P. 1
masalah pokok

masalah pokok

|Views: 622|Likes:
Published by rudet

More info:

Published by: rudet on Jun 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/28/2012

pdf

text

original

http://groups.yahoo.

com/group/fe_unsika/message/780 BAB 1 Metodologi dan bidang studi ilmu ekonomi Ilmu ekonomi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang sudah berkembang sejak beberapa abad lalu.perkembangan nya sebagai ilmu suatu bidang imu pengetahuan bermula sejak tahun 1776,yaitu setelah Adam smith-seorang pemikir dan ahli ekonomi inggris –menerbitkan bukunya yang berjudul "An inquiry into the nature and causes of the wealth of nations". Pertumbuhan dan modernsasi kegiatan ekonomi di berbagai negara sangat mampengaruhi perkembangan pemikiran-pemikiran ekonomi sejak penerbitan buku Adam smith separti yang di nyatakan di atas.Pada masa ini analisis-analisis dalam ilmu ekonomi telah manjadi lebih komplek dan mamberikan gambaran yang lebih lengkap mengenai kegiatan suatu perekonomian. Dalam garis besarnya ,analisisanalisis yang terdapat dalan ilmu ekonomi dapat dibedakan kepada dua bentuk analisis: teori mikroekonomi dan makroekonomi. Empat aspek yang erat hubungannya dengan metedologi dalam analisis ekonomi, yaitu: i. Maslah ekonomi pokok yang dihadapi setiap masyarakat, yaitu masalah kelangkaan dan kekurangan. Berasarkan uraian mengenai masalah ekonomi pokok tersebut akan dirumuskan definisi ilmu ekonomi. ii. Jenis-jenis ilmu ekonomi iii. Ciri-ciri utama sesuatu teori ekonomi dan kegunaan ilmu ekonomi iv. Bentuk-bentuk alat analisis yang digunakan oleh ahli-ahli ekonomi dalam menerang kan teori ekonomi dan untuk menganalisis peristiwa-peristiwa yang berlaku dalam perekonomian.

MASALAH POKOK PEREKONOMIAN DAN KEBUTUHAN UNTUK MEMBUAT PILIHAN Persoalan-persoalan yang bersifat ekonomi, yaitu persoalan yang menghendaki sesorang, sesuatu perusahaan atau suatu masyarakat membuat keputusan tenteng cara yang terbaik untuk melakukan suatu kegiatan ekonoomi. Apakah yang diartkan dengan "kegiatan ekonomi"?Kegiatan ekonomi dapat di definisikan sebagai kegiatan seseorang suatau perusahaan atau suatu masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengkonsumsi barang dan jasa tersabut. MASALAH POKOK DALAM PEREKONOMIAN:MASALAH KEKURANGAN Masalah kelangkaan atau kekurangan tersebut berlaku sebagai akibat dari ketidakseimbangan diantara Kebutuhan masyarakat dengan faktor-faktor produksi

DEFINISI ILMU EKONOMI Ilmu ekonomi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang sangat luas liputannya.Dalam usaha memberikan gambaran ringkas mengenai bidang studi ilmu ekonomi, definisi ilmu tersebut selalu dihubungkan kepada keadaan ketidakseimbangan.

Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individuindividudan masyarakat membuet pilihan, dengan atau tidak menggunakan,dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatastetapi dapat digunakan barang dan jasa dan mendistribusikan untuk kebutuhan konsumsi, sekarang dan di masa datang kepada berbagai individu dan golongan masyarakat. Jenis-jenis analisis Ekonomi Analisis ekonomi dapat dibedakan kepada tiga golongan, yaitu : Ekonomi deskriptif, teori ekonomi dan ekonomi terapan (appliad economics) Teori ekonomi Teori ekonomi adalah pandangan-pandangan yang manggambarkan sifat-sifat hubungan yang wujud dalam kegiatan ekonomi, dan ramalan tentang peristiwa yang terjadi apabila suatu keadaan yang mempengaruhi mengalami perubahan. Ekonomi Terapan Bidang ekonomi ini lazim disebut juga sebagai sebagai Ilmi ekenomi kebijakan Dalam Perekonomian tujuan-tujuan yang ingin di capai adalah: i. Mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat ii. Menciptakan kestabilan harga-harga iii. Mengatasi masalah pengangguran iv. Mewujudkan distribusi pendapatan yang merata PERNYATAAN POSITIF DAN PERNYATAAN NORMATIF DEFENISI Dalam mempelajari ilmu ekonomi dan ilmu-ilmu sosial lainnya, perlulah dengan sungguh-sungguh disadari arti dan perbedaan dari pernyataan positif dan pernyataan normatif. Pernyataan positif adalah yang mengandung arti: apakah yang wuju/ atau telah wujud,atau akan wujud dan pernyataan normatif adalah pernyataan yang mengandung arti apakah yang sebaiknya harus wujud? PERANAN ILMU STATISTIK DALAM ANALISIS EKONOMI Ilmu statistik mamegang peranan yang sangat penting di dalam mengumpulkan data mengenai berbagai aspek dari kegiatan sasuatu perekonomian.Yang lebih penting lagi ilmu statistik memberikan sumbangan yang penting sekali di dalam analisis ilmu ekonomi. MIKROEKONOMI DAN MAKROEKONOMI Sebelum mempelajari dan mendalamai berbagai bidang pengkhusuan tersebut seoprang ahli ekonomi perlu terlebih dahulu mengenal dua yeori pokok dalam analisis ekonomi yaiutu: Teorimikroekonomi dan teori makroekonomi. Teori mikroekonomi beloh diartika ilmu ekonomi kecil yang dapat didefinisikan bagian dari ilamu ekonomi yang menganalisis mengenai bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan ekonomi.sedangkan teori makroekonomi dapat disebut juga ilmu ekonomi besar yang dapat didefinisikan makroekonomi merupakan analisis keatas keseluruhan kegiatan ekonomi. ASAL USUL MAKROEKONOMI Analisis makroekonomi dibuat berdasarkan pada pemikiran bahwa kebutuhan dan keinginan manusia tidak terbatas.Sedangkan kemampuan faktor produksi untuk menghasilkan Barang dan Jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat adalah terbatas.

Dalam teori ekonomi masalah di atas dibagikan dan dibedakan menjadi tiga pokok persoalan yaitu: i. Apakah jenis-jenis barang dan jasa yang perlu diproduksikan Dalam perekonomian? Ii Bagaimanakan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat Akan dihasilkan? Iii Untuk siapakah barang dan jasa perlu dihasilkan? Ketiga-tiga persoalan pokok ini akan diterangka dengan lebih terperinci dalam Bab 3. Pada hakikatnya analisis ke atas di ketiga persoalan tersebut merupakan analisis dari segi penawaran dan merupakan analisis-analisis dalam teori mikroekonomi.

CORAK ANALISIS TEORI MAKROEKONOMI Aspek pertama yang dibahas dalam teori makroekonomi adalah penentuan tingkat kegiatan perekonomoian negara yaitu analisis mengenai samapai dimana suatu perekonomian akan menghasilkan barang dan jasa.teori mikroekonomi seterusnya menganalisis bentuk masalah yang akan timbul apabila pengeluaran agregat tidak memcapai tingkat yang ideal. Setipa masyarakat mengharapkan agar pengeluaran agregat akan mencapai tingkat yang diperlukan untuk mewujudkan kesempatan kerja penuh tanpa inflasi. Tujuan ini sukar untuk dicapai. KEBIJAKAN FISKAL Kebijaka fiskal adalah langkah-langkah pemerintah merubah struktur dan jumlah pajak dan pengeluaran dengan maksud untuk mempengaruhi tingkat kegiata perekonomian. Sedangkan kebijakan moneter adalah langkah-langkah pemerintah dalam mempengaruhi jumlah uang dalam perekonomian dengan tujuan untuk mengatasi masalah perekonomia yang dihadapi.

BAB 2 POLA KEGIATAN SUTAU PEREKONOMIAN Dalam garis besarnya sistim ekonomi dibedakan kepada 3 golongan: Ekonomi pasar, ekonomi campuran dan ekonomi perencanaan pusat. Ekonomi Pasar adalah perekonomian yang kegiatan nya sepenuhnya diatur oleh interaksi antara pembeli dan penjual di pasaran. Ekonomi Campuran adalah Sistim ekonomi pasaran yang disertai campur tangan pemerintah. Ekonomi perencanaan pusat adalah sistem ekonomi yang kegiatannya sepenuhnya diatur oleh pemerintah.

UANG, PERDAGANGAN, SPESIALISASI Suatu perekonomian yang menggunakan uang sebagai perantara dalam kegiatan tukar menukar (Perdagangan) selalu disebut juga dengan istilah perekonomian uang. Namun demikian sampai dimana pentingnya uang di dalam tiap-tiap masyarakat tersebut berbeda dari satu masyarakat ke masyarakat lainnya. Di dalam perekonomia subsistan uang tidaklah terlalu penting peranannya karena kegiatan perdagangan masih sangat terbatas setitik sedangkan di negara-negara maju

seperti Amerika Serikat dan Jepang uang sangatlah penting peranan nya. Di dlam perekonomian yang lebih maju corak kegiatan ekonomi tidak seperti itu lagi. Penggunaan uang memungkinkan mereka melakuka spesialisasi yaitu setiap orang tidak lagi menghasilkan suebuah barang dan jasa yang diperlukan, tetapi mengkhusukan kepada menghasilan barang atau jsa yang dapat disediakan dengan lebih efisien. KEUNTUNGAN-KEUNTUNGAN DARI SPESIALISASI 1. Spesialisasi mempertinggi efisiensi penggunaan faktor-faktor produksi 2. spesialisasi mempertinggi efesiaensi memproduksi 3. Spesialisasi mendorong tekhnologi memproduksi PELAKU-PELAKU KEGIATAN EKONOMI Dalam kegiatan ekonomi cukuplah apabila pelaku-pelaku kegiatan ekonomi dibedakan menjadi tida golongan yaitu: Rumah Tagga, Perusahaan, dan pemerintah. Rumah tangga adalah pemilik dari berbagai faktor produksi yang tersedia dalam perekonomian. Perusahaan adalah organisasi yang dikembangkan oleh seseorang atau sekumpulan orang dengan tujuan untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa yang dibutuhka masyarakat. Pemerintah adalah Pemerintah sbagai badan-badan yang diberi tugas untuk mengatur kegiatan ekonomi

RUMAH TANGGA-RUMAH TANGGA Rumah tangga adalah pemilik dari berbagai dari berbagai faktor produksi yang tersedia dalam perekonomian,di samping itu sektor ini memiliki faktor-faktor produksi yang lain, yaitu alat-alat modal,kekayaan alam;dan harta tetap seperti tanah dan bangunan. PERUSAHAAN-PERUSAHAAN Perusahaan-perusahaan adalah organisasi yang dikembangkan oleh seseorang atau sekumpulan orang dengan tujuan untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat PEMERINTAH Yang dimaksud pemerintah adalah badan-badan pemerintah yang diberi tugas untuk mengatur kegiatan ekonomi,di samping mengatur dan mengawasi kegiatan-kegiatan ekonomi rumah tangga dan perusahaan,pemerintah juga melakukan sendiri beberapa kegiatan ekonomi. SIRKULASI ALIRAN PENDAPATAN Untuk memberi gambaran yag lebih jelas lagi mengenai corak kegiatan ekonomi yang wujud dalam sesuatu perekonomian ahli-ahli ekonomi biasanya membuat suatu diagram yang di nama kan sirkulasi aliran Pendapatan. JENIS-JENIS ALIRAN YANG WUJUD Perokonomian cukuplah dibedakan dalam dua sektor yaitu sektor perusahaan dan sektor rumah tangga. PASAR BAANG DAN PASAR FAKTOR Pasar di dalam mana para pembeli dan penjual melakukan interaksi

dapat di beda kan dalam dua jenis,yaitu pasar barang dan pasar faktor,pasar barang yaitu tempat dimana pembali dan penjual melakuka interaksiuntuk menetukan jumlahdan harga barang dan jasa.sedangkan pasar faktor tempat dimana para pengusaha mengadakan interaksi.

MEKANISME PASAR: SUATU PENILAIAN Kemajuan yang telah dicapai barbagai perekonomian,terutama perekonomian negara-negara maju, membuktikan bahwa pada umum nya meknisme pasar adalah sistemyang cukup efisien didalam mengalokasikan faktor-fator produksi dan mengembangkan perekonomian,tetapi didalam keadaan-keadaan trtentu ia menimbulkan beberapa akibat buruk kepeda perekonomian sehingga diperlukan campur tangan pemerintah untuk memperbaikinya. KEBAIKAN-KEBAIKAN MEKANISME PASAR 1. Pasar dapat memberikan informasi yang lebih tepat 2. Pasar memberikan perangsang kepada para pengusaha untuk mengembangkan kegiatan mereka 3. Pasar memberikan perangsang untuk memperoleh keahlian 4. Pasar menggalakan penggunaan barang dan faktor produksi 5. Pasar memberikan kebebasan yang tinggi kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi. KEBURUKAN-KEBURUKAN MEKANISME PASAR 1. Kebebasan yang tidak terbatas menindas golongan-golongan tertentu 2. Kegiatan ekonomi sangat tidak stabil keadaan nya 3. Di dalam sistem meknisme pasar akan timbul kekuatan monopoli yang merugikan 4. Mekanisme pasar tidak dapat menyediakan beberapa jenis barang secara efesien 5. Kegiatan konsumen dan produsen mungkin menimbulkan "eksternalitas" yang merugikan. KEGAGALAN PASAR DAN CAMPUR TANGAN PEMERINTAH Yang dimaksudkan kegagalan pasar adalah ketidakmampuan dari suatu perekonomian pasar untuk berfungsi secara efesien. BAB 3 MASALAH-MASALAH EKONOMI DAN ANALISIS EKONOMI Bab ini membicarakan dengan lebih mendalam mengenai masalah ekonomi pokok yang dihadapi masyarakat dengan merincikan masalah itu kepada tiga persoalan yang dihadapi setiap perekonomian. MASALAH-MASALAH POKOK DARI SETIAP PEREKONOMIAN Bardasarkan kepada corak analisis di dalam ilmu ekonomi ahli-ahli ekonomi ,telah dapat membagikan berbagai masalah ekonomi yang dihadapi sesuatu masyarakat kepada tiga permasalahan pokok,yaitu : 1. Apakah barang dan jasa yang diproduksikan? 2. Bagaimanakah caranya memproduksikan barang dan kasa tersebut? 3. Untuk siapakah barang dan jasa tersebut diproduksikan? APAKAH BARANG DAN JASA YANG HARUS DIPRODUKSIKAN DAN BERAPA BANYAKNYA?

Makin banyak sesuatu jenis barang akan dihasilkan, semakin banyak faktor produksi yang akan digunakan di kegiatan tersebut.Untuk itu faktor-faktor produksi yng digunakan di sektor lain harus di kurangi.maka produksi di sektor yang belakangan ini akan berkurang. BATAS KEMUNGKINAN PRODUKSI Batas kemungkinan produksi atau kurva kemungkinan produksi.grafik tersebut manunjukan batas maksimum dari tingkat produksi yang tapat dicapai oleh sesuatu masyarakat dengan menggunakan seluruh faktorfaktor produksi yang dimilikinYA

MEMILIH JENIS BARANG YANG HARUS DIPRODUKSIKAN 1. Faktor-faktor produksi sepenuhnya digunakan 2. faktor-faktor prodoksi tetap jumlah nya. 3. teknologi tidak mengalami perubahan. 4. hanya dua jenis barang yang diprodiksikan. MASALAH PENGANGGURAN Salah satu masalah penting yang dihadapi perekonomian ialah pengangguran di masa kini dan di masa depan. Keadaan dimana tingkat produksi adalah di bawah tingkatnya yang maksimum,berdasarkan kepada analisis keynes alasan dari berlakunya masalah trsebut adalah:pengeluaran agregat adalah kurang daripada yang diperlukan untuk mewujudkan tingkat kesempatan kerja penuh dan tingkatnya produksi masyarakat yang maksimum. SISTEM-SISTEM PEREKONOMIAN Berbagai bentuk perekonomian di dunia ini diorganisasikan secara berbeda-beda bentuk organisasi perekonomian tersebut sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai kebudayaan, pandangan politik dan ideologi ekoomi dari masyarakat tersebut.dalam uraian di bawah diterangkan ciri-ciri pentig dari setiap perekonomian tersebut. SISTEM PASAR BEBAS ATAU LASSEZ-PAIRE Ciri-ciri nya kata Lassez Paire berasal dari bahasa Perancis dan ia mengandung arti biarlah mereka melakukan pekerjaan sesuai dengan keinginan mereka. Maka pada hakikatnya sistem lassez paire anggota masyrakat diberikan kebebasab yang sepenuh-penuhnya untuk kegiatan ekonomi yang mereka lakukan. Mekanisme pasar merupakan sistem ekonomi yang telah memungkinkan pertumbuhan ekonomi di negara-negara barat.

SISTIM EKONOMI CAMPURAN Ciri-cirinya disamping menydari kebaikan-kebaikan nya, sejak lama ahli-ahli ekonomi telah menyadari pula bahwa mwkanisme pasar mempunyai beberapa kelemahan dan menimbulkan kepincangan dalam masyarakat. Kelemahan dan kepincangan tersebut dalam pemerintah untuk melakukan campur tangan dalam perekonomian sistem perekonomia campuran adalah sistem ekonomi yang dikendalikan dan diawasi oleh pemerintah tetapi masyarakat masih mempunyai kebebasan yang cukup luas untuk menentukan kegiatan-kegiatan ekonomi yang mereka jalankan. Mekanisme pasar masih memegang peranan penting dalam menentukan corak kegiatan ekonomi yang dilakuka dalam masyarakat. Di dalam perekonomian campuran tujuan pokok daripada campurtangan

pemerintah adalah untuk menghindari akibat-akibat yang kurang menguntungka daripada sistem pasar bebas. Campur tangan pemerintah dalam perekonomian dapat dibedaka dalam tiga bentuk. Yang pertama adalah berupa peraturan-peraturan yang bertujuan untuk mengatur kegiata ekonomi agar meeka dijalankan dalam norma-norma yang wajar. Campur tangan pemerintah yang seperti ini"Rule of the game" atau aturan permainan. SISTEM EKONOMI PERANCANAAN PUSAT Sistem ekonomi ini dipearaktekan di negara-negara komunis yang merupakan sistem ekonomi dimana pemerintah sepenuh-penuhnya menentukan corak kegiatan ekonomi yang akan dilakukan. Ini berarti pemerintah lah yang akan menjawab dan menyelesaika masalah ekonomi. Pokok yang pertama yaitu barang apakah yang harus diproduksi dan berapa jumlahnya. Jawaban dari persoalan ini adalah dalam bentuk suatu perencanaan ekonomi yang sangat terperinci mengenai kegiatankegiatan produksi yang harus dilakuka di dalam beberapa tahun mendatang.

WUJUD SISTIM EKONOMI PERENCANAAN Wujud sistim perekonomian perencanaan adalah sebagai akibat keyakinan yang sangat berbeda pada ideologi yang menjadi landasan sistem mekanisme pasar untuk menjamin klancara usaha-usaha untuk mencapai sasaran yang ditetapkan dalam perencanaan yang dibuat di dalam sistem ekonomi perencanaan alat-alat modal dikuasai dan dimiliki pemerintah. BAB 4 PERMINTAAN PEENAWARAN DAN HARGA Masih ingatkah Anda dengan masalah pokok yang petama dalam setiap perekonomian di dalam bab 3 telah dijelaskan bahwa masalah itu adalah apakah barag yang harus diproduksika dan berapa jumlahnya sebagai langkah pertama untuk menerangka interaksi diantara para pembeli dan para penjualan terlebih dahulu diterangkan teori permintaan dan teori penawaran. Teori permintaan menerangkan tentang sifat daripada permintaan, pembeli keatas untuk suatu barang. Sedangkan teori penawaran bahwa para penjual di dalam menawarkan sesuatu barang yang akan dijualnya. Di dalam interaksi antara pembeli dan penjual akan menentukan harga keseimbangan atau harga pasar. TEORI PERMINTAAN DAN KURVA PERMINTAAN Teori permintaan menerangkan tentang ciri hubungan diantara jumlah permintaan dan harga.Berdasarkan ciri hubungan diantara permintaan dan harga dapat dibuat grafik kurva permintaan. Analisis dalam bagian ini akan menetangkan ciri perhubungan diantara permintaan dan harga dan pembentuka kurva permintaan. PENENTU-PENENTU PERMINTAAN i. harga barang itu sndiri ii. harga barang-barang lai yang mempunyai kaitan erat dengan barang

tersebut. iii. Pendapatan rumah tangga dan pendapatan rata-rata masyarakat iv. Corak distribusi pendapata dalam masyarakat v. Cita rasa masyarakat vi. Jumlah penduduk vii. Ramalan mengenai keadaan dimasa yang akan datang CIRI HUBUNGAN DIANTARA HARGA DAN PERMINTAAN Hukum permintaan menjelaskan sifat berkaitan diantara pemintaan suatu barang dengan harganya. Hukum permintaan hakikatnya merupakan suatu hipotesa yang menyatakan main rendah harga suatu barang main banyak permintaan ke atas barang tersebut. Sebaliknya makin tinggi harga suatu barang makin sedikit permintaan barang tersebut. DAFTAR PERMINTAAN Daftar permintaan adalah suatau tabel yang memberikan gambaran dalam angka-angka tentang perkaiatan diantara harga dengan jumlah barang yang dimnta masyarakat. KURVA PERMINTAAN Kurva permintaan dapat didefinisikan sebagai suatu kurva yang menggambarkan sifat perkaitan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta pembeli. "Permintaan " menggambarkan keadaan keseluruha daripada hubungan diantara harga dan jumlah permintaan, sedangkan jumlah barang yang diminta dimaksudkan sebagai banyaknya permintaa pada suatu tingkat harga tertentu. Kurva yang bersifat demikian disebabkab oleh sifat perkaitan diantara harga dan jumlah yang diminta. PERMINTAAN PERSEORANGAN DAN PERMINTAAN PASAR Permintaan atas sesuatu barang dapat dilihat dari dua sudut. Permintaan yang dilakuka oleh seseoang atau individu tertentu, dan permintaa yangh dilakuka oleh semua orang di dalam pasar. Oleh karena nya di dalam analisis perlu dibedakan diatara kurva permintaan perseoranagan dan kurva permintaan pasar.

PENGARUH FAKTOR BUKAN-HARGA KE ATAS PERMINTAAN Hukum permintaan hanya menekankan perhatiannya kepada pengaruh harga seuatu barang pada jumalah barang itu yang akan diminta. Sedangkan dalam kenyataan nya sebenarnya-seperti sudah dinyatakan sebelum inibanyaknya permitaan ke atas suatu barang juga ditentukan oleh faktor lain. HARGA BARANG-BARANG LAIN Baang lan itu merupakan pengganti, barang itu merupakan penggenap dan barang yang lain tidak mempunyai kaitan sama sekal dengan baang yang petama (Barang Netral). 1. Barang pengganti adalah sesuatu barang apabila dia dapat menggantikan Fungsi dari barang lain. 2. Barang penggenap apabila sesuatu barang selalu digunakan bersama sama dengan barang lainnya, maka barang tersebut dinamakan barang penggenap. 3. Barang netral apabla dua macam barang tidak mempunyai perkaitan yang rapat barang seperti itu dinamakan barang

netral.

PENDAPATAN PARA PEMBELI Pendapatan para pembeli merupaka faktor yang sangat penting di dalam menentukan corak ppermintaan ke atas berbagai jenis barang perubahan dalam pendapatan selalu menimbulkan keatas permintaan berbagai jenis barang. Ber dasarkan kepada sifat perubahan permintaan yang kan berlaku apabila pendapatan berubah, berbagai jenis barang dapat dibedakan ke dalam empat golongan: Barang interior, barang esensial, barang normal, dan barang mewah. 1. Barang interior adalah barang yang banyak diminta oleh orangorang yang berpendapatan rendah. 2. Barang esensial adalah barang yang sanagt penting artinya dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. 3. Barang normal sesuatu barang dinamakan barang normal apabila ia mengalami kenaikan dalam permintaan sebagai akibat dari kenaikan pendapatan. 4. barang mewah jenis-jenis barang yang dibeli orang apabila pendapatan mereka sudah relatif tinggi termasuk golongan ini, emas, intan, mobil sedan dll. JUMLAH PENDUDUK Pertambahan penduduk tidak dengan sendirinya menyebabkan pertambhan permintaan tetapi biasanya pertambahan penduduk diikuti oleh perkembangan dalam kesempatan kerja. Dengan demikian ini dapat menambah daya beli dalam masyarakat.

GERAKAN SEPANJANG KURVA PERMINTAAN DAN PERGESERAN KURVA PERMINTAAN Dengan menggukan grafik permintaan bagamanakan caranya menunjukan akibat dari perubahan harga dan dengan mengguakan grafk yang sama bagaimana caranya menunjukan akibat dari perubahan faktor-faktor bukan harga-seperti pendapatan, citarasa, jumlah penduduk? Perubahan permintaan dapat dibedaka dalam dua pengertian gerakan sepanjang kurva permintaan dan pergseran kurva. GERAKAN SEPANJANG PERMINTAAN Perubahan seperti ini berlaku apabila harga barang yang diminta menjadi semakin tinggi atau semakin meurun. PERGESERAN KURVA PERMINTAAN Kurva permintaan yang bergeser ke kanan atau ke kiri apabila terdapat perubahan-perubahan atas permintaan denagn yang ditimbulkan oleh faktor-faktor bukan harga. TEORI PENAWARAN DAN KURVA PENAWARAN Wujud nya permintaan belumlah merupaka syarat yang cukup untuk mewujudkan transaksi di dalam pasar permintaan yang berwujud hanya dapat dipenuhi apabila para penjual akan menyediakan barang-barang yang diperlukan.

PENENTU-PENETU PENAWARAN i. Harga barang itu sendiri ii. Harga barang-barang lain iii. Ongkos Produksi

iv. Tujuan-tujuan dari perushaan tersebut v. Tingkat teknologi yang digunakan Dengan memisalkan faktor-faktor lain tidak berubah atau ceteris parigus, terlebih dahulu akan diperhatikan pengaruh dari perubahan harga ke atas penawaran barang oleh para penjual atau produsen. BIAYA UNTUK MEMPEROLEH FAKTOR PRODUKSI Pembayaran-pembayaran kepada faktor produksi merupaan pengeluaran yang sangat penting di dalam proses produksi berbagai perusahaan. Pengeluara tersebut mempunyai peranan yang saagt besar dalam menentukan ongkos produksi. Tanpa adanya kenaikan produtivitas dan efesiensi. Kenaika harga faktor-faktor produksi mengurangi keuntungan mereka, kalau tingkat keuntungan suatu usaha tidak menarik lagi mereka akan berpindah ke usaha lain. Jika tindakan ini dapar mengurangi penawaran disuatu kegiatan ekonomi tertentu. TUJUAN-TUJUAN DARI PERUSAHAAN Dalam teori ekonomi selalu diusahakan perusahaan berusaha memaksimumkan untung. Denagn pemisalan ini tiap perusahan tidak berusaha untuk menggunakan kapasitas produsinya secara maksimal tetapi aka memggunannya pada tingakat kapasitas yang memaksimumkan keuntungan nya. Dalam bab-bab yang kemudian akan dapat dilihat bahwa keuntungn maksimal dicapai buka pada waktu kapasitas produksi mencapai maksimum. Tujuan yang berbeda-beda di ats menimbulkan pengaruh yang berbeda atas penentuan tingkat produksi.

TINGKAT TEKHNOLOGI Tingkat tehknologi memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan banyak nya jumlah barang yang dapat ditawarkan dalam hubungannya dalam penawaran suatu barang kemajuan tekhnologi menimbulkan beberapa akibat. PENGARUH PERUBAHAN PERMINTAAN DAN PENAWARAN KE ATAS KESEIMBANGAN i. P ermintaan bertambah (Kurva Permintaan bergeser ke kanan) ii. Permintaan berkurang (Kurva Permintaan bergeser ke kiri) iii. Penawaran bertambah (Kurva Penawaran bergeser ke kanan) iv. Penawaran Berkurang (Kurva Penawaran bergeser ke kiri) PERUBAHAN SERENTAK PERMINTAAN DAN PENAWARAN Tiap-tiap perubahan permintaan dan penawaran meninbulka akibat yang berbeda kepada perubahan harga dan jumlah barang yang diperjualbelikan sebagai contoh di dalam analisis perubahan serentak permintaan dan penawaran akan dimisalkan permintaan dan penawaran mengalami pertambahan

Berdasarkan pada keterbatasan pada sumber daya yang ada maka manusia harus memilih barangbarang mana yang perlu dihasilkan agar mendapatkan hasil kepuasan yang maksimum. Karenanya, timbullah 3 masalah-masalah pokok ekonomi berikut ini:

1. Barang dan jasa apa yang akan dihasilkan (what). 2. Bagaimana barang dan jasa itu dihasilkan (how). 3. Untuk siapa barang dan jasa itu dihasilkan (for whom). What What berdasarkan dengan kebutuhan apa yang paling mendesak bagi masyarakat. Jika masyarakat menginginkan suatu barang tertentu, maka diproduksilah barang tersebut, sehingga hasil produksi bisa terserap oleh masyarakat. Misalnya: pada awal perkembangan laptop kecil (palm top), masyarakat kurang antusias terhadap produk tersebut, sehingga produk tersebut tidak terserap secara baik di masyarakat. Akan tetapi akhir-akhir ini kembali lagi muncul laptop kecil (dengan nama baru netbook), masyarakat sangat antusias dengan produk lama yang muncul kembali ini. Kemunculannya sangat tepat dengan keinginan masyarakat sekarang yang menginginkan gadget yang serba portable, ringan, nyaman, kaya fitur, akses internet dan tentu saja dengan harga yang jauh lebih murah. How How berkaitan dengan teknik bagaimana menghemat sumber daya untuk menghasilkan produksi yang maksimal. Misalnya dengan menggantikan produksi manual dengan produksi secara mesin. Cara ini bisa mempercepat produksi, menghemat bahan mentah dan sebagainya, sehingga bisa menghemat biaya produksi dan bisa memenuhi kebutuhan lebih banyak. For whom For whom menyangkut siapa yang akan memakai barang hasil produksi, misalnya ada barang yang khusus untuk anak-anak, remaja, orang dewasa, kemudian barang khusus untuk kalangan menengah ke atas atau menengah ke bawah dan seterusnya. Untuk memecahkan masalah tersebut, masyarakat melakukan beberapa hal berikut: 1. Tradisi dan kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat primitif. 2. Insting yang biasa dilakukan oleh binatang. 3. Perintah yang dilakukan di dalam masyarakat yang mana diktator berkuasa. 4. Mekanisme harga yaitu suatu prores yang terjadi di masyarakat dimana terjadi gaya tarik menarik antara produsen dan konsumen di pasar input maupun output. Gerak dari setipa input (faktor-faktor produksi) dan output (barang) bisa digunakan untuk memecahkan 3 masalah pokok dalam ekonomi masyarakat: 1. Bila permintaan terhadap suatu barang naik, maka harga jual barang tersebut akan naik, sehingga penjual mendapatkan untung lebih besar. Produsen akan meningkatkan kapasitas produksi, barang-barang menjadi berlimpah, maka harga barang menjadi turun dan akhirnya produsen menyesuaikan jumlah barang yang diproduksi. Disini terlihat bahwa gerak harga barang bisa menentukan apa dan berapa jumlah barang yang bisa diproduksi. 2. Barang-barang diproduksi dari beberapa faktor produksi. Apabila salah satu atau lebih faktor produksi mengalami kenaikan harga, maka para produsen cenderung akan menghemat faktor produksi tersebut atau menggunakan faktor produksi yang lain atau substitusi. Sehingga bisa disimpulkan bahwa gerak harga input mempengaruhi kombinasi yang akan dipakai produsen dalam menjalankan proses produksinya. 3. Ketika barang hasil produksi itu dijual kepada konsumen, maka konsumen membelinya dengan penghasilannya dari hasil penjualan faktor produksi yang dimilikinya kepada produsen. Sehingga bisa disimpukan bahwa faktor produksi dan harga setiap unitnya mempengaruhi besar kecil penghasilan seseorang. Walaupun bisa memecahkan masalah-masalah di atas, mekanisme harga tidak bisa digunakan untuk memecahkan semua masalah-masalah ekonomi yang ada, beberapa diantaranya yang berkaitan dengan masalah khusus berikut ini: 1. Distribusi pendapatan, tidak selamanya mekanisme harga memecahkan masalah for whom secara adil. 2. Ketidaksempurnaan pasar, kekuatan ekonomi yang terlalu berbeda di pasar akan menyebabkan mekanisme harga yang terjadi tidak mencerminkan prioritas masyarakat secara wajar, sehingga what dan how tidak terpecahkan secara baik. 3. Barang-barang kolektif, barang-barang tertentu yang hanya bisa disediakan secara kolektif masyarakat, maka harga barang tersebut tidak ada, kalaupun ada tidak mencerminkan kebutuhan masyarakat yang sebenarnya, sehingga jelas hal ini tidak bisa dipecahkan oleh what. Misalnya keamanan masyarakat.

4. Eksternalitas, mekanisme harga tidak bisa memperhitungkan masalah-masalah sosial yang timbul sebagai akibat dari kegiatan ekonomi. 5. Pengelolaan perekonomian secara makro, mekanisme harga tidak bisa menstabilkan gejolak naik dan turunnya kegiatan ekonomi secara nasional. Referensi: Adi Kuswanto, Zuhad Ichyaudin, Pengantar Ekonomi, Penerbit Gunadarma, ed. 1, cet. 5 th 1996. Wahyu Ario Pratomo, Buku Ajar Teori Ekonomi Makro, Departemen Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara, 2006.
http://bajirul.wordpress.com/2010/04/04/masalah-pokok-ekonomi/

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->