P. 1
Pengaruh Globalisasi Terhadap Bangsa Dan Negara

Pengaruh Globalisasi Terhadap Bangsa Dan Negara

|Views: 5,084|Likes:
Published by ciciliarorong

More info:

Published by: ciciliarorong on May 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/26/2012

pdf

text

original

FACEBOOK DAN PEMAFAATANNYA

DISUSUN OLEH : Ryan Sumigar Sefriando Makaraung Trivaldo Malonda Megania Sembel Rilya Wohos Cicilia Rorong SMA N 1 LANGOWAN 2010

KATA PENGANTAR
Puji syukur patut kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmatnya penulis boleh menyelesaikan karya tulis ini. Karya tulis ini di buat selain untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia, karya tulis ini di buat agar masyarakat khususnya para siswa lebih memahami apa itu “facebook” dan pengaruhnya serta pemanfaatannya dalam kehidupan bermasyarakat. Tak lepas dari itu semua, penulis juga mengucapkan terimah kasih kepada semua pihak yang terkait dalam pembuatan karya tulis ini. Penulis juga memahami bahwa karya tulis ini masih jauh dari kesempurnaan, maka penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk penyempurnaan karya tulis ini. Mudah-mudahan dengan adanya karya tulis ini bisa membantu masyarakat khususnya para siswa untuk lebih memahami apa sebenarnya “facebook” itu dan tidak menyalagunakan “facebook” itu.

Penulis,

i

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR……………………………………………………… ……i DAFTAR ISI………………………………………………………… …………..ii BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………… ……1 1.1 Latar Belakang Masalah………… ……………………………………1 1.2 Rumusan Masalah………………………………………………………1 1.3 Tujuan Penulisan……………………………………………………… 1 1.4 Manfaat Penulisan………………………………………………………1 1.5 Metode Penelitian…………………………. …………………………..1 BAB II PENGENALAN FACEBOOK……………………………………………2 2.1 Pengertian Facebook……………………………………………………2 2.2 Kelebihan Facebook……………………………………………………2 BAB III PENGARUH DAN PEMANFAATAN FACEBOOK…………………..3 3.1 Pengaruh Facebook………………………………………………….....3 3.1.1 Pengaruh Positif Facebook…………………………………… ..3. 3.1.2 Pengaruh Negatif Facebook………………………………………3 3.2 Pemanfaatan facebook………………………………………………….3 BAB IV PENUTUP………………………………………………………………..4 4.1 Kesimpulan……………………………………………………………..4 4.2 Saran……………………………………………………………………4 DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………..iii

ii

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah Sekarang ini facebook sangat hangat-hangatnya dibicarakan baik lewat media televisi, radio, Koran, dan lain-lain. Begitu juga banyak kasus-kasus kriminal yang terjadi akibat facebook. Mulai dari pencemaran nama baik sampai penculikan anak di bawah umur. Itulah yang menjadi latar belakang mengapa facebook diangkat dalam pembahasan penulis karya tulis ini. 1.2 Rumusan Masalah a) b) c) d) Apa sebenarnya facebook itu? Apakah facebook memiliki kelebihan? Adakah pengaruh positif dan negative dari facebook? Apa mafaat facebook dalam kehidupan bermasyarat?

1.3 Tujuan Penulisan a) b) c) d) Menuliskan pengertian facebook; Mendeskripsikan pengertian facebook; Menuliskan pengaruh positif dan negatife dari facebook; Mendeskripsikan manfaat fecebook dalam kehidupan bermasyarakat.

1.4 Manfaat Penulisan Karya tulis ini di buat untuk masyarakat lebih memahami facebook itu sendiri. Sehingga masyarakat tidak lagi menyalagunakan facebook itu dan masyarakat juga tidak menggunakan facebook untuk melakukan hal-hal yang tidak baik dan menjurus kepada hal-hal kriminal. 1.5 Metode Penelitian Metode yang di gunakan dalam karya tulis ini adalah metode deskriptif.

1

BAB II PENGENALAN FACEBOOK
2.1 Pengertian Facebook Facebook merupakan sarana komunikasi menggunakan media internet yang bisa membantu masyarakat terhubung dengan orang-orang dalam kehidupan kita. Facebook juga merupakan sarana bersosialisasi yang sangat baik, karena melalui facebook kita bisa mengenal teman-teman yang belum kita kena. Selain itu kita juga bisa melihat album-album foto mereka. Lewat facebook juga kita bisa mengganti status kita dimana pun dan kapan pun kita berada. Selain itu kita bisa berbincang-bincang bahkan mengirimkan pesan yang panjang kepada semua teman kita yang tergabung dalam komunitas kita. 2.2 Kelebihan Facebook Facebook bisa membantu kita terhubung dengan orang-orang yang belum kita kenal sebelumnya. Lewat facebook juga, kita bisa mendapatkan teman-teman baru dari dalam negeri maupun luar negeri. Facebook juga bisa membantu kita terhubung dengan komunitas-komuniyas tertentu, contoh: komunitas pengggemar cinta laura dan lain-lain. Selain itu kita juga bisa memasukkan album foto kita ke dalam akun facebook kita, dan teman-teman kita bisa melihatnya. Selain itu, facebook juga memberikan media buat kita saling mengomentari status, sehingga kita bisa lebih akrab dengan teman-teman kita.

2

BAB III PENGARUH DAN PEMANFAATAN FACEBOOK
3.1 Pengaruh Facebook Facebook sangat berpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat, baik pengaruh positif maupun pengaruh negative. Namun lepas dari semuanya itu facebook juga memiliki manfaat bagi kehidupan bermasyarakat terutama bagi proses sosialisasi. 3.1.1 Pengaruh Positif facebook Pengaruh positif facebook dapat kita lihat dari segi bersosilisasinya, lewat facebook kita bisa mendapatkan begitu banyak teman-teman baru dalam kehidupan kita. Baik teman yang berada di dekat kita atau disekitar kita begitu juga dengan teman yang berada sangat jauh dari kita. Facebook juga memberikan begitu banyak sarana agar kita bisa mengakrabkan dari dengan teman-teman kita. 3.1.2 Pengaruh Negative Facebook Selain pengaruh positif, facebook juga memberikan pengaruh negative kepada masyarakat. Selain dari kita harus sering-sering mengelurkan uang untuk biaya warnet atau pulsa, facebook juga sering disalahgunakan masyarakat.face bisa menjadi sarana perjudian, pornografi, dan lain-lain. Lebih buruk dari itu facebook bisa menjadi sarana penculikan anak di bawah umur. Itu semua bermula dari permintaan pertemanan. 3.2 Pemanfaatan Facebook Facebook memiliki begitu banyak manfaat bagi kehidupan bermasyarakat, selain sebagai media sosialisasi, facebook juga bisa melatik kita untuk lebih mengenal tegnologi. Selaim itu kita juga bisa menjadi maju karena adanya facebook. Lewat media facebook kita bisa mengetahui keadaan teman-teman atau saudara kita yang berjauhan dengan kita.

3

BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan Facebook bisa membantu kita terhubung dengan orang-orang dalam kehidupan kita. Selain itu, facebook juga merupakan salah satu sarana sosialisasi yang sangat baik. Untuk itu, kita sebagai masyarakat tidak boleh menyalagunakan facebook. Karena facebook memberikan begitu banyak manfaat bagi kehidupan kita. 4.2 Saran Kita sebagai masyarakat seharusnya memanfaatkan dengan benar ilmu pengetahuan dan tegnologi. Janganlah kita memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teglnologi, untuk melakukan hal-hal yang tidak baik. Karena ilmu pengetahuan dan tegnologi telah memberikan begitu banyak kemudahan, terutama memberikan info bagi proses belajar mengajar.

4

DAFTAR PUSTAKA
www.google.com www.facebook.com

PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP BANGSA DAN NEGARA
“Untuk Memenuhi Tugas Mata Pelajaran PKN”

DISUSUN OLEH: MEYLANI RORONG 11441 XII IPA 4 SMA N 1 LANGOWAN 2010

HALAMAN PENGESAHAN “PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP BANGSA DAN NEGARA”

DISUSUN OLEH: MEYLANI RORONG 11441

Telah disetujui oleh Pembimbing Pemegbimbing 1 Pembimbing 2

Drs.F.Pangalila
NIP.19650623 1998021002

Dra.M.Sumigar
NIP. 19660622 1991032008

Mengetahui Kepala SMA N 1 Langowan

Drs.Dj.Tambuwun
NIP.195904211988031006

KATA PENGANTAR
Segala puji syukur patut kita panjatkan kepada Tuhan YME karena atas berkat dan tuntunan-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan makalah ini. Makalah ini berjudul “pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan Negara”. Seperti kita ketahui bahwa proses globalisasi terjadi di berbagai belahan dunia, itu membawa berbagai dampak baik dampak positif maupun dampak negative. Seiring dengan itu, respon kita pun terhadap globalisasi akan sangat berbeda. Pengaruh globalisasi baik kepada individu maupun kepada Negara juga akan berbeda. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini. Namun lepas dari semua itu, tentunya penulis menyadari masih terdapat banyak kesalahan serta kekurangan, karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca guna penyempurnaan makalah ini.

Penulis,

i

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL……………………………………………………………… HALAMAN PENGESAHAN……………………………………………………. KATA PENGANTAR…………………………………………………………….i DAFTAR ISI……………………………………………………………………...ii BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………1 A. Latar Belakang………………………………………………………… 1 B. Masalah………………………………………………………………… 1 C. Tujuan……………………………………………………………………1 BAB II PEMBAHASAN…………………………..................................................2 A. Pengertian Globalisasi………………………………………………… 2 B. Pengaruh globalisasi……… ………………………………………….2-3 C. Implikasi……………………………………………………………….3-4 BAB III PENUTUP………………………………………………………………..5 A. Kesimpulan……………………………………………………………….5 B. Saran………………………………………………………………………5 DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………… iii

ii

BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Di dunia saat ini tengah terjadi proses modernisasi. Di tengah itu pun globalisasi melanda Negara-negara berkembang termasuk Indonesia dan merata di seluruh daerah. Proses globalisasi itu pun tidak bisa dihindari. Globalisasi membawa dampak positif dan negative, respon kita pun tergadap globalisasi akan sangat berbeda. B.Masalah Sesuai dengan judulnya, masalah yang akan dibahas dalam pengkajian ini adalah “pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan Negara”. C.Tujuan Untuk menjelaskan “pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan Negara”.

1

BAB II PEMBAHASAN
A.Pengertian Globalisasi Globalisasi adlah proses di mana berbagai peristiwa, keputusan, dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi bagi berbagai masyarakat di belahan dunia yang lain. Berikut ini beberapa pengertian tentang globalisasi. 1) W.Encyclopedia Globalisasi adalah istilah untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat dan dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh pesatnya perdagangan. 2) IMF Globalisasi adalah saling ketergantungan ekonomi antar Negara di dunia dalam transaksi barang-barang jasa lintas Negara penyebaran teknologi yang meluas. 3) Martin Albrow Globalisasi menyangkut seluruh proses di mana penduduk dunia terinkorporasi ke dalam masyarakat dunia yang tunggal, masyarakat global. 4) Robert Cox Menyatakan bahwa karakteristik globalisasi adalah kecenderungan menyatukan internasionalisasi produksi, pembagian kerja internasional yang baru, perpindahan penduduk dari utara ke selatan, lingkungan kompetensi yang baru mempercepat prose situ, dan internasionalisasi Negara membuat Negara sebagai agen globalisasi baru. Pada globalisasi ditandai oleh beberapa kondisi. Diantaranya sebagai berikut, a). Meningkatnya perdagangan global b). Meningkatnya aliran modal internasional c). Meningkatnya aliran data lintas batas d). Meningkatkan pertukaran budaya e). Meningkatkan perjalanan dan turisme lintas Negara f). Meningkatkan imigrasi g). Berkembangnya infrastrktur telekomunikasi global h). Berkembangnya system keuangan global Dua factor penting yang mendukung globalisasi: a). Berkembang pesatnya teknologi komunikasi 2

b). Adanya integrasi ekonomi dunia Sedangkan factor yang menyebabkan globalisai meningkat adalah: a). Perubahan politik dunia b). Munculnya organisasi antar pemerintah dan non pemerintah c). Pesatnya perkembangan perusahaan-perusahaan transnasional(TNG) B. Pengaruh Globalisasi 1). Bidang Ekonomi Menurut Tanri Abeng, perwujudan nyata globalisasi ekonomi dapat berbentuk saperti hal-hal berikut ini: a). Globalisasi produksi, dimana perusahaan berproduksi di berbagai Negara b). Globalisasi pembiayaan, yaitu bahwa perusahaan global memperoleh pinjaman atau berinvestasi di semua Negara di dunia. c). Globalisasi tenaga kerja d). Globalisasi jaringan informasi e). Globalisasi perdagangan Globalisasi mempengaruhi perekonomian dunia melalui beberapa hal berikut ini: a). Melalui perdagangan internasional b). melalui arus modal 2) Bidang Sosial Budaya Dampak globalisasi terhadap kehidupan kita antara lain: a). Meningkatnya individualisme b). Pola kerja c). Budaya pop Berikut ini pengaruh positif Negara lain terhadap Indonesia: a). Pasar bebas b). Membuka peluang ekspor c). Membuka lapangan kerja d). Membuka peluang investor C. Implikasi Globalisasi Implikasi globalisasi terhadap bangsa dan Negara Indonesia adalah sebagai berikut: 1). Menciptakan Keterbukaan Globalisasi menciptakan keterbukaan dengan hadirnya media masa dan 3

elektronik. Diera globalisasi melalui media masa dan elektronik setiap orang dapat mengetahui informasi yang sebelumnya tidak mereka ketahui. 2). Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air dan Bangsa Globalisasi dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa melalui berbagai media informasi dan sarana transportasi. 3). Mendatangkan Isu Liberalisasi Dengan Pesan Utama Kebebasan Yaitu bahwa globalisasi dapat menciptakan kebebasan. Namun kebebasan tersebut di artikan sebagai kebebasan dalam menentukan nasib suku dan golongannya sendiri sehingga menimbulkan paham sukuisme dan provinsialisme. 4). Mendatangkan Isu Liberalisasi Dengan Pesan Utama Demokratisasi Bahwa demokrasi dijadikan dasar dalam globalisasi. Demokrasi merupakan hal terpenting yang paling diutamakan tanpa memerhatikan consensus nasional lainnya. Demokrasi merupakan paham kerakyatan. 5). Mendatangkan Isu Liberalisasi Dengan Pesan Utama HAM Globalisasi selalu di artikan sebagai hak untuk mendapatkan kehidupan yang layak, nikmat, senang, dan serba instant. Dengan adanya pandangan tersebut, setiap orang beranggapan bahwa mereka berhak untuk mendapatkan kesenangan, dan kehidupan yang layak menurut mereka. Pada akhirnya muncullah paham materialisme dan hedonisme, yaitu paham yang hanya mengejar kenikmatan materi atau duniawi.

4

BAB III PENUTUP
A.Kesimpulan Globalisasi dapat dikatakan sebagai proses untuk masuk ke ruang lingkup dunia. Globalisasi membawa berbagai dampak baik kepada suatu Negara maupun individu. Dampak dan respon kita terhadap globalisasi juga akan berbeda. B.Saran Jangan terlalu mudah untuk terbawa dengan proses globalisasi. Manfaatkanlah segala yang baik dari globalisasi itu sendiri. Akibat-akibat yang terjadi dari proses globalisasi kiranya bisa di jadikan pelajaran untuk kita ke depan.

5

DAFTAR PUSTAKA
Dewi, fifi purnama.EKSIS PKN.2010.Surakarta:citra pustaka. www.wikipedia.com

Iii

Belahan Jiwaku yang Mengkhianatiku Untaian katamu ternyata palsu Janji indah kita telah kau ingkari Tahukah kau sobat? Bahwa segala yang menyobek hatimu Dapat juga ku rasakan dan menusuk jiwaku Bahwa darah yang mengalir dari luka itu Seiring air mata yang menglir di pipiku? Sadarkah kau sobat? Bahwa kepedihan yang selalu tampak di wajahmu Adalah mimpi yang terus membebaniku? Bahwa sikap dinginmu untukku Adalah pedang terus menghujam jantungku? Dulu secercah tawamu yang indah Seakan memanggil jiwaku untuk tersenyum Kini bukan tawa yang kau beri padaku Karena.. sahabat kau mengkhianatiku Kau cemari ikatan kita Kau begitu mudah melepas jemariku Padahal kau tahu aku rapuh tanpamu Kini sebuah nasehat yang selalu membimbingku Pelita yang menuntunku Seperti angin lalu yang tak akan kembali lagi Aku tidak mengenalmu lagi Tatapan dinginmu, kebungkamanmu, pengkhianatanmu Itu bukan yang aku kenal Meski kau pergu meninggalkanku Kau tetap sahabatku Kau belahan jiwaku Belahan jiwaku yang mengkhianatiku Belahan jiwaku Yang meninggalkan luka Dan sejuta kenangan yang tak terlupakan….. Meylani Rorong Greyti Memah XII IPA 4

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->