P. 1
(tugas sejarah)Peradaban Lembah Sungai Kuning ho

(tugas sejarah)Peradaban Lembah Sungai Kuning ho

|Views: 6,735|Likes:

More info:

Published by: Muhammad Yusuf Awaludin on Jun 10, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/12/2013

pdf

text

original

PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING (HWANG-HO

)
CREATED BY KELOMPOK 3 ASTRI LESTARY AZMI AZIZAH DWICKI TEGAR MUHAMMMAD YUSUF. A MUHAMMAD ZILULLAH. M

Pokok Bahasan 
LETAK GEOGRAFIS  PERTANIAN  TEKNOLOGI  AKSARA DAN BAHASA  ASTRONOMI  PEMERINTAHAN  FILSAFAT  KEBUDAYAAN  KEPERCAYAAN

PENDAHULUAN
Sejarah tertua cina dimulai dari muara sungai kuning (huang-hwo, sekarang bernama hwanghe). Tetapi di cina terdapat dua sungai besar yaitu sungai huang hwo dan Yang Tse Kiang (sekarang bernama Chang Jiang). Pada daerah daerah inilah pertama kalinya, tumbuh kebudayaan china. Kenyataanya,kebudayaan china hanya tumbuh didaerah lembah sungai Hwang-Ho.

Letak geografis
Sungai kuning atau Hwang - Ho bersumber didaerah pegunungan Kwen-Lun di Tibet. Setelah melalui daerah pegunungan china utara sungai panjang yang membawa lumur kering itu membentuk dataran rendah china bermuara diteluk Tsii-li dilaut kuning , sedangkan didataran tinggi selatan mengalir sungai Yang Tse Kiang yang berhulu pegunungan Kwen Lun (tibet) dan bermuara dilaut china timur.

Peta peradaban lembah sungai kuning (hwang-ho)

10/06/2010

PERTANIAN
Pertanian china kuno sudah dikenal sejak zaman neolitikum yakni sekitar tahun 5000 SM tanaman pangan utama yang diusahakan adalah padi, buah-buahan , kacangkacangan, sayur-mayur dan lain-lain. Pada zaman perungu lahan padi , teh, kacang-kedelai, dan rami menjadi prioritaspokok dalam pertanian. Pada zaman musin semi musim gugur mulai dikenal alat-alat dari logam dan membajak sawah dengan binatang. Pada masa Dinasti Chin (211-206SM) . Pupuk sudah dikenal untuk menyuburkan tanah. Kemudian, penggarapn lahan dilakukan secara teratur . Irigasi sudah tertata dengan baik. Pada masa ini , lahan gandum diusahakan secara luas .

Teknologi
Bumi cina mengandung berbagai barang tambang perti batu bara, besi, timah, wolfram, emas, dan tembaga. Barang-barang tembaga ini diolah untuk memenuhi kebutuhan kehidupan masyarakat, terutama perhiasan , perabotan , rumah tangga, alatalat senjata seperti pisau, pedang, tombak, cangul, sabit dan lai-lainnya.

Aksara dan Bahasa
Masyarakat China sudah mengenal tulisan, yaitu tulisan gambar. Tulisan gambar itu merupakan sebuah lambang dari apa yang hendak ditunjukan. Tulisan itu merupakan salah satu sarana komunikasi. Untuk memupuk rasa persatuan dan persaudaraan, pada permulaan abad ke 20 dikembangpemakaina bahasa persatuan . Menurut legenda penemu dari piktogram (tulisan cina) adalah Changjie yaitu, juru hitung kaisar kuning. tulisan cina berubah sebanyak 4 kali , jadi ada lima macam tulisan cina. Yaitu,
‡ ‡ ‡ ‡ ‡

Gaya tulisan tulang dan ukiran batu. Gaya ukiran logam Gaya tulisan segel kecil Gaya tulisan resmi Gaya tulisan reguler

( dinasty xia) (dinasty shang - dinasty zhou) (dinasty kin) (dinasty qin sampai dinasty Han) (dinasti Han - sekarang)

Astronomi
Masyarakat Cina kuno sudah memiliki banyak ahli yang mempelajari ilmu astronomi (ilmu perbintangan). Melalui ilmu perbintangan itu, muncul dan berkembang sistem penanggalan.

Pemerintahan
Dalam perjalan sejarahnya, ada dua macam sistem pemerintahan yang pernah dianut dalam kehidupan kenegaraan Cina kuno, yaitu: a. Sistem Pemerintahan Feodal b. Sistem Pemerintahan Unitaris

a. Sistem Pemerintahan Feodal
Feodalisme adalah struktur sosial politik desentralisasi di mana suatu upaya monarki lemah untuk mengontrol tanah kerajaan melalui perjanjian timbal balik dengan para pemimpin regionalDalam arti yang paling klasik, feodalisme mengacu pada sistem politik Abad Pertengahan Eropa terdiri dari serangkaian hukum timbal balik dan kewajiban militer kalangan bangsawan prajurit, bergulir di sekitar tiga konsep kunci di atas segala tuan, pengikut, dan vasal. Meskipun berasal dari kata Latin feodum (perdikan), kemudian dalam penggunaannya, istilah feodalisme dan sistem itu menggambarkan tidak dipahami sebagai suatu sistem politik formal oleh orang yang hidup di Periode Abad Pertengahan. Jadi pada masa sistem pemerintahan ini, Raja tidak turun tangan secara langsung dalam pemerintahan militer dll. Sistem pemerintahan Feodal digunakan dari masa dinasti Shang sampai dinasti Tang.

b. Sistem Pemerintahan Unitaris
Sistem Pemerintahan Unitaris, kaisar berkuasa mutlak dalam memerintah. Kekuasaan negara berpusat di tangan kaisar, sehingga kaisar campur tangan dalam segala urusan politik praktis. pada masa ini Raja-raja daerah digantikan oleh gubernur, sistem pemerintahan Unitaris diberlakukan sejak dinasti Yuan sampai dinasti Chin. sistem pemerintahan Unitaris digunakan karena kegagalan sistem pemerintahan Feodal.

Dinasti yang Berkuasa
Dibawah ini merupakan dinasti-dinasti yang pernah berkuasa memerintah seluruh Cina pada masa peraadaban kuno. Dinasti Shang (1600 1046 BCE ) Dinasti Zhou (1045 256 BCE) Dinasti Qin (221 BCE 206 BCE) Dinasti Han (206 BCE 220 CE) Dinasti Sui (581 CE 618 CE) Dinasti Tang (618 CE 907 CE)

‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡

Dinasti Shang Dianasti Chin (Qin)

Qin Shi Huang TI

Dianasti Han

Dinasti Sui

Liu Bang (Gauzu)

Yang Jian (Raja Wen)

Dinasti T ang

Lie Shimin ( Taijong)

Filsafat
Filsafat Cina berkembang pada masa pemerintahan Dinasti Chou. Pada masa itu lahir tiga ahli filsafat Cina, yakni : ‡ Lao Tse
Ajaran Lao Tse tercantum dalam bukunya yang berjudul Tao Te Cing. Lao Tse percaya bahawa ada semangat keadilan dan kesejahteraan yang kekal dan abadi, yaitu bernama Tao. Ajaran Lao Tse bernama Taoisme.

‡ Kong Fu Tsed Ajaran Kong Fu Tse berdasarkan Tao juga. Menurut ajaran Kong Fu Tse, Tao adalah sesuatu kekuatan yang mengatur segala-galanya dalam alam semesta ini, sehingga tercapai keselarasan. ‡ Meng Tse Meng Tse (372-280 SM) adalah seorang murid Kong Fu Tse yang melanjutkan ajaran gurunya.

Kebudayaan
a. Seni sastra
Ajaran Lao Tse, Kong Fu Tse dan Meng Tse mulai dibukukan, baik oleh filsuf itu sendiri maupun oleh para pengikutnya. Li Tai Po dan Tu Fu merupakan dua orang pujangga terkenal yang hidup di zaman Dinasti T ang (abad ke-118 M). Selain Itu Banyak Karya Sastra Bersejarah yang lain. Seperti kisah musim semi musim gugur, kisah Tiga kerajaan, Record of The Grand Historian, Bamboo Anal.

b. Seni bangunan
‡ Tembok Besar Cina Tembok Besar Cina (The Great Wall of China) dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Qin. Namun, sebelum dinasti Chin berkuasa di Cina, sebenarnya di daerah Cina utara sudah dibangun dinding terpisah untuk menangkal serangan yang dilakukan oleh suku di sebelah utara Cina. Pada masa pemerintahan kaisar Shih Huang TI, dinding-dinding itu dihubungkan menjadi tembok raksasa yang panjangnya mencapai 7000 kilometer dan tingginya 16 meter serta lebarnya 8 meter. Pada jarak tertentu didirikan benteng pertahan yang dijaga ketat oleh pasukan Cina. Setelah itu diperluas pada masa dinasti Tang dan Ming.

‡ Terakota
Terakota adalah suatu barisan patung patung tentara, kereta kuda, dll. Yang unik ( berbeda antara suatu individu dengan individu lainnya.) Patung ini didirikan pada masa dinasti Qin dan diperkirakan patung-patung ini terletak pada kompleks makam raja Qin Shi Wang TI.

c. Seni kerajinan
‡ Seni Lukis Perkembangan seni lukis sangat pesat, bahkan lukisanlukisan hasil karya dari tokoh-tokoh ternama menghiasi dinding tembok istana atau kuil-kuil. ‡ Keramik Keramik merupakan ciri khas dari hasil karya masyarakat Cina. Keramik-keramik ini memiliki nilai sangat tinggi dan bahkan menjadi barang yang diperdagangkan oleh masyarakat Cina. Keramik tidak ada di kebudayaan kuno lainnya, asal mula keramik yaitu akan dijelaskan oleh azil...

Kepercayaan
‡ Konfusianisme Suatu paham mengenai cara hidup yang dikembangkan oleh Jendral Konfusius. Paham ini miri dengan Animisme. ‡ Taoisme Kepercayaan akan bermacam-macam dewa. Paham ini dikembangkan oleh banyak tokoh, salah satunya Laotse. ‡ Agama Budha Agama Budha dibawa ke China pada zaman dinasti Liang oleh Bodhidarma. Agama Budha berkembang sangat pesat pada masa pemerintahan dinasti T ang hal ini disebabkan karena kebanyakan kaisar dinasti T ang sangat menyukai agama Budha.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->