P. 1
EMAS&PERAK

EMAS&PERAK

|Views: 6,119|Likes:
Published by taufik nasrul albi

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: taufik nasrul albi on May 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/28/2013

pdf

text

original

PENDAHULUAN

Emas dan perak adalah dua jenis logam yang mempunyai banyak nilai tambah daripada logam-logam lain. Apalagi jika dilihat dari segi ekonomi, mereka mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi dan berkualitas. Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79. Sebuah lembek, logam transisi kuning, (trivalen dan univalen) yang mengkilap, berat, "malleable", dan "ductile". Emas tidak bereaksi dengan zat kimia lainnya tapi terserang oleh klorin, fluorin dan aqua regia. Logam ini banyak terdapat di nugget emas atau serbuk di bebatuan dan di deposit alluvial dan salah satu logam coinage. Kode ISOnya adalah XAU. Emas melebur dalam bentuk cair pada suhu sekitar 1000 derajat celcius. Emas ditemukan di deposit-deposit veins dan alluvial dan seringnya dipisahkan dari bebatuan dan mineral-mineral lainnya dengan proses penambangan dan panning. Sekitar dua pertiga produksi emas dunia berasal dari Afrika Selatan dan sekitar dua pertiga produksi total Amerika Serikat datang dari negara bagian South Dakota dan Nevada. Logam ini diambil dari bijihbijihnya dengan berbagai cara: cynaniding, amalgamating, dan smelting. Proses pemurnian juga kerap dilakukan dengan cara elektrolisis. Emas terkandung pula di air laut sekitar 0.1 sampai 2 mg/ton, tergantung dimana sampel air lautnya diambil. Sampai sekarang, belum ditemukan bagaimana cara menambang emas dari air laut yang dapat memberikan untung. Potensi endapan emas terdapat di hampir setiap daerah di Indonesia, seperti di Pulau Sumatera, Kepulauan Riau, Pulau Kalimantan, Pulau Jawa, Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

33

Sedangkan perak adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ag dan nomor atom 47. Lambangnya berasal dari bahasa Latin Argentum. Sebuah logam transisi lunak, putih, mengkilap, perak memiliki konduktivitas listrik dan panas tertinggi di seluruh logam dan terdapat di mineral dan dalam bentuk bebas. Logam ini digunakan dalam koin, perhiasan, peralatan meja, dan fotografi. Perak muncul secara alami dan dalam bijih-bijih argentite (Ag2S) dan horn silver (AgCl). Bijih-bijih timah, timbal-timah, tembaga, emas dan perunggu-nikel merupakan sumber-sumber penting untuk menambang perak. Di dunia belahan barat Meksiko, Kanada, Peru dan Amerika Serikat merupakan negara-negara penghasil perak.

33

ISI
1. Emas
1.1 Sejarah (Sansekerta: Jval; Anglo-Saxon gold; Latin: aurum). Emas telah diketahui dan dinilai sangat tinggi sejak jaman purba kala. Unsur ini ditemukan di alam sebagai logam tersendiri dan dalam tellurides. Emas tersebar sangat luas dan selalu diasosiasikan dengan quartz atau pyrite. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan National Geographic Januari 2009, "Dalam seluruh sejarah, hanya 161.000 ton emas yang telah ditambang, hampir tidak cukup untuk mengisi dua ukuran olimpiade kolam renang.". Hal ini dapat diwakili oleh sebuah kubus dengan panjang sisi sekitar 20,2 meter. Menggunakan industri modern termasuk kedokteran gigi dan elektronika, di mana emas secara tradisional ditemukan penggunaan karena baik oksidatif ketahanan terhadap korosi dan kualitas yang sangat baik sebagai konduktor listrik. Secara Kimia, emas adalah logam transisi dan dapat membentuk dan univalen trivalen kation dalam larutan. Dibandingkan dengan logam lain, emas murni kimiawi lebih reaktif, namun diserang oleh aqua regia (campuran asam), chloroauric membentuk asam, dan larutan alkali sianida tetapi tidak tunggal seperti asam klorida, nitrat atau asam sulfat. Emas larut dalam air raksa, membentuk paduan amalgam, tetapi tidak bereaksi dengan itu. Emas adalah larut dalam asam nitrat, yang melarutkan perak dan logam dasar. Properti ini dimanfaatkan dalam pemurnian emas teknik yang dikenal sebagai "inquartation dan perpisahan". Asam nitrat telah lama digunakan untuk mengkonfirmasi kehadiran pada butir emas, dan ini adalah asal dari istilah sehari-hari "acid test", mengacu pada tes standar emas asli value. Emas telah dikenal dan digunakan oleh pengrajin sejak Chalcolithic. Artefak emas di Balkan muncul dari milenium ke-4 SM, seperti yang ditemukan dalam Necropolis Varna. Artefak emas seperti topi emas dan disk Nebra muncul di Eropa Tengah dari milenium ke-2 SM Zaman Perunggu.

33

Hieroglif dari Mesir sejak 2600 SM menggambarkan emas, yang raja Mitanni Tushratta dari mengklaim adalah "lebih banyak daripada tanah" di Mesir. Mesir dan khususnya Nubia memiliki sumber daya untuk membuat mereka besar daerah penghasil emas untuk banyak sejarah . Peta dikenal paling awal dikenal sebagai Papirus Turin Peta dan menunjukkan rencana tambang emas di Nubia bersama-sama dengan indikasi geologi setempat. Metode kerja primitif dijelaskan oleh Strabo dan termasuk pengaturan api. Tambang besar juga hadir di Laut Merah di tempat yang sekarang Arab Saudi. Legenda bulu emas dapat merujuk kepada penggunaan emas wol untuk menjebak debu dari endapan placer di dunia kuno. Emas sering disebutkan dalam Perjanjian Lama, dimulai dengan kitab Kejadian 2:11 (di Havilah) dan disertakan dengan karunia orang majus dalam Matius bab pertama Perjanjian Baru. Kitab Wahyu 21:21 menggambarkan kota Yerusalem Baru mempunyai jalan-jalan "yang terbuat dari emas murni, jernih seperti kristal". Selatan-sudut timur Laut Hitam terkenal karena emas. Eksploitasi adalah kata-to-date dari waktu Midas, dan emas ini adalah penting dalam pembentukan apa yang mungkin paling awal di dunia koin di Lydia sekitar 610 SM. Dari 6 atau abad ke-5 SM, Chu (negara bagian) beredar Ying Yuan , satu jenis persegi koin emas. Bangsa Romawi mengembangkan metode baru untuk mengekstraksi emas dalam skala besar dengan menggunakan metode penambangan hidrolik, terutama di Spanyol dari 25 SM dan seterusnya dan di Rumania dari 150 Masehi dan seterusnya. Salah satu dari mereka adalah tambang terbesar di Las Medulas di León (Spanyol), di mana tujuh saluran air yang panjang memungkinkan mereka untuk menumpahkan sebagian besar deposit alluvial besar. Roşia tambang di Montana di Transylvania juga sangat besar, dan sampai sangat baru-baru ini, masih ditambang oleh opencast metode. Mereka juga dimanfaatkan deposito di Britania yang lebih kecil, seperti perspectiva dan hard-rock di Dolaucothi deposito. Berbagai metode yang mereka gunakan dengan baik digambarkan oleh Plinius Tua di dalam Historia Naturalis bebas ditulis menjelang akhir abad pertama Masehi. Kekaisaran Mali di Afrika yang terkenal di seluruh dunia lama karena jumlah besar emas. Mansa Musa, penguasa kekaisaran (1312-1337) menjadi terkenal di seluruh dunia

33

lama yang besar karena haji ke Mekah pada 1324. Ketika ia melewati Kairo pada bulan Juli 1324, ia dilaporkan disertai dengan kereta unta yang meliputi ribuan orang dan hampir seratus unta. Dia membagi-bagikan begitu banyak emas itu tertekan harga di Mesir selama lebih dari satu dekade. Seorang sejarawan Arab kontemporer berkomentar: "Emas ini pada harga tinggi di Mesir sampai mereka tiba di tahun itu. Para mithqal tidak pergi di bawah 25 dirham dan umumnya di atas, tetapi dari waktu itu nilainya cheapened jatuh dan harga dan tetap murah sampai sekarang. Para mithqal tidak melebihi 22 dirham atau kurang. Ini telah menjadi keadaan selama sekitar dua belas tahun sampai hari ini dengan alasan jumlah besar emas yang mereka bawa ke Mesir dan menghabiskan waktu di sana [...] " -Chihab Al-Umari – Eksplorasi Eropa Amerika itu tidak memicu bagian kecil oleh laporan dari ornamen emas yang ditampilkan dalam kelimpahan yang besar oleh orang-orang Amerika asli, terutama di Amerika Tengah, Peru, Ekuador dan Kolombia. Aztec dianggap harfiah emas sebagai produk dari para dewa, menyebutnya "dewa kotoran" (teocuitlatl di bahasa Nahuatl). Walaupun harga beberapa logam grup platina bisa jauh lebih tinggi, emas telah lama dianggap sebagai yang paling diinginkan dari logam mulia, dan nilainya telah digunakan sebagai standar untuk banyak mata uang (dikenal sebagai standar emas) dalam sejarah. Emas telah digunakan sebagai lambang kemurnian, nilai, royalti, dan terutama peran yang menggabungkan sifat-sifat tersebut. Emas sebagai tanda kekayaan dan prestise dibuat menyenangkan oleh Thomas More dalam risalah utopia. Pada pulau imajiner, emas begitu berlimpah itu digunakan untuk membuat rantai untuk budak, peralatan makan dan toilet-kursi. Ketika duta besar dari negara lain tiba, memakai perhiasan emas mewah dan lencana, yang utopis kasar kesalahan mereka untuk hambahamba, memberikan penghormatan dan bukan yang paling sederhana dari mereka berpakaian pesta. Ada sebuah tradisi kuno menggigit emas untuk menguji keasliannya. Meskipun ini jelas bukan cara profesional memeriksa emas, tes gigitan harus nilai emas karena emas adalah logam lunak, seperti ditunjukkan oleh skor pada Mohs 'skala kekerasan mineral.

33

Semakin murni emas semakin mudah seharusnya untuk menandainya. Painted memimpin dapat menipu tes ini karena memimpin lebih lembut daripada emas (dan dapat mengundang risiko kecil keracunan timbal jika cukup memimpin diserap oleh menggigit). Emas di zaman kuno itu relatif mudah diperoleh secara geologis, namun 75% dari seluruh emas yang pernah diproduksi telah dikeluarkan sejak 1910. Diperkirakan bahwa semua emas di dunia yang pernah disempurnakan akan membentuk satu kubus 20 m (66 kaki) pada sisi (setara dengan 8.000 m3). Salah satu tujuan utama ahli alkimia adalah untuk menghasilkan emas dari zat-zat lain, seperti timah - mungkin oleh interaksi dengan zat mitos yang disebut batu filsuf. Walaupun mereka tidak pernah berhasil dalam upaya ini, para alkemis dipromosikan minat pada apa yang dapat dilakukan dengan zat, dan ini meletakkan dasar bagi hari ini kimia. Simbol mereka untuk emas adalah lingkaran dengan titik di tengahnya (☉), yang juga merupakan simbol astrologi dan karakter Cina kuno untuk Matahari. Penciptaan modern buatan emas oleh menangkap neutron, lihat sintesis emas. Selama abad ke-19, emas terjadi kapan pun bergegas cadangan emas yang besar ditemukan. Yang pertama kali didokumentasikan penemuan emas di Amerika Serikat berada di dekat Reed Gold Mine Georgeville, North Carolina pada tahun 1803. Yang pertama tambang emas utama di Amerika Serikat terjadi di sebuah kota bernama georgia utara Dahlonega. selanjutnya bergegas emas terjadi di California, Colorado, Black Hills, Otago, Australia, Witwatersrand, dan Klondike. Karena nilai historis yang tinggi, sebagian besar emas yang ditambang di sepanjang sejarah masih dalam sirkulasi dalam satu bentuk atau lain. 1.2 Karakteristik Gold adalah yang paling lentur dan ulet dari semua logam; satu gram dapat dipukul ke dalam lembaran dari 1 meter persegi, atau satu ons menjadi 300 meter persegi. Daun emas dapat dipukul cukup tipis untuk menjadi transparan. Muncul cahaya yang ditransmisikan biru kehijauan, karena emas sangat mencerminkan kuning dan merah. Semi-transparan seperti lembaran juga sangat memantulkan cahaya inframerah,

33

membuat mereka berguna sebagai inframerah (panas pancaran) perisai di penghalang cahaya matahari dari baju tahan panas, dan matahari -penghalang cahaya matahari untuk spacesuits. Emas mudah menciptakan paduan dengan logam lain. Paduan ini dapat diproduksi untuk memodifikasi kekerasan dan sifat metalurgi lainnya, untuk mengontrol titik leleh atau untuk membuat warna eksotis (lihat di bawah). Emas adalah konduktor yang baik panas dan listrik dan mencerminkan radiasi inframerah kuat. Secara Kimia, itu tidak dipengaruhi oleh udara, kelembaban dan reagen paling korosif, dan karenanya sangat cocok untuk digunakan di koin dan perhiasan sebagai lapisan pelindung lain, lebih reaktif, logam. Namun, tidak kimiawi inert. Free halogen akan bereaksi dengan emas, dan aqua regia larut melalui pembentukan gas klor yang menyerang emas untuk membentuk ion chloraurate. Emas juga larut dalam larutan alkali potasium sianida dan merkuri, membentuk campuran merkuri emas. Common oksidasi meliputi emas +1 (emas (I) atau senyawa aurous) dan 3 (emas (III) atau senyawa aura). Emas ion dalam larutan dengan mudah dikurangi dan diendapkan sebagai logam emas dengan menambahkan logam lain sebagai agen mengurangi. Ditambahkan logam teroksidasi dan memungkinkan melarutkan emas dapat dipindahkan dari larutan dan dapat dipulihkan sebagai presipitat solid. Kualitas tinggi metalik emas murni tawar; sesuai dengan ketahanan terhadap korosi (ini adalah ion logam yang menganugerahkan rasa untuk logam). Selain itu, emas sangat padat, satu meter kubik seberat 19.300 kg. Sebagai perbandingan, kerapatan timah adalah 11.340 kg/m3, dan bahwa dari unsur padat, osmium, adalah 22.610 kg/m3.

33

1.3 Isotop Emas hanya memiliki satu isotop stabil, stabil di antaranya adalah
195 197

Au, yang juga merupakan satu-satunya
195

isotop alami. 36 radioisotop telah disintesis massa atom berkisar 169-205. Yang paling Au dengan paruh 186,1 hari. Au juga satu-satunya emas
171

isotop meluruh oleh menangkap elektron. Yang paling tidak stabil adalah

Au, yang

meluruh oleh emisi proton dengan kehidupan setengah dari 30 μs. Sebagian besar radioisotop emas dengan massa atom di bawah 197 pembusukan oleh beberapa kombinasi dari emisi proton, peluruhan α, dan β + pembusukan. Pengecualian adalah
195

Au, yang meluruh oleh elektron menangkap, dan

196

Au, yang kecil peluruhan β-jalan.

Semua radioisotop emas dengan massa atom di atas 197 pembusukan oleh βpembusukan. Minimal 32 isomer nuklir juga telah ditandai, mulai dalam massa atom 170-200. Dalam rentang tersebut, hanya
178

Au,

180

Au,
177

181

Au,

182

Au, dan

188

Au tidak memiliki

isomer. Emas yang paling stabil adalah 198 isomer m2Au dengan paruh 2,27 hari. Emas yang paling tidak stabil isomer adalah m2 Au dengan paruh hanya 7 ns. 184 pembusukan m1Au memiliki tiga jalur: β + pembusukan, isomerik transisi, dan peluruhan alfa. Tidak ada atau isomer isotop emas memiliki tiga jalur pembusukan. Warna Warna Warna emas satuyang berbeda emas Ag-Au-Cu paduan. murni adalah kuning metalik. Emas, cesium dan tembaga adalah satunya elemen logam dengan warna alami selain abuabu atau putih. Warna abu-abu yang biasa logam tergantung pada "lautan elektron" yang mampu menyerap dan memancarkan frekuensi. kembali Emas foton atas berbagai berbeda, bereaksi

tergantung pada efek relativistik halus yang mempengaruhi orbital di atom emas. Paduan common berwarna emas seperti emas naik dapat dibuat dengan

33

penambahan berbagai jumlah tembaga dan perak, seperti yang ditunjukkan dalam diagram segitiga di sebelah kanan. Paduan mengandung paladium atau nikel juga penting dalam perhiasan komersial seperti ini menghasilkan paduan emas putih. Kurang umum, lainnya untuk dan penambahan dapat berbagai mudah mangan, lebih Emas aluminium, besi, indium dan elemen menghasilkan aplikasi. banyak warna emas yang tidak biasa merupakan logam yang bersifat lunak ditempa, kekerasannya berkisar antara 2,5 – 3 (skala Mohs), serta berat jenisnya tergantung pada jenis dan kandungan logam lain yang berpadu dengannya. Mineral pembawa emas mineral Mineral biasanya ikutan ikutan berasosiasi (gangue tersebut dengan minerals). umumnya

kuarsa, karbonat, turmalin, flourpar, dan sejumlah kecil mineral non logam. Mineral pembawa emas juga berasosiasi dengan endapan sulfida yang telah teroksidasi. Mineral pembawa emas terdiri dari emas nativ, elektrum, emas telurida, sejumlah paduan dan senyawa emas dengan unsur-unsur belerang, antimon, dan selenium. Elektrum sebenarnya jenis lain dari emas nativ, hanya kandungan perak di dalamnya >20%. 1.4 Proses Pembuatan Emas terbentuk dari proses magmatisme atau pengkonsentrasian di permukaan. Beberapa endapan terbentuk karena proses metasomatisme kontak dan larutan

33

hidrotermal, sedangkan pengkonsentrasian secara mekanis menghasilkan endapan letakan (placer). Genesa emas dikatagorikan menjadi dua yaitu:

Endapan

primer;

dan

Kristal emas

Endapan plaser.

Ekstraksi Emas Amalgamasi Amalgamasi adalah proses penyelaputan partikel emas oleh air raksa dan membentuk amalgam (Au – Hg). Amalgam masih merupakan proses ekstraksi emas yang paling sederhana dan murah, akan tetapi proses efektif untuk bijih emas yang berkadar tinggi dan mempunyai ukuran butir kasar (> 74 mikron) dan dalam membentuk emas murni yang bebas (free native gold). Proses amalgamasi merupakan proses kimia fisika, apabila amalgamnya dipanaskan, maka akan terurai menjadi elemen-elemen yaitu air raksa dan bullion emas. Amalgam dapat terurai dengan pemanasan di dalam sebuah retort, air raksanya akan menguap dan dapat diperoleh kembali dari kondensasi uap air raksa tersebut. Sementara Au-Ag tetap tertinggal di dalam retort sebagai logam. Sianidasi Proses Sianidasi terdiri dari dua tahap penting, yaitu proses pelarutan dan proses pemisahan emas dari larutannya. Pelarut yang biasa digunakan dalam proses cyanidasi adalah NaCN, KCN, Ca(CN)2, atau campuran ketiganya. Pelarut yang paling sering digunakan adalah NaCN, karena mampu melarutkan emas lebih baik dari pelarut lainnya. Secara umum reaksi pelarutan Au dan Ag adalah sebagai berikut: 4Au + 8CN- + O2 + 2 H2O = 4Au(CN)2- + 4OH-

33

4Ag + 8CN- + O2 + 2

= 4Ag(CN)2- + 4OH-

Pada tahap kedua yakni pemisahan logam emas dari larutannya dilakukan dengan pengendapan dengan menggunakan serbuk Zn (Zinc precipitation). Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut:

2 Zn + 2 NaAu(CN)2 + 4 NaCN +2 H2O = 2 Au + 2 NaOH + 2 Na2Zn(CN)4 + H2 2 Zn + 2 NaAg(CN)2 + 4 NaCN +2 H2O = 2 Ag + 2 NaOH + 2 Na2Zn(CN)4 + H2

Penggunaan serbuk Zn merupakan salah satu cara yang efektif untuk larutan yang mengandung konsentrasi emas kecil. Serbuk Zn yang ditambahkan kedalam larutan akan mengendapkan logam emas dan perak. Prinsip pengendapan ini mendasarkan deret Clenel, yang disusun berdasarkan perbedaan urutan aktivitas elektro kimia dari logamlogam dalam larutan cyanide, yaitu Mg, Al, Zn, Cu, Au, Ag, Hg, Pb, Fe, Pt. setiap logam yang berada disebelah kiri dari ikatan kompleks sianidanya dapat mengendapkan logam yang digantikannya. Jadi sebenarnya tidak hanya Zn yang dapat mendesak Au dan Ag, tetapi Cu maupun Al dapat juga dipakai, tetapi karena harganya lebih mahal maka lebih baik menggunakan Zn. Proses pengambilan emas-perak dari larutan kaya dengan menggunakan serbuk Zn ini disebut “Proses Merill Crowe”. 1. 5 Kegunaan Emas digunakan sebagai standar keuangan di banyak negara dan juga digunakan sebagai perhiasan, dan elektronik. Penggunaan emas dalam bidang moneter dan keuangan berdasarkan nilai moneter absolut dari emas itu sendiri terhadap berbagai mata uang di seluruh dunia, meskipun secara resmi di bursa komoditas dunia, harga emas dicantumkan dalam mata uang dolar Amerika. Bentuk penggunaan emas dalam bidang moneter lazimnya berupa bulion atau batangan emas dalam berbagai satuan berat gram sampai kilogram.

33

Sebagai logam Media pertukaran moneter Emas di seluruh dunia secara luas digunakan sebagai standar untuk pertukaran moneter, tetapi telah ditinggalkan oleh pemerintah dunia yang telah mengeluarkan mata uang dalam manfaat. Jumlah emas di dunia terbatas, tetapi tidak ada batasan untuk jumlah mata uang kertas yang dapat dikeluarkan. Pada awal Perang Dunia I negaranegara yang berperang pecahan pindah ke standar emas, memompa mata uang mereka untuk membiayai perang. Setelah Perang Dunia II emas digantikan oleh sistem mata uang convertible mengikuti sistem Bretton Woods. Negara terakhir untuk mengikat mata uangnya dengan emas adalah Swiss, yang didukung 40% dari nilai sampai Swiss bergabung dengan Dana Moneter Internasional pada tahun 1999. Emas murni terlalu lunak untuk sehari-hari digunakan moneter dan biasanya mengeras oleh paduan dengan tembaga, perak atau logam dasar lainnya sebelum munculnya uang kertas. Isi emas paduan emas diukur dalam carats (k), emas murni yang ditunjuk sebagai 24k. Banyak pemegang emas di gudang penyimpanan (seperti uang logam atau bullion bullion) terus sebagai lindung nilai terhadap inflasi atau gangguan ekonomi lainnya. (Kode mata uang ISO bullion emas adalah XAU). Koin emas dimaksudkan untuk sirkulasi dari 1526 ke tahun 1930-an itu biasanya standar paduan 22k disebut mahkota emas, untuk kekerasan. Modern kolektor / investasi koin bullion (yang tidak memerlukan sifat mekanis yang baik) biasanya 24k, walaupun Gold American Eagle, berdaulat emas Inggris dan Afrika Selatan Krugerrand terus dilakukan di 22k, pada tradisi historis. Masalah khusus Kanada Maple Leaf Gold berisi koin emas kemurnian tertinggi dari setiap bullion koin, pada 99,999% (.99999 baik). Masalah populer Kanada Maple Leaf Gold koin memiliki kemurnian 99,99%. 99.99% beberapa koin emas murni saat ini tersedia, termasuk Australia's Gold kanguru (pertama muncul pada tahun 1986 sebagai Gold Nugget Australia, dengan tema kanguru muncul pada tahun 1989), beberapa koin dari penanggalan Imlek seri Australia, dan Austria Philharmonic. Pada tahun 2006, US Mint produksi mulai Buffalo Amerika koin emas batangan juga pada kemurnian 99,99%.

33

Perhiasan Karena kelembutan murni (24k) emas, biasanya paduan dengan logam dasar untuk digunakan dalam perhiasan, mengubah kekerasannya dan keuletan, titik leleh, warna dan properti lain. Paduan dengan caratage lebih rendah, biasanya 22k, 18k, 14k atau 10k, mengandung persentase lebih tinggi dari tembaga, atau logam dasar atau perak atau paladium dalam paduan. Tembaga adalah yang paling umum digunakan logam, menghasilkan warna merah. Emas delapan belas karat yang mengandung 25% tembaga yang ditemukan di Rusia antik dan perhiasan dan memiliki yang berbeda, meskipun tidak dominan, tembaga cast, menciptakan rose gold. Empat belas karat emas-tembaga paduan warna hampir identik dalam paduan perunggu tertentu, dan keduanya dapat digunakan untuk memproduksi polisi, serta lainnya, lencana. Biru emas dapat dibuat dengan paduan dengan besi dan ungu emas dapat dibuat dengan paduan dengan aluminium, meskipun jarang dilakukan kecuali di bidang perhiasan. Biru emas lebih rapuh dan karena itu lebih sulit untuk bekerja sama dengan ketika membuat perhiasan. Empat belas dan delapan belas karat emas paduan dengan perak sendiri muncul kehijauan-kuning dan disebut sebagai emas hijau. Paduan emas putih dapat dibuat dengan paladium atau nikel. Putih mengandung emas 18 karat 17,3% nikel, 5,5% seng dan 2.2% tembaga perak dalam penampilan. Nikel adalah beracun, bagaimanapun, dan pembebasan dari emas putih nikel dikendalikan oleh undang-undang di Eropa. Alternatif emas putih paduan yang tersedia didasarkan pada paladium, perak dan logam putih lainnya (World Gold Council), namun paduan paladium lebih mahal daripada mereka yang menggunakan nikel. High-karat emas putih paduan jauh lebih tahan terhadap korosi daripada murni baik perak atau sterling silver. Kerajinan Jepang dari eksploitasi Gane Mokume-warna kontras antara laminasi berwarna emas paduan untuk memproduksi kayu dekoratif efek gandum.

33

Obat-Obatan Pada abad pertengahan, emas sering dipandang sebagai bermanfaat bagi kesehatan, dengan keyakinan bahwa sesuatu yang langka dan indah tidak bisa apa-apa, tapi sehat. Bahkan beberapa esotericists modern dan pengobatan alternatif bentuk emas metalik menetapkan daya penyembuhan. [9] Beberapa garam emas mempunyai antiperadangan dan digunakan sebagai obat-obatan dalam perawatan radang sendi dan kondisi serupa lainnya. [10] Namun, hanya garam dan radioisotop dari emas adalah nilai farmakologis, sebagai elemen (logam) emas adalah inert untuk semua bahan kimia itu menemukan sakit dan di bengkak dalam rheumatoid arthritis tubuh. dan TBC. * Di zaman modern, injeksi emas telah terbukti untuk membantu mengurangi rasa

* Gigi. Paduan emas digunakan dalam kedokteran gigi restoratif, terutama dalam restorasi gigi, seperti mahkota dan jembatan permanen. Paduan emas 'sedikit sifat lunak memfasilitasi pembentukan molar superior permukaan kawin dengan gigi lain dan menghasilkan hasil yang umumnya lebih memuaskan dibandingkan dengan yang dihasilkan oleh penciptaan mahkota porselen. Penggunaan mahkota emas di lebih menonjol gigi seperti gigi seri yang disukai di beberapa kebudayaan dan berkecil hati dalam diri orang lain.

* Koloidal preparat emas (suspensi nanopartikel emas) dalam air berwarna sangat merah, dan dapat dibuat dengan ukuran partikel yang dikontrol ketat hingga beberapa puluh nanometer di oleh penurunan emas klorida dengan ion sitrat atau askorbat. Koloid emas digunakan dalam aplikasi penelitian di bidang kedokteran, biologi dan ilmu material. Teknik pelabelan immunogold eksploitasi kemampuan partikel emas untuk menjerap molekul protein ke permukaan mereka. Koloid partikel emas dilapisi dengan antibodi spesifik dapat digunakan sebagai probe untuk kehadiran dan posisi antigen pada permukaan sel (Faulk dan Taylor 1979). Dalam bagian jaringan ultrathin dilihat oleh mikroskop elektron, yang immunogold Label akan muncul sebagai bintik-bintik bulat sangat padat di posisi antigen (Roth et al. 1980). Koloid emas juga merupakan

33

bentuk emas digunakan sebagai cat emas pada keramik sebelum menembak. * Emas, atau paduan emas dan paladium, yang digunakan sebagai lapisan konduktif spesimen biologi dan melakukan non-bahan-bahan seperti plastik dan kaca yang dapat dilihat dalam sebuah pemindaian mikroskop elektron. Lapisan, yang biasanya diterapkan oleh tergagap-gagap dengan argon plasma, memiliki tiga peran dalam aplikasi ini. Emas konduktivitas listrik yang sangat tinggi muatan listrik mengalir ke bumi, dan kepadatan yang sangat tinggi menyediakan kekuatan untuk menghentikan elektron dalam berkas elektron, membantu untuk membatasi kedalaman yang berkas elektron menembus spesimen. Ini definisi meningkatkan posisi dan topografi permukaan spesimen dan meningkatkan resolusi spasial dari citra. Emas juga menghasilkan output yang tinggi elektron sekunder ketika diradiasi oleh berkas elektron, dan energi rendah ini elektron adalah yang paling umum digunakan sumber sinyal yang digunakan dalam pemindaian mikroskop elektron.

* The isotop emas-198, (paruh: 2,7 hari) digunakan dalam beberapa perawatan kanker dan untuk mengobati penyakit lainnya. Makanan dan Minuman Emas dapat digunakan dalam makanan dan memiliki E Nomor 175. * Gold daun, serpihan atau debu yang digunakan pada dan di beberapa makanan gourmet, terutama permen dan minuman sebagai bahan dekoratif. Emas serpihan ini digunakan oleh kaum bangsawan di Eropa Pertengahan sebagai hiasan dalam makanan dan minuman, dalam bentuk daun , serpih atau debu, baik untuk menunjukkan kekayaan host atau dalam keyakinan bahwa sesuatu yang berharga dan langka harus bermanfaat bagi kesehatan seseorang. Kertas emas bersama dengan perak kadang-kadang digunakan di Asia Selatan permen termasuk Burfi. * Goldwasser (Inggris: Goldwater) adalah minuman jamu tradisional yang diproduksi di Gdańsk, Polandia, dan Schwabach, Jerman, dan berisi serpihan daun emas. Ada juga beberapa mahal (~ $ 1000) koktail yang mengandung emas serpihan daun . Namun, karena emas adalah logam tak berdaya

33

untuk semua kimia tubuh, ia menambahkan tidak ada rasa itu juga tidak memiliki efek gizi lain dan meninggalkan tubuh tidak berubah. Industri * Emas Solder digunakan untuk bergabung dengan komponen perhiasan emas oleh suhu tinggi atau mematri pematerian keras. Jika pekerjaan harus dari kualitas hallmarking, emas solder harus sesuai dengan berat karat pekerjaan, dan paduan formula yang diproduksi di sebagian besar industri-standar bobot karat untuk mencocokkan warna kuning dan emas putih. Gold solder biasanya dilakukan di setidaknya tiga titik leleh berkisar disebut sebagai Mudah, Medium dan Hard. Dengan menggunakan keras, titik leleh tinggi solder pertama kali, diikuti oleh solder dengan semakin rendah titik leleh, pandai emas dapat mengumpulkan item kompleks dengan beberapa titik solder terpisah. * Emas dapat dibuat menjadi benang dan digunakan dalam menyulam. * Emas adalah ulet dan patuh, yang berarti dapat ditarik menjadi kawat sangat tipis dan dapat dipukul ke lembaran sangat tipis yang dikenal sebagai daun emas. * Gold menghasilkan yang mendalam, intens warna merah bila digunakan sebagai pewarna dalam cranberry kaca. * Dalam fotografi, toner emas digunakan untuk mengubah warna perak bromida cetakan hitam dan putih biru terhadap cokelat atau nada, atau untuk meningkatkan stabilitas. Digunakan pada cetakan kencang sepia, toner emas menghasilkan warna merah. Kodak diterbitkan formula untuk beberapa jenis penyegar emas, yang menggunakan emas sebagai klorida (Kodak, 2006). * Seperti emas reflektor yang baik radiasi elektromagnetik seperti inframerah dan

33

cahaya tampak serta gelombang radio, digunakan untuk lapisan pelindung pada banyak satelit buatan, dalam pelindung inframerah faceplates dalam perlindungan termal jas dan astronot 'helm dan dalam peperangan elektronik pesawat seperti EA-6B perampas. * Emas digunakan sebagai lapisan reflektif pada beberapa high-end CD. * Automobiles dapat menggunakan emas untuk insulasi panas. McLaren menggunakan foil emas di kompartemen mesin dari model F1. * Emas bisa dibuat begitu tipis sehingga tampak transparan. Ini digunakan dalam beberapa jendela kokpit pesawat untuk de-icing atau anti-icing by lewat listrik melaluinya. Panas yang dihasilkan oleh perlawanan dari emas cukup untuk mencegah es dari membentuk. Elektronik * Konsentrasi elektron bebas dalam logam emas adalah 5,90 × 1022 cm-3. Emas sangat konduktif listrik, dan telah digunakan untuk kabel listrik dalam beberapa aplikasi energi tinggi (perak bahkan lebih konduktif per volume, tapi emas memiliki keunggulan dalam ketahanan korosi). Sebagai contoh, emas kabel listrik yang digunakan selama beberapa atom Proyek Manhattan percobaan, namun arus tinggi besar kawat perak digunakan dalam pemisah isotop calutron magnet dalam proyek. * Walaupun emas diserang oleh free klorin, konduktivitas yang baik dan ketahanan umum terhadap oksidasi dan korosi dalam lingkungan lain (termasuk tahan terhadap asam non-diklorinasi) telah menyebabkan industri yang luas digunakan di era elektronik sebagai lapisan lapisan tipis dari konektor listrik semua jenis, sehingga memastikan koneksi yang baik. Sebagai contoh, emas yang digunakan dalam konektor yang lebih mahal kabel elektronik, seperti audio, video dan USB kabel. Keuntungan menggunakan emas atas konektor logam lain seperti timah dalam aplikasi ini sangat diperdebatkan. Konektor emas sering dikritik oleh para pakar audio-visual sebagai tidak perlu bagi sebagian besar konsumen dan hanya dilihat sebagai taktik pemasaran. Namun, penggunaan emas dalam aplikasi lain di geser elektronik kontak di sangat lembab atau

33

korosif atmosfer, dan digunakan untuk kontak dengan biaya kegagalan sangat tinggi (beberapa komputer, peralatan komunikasi, pesawat ruang angkasa, pesawat jet engine) masih sangat umum, dan tidak mungkin diganti dalam waktu dekat oleh logam lain. * Selain geser kontak listrik, emas juga digunakan dalam kontak listrik karena ketahanan terhadap korosi, listrik, keuletan dan kurangnya keracunan. [20] kontak Switch umumnya mengalami stres korosi lebih kuat daripada kontak geser. * Baik kawat emas digunakan untuk menghubungkan perangkat semikonduktor paket mereka melalui proses yang dikenal sebagai ikatan kawat. Emas senyawa kimia Emas diserang oleh dan larut dalam larutan alkali kalium atau natrium sianida, dan emas sianida adalah elektrolit yang digunakan dalam elektroplating komersial emas dan logam dasar ke electroforming. Emas klorida (asam chloroauric) solusi yang digunakan untuk membuat emas oleh penurunan koloid dengan ion sitrat atau askorbat. Emas klorida dan emas oksida digunakan untuk membuat sangat dihargai cranberry atau kaca berwarna merah, yang, seperti emas koloid suspensi, berisi bola ukuran merata nanopartikel emas. Harga emas Dalam sejarahnya yang panjang dan berliku, saat ini emas tiba pada suatu masa baru dengan peluang dan bahaya. Harga emas saat ini lebih tinggi dari harga 17 tahun terakhir, melambung hingga $1000 per troy ounce. (1 ounce=31,1035 gr). Tetapi, emas yang tersisa untuk ditambang sangatlah sedikit[rujukan?] dan telah diperas dari bumi dengan biaya pemulihan lingkungan yang sangat tinggi dan tak jarang berada di belahan dunia yang termiskin. Bahkan, per Maret 2008, harga emas mencapai US$ 1010 per troy ounce (troy ounce = 31,1035 gram) atau setara Rp 298.000 per gram.

33

Perkiraan 2008 Harga emas naik pada tahun 2008 terkait dengan suku bunga Amerika yang berencana kembali memotong tingkat suku bunganya, namun hal ini disinyalir sebagai suatu proyeksi atas besarnya permintaan emas di pasaran untuk perhiasan. Hal serupa juga ditegaskan oleh National Australian Bank (NAB) pada sektor mineral dan energi. Keuntungan dan kemiskinan Dewasa ini perusahaan-perusahaan emas menyerbu pelosok bumi dituntun oleh pemandu yang kuat: Bank Dunia. Bank Dunia, lembaga utama yang bergiat menuntaskan kemiskinan dunia, beranggapan bahwa perusahaan-perusahaan tambang multinasional akan membawa investasi, mendorong pembangunan jalan, sekolah dan pekerjaan, ke negara-negara yang tidak memiliki banyak modal selain sumber daya alam mereka. Bank Dunia bekerja di kedua pihak. Atas desakannya, lebih dari 100 pemerintahan negara yang mengalami masalah keuangan setuju memotong pajak dan royalti untuk memikat perusahaan-perusahaan tambang besar, ujar James Otto, profesor tamu di sekolah hukum University of Denver. Sementara itu, Bank Dunia memberikan uang untuk atau menjamin lebih dari 30 proyek tambang emas, untuk mencari keuntungan. Meskipun tambang hanyalah bagian kecil dari portofolio Bank Dunia, ketika kecelakaan meningkat kontroversi pun merebak. Dalam salah satu bencana terburuk, pada tahun 1995 sebuah tambang di Guyana yang dijamin oleh Bank Dunia menumpahkan lebih dari 790.000 galon limbah tambang bercampur sianida ke anak Sungai Essequibo, yang merupakan sumber air utama negara tersebut. Pada tahun 2001, presiden Bank Dunia waktu itu, James D. Wolfenshon, menetapkan moratorium investasi tambang selama dua tahun dan memerintahkan penyusunan sebuah kajian tentang keterlibatan Bank Dunia dalam industri tersebut.

33

2. Perak
2.1 Sejarah (Anglo-Saxon, Seolfor siolfur; Latin argentum). Perak telah dikenal sejak jaman purba kala. Unsur ini disebut dalam Alkitab. Beberapa tempat buangan mineral di Asia Minor dan di pulau-pulau di Laut Aegean mengindikasikan bahwa manusia telah belajar memisahkan perak dari timah sejak 3000 SM. Perak telah digunakan selama ribuan tahun untuk hiasan dan peralatan, untuk perdagangan, dan sebagai dasar bagi banyak sistem moneter. Nilainya sebagai logam mulia sudah lama dianggap hanya kedua emas. Kata "perak" muncul di Anglo-Saxon dalam berbagai ejaan seperti seolfor dan siolfor. Bentuk serupa terlihat di seluruh Teutonik bahasa (bandingkan Jerman Kuno silabar dan silbir). Ag simbol kimia berasal dari bahasa Latin untuk "perak", Argentum (bandingkan Yunani άργυρος, Argyros), dari Indo-Eropa-akar * arg berarti "putih" atau "bersinar". Perak telah dikenal sejak zaman dahulu. Disebutkan dalam Kitab Kejadian, terak tumpukan ditemukan di Asia Kecil dan di pulau-pulau di Laut Aegea menunjukkan bahwa perak sedang dipisahkan dari memimpin sejak milenium ke-4 SM menggunakan tambang permukaan. Tercatat penggunaan perak untuk mencegah infeksi tanggal Yunani kuno dan Roma, Vipassana ditemukan kembali pada Abad Pertengahan, di mana ia digunakan untuk beberapa tujuan, seperti untuk membasmi kuman air dan makanan selama penyimpanan, dan juga untuk perawatan luka bakar dan luka sebagai luka berpakaian. Pada abad ke-19, para pelaut di perjalanan laut yang panjang akan menempatkan uang perak dalam tong air dan anggur untuk menjaga cairan murni. Perintis di Amerika menggunakan ide yang sama saat mereka perjalanan dari pantai ke pantai. Solusi perak disetujui pada tahun 1920 oleh US Food and Drug Administration untuk digunakan sebagai agen antibakteri. Dalam Injil, murid Yesus Judas Iscariot yang terkenal karena telah mengambil tiga puluh keping uang suap perak dari para pemimpin agama di Yerusalem untuk mengubah Yesus Kristus ke Roma. Sisihkan keadaan tertentu, Islam membolehkan pria Muslim untuk memakai perhiasan perak. Muhammad sendiri memakai cincin stempel perak.

33

2.1 Karakteristik Silver klinis yang sangat ulet dan lentur (sedikit lebih sulit daripada emas) koin logam monovalen dengan putih cemerlang metallic luster yang dapat mengambil tingkat yang tinggi semir . Ini memiliki konduktivitas listrik tertinggi dari semua logam, bahkan lebih tinggi dari tembaga, namun biaya yang lebih besar dan kecenderungan untuk menodai mencegahnya dari yang banyak digunakan di tempat dari tembaga Walaupun sudah untuk keperluan listrik. ton untuk dalam demikian, digunakan digunakan 13.540

elektromagnet

pengayaan uranium selama Perang Dunia II (terutama karena kekurangan masa perang tembaga). lainnya pengecualian dalam high-end audio kabel. Di antara logam, perak murni memiliki konduktivitas termal tertinggi (non-logam berlian dan superfluid helium II lebih tinggi) dan salah satu yang tertinggi pemantulan optik. (aluminium sedikit outdoes perak di bagian spektrum yang terlihat, dan perak reflektor yang buruk dari sinar ultraviolet). Perak juga memiliki kontak terendah resistensi dari semua logam. Perak halida fotosensitif dan luar biasa karena kemampuan mereka untuk merekam gambar laten yang nantinya dapat dikembangkan secara kimiawi. Perak murni stabil di udara dan air, tetapi tarnishes ketika terkena udara atau air yang mengandung ozon atau hidrogen sulfida untuk membentuk lapisan hitam perak sulfida yang dapat dibersihkan dari dengan asam klorida encer. yang paling umum bilangan oksidasi perak adalah 1 (misalnya, perak nitrat: AgNO3); di samping, 2 senyawa (misalnya, perak (II) fluoride: AgF2) dan 3 senyawa yang kurang umum (misalnya, kalium tetrafluoroargentate: K [AgF4 ]) yang dikenal.

33

1.3 Isotop Perak alami terdiri dari dua isotop stabil,
107

Ag dan

109

Ag, dengan

107

Ag menjadi Ag dengan

yang paling banyak (51,839% kelimpahan alam). Berat atom perak adalah 107.8682 (2) g / mol. Dua puluh delapan radioisotop telah ditandai, yang paling stabil yang
105

paruh 41,29 hari, 111Ag dengan paruh 7,45 hari, dan 112Ag dengan paruh 3,13 jam. Unsur ini telah banyak meta negara, yang paling stabil yang 108mAg (t1 / 2 = 418 tahun), 110mAg (t1 / 2 = 249,79 hari) dan
106m

Ag (t1 / 2 = 8,28

hari). Semua isotop radioaktif yang tersisa memiliki paruh yang kurang dari satu jam, dan mayoritas ini memiliki paruh yang kurang dari 3 menit. Isotop dari perak berkisar dari massa atom relatif 93,943 (94Ag) ke 126,936 (127Ag). modus pembusukan utama sebelum stabil isotop paling banyak,
107

Ag, adalah elektron

menangkap dan modus utama setelah adalah peluruhan beta. Pembusukan utama produk sebelum
107

Ag adalah paladium (elemen 46)

isotop, dan produk-produk utama setelah adalah kadmium (elemen 48) isotop. Paladium
107

Ag isotop meluruh oleh beta
107

emisi untuk

Ag dengan paruh 6,5 juta

tahun. Besi meteorit adalah satu-satunya objek dengan cukup tinggi paladium-keperak rasio untuk menghasilkan variasi terukur
107

Ag kelimpahan. Radiogenic

107

Ag pertama kali ditemukan di Santa Clara

meteorit pada tahun 1978. penemu menyarankan bahwa koalesensi dan diferensiasi-buang biji besi planet kecil mungkin telah terjadi 10 juta tahun setelah peristiwa nucleosynthetic. Korelasi
107

Pd- 107Ag diamati pada tubuh yang jelas-jelas sudah meleleh sejak akresi dari

tata surya harus mencerminkan adanya nuklida stabil pada awal tata surya.

33

1.4 Proses pembuatan Perak logam mudah larut dalam asam nitrat (HNO3) untuk menghasilkan perak nitrat (AgNO3), padatan kristal transparan yang fotosensitif dan mudah larut dalam air. Perak nitrat digunakan sebagai titik awal untuk sintesis senyawa perak lainnya, sebagai antiseptik, dan sebagai noda kuning untuk kaca di kaca patri. Logam perak tidak bereaksi dengan asam sulfat, yang digunakan dalam pembuatan perhiasan untuk membersihkan dan menghilangkan oksida tembaga perak firescale dari artikel setelah penyolderan perak atau annealing. Namun, perak mudah bereaksi dengan sulfur atau hidrogen sulfida H2S untuk menghasilkan perak sulfida, suatu senyawa berwarna gelap akrab sebagai noda pada koin perak dan objek lain. Perak perak sulfida juga membentuk kumis ketika kontak listrik
Kristal perak digunakan dalam suasana kaya di sulfide.Silver hidrogen klorida (AgCl) yang perak

diendapkan dari larutan perak nitrat dalam kehadiran ion klorida, dan yang lainnya halida perak yang digunakan dalam pembuatan fotografi emulsi yang dibuat dengan cara yang sama menggunakan bromida atau iodida garam. Perak klorida digunakan dalam elektroda kaca untuk pH potentiometric pengujian dan pengukuran, dan sebagai semen untuk kaca transparan. Iodida perak telah digunakan dalam upaya untuk menghasilkan benih awan hujan. silver halida sangat larut dalam larutan berair dan digunakan dalam metode analisis gravimetric. Perak oksida (Ag2O) perak nitrat dihasilkan ketika solusi diperlakukan dengan basa, digunakan sebagai elektroda positif (katoda) dalam menonton (baterai) baterai. Silver karbonat (Ag2CO3) adalah perak nitrat dipercepat ketika diperlakukan dengan natrium karbonat (Na2CO3). Silver memfulminasi (AgONC), yang kuat, touch-sensitif perkusi peledak yang digunakan dalam topi, dibuat oleh logam perak reaksi dengan asam nitrat di hadapan etanol (C2H5OH). Peledak berbahaya lain senyawa perak perak azida (AgN3), dibentuk oleh reaksi perak nitrat dengan natrium azida (NaN3). Gambar laten terbentuk pada kristal perak halida dikembangkan oleh pengobatan dengan larutan alkali reduktor seperti hidroquinon, metol (4 - (methylamino) fenol sulfat) atau askorbat yang mengurangi halida untuk terpapar logam perak. Basa larutan perak nitrat bisa dikurangi dengan logam perak dengan mengurangi gula seperti glukosa, dan reaksi ini

33

digunakan untuk kaca cermin perak dan bagian kaca hiasan Natal. Perak halida yang larut dalam larutan natrium tiosulfat (Na2S2O3) yang digunakan sebagai pemecah masalah fotografi, untuk membuang kelebihan halida perak dari emulsi fotografi setelah pembangunan gambar. Logam perak diserang oleh oksidasi kuat seperti kalium permanganat (KMnO4) dan kalium dikromat (K2Cr2O7), dan di depan potasium bromida (KBr), senyawa ini digunakan dalam fotografi untuk pemutih perak gambar, mengubah mereka untuk perak halida yang dapat baik akan tetap dengan tiosulfat atau re-dikembangkan untuk mengintensifkan gambar asli. Bentuk perak sianida kompleks (perak sianida) yang larut dalam air di hadapan kelebihan ion sianida. Perak sianida solusi yang digunakan dalam elektroplating perak. 1.5 Aplikasi Banyak dikenal penggunaan perak yang melibatkan sifat-sifat logam mulia, termasuk mata uang, item dan cermin dekoratif. Kontras antara munculnya warna putih yang terang kontras dengan media lain membuatnya sangat berguna bagi seni visual. Hal ini juga lama digunakan untuk memberikan nilai moneter yang tinggi sebagai objek (seperti koin perak dan investasi bar) atau membuat objek simbolis tinggi peringkat sosial atau politik. Mata Uang Perak, dalam bentuk electrum (emas-perak paduan), diciptakan untuk menghasilkan uang di sekitar 700 SM oleh Lydians. Kemudian, perak diperhalus dan diciptakan dalam bentuk murni. Banyak negara yang digunakan perak sebagai unit dasar nilai moneter. Dalam dunia modern, perak bullion memiliki kode mata uang ISO XAG. Nama satuan moneter Inggris Raya "pound" (£) mencerminkan fakta bahwa awalnya mewakili nilai satu troy pound dari perak. Pada 1800-an, banyak negara, seperti Amerika Serikat dan Britania Raya, beralih dari perak ke standar emas nilai moneter, maka dalam abad ke-20 untuk unjuk currency.Jewellery dan perak Dewi Minerva pada sebuah piring perak Romawi, Abad ke-1 SM

33

Perhiasan Perhiasan dan perak secara tradisional terbuat dari sterling silver (standar silver), sebuah paduan dari 92,5% perak dengan 7,5% tembaga. Di AS, hanya sebuah paduan yang terdiri dari setidaknya 92,5% denda perak dapat dipasarkan sebagai "perak". Sterling silver lebih sulit daripada perak murni, dan memiliki titik lebur yang lebih rendah (893 ° C) dari perak murni baik atau murni tembaga. Britannia perak adalah sebuah alternatif standar mutu cirimengandung 95,8% perak, sering digunakan untuk membuat peralatan makan perak dan tempa piring. Dengan penambahan germanium, yang dipatenkan diubah paduan Argentium Sterling Silver terbentuk, dengan sifat ditingkatkan termasuk ketahanan terhadap firescale. Sterling silver jewelry sering dilapisi dengan lapisan tipis perak ,999 baik untuk memberikan item mengilat selesai. Proses ini disebut "berkedip". Perhiasan perak juga dapat dilapisi dengan rhodium (untuk yang cerah, mengkilat tampak) dan emas. Perak adalah konstituen dari hampir semua karat berwarna emas dan karat emas paduan solder, memberikan paduan warna pucat dan kekerasan yang lebih besar. [14] 9 karat emas putih mengandung 62,5% perak dan emas 37,5%, sementara emas 22 karat berisi hingga 8,4% perak atau 8,4% tembaga. Historis pelatihan dan organisasi serikat termasuk pandai emas perak juga, dan kedua kerajinan tetap sebagian besar tumpang tindih. Tidak seperti pandai besi, perak tidak membentuk logam ketika sedang merah panas tetapi sebaliknya, bekerja pada suhu ruangan itu dengan lembut dan hati-hati hammerblows. Inti dari silversmithing adalah untuk mengambil sepotong logam datar dan dengan cara yang berbeda palu, pancang dan alat-alat sederhana lainnya, untuk mengubahnya menjadi benda yang berguna. Sementara perak spesialisasi dalam, dan terutama bekerja, perak, mereka juga bekerja dengan logam lain seperti emas, tembaga, baja, dan kuningan. Mereka membuat perhiasan, peralatan makan, baju zirah, vas, dan barang-barang seni lainnya. Karena perak

33

adalah seperti logam malleable, perak memiliki berbagai macam pilihan dengan bagaimana mereka lebih suka bekerja logam. Secara historis, perak sebagian besar disebut sebagai pandai emas, yang biasanya serikat yang sama. Dalam tradisi perak barat Kanada, serikat tidak ada, namun, pendampingan melalui rekan menjadi metode pembelajaran profesional dalam komunitas pengrajin. Perak lebih murah daripada emas, meskipun masih berharga, dan begitu juga sangat populer dengan perhiasan yang baru mulai keluar dan tidak mampu untuk membuat keping emas, atau sebagai bahan berlatih murid pandai emas. Perak juga menjadi sangat modis, dan sering digunakan dalam perhiasan lebih artistik. Perak tradisional kebanyakan dibuat "perak" (peralatan makan, meja sendok garpu, mangkuk, tempat lilin dan semacamnya). Hanya di lebih akhir-akhir ini telah silversmithing menjadi terutama bekerja dalam perhiasan, seperti padat apalagi sekarang peralatan makan perak buatan tangan. Perak digunakan untuk penghargaan medali, yang menunjukkan tempat kedua. Beberapa high-end alat musik terbuat dari perak, seperti suling. Kedokteran Gigi Perak dapat paduan dengan merkuri, timah dan logam lain pada suhu ruang untuk membuat peleburan yang secara luas digunakan untuk tambalan gigi. Untuk membuat gigi campuran, bubuk campuran perak dan logam lain dicampur dengan merkuri untuk membuat pasta kaku yang dapat disesuaikan dengan bentuk rongga. Amalgam gigi mencapai kekerasan dalam beberapa menit awal namun set keras dalam beberapa jam.

Fotografi dan elektronik Fotografi digunakan 30,98% dari perak yang dikonsumsi pada tahun 1998 dalam bentuk perak nitrat dan perak halida. Pada tahun 2001, 23,47%

33

digunakan untuk fotografi, sementara 20,03% digunakan dalam perhiasan, 38,51% untuk industri menggunakan, dan hanya 3,5% untuk koin dan medali. Penggunaan perak di fotografi telah dengan cepat menurun, karena permintaan lebih rendah untuk warna konsumen film dari munculnya teknologi digital, sejak tahun 2007 dari 894.5 juta ons perak di suplai, hanya 128.3 juta ons (14,3%) yang dikonsumsi oleh sektor fotografi, dan jumlah total yang dikonsumsi perak pada tahun 2007 oleh sektor fotografi dibandingkan dengan tahun 1998 adalah hanya 50%. Beberapa produk listrik dan elektronik menggunakan perak untuk konduktivitas unggul, bahkan ketika ternoda. Sebagai contoh, sirkuit cetak dapat dibuat dengan menggunakan cat perak, [6] dan keyboard komputer menggunakan listrik perak kontak. Beberapa high-end audio hardware (DAC, preamplifiers, dll) sepenuhnya perak-kawat, yang diyakini menyebabkan sedikit penurunan kualitas pada sinyal. Cadmium oksida perak digunakan dalam kontak tegangan tinggi karena dapat menahan lengkung. Selama Perang Dunia II pasokan pendek tembaga membawa pemerintah menggunakan perak dari kubah Keuangan untuk konduktor di Oak Ridge National Laboratory. (Setelah perang berakhir, perak itu kembali ke kubah.) Perangkat kecil seperti alat bantu dengar dan jam biasanya menggunakan baterai oksida Silver karena kehidupan mereka yang panjang dan energi tinggi / weight ratio. Penggunaan lain adalah kapasitas tinggi perak-seng dan perak-kadmium baterai.

Mirror dan optik Mirrors yang perlu untuk terlihat lebih unggul pemantulan cahaya dibuat dengan perak sebagai bahan refleksi dalam proses yang disebut silvering, meskipun cermin Common didukung dengan aluminium. Menggunakan proses yang disebut memercik, perak (dan kadang-kadang emas) dapat diterapkan pada kaca di berbagai ketebalan, sehingga jumlah cahaya yang berbeda untuk menembus. Perak biasanya digunakan untuk lapisan khusus optik, dan keperakan paling sering terlihat pada arsitektur dan kaca jendela gelap pada kendaraan dihasilkan oleh terbata-bata aluminium, yang lebih murah dan tidak

33

rentan

terhadap

menodai

dan

korosi.

Lain industri dan aplikasi komersial Silver's katalitik properti menjadikannya ideal untuk digunakan sebagai katalis pada reaksi oksidasi, misalnya, produksi formaldehida dari metanol dan udara dengan menggunakan layar atau kristalit perak yang berisi minimal berat badan 99,95 persen perak. Perak (atas beberapa dukungan yang sesuai) mungkin merupakan satu-satunya katalis yang tersedia saat ini untuk mengubah etilen untuk etilen oksida (kemudian dihidrolisis untuk ethylene glycol, yang digunakan untuk membuat poliester) - reaksi industri penting. Karena perak mudah menyerap neutron bebas, itu biasanya digunakan untuk membuat batang kendali yang mengatur reaksi berantai fisi dalam reaktor nuklir air bertekanan, pada umumnya dalam bentuk paduan mengandung 80% perak, 15% indium, dan 5% kadmium. Perak yang digunakan untuk membuat solder dan paduan mematri, dan sebagai lapisan tipis pada permukaan bantalan dapat memberikan peningkatan yang signifikan dalam perlawanan menyakitkan dan mengurangi memakai di bawah beban berat, terutama terhadap baja. Pengobatan Perak senyawa ion dan perak menunjukkan efek toksik pada beberapa bakteri, virus, ganggang dan jamur, khas untuk logam berat seperti timah atau merkuri, tetapi tanpa toksisitas tinggi dengan manusia yang biasanya berhubungan dengan logam lain tersebut. Efek yg menghapus kuman penyakit yang membunuh banyak mikroba organisme in vitro, tetapi pengujian dan standardisasi produk perak sulit. Hippocrates, "bapak kedokteran", menulis bahwa perak telah menguntungkan penyembuhan penyakit dan anti-properti, dan Fenisia digunakan untuk menyimpan air, anggur, dan cuka dalam botol perak untuk mencegah memanjakan. Pada awal 1900-an orang akan menaruh dolar perak dalam susu botol untuk memperpanjang kesegaran susu itu. Itu efek yg menghapus kuman penyakit dalam meningkatkan nilai peralatan dan sebagai perhiasan. Proses yang

33

tepat perak itu efek yg menghapus kuman penyakit masih belum sepenuhnya dipahami, meskipun teori-teori yang ada. Salah satunya adalah efek oligodynamic, yang menjelaskan efek mikroorganisme tetapi tidak akan menjelaskan efek antivirus. Perak secara luas digunakan dalam topical gel dan diresapi ke perban karena lebar spektrum aktivitas antimikroba. Anti-mikroba sifat perak berasal dari sifat-sifat kimia dari bentuk terionisasi, Ag +. Ion ini membentuk ikatan molekul yang kuat dengan zat lain yang digunakan oleh bakteri untuk bernafas, seperti molekul yang mengandung belerang, nitrogen, dan oksigen. Ketika Ag + membentuk ion kompleks dengan molekul-molekul ini, mereka dianggap tidak dapat digunakan oleh bakteri, menghilangkan mereka senyawa yang diperlukan dan akhirnya menimbulkan kematian bakteri. Senyawa perak digunakan untuk mencegah infeksi dalam Perang Dunia I sebelum munculnya antibiotik. Solusi perak nitrat menggunakan lanjutnya, kemudian digantikan dengan perak sulfadiazin krim (SSD Cream), yang umumnya menjadi "standar perawatan" bagi perawatan antibiotik antibakteri dan luka bakar serius hingga akhir 1990-an. Sekarang, pilihan lain, seperti pembalut berlapis perak (perak diaktifkan dressing), digunakan sebagai tambahan krim SSD. Namun, bukti untuk efektivitas perakdiperlakukan seperti saus dicampur dan meskipun bukti-bukti yang cukup menjanjikan itu dirusak oleh kualitas masyarakat miskin pencobaan digunakan untuk menilai produk tersebut. Oleh karena itu review sistematis utama oleh Cochrane Kolaborasi ditemukan cukup bukti untuk merekomendasikan penggunaan saus diperlakukan perak untuk mengobati luka yang terinfeksi. Ada minat baru perak sebagai antimikroba spektrum luas agen. Satu aplikasi telah perak yang digunakan dengan alginate, sebuah biopolymer alami yang berasal dari rumput laut, dalam berbagai produk yang dirancang untuk mencegah infeksi luka sebagai bagian dari prosedur manajemen, terutama berlaku untuk membakar korban. Pada tahun 2007, melihat pertama antibakteri kaca diperkenalkan untuk memerangi infeksi rumah sakittertangkap: ini ditutup dengan lapisan tipis dari perak. Di samping itu, US Food and Drug Administration (FDA) baru-baru ini menyetujui bernapas endotracheal tabung dengan lapisan perak bagus untuk digunakan dalam mekanik ventilasi, setelah studi menemukan itu mengurangi risiko ventilator-associated pneumonia.

33

Contoh lain yang disempurnakan yang dikenal menggunakan aksi antibakteri dari perak dengan menerapkan medan listrik. Ditemukan baru-baru ini bahwa tindakan antibakteri elektroda perak sangat meningkat jika elektroda tertutup dengan perak nanorods. Perak umumnya digunakan dalam kateter. Kateter paduan perak lebih efektif daripada kateter standar untuk mengurangi bakteriuria pada orang dewasa di rumah sakit memiliki catheterisation jangka pendek. Meta-analisis ini menjelaskan hasil berbeda-beda antara pengadilan berlapis perak kencing kateter dengan mengungkapkan bahwa paduan perak kateter secara signifikan lebih efektif dalam mencegah infeksi saluran kencing daripada perak oksida kateter. Meskipun paduan perak kateter urin biaya sekitar $ 6 lebih dari kateter urin standar, mereka mungkin sepadan dengan biaya tambahan yang berhubungan dengan kateter sejak infeksi adalah penyebab umum dari infeksi nosokomial dan bakteremia. Berbagai senyawa perak, perangkat untuk membuat homeopati solusi dan suspensi koloid perak dijual sebagai obat untuk berbagai kondisi. Meskipun kebanyakan koloid perak persiapan tidak berbahaya, ada kasus di mana penggunaan yang berlebihan menyebabkan argyria selama periode bulan atau tahun. Tinggi koloid perak dosis dapat menyebabkan koma, pleura edema, dan hemolisis.

Pakaian Perak menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Itu membuat bau ke minimum dan mengurangi risiko infeksi bakteri dan jamur. Pakaian, kombinasi perak dan kelembaban gerakan (wicking) dapat membantu mengurangi efek berbahaya dari penggunaan jangka panjang dalam kondisi aktif dan lembab. Perak digunakan dalam pakaian dalam dua bentuk utama:

33

Suatu bentuk yang ion perak diintegrasikan ke dalam polimer dari benang yang dibuat (suatu bentuk nanoteknologi) Suatu bentuk yang dilapisi perak ke benang. Dalam kedua kasus, perak mencegah pertumbuhan spektrum yang luas bakteri dan jamur. Perak sterling digunakan untuk perhiasan, perabotan perak, dsb. dimana penampakan sangat penting. Campuran logam ini biasanya mengandung 92.5% perak, dengan sisanya tembaga atau logam lainnya. Perak juga merupakan unsur penting dalam fotografi, dimana sekitar 30% konsumsi industri perak digunakan untuk bidang ini. Perak juga digunakan sebagai campuran logam pengganti gigi, solder, kotak listrik, dan baterai perak-timah dan perak-cadmium. Cat perak digunakan untuk membuat sirkuit cetak. Perak juga digunakan untuk produksi kaca dan dapat didepositkan sebagai lapisan pada gelas atau logam lainnya dengan metoda chemical deposition, electrode position atau dengan cara penguapan. Ketika perak baru saja didepositkan, lapisan ini merupakan reflektor cahaya paling baik. Tapi lapisan ini juga cepat rusak dan ternoda dan kehilangan reflektivitasnya. Walau lapisan perak bagus untuk cahaya, ia sangat buruk untuk memantulkan sinar ultraviolet. Silver fulminate, bahan peledak yang kuat, kadang-kadang terbentuk saat pembentukan perak. Silver iodide digunakan untuk membuat hujan buatan. Silver chloride memiliki sifat-sifat optikal yang unik karena bisa dibuat transparan. Silver nitrate, atau lunar caustic, yang merupakan senyawa perak yang penting banyak digunakan di bidang fotografi. Selama beratus-ratus tahun, perak telah digunakan sebagai bentuk pembayaran dalam bentuk koin oleh banyak negara. Belakangan ini sayangnya, konsumsi perak telah jauh melebihi produksi. Produksi Perak juga dapat diambil dalam proses pemurnian tembaga secara elektrolisis. Perak yang dijual secara komersil mengandung setidaknya 99.9% perak. Perak murni dengan kandungan 99.999+% juga tersedia secara komersil. Sifat-sifat

33

Perak murni memiliki warna putih yang terang. Unsur ini sedikit lebih keras dibanding emas dan sangat lunak dan mudah dibentuk, terkalahkan hanya oleh emas dan mungkin palladium. Perak murni memiliki konduktivitas kalor dan listrik yang sangat tinggi diantara semua logam dan memiliki resistansi kontak yang sangat kecil. Elemen ini sangat stabil di udara murni dan air, tetapi langsung ternoda ketika diekspos pada ozon, hidrogen sulfida atau udara yang mengandung belerang. Penanganan Walau unsur perak itu sendiri tidak beracun, banyak senyawa garamnya sangat berbahaya. Exposisi pada perak (baik logam maupun senyawa-senyawanya yang dapat larut) di udara jangan sampai melebihi 0.01 g/m3 (berdasarkan 8 jam berat rata-rata, selama 40 jam per minggu). Senyawa-senyawa perak dapat diserap dalam sistim sirkulasi tubuh dan hasil reduksi perak dapat terdepositkan pada banyak jaringan tubuh. Sebuah kondisi (argyria) dapat menimbulkan pigmen-pigmen abu-abu pada kulit tubuh dan selaput-selaput mucous. Perak memiliki sifat-sifat yang dapat membunuh bakteri tanpa membahayakan binatang-binatang besar.

33

KESIMPULAN
Emas merupakan logam yang bersifat lunak dan mudah ditempa, kekerasannya berkisar antara 2,5 – 3 (skala Mohs), serta berat jenisnya tergantung pada jenis dan kandungan logam lain yang berpadu dengannya. Mineral pembawa emas biasanya berasosiasi dengan mineral ikutan (gangue minerals). Mineral ikutan tersebut umumnya kuarsa, karbonat, turmalin, flourpar, dan sejumlah kecil mineral non logam. Mineral pembawa emas juga berasosiasi dengan endapan sulfida yang telah teroksidasi. Mineral pembawa emas terdiri dari emas nativ, elektrum, emas telurida, sejumlah paduan dan senyawa emas dengan unsur-unsur belerang, antimon, dan selenium. Elektrum sebenarnya jenis lain dari emas nativ, hanya kandungan perak di dalamnya >20%. Emas terbentuk dari proses magmatisme atau pengkonsentrasian di permukaan. Beberapa endapan terbentuk karena proses metasomatisme kontak dan larutan hidrotermal, sedangkan pengkonsentrasian secara mekanis menghasilkan endapan letakan (placer). Genesa emas dikatagorikan menjadi dua yaitu endapan primer dan endapan plaser Emas banyak digunakan sebagai barang perhiasan, cadangan devisa, dll. Potensi endapan emas terdapat di hampir setiap daerah di Indonesia, seperti di Pulau Sumatera, Kepulauan Riau, Pulau Kalimantan, Pulau Jawa, Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Perak merupakan logam yang terbentuk dan selalu bersama-sama dengan logam emas, yang mempunyai warna putih. Mineral-mineral yang terpenting yang mengandung perak adalah Perak alam (Ag), Argentite (Ag2S), Cerrargyrite (AgCl), Polybasite (Ag16 Sb2 S11), Proustite (Ag2 As S3) dan Pyrargyrite (Ag3 Sb S3). Kebanyakan perak di dunia berasal dari cebakan hydrothermal yang mengisi rongga-rongga. Kegunaannya adalah untuk perhiasan, cindera mata, logam campuran, dll.

Potensinya selalu berasosiasi dengan logam lainnya seperti emas dan tembaga

33

DAFTAR PUSTAKA
http://en.wikipedia.org/wiki/Silver
http://en.wikipedia.org/wiki/Gold

http://www.chem-is-try.org/tabel_periodik/emas/ http://www.chem-is-try.org/tabel_periodik/perak/ http://id.wikipedia.org/wiki/Emas http://id.wikipedia.org/wiki/Perak http://environmentalchemistry.com/yogi/periodic/Ag.html http://www.webelements.com/silver/

33

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->