P. 1
Sedulur Papat Lima Pancer 2

Sedulur Papat Lima Pancer 2

|Views: 628|Likes:

More info:

Published by: GHuss Bagus अच्छा on May 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/22/2012

pdf

text

original

Saudara Lahir Batin, Qorin,Sadulur Papat Lima Pancer By Ki Sawung Ilmu Sadulur Papat Lima Pancer adalah

merupakan fondasi dari pemahaman kebatinan yg aplikasinya biasanya mengarah kepada Bela diri /Silat,Ilmu Pengobatan, dan pencarian Jati Diri. Saya mengundang kepada rekan sekalian untuk memberikan masukan-masukan dari apa yg pernah didapat, dipelajari dan dipahami dari berbagai versi apakah itu versi Melayu, Jawa, Kalimantan, Arab, Hindu dan lainya. saya mulai dengan pertanyaan, adakah temans mengetahui bahwa ilmu tsb merupakan pemahaman dari simbol tapak jalak ( + ) yg juga mirip dengan simbol swastika..? karena menurut keterangan, simbol ( + ) yg mirip salib ini adalah merupakan simbol tertua yg pernah ada perhatikanlah tanda tersebut adalah mirip tanda bintang ( * ) yg merupakan simbol rahasia dari King of Solomon atau Star of David,titik tengah adalah diri kita yang didampingi 4 arah depan belakang kanan dan kiri. "Mar marti kakang kawah adi ari2 getih lan puser" "Sang ratu kepyok sang ratu herang putih kadulur batin ka anak batin, kanu opat lima pancer " Sejarah dan Filosofi Sedulur Papat Lima Pancer Pemahaman Filosofi Sedulur Papat Lima Pancer ( selanjutnya disebut S45P ) ternyata mugkin bukan hanya milik bangsa Indonesia. Ada beberapa budaya yang ternyata “sama” apabila di kaitkan dengan S45P budaya Indonesia diawal cerita pada thread ini kuungkap dengan pertanyaan "adakah hubungannya dengan simbol "tertua" (+ dan *) sebagai the secret symbol of Solomon" S45P dalam budaya dunia . Contohnya dari Yunani: Yang bikin Zeus punya hak merintah Olympus adalah jasanya yaitu, mengalahkan 4 Titan (terdiri dari tanah, air, api dan angin) dengan mengunci mereka pada tempatnya masing2. Contoh lagi dari Cina: Journey to the West, menceritakan perjalanan biksu yang lemah tak berdaya bersama 4 muridnya yang siluman sakti mandraguna (Gokong, Patkay, Sachen dan Lungma) ke Barat mencari kitab suci. Contoh dari wayang: Kereta Sri Kresna yang ditarik oleh 4 kuda (merah, hitam, kuning dan putih) saat perang Baratayudha.

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

Contoh dari Republik tercinta:

bahwa filosofi sadulur papat lima pancer secara tidak langsung oleh Bung Karno telah dijadikan "Icon" Falsafah Sakti Bangsa Indonesia. Pancasila, dengan bintang ditengah, dikelilingi 4 lambang (rantai, beringin, kepala banteng dan padikapas) pada empat sudutnya. Semuanya melambangkan hal yang sama: 4 kekuatan dipimpin oleh 1 kebijaksanaan. 4 kekuatan dilambangkan dengan 4 anasir: api-air-angin-bumi 1 kebijaksanaan dilambangkan petir/listrik Suro-Diro-Joyo-Ningrat masih kalah sama Pangestuti kan? Setau saya ini bukan hanya menyangkut hal yang gaib, tapi yang ilmiah juga: Bukankah kemajuan teknologi jadi luar biasa setelah menggunakan listrik sebagai daya? Ini juga berhubungan dengan fisiologi manusia: Tahukah bahwa sistem syaraf (yang menggunakan lompatan listrik sebagai sinyal) adalah yang terakhir berhenti berfungsi saat manusia mati? Makanya dipake kejutan listrik waktu jantung berhenti? mengerti S45P berarti mengenali diri, mengenali alam semesta, dan mengenali sang pencipta menguasai S45P berarti mampu menjalankan satu-satunya tugas manusia di dunia, menyempurnakan akal untuk menjadi kalifatul-fil-ardh (pemimpin dunia) dan gambar2 simbol inilah untuk bahan renungan.

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

S45P dalam beberapa Budaya Dunia symbol yg tertulis di batu ( mungkin pd masa Sumeria)

Tartaria Tablet

solomon/david magic

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

ring of solomon ( khatim sulaiman/ cincin Sulaiman )

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

perhatikanlah lambang "swadisthana"(chakra sex) sama simbolnya dengan "star of David" dan mirip simbolnya dengan "the ring of Solomon" maka "ilmu sadulur papat lima pancer" selanjutnya seperti yg telah kekemukakan diatas sebelumnya dalam hubungannya dengan pengolahan pada aplikasi Silat/TD yaitu "mengolah Darah Nafas Cipta Rasa" menuju "tajam" pada keilmuan "Kundalini Cakti" Kundalini = Qarin ?

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

yang terukir pada khatim Sulaiman(cincin Sulaiman) yg suatu saat pernah hilang dan hilang pulalah kekuasaan Sulaiman "Ya Allah .. aku pilih Ilmu maka Allah bersabda benarlah engkau wahai Sulaiman karena dengan Ilmu maka Harta dan Tahta akan mengikutimu Tantra-shri yantra-kundalini

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

inilah salah satu gambaran yang "mirip" dari pengolahan silat tenaga dalam tingkat tinggi yang bernama "MasCungkub"

yang juga sangat mirip2 dengan "diagram" tenaga dalam tingkat tinggi yang dinamakan "Payung Rasul" dari aliran Margaluyu Payung Rasul, Payung Rasulullah, Payungan, Satrio Pinayungan. simbol payung yg selalu ada bersama para Sulthan/Khalifah.

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

Rajahan versi Thailand

S45P Menurut Beberapa Budaya di Indonesia Dengan memperhatikan gambar yang berbentuk "Rajahan" ( rumusan2 rahasia ) dari berbagai versi rajahan2 ini mengisyaratkan "sedulur papat lima pancer" bagi siapa saja yg mampu "membaca makna dibaliknya" dalam versi melayu empat penjaga manusia yang bernama karoman, katibin, mukarraman, mokarrobin Di makasar, bakasang, jarmulah, karimulah, corosangi. .... sebagai dasaran diberi yang 4, artinya api, air, angin, tanah dan besi. dengan manggil yang empat itu konon langsung bisa silat otomatis, atau gerak rasa, memang sih tangan bergerak otomatis pada awalnya di Ambon, atalu,akyau,atamn,dadoming. sedulur 4 dalam sistem ambon ini, pengaktifanya ketika haji di tanah suci, wallahualam Kitab Boru Debata - Biru by:Prof. DR. Morden Sorimangaraja Sitanggang Kitab ini berisikan tentang kehidupan wanita hingga memperoleh anak termasuk para putri titisan Allah juga mengenai para ratu air. Laklak Boru Debata (Kitab Putri Mulajadi) Selama satu tahun, manuk-manuk hulambu jati mengeram tiga ruas bambu, kemudian dari tiga ruas bambu tersebut keluarlah tiga orang wanita yang bernama : 1. Siboru Porti Bulan 2. Siboru Malinbindabini 3. Siboru Anggasana Kemudian Ompunta Mulajadi Nabolon bersabda : “ Wahai engkau Siboru Porti Bulan kimpoilah engkau dengan Batara Guru ! , engkau boru Malimbindabini kimpoilah engkau dengan Debata Sori ! , engkau Siboru Anggasana kimpoilah engkau dengan Debata Bulan " ! " Aku akan memberitahukan kepada kalian bagaimana terjadinya manusia selama sembilan bulan dalam kandungan ibu dan tiga bulan di kandung ayah. Jika delapan bulan dalam kandungan ibu, maka empat bulan dikandung ayah, sebab terjadinya manusia harus setelah tiga kali Panenabolon singgah di empat desa mengelilingi bumi ini, lalu aku akan memberikan kuasa kepada kalian agar menguasai air beserta isinya. Uruslah anak-

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

anakmu kelak dan bantulah manusia yang tidak mempunyai keturunan". Pada jaman dahulu kala dokter spesialis kandungan belum ada. Yang ada hanya dukun beranak (Sibaso Nabolon) yang mengurus sejak dikandungan sampai dilahirkan. 1. Kodrat Kandungan Menurut orang batak, khususnya Ugamo Malim terjadinya manusia menjalani rentang waktu selama dua belas bulan. Di dalam kandungan ibu hanya sembilan bulan, dimanakah tiga bulan lagi? Menurut orang batak yang tiga bulan lagi dikandungan ayahnya, sebab jika tidak bersemayam dalam kandungan ayahnya selama tiga bulan, bagaimanapun si ibu tidak akan mengandung. Terjadinya manusia dalam sembilan bulan. Bulan I Benih tiga bulan dalam kandungan Ayah Benih kejadian dalam Ibu Roh dari Rohani bercampur dengan Roh Jasmani ditambah kodrat Mulajadi berdiam dibumi suci di rahim ibu. Bulan 2 Telah bertambah Debata na tolu dibumi suci mendapat getaran, Jika sudah ketemu berbentuk. Bulan 3 telah berada dalam bumi suci, dan sudah dapat berdenyut. Tambahan Debata na tolu masuknya warna merah, putih, hitam Bulan 4 Pada bulan keempat, sudah dalam proses pembentukan kulit. Pada saat ini Ibu mulai merasa mual, karena sudah mulai bergerak. Bulan 5 Pada bulan kelima proses terjadinya otak manusia dalam bumi suci. Bulan 6 Proses bulan keenam adalah proses terjadinya urat manusia dan sudah mulai bergerak. Bulan 7 Pada bulan ketujuh proses terjadinya tulang. Bulan 8 Pada bulan kedelapan bayi sudah hampir rampung dan sudah mulai bolak-balik, serta mulai terjadinya rambut. Bulan 9 - Proses pemisahan air ketuban - Proses pemisahan bungkus - Proses pemisahan tali-tali - Proses pemisahan darah pengiring maut - Dan tinggal menunggu hari lahirnya.

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

Setelah sembilan bulan dalam kandungan maka bayi tersebut mulai berputar, selama tujuh hari, tiba pada hari ketujuh setelah bayi tersebut berputar tujuh kali, maka pintu bumi pun terbuka dan bayi tersebut keluar kemudian menangis memulai hidup ke zaman mulia. Perlu kita ketahui bahwa selama hidup hanya satu kali kita bisa lihat wujud roh manusia yaitu ARI-ARI. 2. Asal Kesempurnaan Hidup Oleh sebab itu maka kita harus mengetahui adanya manusia sempurna pada keadaan yang sejati, seperti sang makhluk yang pulang pada zamannya. Jika telah terdesak dialamnya sendiri dan telah berwujud satu, maka akan lahir kedunia setelah : - Cahaya gemilang turun kepada bayi. - Budi turun pulang kepada adjsan - Raksa turun pulang kepada miral - Rupa turun pulang kepada arwah - Warna turun pulang kepada wasdayat - Bau turun pulang kepada wahdat - Angan turun pulang kepada hadijat - Hidup turun pulang kepada insan Insan sempurna terang benderang dari kodrat Debata Natolu adalah pria dan wanita. Manusia yang sempurna didalam hidup di bumi suci setelah memiliki : - Kulit - Rambut - Otak - Daging - Urat - Darah - Tulang - Sumsum adapun empat saudara kelima darinya dalam wujud adalah : - Air tuban - Bungkus - Temburi (Ari-ari) - Darah pengiring budak - Pancar ( telah sempurna kepada kodrat Yang Maha Mulia selama-lamanya ) - Hitam bernyala merah - Merah bernyala kuning - Kuning bernyala putih - Putih bernyala murni - Kulit bernyala daging - Kulit bernyala tulang - Tulang bernyala kawat (urat) - Urat bernyala cahaya ( kata nujum manusia sempurna di bumi suci )

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

inilah rajahan dari Tanah Batak (Batak Karo)

ini ada gambaran dari seorang ahli makrifat yg tinggal di Palembang yang kulihat ada kaitannya dengan "penjelasan rahasia" tentang sadulur papat hubungannya dengan "ngelmu Payungan"

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

oba artikan naga sebagai "kundalini" yang terletak di "ajbudz dzanab" (tulang ekor) = muladhara chkra "yg pada masanya nanti, dari situlah manusia akan dibangkitkan kembali" (menurut riwayat Al Hadits tentang Ajbudz dzanab)

Pemahaman Sedulur Papat Lima Pancer I. Budaya Jawa 1.1 Kitab Puwajati / Kejawen : SEDULUR PAPAT LIMA PANCER Njupuk sumber saka Kitab Kidungan Purwajati seratane , diwiwiti saka tembang Dhandanggula kang cakepane mangkene: Ana kidung ing kadang Marmati Amung tuwuh ing kuwasanira Nganakaken saciptane Kakang Kawah puniku Kang rumeksa ing awak mami Anekakake sedya Ing kuwasanipun Adhi Ari-Ari ingkang Memayungi laku kuwasanireki Angenakken pangarah Ponang Getih ing rahina wengi Ngrerewangi ulah kang kuwasa Andadekaken karsane Puser kuwasanipun Nguyu-uyu sabawa mami Nuruti ing panedha Kuwasanireku Jangkep kadang ingsun papat Kalimane wus dadi pancer sawiji Tunggal sawujud ingwang Ing tembang dhuwur iku disebutake yen " Sedulur Papat " iku Marmati, Kawah, Ari-Ari, lan Getih kang kaprahe diarani Rahsa. Kabeh kuwi mancer neng Puser (Udel) yaiku mancer ing Bayi. Cethane mancer marang uwonge kuwi. Geneya kok disebut Marmati, kakang Kawah, Adhi Ari-Ari lan Rahsa kuwi?. Marmati iku tegese Samar Mati ! lire yen wong wadon pas nggarbini ( hamil ) iku sadina-dina pikirane uwas Samar Mati. Rasa uwas kawatir pralaya anane dhisik dhewe sadurunge metune Kawah, Ari-Ari lan Rahsa kuwi mau, mulane Rasa Samar Mati iku banjur dianggep minangka Sadulur Tuwa. Wong nggarbini yen pas babaran kae, kang dhisik dhewe iku metune Banyu Kawah sak durunge laire bayi, mula Kawah banjur dianggep Sadulur Tuwa kang lumrahe diarani Kakang Kawah. Yen Kawah wis mancal medhal, banjur disusul laire bayi, sakwise kuwi banjur disusul wetune Ari-Ari. Sarehne Ari-Ari iku metune sakwise bayi lair, mulane Ari-Ari iku diarani Sedulur Enom lan kasebut Adhi Ari-Ari Lamun ana wong abaran tartamtu ngetokake Rah ( Getih ) sapirangpirang. Wetune Rah (Rahsa) iki uga ing wektu akhir, mula Rahsa iku uga dianggep Sedulur Enom. Puser (Tali Plasenta) iku umume PUPAK yen bayi wis umur pitung dina. Puser kang copot saka udel kuwi uga dianggep Sedulure bayi. Iki dianggep Pancer pusate Sedulur Papat. Mula banjur tuwuh unen-unen " SEDULUR PAPAT LIMA PANCER " Ing Kekayon wayang purwa kang kaprahe kasebut Gunungan, ana kono gambar Macan, Bantheng, Kethek lan Manuk Merak. Kocape kuwi mujudake Sedulur Papat mungguhing manungsa. Kewan cacah papat mau nggambarake nafsu patang warna yaiku : Macan nggambarake nafsu Amarah, Bantheng nggambarake nafsu Supiyah, Kethek nggambarake nafsu Aluamah, lan Manuk Merak nggambarake nafsu Mutmainah kang kabeh mau bisa dibabarake kaya ukara ing ngisor iki: Amarah : Yen manungsa ngetutake amarah iku tartamtu tansaya bengkerengan lan padudon wae, bisa-bisa manungsa koncatan kasabaran,kamangka sabar iku mujudake alat kanggo nyaketake dhiri marang Allah SWT. Supiyah / Kaendahan : Manungsa kuwi umume seneng marang kang sarwa endah yaiku wanita (asmara). Mula manungsa kang kabulet nafsu asmara digambarake bisa ngobong

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

jagad. Aluamah / Srakah : Manungsa kuwi umume padha nduweni rasa srakah lan aluamah, mula kuwi yen ora dikendaleni, manungsa kepengine bisa urip nganti pitung turunan. Mutmainah / Kautaman : Senajan kuwi kautaman utawa kabecikan, nanging yen ngluwihi wates ya tetep ora becik. Contone; menehi duwit marang wong kang kekurangan kuwi becik, nanging yen kabeh duwene duwit diwenehake satemah uripe dewe rusak, iku cetha yen ora apik. Mula kuwi, sedulur papat iku kudu direksa lan diatur supaya aja nganti ngelantur. Manungsa diuji aja nganti kalah karo sedulur papat kasebut, kapara kudu menang, lire kudu bisa ngatasi krodhane sedulur papat. Yen manungsa dikalahake dening sedulur papat iki, ateges jagade bubrah. Ing kene dununge pancer kudu bisa dadi paugeran lan dadi pathokan. Bener orane, nyumanggakake Bahasa Indonesia : SEDULUR PAPAT LIMA PANCER (Saudara Empat Lima Pusat) Mengambil dari Kitab Kidungan Purwajati tulisannya dimulai dari lagu Dhandanggula yang bunyinya sebagai berikut: Ana kidung ing kadang Marmati Amung tuwuh ing kuwasanira Nganakaken saciptane Kakang Kawah puniku Kang rumeksa ing awak mami Anekakake sedya Ing kuwasanipun Adhi Ari-Ari ingkang Memayungi laku kuwasanireki Angenakken pangarah Ponang Getih ing rahina wengi Ngrerewangi ulah kang kuwasa Andadekaken karsane Puser kuwasanipun Nguyu-uyu sabawa mami Nuruti ing panedha Kuwasanireku Jangkep kadang ingsun papat Kalimane wus dadi pancer sawiji Tunggal sawujud ingwang. Pada lagu diatas, disebutkan bahwa “Saudara Empat” itu adalah Marmati, Kawah, Ari – ari (plasenta/ tembuni) dan Darah yang umumnya disebut Rahsa. Semua itu berpusat di Pusar yaitu berpusat di Bayi. Jelasnya mereka berpusat di setiap manusia. Mengapa disebut Marmati, kakang Kawah, Adhi Ari – Ari, dan Rahsa? Marmati itu artinya Samar Mati (Takut Mati)! Umumnya bila seorang ibu mengandung sehari - hari pikirannya khawatir karena Samar Mati. Rasa khawatir tersebut hadir terlebih dahulu sebelum keluarnya Kawah (air ketuban), Ari – ari, dan Rahsa. Oleh karena itu Rasa Samar Mati itu lalu dianggap Sadulur Tuwa (Saudara Tua). Perempuan yang hamil saat melahirkan, yang keluar terlebih dahulu adalah Air Kawah (Air Ketuban) sebelum lahir bayinya, dengan demikian Kawah lantas dianggap Sadulur Tuwa yang biasa disebut Kakang (kakak) Kawah. Bila kawah sudah lancar keluar, kemudian disusul dengan ahirnya si bayi, setelah itu barulah keluar Ari – ari (placenta/ tembuni). Karena Ari – ari keluar setelah bayi lahir, ia disebut sebagai Sedulur Enom (Saudara Muda) dan disebut Adhi (adik) Ari-Ari. Setiap ada wanita yang melahirkan, tentu saja juga mengeluarkan Rah (Getih=darah) yang cukup banyak. Keluarnya Rah (Rahsa) ini juga pada waktu akhir, maka dari itu Rahsa itu juga dianggap Sedulur Enom. Puser (Tali pusat) itu umumnya gugur (Pupak) ketika bayi sudah berumur tujuh hari. Tali pusat yang copot dari pusar juga dianggap saudara si bayi. Pusar ini dianggap pusatnya Saudara Empat. Dari situlah muncul semboyan ‘Saudara Empat Lima Pusat’
Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

Keempat nafsu yang digambarkan oleh ke empat hewan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut: Amarah : Bila manusia hanya mengutamakan nafsu amarah saja, tentu akan selalu merasa ingin menang sendiri dan selalu ribut/ bertengkar dan akhirnya akan kehilangan kesabaran. Oleh karena itu, sabar adalah alat untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT. Supiyah / Keindahan : Manusia itu umumnya senang dengan hal hal yang bersifat keindahan misalnya wanita (asmara). Maka dari itu manusia yang terbenam dalam nafsu asmara/ berahi diibaratkan bisa membakar dunia. Aluamah / Serakah : Manusia itu pada dasarnya memiliki rasa serakah dan aluamah. Maka dari itu, apabila nafsu tersebut tidak dikendalikan manusia bisa merasa ingin hidup makmur sampai tujuh turunan. Mutmainah / Keutamaan : Walaupun nafsu ini merupakan keutamaan atau kebajikan, namun bila melebihi batas, tentu saja tetap tidak baik. Contohnya: memberi uang kepada orang yang kekurangan itu bagus, namun apabila memberikan semua uangnya sehingga kita sendiri menjadi kekurangan, jelas itu bukan hal yang baik. Maka dari itu, saudara empat harus diawasi dan diatur agar jangan sampai ngelantur. Manusia diuji agar jangan sampai kalah dengan keempat saudaranya yang lain, yaitu harus selalu menang atas mereka sehingga bisa mengatasinya. Kalau Manusia bisa dikalahkan oleh saudara empat ini, berarti hancurlah dunianya. Sebagai Pusat, manusia harus bisa menjadi pengawas dan menjadi patokan. Benar tidaknya silakan anda yang menilai. I.2 Simbolisasi sedulur papat limo pancer dalam perwayangan : Semar sebagai pamomong keturunan Saptaarga tidak sendirian. Ia ditemani oleh tiga anaknya, yaitu; Gareng, Petruk, Bagong. Ke empat abdi tersebut dinamakan Panakawan. Dapat disaksikan, hampir pada setiap pegelaran wayang kulit purwa, akan muncul seorang ksatria keturunan Saptaarga diikuti oleh Semar, Gareng, Petruk, Bagong. Cerita apa pun yang dipagelarkan, ke lima tokoh ini menduduki posisi penting. Kisah Mereka diawali mulai dari sebuah pertapaan Saptaarga atau pertapaan lainnya. Setelah mendapat berbagai macam ilmu dan nasihat-nasihat dari Sang Begawan, mereka turun gunung untuk mengamalkan ilmu yang telah diperoleh, dengan melakukan tapa ngrame. (menolong tanpa pamrih).

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

Dikisahkan, perjalanan sang Ksatria dan ke empat abdinya memasuki hutan. Ini menggambarkan bahwa sang ksatria mulai memasuki medan kehidupan yang belum pernah dikenal, gelap, penuh semak belukar, banyak binatang buas, makhluk jahat yang siap menghadangnya, bahkan jika lengah dapat mengacam jiwanya. Namun pada akhirnya Ksatria, Semar, Gareng, Petruk, Bagong berhasil memetik kemenangan dengan mengalahkan kawanan Raksasa, sehingga berhasil keluar hutan dengan selamat. Di luar hutan, rintangan masih menghadang, bahaya senantiasa mengancam. Berkat Semar dan anak-anaknya, sang Ksatria dapat menyingkirkan segala penghalang dan berhasil menyelesaikan tugas hidupnya dengan selamat. Mengapa peranan Semar dan anak-anaknya sangat menentukan keberhasilan suatu kehidupan? Semar merupakan gambaran penyelenggaraan Illahi yang ikut berproses dalam kehidupan manusia. Untuk lebih memperjelas peranan Semar, maka tokoh Semar dilengkapi dengan tiga tokoh lainnya. Ke empat panakawan tersebut merupakan simbol dari cipta, rasa, karsa dan karya. Semar mempunyai ciri menonjol yaitu kuncung putih. Kuncung putih di kepala sebagai simbol dari pikiran, gagasan yang jernih atau cipta. Gareng mempunyai ciri yang menonjol yaitu bermata kero, bertangan cekot dan berkaki pincang. Ke tiga cacat fisik tersebut menyimbolkan rasa. Mata kero, adalah rasa kewaspadaan, tangan cekot adalah rasa ketelitian dan kaki pincang adalah rasa kehatihatian. Petruk adalah simbol dari kehendak, keinginan, karsa yang digambarkan dalam kedua tangannya. Jika digerakkan, kedua tangan tersebut bagaikan kedua orang yang bekerjasama dengan baik. Tangan depan menunjuk, memilih apa yang dikehendaki, tangan belakang menggenggam erat-erat apa yang telah dipilih. Sedangkan karya disimbolkan Bagong dengan dua tangan yang kelima jarinya terbuka lebar, artinya selalu bersedia bekerja keras. Cipta, rasa, karsa dan karya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Cipta, rasa, karsa dan karya berada dalam satu wilayah yang bernama pribadi atau jati diri manusia, disimbolkan tokoh Ksatria. Gambaran manusia ideal adalah merupakan gambaran pribadi manusia yang utuh, dimana cipta, rasa, karsa dan karya dapat menempati fungsinya masing-masing dengan harmonis, untuk kemudian berjalan seiring menuju cita-cita yang luhur. Dengan demikian menjadi jelas bahwa antara Ksatria dan panakawan mempunyai hubungan signifikan. Tokoh ksatria akan berhasil dalam hidupnya dan mencapai cita-cita ideal jika didasari sebuah pikiran jernih (cipta), hati tulus (rasa), kehendak, tekad bulat (karsa) dan mau bekerja keras (karya). Simbolisasi ksatria dan empat abdinya, serupa dengan 'ngelmu' sedulur papat lima pancer. Sedulur papat adalah panakawan, lima pancer adalah ksatriya.

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

I.3. Asal Usul Sedulr Papat Kalima Pancer Ugo marang asal-usule sedulur papat kang momong djalmo monongoso. Sak durunge Bumi Suci kuwi ono kang manggoni, Gusti uwes luweh disek nggawe ukom kanggone djalmo monongoso. Bandjor Gusti ngetokake kuwasane nggawe sukmo lan udjute rogo, kang ditetesake Gusti ing Bumi Suci. 1) Naliko wong wadon kuwi mbobot iseh anyar-anyaran. Bandjur naliko djabang bayi kuwi umure arep ngancek sesasi; 2) Gusti ngetokake kuwasane nggawe udjute rupo,marang djabang bayi kuwi kang artine Bongoso, 3) Bandjur naliko djabang bayi kuwi umure arep ngancek rong sasi; Gusti ngetokake kuwasane nggawe udjute Werno, 4) Bandjur naliko djabang bayi kuwi umure arep ngancek telung sasi; Gusti ngetokake kuwasane nggawe udjute Kulet, 4.) 5) Bandjur naliko djabang bayi kuwi umure arep ngancek patang sasi; Gusti ngetokake kuwasane nggawe udjute Uthek, 5.) 6) Bandjur naliko djabang bayi kuwi umure arep ngancek limang sasi; Gusti ngetokake kuwasane nggawe udjute Otot, 6.) 7) Bandjur naliko djabang bayi kuwi umure arep ngancek enem sasi; Gusti ngetokake kuwasane nggawe udjute Balong, 7.) 8) Bandjur naliko djabang bayi kuwi umure arep ngancek pitung sasi; Gusti ngetokake kuwasane nggawe udjute Rambut, Geteh lan Dageng, Lan iki kang disebut Sampurnane Gusti, nyiptakake djalmo monongoso, deneng udjute djabang bayi uwes sampurno. Amergo kuwi, kanggone djalmo monongoso kang uwes luweh disik teko ono ing Bumi Mulyo iki, kang Gusti suwun: Matur nuwun , marang Gusti Kang Moho Kuwoso, deneng udjute djabang bayi, kang di ciptakake Gusti ing Bumi Suci kuwi uwes sampurno, Lan sirnakake bebayan kanggone djabang bayi kuwi, supoyo yen djabang bayi kuwi ucul soko Bumi Suci, ora nandang kasengsaran, amergo sengkalaning setan. Bandjur dusono Bopo lan Buyunge djabang bayi kuwi karo dongo keslametan. Bandjur naliko djabang bayi kuwi umure arep ngancek wolong sasi; Gusti ngetokake kuwasane nggawe asal-usule sedulur papat, ugo artine sedulur papat: 1. Geteh puteh artine: Welas asih , 2. Bungkos artine: Kang nggawekekuatan , 3. Ari-ari artine: Kang ndjogo sukmo , 4. Geteh abang artine: Kang nglawan bebayan , Bandjur sak teruse Gusti ngetokake kuwasane nggawe djenenge sedulur papat kang sedjati. Kang manggon ono ing ragane djabang bayi,kang udjute koyo mengkene:

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

1. Djoborolo manggon ono ing [ kulite djabang bayi] 2. Makoholo manggon ono ing [balunge djabang bayi] 3. Hosoropolo manggon ono ing [nyawane djabang bayi] 4. Hodjorolo manggon ono ing [daginge djabang bayi] 5. Bandjur naliko djabang bayi kuwi umure arep ngancek sangang sasi; Gusti ngetokake kuwasane nggawe roso kanggone djabang bayi kuwi kang udjute koyo mengkene: Budi ing djerone Budi ono, [Pikiran] Pikiran ing djerone Pikiran ono,[Roso] Roso ing djerone Roso ono, [Sukmo] Kahuripan ing djerone Kahuripan ono, [Ingsun], yo ingsun sedjatine monongoso, kang diciptakake Gusti Kang Moho Suci kang nggowo kasampuranane Gusti: Moho Kuwoso Gusti, engkang pareng kasampurnane djabang bayi ing Bumi Mulyo meniko, sakeng kuwoso Pandjenengan. Bandjur ucol sabdhoning Gusti kanggone ingsun, ninggalake Bumi Suci, ucol soko dalan kang cilek bebarengan sampurno marang udjute sedulur papat kang moho suci: Duh Gusti Kang Moho Suci kok kados mengaten Bimi Mulyo puniko. Kabeh mahu uwes sampurno marang opo kang tinitah Gusti, kanggo djalmo monongoso. Lan siro djalmo monongoso ora perlu wedi marang kahuripan ono ing Bumi Mulyo iki. Awet urep siro ono ing Bumi Mulyo kene ora idjen kedjobo nggowo kuwasane Gusti. Ugo siro ditunggu sedulur papat kang asmane Djoborolo, Mokoholo, Hosoropolo, Hodjorolo rino klawan bengi kang dadi utusane Gusti. Amergo kuwi ngelingono marang sabdhoning Hosoropolo kang diutos pareng warto kanggone Bongoso Djowo, supuyo siro biso mangerteni lan ngelingi marang dino kang dadi pengapesan siro, sak mbendinane ing dino Kemis bengi lan Minggu bengi. Awet ing dino kuwi sengkalane siro teko soko Semoro Bumi, kang ndadekake kahuripan siro ono ing bebayan, yen siro nglalekake marang udjute abang lan puteh. Amergo kuwi ngelingono marang udjute siro supoyo siro biso nduweni kasempurnan marang kahuripane siro kang ditunggu sedulur papat ing Bumi Mulyo iki. II.Budaya Islam II.1 SEDULUR PAPAT LIMA PANCER DAN SISTEM KEMALAIKATAN. Setelah Islam masuk P.JAWA kepercayaan tentang saudara empat ini dipadukan dengan 4 malaikat di dunia Islam yaitu Jibril, Mikail , Isrofil, Ijro'il. Dan oleh ajaran sufi tertentu di sejajarkan denga ke'empat sifat nafsu yaitu: Nafsu Amarah, Lawwamah, Sufiah dan Mutmainah. Pertama Jibril atau dalam bahasa ibrani Gabriel artinya pahlawan tuhan. Jabr' El kekuatan tuhan fungsinya adalah penyampai informasi, didalam islam dikenal sebagai penyampai wahyu pada para nabi. Dalam konsep islam Jawa Jibril diposisikan pada kekuatan spiritual pada KETUBAN. Ada pandangan yang menyatakan setelah N.Muhammad wafat maka otomatis Jibril menganggur karena beliaulah orang yang menerima wahyu terakhir.

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

Tapi tidak demikian dalam pandangan Jawa, setiap orang di sertai Jibrilnya. hakikatnya hanya ada satu Jibril di alam raya ini tapi pancaran cahayanya ada dalam setiap diri. seperti Ruh tidah pernah dinyatakan dalam bentuk jamak didalam Al-Quran. Tetapi setiap diri mendapat tiupan ruh dari tuhan dan ruh tersebut menjadi si A, si B, si C Dst.. satu tetapi terpantul pada setiap cermin sehingga seolah2 setiapm cermin mengandung Ruh, dan manusia sebenarnya adalah cermin bagi sang diri. setiap diri menerima limpahan cahayanya. Diantara limpahan cahayanya adalah Jibril yang menuntun setiap orang. Jibril akan menuntunmanusia kejalan yang benar.., yang telah membersihkan dirinya, membersihkan cerminya, membersihkan hatinya. Jibril lah yang menambahdaya agar teguh dan tebal keimanan seseorang. dalam khasanah jawa Jibril berdampingan dengan Guru sejati, bersanding dengan diri Pribadi. Jibril tidak mampu mengantarka diri Nabi ke Sidratul Muntaha dalam Mij'raj beliau juga diceritakan ketika Jibril menampakan diri kehadapan rasul selalu ditemani malaikat mulia Lainya yaitu Mikail isrofil Ijroil... Jelas kiranya bahwa kahadiran ketuban ketika membungkus janin ternyata disertai saudara2nya yang lain. Ditinjau dari keddudukannya yang keluar paling awal maka disebut sebagai kakak atau kakang ( saudara tua ) si bayi. begitu bayi lahir maka selesailah sudah tugas ketuban secara fisik. tetapi exsistensi ketuban secara ruhaniah ia tetap menjaga dan membimbing bayi tersebut sampai akhir hayat. secara extensi Jibril diciptakan setelah malaikat Mikail. dan Tali Pusar ada lebih dulu dari pada selaput yang membungkus janin di pintu rahim (cervix)

Ke Dua Malaikat Israfil. Menurut hadis malaikat Israfil diciptakan setelah penciptaan Arsy ( Singgasana Tuhan ) disebut sebagai malaikat penggenggam alam semesta, ia meniup Terompet Pemusnahan Dan Pembangkitan. Ia digambarkan menengadah ke atas untuk melihat jadwal kiamat yang ada di Lawh Al Mahfuzh. Israfil di sepadankan dengan ari-ari, tembuni atau Placenta, Ari-Ari adalah yang memayungi sang janin sampai ketempat tujuan dialah yang memberikan keamanan menyalurkan makanan dan kenyamanan pada janin dengan ari-ari ini kehidupan berlangsung dalam janin. Exsistensi Ari-ari ini disejajarkan dengan malaikat Israfil Dalam kelahiran janin, Ari-ari diterima sebagai saudara muda ( adik ). Meskipun jasadnya telah tak ada lagi ari-ari tetap memberikan perlindungan bagi manusia setelah dilahirkan. dari sisi keberadaanya malaikat Israfil dicipta terlebih dahulu dari pada malaikat Mikail dan Jibril As. Israfil diyakini sebagai Pelita Hati Bagi manusia agar hatinya tetap terang, Itulah sebabnya sejahat-jahatnya manusia masih ada secercah cahaya dalam hatinya tetap ada kebaikan yang dimilikinya meski hanya sebesar debu...

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

Yang ketiga adalah Malaikat Mikail, Salah satu malaikat yang menjadi pembesar para malaikat. Tugas malaikat Mikail adalah Memelihara Kehidupan. Dalam hadis diceritakan bahwa malaikat Mikail mengemban tugas memelihara pertumbuhan pepohonan, kehidupan Hewan juga Manusia.. Dialah yang mengatur angin dan hujan dan membagi rejeki pada seluruh mahluk. Pada konsep sedulur papat yang sudah di sesuaikan dengan ajaran Islam, Tali Pusar merupakan Lokus, tempat dudukan bagi malaikat Mikail dia merupakan tali penghubung bagi kehidupan manusia.Zat zat makanan, Oksigen dan Zat yang perlu dibuang dari tubuh janin agar tidak meracuni tubuh janin. Subhanallah.Dia telah mengatur kehidupan manusia dalam rahim melalui malaikat malaikatnya.. Mikail dipandang orang jawa sebagai saudara yang memberikan sandang, pangan dan papan, Jika seseorang memohon perlindungan tuhan maka Mikail yang akan menjalankan perintah Tuhan untuk melindunginya. Ke Empat adalah Malaikat Ijroil. Malaikat Maut yang dipercaya sebagai yang bertanggung jawab akan Kematian. Kehadirannya amat ditakuti Manusia.. Jika ajal telah tiba maka ia akan Me wafatkan manusia sesuai waktunya.. Dalam konsep sedulur papat Malaikat maut ini ternyata saudara Manusia sendiri bukan orang lain dan ia tidak akan menyalahi tugasnya.. bila seseorang belum sampai ajalnya dia tak akan mewafatkannya.. Dia hadir untuk meringankan penderitaan manusia, saudara sejati pasti melindungi bila yang bersangkutan selalu dijalan yang benar. Bayangkan bila manusia tidak bisa mati tetapi hidupnya menderita..? apa tidak tersiksa..? bayangkan bila ada orang yang maumati aja sulitnya bukan main.. Nauzubillah.. Ijroil disebut sebagai kekuatan Tuhan yang berada didalam Darah, Dalam kehidupan sehari hari Ijroil bertugas untuk menjaga hati yang suci, Jika hati terjaga kesuciannya maka ketakutan akan hidup menderita dan kematian akan tak ada lagi. Jika ajal telah sampai maka Ijroil mengorganisasi malaikat lainnya, mengorganisasi saudara saudara lainnya untuk mengakhiri hidupnya. Permana yang memberikan kekuatan pada sang Jiwa diangkat keluar tubuh, sehingga tubuh tak dapat lagi dikendalikan oleh jiwa. Ruh penyambung hidup kita lepas.. tubuh menjadi lunglai lak berdaya dan ini bentuk umum kematian bagi manusia..bagaimana bias begitu .? Nah yang tidak umum . bila Sang Diri Sejati manusia mampu memimpin saudarasaudaranya untuk melepaskan Jiwa manusia kealam Gaib. Orang demikian sudah mempu menyongsong kematiannya dengan benar, dia memberitahukan pada sanak dan saudaranya kapan kematiannya akan datang.

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

Semua saudara gaib ini sudah menjadi satu dengan tubuh kita, ketika dalam rahim sendiri-sendiri wujudnya. tapi ketika sang Bayi sudah lahir hanya ada satu wujud. Empat saudara kita tetap menyertai kita dalam wujud Ruh.. dan Tidak Kasat Mata.. Ada kutipan Ayat dalam Al-Quran yang perlu di simak.. " In Kullu nafsin lamma alayha hafizh" > 'Setiap diri niscaya ada penjaganya' Atau " Wa huwa al-qahir fawq iba'dih wa yusril alaykum hafazhah hatta idza ja'a ahadakum al-mawt tawaffathu rusuluna wahum la yufarrithun" >' Dialah yang berkuasa atas semua hambanya. Dan dia mengutus kepada kalian Penjaga-Penjaga untuk melindungimu. Jika seseorang sudah waktunya mati, maka utusan-utusan kami itu mewafatkannya tanpa keliru" III. Pemahaman Sedulur Papat Lima Pancer dari beberapa Kaukuser 1. (HartCone) Sedulur Papat Lima Pancer ngelmu sedulur papat limo pancer berarti kita harus memberi perhatian pada sedulur2 batin.biasanya menurut kepercayaan, puasa pada weton orang yng bersangkutan, trus membagikan jajan pasar pada para anak-2 tetangga. dalam berpuasa tersebut orang yng bersangkutan memohon kepada Yang Maha Kuasa, dan sambat kepada sedulur batin tadi. harapan yang didapat adalah pertolongan Yang Maha Kuasa, melalui apa yng di sebut sedulur batin tadi... lain masyarakat mempunyai laku yng berbeda dalam ritual ini, tapi pada dasarnya adalah sama... Pancer itu diibaratkan diri sendiri, Posisi pancer berada ditengah, diapit oleh dua saudara tua (kakang mbarep, kakang kawah) dan dua saudara muda (adi ari-ari dan adi wuragil). Ngelmu sedulur papat lima pancer lahir dari konsep penyadaran akan awal mula manusia diciptakan dan tujuan akhir hidup manusia (sangkan paraning dumadi). Awal mula manusia diciptakan di awali dari saat-saat menjelang kelahiran. Sebelum sang bayi (bayi, dalam konteks ini adalah pancer) lahir dari rahim ibu, yang muncul pertama kali adalah rasa cemas si ibu. Rasa cemas itu dinamakan Kakang mbarep. Kemudian pada saat menjelang bayi itu lahir, keluarlah cairan bening atau banyu kawah sebagai pelicin, untuk melindungi si bayi, agar proses kelahiran lancar dan kulit bayi yang lembut tidak lecet atau terluka. Banyu kawah itu disebut Kakang kawah. Setelah bayi lahir akan disusul dengan keluarnya ari-ari dan darah. Ari-ari disebut Adi ari-ari dan darah disebut Adi wuragil. Ngelmu sedulur papat lima pancer memberi tekanan bahwa, manusia dilahirkan ke dunia ini tidak sendirian. Ada empat saudara yang mendampingi. Pancer adalah suksma sejati dan sedulur papat adalah raga sejati. Bersatunya suksma sejati dan raga sejati melahirkan sebuah kehidupan.

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

Hubungan antara pancer dan sedulur papat dalam kehidupan, digambarkan dengan seorang sais mengendalikan sebuah kereta, ditarik oleh empat ekor kuda, yang berwarna merah, hitam, kuning dan putih. Sais kereta melambangkan kebebasan untuk memutuskan dan berbuat sesuatu. Kuda merah melambangkan energi, semangat, kuda hitam melambangkan kebutuhan biologis, kuda kuning melambangkan kebutuhan rohani dan kuda putih melambangkan keheningan, kesucian. Sebagai sais, tentunya tidak mudah mengendalikan empat kuda yang saling berbeda sifat dan kebutuhannya. Jika sang sais mampu mengendalikan dan bekerjasama dengan ke empat ekor kudanya dengan baik dan seimbang, maka kereta akan berjalan lancar sampai ke tujuan akhir. Sang Sangkan Paraning Dumadi. sedulur papat limo pancer, klo ditelaah diatas berhubungan dengan apa yang dinamakan nafsu manusia: Amarah, Lawwamah, Sufiah dan Mutmainah. tanpa 'manekung' dhumateng Gusti ingkang Maha Agung (tunduk patuh terhadap Yang Maha Agung) saya rasa manusia sendirian kesulitan menghadapi Macan nggambarake nafsu Amarah, Bantheng nggambarake nafsu Supiyah, Kethek nggambarake nafsu Aluamah, lan Manuk Merak nggambarake nafsu Mutmainah.. kalo bicara manekung ada kaitannyah dg ingkung, yaitu penyajian ayam utuh pada slametan, dengan nasi tumpeng beserta lauk pauknya, jenang golong, pisang raja dll, 2. (untungsuropati) sedulur papat lima pancer. pancer adalah diri kita sendiri...sedulur papat kakang kawah, adi ari ari, getih, puser. dianggap merupakan saudara karena ikut lahir bersamaan dengan lahirnya diri kita. dan dianggap membawahi 4 nafsu, dalam literatur lain disebutkan bahwa 4 sedulur papat ini adalah malaikat yang melindungi kita, yaitu djoborolo(djibril). mokoholo(mikail), hosoropolo(israfil), dan hodjorolo(izroil). dulu pernah bertanya kepada teman yang sedang mengembangkan pengetahuan soal sedulur 4 ini,dan jawaban dia sih sederhana saja.kalo mau sedulur papat ini dekat dengan kita maka ajaklah sedulur 4 ini setiap kita mau makan, ngerokok, minum, tidur, bahkan ibadah. allahualam bishowab 3. (vibel) PANCER adalah diri kita.. setiap manusia mempunyai empat saudara ketika masih berupa janin. meraka menjaga pertumbuhan manusia didalam kandungan Ibu. Anak pertama yaitu KETUBAN atau KAWAH, ketika Ibu melahirkan yang pertama keluar adalah ketuban karena itu dianggap sebagai Saudara Tua. Setelah itu saudara kandung yang lebih muda yaitu ARI-ARI, Tembuni atau Plasenta pembungkus janin dalam rahim. ARI-ARI memayungi tindakan sang janin dalam perut Ibu yang mengantarkan sampai ke tujuan yaitu ikut keluar bersama sang bayi. Berikutnya DARAH inipun saudara sang janin, tanpa adanya darah janin bukan saja tak

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

bisa tumbuh tapi juga akan mengalami keguguran. Saudara berikutnya yaitu PUSAR ia sebagai sarana yang menghantarkan zat makanan dari sang ibu kepada janin. Umumnya orang menganggap bahwa KETUBAN, ARI-ARI, DARAH dan TALI PUSAR adalah wahana atau alat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin dalam perut. Begitu bayi dilahirkan semua itu akan dianggap tidak berfungsi lagi dan tak ada sangkut pautnya dalam kehidupan... dan yang demikian ini merupakan pandangan Materialistik padahal begitu besar maknanya dan pengertiannya bila dilihat dari sudut Metafisik. Saudara kita itulah yang menjaga kita dalam kehidupan ini yang kembali ke anasir bumi, air , udara dan api hanyalah ke empat jasadnya. namun dari segi spiritualnya masih menyertai kehidupan kita. 4. (Bluemarlin)caranya mengajak sedulur 4 kita utk makan, minum dsb nya aku pernah dikasih tau oleh org yg ngerti kejawen.. beliau bilang kalau mau ketemu saudara kembar kita, disuruh puasa pada hari kelahiran kita dan malamnya tidur dengan tidak mengenakan sehelai benangpun (telanjang bulat) di sebelah pintu kamar tidur kita. tp harus dilakukan beberapa kali.. bahkan bisa sampai 1 atau 2 tahun baru bisa ketemu. kata beliau lagi, saudara kembar kita itu sangatlah mirip dengan kita. dan saudara kembar kita mengenakan baju/penutup berwarna sesuai dengan kain warna apa yg membungkusnya dulu (warna kain utk bungkus ari-ari) (untungsuropati) caranya ya silakan anda ajak....marmati kakang kawah adi ari ari getih puser ayo makan bersama/ minum bersama/ ngerokok/ solat/ dll nanti coba rasakan, ada something yang beda.. Dari temen saya dia menyarankan laku mandi bunga dan juga minum kelapa muda setiap jam 12 malam pada hari kelahiran. tapi jujur saja setelah mandi malam itu godaanya super berat. karena konon semua masalah yang kita pendam akan keluar atau meminta penyelesaian. artinya emosi akan berkali kali lipat, dan halangan akan bertumpuk tumpuk. setelah semua dilewati baru akan dirasa hikmahnya. (Uq4u) Saya juga pernah melakoni hal seperti itu, dan saya juga merasakan efek-efek seperti apa yg dijelaskan mas Suropati. Tapi kenapa walaupun saya sudah berhenti melakukannya, efek-efek tersebut masih saya rasakan terus-menerus. Apakah ada hal-hal tertentu yang harus dilakukan untuk menghilangkan efek-efek tersebut.? (Untungsyuropati) ampeyan punya masalah apa?siapa yang belum sampeyan maafkan?siapa yang sampeyan musuhi?masalah apa yang selalu membikin anda takut?apa yang belum anda terima dalam kehidupan ini?renungi dulu itu ya.... karena perasaan itu muncul untuk menuntaskan pendeman emosi di hati anda. makanya sering banget yang muncul adalah "permasalahan" yang dipendem di hati.

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

contoh, dulu saya waktu jalanin itu ada dendam di hati saya terhadap seseorang. ahirnya godaannya adalah setiap saya jalan saya ketemu dan melihat si orang yang saya benci. saya lihat dia selalu dalam keadaan gembira dan suka suka, ahirnya saya tambah marah marah dan emosi. begitu saya memaafkan maka semuanya hilang 5. (EmberDobol) ade 4 perkare (unsur) nyang wujudnye same ame kite (kaye 4 kembar siem) 1. Kakang kawe ntu pake baju warne putih duduknye di Timur. 2. Adi ari2 ntu pake baju Kuning duduknye di Barat. 3. Getih ntu pake baju Merah duduknye di Selatan. 4. Puser ntu pake baju Hitam duduknye di Utara. (Paruszky) ialah satunya adalah fungsi untuk mendatangkan apa yg kita inginkan. Sebagai contoh kalau kita menginginkan kebutuhan duniawi. 1. Yang mengenakan warna Putih (Timur) bisa kita perintahkan untuk kebutuhan akan pakaian (dg membaca 3 asma' Allah) 2. Yang mengenakan warna Kuning (Barat) bisa kita perintahkan untuk kebutuhan atau sabab untuk naiknya derajat atau kemulyaan (dg membaca 3 asma' Allah) 3. Yang mengenakan warna Merah (Selatan) bisa kita perintahkan untuk kebutuhan dapur (dg membaca 3 asma' Allah) 4. Yang mengenakan warna Hitam (Utara) bisa kita perintahkan untuk kebutuhan materi seperti Emas, Intan, Berlian, Uang dsb (dg membaca 3 asma' Allah) 6. (Rizkyka) Sholat dan sedulur Sedikit menguraikan perihal sholat, 1. Sholat Zuhur,.....cahayanya adalah merah 2. Sholat Ashar,.....cahayanya adalah kuning 3. Sholat maghrib, cahayanya adalah hitam 4. Sholat Isya, ......cahayanya adalah hijau 5. Sholat subuh, ....cahayanya adalah putih. (BayuBening) empat saudara punya kedudukan di wajah kita menempati tujuh lubang di kepala, yaitu mata, hidung, telinga dan mulut mewakili empat anasir, dan perwujudan dalam cerita tiap kebudayaan beda2 tapi siapa yang mana, gw sering kebalik2 jadi mendingan ga disebut kali ya yang jelas keempat saudara tsb adalah keempat indera utama kita yang pertama mata, warnanya hitam, untuk melihat/memandang, sifatnya haus ilmu, selalu mencari pemahaman2 baru, anasir angin. yang kedua hidung, warnanya putih, untuk mencium/membaui, sifatnya penuh curiga, selalu menyelidiki sesuatu sampai tuntas, anasir bumi. yang ketiga telinga, warnanya merah, untuk mendengar, sifatnya mudah tersinggung, anasir api. yang keempat mulut, warnanya kuning, untuk mengecap, sifatnya suka bersenang-senang, anasir air. keempat saudara ini harus dipimpin oleh yang kelima, yaitu otak, untuk berfikir, sifatnya bijaksana, anasir petir.

7.

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

keempat saudara tersebut benar2 lahir bersama kita toh? dan nggak ada wajah yang sama plek2, artinya saudara kembar masing2 orang sifatnya beda2, sesuai bentuk empat saudara kita tsb. semua sifat baik maupun buruk yang berbeda2 pada tiap orang adalah sifat empat saudara ini, karena sifat ruhiah/fitrah manusia adalah sama. dan ini adalah beban yang kita bawa sampai mati, menundukkannya butuh perjuangan seumur hidup. mengenali sifat empat saudara ini dapat dilakukan dengan menganalisa bentuk wajah kita secara fisik, ga perlu pake mantra, cuma pengetahuan yang cukup aja.(mohon maaf kalo pandangan saya berbeda) menguasainya yang nggak mudah, nabipun berkata: "setiap manusia dikendalikan binatangnya, kecuali yang telah mengalahkannya" perlu penyelarasan tiga sumbu manusia. 8. (Ronald) Sadulur Papat Lima Pancer.. dua saudara tua dua saudara muda / sahabat nan barampek / empat saudara lahir batin.. pada hakikatnya ke4 saudara tadi menyatu dengan tubuh semenjak menjadi segumpal darah. semua saudara kita akan melaksanakan tugas menjaga selama dalam kandungan. dan 'tugas' akan berakhir keetika sudah dilahirkan secara fisik... pengertian 4 saudara, hanya satu yg betul2 menjadi saudara lahir batin yaitu yg dinamakan dengan 'kakang kawah' atau 'kakak anak' .saudara yg lain...menjelma menjadi saudara jauh karena ada 'antara' atau 'jarak' yg memisahkan kita (diri kita dan kakang kawah) dengan sudara lain.. karena hanya kakang kawah yg menyatu...kakang kawah lah yang ikut terus semenjak baru menjadi segumpal darah sampai di dalam kubur. salah satu kakang kawah yg hadir yaitu apa yg disebut 'pengawal kita' (malaikat pengawal / Wahab) semenjak dari lahir sampai kita berumur 7 bulan.. pengawal ini lah yg berperanan menjaga, tempat kita berpegangan ki sawung tentang kenapa tangan bayi seperti menggenggam sesuatu, siapa yang dia pegang?-karena usia dalam bulanan bayi masih gamang dan akan selalu bersandar denggan 'Wahab' nya. namun pengawal ini akan hilang atau selesai melaksanakan tugasnya setelah kita berumur 7 bulan atau ketika mata kita sudah bisa memandang 'dunia'. pengawal / malaikat penjaga / Wahab..hanyalah salah dari 'tugas' kakang kawah.... kakang kawah yang sebenarnya akan menjumpai kita kembali dialam kubur untuk menagih janji yg pernah kita berikan sama beliau semasa masih dalam berbentuk segumpal darah.. janji apakah itu? siapakah ''nama' kakang kawah / saudara tua kita itu sebenarnya' ?

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

masalah S45P.. yang perlu kita kuatirkan adalah tidak bisa terpenuhi nya janji kita sama kakang kawah yg dibuat bersama sewaktu dalam kandungan. janji yang sewaktu dibuat masih sama2 suci. janji yg akan kembali ditagih oleh saudara tua kita. sewaktu kita menunggu kedatangan malailkat yang akan 'interview' yaitu... janji untuk memberikan amal sholeh, nutrisi batin, amal dan segala perbuatan yang baik di dunia Pertanyaannya. siapakah si sebenarnya kakang kawah itu? siapakah 'namanya'? qorin kita kah? ruh kita kah? jujur saja saya juga gak pernah mendapt literatur pasti ttg siapa kakang kawah sebenarnya. kalo dibilang qorin, kayaknya gak mungkin. karena qorin dalam setiap diri kita hanya 'ada' ketika kita sudah 'ada' bukan semenjak dari 'suci' (dalam kandungan) apakah ruh? tapi maknanya ruh bukankah itu yg diri kita sebenarnya (pancer) ? ada yg bilang jika kita bisa mengajak kakang kawah kita untuk 'sahabatan' insyaallah.selamat dunia akhirat..kenapa? karena kakang kawah lah yg stay trus di alam selain dunia, otomatis beliau tidak pernah tersentuh ama dosa dunia.. 9. (Hardenz) adakah yang belajar ilmu kodrat . sedulur papat = kakang kawah adhi ari-ari, Wahmuka, Arimuka, Rahmuka, Sahmuka Suksma Pitu = Suksma Sejati, Suksma Suci, Suksma Langgeng, Suksma Umbara(Purba Jati Lintang Trenggono), Suksma Wisesa(Purba), Suksma Minulyo, Suksma Wicara ? kalo meraga suksma suksma apa yang ditinggal dan suksma apa yang diajak ? Guru Papat = Guru Suci (timur), Guru Sejati (Utara), Guru Pribadi(Barat), sedulur tua (selatan) 1. Ketika berusia 8 bulanan janin telah diterapkan sedulur papat lima pancer pertama = Kakawah (air ketuban) disebut Wahmuka kedua = Bungkus disebut Sahmuka ketiga = Ari-ari disebut Arimuka keempat = Darah diebut Rahmuka Kakawah artinya menjadi pengasih Bungkus artinya menjadi kekuatan Darah artinya menjadi waliyas mati 2. Ketika berusia 9 bulanan sudah berwujud bayi sempurna dan diterapkan pertama = Budi kedua = Rahsa (Sir) ketiga = Angan-angan keempat = Hayyu (hidup) Kemudian ditambahkan "AMBUH (mantap)" disertai syahadat sejati. Harap teguh hatinya pada Dzat yang tidak akan mati. Setelah itu baru dibuka Kodrat Allah, lahir dari kandungan dan menangis.

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

Adapun Unsur manusia tersusun atas : 1. Hayyu (hidup) yang juga disebut Atma 2. kemudian dibalut oleh Jasad yang tersusun atas empat anasir (tanah,api,air dan udara) kemudian dimasukkan lima unsur rohani 3. Nur 4. Budi : keadaan pranawa, menarik kejelasan kehendak, menjadi pangkal pembicaraan 5. Nafsu : keadaan hawa, menarik kejelasan suara, menjadi pangkal pendengaran 6. Suksma : keadaan nyawa, menarikkejelasan cipta, menjadi pangkal penciuman 7. Rahsa : Keadaan Atma, menarik kejelasan kuasa, menjadi pangkal perasaan Ketujuhnya saling berkaitan dan merupakan satu kesatuan yang utuh. Urutannya : Jasad, Budi, Nafsu, Suksma, Rahsa, Nur dan Hayyu Gerakan badan (jasad) dipengaruhi oleh Budi(akal) Budi dipengaruhi oleh Nafsu Nafsu dipengaruhi Suksma Suksma dipengaruhi Rahsa Rahsa dipengaruhi Nur Nur dipengaruhi Hayyu Hayyu manunggal dengan keadaan Dzat karena yang mendapat penyerahan kekuasaan. Sebagai manusia kita mempunyai kelemahan : 1. Sifat hidup yang selalu mengalami empat af'al(perbuatan) - Kantuk perimabangannya bangun (jaga) - Lapar perimbangannya kenyang - Haus perimbangannya tiada dahaga - Sahwat perimbangannya tiada bersahwat kempat di atas disebut af'al nafsu 2. Sifat hidup yang sering mengalami empat af'al - Marah perimbangannya sabar - Lupa perimbangannya ingat - Bingung perimbangannya tenang - Tiada Ingat perimbangannya waspada keempat di atas disebut af'al suksma 3. Sifat hidup yang kadang-kadang mengalami empat af'al - Was-was perimbangannya sentosa - Susah perimbangannya senang - Sakit perimbangannya sehat - Sengsara perimbangannya selamat keempat di atas disebut af'al Rahsa

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

Cara tapa brata dan zakatnya agar hidup selamat : 1. Jasad : tapanya berlaku sopan-santun, zakatnya rajin berbuat kebaikan 2. Budi : tapanya rela dan sabar, zakatnya bersih dari prasangka buruk 3. Nafsu : tapanya berhati ikhlas, zakatnya tabah menghadapi cobaan dalam sengsara dan mengampuni kesalahan 4. Suksma: tapanya berlaku jujur, zakatnya tidak mengganggu orang lain dan tidak mencela 5. Rahsa : tapanya berlaku utama, zakatnya suka diam dam menyesali kesalahan (tobat) 6. Nur : tapanya berlaku suci, zakatnya berhati hening 7. Hayyu : tapanya berhati awas, zakatnya berhati selalu ingat Adalagi yang berkaitan dengan fisik tubuh 1. Mata : tapanya mengurangi tidur, zakatnya tidak menginginkan kepunyaan orang lain 2. Telinga : tapanya mencegah hawa nafsu, zakatnya menghindari mendengar percekcokan 3. Hidung : tapanya mengurangi minum, zakatnya tidak suka mencela keburukan orang 4. Mulut : tapanya mengurangi makan, zakatnya menghindari memperkatakan keburukan orang 5. Aurat : tapanya menahan syahwat, zakatnya menghindari zina 6. Tangan : tapanya mencegah perbuatan mencuri, zakatnya tidak suka memukul orang 7. Kaki : tapanya tidak untuk berjalan berbuat keburukan, zakatnya menyukai jalan untuk tirakat Ajaran Sunan Ampel Denta 1. Tidurlah apabila akan Marah 2. Marahlah sewaktu akan berperang 3. Berperanglah apabila akan makan(jika merasa lapar dan ingin makan hadapilah seperti menghadapi perang sabil) (menahan lapar) 4. Makanlah apabila akan berpergian(berjalan) 5. Berjalanlah apabila akan tidur (mencegah ngantuk) Ajaran Budha 1. Sebaik-baiknya tidur lebih baik tetap terjaga 2. Sebaik-baiknya jaga lebih baik bangkit 3. Sebaik-baiknya bangkit lebih baik duduk 4. Sebaik-baiknya duduk masih lebih baik berdiri 5. sebaik-baiknya berdiri masih lebih baik berjalan-jalan 10. (Dewananta) I. Mengapa disebut SEDULUR, kadang, saudara ? Sebab secara fisik mereka adalah berasal dari bahan yg sama dng kita. Mereka bukan slah satu bagian dari organ tubuh ibu kita. Mereka ada bersama adanya kita....(dipelajaran biologi anak SMP. setelah terjadi proses pembuahan sperma pada ovum di ovarium, buah zygot td akan

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

memecah menjadi dua bag. mcm kecambah..satu jadi janin satu lagi jd cikal bakal mereka berempat...so maklumlah kita akan status mereka yg satu asal dng kita. wajar jg klo ada yg bilang jika kita dpt hidayah Allah bertemu mereka maka wajahnya pleg mirip bng kita. Kesandung kesempar..dulu sya rasanya gak pernah mikir jika saya punya saudara yg sangat2 dekat lahir bathin...yng menyertai saya di setiap alam yg saya singgahi ......yg diutus Allah u/ meladeni saya sepanjang masa dan menjadi bagian hidup dan kehidupan saya II.Apa Fungsi Mereka? Mereka adalah piranti yg disertakan Allah untuk melayani, mengayomi, mencukupi, mengurusi semua kebutuhan hidup kita. Ari-ari = Tandon makanan (bulog).....urusan rezeki Puser = Penyampai, penghubung antara janin dan bulog atau tubuh sang ibu. Getih = alat transportasi pengangkut sari-sari mkanan dari ibu-bulogjanin-kembali lagi ke ibu begitu terus berputar kerjanya. Kawah = Pelindung janin dr himpitan perut ibu, memberi tanda...? Kalo ketuban sdh pecah...siapapun pasti mafhum bhwa sebentar lagi si janin akan lahir menjadi si jabang bayi

Waktu masih duduk di SD kita pernah mendapat pelajaran agama tentang 10 malaikat muqarrabin. Jibril = Penyampai wahyu Mikail = Uurusan rezeki Isrofil = Peniup terompet Izroil = Pencabut nyawa Malik/Ridwan = Penjga Surga Mungkar/Nakir = Penjaga Neraka Roqib/Atid = pencatat baik buruk Khusus 4 malaikat yg pertama kita dapat menghubungkan mana masing2 yg sesuai dengan 4 komponen di atas. Mungkin begini : - ARI-ARI manifestasi peran MIKAIL (urusan rezeki) Ari-ari (plasenta) ini menampung sari2 makanan jatah u/ janin dan mengaturnya sedemikian rupa agar janin tidk kelaparan ato kekenyangan. setelah janin lahir perannya tetap mengatur distribusi rejeki cuma ganti sebutan menjadi Mikail. - TALI PUSAR manifestasi peran JIBRIL (penyampai, pembimbing) Di dlm kandungn dia selain menyampaikan sari2 makanan, juga krenteg dari ibu atau perasan ibu ke janin.. Juga krenteg janin ke ibu....Ngidam.!! Di dunia Jibril membimbing si jabang bayi dngan menyampaikan sgl ilmu. Kelak jika juga menyampaikan doa-doa kita. - DARAH manifestasi peran IZROIL (urusan angkutan sari2 makanan dan

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

harmonisasi orkestra nyawa, coba berhenti sebentar saja..pasti panik si nyawa....) - AIR KETUBAN manifestasi peran ISROFIL ( urusan perlindungan, keselamatan...dengan selalu memberi tanda alarm, tiupan terompet) Tugasnya Safety..Security...melindungi bukan hanya ketika di alam rahim saja..di alam dunia juga aktif melindungi kita...memberi tanda alarm bukan saat kiamat saja tapi sepanjang hidup kita...kiamat pertama (pergantian alam) terompet pecahnya air ketuban...terompet selanjutnya berupa tanda2 rasa, refleck.., kewaskitaan. Mau pergi ke suatu tempat koq perasaan tdk enak ee..ternyata di tempat itu ada mala petaka. kiamat kedua saat ajal menyambut memberi tanda2 kematian, khan ada itu ya tanda kematian..? silahkan cari sendiri yg satu ini saya gak brani merinci disini(silahkan klo ada yg tahu dan berani menjabarkan disini)..kemudian sampai nanti kiamat ketiga Kubra. Di alam kandungan bakal manusia oleh Allah masih cukup ditemani 4 kadang kang kerawatan...nah setelah mak jebrol cenger..bebarengan itu juga oleh Allah ditambah langsung 6 kadang kang ora kerawatan.

1.Ridwan Penjaga Surga 2.Malik penjaga neraka. 3.4. Mungkar & Nakir penjaga kubur 5.6. Roqib & Atid pencatat amal. Lengkap sdh malaikat muqarrabin di utus menyertai si jabang bayi...nderek ake momongan yg bergelar khalifah ini. Dulu saya berfikir Ridwan sama Malik itu eksisnya kalo kita udah divonis oleh peradilan agung...ternyata saya kliru besar..mereka ada sejak kita pertama menghirup udara di dunia ini...toh bayi pun berhak atas rasa suka, bahagia, senang..dll yg merupakan perwujudan surga (kecil-kecilan), itu berarti layanan ridwan yg tengah mengambil peran. Gityu juga rasa sedih, duka nestapa, dll sebagai wujud neraka kecil-kecilan nyatanya udah dirasakan oleh bayi abang... Seandainya saja mereka berdua ini gak hadir..atau males menyatroni manusia..kira2 bisa di bayangin gak ekpresi manusia itu..?? Ndomblong senang-gak, susah-gak, melompong..tanpa ekpresi..mungkin bisa kita lihat pada figur orgil.. Begitu juga Mungkar-Nakir..selalu membayangi kita...Kematian selalu menguntit setiap saat..walo sebenarnya setiap orang punya jatah umur yg sudah ditentukan di cetak birunya masing-masing...Tapi banyak juga khan yg gak sabar...nunggu jatah kematiannya..tah krn blakrakan..pentalitan..trus naas..yg kayak gini nee urusan kadang kita berdua. Ngurusin orang2 yg sdh bersemayam Katenye..tapi masih suka gentayangan sukmanya.

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

Roqib-Atid...sebenarnya sibuk..setelah si bayi berumur delapan tahun ke atas..karena setelah umur itu mulai dihitung amal si bocah...mangkenye ma rasulullah umur segitu ude mulai di suruh sholat...mbangkang ..pukul sebagai pembelajaran. Nilai tambah apa yg bisa kita peroleh...setelah sadar akan keberadaan para kadang sapringkelan itu...?? Tetep cuek2an...apa berusaha untuk memulai supaya bisa akrab....toh merekalah sodra kita yg sebenarbenarnya sodara. Jangan kan kita tahu-kenal-akrab...kita gak tahu sama sekalipun sama eksistensi mereka..team ini tetep solid setio-tuhu menjalankan dawuhing pengeran melayani..si khalifah, yg kadang2 tingkah polahnya agak jauh dari sifat-sifat dan martabat khalifah... But nyante aje bro...jangan sok gito2 pingin akrab kenal..ato bahkan bertemu mereka...u kejar-kejar pasti hasilnya sasar...be careful. Mereka mahkluk cahaya..kalo pingin usahainlah sedikit-demi sedikit agar prejengane awake dewe cenderung (cenderung..) ke cahaya juga..kayak gini yg bisa cuma kita bro..manusia..he..he..he.. kadang2 legam seperti tanah asal kita ( tapi penuh kotoran nafsu)..kadang-kadang prejengane menungso ning sifate koyo khewan..itulah kita. Saraba Empat Mungkin sdh sunatullah ya klo Allah SWT menciptakan segala sesuatunya berlapislapis pd setiap dimensi.. di dimensi kita ini yg banyak adalah saraba dua. ada siang ada malam laki - perempuan susah - senang, dst...dst.....dst tp di dimensi tetangga (yg lebih soft) sekitar kita yg ada saraba 4 SODARA 4 jibril-mikail-izroil-isrofil puser-ari2-darah-ketuban abu bakar-umar-ustman-ali semar-gareng-petruk-bagong JIWA/NAFS 4 muthmainah-supiah-alwamah-ammarah 4 PENDAHAM bumi-angin-api-air dan mungkin masih banyak lagi..yg keberadaannya sraba empat makanya dng sebegitu beragam saraba empat, orang kadang tanpa sadar mencampur adukkan satu dng yg lainnya....

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

bumi-angin-api-air tentunya lain dng jibril-mikail-izroil-isrofil, dan pasti lain lagi dng keberadaan muthmainah-supiah-alwammah-ammarah hirarkinya mungkin begini..( maaf klo keliru) Sang Pencipta Nur Muhammad 4 bumi-api-angin-air 2 sperma-ovum (ortu) 2 janin & 4 perangkatnya manusia (lahir/bathin ) 2 & 4 jibril-mikail-izroil-isrofil lobang 9 & 10 m. muqarrabin nafs/jiwa 4 muthmainah-supiah-alwamah-ammarah sebnarnya masih ada banyak saraba-saraba yg lain 17,30, 33, 40,41, 99,100. 244, 6666....wallahu 'alam...semua tergantung pemahaman masing-masing

IV. Sedulur Empat Lima Pancer dan Qorin Rasulullah pernah berkata bahwa Qorin yang dimiliki Beliau sudah beliau Islamkan dan hanya menyuruh kepada Kebaikan saja. inikah cara yg dimaksud Rasul SAW sebagai "fa aslama bihi" pernyataan ketika Beliau mengungkapkan perihal "Qorin"? Besar kemungkinan iya, bila ditarik dari pengertian Alif, Sin, Lam, mim terpadu dengan ba dan Ha. qorin tsb di aslama kan atau di "islam"kan.. qorin jika tidak di aslama kan maka dia akan membawa sifat maksiat karena jika suatu saat nanti seorang insan mau bertobat mk si qorin td sudah ke enakan dialam maksiat dan akan menggoda kita untuk balik lagi berbuat maksiat sementara qorin yg sudah di aslamakan ( seperti cara anda di atas / atau cara2 yg dihayati pihak kejawen) maka jika kita tenggelam atau terjerumus di jurang maksiat datanglah si qorin itu dengan sekuat kemampuannya untuk ikut -mengangkat dan menyadarkan kita kembali ke jalan Allah..qorin yg telah aslama tak rela pancernya kebablasan.. itulah sebab lagi Rasul kemudian menyatakan: "... tapi telah Ku aslama kan dia(qorin) dan dia(qorin) tidak "menyeruku" melainkan hanyalah yg baik2 saja.." Gimana cara meng-islamkan qarin ? Dengan memperbaharui "syahadat" dan "ambillah maksud yg tersirat dari hal itu" Bila ditarik, maksud dari Syahadat menerangkan perihal Allah, yangmana kita semua adalah bentuk DIA. Sebab itu kita (muhammad) adalah wakil DIA

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

IV.1 . SEKILAS TENTANG QARIN. Ayat Qur`an tentang Qarin: ”Wa qaala qariinuhuu haazaa maa ladayya ‘atiid” (QS QAAF[50]: 23) Artinya:”Dan yang menyertai dia berkata: "Inilah (catatan amalnya) yang tersedia pada sisiku.” “Qaala qariinuhuu Rabbanaa maa atgaituhuu wa laakin kaana fii dholaalim ba’id”(Q.S. QAAF [50]: 27) Artinya: “Yang menyertai dia berkata (pula): "Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkannya tetapi dialah yang berada dalam kesesatan yang jauh". Jin Pendamping atau (Qarin): Abadullah Bin Mas'ud mengatakan bahwa : Rasulullah saw bersabda; "Tidak ada seorangpun diantara kalian yang tidak ditunjuk untuknya Jin pendamping (Qarin)". Para sahabat bertanya; "Termasuk anda ya Rasulullah ?, "Ya" jawab Nabi, Hanya saja aku mendapat pertolongan Allah,sehingga Jin pendampingku masuk Islam, dan dia tidak pernah mengajakku kecuali yang baik-baik". Jin pendamping (Qarin) Rasulullah saw, adalah bernama Habib Al-Huda, beragama Islam dan menurut para ulama sampai sekarang beliau masih hidup, beliau tinggal di Baqi'. Beliau mempunyai majelis pengajaran tafsir dan hadis-hadis Rasulullah saw disana yang didatangi oleh jin-jin muslim. Hal ini bisa saja terjadi sebab mengingat umur rata2 Jin adalah panjang yang bisa mencapai ratusan dan ribuan tahun, seperti yang telah saya kemukakan pada topik sebelumnya. Bagi orang kita orang awam akan timbul pertanyaan : Apakah Jin pendamping muslim itu juga pasti muslim ..?, jawabnya tidak mesti. Kadang-kadang Jin pendamping seorang muslim itu adalah jin muslim, tetapi ada juga jin kafir, ateis, penyembah berhalah, kristen, yahudi. Jin pendamping (qarin) yang non muslim ini, bertengger dibahu kiri pada orang yang didampinginya, dan dia adalah pendukung kejahatan. Tetapi pengaruh manusia terhadap jin lebih besar ketimbang pengaruh jin terhadap manusia. Jin Pedamping yang muslim, sangat mencintai orang muslim yang didampinginya dalam derajat yang tidak dapat dibayangkan oleh manusia. Dia melindungi manusia yang didampinginya dari berbagai bahaya, dan membantu untuk melaksanakan ketaatan kepada Allah. Ketika anda lupa sholat dia membantu mengingatkan dan membangunkan anda. Dia tidak pernah meninggalkan orang muslim yang didampinginya kecuali orang tsb sedang menggauli istrinya. Ketika sang suami isteri sudah masuk kamar dan pintu ditutup, maka Qarin dengan sekejap sudah berada di Mekkah untuk sholat disana, dan balik lagi dalam waktu sekejap kerumah orang muslim tsb. JIn pendamping dikuatkan oleh dalil Al-Qur'an dalam (QS. Qaf: 23-31).

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

Bagai mana tentang perkawinan manusia dengan Jin. mungkinkah itu..? Berdasarkan dalil Al-Qur'an dan logika manusia, hal tersebut tidak mungkin terjadi, sebab manusia dan jin mempunyai wujud tubuh dan watak yang berbeda, walaupun disisi lain terdapat banyak kesamaan. Allah berfirman dalam (QS. Ar-Rum :21); "Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia telah menjadikan pasangan-pasangan dari jenismu, agar supaya kamu tenang bersamanya, dan menjadikan diantaramu cinta dan kasih sayang". Ayat yang mulia ini berlaku untuk Jin dan manusia, maksudnya manusia hanya bisa kimpoi dengan manusia saja, dan begitu pula Jin hanya bisa kimpoi dengan sesama jin. Kalaupun itu terjadi..maka ada pengecualian yang memerlukan penelitian para ulama lebih lanjut berdasar kepada dalil Al Qur'an dan Hadis Rasulullah saw. Yang sering terjadi adalah : Jin kafir ikut bergabung (masuk) kedalam tubuh suami dan melakukan senggama, bahkan bisa pula ianya mengeluarkan nutfahnya bersama2 dengan suami tsb, dan meninggalkan nutfah tersebut didalam rahim istrinya. Atau Jin kafir (setan) datang dengan merubah bentuk seperti seorang suami bahkan mirip dengan suami seseorang wanita yang didatanginya dan melakukan bersetubuan dengan wanita tersebut sebagai mana layaknya seorang suami, namun sperma yang bercampur dengan sperma jin tidak dapat membuahkan kehamilan didalam rahim wanita, sebab sperma jin dapat merusak sperma manusia bersamanya. Adapun halnya dengan Jin muslim, tidak bisa berubah bentuk, dia tetap pada bentuk tubuh aslinya terutama jin pendamping (Qarin), sebab merubah bentuk dalam masyarakat Jin adalah suatu hal yang sangat tabuh, dan disamping sangat susah untuk dilaksanakan ianya juga mempunyai resiko yang tinggi, yang bisa berakibat fatal terhadap Jin yang bersangkutan. Untuk itu Rasulullah selalu menganjurkan membaca do'a berikut ini setiap sebelum menggauli isteri yaitu : " Bismillahi Allahumma jannii bissyaithan wa jannibissyaitanama razaqtana" kemudian menbaca: " Bismillahillazii Lailaaha illahuwa". qarin= sejenis bangsa jin juga. setiap manusia dilahirkan bersama qarinnya. jika jasad mempunyai bayang yang sentiasa mengikut (selagi ada cahaya), 'bayang' bagi ruh adalah qarin. qarin Rasulullah sallallahu alaihi wasallam telah dididik sehingga menjadi qarin yang taat dan mendorong ke arah kebaikan. bagi orang orang yang soleh, apabila mereka meninggal dunia, maka qarin mereka akan menunggu di kubur mereka.yang tak berapa soleh tu, berkeliaranlah agaknya atau melepak kat mana mana. kalau tak salah aku, mereka akan hidup sehingga hari kiamat, yakn sehingga semua makhluk dibinasakan dengan tiupan sangkakala. dikatakan orang bahawa qarin gemar mengulang saat saat akhir peristiwa kematian tuannya.

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

misalnya jika seseorang kemalangan di suatu simpang, orang orang akan sering melihat qarinnya di situ. contoh peristiwa yang sering berlaku: seorang telah kemalangan ketika memandu laju dan berlumba lumba menggunakan volswagen kuning di lebuh raya karak (bukan nama lebuhraya sebenar). pemandu pemandu yang melewati lebuh raya tersebut akan sering terserempak dengan volkswagen yang suka memotong dan nak ajak race. pemandu pemandu yang teruja akan berlumba dan berakhir dengan nahas jalanraya. seseorang mungkin membunuh diri dengan menggantungkan diri atau terjun dari bangunan tinggi. akibatnya, orang orang yang menyewa bilik atau rumah tersebut akan sering melihat qarin ini mengulangi perbuatan menggantungkan diri tersebut. atau jika membunuh diri dengan terjun dari bangunan tinggi, penghuni penghuni flat atau kondominium itu mungkin akan bertemu dengan qarin yang berlegar legar di ground floor berlumuran darah atau bersepai kepalanya akibat terhempas. dikatakan bahawa semasa pembinaan jembatan pulau pinang, banyak manusia telah dikorbankan (di potong kepala) untuk menjamu jin yang menempati laut di situ supaya tidak menganggu kerja kerja pembinaan. (tidak pasti sama ada badan dipersembahlkan juga). akibatnya, pemandu pemandu jembatan pulau pinang sering ditumpangi oleh qarin manusia tanpa kepala tersebut...biasanya pemandu akan bertanya'" awak pernah dengar tak hantu takder kepala, tak takut ke?"..qarin pulak jawab," macam ni ker?' sambil mencabut kepala beliau. terkadang kadang pemandu yang baik hati telah menumpangkan seseorang yang keseorangan di suatu jalan. penumpang akan meminta supaya di hantar ke rumahnya. biasanya qarin akan tertinggal dompet atau barang barang lain. apabila pemandu yang baik hati tadi sampai di rumah dan menyedari ada barang tertinggal, kemudian pergi memulangkan barang tersebut pada keesokan harinya, biasanya akan tiba ke kubur (malam tadi kat situ ada rumah). atau mungkin tiba ke suatu rumah, tapi orang rumah akan cakap bahawa pemilik barang tersebut telah mati beberapa lama sebelum ini. ada peristiwa di mana pemandu teksi telah menghantar qarin ke suatu tepat. apabila tiba di situ didapati ia adalah tapak highland tower yang runtuh. qarin dapat menyamai tuannya/kembarnya sehingga 70% (mungkin lebih), dapat meniru suara tuannya dan juga mengetahui banyak perkara yang telah dialami oleh tuannya. seringkali mereka dipanggil dalam upacara menurun, misalnya qarin ini mengatakan bahawa beliau ialah datok panglima Hitam dan sebagainya. suara pun macam tuannya dan dapat pula menceritakan dengan tepat apa yang telah berlaku kepada diri tuannnya untuk membuktikan bahawa beliau adalah sebenar benarnya dato panglima Hitam. sering juga qarin dipanggil dalam permainan spirit of coin. apabila meninggal dunia, mereka yang soleh akan tinggal di tempat yang penuh kenikmatan, sementara yang tidak soleh akan tinggal di dalam kesengsaraan, yakni diazab secara berterusan di dalam kubur. Sudah tentulah mereka tidak diberi peluang berehat serta merayau rayau di dunia untuk menyakat manusia yang masih hidup. jadi, yang merupa dan mengganggu manusia ialah mereka yang masih hidup dan bernyawa

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

(Parusky) Secara garis besarnya apa yg dikatakan memang begitu adanya,.mereka (4) harus di Islamkan, sebab kalau tidak mereka akan semau-maunya atau tidak terkontrol. Untuk meng Islamkan mereka memang banyak sistem atau metode yg diterapkan, dan itu semua tergantung pengetahuan seseorang. Saya ambil contoh pengalaman pribadi EmberDobol pada waktu dia di Islamkan. Disitu sang Ajengan bertanya ke dia sebanyak 4 kali yang bunyinya: " Apakah Anakda Ikhlas beragama Islam" sebanyak 4x diulang-ulang. Pengulangan2 yg sebanyak 4x itu sebenarnya sang Ajengan sedang bertanya kepada si Qorin. Kemampuan unsur Papat juga ada spesifikasinya. 1. Untuk menyerap Ilmu atau pengetahuan. 2. Untuk Harta atau materi. 3. Untuk Bertempur adu kesaktian(orang2 terdahulu) 4. Untuk sebagai Duta atau Utusan Unsur Papat tsb akan muncul bila kita kehendaki......mereka itu persis sama seperti kita (seperti kita berkaca).......kita tertawa mereka juga ikut tertawa,...kita menggaruk mereka juga ikut menggaruk..dst..dst..dst. Demikianlah yg saya ketahui walau secara global(garis besarnya) mudah2an ada manfa'atnya.

V.

Sedulur Papat Lima Pancer : Aplikasi dan Implikasi V.1. Penjabaran dari Pemahaman Kalimah Saudara Lahir Batin : “Sang Ratu kepyok (kakang kawah) sang ratu herang putih (adi ari2)” “Kadulur bathin ka anak bathin” , saudara bathin kita yg berupa anak bathin “Kanu opat lima pancer”, yang berjumlah empat dan kita sebagai pancernya “Ya Allah aku mohon diantar kadulur bathinku kaanak bathinku Yang hidup dalam satu hari satu malam” Bermakna permohonan kepada The Supreme Ultimate (yaitu Sang Maha Pencipta) Agar supaya kita diantar atau dipersatukan kembali kepada saudara empat Yg hidup bersama kita 24 jam setiap harinya. “Wahai dulur bathinku anak bathinku bantulah aku”… Bermakna perintah dan penyadaran /pengajakan untuk kebersamaan Mengatasi seluruh permasalahan hidup kita sebagai manusia. “Berkat La ilaha illAllah Muhammadur Rasulullah” Dengan berkah kalimah syahadat sebagai bentuk Visi Aqidah “Aku tahu asalmu 204 sambungan” bermakna pengasalan sebagai “Ilmu Asal” dari pemahaman hikmah “Inna lillahi wa inna ilaihi ro-ji-un”

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

yg menurut keterangan “petuah” ahli hikmah terdahulu dikatakan barangsiapa yg tahu mengasalkan segala sesuatu maka tak akan dimakan oleh sesuatu itu siapa yg tahu pengasalan besi tak akan dimakan besi siapa yg tahu pengasalan api tak akan dimakan oleh api siapa yg tahu pengasalan air tak akan tenggelam dimakan air siapa yg tahu pengasalan tanah tak akan hancur tubuh dimakan tanah dan seterusnya.. “HU ALLAH” bermakna “kalimah kunci keputusan Haq” hakekat semua adalah Dia semata hikmah pemahaman HUWALLAH dari Qul Huwallah Ahad Esa, Ahad, Alif, Alif mutakalliman wahid.. V.2. DAYA YANG BERASAL DARI SADULUR PANCER DAN PENG AKTIFAN V.2.a. Versi Ki Sawung yaitu saudara yang telah kumpul jadi "wewayangan" yg bernama Makdum Sarpin yg telah menguasai daya ini akan mampu dan mengerti petunjuk Allah dengan melalui perlambang2 dan dengan kemampuan2 yg diistilahkan dia "ma`unah" (untuk menjalani laku kehidupan) dan bisa menyebabkan jadi "dukun" dan punya kemampuan untuk melakukan Puter Giling dan mampu untuk mendatangkan kebutuhan duniawi jadi, siapapun yg mampu sampai kepada Daya Makdum Sarpin itu bisa memiliki Daya Kesejahteraan (apapun yg diinginkan terpenuhi) Daya yg berasal dari pengertian sadulur pancer ini adalah termasuk bagian dari "daya asor(bawah)" sebab terjadinya melalui jalan "kacipta" (penciptaan/keinginan) maka apapun yang merupakan "kacipta" itu adalah memang hanyalah kebutuhan2 duniawi saja, maka dinamakan "daya asor" dan belum termasuk dari "daya ala" (tinggi) (keterangan dari kitab Atassadhur Adammakna) laku nya: mandi pada malam hari 7x, setiap sejam sekali, mulai jam 23.00 selesai jam 05.00 pagi. diantara istirahat mandi itu harus berdiam diri sambil memperhatikan tanda2nya atau lsg ketemu jika sudah bertemu bacakan mantera ini: Bismillahirrahmanirrahiim Sangkun dat sukma, sukma kang ana sajabaning wayangan ni endang sukma kang mider ana sajroning wayangan sira aja ngaling2i aku aku arep ketemu kadangku kang sejati kang langgeng ora owah gingsir perlu................... jika belum berhasil maka ulangi cara2 tsb sampai malam yg ketujuh
Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

V.2.b. Versi Rizkyka Cara pengaktifan (1) 1. Lakukan niat berwudhu kemudian berwudhu. Gunakan air untuk berwudhu. Caranya; Ambil maksud tersirat wudhu dan air. Kemudian basuhlah.Wudhu arti katanya letakkan dan Air adalah perlambang ilmu/pengetahuan. Letakkan segala nafsu kita dengan memakai pengetahuan sesuai dengan kemampuan yang kita pahami. Pengetahuan disini dimaksudkan berbentuk suatu cara atau metode, umumnya hanya individu yang memahaminya. Bahasa kerennya point (1) adalah meditation, mengheningkan cipta. 2. Lakukan niat sholat dan bertakbirlah (Allahu). Caranya; Ambil maksud tersirat sholat dan takbir. Kemudian sholatlah. Sholat arti katanya hadap dan takbir adalah pernyataan. Hanya dia yang ada selainnya tidak ada. Metodenya Allahu, yaitu dengan metode mengikuti alunan nafas (keluar/masuk) tanpa bentuk kesengajaan dalam artian diatur, biarkan nafas berjalan sebagaimana mestinya. Bahasa kerennya point (2) adalah Concentration, menghimpun cipta 3. Hindari hal-hal yang membatalkan sholat. Caranya; Ambil maksud tersirat batalnya sholat. Kemudian akhiri sholat dengan salam. Saat masih merasa pada semua cipta-cipta, tapi sudah tidak mau menerima segala cipta tadi, usahakan untuk tidak kemasukkan segala sesuatu perihal keduniawian (seperti uraian diatas), dalam artian jangan bergerak atau berubah. Bahasa kerennya point (3) adalah Contemplation, mencurahkan segenap cipta kearah satu titik tujuan. 4. Berdoalah setalah Salam, dengan memulai bismillahi. Caranya; Ambil maksud tersirat doa dan bismillahi. Kemudian akhiri dengan Alhamdulillahi. Doa arti katanya mohon. Berkehendaklah setelah salam, dalam artian dengan sengaja mengeluarkan diri kita dari badan Madiyapada (jasmani + keduniawian). Bismillahi, asal kita adalah DIA. Ba=tempat, Siin=hakiki, mim=muhammad/manusia, Allahu. Dalam artian, berkesadaran penuh akan siapa diri ini, berserahlah (grounding). Bahasa kerennya point (4) adalah Initation (bukan pengertian umum), memandang Rerupa Yang Sejati . Initiation arti katanya adalah permulaan, awal. Apa/siapa yang diciptakan sebelum kita diciptakan, adalah Muhammad. Sebab itulah, dalam point (4) kita harus benar-benar menyerahkan diri sepenuhnya pada DIA. Adalah terjadi sebuah kesamaan frekuensi atau energi, bila kita benar menjalani point (1) s/d (4), yangmana disaat point (4) ini, umumnya yang terjadi, diawali oleh sebuah cahaya yang tak berbentuk. Selanjutnya akan tampaklah sesuatu, yaitu sama ceritanya pada saat nabi Muhammad menerima wahyu. Perlu Diketahui; Cara/sistem ini sangat memerlukan kepasrahan, dalam artian tidak terburu-buru dalam menjalaninya. Diperlukan kerileksasian, bebas dan tidak tegang serta tidak takut ataupun kaget.

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

Versi Pengaktivan (2) 1. Niat; Saya ingin mengaktifkan/mengontak sedulur bathin Saya.....untuk.. 2. Setiap sehabis sholat fardhu, dibaca 15 kali. Bismillahir ......... Allahumma sholli wassalim wabarik 'ala sayyidina Muhammadinin nuriddati wassiris saari fi saa-iril asmaa-i ........... wwassifati wa 'ala alihi washobihi wassalim. N.B: (........) adalah Alfateha tanpa bismillahir.... (Penafsiran Ki Sawung terhadap Versi Rizkyka)  berwudhu, cleansing , pembersihan diri, penyucian menetralkan "hawa kotor/negatif" akibat perbuatan dan perjalanan di hari itu laksana "cermin" jika tidak dibersihkan, bagaimana bisa "berkaca" dan "mempersiapkan diri" sebagai performance diri untuk "menghadap" dan "diterima" dan "menerima"  sholat dan takbir.setujukah temans jika kukatakan bahwa sholat adalah salah satu bentuk "energizing", karena bukankah "kita" yg perlu sholat, dan bukan sholat yg perlu kita? energizing dalam rangka penegakan "Alif" diri.dengan seruan "Allohu Akbar" sebagai passwordnya.. dan sampai pada bentuk "sholat" yg hidup dan setiap saat..(?)  Hal2 yg membatalkan sholat. sehingga sholat menjadi kutukan dan bukan menjadi kebaikan. di wilayah inilah "mengerikan".karena banyak contoh org2 yg rajin sholat malah menjadi tambah jahat dan ahlul maksiat.  Doa dimulai bismillahi, sebagai bentuk aplikasi "sosial immateri" support energy kpd diri dan sesame aku mengibaratkan doa sebagai grounding pada meditasi V.3. Komunikasi V.3.a. Salah Satu Cara Melihat Kenberadaan S45P yaitu yg awalnya adalah berwujud cahaya2 merah,putih, kuning dan hitam... ini teknis nya : "tekan dengan lembut ujung mata anda dengan telunjuk, mata dalam keadaan tertutup dua2nya..perhatikan, nanti akan muncul salah satu cahaya yg agak samar2 sering lakukan ini tiap hari maka hanya 4 cahaya tsb lah yg tampak berganti2an" V.3.b. Supaya Dijaga S45P sering kita mendengar ada orang kecelakan mesti dia telah hati2 konon waktu itu dia lupa kalau dia punya sedulur papat,nah untuk tau caranya gue dulu diajarin ama eyang gue sebelum kita menuju kemana-mana disuruh nyebut. niat ingsun ngawruhi kakang kawah adi ari ari aku njaluk jogoen rogoku budal slamet mulih slamet ora onok halangan opo2

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

V.3.c. Meminta bantuan Sedulur Papat Lima Pancer: kakang kawah adi arai-ari sedulur tuwa papat lima pancer sing dumunung ana ing awak ingsun jungkungana laku ingsun jabang bayine .......(sebutkan nama anda) bisa kasembadan apa sing ana ati lan pikiran ingsun yaiku....(sebutkan permintaan anda ex:bisa ketemu kalawan sira sedulur kabeh) kanti kalis ing sambekala padang panjang.... Amin... sebelumnya didahului dengan al fatihah bagi yang muslim, bapa kami bagi yang nasrani atau doa2 sejenis semoga bermanfaat V.4. S45P : Dalam Ilmu Hikmah , Bela Diri dan Aplikasi mari kita simak dari pendapat metafisika : "release your energy.. for love , money, health, and self defence.." kita harus akui kan kebutuhan primer manusia, secara global ya cuma 4 macam itu kan. kebutuhan akan cinta/kasih sayang, uang/kesejahteraan, kesehatan/pengobatan, dan keselamatan/beladiri/jagadiri. nah mulai selaras kan dengan aplikasi sadulur papat akan "kehidupan" manusia begitu pula dalam aplikasi seni tari dan seni beladiri langkah2 ke depan,belakang, kanan dan kiri. sebagaimana pula dalam aplikasi jurus yg utamanya adalah tidak lari dari 4 arah dan 4 inti gerakan. Salah Satu Teknik Keilmuan Bela Diri yang bernama "MasCungkub"

yang juga sangat mirip2 dengan "diagram" tenaga dalam tingkat tinggi yang dinamakan "Payung Rasul" dari aliran Margaluyu Payung Rasul, Payung Rasulullah, Payungan, Satrio Pinayungan. simbol payung yg selalu ada bersama para Sulthan/Khalifah.. yang pada sementara Sultan diantara yang pernah melakukan "teknik Manekung" atau dikalangan "orang kebanyakan" yg pernah melakukan teknik "kungkum" atau dikalangan praktisi thoreqoh, dengan "teknik zikrullahnya" atau dikalangan praktisi silat tenaga dalam, dengan teknik "pernapasannya" telah berhasil memayungi dirinya sendiri, dari godaan 4 nafsu dan kemudian juga "bisa" memayungi lingkungannya..

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

sebagai khalifatullah fil ardhi dan sebagai rahmatan fil `alamin. dan ingatlah.. sesungguhnya "ilmu" itu adalah bebas nilai layaknya "bayi" yg dilahirkan.. tergantung pada siapakah nantinya yang memegang dan mengasahnya dan memberikan "nilai2" dogmatis kepadanya. sebagai " fa aslama bihi" penyelamatan dan keselamatan serta selamat. Dalam filosofi syahbandar. "Berdiri Alif Bergerak Wau Berakhir Ya` " ( Huwa Al Awwalu Wa Al Aakhiru = Huwal awwalu wal aakhiru Wa Azh Zhohiru Wa Al Bathinu = Wazhzhohiru wal bathinu) Wa huwa bikulli syai-in Qodiir tuliskan pada diagram ( + ) Huwa (Alif) di tengah dan sekelilingnya; Awwalu, Akhiru, Zhohiru,Bathinu. V.4.a. PERHATIKANLAH BALITA.. ketika bayi lahir. kepalanya / ubun2 ber denyut2 lembut. ketika "bernafas" , mereka melakukan pernafasan perut. jika balita kaget, cobalah pegang perutnya.. kencang.balita sering "ngobrol" dengan teman "misterius" yg "tanpa ujud.." jika terjadi kecelakaan dalam satu rombongan yg ada balita/bayi biasanya 90% bayi dan balita yg selamat.bayi dan balita, memiliki pandangan mata yang mampu melihat "gaib" bahkan dikatakan mampu melihat malaikat. bahkan balita yg suka menggambar perhatikanlah. suka menggambar yg "aneh2" dari "gaib" yg sering dilihatnya. fenomena sadulur papat lima pancer.. dan ketika saatnya lepas dari umur lima tahun. ketika pernafasan perut telah pindah ke dada. kemampuan2 itu semuanya.. secara perlahan.. sirna. awal belajar silat maka ketahuilah. kelemahan manusia terletak pada "perut" kekuatan manusia terletak pada "perut" maka perhatikanlah "bayi" kembalikan dirimu tatkala masih bayi kesimpulan: lakukan pengolahan pada "Perut".. pernafasan perut..seperti yg dilakukan oleh bayi.. ( power of solar plexus ) SEDULUR PAPAT LIMA PANCER (Saudara Empat Lima Pusat) Mengambil dari Kitab Kidungan Purwajati ,disebutkan bahwa “Saudara Empat” itu adalah Marmati, Kawah, Ari – ari (plasenta/ tembuni) dan Darah yang umumnya disebut Rahsa. Semua itu berpusat di Pusar yaitu berpusat di Bayi. Jelasnya mereka berpusat di setiap manusia. . Puser (Tali pusat) itu umumnya gugur (Pupak) ketika bayi sudah berumur tujuh hari. Tali pusat yang copot dari pusar juga dianggap saudara si bayi. Pusar ini dianggap pusatnya Saudara Empat. Dari situlah muncul semboyan ‘Saudara Empat Lima Pusat’

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

V.4.b. Dalam Bela Diri Belajar silat itu ada 4 yg di olah: -Darah, - Nafas, -Cipta, -Rasa. mengolah darah maksudnya dari melaksanakan jurus2 mengolah nafas maksudnya menyempurnakan jurus mengolah cipta maksudnya untuk aplikasi jurus mengolah rasa maksudnya untuk hidupnya jurus tatkala sampai pada " hal olah cipta "maka seperti yg dimaksud ini: Daya yg berasal dari pengertian sadulur pancer ini adalah termasuk bagian dari "daya asor(bawah)" sebab terjadinya melalui jalan "kacipta" (penciptaan/keinginan) maka apapun yang merupakan "kacipta" itu adalah memang hanyalah kebutuhan2 Duniawi saja, maka dinamakan "daya asor" dan belum termasuk dari "daya ala" (tinggi) PANCER: Berdiri/tangtungan Alif, isi, sambungkan frekuensi kpdNya GERAK : - tolak ( nafi ) jeblag - tarik ( itsbat ) tarik - berputar ( daur) liwat - angkat/jatuhan ( a`la/ safil) angkat teundeut jika sambil melakukan pengencangan diafragma perut pada solar plexus, di aslamakan dengan : 1. Ya Allah 2. Ya Hayyu 3. Ya Qoyyuum 4. Ya Azhiim 5. Ya Robbal `aalamiin (Suatu Pengalaman Ki Sawung )Ketika dulu aku pengen betul mempelajari ilmu layang sukma.aku bertemu seorang guru dari aliran "Saudara Lahir Batin" dia mengajarkan aku kalimah ini: Bismillah.. dst Ya Allah Ya Hayyu Ya Qoyyum Ya Azhim Ya Robbal `Alamin Subhana abaisil warisi ya robbi inni maghlubun fantashirni Bismillah.. dst Kun kata Allah, Fayakun kata Muhammad, Robbukum kata Jibroil Ya Jibroil Ya Mikail Ya Isrofil Ya Izroil Yaiku Sang Ratu Kepyok Sang Ratu Herang putih Kadulur bathin ka anak bathin kanu opat lima pancer Ya Allah aku mohon diantar kedulur bathinku ke anak bathinku yang hidup dalam satu hari satu malam Wahai dulur bathinku anak bathinku , bantulah aku............. berkat la ilaha illallah muhammadur rasulullah aku tahu asalmu 204 sambungan. Hu Allah

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

ini setelah diamalkan dengan cara tertentu kemudian berakibat hadirnya 4 cahaya bergantian, dan ada satu cahaya yg sangat sering hadir yg dengan cahaya yg sering hadir itulah sang guru menetapkan kebijakan dan arahan lanjutannya setelah itu.... bertemulah dengan seseorang yg sangat mirip diri sendiri namun dengan ujud yg tak lengkap. dia memberitahu "kunci diri pribadi" yg dengan kunci itulah dipakai untuk menjalankan tata cara dari sang guru untuk layang sukma yaitu pemunculan diri di beberapa tempat secara bersamaan waktunya Misteri Sabuk Kebal Si Pitung legenda si pitung jawara Betawi memang sangat2 mengasyikkan apalagi yg selalu menjadi perhatianku selama ini dan yang membuatku sangat2 penasaran, ialah sabuk angkin Si Pitung yang menurut ceritanya, mampu membuat kebal senjata bahkan kebal peluru akhirnya.. setelah kurang lebih 20 tahun masa pencarian terbuka juga titik terangnya, tentang rahasia di balik misteri sabuk kebal Si Pitung.. bermula suatu hari aku menemukan suatu isim rajahan yg dikatakan sebagai replika jimatnya Si Pitung yang berisi simbol2 rajahan dan do`a yg memang langka.sehingga suatu hari pula, di thread Hizib, ada rekan kita yg menanyakan tentang makna Hizib 40 Kaf. dan Alhamdulillah, special thanks for @saungkabut yang telah memberikan kalimah2 dari 40 kaf. dan ditambah informasi dari seseorang pesilat handal aliran Cingkrik Goning yang mengatakan bahwa.. Ilmu 40 Kaf ialah ilmunya Si Pitung yang didapat secara gaib dan keramat, dari jalan berguru secara gaib karomah kegaiban keramat Luar Batang, Al Habib Husein Alaydrus (guru gaib Si Pitung) sehingga. terbukalah tabir misteri sabuk kebal si pitung ternyata adalah pegangan berupa Hizib 40 Kaf yg mana terdapat dan tertulis pada isim yg kudapatkan tsb bahwa ini kutuliskan karena terdapat hubungan pd akhirnya bahwa Si Pitung ternyata.. pemegang dan membuktikan ajaran S45P. Rajahan Sabuk Angkin Si Pitung

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

Silahkan perhatikan.. dirajahan tsb ada Hizib 40 Kaf .. di pojok kiri atas dan Kaf Ha Ya `Ain Shod di pojok kanan bawah diceritakan sejarahnya pula bahwa ilmu silat yg dipegang Si Pitung ternyata Silat Cingkrik (Silat Betawi).. yang mana silat Cingkrik dan juga seluruh persilatan lainnya di Betawi semua menganut langkah2 empat ka lima pancer.. VI. RAMBU DALAM MEMAHAMI S45P sebagaimana kita tahu, bahwa mengasalkan kembali segala sesuatu adalah salah satu jalan keselamatan, layaknya jika ada penyakit, maka kita akan bisa menganalisis akar permasalahan untuk menemukan obatnya.. sekarang.. kembalikan kesadaran kita kepada " Inna lillahi wa inna ilaihi ro-ji-un" "Asal dari Allah kembali kepada Allah" sering2lah kita masuk kepada kesadaran itu tatkala sedang berjuang dan menimba ilmu melewati jalan yg "berliku" dan "di pinggir jurang" sekali lagi supaya kita "selamat" dan mulaikanlah atas segala apa2 yg kita perbuat dengan "Bismillah" akhirilah dengan "Alhamdulillah" dan jika perasaan ta`jub datang ucapkanlah "Subhanallah" dan jika perasaan lemah dan takut dan salah, datang... "Astagfirullah" dan jika berbahagia ucapkanlah "Allahu Akbar"

sesungguhnya "cukup" hanya dengan "Bismillahirrahmanirrahiim" semua sudah "kita ajak" apakah itu sadulur papat, malaikat, jin, dll cukup hanya "basmalah" semua itu menjadi rela..

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

"Innahu min Sulaimana wa innahu Bismillaahirrahmaanirrahiimi" {kalam Allah kepada Sulaiman AS} "Sesungguhnya ini dari Sulaiman dan dengannya "Bismillaahirrahmaanirrahiimi".." "Alaa ta`lu `alayya wa atuunii muslimiin"

kesimpulan Bismillahirrahmanirrahiimi ada pada harful "Ba`" sadulur papat pancernya berpusat pada "Pusat"/Puser menjadilah harful "Nun" jika "titik pusat" ada diatas menjadilah harful "Ba`" jika "titik pusat" ada dibawah Nun.. Wal Qalami wama yasthuruun (Demi "Nun" dan demi Kalam dan apa2 yang "tertulis") Ba`.. Bi Asma Illahi.. Bismillahi.. Titik ( Noktah ) adalah Sir didalam Sir ada Rasa Rasa sa`jeroning Rasa didalam Rahasia ada... kesimpulan harful Ba` ada pada noktah (titik) dan dijadikan manusia dari titik (min nutfatin kholaqohu faqod daroh) Wallahu a`lam bish shawab

coba artikan naga sebagai "kundalini" yang terletak di "ajbudz dzanab" (tulang ekor) = muladhara chkra "yg pada masanya nanti, dari situlah manusia akan dibangkitkan kembali" (menurut riwayat Al Hadits tentang Ajbudz dzanab)
Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

coba artikan Semar sebagai Samar sebagai "SIR" ( Ya Hu Sirrullah ) coba ingat kembali mengapa "Buroq" sebagai kendaraan Rasulullah di Cirebon digambarkan sebagai "berkepala wanita" (ada lagi yg menggambarkan nafsul muthmainnah sebagai burung yang menjelma menjadi simbol burung Abdul Jabbar, yg oleh Bung Karno dengan seizin K.H.`Amilin kemudian dibentuk menjadi simbol burung Garuda) yang menurut Imam Abbas bin Ali Albuni (Syamsul Ma`arif Al Kubro) nama `Abdul Jabbar adalah nama yg diberikan kepada tiga mahluknya : Jibril , Musa AS, Rasulullah SAW) dan coba renungkan ada pendapat yg mengatakan bahwa "ROH IDHOFI" laki2 adalah "sifat berupa wanita" dan ROH IDHOFI wanita adalah "sifat berupa laki2"

VII.

BEBERAPA PEMAHAMAN YANG BERKAITAN Suzaku Musha Dalam Bismillah, inti dari Maha pengasih dan Maha Penyayang itu apa hubungannya dengan Sedulur Papat Lima Pancer ini dan Nukat Gaib?? sperti yang @Vibel pernah nyatakan Sebelum ada segala sesuatu, yg ada pertama kali adalah ALLAH, berada didalam Nukat Ghaib, berjuluk KUN yaitu DZAT SEJATI. Nukat artinya ialah Biji (Titik), sedangkan GHOIB artinya SAMAR; jadi Nukat Ghoib artinya adalah “titik yang samar” NUR MUHAMMAD ialah cahaya yg terang benderang, tanpa bayangan dan dinamakan Sifat Sejati. KUN dilanjutkan dengan FAYAKUN. KUN artinya Kalam Allah, perkataan tunggal untuk selamanya dan disebut ASMA` SEJATI. FAYAKUN artinya menjadi terhampar selamanya, dan disebut AF`AL (perbuatan) SEJATI. Semuanya itu menjadi asal muasal kehidupan dan disebut ANASIR SEJATI. Jadi Allah itu memiliki atau menjadikan dari anasir yang empat seperti tsb diatas yaitu ; DZAT , SIFAT , ASMA` , AF`AL . Itu semua menjadi asal kejadian ROH, yaitu asal muasal Kehidupan. Nukat ghoib setelah terkena Kalam Allah lalu bergetar. Getaran Nukat Ghoib kemudian memunculkan Roh Idhofi yaitu cahaya jernih yg memancar berkilauan yg juga disebut Roh Sejati, wewayangan dari Dzat Sejati. Roh Idhofi kemudian bergetar dan memunculkan cahaya warna warni yaitu Hijau , Kuning , Putih, Merah, dan Hitam. Cahaya lima warna tersebut masih bergetar. Getarannya menjadi sarana bagi

KI SAWUNG

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

Jasad Kasar Halus yang menjadi wadah bagi Roh Kita sehingga bisa bergerak serta bersuara , suara batin dan suara lisan. apakah telah dapat ditangkap makna tersirat dari kalimat diatas yg dengannya dapatlah disimpulkan Ki Sawung Ajaran S45P Mpu Wesi Geni bermula dari mengamalkan dan menghayati 4 ayat terakhir Surah Al Kahfi kemudian menemukan pencerahan Kursani pada Surah Al Hadid dan penyelarasannya pada Surah Al Waqiah, Al Hadid + Al Waqiah = Wesi Geni = Emas = Aurum.. Ki Sawung Kaf <==========>ha Ha <==========>Mim Ya <==========>`Ain `Ain <==========> Sin Shod <==========> Qof Kama in anzalnahu minas sama-i fahtalato bihi nabatul ardhu fa asbaha hasyiman tadzruur riyah Huwallohul ladzi la ilaha illa huwa `alimul ghoibi was syahadati huwar rohmanur rohiM Yaumal azifata idzil quluba ladal khanajiri kazimina maliz zolimina min hamimi wala syafi iy yutho`a `Alimat nafsun ma akhdorot fala uqsimul jawari bil khunnasil kunnas wal laili idza `as `asa was sub hi idza tanaffaS Shod wal qur-ani dzi dzikri billadzina kafaru fi `izzati wa syiqoQ 1. Al Kahfi 2. Al Hashr 3. As Syuura 4. At Takwir 5. Shaad asmat Laku merukunkan S45P. 2 laku utama yang wajib... 1. Jangan meludah 2. Jangan tolak pinggang Jangan meludah: Badanmu dari tanah..semua yang bisa dipegang ya dari tanah..tanah ya orang tuamu..orang tua kok diludahi.. Jangan tolak pinggang: Alam itu kan sejatinya kosong... yang jangan bikin yang kosong sendiri.

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

Disusun : TkgPoto dan Bathara Semar

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->