P. 1
Belajar Tutorial Photoshop Tempat Mempelajari Photoshop Dengan Mudah

Belajar Tutorial Photoshop Tempat Mempelajari Photoshop Dengan Mudah

|Views: 1,312|Likes:

More info:

Published by: Fransiskus Oktavianto on Jun 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/01/2012

pdf

text

original

Belajar Tutorial Photoshop Tempat mempelajari Photoshop dengan mudah

þÿ
Search

• • • • • • • •

Halaman Awal Jasa Edit Foto Pasang Iklan Galeri Tentang Kontak Posts Comments

Membuat kartun dengan Photoshop
Published: 21 August 2008Posted in: Efek Foto, Tutorial Photoshop LanjutTags: Efek Foto, komik, Tutorial Photoshop Lanjut, vektor
Sponsor

Pada tutorial photoshop kali ini, akan saya gunakan untuk membahas cara membuat efek kartun. Seperti yang pernah saya janjikan pada akhir tutorial Photoshop membuat efek komik. Dan seperti yang saya utarakan di halaman awal, bahwa efek ini lumayan rumit pembuatannya. Untuk dapat membuat efek ini, sebelumnya harus lebih dulu memahami penggunaan palet layer, pembuatan garis dan shape dengan Pen tools, dan pemilihan warna. Selain itu, jika mempunyai pengetahuan tentang anatomi wajah / tubuh manusia, akan merupakan sebuah ketrampilan tambahan yang berguna. Pada efek kartun kali ini, kita akan membuat banyak bentuk-bentuk secara manual menggunakan Pen Tools. Tehnik seperti ini ada juga yang menyebut sebagai tracing, vektor. Sebenarnya, tehnik seperti ini akan lebih cocok bila dijalankan pada Adobe Illustrator. Namun karena pokok bahasan kita adalah Photoshop, maka sekarang kita coba menggunakan Photoshop saja, walaupun tentunya cara pembuatannya akan lebih rumit. Jika ingin melihat contoh lain dari gambar trace/vektor ini, beberapa hari yang lalu pernah saya buatkan. Bisa dilihat di Galeri halaman 2.

Langkah pembuatan trace pada foto
Langkah 1 Bukalah sebuah foto dengan Photoshop. Pada contoh tutorial ini, saya menggunakan foto Mas Wasidi aka Si Kecil.

Langkah 2 Karena kondisi foto ini terlalu gelap, maka agar lebih nampak perbedaan antara daerah gelap dan terangnya, maka saya atur dulu pewarnaannya menggunakan Image > Adjustment > Shadow Highlights.

Langkah 3 Duplikat layer background ini, agar kita mempunyai cadangan foto yang aslinya. Untuk jagajaga, siapa tahu nanti membutuhkan gambar aslinya. Dan memang akhirnya kita juga butuh foto aslinya, untuk membuat bentuk-bentuk yang agak rumit, misalnya mata dan bibir. Cara untuk menduplikat ini bisa dengan Ctrl + J, atau dengan menarik nama layer ke arah icon Create New Layer. Langkah 4 Pilih menu Image > Adjustment > Posterize. Isikan nilai yang kecil. Misalnya 4.

Tujuan langkah ini adalah untuk mengurangi jumlah warna yang digunakan. Langkah 5 Duplikat lagi layer foto yang sudah diposterize ini. Ubah blending option menjadi Darken.

Pilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Atur nilai Radius secukupnya, sambil melihat gambar aslinya (jangan melihat gambar preview pada kotak dialog Gaussian Blur). Tujuan langkah ini adalah untuk membuat agar muncul perbatasan yang lebih tegas pada tiap warna yang ada.

Langkah 6 Sekarang kita mulai langkah pembuatan layer untuk melakukan trace. Buatlah sebuah layer baru, dengan cara melakukan klik pada icon Create a new layer (di gambar dibawah ini saya tandai dengan lingkaran merah) . Kemudian ubahlah nilai opacity pada layer ini hingga 0% (saya tandai dengan lingkaran biru).

Langkah 7 Pilih Pen tools pada tool box photoshop (lingkaran merah pada gambar tutorial photoshop di bawah ini).

Kemudian lakukan pengaturan pada option bar. Pilihlah icon Shape layers (gambar lingkaran biru). Klik icon segitiga geometri option (gambar lingkaran hijau), kemudian beri tanda cek pada pilihan Rubber Band. Di sebelah kanan dari pengaturan tersebut, terdapat beberapa icon lagi (gambar lingkaran ungu). Tentunya sudah Anda pelajari pada tutorial photoshop sebelum ini. Jika belum, silahkan dibaca dulu pada Cara Pembuatan Shape. Sedangkan tentang penggunaan pen tool bisa dibaca pada Tutorial Photoshop yang judulnya Membuat Seleksi Dengan Path. Langkah 8 Buatlah bentuk shape menggunakan Pen tool. Buatlah mengikuti bentuk wajah pada foto.

Buatlah garis path ini melingkar hingga menyambung dari titik awal sampai akhir, sehingga terjadi sebuah bentuk bangun.

Langkah 9 Ulangi langkah ke-6 dan ke-7, namun kali ini buatlah bentuk shape pada area warna yang lain. Setiap bentuk shape dibuat pada sebuah layer baru.

Jumlah bentuk shape yang dibuat kita batasi antara 2 sampai 4 warna saja. Langkah 10 Ubahlah nilai opacity pada layer-layer shape yang sudah kita buat tadi. Opacity kita buat hingga 100%. Sehingga nampak foto tertutupi oleh warna-warna. Untuk mengubah warna pada setiap layer shape, lakukan dengan cara melakukan klik 2 kali pada thumbnail layer-nya. Kemudian pilih salah satu warna.

Sebagai panduan dalam memilih warna-warna kulit, berikut ini saya sertakan beberapa warna yang bisa Anda gunakan.

Ubahlah setiap warna pada semua bagian wajah tersebut.

Saat membuat bentuk shape pada area warna yang lain, jika ada layer yang menutupi sehingga kita kesulitan untuk menentukan bentuk shape, maka untuk sementara icon mata pada layer yang menutupi bisa dimatikan dulu atau di kurangi dulu opacity-nya.

Kemudian ulangilah lagi membuat bentuk shape pada semua bagian tubuh, hingga keseluruhan foto tertutup oleh bentuk-bentuk shape.

Pada bagian mata dan bibir, karena bagian ini termasuk bagian pokok dalam mengenali wajah seseorang, kita perlu mematikan dulu beberapa icon mata pada palet layer. Sehingga kita bisa membuat trace dengan melihat bentuk aslinya yang belum ter-posterize. Untuk bagian jenggot, saya menggunakan Brush tool berukuran kecil yang disapukan pada gambar dengan pengaturan Brush preset Scattering. Langkah 11 Untuk membuat latar belakang pada foto, buatlah sebuah layer baru yang diletakkan pada urutan sebelah bawah dari bentuk-bentuk shape tersebut. Layer baru ini bisa diisi warna sesuka Anda, dengan memilih menu Edit > Fill.

Warna tidak harus putih, Anda bisa juga menggunakan warna-warna lain, misalnya dengan Gradient Tools seperti berikut ini.

Jika semua gambar akan dijadikan satu, bisa dilakukan dengan memilih menu Layer > Flatten Image. Selamat mencoba tutorial membuat kartun dengan Photoshop ini.

• • • • • • • • • •

Subscribe to the comments for this post? Share this on Facebook Share this on del.icio.us Digg this! Share this on Technorati Stumble upon something good? Share it on StumbleUpon Post this to MySpace Share this on Reddit Submit this to DesignFloat Seed this on Newsvine

Related posts:
1. 2. 3. 4. 5.

Bisakah Photoshop membuat gambar vector Mewarnai Brush Photoshop dengan Gradasi Cara Pembuatan Shape dengan Pen Tools Membuat pattern dengan Photoshop Membuat foto hitam putih dengan Lab Color

Mungkin mencari ini juga:
membuat bayang photo kartu nama cara buat desain pada baju panduan photoshop membuat photo bingkai variasi

• • •

Comments [240] Digg it! Facebook

240 Comments

1.

freedom Posted February 22, 2010 at 8:29 AM gantengan yg udah jd kartun daripada yg aslinya..wkwkkwkw Reply

2.

Tamba Budiarsana Posted February 19, 2010 at 2:15 AM

Wah..keren..belajar photoshop mulai dari sini…mkasi mbah… Reply « Older Comments Trackbacks / Pings
1. 35 Kumpulan Tutorial Desain Menggunakan Photoshop | IDFreelance.net - Ajang Belajar 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8.

Pemrograman dan Desain Web Template Kalender Akademik Sekolah 2009-2010 | Belajar Tutorial Photoshop Efek Kartun Dengan Photoshop « Ledhaledhe’s Blog Efek Kartun Dengan Photoshop « Belajar Berbagi Pengetahuan tracing « Mailbox11’s Blog Bisakah Photoshop membuat gambar vector | Belajar Tutorial Photoshop Layanan edit foto vektor di MbahDewo | Belajar Tutorial Photoshop Cora - Coret

Leave a Reply Name (required)
þÿ

Mail (will not be published) (required)
þÿ

Website
þÿ

Keterangan: Anda bisa menggunakan kode: <a href="" title=""> <abbr title="">
<acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anda hanya bisa mengisi komentar dengan keyboard, jangan mengisi komentar dengan pensil, pena, atau alat tulis lainnya. Jika ingin muncul foto avatar, silahkan pakai Gravatar. Komentar Anda akan dibaca semua orang, jadi gunakanlah ejaan yang benar dan bahasa yang sopan.

Submit Comment

Dinggo Kekancan

Sponsor

Kategori o Contoh Desain o Dari Penulis o Efek Photoshop  Efek Foto  Efek Teks o Komunitas o Petunjuk Photoshop  Pewarnaan  Seleksi  Tutorial Photoshop  Tutorial Photoshop o software o Tip Lain

Dasar Lanjut

Tags brush cetak foto Contoh Desain Dari Penulis

animasi

download gratis

Efek Foto Efek

Teks

foto pernikahan gambar ambigu hak cipta

hitam putih internet jasa edit foto jumatan Kalender komik

Komunitas pernikahan Petunjuk
template psikologi

Photoshop Pewarnaan Photoshop CS3 Photoshop CS4 plugin psd

Seleksi siluet software speedy Tip

Lain Tip Photoshop Tutorial

Photoshop Dasar Tutorial Photoshop Lanjut tweety vektor watermark
• Postingan Terbaru o Mewarnai Brush Photoshop dengan Gradasi o PSD Template Kalender 2010 o Efek Foto Gabungan RGB o Menyatukan RGB Jadi Foto Warna o Memisahkan komponen warna RGB Komentar Terbaru o moneiro: sampeyan kok hebat banget to mbah o siska: ahh. dah basi,.. hsilnya jga gx bgus2 amat.. o siska: duh.. tutor na gx bner ne.. ms gx jlan tu tulisan... o abo: mas,makasih ilmunya ya,berkat mas orang seperti o syukri: terima kasih ……t oturial ini banyak...

saya...

Popular Searches
cara menggunakan adobe photoshop cs3 cara edit photo di photoshop 7.0 edit foto menggunakan photoshop cs2 mengedit photo tutorial photoshop 7.0 ganti background foto free download photo shop cs3 membuat efek api edit Background contoh undangan pernikahan
• Arsip
þÿ

Langganan Informasi Update

Untuk berlangganan informasi update dari blog ini, silahkan bookmark tautan RSS berikut: RSS Subscribe Untuk pengiriman ke email Anda, bisa dengan langsung mengisikan alamat email Anda pada form berikut: Isikan alamat email Anda disini:
þÿ

Daftar

Dikirimkan oleh FeedBurner

Teman Angkringan o Agus Supriadi o Ahmad Isnaini o Dwi Hermawanto o Ilham Saibi o Jekivita o Kukuh Prasetyo o Murdani Eko o Ray Astho o Wasidi o Yudhistira Oktavianta Nggo Wangun-wangun

• •

Nggo nyep-nyep

Nggo Wacanan Hak cipta materi milik MbahDewo.com | Kesepakatan Penggunaan | Kontak Adobe dan Photoshop adalah produk dan merk dagang dari Adobe Incorporation. About Arras.Theme

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->