua. Akhir kata penulis berharap agar laporan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca semua. Amin Pekanbaru,November 2009

Mida Lamtiur Lestaria

BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG KERJA PRAKTEK Ada pun yng melatar belakangi prakerin(praktek kerja industri)ini adalah untuk melatih dan mendidik para siswa dan siswi SMK agar dapat melihat dan mempelajari bagaimana cara bekerja pada sesuatu instansi atau perusahaan. Agar para siswa dan siswi SMK dapat mengetahui tata cara dan etos kerja yang baik,serta mampu bersosialisasi dengan para karyawan dan karyawati di perusahaan/instansi yang bersangkutan Dengan langsungnya para siswa dan siswi terjun ke dunia usaha maka mereka dapat mempraktekkan langsung kemampuan,keterampilan serta keahlian yang telah mereka dapat selama belajar di SMK. Hal ini dilakukan agar siswa dan siswi siap mentalnya dan tidak canggung lagi apabila memasuki dunia kerja kelak. Selain itu prakerin ini bertujuan sebagai syarat untuk kenaikan kelas ketingkat selanjutnya sesuai dengan prosedur yang telah di tetapkan oleh masing-masing sekolah.

B. RUANG LINGKUP KERJA PRAKTEK Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bangkinang yang wilayah kerjanya meliputi Kabupaten Kampar dan Kabupaten Rokan Hulu berfungsi menghimpun penerimaan negara dari sektor perpajakan dari masingmasing kabupatendi wilayah kerjanya. Adapun perincian beberapa sektor perpajakan yaitu:

1. Pajak bumi dan bangunan yang merupakan pajak atas tanah dan bangunan yang berada di wilayah kerjanya. 2. Bea perolehan hak atas tanah dan bangunan adalah bea yang dihitung atas pengalihan hak atas tanah dan bangunan yang terjadi atas transaksi jual/beli, hibah, wasiat, warisan dll 3. Pajak pertambahan nilai adalah pajak yang dikenakan atas nilai transaksi penyerahan barang/jasa kena pajak dengan tarif 10% dari nilai penyerahan.

4. Pajak penghasilan pasal 25 orang pribadi dan badan, adalah pajak atas penghasilan/hal-hal yang menambah kekayaan dengan nama dan dalam bentuk apapun yang diperoleh oleh orang pribadi dan badan (bentuk usaha tetap). 5. Pajak penghasilan 21 adalah pajak atas penghasilan orang pribadi yang diterima dari satu pmberi karja yang dipungut/dipotong oleh instansi/perusahaan pemberi kerja. 6. Pajak penghasilan pasal 22 adalah pajak yang dipotong/dipungut atas pembelian barang oleh bendaharawan pemerintah dengan nilai transaksi minimum 1 juta rupiah, pajak atas sektor migas yang dipotong/dipungut oleh pertamina,serta pajak yang dipotong/dipungut oleh bentuk usaha tetap yang ditunjuk oleh menteri keuangan. 7. Pajak penghasilan pasal 23 adalah pajak yang dipotong/dipungut atas seluruh jasa konstruksi (termasuk sewa tanah/bangunan). 8. Pajak penghasilan pasal 15 adalah pajak yang dipotong/dipungut atas jasa angkutan pelayaran dalam dan luar negeri. 9. Pajak penghasilan pasal 4 ayat (2) adalah pajak yang dipotong/dipungut atas jasa konstruksi ( termasuk sewa tanah/bangunan).

C. TUJUAN DAN MANFAAT KERJA PRAKTEK A.Tujuan Penulisan Tujuan penulisan adalah sebagai berikut: Memahami bagaimana tata cara pekerjaan di lingkungan KPP Pratama Bangkinang. Mempelajari etos kerja lembaga pemerintahan pada umumnya dan pada KPP Pratama Bangkinang khususnya. Sebagai syarat untuk mengikuti ujian akhir sekolah. Memelihara sikap dan tingkah laku serta penampilan sebagai siswa yang disiplin. Membina hubungan dengan sikap ramah, gembira, menghargai pendapat orang lain, objektif dsb.

B. Manfaat Penulisan Manfaat penulisan adalah sebagai berikut: Sebagai pedoman untuk meningkatkan kajian pembukuan di tempat pelayanan terpadu pada kantor pelayanan pajak pratama bangkinang.

-

Meningkatkan wawasan penulis maupun pihak yang lain tentang PBB. Sebagai pedoman untuk pembuatan tugas akhir pada masa yang akan datang.

D. Teknik Pengumpulan data Dalam pembuatan laporan ini,penulis mendapatkan data dengan cara melakukan pencarian data pada tempat prakerin yaitu di KPP Pratama Bangkinang yang beralamat di jalan Cut Nyak Dien II No.4 Pekanbaru.

-

Dalam pencarian data,penulis dapat dengan langsung pada komputer dengan membuka data yang telah tersimpan di dalam memori komputer Bertanya pada pegawai secara langsung Berpedoman pada laporan magang yang terdahulu

-

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->