P. 1
Hadits Tentang Shalat

Hadits Tentang Shalat

|Views: 698|Likes:
Published by Rhiejhal

More info:

Published by: Rhiejhal on Jun 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/02/2012

pdf

text

original

1.Wajib Membaca Al-Fatihah Dalam Stiap Rakaat. Dari sahabat Ubadah bin Shoomit ra.

bahwa Nabi Muhammad SAW telah bersabda: "Shalat tidak sah tanpa membaca surah Alfatihah!". Dari sahabat Abu Hurairah ra. katanya: "Suatu hari Rasulullah SAW masuk kedalam masjid,dan bersamaan dengan itu masuk pula seorang laki2,lalu orang itu shalat.Setelah usai shalat,ia datang dan memberi salam kepada Rasulullah SAW,Rasulullah menjawab salamnya seraya berkata:"Ulangilah shalatmu,sebab engkau belum shalat!". Lalu orang itu mengulangi shalatny sama seperti yang telah dikerjakannya tadi.Kemudian dia datang dan memberi salam lagi kepada Nabi,lantas Rasulullah SAW menjawab salam dan berkata:"Kembalilah dan ulangi shalatmu,sebab engkau belum shalat!". Sampai orang itu melakukan shalatny tiga kali.Akhirnya orang itu berkata: "Demi dzat yang telah mengutusmu dengan hak,saya tidak bisa shalat lebih baik dari ini,maka ajarilah saya!". Beliau menjawab: "Jika engkau berdiri untuk shalat,maka ucapkanlah takbir,kemudian bacalah surah Alqur'an sebisamu,kemudian ruku' dengan tuma'ninah,kemudian bangkit dari ruku' sampai badanmu tegal lurus,kemudian sujud dengan tuma'ninah,kemudian duduk antara 2 sujud dengan tuma'ninah,dan lakukanlah seperti ini dalam shalatmu seluruhnya".

2.Bacaan Basmalah Keras atau Pelan. Dari Anas bin Malik ra. katanya: "Saya telah shalat dibelakang Nabi SAW,Abu bakar,Umar dan Utsman,mereka semua membuka bacaannya dengan "Alhamdulillahi robbil 'aalamiin" dan tidak menyebutkan "Bismillahir rohmaanir rohiim" baik diawal bacaan maupun diakhirnya". (ini dalil orang yang mengatakan bahwa bacaan basmallah tidak dibaca jahar-keras) Dari sahabat Anas ra. katanya: "Pada suatu hari,ketika Rasulullah SAW sedang berada ditengah2 kami,tiba2 beliau terlelap sejenak.Tak lama kemudian beliau mengangkat kepalanya sambil tersenyum,kami bertanya: "Apa yang menyebabkan Tuan tersenyum,ya Rasulullah?". Beliau menjawab: "Barusan turun kepadaku satu surah". Kemudian beliau membacakannya: "Bismillahir rohmaanir rohiim,inna a'thoinaakal kautsar,fasholli lirobbika wan har,inna syaani-aka huwal abtar", (surah Al-Kautsar). (hadits ini menjadi dalil bagi mereka yang mengatakan bacaan basmallah dengan jahar)

3.Meletakkan Tangan Antara Pusar dan Dada Sesudah Takbiratul Ihram. Dari sahabat Waail bin Hajar,katanya: Bahwasanya ia telah melihat Nabi SAW mengangkat kedua belah tangannya ketika memulai shalat sambil mengucapkan takbir,sampai sejajar dengan kedua telinganya,kemudian beliau menyelimuti badannya dengan bajunya sambil meletakkan tangan kanannya diatas tangan kirinya.Ketika hendak ruku' beliau mengeluarkan tangannya dari bajunya,kemudian mengangkat kedua tangannya seperti tadi,lalu ruku'.Ketika mengucapkan 'samiallahu liman hamidah'

4.Tentang Tasmi',Tahmid dan Ta'min. Dari sahabat Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: "Jika imam mengucapkan -sami'allahu liman hamidah-,maka katakanlah olehmu -Allahumma robbana lakal hamdu-,karena barangsiapa ucapannya bertepatan dengan ucapan malaikat niscaya akan diampunilah dosa2nya yang telah lalu". Dari sahabat Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: "Jika imam mengucapkan -aamiin- maka hendaklah kamu mengucapkan -aamiin- pula,sebab barangsiapa yang aminnya bertepatan dengan amin yang diucapkan malaikat,niscaya akan diampuni dosa2nya yang tlah lalu".

5.Keharusan Mengikuti Gerak Gerik Imam. Dari sahabat Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah telah bersabda: "Sesungguhnya imam itu adalah untuk diikuti,maka janganlah kamu menyalahinya.Jika ia mengucapkan takbir,maka kamu ucapkan pula takbir;dan jika ia ruku',maka ruku'lah;dan jika ia mengucapkan -sami'allahu liman hamidah-,maka ucapkanlah olehmu -Allahumma robbana lakal hamdu-;dan jika ia sujud,sujudlah kamu sekalian;dan jika ia shalat sambil duduk,maka kamu pun harus shalat sambil duduk".

6.Cara Mengingatkan Imam. Dari sahabat Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda: "(Mengucapkan) tasbih (untuk mengingatkan imam) adalah untuk kaum lelaki,sedangkan tashfiq (bertepuk dengan punggung tangan) adalah untuk kaum wanita".

7.Larangan Mendahului Imam

Dari sahabat Anas ra. bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: "Tidak takutkah seseorang yang mengangkat kepalanya sebelum imam,jika kepalanya diubah Allah menjadi kepala keledai?!".

8.Keharusan Meluruskan Shaf Shalat dan Keutamaan Shaf Pertama. Dari sahabat Anas bin Malik ra. bahwa Rasulullah telah bersabda: "Luruskanlah shaf-shaf kalian,sebab meluruskan shaf itu termasuk kesempurnaan shalat!". Dari sahabat Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Seandainya orang2 mengetahui pahala adzan dan shaf pertama,kemudian mereka tidak bisa mendapatkannya kecuali dengan diundi,niscaya mereka benar2 akan mengundinya". Dari sahabat Abu Said Alkhudri ra. katanya:"Rasulullah SAW melihat sahabat2nya memilih tempat di shaf belakang,lalu beliau berkata: "Majulah kedepan dan berimamlah padaku,dan orang yang datang sesudahmu hendaklah berimam kepadamu.Kelak,orang2 yang selalu mengakhir-akhirkan shalatnya,hingga Allah menjadikan mereka terbelakang". Dari sahabat Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Sebaik-baik shaf kaum lelaki itu adalah shaf pertama dan seburuk-buruk shaf lelaki itu adalah yang terakhir;dan sebaik-baik shaf wanita adalah yang terakhir dan seburuk-buruk shaf wanita itu adalah yang pertama".

9.Pakaian Dalam Shalat. Dari sahabat Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Janganlah seseorang shalat hanya dengan satu pakaian saja (misalnya hanya memakai sarung),tanpa ada penutup dikedua pundaknya".

10.LaranganLewat Didepan Orang Shalat

Dari sahabat Abdullah bin Umar ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Jika seseorang diantara kamu sedang shalat,maka jangan biarkan orang lain lewat dihadapanny,kalau orang itu membangkang (tetap mau lewat juga) maka hendaklah dibunuhnya,sebab setan ikut bersamanya". Dari Abu Juhaim ra. bahwa Rasulullah bersabda: "Seandainya orang yang lewat dihadapan orang yang sedang shalat itu mengetahui dosanya,niscaya ia akan memilih berhenti (menunggu) selama empat puluh...,itu lebih baik baginya daripada lewat di depan orang yang shalat itu". (Tidak disebutkan empat puluh hari,atau bulan atau tahun)

11.Perintah Agar Imam Meringankan Shalat. Dari sahabat Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Jika seseorang diantara kamu menjadi imam orang banyak,maka hendaklah ia meringankan (shalatnya)sebab diantara mereka (para jama'ah shalat) itu ada anak kecil,orangtua,orang lemah,orang sakit (dan sebagainya).Kalau ia shalat sendirian,maka ia boleh shalat sekehendaknya".

12.Larangan Membaca Al-Qur'an Pada Waktu Ruku' dan Sujud. Dari sahabat Ali bin Abithalib ra. katanya: "Rasulullah SAW telah melarang saya membaca Al-Qur'an ketika saya sedang ruku' atau sujud".

13.Do'a Ketika Ruku' dan Sujud. Dari sahabat Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: "Saat yang paling dekat antara seorang hamba dan Tuhannya adalah pada waktu ia sedang sujud,maka perbanyaklah do'a ketika sujud itu". Dari Aisyah ra. bahwa Rasulullah SAW didalam ruku' dan sujudnya sering mengucapkan: "Maha Suci Engkau Ya Allah,oh Tuhan kami,dengan segala pujian-Mu.Ya Allah,ampunilah aku". Dari Aisyah ra. bahwasanya Rasulullah SAW mengucapkan didalam ruku' dan sujudnya: "Subbuuhun qudduusun robbul malaaikati war ruuh".

14.Tentang Anggota Sujud. Dari sahabat Ibnu Abbas ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Saya diperintahkan agar sujud diatas tujuh tulang (anggota badan),kening (lalu Beliau memberi isyarat kearah hidungnya),dua tangan,dua kaki dan ujung kedua telapak kaki". Dari sahabat Anas ra. katanya;Rasulullah SAW bersabda: "Bersikap luruslah dalam sujud dan janganlah kalian membentangkan kedua tangan kalian seperti caranya anjing".

15.Shalat Disaat Makanan Sudah Dihidangkan. Dari sahabat Anas bin Malik ra,dari Rasulullah SAW,sabdanya: "Jika makanan (malam) telah disajikan dan shalat diiqomatkan,maka mulailah dengan makan lebih dahulu". (Hadits ini menjelaskan keharusan makan lebih dulu bila makanan dihidangkan ketika waktu shalat sudah diserukan.Tetapi bila waktu shalat tinggal sedikit,yang sekiranya kalau dilakukan makan lebih dulu waktuny nanti habis,maka sebaiknya shalat lebih dahulu) Dari Aisyah ra. katanya;Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda:

"Janganlah seseorang mengerjakan shalat ketika hadir waktu makan,dan jangan pula shalat ketika ia sedang hendak buang air kecil dan besar". (Larangan disini adalah larangan makruh,sebab bisa mengurangi kekhusyukan shalat)

16.Sunnah Dzikir Sesudah Shalat. Dari Thauban ra. katanya: "Rasulullah SAW dahulu,jika Beliau selesai shalat,Beliau mengucapkan istighfar tiga kali,lalu mengucapkan:Allahumma antas salaam,waminkas salaam,tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikroom". Dari sahabat Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah bersabda: "Barangsiapa mengucapkan SUBHAANALLAH setiap selesai shalat sebanyak 33 kali,dan ALHAMDULILLAH 33 kali,dan ALLAHU AKBAR 33 kali,semuanya jadi 99 kali,kemudian ditutupnya hingga genap 100 kali,dengan; laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lah,lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'alaa kulli syai-in qodiir,maka akan diampunilah dosa2nya,sekalipun banyaknya seperti buih dilautan".

16.Doa Antara Takbirotul Ihrom dan Bacaan. Dari sahabat Ibnu Umar ra. katanya: "Ketika kami sedang melakukan shalat bersama Rasulullah SAW,tiba2 seorang lelaki berkata; Allahu akbar kabiiron,walhamdu lillahi katsiiron,wa subhaanallaahii bukrotaw wa ashiilaa. Lalu Rasulullah SAW bertanya: Siapa yang mengucapkan kalimat itu tadi? Orang tersebut menjawab:Saya, ya Rasulullah. Rasulullah berkata: Saya heran dengannya,sebab pintu2 langit terbuka karenanya. Ibnu Umar berkata; Sejak mendengar perkataan Rasulullah SAW itu,maka saya tidak pernah meninggalkan membaca doa tersebut".

17.Cara Berjalan Menuju Masjid. Dari sahabat Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Jika adzan untuk shalat telah dikumandangkan,maka janganlah kamu mendatanginya sambil bergegas gegas,tetapi datangilah ia dengan tenang.Jika kalian dapatkan jama'ah maka shalatlah,dan jika ketinggalan,maka sempurnakanlah.Karena jika seseorang sengaja (ke masjid) untuk shalat,maka ia sudah ada didalam shalat".

18.Hukum Orang Yang Hanya Mendapatkan Satu Rakaat Bersama Imam. Dari sahabat Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa mendapatkan satu raka'at dari sesuatu shalat,maka berarti ia mendapatkan shalat itu secara keseluruhan".

19.Sunnah Menunda Shalat Dzuhur Pada Waktu Terik. Dari sahabat Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Jika hari sangat terik maka dinginkanlah shalat (artinya shalat setelah agak dingin),sebab cuaca yang sangat panas itu berasal dari gejolak api neraka".

20.Keutamaan Shalat Shubuh dan Ashar. Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Malaikat malam dan malaikat siang saling bergiliran mengawasi kamu,dan mereka berkumpul pada shalat shubuh dan ashar.Kemudian malaikat yang bermalam bersamamu naik ke langit,lalu mereka ditanya oleh Tuhan mereka,padahal Dia Maha Mengetahui mengenai mereka; Bagaimana kalian tinggalkan hamba2-Ku itu? Malaikat itu menjawab: Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sedang shalat,dan kami datangi mereka dan mereka pun dalam keadaan sedang shalat".

21.Boleh Shalat Sunnah Berjama'ah. Dari sahabat Anas bin Malik ra. bahwa Rasulullah SAW melaksanakan shalat dengannya dan dengan ibunya atau bibinya.Kata Anas: "Beliau menempatkan saya disebelah kanannya dan orang perempuan dibelakang kami".

22.Keutamaan Melangkahkan Kaki ke Masjid. Dari sahabat Abu Musa ra. katanya;Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya orang yang paling besar pahalanya ialah orang yang paling jauh langkahnya ke masjid".

23.Tentang Qunut. Dari Muhammad,katanya: "Saya bertanya kepada sahabat Anas,apakah Rasulullah SAW membaca qunut didalam shalat subuh?.Dia menjawab;Ya,sesudah ruku' sebentar".

24.Tentang Qada' Shalat. Dari sahabat Anas bin Malik ra. katanya;Rasulullah SAW bersabda: "Jika seseorang tertidur atau terlupa untuk mengerjakan shalat,maka hendaklah dikerjakannya setelah ia ingat,sebab Allah berfirman;Dirikanlah shalat untuk mengingat-Ku".

25.Shalat Musafir. Dari Aisyah ra. istri Rasulullah SAW ,bahwa ia berkata:

"Shalat (pada mulanya) diwajibkan dua rakaat-dua rakaat baik tidak dalam perjalanan maupun dalam perjalanan.Kemudian untuk shalat dalam perjalanan tetap dua rakaat,sedangkan shalat tidak dalam perjalanan ditambah (rakaatnya)". Dari sahabat Ibnu Abbas ra. katanya: "Allah telah mewajibkan shalat melalui lisan Nabimu SAW atas musafir dua rakaat,atas orang yang mukim empat rakaat,dan dalam saat ketakutan satu rakaat".

26.Bab Pergi Jika Usai Shalat. Dari Qutaibah bin Said,dari Abu Awan,dari Assuda,katanya: "Saya bertanya kepada sahabat Anas ra. bagaimana (sebaiknya) saya pergi jika selesai shalat,apakan dari sebelah kanan atau dari sebelah kiri? Anas menjawab:Kalau saya,maka yang sering saya lihat Rasulullah SAW pergi dari sebelah kanannya".

27.Makruh Shalat Sunnah Sesudah Iqamat. Dari sahabat Abu Hurairah ra. dari Rasulullah SAW,sabdanya: "Jika shalat telah diiqamatkan,maka tidak ada shalat kecuali shalat maktubah (shalat fardhu)".

28.Waktu Yang Terlarang Dikerjakannya Shalat Sunnah. Dari sahabat Abu Hurairah ra: "Rasulullah SAW telah melarang shalat sesudah Ashar sampai terbenam matahari,dan sesudah shalat Shubuh sampai terbit matahari".

29.Mengerjakan Shalat Sunnah Di Rumah. Dari sahabat Ibnu Umar ra. dari Rasulullah SAW,katanya: "Jadikanlah bagian dari shalatmu itu dirumah-rumah kamu,dan janganlah kamu jadikan rumah-rumahmu itu laksana kuburan". Dari sahabat Jabir ra. katanya;Rasulullah bersabda: "Jika seseorang telah melaksanakan shalat di masjid,maka hendaklah ia jadikan untuk rumahnya bagian dari shalatnya itu,sebab Allah akan menjadikan dari shalatnya itu suatu kebaikan di rumahnya".

30.Shalat Dalam Keadaan Kantuk. Dari Aisyah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Jika seseorang mengantuk diwaktu shalat,maka hendaklah ia tidurkan hingga hilang rasa kantuknya.Sebab seseorang shalat dalam keadaan mengantuk,maka dikuatirkan maksudnya hendak mem0hon ampun,namun yang keluar adalah cacian terhadap dirinya".

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->