P. 1
Standar 2 & 5 borang institusi fakultas ekonomi unsoed

Standar 2 & 5 borang institusi fakultas ekonomi unsoed

|Views: 2,268|Likes:
Published by warsidi

More info:

Published by: warsidi on May 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/30/2013

pdf

text

original

STANDAR 2.

TATA PAMONG, KEPEMIMPINAN, SISTEM PENGELOLAAN DAN PENJAMINAN MUTU
2.1 Tata Pamong Tata pamong adalah suatu sistem yang dapat menjadikan kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu berjalan secara efektif di dalam universitas/institusi yang mengelola program studi. Hal-hal yang menjadi fokus di dalam tata pamong termasuk bagaimana kebijakan dan strategi disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan terpilihnya pemimpin dan pengelola yang kredibel dan sistem penyelenggaraan program studi secara kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan menerapkan prinsip-prinsip keadilan. Organisasi dan sistem tata pamong yang baik (good governance) mencerminkan kredibilitas, transparansi, akuntabilitas, tanggungjawab dan keadilan Fakultas/Sekolah Tinggi dalam mengelola program studi. Uraikan secara ringkas sistem dan pelaksanaan tata pamong di Fakultas/Sekolah Tinggi untuk memilih pemimpin dan membangun sistem tata pamong yang kredibel, akuntabel, transparan, bertanggung jawab dan adil. Pemilihan unsur pimpinan fakultas, senat fakultas, dan pimpinan program studi di lingkungan Fakultas Ekonomi Unsoed telah delaksanakan sejalan dengan prinsip-prinsip tata pamong. Dekan dan pembantu dekan, anggota senat fakultas, serta ketua dan sekretaris program studi dipilih secara demokratis dari dosen yang telah memenuhi syarat, baik administratif maupun akademik. Dengan terbukanya peluang bagi siapa saja untuk memimpin fakultas, tata pamong Fakultas Ekonomi Unsoed menjamin terciptanya prinsip keadilan. Syarat administratif dan akademik dimaksudkan untuk menghasilkan kepemimpinan yang kredibel. Tata pamong di Fakultas Ekonomi Unsoed juga telah dilaksanakan secara transparan dan akuntabel. Strategi dan kebijakan dalam rangka pencapaian visi dan misi fakultas selalu diambil atas persetujuan senat fakultas dan dipertanggungjawabkan pencapaiannya secara berkesinambungan. Sistem tata pamong Fakultas Ekonomi Unsoed juga telah dilengkapi dengan unit penjaminan mutu. Unit ini dikembangkan untuk memberikan jaminan yang layak bahwa visi, misi, tujuan, serta sasaran fakultas dapat dicapai. Unit ini juga dirancang agar Fakultas Ekonomi Unsoed dapat melaksanakan perbaikan secara berkelanjutan dalam hal penyelenggaraan tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, dan adil dapat terlaksana secara berkelanjutan.

BAN-PT: Portofolio Fakultas/Sekolah Tinggi, Akreditasi PS Sarjana 2010

1

.2 Struktur Organisasi, Koordinasi dan Cara Kerja Fakultas/Sekolah Tinggi Gambarkan struktur organisasi Fakultas/Sekolah Tinggi serta tugas/fungsi dari tiap unit yang ada.

Sesuai dengan keputusan Rektor Unsoed No.Kept.205/J23/KP/2006, tanggal 11 Juli 2006, Organisasi Fakultas Ekonomi Unsoed terdiri dari:
1. Unsur pimpinan yaitu Dekan dan Pembantu Dekan Fakultas Ekonomi Unsoed dipimpin oleh Dekan dan tiga orang Pembantu Dekan yang terdiri atas Pembantu Dekan I (Bidang Akademik), Pembantu Dekan II (Bidang Administrasi dan Keuangan) dan Pembantu Dekan III (Bidang Kemahasiswaan). Pembantu Dekan bertanggungjawab kepada Dekan. 2. Unsur Fakultas yaitu Senat Fakultas Senat Fakultas merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi Fakultas yang memiliki wewenang untuk merumuskan kebijakan dan peraturan pokok fakultas. 3. Unit Penjaminan Mutu Fakultas Ekonomi Unit ini dikembangkan untuk memberikan jaminan yang layak bahwa visi, misi, tujuan, serta sasaran Fakultas dapat dicapai. Unit ini juga dirancang agar Fakultas Ekonomi Unsoed dapat melaksanakan perbaikan secara berkelanjutan. 4. Unsur Pelaksanaan Akademik Unsur pelaksanaan akademik terdiri dari Jurusan, Program Non Reguler, Program Diploma, Program Profesi PPAk, Laboratorium Komputer dan Bahasa, Pusat Informasi Ilmiah dan Dosen Jurusan dan Program Studi yang ada di Fakultas Ekonomi Unsoed adalah : a. Untuk Program S1 Reguler terdiri dari Jurusan Manajemen, Jurusan IESP dan Jurusan Akuntansi. b. Untuk Program S1 Non Reguler (Ektensi) terdiri dari Jurusan Manajemen, Jurusan IESP dan Jurusan Akuntansi. c. Untuk Program D3 terdiri dari Program Studi Kesekretariatan, Program Studi Administrasi Keuangan, Program Studi Akuntansi, dan Bisnis Internasional d. Untuk Program Profesi, yaitu Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)

Laboratorium yang ada di Fakultas Ekonomi terdiri dari laboratorium Komputer, laboratorium Bahasa, laboratorium Pengembangan Akuntansi, laboraturium Pengembangan Manajemen dan laboratorium Pengembangan IESP.
5. Unsur Pelaksanaan Administrasi.

Unsur pelaksanaan administrasi mempunyai tugas melaksanakan administrasi pendidikan, umum, perlengkapan, kepegawaian, keuangan, dan kemahasiswaan.
Bagian Tata Usaha dipimpin oleh seorang Kepala Bagian dengan membawahi 4 sub bagian yang masing-masing sub bagian dipimpin oleh seseorang kepala sub bagian yaitu: a. Sub Bagian Pendidikan. b. Sub Bagian Umum dan Perlengkapan. c. Sub Bagian Keuangan dan Kepegawaian. d. Sub Bagian Kemahasiswaan

BAN-PT: Portofolio Fakultas/Sekolah Tinggi, Akreditasi PS Sarjana 2010

2

2.3 Kepemimpinan Kepemimpinan efektif mengarahkan dan mempengaruhi perilaku semua unsur dalam program studi, mengikuti nilai, norma, etika, dan budaya organisasi yang disepakati bersama, serta mampu membuat keputusan yang tepat dan cepat. Kepemimpinan mampu memprediksi masa depan, merumuskan dan mengartikulasi visi yang realistis, kredibel, serta mengkomunikasikan visi ke depan, yang menekankan pada keharmonisan hubungan manusia dan mampu menstimulasi secara intelektual dan arif bagi anggota untuk mewujudkan visi organisasi, serta mampu memberikan arahan, tujuan, peran, dan tugas kepada seluruh unsur dalam perguruan tinggi. Dalam menjalankan fungsi kepemimpinan dikenal kepemimpinan operasional, kepemimpinan organisasi, dan kepemimpinan publik. Kepemimpinan operasional berkaitan dengan kemampuan menjabarkan visi, misi ke dalam kegiatan operasional program studi. Kepemimpinan organisasi berkaitan dengan pemahaman tata kerja antar unit dalam organisasi perguruan tinggi. Kepemimpinan publik berkaitan dengan kemampuan menjalin kerjasama dan menjadi rujukan bagi publik. Jelaskan pola kepemimpinan dalam Fakultas/Sekolah Tinggi. Melalui mekanisme kepemimpinan yang demokratis, visi, misi, tujuan, dan sasaran fakultas juga dikembangkan secara partisipatif. Di masa mendatang, unit penjaminan mutu akan melaksanakan evaluasi diri secara berkala dengan melibatkan semua unsur fakultas. Melalui evaluasi diri yang dilaksanakan secara berkala dan partisipatif ini diharapkan terlahir visi Fakultas Ekonomi yang prediktif dan berorientasi ke depan serta “dimiliki bersama” oleh semua unsur Fakultas. Selama ini, visi dan misi Fakultas Ekonomi Unsoed memang masih dikembangkan secara top-down, di mana unit perencanaan menyusun rencana strategis (renstra) fakultas. Renstra ini kemudian disampaikan kepada pimpinan, disahkan oleh senat fakultas, dan disosialisakan kepada semua unsur fakultas. Pola kepemimpinan dan perencanaan strategis yang telah ada selama ini sebenarnya telah mampu menciptakan budaya organisasi yang di-drive oleh sistem. Visi, misi, tujuan, dan sasaran fakultas tetap menjadi acuan operasional, panduan penyelenggaraan organisasi dan peran fakultas di masyarakat. Kelemahan mendasar justru terletak pada sejauh mana visi dan misi itu dimiliki dan dipahami bersama oleh semua unsur fakultas. Dengan telah terbentuknya unit penjaminan mutu di tingkat fakultas, pengembangan renstra dan renop diharapkan lebih terfokus, didasarakan kepada proses evaluasi diri yang partisipatif, sehingga renstra, renop, kebijakan, standar operasi, standar etika, sistem rewards and punishment, dan budaya organisasi yang dihasilkan menjadi lebih responsif, serta berorientasi ke masa depan.

BAN-PT: Portofolio Fakultas/Sekolah Tinggi, Akreditasi PS Sarjana 2010

3

2.4

Sistem Pengelolaan Sistem pengelolaan fungsional dan operasional program studi mencakup planning, organizing, staffing, leading, controlling, serta operasi internal dan eksternal. Jelaskan sistem pengelolaan Fakultas/Sekolah Tinggi serta ketersediaan Renstra dan Renop.

Kekuatan utama dalam sistem pengelolaan di Fakultas Ekonomi Unsoed terletak pada visi, misi, tujuan, dan sasaran yang dirumuskan oleh unit perencanaan sebagaimana terdokumentasikan di dalam rencana strategis (renstra). Renstra juga memperhitungkan isu-isu strategis serta program-program prioritas yang kemudian dijabarkan dalam rencana operasional (renop). Renstra dan renop yang disepakati bersama dengan senat fakultas inilah yang menjadi panduan utama bagi pimpinan fakultas dalam menjalankan organisasi fakultas. Untuk memandu dan mengarahkan perilaku, pimpinan, dosen, dan karyawan juga telah dilengkapi dengan standar etika, prosedur operasi standar, serta uraian pekerjaan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Dalam kaitannya dengan program studi, visi dan misi fakultas kemudian diturunkan dengan penekanan kepada bidang ilmu yang menjadi fokus kajian masing-masing program studi. Fakultas sebagai organisasi yang menaungi program studi juga menjalankan fungsi koordinasi, terutama dalam hal penggunaan resources bersama sehingga sumber daya yang dikelola fakultas dapat dimanfaatkan secara efektif, efisien, dan ekonomis. Kebijakan fakultas juga telah terdokumentasikan dengan baik melalui berbagai manual dan buku pedoman. Sosialisasi kebijakan juga dilakukan melalui berbagai forum rapat, baik di tingkat pimpinan, maupun rapat koordinasi yang melibatkan berbagai unsur fakultas. Manual dan pedoman inilah yang kemudian dijadikan dasar oleh pimpinan untuk menilai kinerja masing-masing unsur, termasuk program studi, di lingkungan Fakultas Ekonomi Unsoed. Unsur pimpinan sendiri, pada gilirannya, diharuskan untuk menyampaikan pertanggungjawaban secara berkala, baik dalam bentuk laporan tahunan maupun laporan akuntabilitas yang diaudit secara internal. Keberadaan unit penjaminan mutu di tingkat Fakultas Ekonomi juga diharapkan akan meningkatkan efektivitas fungsi pemantauan dan evaluasi kinerja organisasi. Di antara fungsi-fungsi yang telah dilaksanakan oleh unit penjaminan mutu selama ini adalah menyiapkan instrument survey kepuasan mahasiswa terhadap layanan pembelajaran, tracer study kepada alumni dan pengguna lulusan, serta kajian komprehensif yang melibatkan semua unsur fakultas dalam rangka evaluasi diri fakultas.

BAN-PT: Portofolio Fakultas/Sekolah Tinggi, Akreditasi PS Sarjana 2010

4

2.5

Sistem Penjaminan Mutu Fakultas/Sekolah Tinggi Jelaskan sistem penjaminan mutu dalam Fakultas/Sekolah Tinggi. Jelaskan pula standar mutu yang digunakan.

Penjaminan mutu sebenarnya merupakan lembaga yang relatif baru di Fakultas Ekonomi. Selama ini, unit penjaminan mutu telah malaksanakan fungsi pengembangan instrument dan analisis hasil pemantauan dan evaluasi kinerja semua unsur fakultas, di antaranya adalah: (1) Survey kepuasan mahasiswa terhadap layanan pembelajaran, (2) Tracer study terhadap alumni Fakultas Ekonomi Unsoed, (3) Tracer study terhadap pengguna lulusan tempat alumni bekerja. Di samping itu, keberadaan unit penjaminan mutu diharapkan akan meningkatkan mutu dan tingkat partisipasi dalam penyusunan evaluasi diri dan pengembangan rencana strategis fakultas. Kajian yang mendasari perumusan visi, misi, tujuan dan sasaran diharapkan akan lebih komprehensif dan melibatkan semua stakeholders, sehingga keberadaan Fakultas Ekonomi Unsoed akan lebih relevan dan lebih berdaya saing.

BAN-PT: Portofolio Fakultas/Sekolah Tinggi, Akreditasi PS Sarjana 2010

5

STANDAR 5. KURIKULUM, PEMBELAJARAN DAN SUASANA AKADEMIK
5.1 Kurikulum Jelaskan peran Fakultas/Sekolah Tinggi dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum untuk program studi yang dikelola.

Kurikulum pada dasarnya merupakan jabaran dari visi, misi, tujuan, dan sasaran fakultas yang diturunkan menjadi visi, misi program studi dan diwujudkan dalam bentuk program pembelajaran, sesuai dengan bidang ilmu yang menjadi fokus kajian masing-masing program studi. Meskipun demikian, kewenangan dalam pengembangan dan implementasi program pembelajaran tetap ada di tingkat program studi. Dalam kaitan ini, kebijakan kurikulum di tingkat fakultas dimaksudkan untuk memastikan konsistensi visi dan misi fakultas dengan visi dan misi program studi yang selanjutnya diimplementasikan di dalam kurikulum. Di samping itu, unit penjaminan mutu di tingkat fakultas juga telah mengembangkan seperangkat instrument untuk memantau dan mengevaluasi secara berkelanjutan, agar kompetensi yang digariskan di dalam kurikulum tetap relevan dengan kebutuhan pengguna lulusan dan menciptakan daya saing bagi lulusan. Dengan adanya unit penjaminan mutu, perbaikan berkelanjutan dalam pengembangan dan pelaksanaan kurikulum akan terwujud. Pimpinan Fakultas, dalam hal ini Pembantu Dekan I, juga melakukan pemantauan kinerja dosen secara berkala, sehingga pelaksanaan kurikulum dapat berjalan sesuai dengan harapan. Terkait dengan suasana akademik, Fakultas Ekonomi Unsoed telah memiliki instrumen kebijakan dalam rangka penyediaan sarana, prasarana, dan dukungan pendanaan bagi terciptanya suasana akademik yang kondusif. Program dan kegiatan seperti seminar, simposium, lokakarya, dan penelitian bersama dosen – mahasiswa juga telah menjadi tradisi di Fakultas Ekonomi Unsoed.

BAN-PT: Portofolio Fakultas/Sekolah Tinggi, Akreditasi PS Sarjana 2010

6

5.2

Pembelajaran Jelaskan peran Fakultas/Sekolah Tinggi dalam memonitor dan mengevaluasi pembelajaran.

Meskipun secara operasional, pemantauan dan evaluasi pembelajaran dilaksanakan oleh program studi masing-masing, Fakultas Ekonomi telah memiliki kebijakan, standar, dan instrumen yang dijadikan tolok ukur oleh program studi. Program studi diharuskan untuk mengevaluasi kurikulum secara berkala, untuk melihat relevansinya dengan tuntutan dan kebutuhan pengguna. Program studi diberi tanggung jawab untuk menilai kinerja dosen dalam mengelola proses pembelajaran. Secara berkala setiap pelaksanaan ujian, mahasiswa diminta untuk mengisi kuesioner untuk menilai kinerja dosen mereka. Program studi juga diharuskan untuk melakukan tracer study, baik kepada alumni, pengguna, maupun stakeholders lainnya, terutama untuk menilai kualitas dan relevansi proses pembelajaran yang saat ini dilaksanakan. Dengan demikian, proses pembelajaran akan mengalami perbaikan secara berkelanjutan. Di samping itu, fakultas juga telah mengembangkan kebijakan yang mengharuskan mahasiswa mengembangkan soft skill mereka. Sebagai contoh, sertifikat yang menunjukkan keaktifan mereka dalam kegiatan ekstrakurikuler menjadi salah satu syarat administratif keikutsertaan mereka dalam ujian pendadaran/komprehensif.

BAN-PT: Portofolio Fakultas/Sekolah Tinggi, Akreditasi PS Sarjana 2010

7

5.3

Suasana Akademik Jelaskan peran Fakultas/Sekolah Tinggi dalam mendorong suasana akademik yang kondusif, terutama dalam: (1) Kebijakan tentang suasana akademik, (2) penyediaan prasarana dan sarana, (3) dukungan dana, dan (4) kegiatan akademik di dalam dan di luar kelas.

Peran Fakultas Ekonomi Unsoed dalam mendorong terciptanya suasana akademik yang kondusif adalah sebagai berikut: (1) Kebijakan tentang suasana akademik Fakultas Ekonomi Unsoed yang berada di bawah naungan Universitas Jenderal Soedirman telah memiliki perangkat kebijakan yang menjamin terciptanya suasana akademik yang kondisif, baik menyangkut otonomi keilmuan, kebebasan akademik, maupun kebebasan mimbar akademik. Dalam rangka pengembangan kompetensi dan kualifikasi akademik dosen, Fakultas Ekonomi Unsoed sangat berhasil dalam melaksanakan program studi lanjut bagi dosen. Melalui dana penelitian dan pengabdian masyarakat yang dianggarkan dengan skema kompetitif, dosen juga tertantang untuk mengembangkan fokus kajian dan lahan pengabdian yang diminatinya. Dosen juga sangat difasilitasi dalam mengikuti seminar, pelatihan, dan forum-forum ilmiah yang diselenggarakan oleh lembaga lain, baik di tingkat nasional maupun internasional. (2) Penyediaan sarana dan prasarana Sarana dan prasarana yang ada di Fakultas Ekonomi Unsoed sudah sangat memadai dalam mendukung terciptanya suasana akademik yang kondusif. Fakultas Ekonomi Unsoed menempati kampus yang asri dan nyaman, dilengkapi dengan sarana perpustakaan, laboratorium, studio, jaringan hot-spot, dan ruang kelas dengan kelengkapan yang sangat memadai. (3) Dukungan dana Fakultas Ekonomi Unsoed sangat concern dalam memberikan dukungan dana bagi terciptanya suasana akademik yang kondusif. Di samping untuk penyediaan sarana dan prasarana, dana juga digunakan untuk pengembangan sumber daya dosen, dan pelaksanaan program-program akademik yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa dan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka pengembangan soft skill mahasiswa. (4) Kegiatan akademik di dalam dan di luar kelas Melalui instrument yang dikembangkan oleh unit penjaminan mutu, Pembantu Dekan I menginstruksikan semua program studi untuk melakukan pemantauan dan evaluasi proses pembelajaran di kelas. Dengan demikian, meskipun dosen memiliki diskresi dalam pengelolaan proses belajar-mengajar, mereka juga harus memenuhi standar mutu penyelenggaraan belajar-mengajar. Relevansi kurikulum, silabus, dan SAP, juga selalu dievaluasi dan dimutakhirkan. Dosen juga diarahkan – melalui berbagai pelatihan – agar mampu mengoptimalkan potensi kreatif dan soft-skill mahasiswa dalam pembelajaran kelas. Fakultas juga mendorong terbentuknya forum-forum ilmiah di tingkat dosen dan kelompokkelompok studi di tingkat mahasiswa. Keberadaan pusat-pusat riset dan himpunan mahasiswa jurusan merupakan media di mana sesame dosen, dosen dengan mahasiswa, dan sesame mahasiswa melakukan interaksi ilmiah, sehingga tercipta suasana akademik yang kondusif di Fakultas Ekonomi Unsoed.

BAN-PT: Portofolio Fakultas/Sekolah Tinggi, Akreditasi PS Sarjana 2010

8

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->